20150205

Kebaktian PA 7 Bangsa di sekitar bangsa Israel, Kamis 5 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Yehezkiel 28:20-26 (Nubuatan melawan Sidon)
28:20 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
28:21 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Sidon dan bernubuatlah melawan dia
28:22 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Sidon, dan Aku menyatakan kemuliaan-Ku di tengah-tengahmu. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku menjatuhkan hukuman atasnya dan menunjukkan kekudusan-Ku terhadap dia.
28:23 Aku akan mendatangkan sampar atasnya dan darah akan mengalir di jalan-jalannya dan orang-orang akan mati rebah di tengah-tengahnya karena pedang yang datang dari sekitarnya melawan dia. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
28:24 Dan tidak akan ada lagi bagi kaum Israel dari semua tetangganya yang menghina mereka, menjadi duri yang menusuk atau onak yang memedihkan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH.
28:25 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada saat Aku mengumpulkan kaum Israel dari tengah suku-suku bangsa, di mana mereka berserak dan Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa, maka mereka akan diam di tanah mereka yang telah Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub.
28:26 Mereka akan diam di sana dengan aman tenteram, mereka akan membangun rumah dan membuat kebun anggur. Ya, mereka akan diam dengan aman tenteram pada saat Aku menjatuhkan hukuman atas semua tetangganya yang menghina mereka. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka."

Mengapa Tuhan begitu murka kepada Sidon ini? Apakah yang telah mereka lakukan terhadap umat Israel? Setiap tindakan orang yang menista umat Tuhan, pembalasannya datang dari Tuhan. Itu sebabnya Alkitab mengajar kita berdiam diri, tidak membalas. Berlilah kesempatan Allah yang membalas.
Roma 12:19
12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

Inilah yang kita baca dalam Yehezkiel pasal 28, di mana Tuhan telah menuntut pembalasan kepada sidon. Tentu ada hal yang membuat Tuhan murka sehingga menjatuhkan hukuman kepada bangsa Sidon ini. Ini mengajar kita untuk hati-hati menghadapi umat Tuhan. Tentu bukan hanya berbicara bangsa Israel di sana tetapi terhadap sesama kita anak Tuhan.

Kalau kita tahu bahwa dia adalah umat Tuhan apalagi kalau dia adalah orang yang takut akan Tuhan, atau kehidupan yang hidup karib dengan Tuhan, janganlah kita berani mengusik. Secara kasat mata mungkin kita mengatakan “dia tidak akan berani melawan, kalau dia melawan akan aku lumatkan”. Tetapi jangan saudara berpikir terhadap kehidupan yang karib dengan Tuhan itu Tuhan akan berdiam diri, Tuhan pasti membela umatNya yang takut akan Tuhan. Sedangkan umat Israel dulu banyak kali memedihkan hati Tuhan tetapi Tuhan tidak menyesal dengan pilihan dan panggilanNya dan Tuhan membela umat Israel.

Ketika Israel menghadapi himpitan seperti ditusuk-tusuk oleh duri dan onak yang sangat memedihkan hati mereka maka Tuhan memberikan pembelaan kepada umat Israel. Bagaimanakah ulah orang Sidon terhadap orang Israel, bagaimanakah sikap orang yang memedihkan hati saudara dan saya manakala saudara adalah orang yang karib dengan Tuhan?

Masuknya orang Sidon dalam wilayah orang Israel pada rana jasmani dan rohani adalah prakarsa dari iblis. Iblis mempunyai rencana yang begitu licik dan lihai untuk menghancurkan Israel. Program iblis begitu licik dan lihai untuk menghancurkan saudara dan saya. Kita harus jeli melihat manuver Sidon, atau orang-orang yang dipakai oleh iblis untuk menghalangi saudara mencapai takhta Daud.
Wahyu 3:21
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Inilah yang mau direbut oleh Sidon yaitu takhta Yesus, takhta Bapa. Padahal kita mau dibawa ke sana yaitu setakhta dengan Tuhan, satu pelaminan dengan Tuhan atau satu suasana dengan Tuhan. Iblis memakai Sidon atau orang-orang lain untuk merebut takhta Daud. Berbicara takhta Daud itu menunjuk takhta Yesus.

Masuknya Sidon ke Israel adalah lewatpersekutuan antara anak Omri yaitu Ahab yang menikah dengan anak raja Sidon yaitu Izebel. Jadi masuknya Sidon ke Israel ini lewat persekutuan yang licik dan lihai, dalam hal ini persekutuan nikah. Yang jelas dia menyelinap lewat persekutuan. Makanya kita harus waspada untuk masuk dalam persekutuan. Persekutuan-persekutuansemacaminisedang menjamur di akhir zaman ini.

Ada persekutuan yang global dan besar yaitu oikumene. Oiko= bumi, mene = manusia. Berarti persekutuan yang dunia, manusia dengan bumi. Tidak ada hubungannya dengan Tuhan. Yang ada di dalamAlkitab adalah Kahaal dan Eklesia. Oikumene justru tidak dikenal oleh Alkitab. Ini persekutuan yang digandrungi dan diorganisir oleh ahli organisator sehingga yang tidak masuk dalam oikumene dianggap orang yang tidak benar.

Kahaal artinya Tuhan memanggil untuk berkumpul kemudian di sana ada Firman, ada nasihat dan ada imam di situ. Ini sama artinya dengan Eklesia (perjanjian baru).

Persekutuan yang mana yang kita ikuti. Jangan sampai persekutuan itu disusupi oleh Sidon sehingga menggagalkan kita duduk setakhta dengan Kristus. Artinya mengagalkan kita menjadi Tubuh Kristus atau Mempelai Wanita Tuhan. Kadang kala kita tidak tahu untuk apa sebenarnya kita menjadi orang Kristen karena sudah dibutakan oleh iblis. Yang dibahas hanya supaya masuk sorga, jangan masuk neraka, itu terlalu dangkal! Tujuan akhir kita sebenarnya untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan, duduk setakhta dengan Yesus.

Ini yang diusahakan oleh Sidon yaitu untuk merebut takhta Daud. Sidon ini berhasil menguasai takhta Daud selama 6 tahun melalaui Atalya. Seandainya tidak ada orang yang dipakai oleh Tuhan untuk mempertahankan status takhta ini untuk keturunan raja Daud maka habislah kita.

Dalam persekutuan ini ada sesuatu yang perlu masuk dalam pikiran kita untuk kita pikirkan dan kita renungkan dan ini harus ditunjuk oleh Firman Allah agar jelas dalam persekutuan yang kita masuki ini siapa yang dominan di dalamnya. Ahab menikah dengan Izebel. Ahab adalah orang nomor satu di Israel dan Izebel istrinya. Tetapi yang dominan dalam persekutuan ini adalah Izebel, seorang wanita. Kalau yang dominan dalam suatu persekutuan adalah model Izebel maka kita harus waspada. Persekutuan seperti itu bukan persekutuan cara Tuhan tetapi rekayasa iblis untuk gagalkansaudaraduduk setakhta denganYesusputraDaud.

Persekutuan Ahab dan Izebel ini memang berhasil merebut takhta yang ada di Samaria tetapi itu bukan takhta Daud. Yang menduduki takhta di Samaria adalah siapa yang kuat dia yang duduk di sana. Tetapi takhta yang ada di Yerusalem tidak boleh orang duduki kecuali dari suku Yehuda yaitu jalur Daud sampai Tuhan Yesus. Ini yang dipertahankan Tuhan, bahkan sudah dinubuatkan oleh Tuhan bahwa tidak bisa dikalahkan oleh siapapun.
Yeremia 33:20-21
33:20 "Beginilahfirman TUHAN: Jikakamudapatmengingkariperjanjian-Ku dengansiangdanperjanjian-Ku denganmalam, sehinggasiangdanmalamtidakdatanglagipadawaktunya,
33:21 makajugaperjanjian-Ku denganhamba-Ku Dauddapatdiingkari, sehinggaiatidakmempunyaianaklagi yang memerintah di atastakhtanya; begitujugaperjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadipelayan-Ku.

Kalau Izebel yang duduk di atas yang mengendalikan kita, itu sudah alamat mengundangbencana. Dalam kejadian pasal 3 Tuhan mempersalahkan Adam karena dua hal:
1.      Karena dia sudah didikte istrinya.
2.      Karena dia memakan buah yang dilarang.

Jadi Adam ini sudah diatur oleh istrinya. Padahal yang menerima Firman adalah Adam dan bukan istrinya, mestinya Adam yang mengatur istrinya. Ini yang harus kita jaga. Makanya lewat Kabar Mempelai ini gencar untuk menjaga hal ini, apalagi sebagai hamba Tuhan saya tidak akan bergerak keluar dari apa yang dikatakan oleh Firman Allah.

Akibat ulah Ahab dan Izebel ini maka Tuhan mengganjar Israel dengan 3,5 tahun tidak turun hujan sehingga orang Israel menderita. Tetapi ketika Tuhan datang menegur Ahab melalui nabi Elia, Ahab justru memutar balikkan fakta dan menuduh Elia yang mencelakakan Israel.
I Raja-raja 18:17-18
18:17 Segera sesudah Ahab melihat Elia, ia berkata kepadanya: "Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel?"
18:18 Jawab Elia kepadanya: "Bukan aku yang mencelakakan Israel, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah TUHAN dan engkau ini telah mengikuti para Baal.

Ahab seperti itu karenadiseret kemauan Izebel. Itu adalah bagian dari rencana iblis untuk merampas takhta di Yeruselam. Takhta di Samaria hanya dijadikan jalan untuk mendapatkan takhta di Yerusalem. Ini jahatnya Sidon yang menjadi alatnya iblis. Jangan berpikir tidak apa-apa mengikuti persekutuan seperti ini sebab yang tidak apa-apa itu justru akan menjadi apa-apa. Sesungguhnya Tuhan sudah melarang Israel supaya jangan bergaul dengan bangsa lain.
I Raja-raja 11:2
11:2 padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan mereka pun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.

Harus ada batasan, jangan sampai kita terkontaminasi/ tercemar dengan cara mereka. Karena hal itulah yang menghancurkan Salomo.

Kalau kita masuk pada persekutuan yang salah maka akhirnya kita akan gagal masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus. Tidak ada jalan lain untuk kita masuk dalam persekutuan Tubuh Kristus selain kita menjaga jangan sampai kita terkontaminasi dengan cara-cara persekutuan yang sesungguhnya  bukan caranya Tuhan. Kuasa kegelapan masuk melalui persekutuan-persekutuan gereja.
Yesaya 30:1
30:1 Celakalahanak-anakpemberontak, demikianlahfirman TUHAN, yang melaksanakansuaturancangan yang bukandaripada-Ku, yang memasukisuatupersekutuan, yang bukanolehdoronganRoh-Ku, sehinggadosamerekabertambah-tambah,

Lewat Alkitab kita diberikan pemahaman supaya jangan kita terhalang dalam pembangunan Tubuh Kristus sehingga tidak duduk setakhta dengan Tuhan Yesus.
Wahyu 3:21
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Takhta Yesus ini adalah takhta Daud. Itu adalah sasaran akhir kita. Siapa yang duduk setakhta dengan Yesus? Itulah Mempelai WanitaNya, Tubuh Kristus. Itulah yang mau digagalkan oleh iblis lewat persekutuan yang salah. Ini yang diupayakan oleh iblis melalui Sidon dan melalui siapa saja untuk menggagalkan kita duduk di sana. Makanya kita waspada mengikuti persekutuan-persekutuan. Katakanlah orang mengatakan kita “fanatik” tidak usah kita peduli. Lebih baik kita peduli dengan apa yang dikatakan Tuhan dari pada mendengar omongan manusia karena manusia tidak punya Sorga dan hanya menunju neraka.

Dari hal-hal seperti ini terjadi pembersihan. Dalam kasus Ahab dan Izebel ini selalu dikaitkan dengan dosa Yerobeam bin Nebat. Itu tidak pernah lepas, baik anaknya nanti dikaitkan dengan dosa Yerobeam bin Nebat demikian juga dengan cucunya. Mengapa dikaitkan dengan dosa Yerobeam bin Nebat yang ada hubungannya dengan Izebel?
I Raja-raja 12:28-29;16:31
12:28 Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
12:29 Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.
16:31 Seakan-akan belum cukup ia hidup dalam dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, maka ia mengambil pula Izebel, anak Etbaal, raja orang Sidon, menjadi isterinya, sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya.

Jadi dosa Ahab justru bertambah-tambah, bukannya dosa makin berkurang. Dosa Yerobeam bin Nebat adalah:
1.      Yerobeam bin Nebat ini membangun dua lembu emas
Yang di utara ada di Betel dan di selatan ditaruh di Dan. Jadi Yerobeam lupa akan kasus dalam Keluaran pasal 32 di mana Isreal membangun anak lembu emas. Itu baru satu lembu emas sudah menyebabkan 3000 orang Israel mati. 3000 adalah angka suasana rohani. Apalagi sudah ada dua berarti berbiak. Dosa Ahab ini ditambah dengan mengambil lagi Izebel anak raja Sidon menjadi istrinya.

Dikatakan Tuhan akan menunjukkan kemuliaanNya bukan berarti Sidon akan dipermuliakan, maksudnya supaya dia tahu bahwa dia melawan Kemuliaan Tuhan, melawankekudusanTuhan dan sekaligus Tuhan mau menunjukkan kekudusannya.

2.      Dosa Yerobeam yang kedua adalah mengangkat imam-imam yang bukan dari suku Lewi
Suku Lewi adalah orang yang diambil oleh Tuhan untuk khusus melayani di Kemah Suci atau di Bait Allah secara penuh dan tidak ada kerja lain. Ini  yang banyak terjadi yaitu gembala yang tidak fulltimer tetapi ada pekerjaan. Sekarang mungkin terlihat tidak apa-apa sebab masih zaman pembiaran tetapi suatu saat Tuhan akan berterus terang.

Lewi artinya melekatkan, menghubungkan, menggabungkan umat Tuhan kepada Kepala yaitu Yesus. Jadi tujuan pelayanan kami hamba Tuhan dalam jalur Lewi (hamba Tuhan sepenuh) adalah untuk melekatkan jemaat kepada Kepala, menghubungkan jemaat kepada Kepala, menggabungkan jemaat kepada Kepala.Sudahtahu tugas ini berat tetapi masih disertai dengan pekerjaan sambilan lagi!, jangan kita hadir dalam ibadah yang dilayani bukan imam dari Lewi.

I Raja-raja 12:31; 13:33
12:31 Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.
13:33 Sesudah peristiwa ini pun Yerobeam tidak berbalik dari kelakuannya yang jahat itu, tetapi mengangkat pula imam-imam dari kalangan rakyat untuk bukit-bukit pengorbanan. Siapa yang mau saja, ditahbiskannya menjadi imam untuk bukit-bukit pengorbanan.

Padahal tadinya tangan Yerobeam sudah tidak bisa ditarik lagi ketika nabi Tuhan menegur karena dia sedangmembakarkorban di atasmezbah di Betel lalu dia mengulurkan tangan terhadap nabi Allah itu dan menyuruh menangkapnya. Setelah nabi Allah itu mendoakan dia pulih kembali. Tetapi dia tidak bertobat, dia tidak kapok.

I Raja-raja 13:34
13:34 Dan tindakan itu menjadi dosa bagi keluarga Yerobeam, sehingga mereka dilenyapkan dan dipunahkan dari muka bumi.
Kita lihat di dalam persekutuansiapa yang menjadi imam, jangan asal. Kalau dalam persekutuan sembarang saja mengangkat imam lalu mengatakan itu diangkat oleh Roh Kudus maka itu tidak betul karena Roh Kudus tidak akan pernah melawan Firman yang tertulis.

Ini gerakan Sidon yang mau mengagalkan saudara dan saya. Jangan kita berpikir kita semua akan sampai di takhta Yesus, tidak semua akan sampai di sana. Kedatangan Tuhan Yesus pertama kali saja mengadakan pemisahan, Dia meruntuhkan dan Dia membangun. Yang lain diruntuhkan dan yang lain dibangun. Apalagi pada kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua, Dia memisahkan domba dan kambing. Kambing di kiri untuk binasa dan domba di kanan untuk masuk dalam sukacita Bapa di Sorga.

3.      Imam yang benar justru di usir dan yang tidak benar dipelihara
II Tawarikh 11:13-15
11:13 Para imam dan orang Lewi di seluruh Israel datang menggabungkan diri dengan dia dari daerah-daerah kediaman mereka.
11:14 Sebab orang Lewi meninggalkan tanah penggembalaan dan milik mereka, lalu pergi ke Yehuda dan Yerusalem, oleh karena Yerobeam dan anak-anaknya melarang mereka memegang jabatan imam TUHAN,
11:15 dan mengangkat bagi dirinya imam-imam untuk bukit-bukit pengorbanan untuk jin-jin dan untuk anak-anak lembu jantan yang dibuatnya.

Jadi yang benar justru diusir(Lewi sungguhan itu diusir) dan yang tidak benar itu dipelihara. Ini yang terjadi akhir zaman ini, yang salah dibenarkan, yang benar disalahkan.

4.      Pengangkatan imam-imam di luar jalur Lewi ini malah dibayar mahal
II Tawarikh 13:9
13:9 Bukankah kamu telah menyingkirkan imam-imam TUHAN, anak-anak Harun itu, dan orang-orang Lewi, lalu mengangkat imam-imam menurut kebiasaan bangsa-bangsa negeri-negeri lain, sehingga setiap orang yang datang untuk ditahbiskan dengan seekor lembu jantan muda dan tujuh ekor domba jantan, dijadikan imam untuk sesuatu yang bukan Allah.

Kalau melihat pelayan yang cakap dan ingin dijadikan gembala sekarang ini harus dibayar mahal, lewatsekolahbertahun-tahundenganbiaya yang mahal. Akhir zaman ini kita harus waspada karena roh Sidon/iblis berkerja keras untuk menggagalkan gereja Tuhan.

Orang yang dipercaya untuk membasmi roh Ahab dan Izebel orang Sidon ini justru diberi label “orang gila”. Jadi orang yang dipercayakan Tuhan untuk membersihkan roh Ahab, roh Izebel dan roh Atalya malah dicap oleh orang-orang lain sebagai “orang yang tidak waras”. Tuhan Yesus menyandang itu, rasul Paulus juga menyandang itu.

Yang dipercaya untuk membersihkan roh Sidon ini adalah Yehu.
II Raja-raja 9:20
9:20 Dan penjaga itu memberitahukan: "Sudah sampai ia kepada mereka, tetapi ia tidak pulang! Dan cara memacunya adalah seperti cara Yehu, cucu Nimsi, memacu, sebab ia memacu seperti orang gila."

Orang yang benar dipercaya oleh Tuhan untuk membersihkan gereja Tuhan dari roh Sidon ini malah dicap gila/ tidakwaras. Tuhan Yesuspun dicap tidak waras.
Yohanes 7:20;8:48;10:20
7:20 Orang banyak itu menjawab: "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"
8:48 Orang-orang Yahudi menjawab Yesus: "Bukankah benar kalau kami katakan bahwa Engkau orang Samaria dan kerasukan setan?"
10:20 "Ia kerasukan setan dan gila; mengapa kamu mendengarkan Dia?"

Jadi fakta yang benar mereka putar balikkan. Yang benar mereka katakan gila dan kerasukan setan, yang tidak benar itu yang mereka sanjung. Itu yang terjadi di akhir zaman dan harus kita waspadai. Dalam ibadah kita harus waspada memperhatikan siapa yang memimpin kita, kalau dia adalah penyelenggara ibadah dia dituntut oleh Tuhan harus melayani 100%. Kalau tidak jangan kita mau diajar oleh orang seperti sebab itu berarti kita berada pada posisi yang salah, berada pada persekutuan yang salah yang dikuasai oleh roh Sidon.

Untuk membersihkan roh Sidon ini ada orang spesial yang Tuhan angkat. Yehu artinya Yehova itulah Dia. Artinya bagi Yehu tidak ada yang lain kecuali Tuhan (Firman kebenaran). Itu yang harus ada pada kami agar jangan jemaat ikut nimbrung padahal yang berbicara dalam ibadah adalah Izebel. Kalau gereja sudah dipimpin oleh Izebel, makaTuhan mengatakan orang-orang yang terimaajarannyaitu akan dilempar pada kesusahan besar, itu menunjuk 3,5 tahun aniaya antikristus.Waktu Yesus masih dalam keadaan Tubuh jasmani seperti kita, Dia lembut terhadap wanita tetapi ketika Dia sudah bangkit dari kubur Dia keras terhadap wanita (tegas).
Wahyu 2:21-22
2:21 Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.
2:22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.

Jangan sampai saudara dan saya tidak mengerti rencana Allah. Tentu itu bermula dari kami hamba Tuhan. Kalau kami hamba Tuhan tidak mengerti rencana Allah kami hanya akan berkhotbah asal saja dan dianggap sebagap pemenuhan upacara ibadah. Tetapi kalau mengerti rencana Allah maka akan jelas dia paparkan “ini yang dilakukan/berbahaya, itu yang harus dilakukan/dijalani”. Dia akan memberikan pemahaman apa yang jadirencana Allah dalamgerejaNya.

Pada waktu Yehu melakukan pembersihan awalnya dia sendiri tetapi ketika berada di tengah-tengah kancah pembersihan kemudian ditambah oleh Tuhan orang yang bekerja bersama dengan dia.
1.      Yonadab bin Rekhab
II Raja-raja 10:15
10:15 Setelah pergi dari sana, bertemulah ia dengan Yonadab bin Rekhab yang datang menyongsong dia. Ia memberi salam kepadanya serta berkata: "Apakah hatimu jujur kepadaku seperti hatiku terhadap engkau?" Jawab Yonadab: "Ya!" "Jika ya, berilah tanganmu!" Maka diberinyalah tangannya, lalu Yehu mengajak dia naik ke sampingnya ke dalam kereta.

Tangan yang menjadi satu berarti terjadi persekutuan dalam pelayanan. Orang yang terlibat dalam pembersihan harus sepaham, harus vokal. Tidak mungkin saya bisa berjalan dengan seseorang kalau orang itu bicara lain. Persekutuan yang terlibat dalam pembersihan roh Sidon ini harus sepaham, harus sepakat.

Alkitab mengatakan seorang hamba Tuhan harus fulltimer tidak boleh ada pekerjaan sambilan, dia dapat makan atau tidak makan itu urusannya TuhantetapiTuhantidakpernahdustai orang biladiaberharappenuhpadaNya.

2.      Imam Yoyada dan istrinya yaitu Yosabat
II Tawarikh 22:11-12
22:11 Tetapi Yosabat, anak perempuan raja, mengambil Yoas bin Ahazia, menculik dia dari tengah-tengah anak-anak raja yang hendak dibunuh itu, memasukkan dia dengan inang penyusunya ke dalam gudang tempat tidur. Demikianlah Yosabat, anak perempuan raja Yoram, isteri imam Yoyada, -- ia adalah saudara perempuan Ahazia -- menyembunyikan dia terhadap Atalya, sehingga ia tidak dibunuh Atalya.
22:12 Maka tinggallah Yoas enam tahun lamanya bersama-sama mereka dengan bersembunyi di rumah Allah, sementara Atalya memerintah negeri.

Atalya membunuh anak-anak dari keturunan Yehuda. Berarti dia berupaya supaya putus jalur keturunan untuk datangnya Yesus. Kalau dia berhasil membunuh Yoas maka Tuhan Yesus tidak bisa mengikuti jalur Yehuda berarti gagallah Firman Tuhan. Tetapi untung kedua hamba Tuhan ini bekerja sama ditambah dengan Yehu dan Yondab bin Rekhab sehingga berhasil mempertahankan takhta Daud. Akhir dari perjalanan Yehu ini ditambah dengan imam-imam yang ikut bekerja keras.

Ini kerja sama yang baik. Kerja sama yang baik tentu dimotivasi pandangan yang baik. Kalau mau bekerja sama tetapi pikiran dan motivasinya berbeda pasti tidak bisa kerja sama. Kalau motivasi pelayanan hanya untuk perut, tidak akan mungkin bekerja sama dengan hamba Tuhan yang motivasi pelayanannya untuk pembangunan Tubuh Kristus, untuk menghentar jemaat menjadi Mempelai. Karena yang satu tujuannya bagaimana untuk memenuhi kebutuhan perutnya. Yang sebenarnya urusannya Tuhan malah dia ambil alih, urusannya dia dia lepaskan. Urusan kami hamba Tuhan adalah kerajaan Allah dan urusan Tuhan memelihara kami. Tetapi ada hamba Tuhan merampas urusan Tuhan dan sibuk untuk mencari kebutuhan perutnya sehingga tidak segan-segan untuk meminjam/ kredit dan melakukankecurangan.
2 Korintus 2:17
2:17 Sebab kami tidaksamadenganbanyak orang lain yang mencarikeuntungandarifirman Allah. SebaliknyadalamKristus kami berbicarasebagaimanamestinyadenganmaksud-maksudmurniatasperintah Allah dan di hadapan-Nya.


Dalam kitab Ezra kita melihat pembersihan itu 100 hari. Untuk membersihkan persekutuan yang salah ini membutuhkan waktu 100 hari.
Ezra 10:9,17
10:9 Lalu berhimpunlah semua orang laki-laki Yehuda dan Benyamin di Yerusalem dalam tiga hari itu, yakni dalam bulan kesembilan pada tanggal dua puluh bulan itu. Seluruh rakyat duduk di halaman rumah Allah, sambil menggigil karena perkara itu dan karena hujan lebat.
10:17 dan mereka menyelesaikan segala urusan mengenai orang yang memperisteri perempuan asing itu pada hari pertama bulan pertama.

Bulan 9 masih ada 10 hari dan ditambah bulan yang 10, 11 dan 12 adalah 100 hari. Jadi pembersihan yang dikerjakan oleh hamba Tuhan yang gigih mempertaruhkan nyawanya demi terjadinya persekutuan Tubuh Kristus dengan Kepala membutuhkan angka 100. Apa artinya:
1.      Berkat penuh
Matius 29:19
19:29 Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Jangansampaikehilanganupahsepenuhnya yang Tuhansudahsediakanbagikita.
2 Yohanes 1:8
1:8 Waspadalah, supayakamujangankehilanganapa yang telah kami kerjakanitu, tetapisupayakamumendapatupahmusepenuhnya.

Kalau kita masuk dalam pembersihan, hamba Tuhan melakukan pembersihan dan jemaat menerima pembersihan maka dia akan diganjar oleh Tuhan dengan berkat penuh. Jadi jangan kita takut masuk dalam pembersihan,memang sakit tetapi Tuhan ganti 100 kali lipat berarti berkat penuh.

2.      Angka nikah
I Samuel 18:25
18:25 Kemudian berkatalah Saul: "Beginilah kamu katakan kepada Daud: Raja tidak menghendaki mas kawin selain dari seratus kulit khatan orang Filistin sebagai pembalasan kepada musuh raja." Saul bermaksud untuk menjatuhkan Daud dengan perantaraan orang Filistin.

Berkat penuh yang akan kita nikmati adalah menikah dengan Kristus dan itulah yang dimaksud dengan lengkapnya Tubuh Kristus.

3.      Kelengkapan Tubuh Kristus
Matius 18:12-14
18:12 “Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?
18:13 Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat.
18:14 Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang.”

Berarti orang itu tidak mau berkurang dombanya, harus tetap 100. Artinya Tubuh Kristus harus sempurna tanpa cacat cela dan kerut.

Itu sebabnya pembersihan itu harus 100 hari agar gereja Tuhan jangan salah masuk dalam persekutuan. Itupun ketika Ezra melakukan pembersihan dia ditantang oleh 4 orang. Jadi dimanapun pembersihan dilakukan oleh hamba Tuhanyang dipakai oleh Tuhan untuk mewujudkan Tubuh Kristus pasti akan ada perlawanan. Hamba Tuhan kalau dipakai Tuhan untuk membersihkan gereja Tuhan dari roh Sidon pasti resikonya dia tidak akan aman. Tetapi bukan berarti Tuhan akan membiarkan dia, Tuhan akan berperang ganti dia.

Jangan biarkan diri kita dikuasai oleh Sidon. Lewat Firman penggembalaan kita menjadi mengerti bahwa Sidon ini adalah alatnya iblis untuk menggagalkan kita duduk setakhta dengan Yesus di takhtanya Daud.

Anak Ahab dan Izebel yaitu Atalya menikah dengan anak Yosafat raja Yehuda yaitu Yoram. Atalya ini sudah ada di istana Yerusalem, dia berupaya merebut takhta Daud tetapi tidak berhasil karena masih ada Yoas anak raja yang disembunyikan. Walaupun seluruh keturunan raja dari Yehuda sudah dia bunuh tetapi masih ada satu yang lolos. Jadi rencana Tuhan tidak mungkin digagalkan oleh siapapun. Pasti berhasil.

Kalau kita semua membawa diri masuk dalam rencana Allah, jangan sampai kita santai-santai. Yakinlah saudara tidak dapat digagalkan oleh siapapun karena kita ada bersama dengan Tuhan.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar