20130317

Kebaktian Umum, Minggu 17 Maret 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, salam sejahtera dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kekasih jiwa kita, Mempelai Pria Sorga.

Zakharia 1:14-17
14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,
15 tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, yang, sementara Aku murka sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan.
16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."

Zakharia artinya Yehova mengingat atau Tuhan tidak pernah melupakan.

Sebelum Tuhan melepaskan kendali dari kuda merah, hitam dan kuning hijau maka kita diminta oleh Tuhan untuk bekerja sama dengan Dia untuk membangun bait Allah di Yerusalem. Membangun Bait Allah adalah program rohani Tuhan, yaitu membangun gereja Tuhan untuk menjadi Tubuh Kristus yakni Mempelai Wanita Tuhan. Ini yang harus kita sikapi sebab bila tidak kita akan melihat betapa ngerinya ketika kendali dari kuda-kuda tersebut sudah dilepas sebab mereka akan menebar maut di mana-mana.

Olehnya itu mari kita selami hati Tuhan di mana disebut gairahNya besar akan Yerusalem yang menunjuk Yerusalem Baru yaitu Mempelai WanitaNya.
Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Kalau kita telusuri perasaan Tuhan yang mana dikatakan gairahNya besar terhadap kita maka kita harus berpikir mengapa bisa demikian sebab sebenarnya kita tidak cocok menerima perkataan yang terlalu indah ini.
Zakharia 1:14
Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,

“Serukanlah” berarti harus diperdengarkan dengan lantang supaya banyak telinga yang mendengar, bukan untuk dibisikkan.

“Beginilah firman TUHAN semesta alam” berarti diberi kesempatan kepada seluruh manusia di dunia ini agar mengenal Allahnya Israel yang begitu cinta kepada kita.

Kalau Tuhan yang berusaha, tidak akan mungkin gagal.
Ayub 42:2
"Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Roma 9:6,27-28
6 Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel,
27 Dan Yesaya berseru tentang Israel: "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.
28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Berbicara sisa ini menunjuk posisi waktu di akhir zaman, itulah zaman kita. Sekarang ini Allah sedang bekerja, jangan sampai ketika Allah bekerja kita malah tidak merasa. Kalau tidak merasa berarti Allah tidak kerja dalam dirinya atau orang itu yang menolak.
I Tesalonika 2:13
Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi -- dan memang sungguh-sungguh demikian -- sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.

Orang yang menerima Firman akan merasa Firman itu bekerja dan akan terasa benturan-benturan dengan dagingnya. Kalau saat ada benturan ini dan kita paham bahwa ini adalah bagian dari cara Allah bekerja maka kita harus mengalah, daging kita harus mengalah. Tetapi kalau daging kita menolak, itu pertanda kita tidak menerima Allah bekerja dalam diri kita dan Allah melepas kita dan tidak akan bekerja lagi dalam diri kita, ini berakibat fatal!.

Kalau kita mendengar Firman kemudian terjadi benturan-benturan daging kita maka itu sudah benar. Berikan peluang yang seluas-luasnya untuk Firman itu bekerja, izinkan daging kita semakin dipojokkan dan apa yang dikatakan dalam Roma 9:28 akan kita nikmati.

Jangan kita tolak gairah Tuhan yang begitu besar terhadap kita. Tuhan Yesus dengan kasih sayangNya telah memberikan kita Firman dan RohNya serta kita rasakan pekerjaanNya dalam diri kita. Jangan biarkan Tuhan bertepuk tangan sebelah! Kita terlalu jahat di hadapan Tuhan kalau kita tidak menyambut gairah Tuhan dan hanya membiarkan Tuhan bertepuk tangan sebelah.

Kalau ini ditolak maka akan datang kuda yang dilepas oleh Tuhan di mana tidak ada sejengkal tanah yang tidak akan diinjak-injak oleh kuda. Berarti kemanapun manusia pergi tetap akan didapat oleh kuda merah (peperangan), hitam (kelaparan) dan hijau kuning (bela sampar). Kalau di suatu tempat terjadi peperangan maka tidak akan ada yang dapat bercocok tanam sehingga terjadi kelaparan dan bila terjadi kelaparan maka akan ada juga bela sampar. Ini akan datang beruntun dan sekarang ini hal itu semakin marak. Sekarang ini masih ada yang menahan sehingga Tuhan belum melepaskannya.
II Tesalonika 2:6-8
6 Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,
8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Jangan sampai yang rahasia ini sudah menggarap saudara sehingga ada pendurhakaan terhadap Tuhan, anak terhadap orang tua, istri terhadap suami atau suami terhadap istri. Kalau yang menahan sudah disingkirkan maka antikris akan tampil itulah manusia tanpa hukum (antropostesanonias).

Wahyu 6:5-6
5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Cupak adalah ukuran gandum dan jelai yang isinya kurang lebih 1 liter, jadi ini adalah ukuran yang sedikit.

Kalimat “janganlah rusakkan minyak dan anggur” ini khusus untuk menggenapi karya Tuhan di mana gairah Tuhan besar terhadap Yerusalem dan Yerusalem ini adalah kehidupan-kehidupan yang memiliki minyak dan anggur. Itulah orang-orang yang tidak bisa diganggu gugat oleh kuda-kuda ini karena menyambut gairah Tuhan yang besar sehingga memiliki gandum, minyak dan anggur. Bagaimana praktek kehidupan yang memiliki anggur dan minyak?
Ø  Minyak untuk menyalakan pelita menunjuk kesaksian/pelayanan keluar.
Ø  Air anggur untuk diminum menunjuk kesaksian/pelayanan ke dalam.

Air anggur pada umumnya ada hubungannya dengan pesta nikah. Ada anggur berarti ada nikah di situ. Ini tantangan besar yang tidak boleh dilupakan dan harus diulang-ulang. Praktek dalam nikah, kalau ada air anggur dalam suami maka dia bisa menerima keadaan istri dalam kekurangan apapun, demikian juga dengan istri. Air anggur ada kaitannya dengan roh belas kasihan. Ketika istri melihat kekurangan suami bukan untuk digembar-gemborkan tetapi harus tampil dengan penuh belas kasihan demikian sebaliknya.
Lukas 10:33-37
33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.
36 Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?"
37 Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Pelayanan orang Samaria ini adalah pelayanan yang berkesinambungan, bukan pelayanan setengah-setengah. Mengapa bisa demikian? Karena dia punya minyak dan punya anggur, artinya dia punya belas kasihan. Orang yang punya minyak dan anggur tidak akan bisa diterjang oleh kuda, sehebat apapun kuda ini menebar maut. Belas kasihan ini akan membuat kita menang menghadapi tuduhan apapun di dunia ini.
Yakobus 2:13
Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Kepada raja kafir yaitu Nebukadnezar Tuhan tawarkan belas kasih ketika pikiran dan perasaannya sedang panik dan galau, tetapi sayangnya dia menolak.
Daniel 4:17,27,29-32
17 Titah ini adalah menurut putusan para penjaga dan hal ini menurut perkataan orang-orang kudus, supaya orang-orang yang hidup tahu, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, bahkan orang yang paling kecil sekalipun dapat diangkat-Nya untuk kedudukan itu.
27 Jadi, ya raja, biarlah nasihatku berkenan pada hati tuanku: lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan, dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas; dengan demikian kebahagiaan tuanku akan dilanjutkan!"
29 sebab setelah lewat dua belas bulan, ketika ia sedang berjalan-jalan di atas istana raja di Babel,
30 berkatalah raja: "Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?"
31 Raja belum habis bicara, ketika suatu suara terdengar dari langit: "Kepadamu dinyatakan, ya raja Nebukadnezar, bahwa kerajaan telah beralih dari padamu;
32 engkau akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepadamu akan diberikan makanan rumput seperti kepada lembu; dan demikianlah akan berlaku atasmu sampai tujuh masa berlalu, hingga engkau mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya!"

Kita ini semua adalah raja-raja kecil yang sering muncul dalam ucapan “hatiku adalah rajaku”.

Nebukadnezar adalah raja yang mau menyaingi Yesus yang adalah Raja yang ditampilkan dalam injil Matius. Raja Nebukadnezar tidak memiliki belas kasihan, tetapi Tuhan Yesus adalah Raja yang memiliki belas kasihan dan mencari belas kasihan.
Daniel 4:31-33
31 Raja belum habis bicara, ketika suatu suara terdengar dari langit: "Kepadamu dinyatakan, ya raja Nebukadnezar, bahwa kerajaan telah beralih dari padamu;
32 engkau akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepadamu akan diberikan makanan rumput seperti kepada lembu; dan demikianlah akan berlaku atasmu sampai tujuh masa berlalu, hingga engkau mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya!"
33 Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung.

Matius 9:13
Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Nebukadnezar adalah manusia yang tidak memiliki belas kasihan mau menyaingi Yesus yang ditampilkan dalam injil Lukas sebagai manusia yang penuh belas kasihan.

Nebukadnezar makan rumput seperti lembu, dia mau menyaingi Yesus yang ditampilkan dalam injil Markus sebagai hamba yang digambarkan sebagai lembu. Tetapi Yesus adalah lembu yang rela menanggung kuk karena belas kasihan.

Kuku dan bulu Nebukadnezar menjadi seperti kuku dan bulu burung rajawali, dia mau menyaingi Tuhan Yesus yang ditampilkan dalam injil Yohanes sebagai Anak Allah dengan burung rajawali sebagai lambangnya. Tuhan Yesus adalah Anak Allah yang rela meninggalkan kemuliaanNya karena belas kasihanNya kepada kita manusia.
Filipi 2:4-7
4 dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.
5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Ketika Yesus menemukan wanita berdosa yang digiring oleh orang-orang yang hanya mencari kesalahanNya, Yesus berbicara belas kasihan. Ketika Yesus bertemu dengan perempuan sundal di tepi sumur Yakub, Ia juga tampil dengan belas kasihan. Kepada orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat sebenarnya Tuhan juga berbelas kasihan kepada mereka tetapi mereka tidak mau menerima. Mereka sudah membawa perpuluhan dan itu bagus tetapi yang lebih dari itu adalah belas kasihan.
Matius 23:23
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Matius 12:7
Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

Akhirnya Nebukadnezar harus dihajar selama 7 tahun, dia dirantai seperti bintang karena dia menolak belas kasihan Tuhan, dia pesaing Yesus sebagai Raja, dia tampil busung dada di hadapan Tuhan. Jangan kita busung dada menghadap Tuhan, rendahkanlah dirimu serendah-rendahnya supaya kita bisa mempraktekkan belas kasihan.

Minyak dan anggur ini berfungsi ganda. Minyak untuk lampu dan air anggur untuk diminum tetapi keduanya digunakan untuk mencuci luka.
Lukas 10:34
Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

Berapa banyak suami-suami melukai hati istri, adakah engkau balut? Juga istri yang ketika melihat wajah suami tidak menyejukkan adakah engkau tahu membalut perasaannya atau semuanya dianggap lazim saja?

Sekarang Tuhan meminta lemak dari kita, itulah yang terbaik dari kita. Tetapi ketika pesta digelar oleh Tuhan maka lemak ditambah dengan sumsum dan air anggur yang tua diberikan kepada kita. Ini sama dengan Tuhan mengembalikan apa yang sudah kita korbankan.
Yesaya 25:6-8
6 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.
7 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.
8 Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.

Jangan kita melihat secara hurufiah. Anggur yang tua ini bukan berarti kita boleh minum minuman keras. Artinya anggur yang tua ini adalah untuk membangkitkan ”birahi secara rohani”,
Kidung agung 5:8
Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem: bila kamu menemukan kekasihku, apakah yang akan kamu katakan kepadanya? Katakanlah, bahwa sakit asmara aku!

ada pemuncakkan cinta kasih antara gereja Tuhan dan Kristus. Seluruh penghuni Sorga diam ketika melihat persekutuan Yesus dengan gereja. Apakah kita mengarah ke sana?
Wahyu 8:1
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.

Itu sebabnya perlu memiliki roh belas kasihan. Sekalipun berat untuk praktek hal ini. Rasul-rasul pun mengalami depresi ketika menghadapi ini, tetapi ketika Roh Kudus turun ke atas kehidupan mereka, mereka mampu untuk mempraktekkan.

Nebukadnezar raja Babel saja ditawari belas kasihan padahal ia adalah musuhnya bangsa Israel yang sudah mempecundangi mereka. Ini menunjukkan bahwa Tuhan adalah sumber belas kasihan, musuhNya saja ditawari belas kasihan apalagi terhadap kita.



Mari kita menaruh perhatian yang serius terhadap hal ini sebab bagaimanapun suatu saat dan sekarang kita telah lihat dan dengar di mana-mana terjadi kelaparan. Bagaimana kondisi orang yang tetap berada dalam kelaparan? Kalau tidak memiliki air anggur dan minyak ketika kuda hitam (kelaparan) dilepaskan maka pasti akan jatuh pada pelukannya iblis. Sebenarnya gairahnya Tuhan begitu besar terhadap Yerusalem supaya kita jatuh dalam pelukan Tuhan.
Amos 8:11-12
11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

Ketika berada di dunia setelah bangkit, Tuhan Yesus berbicara tentang Kerajaan Allah itulah Tabernakel.
Kisah Para Rasul 1:3
Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

Kisah Para Rasul ditutup dengan Paulus berbicara tentang Kerajaan Allah.
Kisah Para Rasul 28:31
Dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus.

Jadi gereja Tuhan harus paham tentang Kerajaan Allah yaitu Tabernakel. Dalam Tabernakel, utara adalah tempat meja roti dan timur adalah posisi halaman. Di atas meja roti ada dua susun roti yang masing-masing berjumlah enam, jadi dua tumpukan roti itu menunjuk 66 kitab dalam Alkitab. Kalau kuda hitam sudah dilepas maka sekalipun mencari Firman tidak akan mendapatkan lagi dan akhirnya keluar ke halaman, di mana antikris menguasai dan dia tidak bisa lagi melepaskan diri.

Kehidupan yang lapar itu akan beredar-edar dari laut ke laut. Laut ini menunjuk roh fasik. Roh fasik ini hanya menghasilkan lumpur dan sampah.
Yesaya 57:20-21
20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Jadi kehidupan yang tidak memiliki minyak dan anggur (belas kasihan), ketika terjadi kelaparan hidupnya akan dikuasai roh fasik. Benar-benar kehidupan itu akan berada dalam keadaan yang paling memilukan di dunia ini.

Ketika Tuhan Yesus bangkit dari kubur, jabatan yang pertama Ia angkat adalah jabatan gembala. Berarti jabatan gembala diangkat oleh Tuhan bersuasana kebangkitan. 11 rasul (tidak termasuk Yudas Iskariot) diangkat oleh Tuhan sebelum mengalami kuasa kebangkitan. Rasul Paulus diangkat oleh Tuhan sesudah kebangkitan Kristus sehingga pembukaan rahasia Firman dipercayakan kepadanya dan bukan pada yang sebelas, karena terjadi pembukaan rahasia Firman oleh kuasa kebangkitan Kristus. Gembala yang diangkat oleh Tuhan pasti dipercayakan pembukaan rahasia Firman.
1 Korintus 4:1-2
1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Jangan sampai kita mengembara dari laut ke laut karena kelaparan sebab akhirnya akan jatuh pada pelukan iblis.
Amos 8:13-14
13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;
14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi."

Ayub 9:31
namun Engkau akan membenamkan aku dalam lumpur, sehingga pakaianku merasa jijik terhadap aku.
Roh fasik tadi menggiring pada lumpur. Kalau sekarang ini kita tidak merasa jijik dengan pakaian/kelakuan kita maka suatu saat kita baru merasa jijik tetapi sudah terlambat.

Ayub 30:19
Ia telah menghempaskan aku ke dalam lumpur, dan aku sudah menyerupai debu dan abu.

Tuhan sudah mengangkat kita dari lumpur, kenapa kita harus dibenamkan kembali ke dalam lumpur karena tidak menghargai Firman Allah.
Mazmur 40:3
Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku,

Markus 16:8b
Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.
Berita yang tidak terbinasakan diberitakan Tuhan Yesus dengan murid-muridNya dari Timur ke Barat. Itulah berita pengajaran Tabernakel, mulai dari pintu gerbang di sebelah Timur sampai masuk ke dalam ruangan Maha Kudus di sebelah Barat di mana terdapat peti perjanjian, kita menjadi peti dan Tuhan Yesus Kristus menjadi tutupnya.

Yohanes 8:1-11
1 tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.
2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.
3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah.
4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.
5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"
6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.
7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Dua kali Yesus membungkuk untuk mencabut tulang yang menusuk rahang kita yang membuat kita tidak bisa makan Firman. Ini belas kasihan Tuhan kepada kita.

Hosea 11:4
Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.

Jangan biarkan upaya Tuhan membungkuk berlalu begitu saja. Izinkan Tuhan membungkuk untuk melepaskan kendala-kendala yang ada dalam diri kita yang membuat tidak ada minat terhadap Firman, tidak ada gairah terhadap air anggur dan tidak ada gairah untuk memiliki minyak. Jangan tunggu Tuhan sudah tegak kembali dan memberi kesempatan kepada kuda hitam untuk menerjang seluruh dunia.

Marilah kita memberikan pelayanan ke dalam dan pelayanan ke luar. Biarlah ada kesaksian ke dalam mulai dari dalam rumah tangga, kemudian akan ada kesaksian keluar, bercahaya keluar sehingga orang lain bisa melihat sungguh mereka adalah umat Tuhan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar