20140508

Kebaktian PA 7 Masa Raya Tuhan, Kamis 8 Mei 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 23:9-14
23:9 TUHAN berfirman kepada Musa:
23:10 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam,
23:11 dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu di hadapan TUHAN, supaya TUHAN berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu.
23:12 Pada hari kamu mengunjukkan berkas itu kamu harus mempersembahkan seekor domba berumur setahun yang tidak bercela, sebagai korban bakaran bagi TUHAN,
23:13 serta dengan korban sajiannya dari dua persepuluh efa tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, sebagai korban api-apian bagi TUHAN yakni bau yang menyenangkan, serta dengan korban curahannya dari seperempat hin anggur.
23:14 Sampai pada hari itu juga janganlah kamu makan roti, atau bertih gandum atau gandum baru, sampai kamu telah membawa persembahan Allahmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

Tuhan berkata “Dia setia akan semua perkataanNya”. Ini adalah ucapan Tuhan yang disampaikan lewat kemah pertemuan. Kitab Imamat adalah kitab ibadah yang dulu ditujukan kepada orang Israel namun sekarang ditujukan kepada kita.

Dari bacaan di atas ada dua faktor yang membawa umat Tuhan ada di dalam kegerakan. Kegerakan ini dijanji oleh Tuhan, ada kegerakan hujan awal yaitu saat menanam benih dan ada kegerakan hujan akhir yaitu menjelang panen.

Pelajaran mula-mula adalah pengajaran yang berbicara tentang hujan awal. Pengajaran yang melanjutkan yaitu pelajaran yang mengarahkan pada kesempurnaan disebut hujan akhir. Tuhan memberikan sinyal bahwa setiap anak Tuhan harus ada pada kegerakan rohani.
Ibrani 6:1-3 (Terjemahan Lama)
6:1 Sebab itu baiklah kita berhenti daripada menerangkan pengajaran Kristus yang mula-mula itu, langsungkanlah kepada kesempurnaan: Janganlah lagi kita membubuh alas, yaitu dengan pengajaran hal tobat daripada perbuatan yang membawa kepada mati, dan iman kepada Allah,
6:2 dan pengajaran dari hal baptisan, dan dari hal meletakkan tangan atas orang, dan dari hal orang mati bangkit pula, dan hukuman yang kekal.
6:3 Demikianlah kita berbuat kelak, jikalau diizinkan Allah.

Tuhan mengatakan: “Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu”. Negeri yang dimaksud adalah Kanaan. Kanaan menunjuk kegerakan.

Janji yang akan Tuhan turunkan kepada kita adalah sifat tabiat Tuhan. Ini kita peroleh lewat kegerakan hujan awal memuncak hujan akhir.
II Petrus 1:4
1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Jadi kegerakan ini membawa kita pada kodrat Ilahi, kita memiliki sifat Ilahi. Sifat kita harus ada dalam tanda-tanda kekudusan.

Dari bacaan di atas ada dua faktor yang membawa umat Tuhan ada di dalam kegerakan.
1.      Pesta paskah dan pesta roti fatir.
Kalau pesta paskah dan pesta roti fatir kita jalani dengan benar dan sungguh-sungguh maka itu sudah menunjang kegerakan rohani.

Ø  Pesta paskah
Kita harus menghargai mahalnya korban Kristus (Paskah). Yang dapat menebus kita hanyalah darah Yesus itulah korban paskah.
Mazmur 49:8-9
49:8 Tidak seorang pun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya,
49:9 karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya --

Jangan sampai korban Kristus itu kita anggap enteng sebab berat hukumannya bagi orang yang tidak menghargai.
Ibrani 10:26
10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.

Ø  Pesta roti fatir
Pesta roti fatir menunjuk baptisan air. Baptisan air itu harus benar, jangan menurut imajinasi atau pemikiran pendeta atau gereja, tetapi harus sesuai pemikiran Kristus, harus sesuai Alkitab. Karena kita menerima Tuhan Yesus sebagai domba paskah maka kita harus melihat teladan Tuhan Yesus. Seperti Tuhan Yesus dibaptis begitu juga kita harus dibaptis. Tuhan Yesus diselam dengan kata lain dikubur. Kalau dikatakan penguburan berarti seluruh tubuh kita ada di dalam kubur.
Roma 6:3-4
6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Paulus ingin kita semua harus tahu, jangan tidak tahu atau pura-pura tidak tahu tentang baptisan yang benar.

Kolose 2:12
2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Jadi baptisan air itu mengikuti Domba Paskah. Sebagaimana Tuhan Yesus dibaptis begitu juga kita dibaptis. Karena kita pengikut Kristus maka kita tidak bisa merubah apa kata Firman. Baptisan yang benar adalah seluruh tubuh tenggelam di dalam air.

Kalau dua hal ini maka itu sudah menjadi faktor untuk membawa kita masuk pada kegerakan.
Kisah Para Rasul 2:38
2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Bertobat dan memberi diri dibaptis air adalah stempel kita diampuni oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 2:38
2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Bagaimana kita mau masuk pada kegerakan Roh Kudus yang menghadirkan kegerakan Firman kalau tidak ada dua pesta yang pertama.

2.      Peran imam untuk mengunjuk-unjuk kita.
Imamat 23:11
23:11 dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu di hadapan TUHAN, supaya TUHAN berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu.

Kalau anak Tuhan tidak ada lagi hubungan dengan hamba Tuhan yang menunjuk-unjuk maka sudah dapat dipastikan dia akan lemah, sakit dan berakhir mati rohaninya.

Yang menyiapkan di sini adalah tugas imam. Tujuannya untuk dikaitkan dengan orang  yang diunjuk-unjuk supaya jangan mati rohaninya.

Anak Tuhan yang sudah percaya, bertobat dan dibaptis, dia harus paham bahwa dia adalah persembahan sulung (Aparche) yang harus selalu diunjuk-unjuk. Korban unjuk-unjukan itu dikaitkan dengan:
Ø  Mempersembahkan domba umur setahun, itu sama dengan domba Paskah. Artinya selalu mengingatkan tentang korban Kristus yang sudah membeli.

Ø  Setelah itu ditingkatkan mempersembahkan 2/10 efa. 2/10 = 1/5. 1/5 adalah angka denda. 5 adalah angka korban Kristus. Karena korban Kristus yang menanggung denda kita sehingga kita tidak lagi didenda. Luka Tuhan Yesus disalib ada 5 dan dengan 4 luka Tuhan Yesus sudah mati.  Namun Dia rela menerima luka ke 5 (1/5) untuk kita bangsa kafir. Jadi ini angka denda

Denda ini melingkupi:
a)      Soal ibadah kita
Imamat 27:9-13,27
27:9 Jikalau itu termasuk hewan yang boleh dipersembahkan sebagai persembahan kepada TUHAN, maka apa pun dari pada hewan itu yang dipersembahkan orang itu kepada TUHAN haruslah kudus.
27:10 Janganlah ia menggantinya dan janganlah ia menukarnya, yang baik dengan yang buruk atau yang buruk dengan yang baik. Tetapi jikalau ia menukar juga seekor hewan dengan seekor hewan lain, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus.
27:11 Jikalau itu barang seekor dari antara hewan haram yang tidak boleh dipersembahkan sebagai persembahan kepada TUHAN, maka hewan itu harus dihadapkannya kepada imam,
27:12 dan imam harus menetapkan nilainya menurut baik atau buruknya, dan seperti penilaian imam demikianlah jadinya.
27:13 Dan jikalau orang itu mau menebusnya juga, ia harus menambahkan seperlima kepada nilai itu.
27:27 Tetapi jikalau itu dari antara hewan yang haram, maka haruslah orang menebusnya menurut nilainya dengan menambah seperlima dan jikalau tidak ditebus, haruslah dijual menurut nilainya.

Tuhan Yesus rela mati supaya kita bisa beribadah dan melayani. Bangsa kafir digambarkan oleh kitab suci bagaikan binatang haram, kalau kita tidak ditebus oleh darah Yesus maka kita akan terus terjual di dalam dosa.

Kalau tidak menghargai korban Domba Paskah:
I Korintus 11:30
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.

b)      Kesalahan dalam persoalan kata-kata
Imamat 6:5
6:5 atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.

Yakobus 3:2
3:2 Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

c)      Dosa kepada sesama
Bilangan 5:6-7
5:6 "Berbicaralah kepada orang Israel: Apabila seseorang, laki-laki atau perempuan, melakukan sesuatu dosa terhadap sesamanya manusia, dan oleh karena itu berubah setia terhadap TUHAN, sehingga orang itu menjadi bersalah,
5:7 maka haruslah ia mengakui dosa yang telah dilakukannya itu; kemudian membayar tebusan sepenuhnya dengan menambah seperlima, lalu menyerahkannya kepada orang terhadap siapa ia bersalah.

Sesama suami yang paling dekat adalah istri dan sesama istri adalah suami. Jadi Tuhan rela kena denda untuk membenahi nikah dan juga membenahi persekutuan yang lebih besar. Berbicara rumah menunjuk nikah.
Imamat 27:14-15
27:14 Apabila seorang menguduskan rumahnya sebagai persembahan kudus bagi TUHAN, maka imam harus menetapkan nilainya menurut baik atau buruknya, dan seperti nilai yang ditetapkan imam demikianlah harus dipegang teguh.
27:15 Tetapi jikalau orang yang menguduskan itu mau menebus rumahnya, maka ia harus menambah harganya dengan seperlima dari uang nilainya dan rumah itu menjadi kepunyaannya pula.

Habakuk 1:3 (Terjemahan Lama)
1:3 Mengapa Engkau memperlihatkan aku kejahatan dan memberikan aku memandang sengsara? Hanya kerusakan dan penggagahan adalah di hadapan mataku; baharu habis perbantahan maka mulai geger pula.

Hosea 4:1-2
4:1 Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.
4:2 Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah.

Mengutuk dan berbohong adalah dosa kata-kata. Mencuri berarti tidak ada kesucian dalam keuangan. Berzinah berarti tidak ada kesucian dalam nikah. Membunuh, melakukan kekerasan, penumpahan darah adalah dosa perbuatan.

d)      Ladang artinya pencaharian kita
Imamat 27:16-19
27:16 Jikalau seseorang menguduskan sebagian dari ladang miliknya bagi TUHAN, maka nilainya haruslah sesuai dengan taburannya, yakni sehomer taburan benih jelai berharga lima puluh syikal perak.
27:17 Jikalau ia menguduskan ladangnya mulai dari tahun Yobel, maka nilainya haruslah dipegang teguh.
27:18 Tetapi jikalau ia menguduskan ladangnya sesudah tahun Yobel, maka imam harus menghitung harganya bagi orang itu sesuai dengan tahun-tahun yang masih tinggal sampai kepada tahun Yobel, dan harga itu harus dikurangkan dari nilainya.
27:19 Dan jikalau orang yang menguduskannya benar-benar mau menebus ladang itu, maka ia harus menambah harganya dengan seperlima dari uang nilainya dan ladang itu tetap dimilikinya.

Bukan hanya diri kita yang ditebus oleh Tuhan tetapi pencaharian kita juga ditebus oleh Tuhan. Usaha pekerjaan kita ada nilai penebusan Tuhan di dalamnya. Sebab itu jangan sembarang dalam usaha pencaharian.

e)      Hasil pekerjaan
Imamat 27:30-31; 22:14
27:30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
27:31 Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima.
22:14 Apabila seseorang dengan tidak sengaja memakan persembahan kudus, ia harus memberi gantinya kepada imam dengan menambah seperlima.

Kalau kita tidak tahu mengembalikan perpuluhan berarti sama kita tidak tahu atau pura-pura tidak tahu Tuhan sudah menebus kita. Kalau sengaja atau tidak sengaja sudah memakan perpuluhan maka harus didenda 1/5. Mengembalikan perpuluhan sama dengan kita mengakui bahwa kita adalah miliknya Tuhan, bila tidak berkat Tuhan yang diterima hanya menjadi daging dan tidak membawa sesuatu yang rohani di dalam diri kita.

Ø  Ditambah dengan mempersembahkan 1/4 hin anggur
Imamat 23:13
23:13 serta dengan korban sajiannya dari dua persepuluh efa tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, sebagai korban api-apian bagi TUHAN yakni bau yang menyenangkan, serta dengan korban curahannya dari seperempat hin anggur.

Anggur berbicara sukacita di dalam nikah dan di dalam perjamuan. Di dalam Alkitab ada 4 Injil. 4 Injil itu menceritakan pengorbanan Kristus sampai kebangkitanNya. Pengorbanan Tuhan Yesus itu untuk membawa kita menikmati air anggur di Sorga yaitu dalam pesta nikah Anak Domba.
Lukas 22:14-18,30
22:14 Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya.
22:15 Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.
22:16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah."
22:17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu.
22:18 Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang."
22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Bukti seseorang ada dalam kegerakan rohani:
1.      Imamat 23:14
23:14 Sampai pada hari itu juga janganlah kamu makan roti, atau bertih gandum atau gandum baru, sampai kamu telah membawa persembahan Allahmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

Bukti ada kegerakan rohani dalam diri seseorang adalah mendahulukan Allah. Mendahulukan Tuhan berarti vertikal, tegak lurus ke atas.

2.      Imamat 23:22
23:22 Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu, semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing; Akulah TUHAN, Allahmu."

Setelah mendahulukan Tuhan kita harus mengingat sesama, berarti horisontal. Kita sudah menerima kekayaan rohani jadi kita harus melihat orang miskin dengan praktek kita bersaksi dan melihat orang asing artinya memenangkan orang yang tidak mengenal Tuhan Yesus.

Pesta yang keempat adalah pesta Pantekosta yang ada pada bulan yang ketiga dan ini tunggal (terdiri sendiri) digenapkan pada:

Kisah Para Rasul 2:1-3
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

2/10 efa = 2 gomer. 2 gomer ini dibuat menjadi satu ketul roti. Berarti dua menjadi satu. Kedekatan kita dengan hamba Tuhan adalah untuk membawa kita dua menjadi satu, artinya menjadi Mempelai Wanita Tuhan.
Imamat 24:5
24:5 "Engkau harus mengambil tepung yang terbaik dan membakar dua belas roti bundar dari padanya, setiap roti bundar harus dibuat dari dua persepuluh efa;

Kehidupan yang digarap oleh Firman Tuhan berhasil untuk duduk semeja dengan Tuhan.

Tuhan memberkati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar