20130421

Kebaktian Umum, Minggu 21 April 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga yang kita nanti-nantikan.

Zakharia 1:18-21
18 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk.
19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem."
20 Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi.
21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Ini pun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorang pun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya."

Memuji Tuhan adalah hal yang penting bagi gereja Tuhan, namun akan menjadi timpang dan tidak mempunyai nilai bila tidak disertai dengan Firman Pengajaran. Firman Pengajaran harus kita tempatkan pada urutan pertama baru kita memuji-muji Tuhan, sebab bila tidak nanti kita dicela oleh Tuhan.
Amos 5:21-24
21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.
24 Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."

Untuk membuat pujian itu mempunyai nilai di hadapan Tuhan maka perlu ditampilkan Firman pengajaran. Ayat mengatakan di tengah-tengah pujian Allah hadir.
Mazmur 22:4
Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.

Pemahaman kita di masa silam hanya berhenti pada pujian, kita tidak mengerti kehadiran Tuhan itu untuk apa. Kalau Allah hadir berarti di dalam pujian itu harus ada Firman Pengajaran. Jadi tampilnya Firman Pengajaran adalah bukti Tuhan hadir di atas pujian umat-Nya.
I Samuel 3:21
Dan TUHAN selanjutnya menampakkan diri di Silo, sebab Ia menyatakan diri di Silo kepada Samuel dengan perantaraan firman-Nya.

Dalam Zakharia 1:18-21 tampil 4 tanduk dan 4 tukang besi yang juga adalah tanduk. Berarti ada 8 tanduk dan 8 tanduk ini telah berhasil mencerai beraikan 3 hal yang menunjuk keadaan orang Kristen:
1.      Israel (Kristen umum)
2.      Yehuda (Kristen khusus)
3.      Yerusalem (Mempelai wanita yang muncul dari antara Kristen khusus)

Tanduk ini adalah keberingasan dunia yang menunjuk penampilan orang-orang fasik.
Mazmur 75:5,11
5 Aku berkata kepada pembual-pembual: "Jangan membual." Dan kepada orang-orang fasik: "Jangan meninggikan tanduk!
11 Segala tanduk orang-orang fasik akan dihancurkan-Nya, tetapi tanduk-tanduk orang benar akan ditinggikan.

Supaya kita tidak masuk dalam rangkulan orang-orang fasik maka kita harus memperhatikan 8 tanduk yang ditunjukkan dalam pelajaran Tabernakel yaitu 4 tanduk yang berada di halaman (pada Mezbah Korban Bakaran) dan 4 tanduk di ruangan suci (pada Mezbah Dupa Emas) yaitu menyadari harga penebusan Kristus yang digambarkan di Mezbah Korban Bakaran dan ditunjukkan lewat penyerahan dalam doa penyembahan (kasih pada Allah).

8 tanduk ini berhasil mencerai-beraikan Israel, Yehuda dan Yerusalem. Dalam Wahyu pasal 13 dan 17, 8 tanduk ini berkembang menjadi 10 tanduk. Kalau 8 tanduk saja sudah berhasil menyerakkan apalagi 10 tanduk. 10 tanduk ini menunjuk penampilan antikris di akhir zaman. Olehnya itu gereja Tuhan tidak boleh membawa diri untuk santai sebab berhadapan dengan kuasa kegelapan dalam wujud antikris yang tampil lebih hebat dari apa yang terjadi dahulu.

Dari Israel, Yehuda dan Yerusalem, untuk Yehuda ada perhatian Tuhan secara khusus. Itu sebabnya tiga kali disebutkan “Yehuda”.
Zakharia 1:19,21
19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan 1Yehuda, Israel dan Yerusalem."
21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Ini pun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan 2Yehuda, sehingga tidak seorang pun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah 3Yehuda hendak menyerakkannya."

Tetapi pada kali yang ketiga disebutkan Yehuda, Tuhan tampilkan ada jaminan pertolongan dan perlindungan. Sebagai orang Kristen kita memposisikan diri di mana? Jangan kita hanya ada pada kelompok Kristen Umum yang tidak mengerti keberadaannya. Itu Kristen yang kabur/tidak jelas dan kelompok ini terlampau banyak. Orang Kristen semacam ini tidak memiliki jaminan untuk dilindungi. Inilah kelompok yang tertinggal saat penyingkiran gereja.
Wahyu 12:17
Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Itu sebabnya gairahkanlah hati saudara untuk beribadah supaya jangan menjadi kelompok Kristen umum yang akan diganyang, digerayangi, dikuliti dan disiksa oleh kekuatan 10 tanduk yaitu antikristus. Untuk melawan ini maka kita perlu memahami hal berikut ini:

8 tanduk yang harus kita aktifkan adalah 4 tanduk pada mezbah korban bakaran dan 4 tanduk pada mezbah dupa emas.
Keluaran 27:2 (Mengenai Mezbah Korban Bakaran)
Haruslah engkau membuat tanduk-tanduknya pada keempat sudutnya; tanduk-tanduknya itu haruslah seiras dengan mezbah itu dan haruslah engkau menyalutnya dengan tembaga.

Empat tanduk pada mezbah korban bakaran ini menunjuk kuasa kemenangan dalam kebangkitan Kristus Yesus. Mezbah korban bakaran ini menunjuk salib Golgota, di mana pada bagian tengah mezbah (1,5 hasta) ditaruh jala-jala untuk meletakkan korban yang menunjuk korban Kristus yang menjadi penengah/pengantara antara kita dengan Allah.

Hanya orang yang menghargai dan selalu membuktikan penghargaannya terhadap korban Kristus dengan memberi hidupnya kepada Tuhan yang bisa selalu bergairah untuk beribadah dan melayani Tuhan sebab sadar dia sudah terancam untuk dibinasakan tetapi Tuhan rela berkorban untuk menyelamatkannya, ia ditebus oleh korban Kristus.
1 Petrus 1:18-19
18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Keluaran 30:2 (Mengenai Mezbah Pembakaran Ukupan)
sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, sehingga menjadi empat persegi, tetapi haruslah dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya haruslah seiras dengan mezbah itu.

Jadi 4 tanduk pada mezbah korban bakaran dan 4 tanduk pada mezbah dupa emas, jumlahnya 8 tanduk. Itulah sebabnya iblis selalu berusaha untuk menyaingi, itu sebabnya Zakharia melihat ada 8 tanduk yang bergerak untuk menantang rencana Allah bagi Israel, Yehuda dan Yerusalem. Jadi iblis tidak akan pernah diam, dia akan selalu berupaya menghadang dan menggangu kita, dia akan tampil dengan kekuatan-kekuatan yang lain. Tetapi Tuhan mengatakan “Aku yang menciptakatan tukang besi dan Aku juga yang menciptakan pemusnahnya”.
Yesaya 54:15-16
15 Apabila orang menyerbu, itu bukanlah dari pada-Ku; siapa pun yang menyerbu engkau, ia akan rebah melawan engkau.
16 Sesungguhnya, Akulah yang menciptakan tukang besi yang menghembus api dan menghasilkan senjata menurut kecakapannya, tetapi Akulah juga yang menciptakan pemusnah untuk merusakkannya.

Zakharia 1:20
Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi.

Sehebat-hebatnya tukang besi ini tetapi Tuhan memiliki penangkalnya. Itu sebabnya disebutkan dalam Zakharia 1:21c Yehuda dilindungi dan ditolong oleh Tuhan. Itulah Kristen khusus yang akan menampilkan sidang mempelai (Yerusalem).

Tuhan menyediakan alat pemusnah tetapi Tuhan juga yang akan hancurkan, artinya Tuhan akan menangkal apapun yang terjadi di dunia ini karena istri-Nya, karena Yerusalem yaitu Mempelai Wanita-Nya Tuhan tidak akan tinggal diam. Kalau kita mengerti rencana Allah dalam diri kita maka kita akan ditolong dan dijamin oleh Tuhan.

Yesaya 54:5
Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
Adanya penebusan dinyatakan lewat mezbah korban bakaran, adanya penebusan dibuktikan dengan Salib Golgota. Penampilan mezbah korban bakaran (Penebus) disini dihubungkan dengan istri Anak Domba Allah.

Pada waktu bangkit Tuhan Yesus menyapa Maria dengan sebutan ibu dan dia tidak mengerti bahwa itu Yesus.
Yohanes 20:15
Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya."

Sebutan ibu adalah sebutan yang umum. Artinya Kristen umum tidak mengerti suara penggembalaan. Ketika Tuhan Yesus menyapa Maria dengan namanya maka dia mengerti itulah Yesus. Panggilan Maria adalah panggilan khusus.
Yohanes 20:16
Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru.

Jadi kepada Kristen khusus Tuhan memberikan pengertian untuk mengerti suara penggembalaan.

Jangan menjadi kehidupan Kristen yang asal, ada jenjang-jenjang perjalanan yang harus kita ikuti. Untuk sampai pada Kristen khusus langkah awal yang harus ditempuh adalah percaya, bertobat dan memberi diri dibaptis.
Kisah Para Rasul 2:38
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kemudian masuk dalam ruangan suci di mana ada tiga macam alat yang menunjuk tiga macam ibadah yang harus ditekuni oleh orang-orang yang mengkaitkan diri menjadi Kristen khusus untuk mewujudkan sidang mempelai.
Kisah Para Rasul 2:42
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Yesaya 54:5
Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
Ada tiga hal penampilan Tuhan di sini:
1.      Sebagai suami
Allah di tempat yang maha tinggi memposisikan diri sebaga suami bagi gereja. Jadi Kabar Mempelai ini bukan rekayasa dari suatu organisasi. Ini Alkitabiah dan tidak dipahami oleh Kristen umum bahkan menjadi tertawaan mereka sebab mereka tidak mengerti apa yang ada dalam hati Tuhan yaitu rencana untuk menyelamatkan manusia. Begitu disebut Allah bagaikan suami mereka menjadi risih sebab pikirannya najis dan hanya berpikir ke arah yang daging.

Sebagai suami Tuhan tidak akan membiarkan istri-Nya diganggu oleh laki-laki yang lain. Bagaimana penampilan Tuhan sebagai suami? hal ini patut dicontohi oleh para “suami”.
Efesus 5:28-29
28 Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Bagaimana bisa dilindungi kalau berada pada posisi Israel/Kristen umum? Yang akan dilindungi adalah Kristen khusus. Kalau dalam kehidupan saudara ada roh mempelai pasti saudara akan mencari di mana penggembalaan, supaya aman di tangan Tuhan.
Yohanes 10:27-28
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

2.      Sebagai pencipta
Kalau kita adalah umat-Nya dan kita tahu bahwa Suami kita itu adalah pencipta maka kita harus mengingat akan Dia.
Pengkhotbah 12:1-2
1 Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: "Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!",
2 sebelum matahari dan terang, bulan dan bintang-bintang menjadi gelap, dan awan-awan datang kembali sesudah hujan,

Kita harus mengingat akan pencipta lewat ibadah pelayanan kita sebelum terlambat yaitu sebelum terjadi penyingkiran gereja. Matahari, bulan dan bintang menunjuk Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus yang bersama gereja akan masuk pada penyingkiran sehingga dunia menjadi gelap. Dunia akan dinaungi oleh segala macam penderitaan.
Wahyu 12:14
Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Pengkhotbah 12:3
pada waktu penjaga-penjaga rumah gemetar, dan orang-orang kuat membungkuk, dan perempuan-perempuan penggiling berhenti karena berkurang jumlahnya, dan yang melihat dari jendela semuanya menjadi kabur,
Artinya tidak ada lagi penggembalaan. Kalau sekarang tidak menghargai nilai penggembalaan maka suatu saat baru mempunyai minat untuk digembalakan tetapi tidak ada lagi.

Pengkhotbah 12:4-6
4 dan pintu-pintu di tepi jalan tertutup, dan bunyi penggilingan menjadi lemah, dan suara menjadi seperti kicauan burung, dan semua penyanyi perempuan tunduk,
5 juga orang menjadi takut tinggi, dan ketakutan ada di jalan, pohon badam berbunga, belalang menyeret dirinya dengan susah payah dan nafsu makan tak dapat dibangkitkan lagi -- karena manusia pergi ke rumahnya yang kekal dan peratap-peratap berkeliaran di jalan,
6 sebelum rantai perak diputuskan dan pelita emas dipecahkan, sebelum tempayan dihancurkan dekat mata air dan roda timba dirusakkan di atas sumur,
Selagi masih ada uluran tangan penebusan (rantai perak) dan kasih Ilahi ada pada kita, jangan sampai tidak diperdulikan. Itu sebabnya dari sekarang kita harus mengingat pencipta kita. Pencipta kita adalah Suami yang luar biasa yang rela berkorban bagi kita. Praktek mengingat pencipta adalah kita menyembah Tuhan (mezbah dupa emas) karena Tuhan mengasihi kita.
Dalam Daniel ditampilkan binatang yang bertanduk 10 dan berkepala 7.
Daniel 7:4-7
4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.
5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.
6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.
7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.

Singa gambarnya Babel yang sekarang rohnya tampil untuk mempropaganda.
Beruang menunjuk Medi dan Parsi yang tampil merobek-robek. Pada mulutnya ada 3 tulang rusuk, berarti dia bekerja sekarang untuk menghancurkan banyak nikah.
Macan tutul menunjuk bangsa Yunani yang tampil dengan Filsafat. Empat kepalanya berarti filsafat ini benar-benar mendunia sampai keempat penjuru alam.
Kolose 2:8
Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

Sekarang gereja bukannya berhati-hati tetapi malah membuka diri terhadap filsafat. Filsafat di mulai dengan pertanyaan dan diakhir dengan pertanyaan. Alkitab dimulai dengan penyataan Tuhan dan diakhiri dengan kenyataan.

Penampilan antikristus:
Wahyu 13:1-2
1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Itu sebabkan jadikan Yesus kepala, artinya kita benar-benar tunduk pada Firman-Nya. Sekarang kita tidak melihat Yesus sebagai suami kita tetapi ada yang mewakili itulah gembala yang bisa saudara lihat. Bagaimana saudara mau dihentar pada Yesus suami yang sebenarnya kalau sekarang tidak mau mendengar suara gembala yang adalah “suami pura-pura” dalam sidang jemaat. Dalam nikah suami adalah kepala dan istri adalah tubuh, jangan dibalik posisinya.

3.      Sebagai penebus
Mazmur 49:8-9
8 Tidak seorang pun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya,
9 karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya --

Pengertian ditebus:
a)      Dibeli dari tengah-tengah pasar untuk tidak dijual lagi (Agorazo).
Kita sudah diperjual belikan karena dosa.
Yesaya 50:1
Beginilah firman TUHAN: "Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.

b)      Dibeli di luar pasar (Exagorazo).
Kalau tadi di dalam pasar berarti di tempat yang ramai, sekarang di luar pasar berarti di tempat yang tidak ramai. Di tempat yang senyap Allah juga membeli saudara di situ. Ada kalanya ada perbuatan dosa yang tidak terlihat oleh sesama manusia.  

c)      Dibebaskan dari perbudakan kemudian diangkat menjadi anak yang sah (Lutroo).
Artinya kita ditebus untuk mengakhiri perbudakan dan diciptakan menjadi manusia yang baru.

Kesimpulannya pengertian kata penebus ini adalah melepaskan, membebaskan, menyelamatkan dengan membayar harga tertentu. Begitu sengsara Yesus untuk menebus kita tetapi seringkali kita lupa akan Dia.
Mazmur 49:8-9
8 Tidak seorang pun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya,
9 karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya --

1 Petrus 1:18-19
18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Mengapa Yehuda diangkat 3X?
Kejadian 49:9-10
9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?
10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Menerkam berarti ada sasaran pelayanan yang tidak bisa dirampas oleh orang lain.
Meniarap berarti merendahkan diri. Jangan coba mengusik orang yang suka merendahkan di kaki Tuhan. Anak Tuhan yang seperti ini pasti dibela Tuhan.

Yehuda ini mengalirkan darah yang akhirnya melahirkan Tuhan Yesus. Ini salah satu bukti Kristen Khusus yaitu menghargai darah Anak Domba Allah.
Kejadian 49:11
Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

Lewat Yehuda ini peluang bagi kita bangsa kafir terbuka lebar. Kita bangsa kafir adalah bangsa Keledai.
Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur” ini menunjuk bangsa kafir yang menjadi pengikut Kristus pada masa gereja mula-mula (gereja hujan awal).
anak keledainya pada pohon anggur pilihan” ini menunjuk bangsa kafir yang menjadi pengikut Kristus pada masa gereja hujan akhir. Ini kesempatan kepada kita bangsa kafir yang hidup pada akhir zaman untuk diikat pada pokok anggur pilihan (gereja hujan akhir).

Zakharia 1:21
Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Ini pun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorang pun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya."
Jadi ada tanduk yang coba menyerakkan tanah Yehuda tetapi ternyata Tuhan mengutus suatu kekuatan yang lain untuk menghempaskan tanduk-tanduk itu karena Yehuda mendapat prioritas dari Tuhan. Dari suku Yehuda inilah lahirlah Raja.

Zakharia 2:11
dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku dan Aku akan diam di tengah-tengahmu." Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

Menggabungkan diri dengan Tuhan berarti satu roh dengan Tuhan.
I Korintus 6:17
Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

Yehuda dilindungi oleh Tuhan karena dari Yehuda muncul Yerusalem. Yerusalem ada di wilayah Yehuda.
Matius 5:35
maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;

Raja Besar adalah Yesus. Kalau berbicara Yerusalem sama dengan berbicara Istri Anak Domba yang digambarkan bagaikan kota yang besar. Tuhan ingin mempertontonkan kita sebagai sidang mempelai-Nya.
Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Contoh: Ahasyweros ingin mempertontonkan Wasti tetapi Wasti tidak mau sehingga ia diganti dengan Ester. Kalau kita tidak mau dipertontonkan sebagai istri-Nya maka akan Tuhan ganti dengan orang lain.
Ester 1:11-12
11 supaya mereka membawa Wasti, sang ratu, dengan memakai mahkota kerajaan, menghadap raja untuk memperlihatkan kecantikannya kepada sekalian rakyat dan pembesar-pembesar, karena sang ratu sangat elok rupanya.
12 Tetapi ratu Wasti menolak untuk menghadap menurut titah raja yang disampaikan oleh sida-sida itu, sehingga sangat geramlah raja dan berapi-apilah murkanya.

Kita mau direkrut oleh Tuhan sehingga ketika 10 tanduk (antikris yang tampil diakhir zaman) sudah dilepas maka kita sudah disingkirkan oleh Tuhan. Milikilah Yesus, milikilah Firman pengajaran, berilah hidupmu digembalakan benar-benar dalam penggembalaan Firman sehingga kehidupan kita menikmati apa yang dijanji oleh Tuhan. Kita akan dihangatkan, diselamatkan, dibela dan dipelihara oleh suami yang luar biasa itulah Yesus.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar