20150225

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 25 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Yehekiel 47:21-23
47:21 "Tanah inilah kamu harus bagi-bagi di antara kamu menurut suku-suku Israel.
47:22 Dan kamu harus membagi-baginya menjadi milik pusaka di antara kamu dan di antara orang-orang asing yang tinggal di antara kamu, yang melahirkan anak di tengah-tengahmu dan mereka harus kamu anggap sama seperti orang Israel asli; bersama-sama kamu mereka harus mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel.
47:23 Jadi kalau di tengah-tengah sesuatu suku ada tinggal orang asing, di situlah kamu berikan milik pusakanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Tiga ayat ini mengedepankan bagaimana bangsa kafir mendapatkan warisan. Itu adalah perhatian Tuhan khususkepada bangsa kafir.

Kita tahu bahwa gereja Tuhan diarahkan oleh Tuhan untuk menikmati keselamatan yang akan datang, bukan keselamatan yang sekarang tetapi yang akan datang. Rasul Paulus dan juga rasul Petrus dipakai oleh Tuhan untuk menyampaikan tentang keselamatan yang akan datang.
I Petrus 1:5
1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Jadi keselamatan yang akan datang itu bisa gagal kita peroleh kalau tidak memelihara iman percaya kita, atau tidak menjaga hubungan kita dengan Tuhan lewat Firman pengajaran.

Efesus 4:30
4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Pekerjaan Roh Kudus memetraikan dan itu adalah panjar keselamatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk nantinya kita terima sepenuhnya. Itu sebabnya kita harus memelihara hubungan kita dengan Roh Kudus.

Lengkaplah sebab Firman pengajaran dan Roh Kuduslah yang akan mendorong kita untuk masuk pada poin yang terakhir yaitu Mezbah Dupa. Jadi Firman (meja roti sajian) dan Roh Kudus (pelita emas) yang akan mendorong kita bertemu dengan Tuhan yang adalah kasihdalampersekutuanlewatmezbah dupa emas.

Di sini kita diberi pemahaman oleh Tuhan, di manakah posisi kita bangsa kafir. Ini yang perlu kita sikapi sebab dalam Yehezkiel pasal 47 tadi diberi penekanan tentang pembagian tanah, kalau ada bangsa kafir di sana maka mereka juga mendapatkan pembagian tanah. Hal ini prakteknya berat sekali bagi bangsa Israel. Suku yang mana yang mau mengambil milik pusakanya lalu diberikan kepada orang kafir. Bersentuhan dengan bangsa kafir saja bagi orang Yahudi itu pantang apalagi memberikan sesuatu. Tetapi semuaini nubuatan untuk kita yang hidup di ujung akhir zaman ini.

Setelah kita bangsa kafir memperoleh waris kapling tanah maka sekarang ini kita berbicara tentang keselamatan yang akan datang. Itu berarti kita menuju ke barat, menuju ke ruangan maha kudus. Itu adalah ruangan yang berbentuk kubus, panjang, lebar dan tingginya sama. Ini menubuatkan Yerusalem Baru sebab dikatakan kota Yerusalem Baru memiliki tinggi, lebar dan panjang yang sama.
Wahyu 21:16
21:16 Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.

Bagi bangsa Israel bentuk kubus itu menunjuk sempurna, berarti sudah selesai. Inilah yang sekarang kita tapaki yaitu menunju pada perkataan “selesai” menunju pada perkataan “sempurna”.Dalam bahasa Ibraninya disebut salem dan dalam gerikanya disebut teleyohi.

Di dalam perjalanan kita menuju pada keselamatan yang akan datang, jangan sampai kita bangsa kafir yang sudah ditolong oleh Tuhan lewat pengajaran yang besar ini, malah menghempaskan begitu saja pengajaran Firman Tuhan karena itu yang akan menghentar kita untuk sampai pada keselamatan yang akan datang.
Lukas 21:28
21:28 Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."

Lukas 21:28 (Terjemahan Lama)
21:28 Tetapi apabila segala perkara ini mulai berlaku, tegaklah kamu serta menengadah, karena kelepasan bagimu sudah dekat."

Kita harus bisa membaca situasi hari-hari terakhir ini. Bukan hanya pada daerah kita secara global. Orang-orang yang tidak percaya Yesus itu adalah roh dajal, itulah antikristus. Sekarang kita diperhadapkan dengan hal itu. Oleh sebab itu kita perlu mempersiapkan diri. Jangan kita menjadi orang Kristen yang sudah mendapatkan ajaran Firman Tuhan lalu berpaling kembali pada ajaran nenek-nenekmoyang.

Tuhanmemberikanajaran demi keselamatankitayaitu:
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Demi penyelamatan Tuhan yang akan datang maka Tuhan memberikan pengajaranNya yang besar dan mulia. Pembukaan rahasia Firman Tuhan tidak diberikan kepada bangsa Israel tetapi diberikan kepada kita bangsa kafir. Ini bergerak mulai dari ujung bumi dan kembali ke Yerusalem.Dalam buku bapak Billy Graham dikatakan bahwa ujung bumi itu adalah Papua karena di sanalah terdapat suku yang paling primitif.

Dalam ibadah KKR di Jember pada tanggal 17 bulan Juni tahun 1987, Pdt. In Juwono mengatakan “Gereja Tuhan kehilangan bentuk Ilahioleh pengaruh adat istiadat”. Sekarang ini ada manuver iblis yang memakai hamba-hamba Tuhan untuk menghantam gereja Tuhan!

Yesaya 42:18-20
42:18 Dengarkanlah, hai orang-orang tuli pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta!
42:19 Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN?
42:20 Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar.

Ini yang banyak terjadi sekarang olehnya itu Tuhan memberikan ayat 21 supaya kita memperhatikan pengajaran yang besar. Dikatakan pengajaran besar karena menampilkan rahasia Allah yang besar dan dikatakan mulia karena membawa kita untuk duduk di pelaminan bersama dengan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga. Pengajaran yang besar ini akan menghentar kita untuk berada pada pelukannya Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan bukan pada pelukan iblis.

Yohanes 6:45
6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Jadi bukan hanya mendengar tetapi mendengar dan menerima. Kalau ketika mendengar danorang itu menggerutu berarti dia tidak menerima. Orang yang mendengar dan menerima itulah yang dikatakan dalam Yesaya 42:21 bahwa mereka dibawa oleh Tuhan,orang yang sudah menerima pengajaran jatuh pada pelukan Yesus.
Yohanes 10:29
10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Kalau Bapa yang mengajar saudara lewat pengajaran yang besar dan mulia, tujuannya supaya kita dihentar kepada Yesus dan tidak ada yang bisa merampas kita kecuali ada yang melompat sendiri. Bodoh sekali kalau mau melompat dari tangan Tuhan atau berontak dari pelukannya Yesus.

Mari kita perhatikan agar pelayanan Firman Allah bagi kita bangsa kafir ini benar-benar mantap. Special untuk bangsa kafir Tuhan lantik seorang rasul yaitu rasul Paulus. Rasul Paulus bagaikan anak yang lahir belum waktunya atau prematur,berarti ditangani khusus. Mengapa ini harus disampaikan bahwa dia lahir seperti anak yang belum waktunya? Hakekat yang tersirat di dalamnya menunjukkan bahwa rasul Paulus ditangani khusus oleh Tuhan.
I Korintus 15:9,8
15:9 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah.
15:8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Arti yang tersirat dari kalimat itu adalah Paulus ketika diangkat menjadi rasul, dia ditangani oleh Tuhan secara khusus untuk melayani bangsa kafir untuk mendapatkan umat yang khusus bagi Tuhan dari tengah-tengah bangsa kafir. Ada sesuatu yang sedang Tuhan garap untuk mendapatkan dari kehidapan kita yang adalah bangsa kafir yang khusus.
Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Roma 15:16,18
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Untuk menangani bangsa kafir agar mendapatkan kapling tanah, untuk mendapatkan berkat-berkat rohani, Tuhan pakai hamba Tuhan yang khusus bukan yang asal. Bukan hanya yang tahu khotbah dan pintar berbicara tetapi yang benar-benar paham tentang soal pelayanan dan tahu apa tujuan pelayanan. Bila seorang hamba Tuhan punya pemikiran seperti itu dialah yang ditangani oleh Tuhan secara khusus dan dialah yang akan menghadirkan gereja Tuhan secara khusus. Jadi pemikirannya bukan tentang perkara-perkara jasmani tetapi pemikiran untuk menghadirkan jemaat seperti yang dipikirkan oleh rasul Paulus.
Roma 15:16-17; 16:25-26
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
15:17 Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah.
16:25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, -- menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman --

Kalau ada pemikiran seperti itu berarti hamba Tuhan itu ditangani khusus oleh Tuhan. Kalau tidak ada pemikiran seperti itu maka itu hamba Tuhan umum, dia tidak mengerti apa sesungguhnya panggilan Tuhan, dia pikir hanya sekedar memimpin upacara ibadah. Dia tidak memikirkan jemaat mau dihentar ke mana, bagaimana pergumulan untuk mendapatkan pemahaman tentang diri Tuhan. Jangan remehkan kalau ada hamba Tuhan yang paham persoalan itu, itu berarti kita ditangani oleh orang yang spesial diutusoleh Tuhan.

Secara khusus Tuhan mengangkat seorang rasul untuk bangsa kafir untuk mendapatkan pembagian warisan.
Roma 11:11
11:11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.

Itu sebabnya Tuhan mempunyai perhatian khusus kepada bangsa kafir. Dalam Yehezkiel 47:22-23 penekanannya untuk kita bangsa kafir. Kita harus bersyukur kepada Tuhan, ternyata Tuhan menaruh perhatian yang serius kepada kita.

Roma 11:12-13
11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka.
11:13 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku,

Rasul yang lahir prematur ini yang ditangani khusus oleh Tuhan, diberikan jabatan untuk menangani kita bangsa kafir.Tadinya Paulus mengatakan dia rasul yang paling hina karenamelihat masa lampaunya bahwa dia penganiaya gereja Tuhan kemudian Tuhan tangkap di tengah jalan. Sekarang dia melayani pekerjaan yang mulia walaupun menurut rasul-rasul lain itu adalah pelayanan yang hina karena dia melayani bangsa kafir.

Ketika Petrus melangkah masuk ke rumah Kornelius, Kornelius tersungkur di kaki Petrus lalu Petrus menegakkannya dan selanjutnya berkata “Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir”. Ini berarti perhatian Tuhan secara khusus kepada bangsa kafir begitu luar biasadimulaidarirumahKornelius.

Kalau sekarang tertuju perhatian Tuhan yang luar biasa kepada kita bangsa kafir supaya kita mendapatkan warisan, jangan kita bermain-main apalagi kami hamba Tuhan. Karena kami hamba Tuhan harus mengkondisikan diri sebagai hamba Tuhan yang khusus untuk menangani jemaat yang khusus. Khusus oleh sebab apa? Karena di khususkan untuk Tuhan, di khususkan untuk menjadi Tubuh Kristus. Seorang hamba Tuhan harus mempunyai pemikiran seperti itu. Kalau ada pemikiran seperti itu maka anda adalah hamba Tuhan yang dikhususkan oleh Tuhan.
Titus 2:14,13,12,11
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,
2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

Contoh nubuatan untuk kita bangsa kafir: ketika pembangunan Bait Allah oleh Salomo justru pohon minyak/pohon zaitun hutan yang simbol bangsa kafir itu yang digunakan untuk membuat dua kerub. Kerub adalah makhluk suci dari Sorga. Jauh-jauh hari Tuhan sudah menubuatkan bahwa tempat kita bangsa kafir adalah mulia bagaikan kerub. Apa tujuannya? Untuk membuat cemburu bangsa Israel. Kenapa kita tidak mau menuju ke sana? Sementara Tuhan menyediakan sesuatu yang indah mengapa kita malah banyak berulah? Bahkan tidak sedikit pelayan Tuhan yang kembali menukik. Pada rasul Paulus mengatakan “apa yang dulu telah aku bongkar tidak akan aku bangun lagi sebab kalau aku bangun berarti aku pelanggar Firman”.

Galatia 1:14-15
1:14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.
1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,
1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;

Dulu rasul Paulus rajin memelihara adat istiadat dan gigih mempertahankannya tetapi sekarang sudah dirombak. Kalau kembali dia bangun berarti melanggar Firman, berarti melawan Tuhan.
Galatia 2:18
2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.

Silahkan kalau mau membangun, itu berarti anda adalah pelanggar Firman Tuhan dan akan berhadapan dengan Tuhan. Jangan mimpi untuk masuk dalampembangunantubuhKristus(menjadi Mempelai Wanita Tuhan).

Hamba Tuhan yang ditangani khusus oleh Tuhan ada motivasinya. Jadi kelihatan hamba Tuhan itu ditangani Tuhan secara khusus lewat cara pemikirannya dan cara geraknya. Kalau tidak ditangani secara khusus dia akan membias kemana-mana, tidak fokus dan pelayanannya tidak jelas. Dalam Perjanjian Lama ada pelayanan yang diangkat oleh manusia, ada yang diangkat oleh Tuhan.

Awal pelayanan Tuhan Yesus sudah bersinggungan dengan bangsa kafir, khususnya bangsa Siria. Kita melihat di sini ternyata sudah terbuka lapangan seluas-luasnya untuk kita bangsa kafir.
Matius 4:23-24
4:23 Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
4:24 Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.

Penyakit kena mengena dengan tubuh, sengsara itu kena dengan jiwa, kerasukan itu kena mengena dengan roh. Benar-benar bangsa kafir tubuh, jiwa dan rohnya dikuasai oleh setan. Awal pelayanan Yesus sudah bersentuhan dengan bangsa kafir. Kita harus berbesar hati sebab sebenarnya kita bangsa kafir tidak masuk anggaranNya Tuhan.Tetapi ketika Yesus datang ke dunia, Dia memberikan pelayanan kepada kita bangsa kafir dan Tuhan justru mencari yang buruk, yang tubuh, jiwa dan rohnya tidak berdaya yang 100% dikuasai oleh iblis. Itulah keadaan kita bangsa kafir, tetapi Yesus datang untuk menolong kita. Itu sebabnya kita seharusnya bersyukur kepada Tuhan dan berbahagia karena perhatian Tuhan kepada kita bangsa kafir luar biasa.

Setelah Tuhan Yesus bangkit dari kubur, dalam perpisahan dengan murid-muridNya, Dia juga menyinggung keberadaan bangsa kafir.
Matius 28:19-20
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Jadi ayat 19 itu adalah penginjilan dan menyentuh bangsa kafir. Lalu ayat 20 kita ditingkatkan pada pengajaran. Jangan kita berhenti pada penginjilan sebab kalau seperti itu kapan kita akan jatuh pada pelukannya Yesus, sebab tanpa Firman pengajaran tidak mungkin kita sampai pada rencana Allah. Orang yang ada pada posisi ini yaitu penginjilan yang ditingkatkan pada pengajaran, Tuhan berjanji akan menyertai sampai kesudahan zaman.

Kita melihat perhatian Tuhan untuk membagi-bagi kapling tanah. Dulu bangsa Israel membagi tanah tetapi yang dibicarakan lebih jauh adalah membagi-bagi hal yang rohani kepada kita. Oleh kemurahan Tuhan kita ditangani khusus oleh Tuhan lewat hamba Tuhan yang ditangani khusus oleh Tuhan.

I Raja-raja 6:23
6:23 Selanjutnya di dalam ruang belakang itu dibuatnya dua kerub dari kayu minyak, masing-masing sepuluh hasta tingginya.

Kayu minyak ini adalah zaitun hutan, zaitun liar.
Roma 11:24
11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Kenapa zaitun hutan ini disebut pohon minyak? Karena pohon zaitun liar ini memang banyak mengandung minyak, batangnya mengkilat dan baunya harum, dibandingkan dengan yang zaitun asli. Tetapi padapohon zaitun asli itu diambil pohon zaitun liar lalu dicangkok di atasnya. Kalau dulu yang asli ditebang lalu dicangkokkan yang liar, maka kalau yang liar ini berulah maka Tuhan tidaksegan-seganuntuk memotongnya juga! Jangan tunggu Tuhan kembali pada zaitun yang asli dan kita baru mau bergegas.

I Raja-raja 6:24-26
6:24 Sayap yang satu dari kerub itu lima hasta panjangnya dan sayap yang lain juga lima hasta, sehingga dari ujung sayap yang satu sampai ke ujung sayap yang lain sepuluh hasta panjangnya.
6:25 Juga kerub yang kedua adalah sepuluh hasta panjangnya; dan kedua kerub itu sama ukuran dan sama potongan badannya.
6:26 Tinggi kerub yang satu sepuluh hasta dan demikian juga kerub yang kedua.

Ada dua kerub tetapi satu bentuknya, tidak beda. Bangsa kafir yang digambarkan dengan pohon minyak ini, darinya dibangun dua kerub dengan satu bentuk, dua tetapi satu. Ini nubuatan yang akan terwujud pada kita bangsa kafir, dua kerub dalam satu bentuk dalam kemuliaan.

Pohon minyak ini juga dijadikan pintu.
I Raja-raja 6:32
6:32 Pada kedua daun pintu yang dari kayu minyak itu ia mengukir gambar kerub, pohon korma dan bunga mengembang, kemudian dilapisinya dengan emas; juga pada kerub dan pada pohon korma itu disalutkannya emas.

Jadi penampilan gereja Tuhan yang berasal dari bangsa kafir selalu dibarengi dengan kemuliaan dan kesucian dari Sorga. Pikirkanlah dan renungkanlah bagaimana perhatian Tuhan kepadaku dan kepadamu. Jangan sia-siakan.

Pohon korma itu kokoh, kuat, tidak gampang dicabut, tidak gampang patah dan tidak gampang tumbang. Ketika angin bertiup dia ikut juga ditiup tetapi setelah angin berlalu dia tegak kembali dan tidak akan gampang patah. Mengapa banyak umat Tuhan mudah sekali digoda sehingga gampang tumbang! Hanya dengan sepasang kasut gampang sekali ditukar. Ternyata orang yang lemah gampang sekali ditukar dengan sepasang kasut. Padahal nabi besar yang namanya Yohanes Pembaptis, untuk membuka tali kasut Yesus saya tidak berani tetapi ada orang yang malah berani menjual kasut, berartiberanicopotkasutnyaYesuskemudiandiperjualbelikan.

I Raja-raja 6:33
6:33 Demikian juga untuk pintu masuk ke ruang besar itu dibuatnya tiang-tiang dari kayu minyak yang merupakan segi empat;

Kalau berbicara segi empat itu menunjuk empat penjuru alam. Jadi di manapun kita bangsa kafir ini berada Tuhan mencari kita. Tuhan akan menampilkan kita sebagai makhluk sorga dalam kemuliaan. Bukan hanya dalam kemuliaan tetapi supaya kita kokoh, kuat, teguh dan tidak gampang tumbang.

Dikatakan dia bagaikan pintu. Sekarang ini kita diperhadapkan dengan pintu terbuka. Jangan tunggu pintu sudah tertutup baru kita mau beranjak. Jemaat cintailah jiwamu, cintailah Yesus. Sebagai hamba Tuhan saya sayang jiwaku. Bagaimana saya bisa mengatakan mengasihi orang kalau saya tidak mengasihi jiwaku. Standar kita mengasihi seseorang adalah seperti kita mengasihi jiwa kita. Kalautidak menyayangi jiwa sendiri untuk diselamatkan lalu mengatakan sayang pada seseorang itu omong kosong, itu gombal! Tidak menyayangi jiwanya berarti membiarkan jiwa binasa dan membiarkan tidak diberi makan Firman, dibiarkan lapar. Oleh sebab itu mari kita bergerak dengan dasar kita mengasihi Tuhan.

Awal pelayanan Tuhan sudah langsung berhubungan dengan orang kafir yang buruk-buruk. Oleh karena orang kafir ini buruk maka pada waktu penyaliban Yesus wajahNya juga buruk.
Yesaya 52:14
52:14 Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia -- begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi --

Siapa yang mengatakan kita ini molek sebelum kita mengenal Tuhan? Sebelum datang kepada Tuhan kita ini adalah orang yang buruk. Kehidupan yang belum datang kepada Yesus cahaya wajahnya tidak menarik. Tetapi setelah dia datang kepada Yesus apalagi sudah menerima Yesus sebagai Tuhan maka wajahnya berubah adacahayaKristus. Tetapi ketika dia tinggalkan akan kembali buruk dan mengerikan serta tidak bercahaya lagi. Coba saudara perhatikan orang yang meninggalkan pengajaran, wajahnya berbeda ketika masih ada dalam pengajaran, wajahnya sudah menjadi buruk tidak bercahaya.

Tiga kali Tuhan Yesus berbicara tentang sengsaraNya dan mengatakan “Aku akan diserahkan kepada bangsa kafir dan mereka akan membunuh Aku tetapi pada hari yang ketiga Aku akan bangkit”.
Markus 10:33
10:33 kata-Nya: "SekarangkitapergikeYerusalemdanAnakManusiaakandiserahkankepada imam-imam kepaladanahli-ahliTaurat, danmerekaakanmenjatuhiDiahukumanmati. Dan merekaakanmenyerahkanDiakepadabangsa-bangsa yang tidakmengenal Allah,

Yang membuat wajah Yesus ini buruk justru bangsa kafir. Tuhan Yesus melayani orang kafir yang buruk. Kita mengkondisikan diri di mana? Memperlakukan Yesus sehingga wajahNya menjadi buruk oleh ulah prilaku kita atau kita yang dahulu buruk lalu ditangani oleh Yesus menjadi indah? Kalau kita yang dahulu buruk lalu ditangani Yesus menjadi molek maka sewajarkan kita berterima kasih kepada Tuhan dan bukan malah memperlakukan Yesus sehingga wajahNya menjadi buruklagi!

Kapan kita membuat wajah Yesus menjadi buruk? Gereja Tuhan kehilangan bentuk berarti membuat wajah Yesus menjadi buruk ketika dipengaruhi oleh adat istiadat. Ini jangan terjadi pada diri kita.

Sekali lagi kita melihat, betapa perhatian Tuhan kepada kita bukan kebetulan. Mengapa bukan kayu sanobar, atau kayu aras, atau kayu cendana atau kayu yang lainnya? Khusus untuk membangun dua kerub dalam bentuk yang sama, itu diambil dari pohon zaitun hutan, dari pohon minyak yang menunjuk bangsa kafirjugauntukpintu.

Mengapa bangsa Yahudi ditembang Tuhan? Sebab bangsa kafir belajar berbuat jahat melalui orang Yahudi. Jadi orang Yahudi adalah pakarnya melakukankejahatan sehingga bangsa kafir belajar kepada mereka.
Yeremia 2:33
2:33 Alangkah baiknya engkau mengatur jalanmu untuk mencari percintaan! Sebab itu juga engkau membiasakan segala jalanmu kepada kejahatan.

Yeremia 2:33 (Terjemahan lama)
2:33 Bagaimana engkau pandai mencahari jalan yang baik akan berkendak! Sungguh segala orang jahat dapat lagi belajar jahat kepadamu!

Orang Israel menjadi gurunya penjahat, itu sebabnya mereka ditebang dan diambillah zaitun hutan itulah saudara dan saya yang diberi kesempatan menikmati sari-sari makanan. Dulu bangsa kafir mendapatkan kaplingan karena kemurahan bangsa Israel yang memberikan pada mereka. Tetapi untuk kita sekarang bisa mendapatkan kemurahan Tuhan oleh karena kejahatan mereka. Seandainya mereka tidak berbuat jahat maka tertutuplah kesempatan bagi kita. Tetapi oleh karena perilaku jahat mereka menyakiti hati Tuhan maka Tuhan memotong mereka dan kita diletakkan di sana. Kalau kita sudah ada di sana jangan kita sombong. Ingat dari mana kita datang.
Roma 11:13
11:13 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku,

Hamba Tuhan yang prematur tadi menganggap pelayanan itu suatu kemuliaan. Kenapa? Karena yang dilayani adalah pohon zaitun hutan yang dijadikan dua kerub dan pintu dalam Bait Allah.

Roma 11:14,16-17
11:14 yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka.
11:16 Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.
11:17 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,
10 cabang Israel pada tahun 721 sebelum masehi dipotong oleh Tuhan, olehbangsaAsyur. 2 cabang bangsa Israel pada tahun 606 sebelum masehi dipotong oleh Tuhan,oleh raja Babel dan dibawa ke Babel. Kita bangsa kafir dicangkokkan di atasnya dan kita ditopang oleh tiga akar yaitu Abraham, Ishak dan Yakub.

Roma 11:18-22
11:18 janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.
11:19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas.
11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah!
11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.
11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamu pun akan dipotong juga.

Jangan kita tunggu dipotong juga sebab kita sudah diberikan kaplin tanah. Tanah yang pertama namanya sinar keemasan, tanah yang kedua namanya Eden, tanah yang ketiga adalah kemenangan dan tanah yang keempat adalah keselamatan yang sempurna. Semua telah kita terima dan sedang menunju pada keselamatan yang sempurna tetapi arah kita sudah jelas karena sudah ditangani oleh Tuhan secara khusus lewathamba-hamba Tuhan yang ditangani oleh Tuhan secara khusus yang kemudian dipercayakan oleh Tuhan untuk menangani umat secara khusus, untuk dibawa pada keselamatan yang sempurna.

Dalam Kaabah Salomo ini, diberi kesempatan bagi kaum Proselit untuk berdoa.Baik waktu dia berada di luar apalagi kalau dia datang ke Bait Allah dan berdoa. Raja Salomo berkata “Tuhan dengarkanlah mereka”. Jadi jauh-jauh hari, permohonan doa saudara sudah dimohonkan oleh Salomo supaya didengar oleh Tuhan.
I Raja-raja 8:41-43
8:41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama-Mu, --
8:42 sebab orang akan mendengar tentang nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini,
8:43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.

Jadi doa yang terkait dengan Bait Allah, dimohonkan oleh raja Salomo supaya didengar oleh Tuhan. Jadi ketika kita bangsa kafir berdoa, jangan lepas dengan keinginanmu untuk masuk dalam pembangunan Bait Allah atau masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus. mengapa doa kita sukar dijawab olehTuhansebab lepas dengan pembangunan Tubuh Kristus. Ternyata doa-doa yang akan dijawab oleh Tuhan adalah yang ada hubungannya dengan membawa diri kita untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus. Tetapi kalau doa hanya untuk kesenangan daging  kita dan untuk perkara yang lain maka tidak akan Tuhan jawab. Kalau berdoa untuk masuk dalam Bait Allah berarti nuansanya kesucian dan pasti akan dijawab oleh Tuhan.

Dalam Yehezkiel 47:22-23 yang diberi penekanan adalah bangsa asing atau bangsa kafir. Itu sebabnya Tuhan mengajar bahwa ibadah bangsa kafir yang sudah kenal Tuhan dan bangsa Yahudi dasarnyaharus sama, tidak boleh beda.
Bilangan 15:15-16
15:15 Mengenai jemaah itu, haruslah ada satu ketetapan bagi kamu dan bagi orang asing yang tinggal padamu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun: kamu dan orang asing haruslah sama di hadapan TUHAN.
15:16 Satu hukum dan satu peraturan berlaku bagi kamu dan bagi orang asing yang tinggal padamu."

Bangsa kafir yang telah ditolong oleh Tuhan ini ibadahnya harus sama dengan bangsa Israel. Tetapi sekarang ini bangsa kafir yang sudah ditolong oleh Tuhan ini malah membuat ibadah yang aturannya beda-beda. Bagaimana bisa mempraktekkan ayat di atas kalau seperti itu? Supaya jangan beda maka harus kembali pada pola Tabernakel sehingga pasti tidak beda. Bisa berbeda kalau tidak ada pada pola yang sama, kalau mengikuti pola sorga tidak akan mungkin beda. Itu ketetapan Tuhan supaya jangan kita berbeda.

Supaya jangan berbeda maka untuk menangani bangsa Yahudi ketika Roh Allah turun dalam Kisah Para Rasul pasal dua yang tampil berkhotbah adalah Petrus. Dia menceritakan tentang penyaliban Yesus dan nubuatan-nubuatan Alkitab. Untuk menangani bangsa kafir yaitu Kornelius,Tuhan menyuruh Petrus dan bukan Filipus yang ada di situ. Maksudnya supaya bangsa kafir dan bangsa Israel sama.Ini yang ingin Tuhan dapatkan di dalam gereja Tuhan.

Sebelum masuk dalam Kisah Para Rasul pasal 10, pada pasal 9 Tuhan sudah mempersiapkan hamba Tuhan secara khusus untuk melayani bangsa kafir yang sudah diletakkan dasar oleh Petrus. Pasal 11 dan pasal 12 adalah masa transisi. Pada pasal 13 tongkat estafet dipegang oleh Paulus sampai pasal 28. Ini semua yang perlu kita perhatikan, mengapa bangsa kafir mendapat perhatian Tuhan, dalam Yehezkiel 47:22-23 untuk apa bangsa kafir disinggung-singgung dalam pembagian milik pusaka? Sebenarnya pusaka bangsa kafir tidak ada, tidakbisamendapatbagiandankalaudapatitukasihkaruniaTuhan.
Yehezkiel 47:22-23
47:22 Dan kamu harus membagi-baginya menjadi milik pusaka di antara kamu dan di antara orang-orang asing yang tinggal di antara kamu, yang melahirkan anak di tengah-tengahmu dan mereka harus kamu anggap sama seperti orang Israel asli; bersama-sama kamu mereka harus mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel.
47:23 Jadi kalau di tengah-tengah sesuatu suku ada tinggal orang asing, di situlah kamu berikan milik pusakanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Jadi diberikan kesempatan kepada 11 suku di luar suku Lewi. Kalau di suku Ruben ada orang kafir maka suku Ruben harus bermurah hati memberikan tanah pusaka. Kesimpulannya hanya kemurahan Tuhan kita bangsa kafir mendapatkan milik pusaka. Apa yang harus kita banggakan? Mengapa kita bangsa kafir tidak berbesar hati dan tidak mempermuliakan nama Tuhan? Kita hidup dari kemurahan Allah dan hidup karena kasih kemurahan Tuhan tetapi kita begitu berat untuk bermurah hati kepada orang lain. Kenapa sikap itu masih ada?

Kisah Para Rasul 10:28-29
10:28 Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.
10:29 Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku."

Pantang bagi orang Yahudi untuk bergaul dengan orang kafir.
Kisah Para Rasul 10:30-32
10:30 Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan
10:31 dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya.
10:32 Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut.

Kalau dalam peta zaman empat hari yang lalu jatuh pada zaman Allah Bapa. Yang dikisahkan oleh Petrus adalah peristiwa hari yang keempat yaitu penyaliban Yesus. Tanggal 10 domba paskah harus disimpan dan pada tanggal 14 petang hari domba itu harus disembelih. Itulah yang dikisahkan oleh rasul Petrus kepada Kornelius.

Kita ini hanya kemurahan Tuhan. Kalau kita menikmati kemurahan Tuhan maka mari kita juga memiliki hati yang murah yang suka berbuat sesuatu untuk hormat kemuliaan bagi nama Tuhan. Gereja Tuhan secara khusus dijamah oleh Tuhan lewat hamba Tuhan yang ditangani secara khusus tandanya hidup dalam kemurahan. Dia selalu memikirkan apa yang dapat dia lakukan untuk hormat kemuliaan bagi nama Tuhan dengan apa yang ada pada dirinya.

Jangan tunggu Tuhan sudah mau kembali pada bangsa Israel dan kita baru mau bergegas datang kepada Tuhan, itu sudah terlambat! Sekarang ini telah dihimbau kepada bangsa Yahudi yang ada di luar agar segerakembali ke Israel. Itu adalah peringatan kepada kita bangsa kafir bahwa kesempatan untuk kita bangsa kafir sudah mau berakhir.
Roma 11:23-24
11:23 Tetapi mereka pun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.
11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Jangan sampai kaki dian itu dialihkan kepada orang lain, jangan sampai terang itu dicabut. Efesus itu disebut yang dirindukan oleh Tuhan tetapi Tuhan tidak mendapatkan apa-apa dari Efesus malah Tuhan menemukan mereka mengalami kejatuhan yang paling dalam. Walaupun ada sepuluh kelebihannya tetapi satu saja kekurangannya tidak bisa ditutupi oleh yang sepuluh. Itu membuktikan Tuhan begitu jeli. Satu saja kekurangan kita itu bisa mengganjal kita untuk ada di sana. Itu sebabnya kita butuh ajaran Firman dan Roh Kudus untuk mendorong kita.

Ibrani 9:28
9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.
Ini keselamatan yang akan datang bagi mereka yang menantikan Dia. Bagaimana kondisi dari kehidupan yang menantikan Dia.
I Yohanes 3:3
3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar