20150219

Kebaktian PA, Kamis 19 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Kejadian 28:1-2; 29:31-35
28:1 Kemudian Ishak memanggil Yakub, lalu memberkati dia serta memesankan kepadanya, katanya: "Janganlah mengambil isteri dari perempuan Kanaan.
28:2 Bersiaplah, pergilah ke Padan-Aram, ke rumah Betuel, ayah ibumu, dan ambillah dari situ seorang isteri dari anak-anak Laban, saudara ibumu.
29:31 Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul.
29:32 Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: "Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku."
29:33 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon.
29:34 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi.
29:35 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.

Ini adalah rencana Tuhan untuk menampilkan gereja Tuhan dalam kemuliaan (pilihanNya). Semua iniadalah nubuatan. Dengan dua istri dan dua selir dari Yakub maka terciptalah tiga golongan Israel yang menunjuk kepada kita tiga golongan kehidupan orang percaya atau dapat kita sebutkan tiga kelompok Kristen.

Pernikahan Yakub atas perintah orang tuanya. Mengapa? Karena Ishak dan Ribka sudah terlalu sakit hati melihat ulah kakak Yakub yaitu Esau yang menikah sembarangan sehingga menimbulkan sakit hati utamanya sakit hati yang dirasakan oleh Ribkaibu Esau dan Yakub.

Berkat yang diterima oleh Yakub adalah berkat double. Dia sudah mendapatkan berkat sulung dan sekarangberkat nikah. Jadi kepergian Yakub ke Haran untuk mendapatkan istri di sana, dia berangkat dengan suasana berkat sulung. Di sana dia bertemu dengan kakak Ribka itulah Laban. Laban ini mempunyai dua anak gadis namanya Lea yang mempunyai hamba yang namanya Silpa dan Rahel yang mempunyai hamba yang namanya Bilha.

Lea, Rahel, Zilpa dan Bilha melahirkan anak-anak bagi Yakub. Dari 12 anak Yakub dan ditambah dengan Dina menjadi 13, dapat digolongkan menajdi tiga. Ini menggambarkan tiga golongan orang Kristen. Dari nubuatan ini kita akan melihat sayadansaudara berada pada posisi yang mana. Apakah kita ada pada posisi anak-anak Rahel, atau anak-anak Bilha dan Silpa, atau anak-anak dari Lea.

1.      Anak-anak Rahel
Lea adalah gambaran gereja yang hanya mengejar jumlah. Lebih banyak jumlah menurut mereka lebih bagus. Sehingga ketika anaknya yang bernama Ruben mendapatkan buah dudaim Rahel datang mendekat dan berkata “berikanlah buah dudaim yang didapat oleh anakmu itu kepadaku”. Lea mengatakan kepada Rahel “boleh, asal Yakubengkau izinkan bermalam di tempatku”. Jadi Yakub di sewa dengan buah dudaim.

Buah dudaim adalah gambaran buah kasih. Ada dua suasana/ gambarandari buah dudaim, ada yang lama dan ada yang baru.
Kidung Agung 7:13
7:13 Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku!

Alkitab adalah buah kasih Tuhan kepada kita, ada dudaim yang lama itulah perjanjian lama dan ada dudaim yang baru itulah perjanjian baru. Dikatakan buah dudaim itu semerbak, buah kasih dari Tuhan itu semerbak bauhnya.

Tadinya buah dudaim ada di tangan anak Lea tetapi Lea begitu mudah melepaskan buah dudaim sehingga jatuh kepada Rahel karena memang Rahel ini yang dicinta oleh Yakub dan bukan Lea.Bagi Lea tidak terlalu peduli dia dicinta atau tidak. Memang Lea berkata “tentulah aku akan dicintai oleh suamiku” tetapi yang dicintai oleh Yakub adalah Rahel.
Kejadian 29:30
29:30 Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea. Demikianlah ia bekerja pula pada Laban tujuh tahun lagi.

Rahel sangat dicintaolehYakub, bukankebetulan buah dudaim/ buah kasih itu jatuh ke tanganRahel. Lea ini bukan mengharapkan cinta dari Yakub, yang dia inginkan hanya berbuah-buah dalam arti bertambah jumlah tanpa mempedulikan kasih mempelai.
Kejadian 30:14-16,18
30:14 Ketika Ruben pada musim menuai gandum pergi berjalan-jalan, didapatinyalah di padang buah dudaim, lalu dibawanya kepada Lea, ibunya. Kata Rahel kepada Lea: "Berilah aku beberapa buah dudaim yang didapat oleh anakmu itu."
30:15 Jawab Lea kepadanya: "Apakah belum cukup bagimu mengambil suamiku? Sekarang pula mau mengambil lagi buah dudaim anakku?" Kata Rahel: "Kalau begitu biarlah ia tidur dengan engkau pada malam ini sebagai ganti buah dudaim anakmu itu."
30:16 Ketika Yakub pada waktu petang datang dari padang, pergilah Lea mendapatkannya, sambil berkata: "Engkau harus singgah kepadaku malam ini, sebab memang engkau telah kusewa dengan buah dudaim anakku." Sebab itu tidurlah Yakub dengan Lea pada malam itu.
30:18 Lalu kata Lea: "Allah telah memberi upahku, karena aku telah memberi budakku perempuan kepada suamiku." Maka ia menamai anak itu Isakhar.

Buah dudaim itu disimpan oleh kekasih untuk kekasihnya.
Kidung Agung 7:13
7:13 Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku!

Yakub mengasihi Rahel, maka jatuhlah buah kasih itu yaitu buah dudaim itu kepada orang yang dikasihi yakni Rahel. Buah dudaim ada pada pangkuan Rahel sebagai bukti kasih Tuhan kepadanya, ada yang lama dan ada yang baru. Ini menunjuk gereja Tuhan yang menikmati buah kasihAllah dalam perjanjian lama dan perjanjian baru. Ketika Rahel sudah menikmati maka dia mengandung dan melahirkan Yusuf yang adalah gambaran sidang mempelai(roh mempelai). Akhirnya dia mendapatkan anak yang kedua yaitu Benyamin. Kalau kita melihat Rahel ini minus umat, hanya dua orang tetapi dia mengejar mutu. Sebagai buktiisi dari kekasih mutu yang utama bukan jumlah.

Gereja Tuhan yang mengupayakan agar tampil sebagai Mempelai Wanita untuk Kristus Yesus bukan mengejar jumlah. Urusan Tuhan kalau mengirim jumlah, tetapi tujuan kita adalah untuk meningkatkan mutupadasidang Mempelai. Itu yang Tuhancari dalam kehidupan gereja Tuhanakhirzaman.

Boleh memiliki jumlah banyak, tetapi kalau kita gampang saja melepaskan buah dudaim, gampang melepaskan buah kasih itu berarti tidak ada praktek kasih kepada sesamaanakTuhan. Ketika disuruh berlutut menyembah sulit sekali, ketika diminta berkorban berpikir seribu kali, ketika diminta aktifmelayani sulit sekali karena tidak memiliki buah kasih. Tetapi kehidupan yang mempunyai cinta dan kerinduan hati untuk mendapatkan buah kasih dan ingin tampil bagaikan Yusuf dan Benyamintidaksulituntukberkorban, untukmelayani, orang sepertiinidikasihiolehTuhan.

Rahel ini memiliki anak-anak yang memiliki bobot rohani yang luar biasa. Artinya anak-anak dari Rahel ini dewasa rohani. Tetapi perlu diingat sekalipun tampil dengan memiliki roh mempelai, namun kita tidak bisa menghindar akan mendapat tekanan dan himpitan dari umat yang hanya mengejar jumlah. Makanya yang menghimpit Yusuf adalah saudara-saudaranya dari anak-anak Lea, Bilha dan Silpa.

Kalau kita mengejar mutu untuk menjadi mempelai wanita Tuhan jangan kaget kalau kita mendapat tantangan dari orang-orang yang hanya mengejar jumlah. Tetapi karena kita adalah orang yang dicinta oleh Tuhan maka Tuhan tidak akan membiarkan hal ini berlarut-larut. Jangan kita gusar kalau kita menderita/ dibenci karena mengejar mutu.
Filipi 1:29
1:29 Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

Kisah Para Rasul 14:22
14:22 Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.

II Timotius 3:12
3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,

Seperti dulu pengalaman Yusuf yang dihimpit begitu juga yang akan kita alami. Dipasung kakinya, dijebit lehernya kemudian diperjual belikan. Tetapi mutu rohani Yusuf tidak berkurang sekalipun dia harus mengalami banyak sengsara. Itu yang harus kita nikmati sebagai ciri khas sidang yang dikasihi oleh Tuhan.

Kadang kita berpikir kalau kita dikasihi oleh Tuhan mengapa kita dibenci, difitnah, diumpat dan dimaki orang? Itu adalah bagian dari kehidupan yang dikasihi Tuhan sebab satu saat itu akan diubah oleh Tuhan dan diganti dengan minyak dan mahkota, sesuai dengan yang dikatakan oleh nabi Yesaya 62:7.

Mempelai Wanita Tuhan sudah tampil dengan luar biasa tetapi diperhadapkan degan sengsara. Ini adalah gambaran Rahel yang menampilkan Yusuf, yaitu gereja yang menampilkan sidang mempelai.
Wahyu 12:1-2
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

Dia ada dalam penderitaan. Lebih baik kita menderita seperti ini tetapi ada yang menunggui kita yaitu Yesus dari pada menderita dalam aniaya antikristus selama 3,5 tahun lalu tidak ditunggui lagi oleh Tuhan. Jadi sengsara Mempelai Wanita Tuhan, sengsara dari Yusuf, bila dibandingkan dengan yang lain masih lebih indah sengsara Yusuf karena diganti dengan kebahagiaanluar biasa. Begitulah gereja Tuhan, Tuhan mau menghentar kita.

Ini yang sedang Tuhan garap dalam kehidupan kita, yang penting kita harus berjuang untuk menampilkan mutu rohani yang dewasa. Jangan kita menjadi Kristen yang lemah, tidak tangguh, tidak kuat, tidak kokoh. Lihat Yusuf yang tangguh, kokoh, kuat. Walaupun diapa-apakan mutu rohani Yusuf tidak turun sedikitpun bahkan makin memuncak. Itulah pribadi yang dilahirkan oleh Rahel karena Rahel mendapatkan dua buah dudaim yaitu yang lama dan yang baru. Itu adalah buah kasih Allah bagi kita gereja Tuhan.

2.      Anak-anak Bilha dan Silpa
Status mereka adalah hamba. Ini benih dari Yakub dan mereka diciptakan dalam kandungan Bilha dan Silpa. Yusuf dan Benyamin juga benih Yakub yang diciptakan dalam kandungan Rahel. Kita ini berasal dari benih yang sama, dari benih Firmanyaitu benih Ilahi.
I Petrus 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Tetapi kita dibentuk dalam kandungan yang suasananya bagaimana, itu penentu. Benih Yakub dan dikandung dalam kandungan Bilha dan Silpa, bagaimana hasilnya?
Kejadian 37:1-2
37:1 Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.
37:2 Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun -- jadi masih muda -- biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan saudara-saudaranya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan saudara-saudaranya.

Anak-anak Bilha dan Silpa ini selalu gemar melakukan yang jahat. Jadi kalau kita ini umat Tuhan tetapi gemar melakukan yang kurang pas dengan Tuhan maka kita adalah pada jalur Bilha dan Silpa. Benih sama seperti Yusuf tetapi dibentuk dalam kandungan Bilha dan Silpa. Melakukan kejahatan itu menunjukkan anak Tuhan yang tidak dewasa rohaninya.
Galatia 4:1-2
4:1 Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;
4:2 tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya.

Sekalipun seorang ahli waris tetapi kalau tidak akil balig maka dia sama dengan hamba. Kita sama-sama dari benih Firman tetapi kalau yang satu tidak dewasa, masih kanak-kanak maka dia sama dengan hamba. Ada harapan untuk bisa dewasa tetapi kita melihat anak-anak Bilha dan Silpa tetap melakukan kejahatan berarti mereka hamba dan tidak pernah beranjak dewasa rohaninya.

Kelompok anak-anak Bilha dan Zilpa menunjuk orang Kristen yang tidak dewasa rohaninya. Kristen yang kanak-kanak rohani perilakunya selalu menunjukkan kekanak-kanakan. Dia tidak tahu apa  yang dia lakukan selalubuahkankejahatan. Ini adalah benih dari Yakub, benih dari Sorga tetapi dibentukdalamkandunganhamba (kanak-kanak rohani).
I Petrus 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Benih yang ada pada kita adalah benih rohani. Tetapi kita melihat bedanya,benih Yakub yang ditabur dalam kandungan Rahel, benih Yakub ditabur dalam kandungan Lea, benih Yakub ditabur dalam kandungan Bilha dan Silpa. Benihnya sama tetapi berada dalam kandungan yang berbeda maka hasilnya berbeda. Begitulah kehidupan kekristenan kita. Kita harus waspada kita ada pada jalur yang mana.

Rahel menerima benih dari Yakub dan menghasilkan dua insan yaitu Yusuf dan Benyamin. Semua memiliki karakter rohani yang berbobot. Bilha dan Zilpa menerima benih dari Yakub tetapi melahirkan anak-anak yang suka melakukan kejahatan. Hal itu membuat Yusuf sakit hati dan tidak setuju. Jadi karakteristik dari Yusuf yang adalah benih dari Yakub yang dibentuk dalam kandungan Rahel adalah membenci kejahatan.
Amsal 8:13
8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Jadi Yusuf adalah kehidupan yang takut akan Tuhan dan dia buktikan dengan membenci kejahatan. Ini adalah ciri kehidupan yang memiliki roh Mempelai. Ini yang kita gumuli supaya kita seperti itu.

3.      Anak-anak Lea
Lea adalah gereja yang mengejar jumlah. Memang jumlahnya banyak sampai perempuan juga dihitung yaitu Dina. Mereka bangga dengan jumlah tetapi bagaimana dengan isinya.Benih dari Yakub dan berasal dari kandungan Lea, di sanalah diciptakan Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda dan Isakhar beserta adik perempuan mereka yaitu Dina.

Ciri benih yang diciptakan dalam kandungan Lea:
a)      Disertai dengan tanda tipu muslihat
Kalau kita melihat sisi pernikahan Yakub dengan anak-anak Laban yaitu Lea dan Rahel beserta dengan hamba-hamba mereka yaitu Bilha dan Silpa, maka pernikahan Lea disertai dengan tanda tipu muslihat. Di akhir zaman ini roh tipuan akan muncul dan dikatakan oleh Firman Allha, roh tipu ini akan berhasil
Kejadian 29:25
29:25 Tetapi pada waktu pagi tampaklah bahwa itu Lea! Lalu berkatalah Yakub kepada Laban: "Apakah yang kauperbuat terhadap aku ini? Bukankah untuk mendapat Rahel aku bekerja padamu? Mengapa engkau menipu aku?"

Banyak penipuan dalam gereja Lea. Akhir zaman penipuan ini akan mewabah.
Daniel 8:23-25
8:23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
8:24 Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
8:25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Ini menunjuk tampilnya roh antikristus. Dia akan membesarkan diri di dalam Bait Allah.
II Tesalonika 2:4
2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Itulah gereja Tuhan atau orang Kristen yang bagaikan kelompok Lea, mereka ada penipuan yang luar biasa.

b)      Disertai dengan adat istiadat
Penipuan gereja Lea ini ada gandengannya.
Kejadian 29:21-27
29:21 Sesudah itu berkatalah Yakub kepada Laban: "Berikanlah kepadaku bakal isteriku itu, sebab jangka waktuku telah genap, supaya aku akan kawin dengan dia."
29:22 Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan.
29:23 Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakub pun menghampiri dia.
29:24 Lagipula Laban memberikan Zilpa, budaknya perempuan, kepada Lea, anaknya itu, menjadi budaknya.
29:25 Tetapi pada waktu pagi tampaklah bahwa itu Lea! Lalu berkatalah Yakub kepada Laban: "Apakah yang kauperbuat terhadap aku ini? Bukankah untuk mendapat Rahel aku bekerja padamu? Mengapa engkau menipu aku?"
29:26 Jawab Laban: "Tidak biasa orang berbuat demikian di tempat kami ini, mengawinkan adiknya lebih dahulu dari pada kakaknya.(bukanadat kami)
29:27 Genapilah dahulu tujuh hari perkawinanmu dengan anakku ini; kemudian anakku yang lain pun akan diberikan kepadamu sebagai upah, asal engkau bekerja pula padaku tujuh tahun lagi."

Kejadian 29:26 (Terjemahan Lama)
29:26 Maka sahut Laban: Dalam negeri kami ini tiada biasa orang berbuat demikian, yaitu memberikan yang bungsu itu dahulu dari pada yang sulung.

Laban adalah gambaran gereja daging. Penipuan ini selalu jalan dengan adat istiadat dan hal ini diakui oleh rasul Paulus. Gereja Lea ini bangga dengan adat istiadat, rasanya mereka tidak mau lepas dari situ. Syukur ada Yehuda yang akhirnya membebaskan mereka.

Apa kata Tuhan Yesus mengenai persoalan ini (adatistiadat):
Matius 15:7-14
15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."
15:10 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka:
15:11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."
15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?"
15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."

Lea artinya mata redup, mata yang tidak terlalu terang. Itu cocok dengan perkataan Tuhan Yesus orang buta yang menuntun orang buta akhirnya jatuh ke dalam lubang yang banyak kotoran (bustanos).

Ucapan Yesus begitu tandas dan keras "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya”. Tanaman apa yang dibicarakan oleh Yesus? Itu adalah adat istiadat. Orang Israel dahulu kalau pulang ke rumah tidak akan makan kalau tidak mencuci tangan dengan air dari dua butir telur yang sudah dikosongkan isinya lalu diisi airdisirampadatangan.

Imamat 19:19
19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

Sedangkan sudah satu benih saja masih terseok-seok anak-anak Bilha dan Silpa yang berasal dari satu benih yang sama. Kita adalah ladangnya Tuhan jangan ditaburi dengan dua jenis benih.Kalau ditaburi dengan dua jenis benih itu berarti gereja Lea, tidak ada harapan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan dan hanya akan berjumpa dengan antikristus. Sebagai hamba Tuhan saya tidak mau menggiring saudara untuk jumpa dengan antikristus tetapi untuk jumpa dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Bagi kita Tuhan telah menyediakan seorang rasul yang spesial untuk bangsa kafir yang namanya Paulus. Bagaimana pandangan rasul Paulus tentang hal itu (adatistiadat). Sebelum bertobat rasul Paulus rajin memelihara adat istiadat. Setelah betobat dia tinggalkan semua itu.
Galatia 1:14-16
1:14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,
1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;

Apa yang dilakukan oleh rasul Paulus sekarang? Kalau dia kembali berpegang pada adat istiadat berarti menjadi pelanggar hukum Taurat, pelanggar Firman Allah.
Galatia 2:18
2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.

Orang yang coba mengusik tentang persoalan Firman dantetapbersikukuhuntukmempertahankan adat istiadat ini pasti nikahnya hancur. Itu sebabnya jangan kita coba konfrontir dengan Allah karena rencana Allah yang puncak bagi gereja adalah menampilkan kita bagaikan Yusuf yaitu sebagai sidang Mempelai.

Jadi Lea ini hanya mengejar jumlah dan tidak peduli ada penipuan dan tetap melakukan adat istiadat. Dipikir Lea dengan jumlah banyak itu menyenangkan Yakub padahal kasih Yakub jatuh kepada Rahel. Apalagi buah dudaim jatuh di pangkuan Rahel.
Hasil tanaman itu nantinya akan dibawa ke lumbung.
Imamat 19:19
19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

Hasil tanaman itu akan berakhir di lumbung. Artinya akan masuk dalam persekutuan Tubuh Kristus.Kalau ditaburi dengan dua jenis benih maka tidak akan bisa di bawa masuk ke lumbung.
Ulangan 22:9-12
22:9 Janganlah kautaburi kebun anggurmu dengan dua jenis benih, supaya seluruh hasil benih yang kautaburkan dan hasil kebun anggurmu jangan menjadi milik tempat kudus.
22:10 Janganlah engkau membajak dengan lembu dan keledai bersama-sama.
22:11 Janganlah engkau memakai pakaian yang dua jenis bahannya, yakni bulu domba dan lenan bersama-sama.
22:12 Haruslah engkau membuat tali yang terpilin pada keempat punca kain penutup tubuhmu."

Sekalipun benihnya sudah betul tetapi kalau benih itu sudah terendam air lalu jatuh bangkai binatang haram ke atasnya maka benih itu tidak boleh ditabur.
Imamat 11:37-38
11:37 Apabila bangkai seekor dari binatang-binatang itu jatuh ke atas benih apa pun yang akan ditaburkan, maka benih itu tetap tahir.
11:38 Tetapi apabila benih itu telah dibubuhi air, lalu ke atasnya jatuh bangkai seekor dari binatang-binatang itu, maka najislah benih itu bagimu.

Kenapa menjadi najis? Karena sudah kena bangkai dan ada campur tangan manusia (telah dibubuhi air). Jadi benih itu harus murni benih dan jangan ada campur tangan manusia. Kalau benih itu murni dan tidak ada campur tangan manusia kemudian benih itu disampaikan maka benih itu pasti tumbuh. Tetapi kalau benih itu sudah ada campur tangan manusia, artinya sudah ditambah pendapat manusia (adatistiadat) maka benih itu tidak diterima oleh Tuhan/ pasti akan ditolakolehTuhan, tidakakanadapemeliharaan/ perlindunganakandatang.

Rekan-rekan hamba Tuhan yang tidak respek dengan Firman dantetappertahankan adat istiadat pasti jemaat yang dia layani tidak akan karu-karuan dan buah nikahnya juga tidak akan benar. Itu terjadi karena Firman yang mereka sampaikan dicampur dengan tangan manusia.

Jadilah gereja Rahel yang mengejar mutu. Walaupun selalu dibenci, banyak dihimpit, banyak mengalami aniaya batin jangan turun sedikitpun rohani kita, harus tetap berbobot sebab itulah yang dicari oleh Tuhan.

Akhirnya Yusuf menyelamatkan semua keluarganya. Ketika Firaun merasa bahwa Yusuf ini sudah saatnya untuk menikah maka Alkitab mengatakan dia menikah dengan Asnat dan Yusuf diberi nama Zafnat-Paaneah.
Kejadian 41:44-45
41:44 Berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Akulah Firaun, tetapi dengan tidak setahumu, seorang pun tidak boleh bergerak di seluruh tanah Mesir."
41:45 Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Yusuf menjadi penguasa di Mesir, bukan Mesir yang menguasai dia tetapi dia yang menguasai Mesir. Artinya bagi anak Tuhan, bukan dunia yang memegang kita tetapi kita yang mengasai dunia. Tidak ada seorangpun insan di Mesir yang tidak bersentuhan dengan dia. Uang mereka sampai habis, tanah mereka habis, ternak mereka habis, semua dikuasai oleh Yusuf sampai tubuh, jiwa dan roh mereka dimiliki oleh Yusuf.

Zafnat Paaneah artinya ada 4:
1.      Berlututlah kamu
Dalam sidang jemaat Filadelfia ada jemaat iblis yang akhirnya datang berlutut kepada mereka.
Wahyu 3:9
3:9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.

Benar bahwa kasih Tuhan ada pada Yusuf, ada pada Rahel dan jatuh kepada Yusuf.

2.      Juruselamat
Yusuf dipakai oleh Tuhan untuk menyelamatkan hampir seluruh dunia dari kelaparan, utamanya Kanaan dan Mesir. Seandainya Yusuf tidak mempertahankan mutu rohani ketika saudara-saudaranya mempecundanginya atau dia langsung menyerah ketika dia dijual kepada Potifar dan difitnah oleh istri Potifar maka tidak mungkin dia menjadi juruselamat.
3.      Yang pelihara kehidupan
4.      Seorang yang buka rahasia
Artinya bagi Yusuf tidak ada rahasia yang tersembunyi. Kalau dalam gereja Tuhan ada pembukaan rahasia Firman Tuhan maka itu adalah gereja yang dikasihi oleh Tuhan.

Jangan kita mempertahankan sifat anak-anak Bilha dan Silpa, jangan kita mempertahankan kondisi seperti Lea yang hanya mengejar jumlah. Dia tidak peduli dikasihi atau tidak yang penting jumlah nya banyak dan berpikir kalau jumlahnya banyak maka semuanya akan beres padahal belum tentu beres. Walaupun jumlah sedikit tetapi berbobot maka itulah yang akan beres semuanya karena dibukakan rahasia Firman. Kita tidak bisa menyangkali bahwa setiap kita beribadah rahasia Firman dibukakan kepada kita. Mari kita di penghujung akhir zaman ini kita melekat pada benih yang diciptakan dalam kandungan Rahel.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar