20150214

Kebaktian Doa, Sabtu 14 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Amos 8:9-10 (Gerhana matahari dan ratapan)
8:9 "Pada hari itu akan terjadi," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah.
8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."

Kita perhatikan bagaimana lukisan Tuhan tentang keadaan akhir zaman. Ini nubuatan Firman tentang akhir zaman, di mana kita akan berhadapan dengan keadaan yang disebut “bumi gemetar”. Siapa yang membuat bumi bergetar? Ada sponsornya, ada otaknya.
Yesaya 14:16
14:16 Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang,

Ini roh Lucifer yang kelak nanti ada pada manusia atau iblis menjadi manusia. Iblis dalam bentuk daging itulah antikristus. Dulu digambarkan dengan Lucifer, bintang kejora. Inilah yang membuat bumi gemetar.

Kalau kita melihat kondisi dunia akhir zaman ini kita benar-benar diperhadapkan dengan gerakan roh Lucifer/antikristus ini yang membuat manusia dan bumi gemetar. Hal ini menyelinap masuk dalam gereja Tuhan dan memang sasaran utamanya adalah gereja atau umat Tuhan karena bagi iblis gereja ini adalah penghambat rencananya. Bagi kita, iblis adalah penghambat rencana Allah. Karena iblis tahu bahwa waktu penghukuman akan segera dijatuhkan padanya maka dia juga gemetar dan bumi juga gemetar. Jadi seluruh lini kehidupan gemetar.

Untuk itu harus waspada. Kita lihat saja bumi gemetar, kita juga dengar iblis gemetar tetapi yang harus kita jaga adalah diri kita. Hal seperti ini jangan sampai ada pada diri kita dan digambarkan dalam kitab Habakuk bahwa inilah yang akan terjadi di akhir zaman ini.

Ada dua pengertian Habakuk:
1.      Pergumulan
2.      Dirangkul atau merangkul

Kita tidak harus menganggap sepi apa yang tertulis dalam kitab nabi Habakuk:
Habakuk 1:3
1:3 Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi.

Habakuk 1:3 (Terjemahan Lama)
1:3 Mengapa Engkau memperlihatkan aku kejahatan dan memberikan aku memandang sengsara? Hanya kerusakan dan penggagahan adalah di hadapan mataku; baharu habis perbantahan maka mulai geger pula.

Ini berarti gemetar, ada gerakan-gerakan kuasa kegelapan yang menciptakan hal seperti ini. Tentu geger dan gemetar ini bukan karena persoalan Firman tetapi ini diakibatkan kehidupan Kristen yang pikirannya hanya ada pada hal-hal yang duniawi sehingga menimbulkan perselisihan. Jadi perselisihan bukan karena persoalan Firman tetapi karena persoalan daging.
Yakobus 4:1-2
4:1 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?
4:2 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.

Persoalan di sini hanya menyangkut persoalan lahiriah. Jadi gemetarnya bumi ini dan pertengkaran serta pertikaian yang terjadi dalam kehidupan Kristen atau kehidupan orang percaya itu hanya karena persoalan yang sepeleh, persoalan yang fana. Termasuk persoalan yang menimbulkan pertikaian antara satu dengan yang lain hanya karena persoalan keinginan-keinginan yang tidak terpenuhi terhadap perkara yang duniawi. Itu berarti pintu terbuka luas bagi roh antikristus untuk bekerja di sana.

Kalau seperti itu terus menerusmaka Tuhan akan membuat gerhana matahari, atau matahari gelap sebelum waktunya. Matahari itu menggambarkan kasihBapa Sorgawi. Kalau matahari gelap di siang hari itu berarti kasih Tuhan dicabut secara mendadak. Ini bisa Tuhan lakukan kepada siapapun.
Sebenarnya belum waktunya untuk terbenam tetapi menjadi gelap dengan seketika. Mengapa Tuhan mencabut kasihNya dengan seketika?Oleh karena di sungai Nil itu ada buaya besar, artinya ada kekerasan hati yang sudah melampaui batas. Kekerasan hati manusia sudah lebih hebat dari kekerasan hati Firaun yang digambarkan sebagai buaya besar di sungai Nil.

Kalau melihat dalam Yehezkiel pasal 16 tentang Yerusalem yang mau dijadikan istri, apa lagi yang kurang dari Tuhan untuk memfasilitasi gerejaNya. Kepada gerejaNya Tuhan sudah membukakan Firman, anggur diberi, gandum diberi, emas dan perhiasan semuanya diberi. Tetapi aneh mendadak mereka berubah, entah apa penyebabnya. Kalau kita memeriksapenyebabnya karena tidak mawas diri sehingga iblis masuk dan dia berubah.
Yehezkiel 16:13
16:13 Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu.

Tingkat rohani mereka di sini tinggal satu langkah lagi sudah duduk setakhta dengan Kristus tetapi mendadak berubah.
Yehezkiel 16:47
16:47 Bukankah engkau hidup menurut perbuatan mereka dan engkau lakukan seperti perbuatan-perbuatan mereka yang keji; sebentar lagi saja engkau berbuat lebih jahat dari mereka dalam seluruh hidupmu.

Tadinya mengebu-gebu tetapi kemudian mendadak berubah. Mengapa bisa begitu? Sebab yang dia temukan tidak menyenangkan dagingnya. Apalah artinya saudara menggemakan pengajaran yang besar ini tetapi kemudian berubah sikap dan berbalik kemudian saudara jatuh pada pelukan yang tidak saudara cari. Seharusnya kita jatuh pada pelukan Yesus tetapi dari bacaan itu sudah lain arah pada pelukan iblis. Kita harus berada pada perjalanan yang harus terang jangan yang mendadak gelap.
Amsal 4:18
4:18 Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Sampai rembang tengah hari berarti sorotannya bukan bertambah surut tetapi semakin terang. Berbeda dengan yang terjadi dalam Amos 8:9
Amos 8:9
8:9 "Pada hari itu akan terjadi," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah.

Ini terjadi karena sikap manusia yang sudah tidak menghargai Firman Tuhan.

Apa yang terjadi pada rembang tengah hari? Ini kebalikkan dari gelap atau matahari terbenam justru pada tengah hari. Pada tengah hari sorotan matahari secara penuh membenahi nikah dan ibadah. Kehidupan yang dibenahi nikahnya maka nikah tidak lagi diisi dengan geger-gegeran dan perbantahan. Kalau mau matahari tidak dicabut dari kehidupan kita maka mari memberi nikah kita diisi dengan Firman Allah. Kalau ada geger dalam nikah itu bearti ada roh antikristus, iblis sementara menggoncangnikahitu. Supaya jangan kasih Allah di cabut maka kita harus mengizinkan hidup kita dibenahi oleh Firman. Tujuan kabar yang besar ini adalah untuk membenahi nikah agar kita mencapai nikah yang rohani. Pembenahan nikah itu wilayahnya dalam ibadah sehingga nikah dan ibadah tidak bisa terlepas.

Mengapa pembangunan Bait Allah diikut sertakan dengan pembangun istana Salomo. Kelihatannya membangun Bait Allah lebih mudah sebab dikatakan membangun Bait Allah 7 tahun dan membangun istana raja itu 13, jadi jumlah 20 tahun . Artinya jangan kita menganggap ibadah dan pelayanan itu sesuatu yang sulit (berat) karena hanya 7 tahun waktunya dibangun. Sebenarnya yang sulit adalah membangun nikah kita.

Waktu pembangunan Bait Allah lebih singkat yaitu 7 tahun tetapi sempurna. Waktu pembangunan istana 13 tahun. Angka 13 adalah angka kekacauan dan angka pemberontakan, itu angka yang tidak indah. Tetapi karena digandenga dengan angka 7 maka angka 13 ini berhasil dilalui sehingga ibadah dan nikah menjadi satu. Ini yang dijaga oleh Tuhan sehingga kita berjalan semakin terang dan tidak merosot.

Jangan sampai pada di usia tua kasih kepada istri semakin merosot atau sebaliknya. Kalau kasih sudah merosot maka yang akan muncul adalah pertikaian, perbantahan dan sengketa. Semua itu berorientasi pada hawa nafsu.

Selagi kita ada dalam pengajaran yang besar ini, izinkan sorotan matahari Tuhan, sorotan kasih sayang Tuhan kepada kita untuk membenahi mulai dari Bait Allah yaitu membangun istana dan kita juga membangun istana kita. Istana menunjuk nikah.

I Raja-raja 7:1; 6:38
7:1 Salomo mendirikan istananya sampai tiga belas tahun lamanya, barulah selesai seluruh istananya itu.
6:38 dan dalam tahun yang kesebelas, dalam bulan Bul, yaitu bulan kedelapan, selesailah rumah itu dengan segala bagian-bagiannya dan sesuai dengan segala rancangannya; jadi tujuh tahun lamanya ia mendirikan rumah itu.

Selisih angka 13 dan angka 7 adalah angka 6, itu angka daging. Untuk membenahi daging kita itu tidak enteng. Daging inilah sasaran antikris menyelinap masuk dan ditumbuh kembangkan menjadi 666 oleh antikristus yang membuat bumi ini gemetar. Itu sebabnya kita harus menaruh perhatian.

Yeremia 13:16
13:16 Permuliakanlah TUHAN, Allahmu, sebelum Ia membuat hari menjadi gelap, sebelum kakimu tersandung di atas bukit-bukit yang diliputi senja, sementara kamu menanti-nantikan terang, tetapi Ia menjadikan hari kelam pekat dan mengubahnya menjadi gelap gulita.

Terang yang mendadak menjadi gelap itu ditujukan pada orang yang keras hati seperti Firaun. Tuhan mendadak akan mencabut terang yang ada padanya, Tuhan mencabut kasih Tuhan yang ada padanya karena dia tidak menghiraukan rencana Allah. Bagaimana supaya kita tidak kena pada hal ini? Muliakanlah Tuhan!
I Korintus 6:20
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu (dan rohmu juga)!

Amsal 3:9
3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu,

Memuliakan Tuhan ini karena menghadapi kehidupan yang diancam olehTuhan/ mencabut kasih, mencabut matahari justru di tengah hari. Mengapa kasih Tuhan mendadak dicabut? Karena terlalu banyak umat Tuhan yang mengabaikan hidupnya untuk ditautkan dengan kasih Ilahi. Matahari masih besinar tetapi dia tidak hirau, dia tidak peduli. Masih diberikan kesempatan dalam hidupnya untuk menikmati kasih Tuhan, ada Firman Tuhan ada Roh Tuhan, segala-galanya masih ada tetapi tidak dia hirau akhirnya Tuhan cabut. Akhirnya orang seperti itu akan terjadiseperti ini:
Yesaya 8:21-22
8:21 Mereka akan lalu-lalang di negeri itu, melarat dan lapar, dan apabila mereka lapar, mereka akan gusar dan akan mengutuk rajanya dan Allahnya; mereka akan menengadah ke langit,
8:22 dan akan melihat ke bumi, dan sesungguhnya, hanya kesesakan dan kegelapan, kesuraman yang mengimpit, dan mereka akan dibuang ke dalam kabut.

Ini terjadi karena dia tidak peduli mencari kesaksian dan pengajaran.
Yesaya 8:20
8:20 "Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.

Kesaksian bekerja sama dengan darah Anak Domba Allah mengalahkan binatang itu. Berarti kehiupan itu tidak mau meraih kemenangan. Akhirnya kehidupan itu tunduk ke bumi dan melihat kesesatan, kegelapan, kesuraman yang menghimpit dirinya. Firman Tuhan tidak bermaksud mengutuk seseorang tetapi tujuan Firman Allah untuk mengangkat kita. Hanya tergantung sikap kita bagaimana menanggapi Firman Tuhan. Itu menentukan apakah kita mencari pengajaran dan kesaksian atau tidak. Pengajaran dan kesaksian, utamanya kesaksian DarahAnakDombaitu mengalahkan iblis.
Wahyu 12:11
12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba,  dan oleh perkataan kesaksian mereka.  Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

Jangan sampai kita masih ada kesempatan untuk mencari pengajaran berarti mau menemukan cahaya matahari tetapi tidak diupayakan. Hanya orang yang ada di dalam lingkup kasih Allah yang di dalam kerajaan Sorga akan bersinar seperti matahari.
Matius 13:43
13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Jadi yang akan bersinar seperti matahari adalah orang-orang yang memasang telinganya mendengar Firman Tuhan sehingga dia berhasil tampil seperti dalam wahyu 12:1. Berjubahkan matahari berart Kasih Allah menyelubungi dirinya, dia berpijak di atas bulan yang menjadi darah berarti berdiri di atas dasar Korban Kristus dan bermahkotakan dua belas bintang berarti ada di bawah pimpinan Roh Kudus lewat pelayanan hamba-hamba Tuhan. Itulah pempilan orang benar yang berjalan sampai rembang tengah hari, dia tampil dalam kepenuhnan kebenaran Firman Allah yang ada dalam hidupnya.

Lawannya Amos mengatakan tadi terjadi perkabungan, terjadi ratapan. Kalau kita tidak berada pada selera Tuhan jangansampai seperti apa yang digambarkan oleh Amos dalam pasal 8 maka gawatlah kehidupan itu. Tuhan memperlihatkan mana yang negatif dan mana yang positif. Terpergantung kita mau memilih yang mana. Yang negatif ada pada ayat 9 dan 10 ini diperlihatkan bukan untuk kita tiru, bukan supaya kita hidup di dalamnya. Kehidupan sepertiitu tidak menghargai kasih Tuhan. Matahari masih menyinari kehidupannya tetapi dia tidakhirau.

Amos 8:10
8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."

Jadi kehidupan tadi bukan orang yang tidak beribadah. Ayat 10 ini menunjukkan bahwa kehidupan yang diancam ini adalah orang-orang yang beribadah tetapi dia jatuh pada ibadah tipuan.

1.      Kain kabung dipinggang
Yeremia 13:11
13:11 Sebab seperti ikat pinggang melekat pada pinggang seseorang, demikianlah tadinya segenap kaum Israel dan segenap kaum Yehuda Kulekatkan kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN, supaya mereka itu menjadi umat, menjadi ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku. Tetapi mereka itu tidak mau mendengar."

Ini tujuan Tuhan tetapi sekarang dirubah, ikat pinggang mereka dari kain kabung. Rencana Allah disampaikan dalam gereja Tuhan tetapi ternyata penampilan Firman untuk menyucikan dan membenahi angka 6 tidak dipedulikan. Bagi mereka yang penting bersukacita memuji Tuhansudahcukuptidakperlupengajaran.

2.      Kepala gundul berarti:
a)      Kemuliaan Tuhan hilang.
b)      Perlindungan Tuhan hilang.
c)      Rasa tunduk dan takut kepada Tuhan hilang.
Rambut bagi wanita itu adalah gambaran roh tunduk. Tunduk kepada suami dan tunduk kepada Tuhan, MempelaiLaki-lakiSorga.
I Korintus 11:13-16
11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?
11:14 Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,
11:15 tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.
11:16 Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.

Ternyata mereka beribadah tetapi tidak ada roh penundukan kepada Tuhan, tidak ada roh penundukan di dalam nikah, tidak ada perlindungan suami kepada istri. Kalau gundul berarti tidak ada kemuliaan, gereja kehilangan kemulian, gereja kehilangan perlindungan, gereja kehilangan roh penundukan.

Tuhan sudah perlihatkan kalau kamu berbuat seperti ini akibatnya ini. Kalau kamu mau membangun istana/ membangun Bait Allah secara kembar jalan bersama-sama maka apapun kesulitan pembangunan istana akan terbenahi karena ada Bait Allah. Pembangunan Istana bahannya sama dengan pembangunan Bait Allah.

Marilah kita gereja Tuhan mau berjalan sampai rembang tengah hari, bukan berjalan dalam gelap tetapi terang benderang sehingga kita jumpa dengan Yesus dan ibadah serta nikah kita terbenahi. Betapa indah kalau kita berjumpa dengan Yesus dan dia berkata “Akulah Mesias itu.”

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar