20140520

Kebaktian Ucapan Syukur di Toaro, Selasa 20 Mei 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Kejadian 13:1-4
13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lot pun bersama-sama dengan dia.
13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.
13:3 Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,
13:4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.

Ada dua nama yang disebutkan di atas yaitu Abram dan keponakannya yaitu Lot. Abraham dan Lot disebut orang benar.
II Petrus 2:7-8
2:7 tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, --
2:8 sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa --

Roma 4:11,16-17
4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka,
4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, --
4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" -- di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

Galatia 3:6-9
3:6 Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
3:7 Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.
3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."
3:9 Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.

Jadi keduanya orang benar. Nampaknya tidak ada perbedaan. Tetapi setelah kita lihat lewat kesaksian Firman dikatakan Abraham orang benar yang kaya rohani. Lot tidak kaya rohani. Soal jasmani sama-sama kaya, hanya bedanya Lot tidak kaya rohani.

Di mana bukti bahwa Abraham kaya rohani? Mulai dari dia dipanggil oleh Tuhan. Abraham mendapat panggilan Tuhan dan Lot ikut membonceng pada panggilan Tuhan terhadap Abraham tetapi sayangnya Lot tidak pernah membangun mezbah sedangkan Abraham selalu membangun mezbah. Itu sebabnya Lot tidak pernah mengerti maksud panggilan Tuhan.

Jadi Abraham orang benar, orang kaya dan hubungan vertikalnya dengan Tuhan tidak diragukan. Lot orang benar, orang kaya tetapi tidak pernah dikatakan dia membangun mezbah.

Kita semua telah dibenarkan oleh Tuhan Yesus Kristus karena kita percaya. Kita juga diberikan kekayaan, Tuhan Yesus rela miskin supaya kita menjadi kaya. Ukurannya bukan hanya sekedar kekayaan lahiriah tetapi kita telah diberikan asupan-asupan dari Tuhan. Tetapi apa artinya kalau kita tidak kaya di dalam Tuhan.
Lukas 12:21
12:21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."

Mengapa dia tidak kaya rohani? Karena tidak mengerti panggilan Tuhan, mengerti rencana Allah dalam hidupnya. Ada dua rahasia Allah yang besar dalam Alkitab yang banyak umat Tuhan tidak mengerti tentang hal itu. Itu sebenarnya adalah kekayaan puncak di dalam gereja. Rahasia yang besar dalam Alkitab adalah rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya. Siapa yang akan duduk bersanding dengan Kristus Yesus? Mereka adalah orang yang kaya rohani, orang yang dibenarkan, disucikan lewat pengajaran Firman dan orang yang disempurnakan oleh Tuhan. Orang yang menjadi Tubuh Kristus (kedudukan istri) di mana Tuhan Yesus menjadi Kepala (kedudukan suami), tidak akan mungkin dibiarkan oleh Tuhan untuk dianiaya oleh antirkristus selama 3,5 tahun. Tuhan pasti menyingkirkan kehidupan tersebut ke padang belantara.

Api yang turun di Sodom dan Gomora yang menubuatkan apa yang akan terjadi di akhir zaman.
II Petrus 2:6
2:6 dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,

Dunia ini akan dibinasakan dengan api.
II Petrus 3:10
3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Kita harus paham panggilan Tuhan dalam diri kita. Panggilan Tuhan kepada Abraham untuk keluar dari Mesopotamia. Mesopotamia artinya dua aliran. Tuhan tidak mau Abraham di apit oleh dua aliran. Dia keluar dari Ur-Kasdim. Ini adalah tempat orang bijaksana tetapi bukan bijaksana karena ada hubungannya Tuhan. Mereka tidak ada hubungannya dengan Roh Kudus tetapi kebijaksanaan mereka ada hubungannya dengan roh iblis.

Khaal artinya dipanggil keluar, dalam perjanjian baru disebut Eklesia ada 4 pengertiannya:
1.      Allah memanggil keluar dan mengumpulkan
Mengumpulkan di sini mulai dari suami istri. Begitu disebutkan nama Abram langsung disebutkan Sarai istrinya.
Kejadian 13:1
13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lot pun bersama-sama dengan dia.

Seringkali kita dipanggil menjadi orang Kristen tetapi tidak akur antara suami istri. Bukti orang dipanggil oleh Tuhan dia cinta persekutuan mulai dari dalam nikah. Kalau nikah tidak akur kemudian kawin cerai, ini orang yang benar tetapi tidak kaya di dalam Tuhan dan akan dibakar di dalam api neraka.

Gereja melegalkan perceraian padahal Tuhan melarang adanya perceraian kecuali Allah yang menceraikan lewat kematian. Tuhan mengatakan perceraian itu karena keras hati. Keras hati itu adalah berhala.
Yosua 24:1-2
24:1 Kemudian Yosua mengumpulkan semua suku orang Israel di Sikhem. Dipanggilnya para tua-tua orang Israel, para kepalanya, para hakimnya dan para pengatur pasukannya, lalu mereka berdiri di hadapan Allah.
24:2 Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain.

Ini berhala, makanya harus keluar dari berhala. Itu tanda orang yang dipanggil oleh Tuhan. Abraham membuktikan dia dipanggil oleh Tuhan dan berkumpul dengan istrinya.

2.      Allah memanggil untuk menyembah/menghambakan diri kepada Tuhan
Berarti dulu kita hamba dosa dan sekarang kita menjadi hamba kebenaran. Bagi hamba Tuhan tidak ada yang lain dikerjakan selain harus ada di dalam kebenaran.
II Korintus 13:8
13:8 Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran.

Itu sebabnya Abraham membangun mezbah, di sanalah dia datang menyembah. Kita sekarang tidak membangun mezbah tetapi untuk kita ada salib di Golgota, di sana kita datang menyembah.

Menyembah dalam terjemahan gerika adalah Proskoneho, artinya:
1)      Seperti anjing menjilat kaki tuannya.
2)      Seperti istri menyerah sepenuhnya kepada suaminya.
Gereja adalah istri dari Anak Domba Allah.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.


Wahyu 19:6-9
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

3.      Allah memanggil untuk diberikan Firman dan Roh Kudus
Tuhan tahu kita tidak akan kuat, olehnya itu begitu kita dipanggil keluar Tuhan juga bekali dengan Firman dan RohNya. Itu orang Kristen yang mengerti panggilan dan tidak hanya ikut-ikutan.

Saya tidak ingin orang yang saya layani, asal saja membawa hidupnya sehingga masuk dalam masa aniaya antikristus.
Zefanya 1:7
1:7 Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Sebab hari TUHAN sudah dekat. Sungguh TUHAN telah menyediakan perjamuan korban dan telah menguduskan para undangan-Nya.

Tuhan Yesus berdoa supaya kita dikuduskan oleh Firman.
Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Zefanya 1:17-18
1:17 Aku akan menyusahkan manusia, sehingga mereka berjalan seperti orang buta, sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN. Darah mereka akan tercurah seperti debu dan usus mereka seperti tahi.
1:18 Mereka tidak dapat diselamatkan oleh perak atau emas mereka pada hari kegemasan TUHAN, dan seluruh bumi akan dimakan habis oleh api cemburu-Nya; sebab kebinasaan, malah kebinasaan dahsyat diadakan-Nya terhadap segenap penduduk bumi.

Di antara suami istri tidak boleh ada yang lain. Jangan cucu merebut kasih istri kepada suami. Apalagi kalau ada kekayaan di antara suami istri yang malah memisahkan. Kenapa bisa renggang? Karena tidak mengerti panggilan Tuhan.

4.      Di dalamnya ada iman
Banyak orang diberikan Firman tetapi tidak percaya. Buktinya dalam perumpamaan Tuhan Yesus ada benih yang ditabur di pinggir jalan kemudian hilang, berarti mereka tidak hargai. Ada benih yang jatuh di tanah berbatu-batu dan di semak belukar yang berarti mereka tidak menghargai Firman. Yang jatuh di tanah yang baik menerima Firman dengan baik.

Kalau tidak ada Abraham yang mendoakan Lot maka dia sudah dihukum bersama dengan Sodom dan Gomora. Dalam doa Abraham untuk Lot, dia memulai dari angka 50 sampai angka 10. Jadi orang yang diselamatkan adalah yang ada dalam lingkup angka 10 dan 50. 10 adalah angka Firman sepenuh dan 50 adalah angka Pentakosta (Roh Kudus).

Kejadian 13:2
13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.

Urutan penyebutan kekayaan Abram mulai dari ternak. Zaman sebelum Tuhan Yesus datang ke dunia pada kali yang pertama, kalau orang mau datang kepada Tuhan maka mereka membuat mezbah dan membawa ternak yang tidak bercacat. Jadi dengan menyebutkan “banyak ternak” berarti Abraham adalah kehidupan yang cinta Tuhan dan selalu membuat mezbah, ada ternak disembelih (ibadah).
Kejadian 13:3-4
13:3 Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,
13:4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.

Ini membuktikan bahwa Abraham ini bukan cuma benar tetapi dia kaya jasmani dan kaya rohani.
Lukas 12:15,20-21
12:15 Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."
12:20 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?
12:21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."

Satu ketika karena kekayaan jasmani membuat perpisahan antara Abraham dan Lot. Dahulu terjadi pada Abraham dan Lot tetapi di depan ini akan terjadi pemisahan yang ditentukan apakah kita kaya rohani atau tidak. Kalau miskin rohani akan dipijak-pijak oleh antikristus 3,5 tahun. Tetapi kalau kaya rohani dia pasti disingkirkan sebab Tuhan Yesus tidak ingin istriNya dipijak-pijak oleh antikristus.

Jangan abaikan persoalan rohani hanya karena mengejar perkara jasmani. Utamakan perkara rohani. Jangan kita tidak ada dalam ibadah yang ada pembukaan rahasia Firman di dalamnya.

Kepada orang Yahudi dipercayakan Firman tetapi rahasia Firman tidak.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Kepada bangsa kafir sekarang ini Tuhan percayakan pembukaan rahasia Firman terutama rahasia terbesar yaitu nikah Kristus dengan gerejaNya. Sayang kalau saudara tidak ada pada tempat yang ada pembukaan rahasia Firman.
Kolose 1:25-26,28
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Karena Lot melayangkan matanya dan memilih Lembah Yordan. Sampai 3 kali disebutkan Lembah Yordan.
Kejadian 13:10-12
13:10 Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh 1Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. -- Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. --
13:11 Sebab itu Lot memilih baginya seluruh 2Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.
13:12 Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota 3Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.

Karena memilih lembah Yordan maka akibatnya:
Kejadian 13:24-26
19:24 Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, berasal dari TUHAN, dari langit;
19:25 dan ditunggangbalikkan-Nyalah kota-kota itu dan Lembah Yordan dan semua penduduk kota-kota serta tumbuh-tumbuhan di tanah.
19:26 Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.

Istri Lot menjadi tiang garam dan Lot terus berjalan, artinya terjadi perpisahan kepala dan tubuh selamanya.

Kejadian 19:27-29
19:27 Ketika Abraham pagi-pagi pergi ke tempat ia berdiri di hadapan TUHAN itu,
19:28 dan memandang ke arah Sodom dan Gomora serta ke seluruh tanah Lembah Yordan, maka dilihatnyalah asap dari bumi membubung ke atas sebagai asap dari dapur peleburan.
19:29 Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu.

Bukan Lot yang diingat oleh Tuhan tetapi Abraham. Kalau saja masih ada hamba Tuhan yang menyebutkan nama saudara di hadapan Tuhan maka bersyukurlah kepada Tuhan. Itu sebabnya jangan menyakiti hati gembala, sebab saudara beruntung kalau masih ada yang mendoakan.

II Petrus 2:6; 3:7-10
2:6 dan jikalau Allah membinasakan kota Sodom dan Gomora dengan api, dan dengan demikian memusnahkannya dan menjadikannya suatu peringatan untuk mereka yang hidup fasik di masa-masa kemudian,
3:7 Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Pahamlah panggilan Tuhan terhadap saudara. Jangan menjadi orang Kristen yang membonceng, pergi ke gereja hanya karena ikut-ikutan. Apalagi menjadi Kristen calo, mengajak orang lain tetapi akhirnya dia sendiri tertinggal.

Mari kita tinggalkan Ur-Kasdim, tinggalkan Mesopotamia, artinya tinggalkan berhala, tinggalkan kekerasan hati sebab itu hanya memisahkan kita dengan Tuhan.
Yosua 24:2
24:2 Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar