20150204

Kebaktian PA Imamat, Rabu 4 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 11:1-5,46-47
11:1 Lalu TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun, kata-Nya kepada mereka:
11:2 "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Inilah binatang-binatang yang boleh kamu makan dari segala binatang berkaki empat yang ada di atas bumi:
11:3 setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan.
11:4 Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
11:5 Juga pelanduk, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
11:46 Itulah hukum tentang binatang berkaki empat, burung-burung dan segala makhluk hidup yang bergerak di dalam air dan segala makhluk yang mengeriap di atas bumi,
11:47 yakni untuk membedakan antara yang najis dengan yang tahir, antara binatang yang boleh dimakan dengan binatang yang tidak boleh dimakan."

Setelah kita diperhadapkan pada pasal 10, utama ayat 17, bahwa hamba Tuhan itu menanggung keselamatan umat Tuhan. Di situ Tuhan memberikan apa jaminan hidup dari penyelengara ibadah itu. Dia diberikan ransum atau jaminan baik secara jasmani dan lebih-lebihlagi perkara rohani. Tidak mungkin bicara rohani kalau tidak dijamin jasmani olehTuhansebab nantinya dia mati konyol. Itu sebabnya Tuhan memberikan jaminan jasmani dan rohaniberartiTuhan ajar hambaTuhanharusbersandarpadaTuhan (majikanNya).

Untuk masuk pada pasal 11 supaya dia kuat supaya dia mempunyai kemampuan secara rohani untuk membedakan mana yang halal dan mana yang haram. Sesungguhnya tujuan akhirnya adalah Imamat 11:46-47. Jadi supaya dia kuat baik secara jasmani karena Tuhan memberikan asupan secara jasmani, maka Tuhan juga memberikan asupan secara rohani supaya dia mengerti mana yang halal dan mana yang haram, mana yang najis dan mana yang tahir, mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak boleh dimakan = mana yang bisakitabersekutudan yang tidakbolehkitabersekutu (makan).

Kalau kita undur pada ayat 41 dan ayat 42 di sana lebih diberi penekanan yaitu yang merayap dengan perutnya. Jadi yang dimaksud secara lahiriah memang binatang-binatang di dunia ini tetapi secara rohani adalah kehidupan yang merayap dengan perutnya. Artinya yang perutnya dia utamakan. Itu haram bagi Tuhan. Jadi kalau kita mau bersekutu kita harus memperhatikan apakah yang melayani itu merayap dengan perutnya, berarti dia paralel (sekutu) dengan bumi atau tidak.

Seorang penyelenggara ibadah, seorang hamba Tuhan, dalam hal ini seorang gembala harus bisa membedakan mana yang halal mana yang haram, mana yang najis mana yang tahir, mana yang boleh dimakan artinya boleh bersekutu dan mana yang tidak boleh bersekutu dengannya. Untuk membedakan ini memang membutuhkan ketegasan. Dalam I Timotius 4:1-3berbicara makanan dan persekutuan lalu dikatakan “Roh Allah dengan tegas”.Jadi kalau kita ada Roh Allah maka kita harus ada ketegasan walaupun resikonya berat, tidak peduli orang mau terima atau tidak.

Yesus saja dikata-katai disebut gila, pengacau dan pembawa huru hara. Rasul Pauluspun demikian.Label seperti itu juga pasti melekat kepada pribadi-pribadi kalau dia ada Roh Kudus sehingga bisa mendeteksi apa yang akan mencelakakan gereja Tuhan, bisa mendeteksi mana yang benar di hadapan Allah. Kalau kehidupan seperti itu berbicara dengan tegas maka resikonya pasti besar. Karena orang seperti itu melihat dengan mata rohani ini manuver yang berbahaya dan kalau dia berbicara itu karena mengasihi orang tersebut bukan dengan maksud mau mempermalukan. Namun belum tentu itu diterima malah yang berbicara itu mendapat caci maki. Tetapi kita harus belajar pada pribadi Yesus dan pribadi rasul Paulus bahwa pengalaman-pengalaman mereka harus menjadi warna hamba Tuhan.

Kalau ada Roh Kudus di dalam dirinya bukan hanya dibuktikan dengan bahasa roh tetapi harus ada ketegasan. Kalau berbahasa roh lalu tidak tegas itu kebohongan!
I Timotius 4:1
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

Sidang jemaat Kreta salah satunya yang murtad. Dalam bahasa gerikanya adalah apostasia yang artinya pengkhianat, pemberontak,undurdariapa yang pernahdiaikutidahulu itu yang ada dalam sidang jemaat Kreta.
Titus 1:16
1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.
I Timotius 4:2-3
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.

Yang dimaksud melarang orang kawin di sini adalah melarang orang kawin dalam nikah yang kudus.

Kata halal dan haram adalah dua hal yang tidak boleh disandingkan dan jelas pemisahanannya. Jangan sampai saya sandingkan yang haram dan yang halal akhirnya tidak jelas sehingga berita yang saya sampaikan kepada jemaat menjadi buram dan wajah jemaat juga menjadi buram di hadapan Tuhan. Bicara halal dan haram itu sudah jelas pemisahan! Apalagi dikunci dengan Imamat 11:47.

Imamat 11:41-47 adalah tujuan akhir dari penekanan apa itu halal dan apa itu haram. Kalau dia terpisah dari haram lalu menuju pada halal maka dia akan meraih berkat-berkat yang ada di sana utamanya berkat pada ayat 44 dan 45. Ini yang ditekankan oleh Petrus “hendaklah kamu kudus seperti Aku kudus”, ini diangkat kembali oleh rasul Petrus.
I Petrus 1:15-16
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Jadi haram dan halal ini memberi warna kepada kita apakah kita kudus atau tidak kudus.

Di dalam Imamat pasal 11 ini dibutuhkan ketelitian untuk mengetahui mana yang haram. Kalau yang halal itu sudah jelas. Dibutuhkan ketelitian agar kami hamba Tuhan dan jemaat yang dipimpin jangan terjebak ataujatuh pada apa yang dikatakan haram!Jadi saya memimpin ibadah bukan hanya sekedar memimpin upacara dan menyampaikan amanah dalam ibadah, tetapi mempunyai nilai yang dalam agargereja tampil seperti yang dituliskan dalam Imamat 11:44-45.

Yang anehnya kehidupan sudah hidup najis dan tidak tahir tetapi bicaranya luar biasa menyalah-nyalahkan orang. Apalagi kalau perkataannya ditujukan kepada hamba Tuhan yang adatandapemakaiandalam satu pelayanannya, iniberbahayabagidirinya.

Nuh mempunyai tiga anak, Ham berani membicarakan ketelanjangan bapanya sehingga dia kena kutuk. Tetapi Sem dan Yafet tidak berani. Kalau kita tahu itu adalah gembala kita, saya tidak berani untuk berbicara kekuarangannya. Mari kita hamba Tuhan memperhatikan supaya bisa membedakan mana yang dikehendaki Tuhan dan mana yang tidak, mana yang halal dan mana yang haram, sebab hamba Tuhan menanggung keselamatan umat.
Imamat 10:17
10:17 "Mengapa tidak kamu makan korban penghapus dosa itu di tempat yang kudus? Bukankah itu sesuatu bagian maha kudus dan TUHAN memberikannya kepadamu, supaya kamu mengangkut kesalahan umat itu dan mengadakan pendamaian bagi mereka di hadapan TUHAN?

Bilangan 8:19
8:19 danAkumenyerahkan orang Lewidaritengah-tengah orang Israel sebagaipemberiankepadaHarundananak-anaknyauntukmelakukansegalapekerjaanjabatanbagi orang Israel di Kemah Pertemuan, danuntukmengadakanpendamaianbagi orang Israel, supaya orang Israel jangankenatulahapabilamerekamendekatketempat kudus."

Hamba Tuhan bertanggung jawab demi keselamatan jemaat bukan hanya menyampaikan pidato dalam jemaat. Siapa yang bertanggung jawab kalau antikristus datang lalu jemaat tidak disingkirkan Tuhan dan tertinggal dalam 3,5 tahun aniaya antikristus? Itu sebabnya jemaat topanglah gembalamudalamdoa.

Setelah Tuhan berbicara tentang tanggung jawab imam terhadap keselamatan umat ini maka Tuhan berbicara tentang halal dan haram, mana yang kehendak Allah dan mana yang bukan kehendak Allah. Untuk yang halal memang sudah jelas tetapi untuk binatang haram membutuhkan ketelitian, ada tiga pembagiannya:
Ø  Tidak memamah biak dan yang berkuku ganjil.
Ø  Tidak memamah biak tetapi berkuku belah.
Ø  Memamah biak tetapi berkuku ganjil.

Secara rohani ini sulit dan membutuhkan ketelitian untuk mendeteksi yang haram ini. Kalau salah intreprestasi, salah menanggapi maka kita bisa terjebak dalam suasana yang haram di hadapan Tuhan, berarti kehidupansepertiitutidak bisa diterima oleh Tuhan (ditolak).

Ketiga faktor tadi hanya kena mengena dengan persoalan yang berkaki empat. Halal dan haram ini Tuhan bagi pada tiga wilayah.
1.      Di udara
Apa ciri haram yang ada di udara yang begitu mudah menyusup masuk kepada kita.
Efesus 2:1-2
2:1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Di udara ini yang haram adalah sifat durhaka. Tidak peduli siapa, dia selalu mengincar untuk menyusupkan roh durhaka kepada kita. Kepada jemaat Kreta roh durhaka ini berhasil masuk.

Durhaka ini sama dengan jahanam, atau diambil dari bahasa hoonomos yang artinya durhaka/ jahanam. Sidang jemaat Kreta kemasukan roh jahanam ini. Kalau roh durhaka ini sudah masuk dalam sidang jemaat Kreta maka tidak mungkin mereka menjadi satu dengan yang halal yaitu kebenaran. Yang halal itu kebenaran, yang haram itu jahanam/durhaka.

Dalam nikah itu berbahaya. Kalau salah satu durhaka maka pasangannya akan terganggu, apalagi kalau dua-duanya durhaka, tidak bakal mereka bertemu dengan Tuhan.
Titus 1:16
1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Perbuatan mereka memperlihatkan prilaku-prilaku yang tidak cocok dengan pengakuan mulut mereka. Kalau dikatakan “tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik” bukan berarti mereka tidak sanggup untuk memberi padaorang lain. Tetapi mereka tidak sanggup berbuat sesuatu yang ada kaitannya secara vertikalselalu yang haram merekalakukan.

II Korintus 6:14
6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Anak muda jangan sembarang mencari pasangan. Jangan mencari yang durhaka di hadapan Tuhan. Itu sebabnya adakan perjanjian dengan pasanganmu, kalau memang dia mau sungguh-sungguh mencari Tuhan baru boleh menikah. Kalau tidak nantinya saudara akan terhuyung-huyung dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus.

Durhaka ini digandeng dengan murtad. Jadi ada orang yang sudah durhaka, tetapi ada orang yang sudah dibenarkan kemudian murtad dan mereka itu bergabung dengan yang durhaka. Inilah roh yang haram yang mau menggangu saudara dan saya. Ini bekerja keras di penghujung akhir zaman. Roh ini yang membuat Adam dan Hawa jatuh di dalam dosa sehingga mereka makan makanan yang dilarang. Tuhan mengatakan “jangan kau makan” kalau dipakai istilah “itu haram”. Tetapi roh durhaka masuk dan menjebak Adam dan Hawa.

Durhaka dan murtad itu selalu bergandengan. Sebelum mengenal Tuhan kehidupan itu memang sudah durhaka. Tetapi murtad ini sudah mengenal Tuhan tetapi kemudian berbalik. Orang yang kena roh murtad ini disambut akrab oleh roh durhaka ini sehingga kuatlah yang haram itu. Yang murtad ini mungkin memamah biak tetapi berkuku ganjil atau tidak memamah biak tetapi berkuku genap. Yang durhaka itulah yang tidak memamah biak dan berkuku ganjil.

Murtad dan durhaka itu akhirnya jatuh pada pelukan antropostesanonias atau antikristus.
II Tesalonika 2:3
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

Ini kena mengena pada waktu akhir. Justru pada saat-saat terakhir roh ini bergerak luar biasa. Itu sebabnya kita harus menjaga diri, yang berkepentingan menjaga sidang jemaat adalah saya. Manusia durhaka ini dibinasakan dengan apa? Dengan nafas mulut Tuhan.
II Tesalonika 2:8
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Mengapa Tuhan binasakan dengan nafas mulut Tuhan? Karena Firman Tuhan yang ditulis, yang dinafasi oleh Tuhan, itu dilecehkan, tidak dihargai, tidak sepenuhnya dipegang.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Setiap tulisan yang dinafasi oleh Tuhan berfaedah untuk mengajar dan menyatakan kesalahan. Jadi kita harus loyal ketika diajar lalu ditunjuk kesalahan sebab kita menerima nafas Tuhan. Kalau menolak ketika ditunjuk kesalahan kita berarti sama dengan menolak nafas Tuhan sehingga nafas Tuhan itu akan berubah menjadi pedang untuk menghukum.

Seringkali menjelang pemberitaan Firman kita mendengar dikatakan “saatnya tiba kita akan mendapatkan pelayanan Tuhan lewat FirmanNya”. Begitu Tuhan melayani kita dengan FirmanNya malah kita berontak dan marah. Siapa yang tersinggung di sini? Apakah saudara pikir yang berbicara di belakang mimbar yang akan terseinggung? Tentu Tuhan yang akan tersinggung sebab Tuhan yang sedang melayani saudara bahkan Tuhan rela membungkuk. Ketika ada tulang yang mengganjal rahang saudara Dia mau mengeluarkan. Dia datang dengan tali kasih supaya saudara bebas mengunyah. Tetapi kadang kala ketika Tuhan melayani kita malah bersikap marah dan menutup Alkitab. Menurut orang itu dia menunjukkan amarahnya kepada pemberita Firman tetapi sebenarnya
yangtersinggungadalahTuhan yang utushambaTuhantersebut,bagi orang sepertiituakanberlaku:2 Tawarikh 36:15-16
36:15 Namun TUHAN, Allah nenekmoyangmereka, berulang-ulangmengirimpesanmelaluiutusan-utusan-Nya, karenaIasayangkepadaumat-Nyadantempatkediaman-Nya.
36:16 Tetapimerekamengolok-olokutusan-utusan Allah itu, menghinasegalafirman-Nya, danmengejeknabi-nabi-Nya.Olehsebabitumurka TUHAN bangkitterhadapumat-Nya, sehinggatidakmungkinlagipemulihan.

Hosea 11:4
11:4 Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.

Untuk apa Yesus datang dari Sorga merendahkan diri? Untuk memberi makan saudara dan saya. Yang anehnya kalau hamba Tuhan yang marah ketika mendengar Firman dan malah menutup Alkitabnya. Ngeri kalau ada hamba Tuhan seperti itu, Tuhan tidak akan membukakan rahasia Firman kepada hamba Tuhan seperti itu. Bisa berkhotbah tetapi khotbah biasa seperti gereja umum, tidak jelas penekanannya ke mana.

Murtad dalam bahasa gerika adalah Apostasia kata kerjanya adalah Aphistemi artinya:
a)      Berkhianat
b)      Memberontak
c)      Undur diri dari apa yang dahulu dia ikut.Artinya undur dari pengajaran yang dia terima dari pendahulu dan berpaling pada ajaran yang lain.

Murtad ini membuat saudara haram sehingga tidak diterima oleh Tuhan, tidak masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus. Olehnya itu mari kita memperhatikan Firman Allah di penghujung akhir zaman ini karena Tuhan begitu murah di penghujung akhir zaman ini maka Dia membukakan rahasia Firman Allah dan Dia curah dengan limpahbagisidangNya.

Kita sudah bisa tahu yang tidak memamah biak dan berkuku ganjil itu adalah durhaka. Tidak memamah biak tetapi berkuku genap atau memamah biak tetapi berkuku ganjil adalah murtad. Justru yang tidak memamah biak berkuku genap dan memamah biak tetapi berkuku ganjil ini yang sedangmarakhari-hariterakhirini. Durhaka dan murtad ini yang enak bagi daging. Sebab segala sesuatu dia anggap indah dan dia lakukan saja tetapi dia tidak sadar dia sudah terjebak pada satu suasana yang namanya haram dan dia akan ditolak oleh Tuhan kelak. Ini jangan terjadi pada diri kita.

2.      Di atas bumi
Ini berbahaya sekali karena menyangkut ibadah, penipuan dalam ibadah.
Wahyu 13:11-12,15-17
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

Mustinya pada tangan kanan ada tanda sebagai bukti kita dari sorga tetapi pada tangan kanan di sini sudah ada tanda yang lain. Penipuan ibadah ini kalau saudara perhatikan khususnya pada ayat 16, dia bergerak memanfaatkan soal mamon. Penipuan yang ada di atas bumi ini adalah penipuan dalam ibadah yang harus kita waspadai. Dia tampil seperti domba tetapi sebenarnya adalah naga.

Ketika Kristus Yesus bangkit dari antara orang mati maka uang ini mulai bergerak. Jadi kebangkitan Kristus mau ditutup dengan persoalan duit. Siapa yang bergerak di situ? Imam-imam besar, pelayan-pelayan dalam rumah ibadah! Bukan orang-orang yang tidak tahu Tuhan. Justru orang yang melayani dalam ibadah.
Matius 28:11-13
28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.

Uang itu bisa merubah fakta, bisa merubah yang benar menjadi tidak benar yang tidak benar menjadi benar di dalam ibadah. Kita harus waspada, jemaat harus waspada, utamanya saya hamba Tuhan.

Imamat 11:42
11:42 Segala yang merayap dengan perutnya dan segala yang berjalan dengan keempat kakinya, atau segala yang berkaki banyak, semua yang termasuk binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi, janganlah kamu makan, karena semuanya itu adalah kejijikan.

Kalau perut sudah menyentuh bumi, kalau perut sudah bersekutu dengan kekuatan dunia yaitu uang maka di hadapan Tuhan itu sudah menjijikan.

Matius 28:14-15
28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Jadi mereka mendukung pendapat imam-imam dan tua-tua ketimbang mendukung kebenaran, mendukung fakta tentang kebangkitan Yesus. Sampai sekarang kita harus waspada dengan persoalan uang, dengan persoalan mamon. Kalau kita salah ini bisa merubah yang benar menjadi tidak benar, artinya memutar balikkan fakta.

Ini ada hubungannya dengan suasana kebangkitan. Kebangkitan Kristus memberi peluang kepada kita umat manusia untuk menjadi warga Sorga dan keluarga Allah. Ketika kita menjadi warga Sorga dan keluarga Allah karena kuasa kebangkitan Tuhan maka kita didorong oleh Tuhan untuk hidup di dalam Firman yang ditulis sebab Firman yang ditulis itu kesaksiannya lebih hebat dari kebangkitan. Kebangkitan itu merekrutk kita menjadi warga kerajaan Sorga kemudian menjadi keluarga Allah. Seandainya setelah kita menjadi warga kerajaan Sorga dan keluarga Allah itu dirasa cukup maka Tuhan tidak akan memberikan kita Alkitab, Firman yang ditulis. Alkitab ini akan bersaksi terus.

Orang kaya ketika sudah ada di neraka dia meminta kepada Abraham supaya mengutus Lazarus pada 5 saudaranya yang ada di bumi dengan harapan bahwa orang yang mati lalu bangkit itu lebih meyakinkan tetapi Abraham mengatakan pada mereka ada Firman yang tertulis yang disampaikan oleh Musa dan nabi-nabi. Jadi Firman yang ditulis ini lebih dari pada orang yang mati dan bangkit.

Ini yang mau ditutup supaya kita tidak menjadi warga kerajaan Sorga atau keluarga Allah sebab kalau kita sudah menjadi warga keluarga Allah maka akan ditingkatkan oleh Tuhan dengan memberikan Firman yang tertulis untuk membimbingtetapidipecundangi oleh roh antikristus lewat uang.
Yohanes 5:46
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Berarti yang ditulis perlu dibaca dan diperhatikan serta harus dipercaya karena itu yang akan membentuk karakter kita bagaimana kita berprilaku sebagai anggota keluarga Allah. Firman yang tertulis ini yang mau dipecundangi oleh roh antikristus. Di dalam Alkitab kebenaran Allah dibuka tetapi oleh uang semuanya bisa jadi kabur.

Mamon akar katanya dari mamonas yang artinya
a)      Kepercayaan
Jadi kepercayaan sudah terbagi bukan hanya kepada Firman tetapi juga kepada moman. Berarti Firman sudah dianaktirikan, sudah dientengkan dan yang lebih dipercaya adalah mamon.Sebabitu yang menjanjikanmenurut orang tersebut.

b)      Kekikiran
I Korintus 6:9-10
6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,
6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah berarti haram. Itu sebabnya perlu ketelitian.

c)      Mendewakan

Sesudah kebangkitan Yesus, kita menjadi manusia baru di dalam Tuhan.
I Petrus 1:3
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Sesudah menjadi manusia baru perlu ada Firman atau tulisan yang diilhami oleh Tuhan untuk mengajar kita, kemudian menyatakan yang salah, memperbaiki yang rusak dan mendidik kita didalam kebenaran.

Jangan sampai perut saudara merayap di bumi. Lepaskan semua pikiran jasmani, itu urusannya Tuhan, yang penting kita melayani.

3.      Di bawah bumi
Wahyu 13:1-2; 17:3
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.
17:3 Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun. Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas seekor binatang yang merah ungu, yang penuh tertulis dengan nama-nama hujat. Binatang itu mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk.

Binatang yang menjunjung seorang wanita ini padanya penuh dengan nama-nama hujat.Yang haram dari bawah bumi ini adalah penghujatan. Syukur ada seorang rasul yang Tuhan angkat untuk kita bangsa kafir yaitu rasul Paulus. Dulu dia adalah penghujat.
I Timotius 1:13
1:13 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.

Dari seorang yang haram kemudian bisa berubah menjadi halal. Di sini perlu ketelitian. Kenapa dikunci dengan hujatan dan tampil rasul Paulus? Ini mengingatkan kepada kita dan memberikan gambaran sekalipun kita adalah kehidupan yang haram luar biasa tetapi kalau kita masih mau disinari oleh Shekina Gloria di tengah-tengah perjalanan hidup kita maka kita bisa berubah dari penghujat menjadi pelayan Tuhan yang luar biasa. Ini yang Tuhan inginkan dari kehidupan kita. Sekalipun kita sudah haram dan hidup kita tidak karu-karuan tetapi kalau kita masih mau disinari di dalam perjalanan hidup kita seperti rasul Paulus dalam perjalanannya menuju ke Damsyik maka dari manusia haram kita bisa menjadi manusia halal bahkan dipakai Tuhan dengan luar biasa.

Anak haram dan orang haram tidak boleh masuk dalam persekutuan sidang jemaat.
Ulangan 23:2
23:2 Seorang anak haram janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluh pun tidak boleh masuk jemaah TUHAN.

Haram ini berarti durhaka, murtad, mamonas dan penghujat. Kita sudah mengerti hal ini seperti tertulis dalam Ibrani 12:8. Kalau kita halal maka tujuan akhirnya adalah kekudusan. Anak haram menolak pengajaran dan tidak mau diajar, tetapi anak halal adalah anak yang menerima ajaran. Anak-anak Tuhan yang menerima ajaran Tuhan adalaah anak yang halan dan tujuan akhirnya adalah kekudusan sama dengan Tuhan.
Ibrani 12:8 (Terjemahan Lama)
12:8 Tetapi jikalau kamu tiada diajari, padahal semua orang mendapat bahagian itu, maka kamu anak haram, bukannya anak halal.

Ibrani 12:11
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Menerima ajaran berarti mencapai kesucian sama dengan Tuhan, berarti kita anak halal. Kalau dalam Imamat disebut binatang yang halal. Ini yang dimaksud oleh Tuhan.
Imamat 11:44-45
11:44 SebabAkulah TUHAN, Allahmu, makaharuslahkamumenguduskandirimudanharuslahkamu kudus, sebabAkuini kudus, danjanganlahkamumenajiskandirimudengansetiapbinatang yang mengeriapdanmerayap di atasbumi.
11:45 SebabAkulah TUHAN yang telahmenuntunkamukeluardaritanahMesir, supayamenjadiAllahmu; jadilah kudus, sebabAkuini kudus.

Ada dua anak yang dapat dikatakan anak yang haram sifatnya:
1.      Adonia
I Raja-raja 1:5-6
1:5 Lalu Adonia, anak Hagit, meninggikan diri dengan berkata: "Aku ini mau menjadi raja." Ia melengkapi dirinya dengan kereta-kereta dan orang-orang berkuda serta lima puluh orang yang berlari di depannya.
1:6 Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: "Mengapa engkau berbuat begitu?" Ia pun sangat elok perawakannya dan dia adalah anak pertama sesudah Absalom.

Adonia ini tidak pernah ajar. Ketika ayahnya menjelang ajal maka dia mengangkat diri sebagai raja. Yang dia tonjolkan angka 50 berarti angka Roh Kudus. Apa gunanya menonjolkan angka Pantekosta dan berbahasa lidah tetapi tidak memuliakan Firman. Tujuan Roh Kudus adalah untuk memuliakan Firman. Adonia ini minus pengajaran, dia mengedepankan Roh Kudus (angka 50)tetapi tidak memuliakan Firman malah dia menginginkan papanya cepat mati agar Abisag gadis cantik yang merawat papanya bisa dia ambil menjadi istrinya. Adonia ini adalah kehidupan yang tidak mencintai Firman pengajaran (kekudusan).

Firman pengajaran itu harus kita cintai.
Amsal 3:1
3:1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,

Ini yang disikapi oleh Salomo.
Amsal 4:3-4
4:3 Karena ketika aku masih tinggal di rumah ayahku sebagai anak, lemah dan sebagai anak tunggal bagi ibuku,
4:4 aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup.

Pentingnya Firman pengajaran untuk menjadikan kita anak halal. Kalau menolak Firman pengajaran maka kita menjadi anak haram.

Hasilnya kalau menerima Firman pengajaran:
Amsal 4:8-9
4:8 Junjunglah dia, maka engkau akan ditinggikannya; engkau akan dijadikan terhormat, apabila engkau memeluknya.
4:9 Ia akan mengenakan karangan bunga yang indah di kepalamu, mahkota yang indah akan dikaruniakannya kepadamu."

Kalau kita merangkul Firman pengajaran orang lain bisa melecehkan kita tetapi Alkitab mengatakan kita dijadikan terhormat, bahkan perhiasan mempelai ada pada kita. Jangan kita terganggu dengan fitnahan, umpatan, cacian atau makian orang lain, pegang Firman ini dan lakukan maka saudara akan dihiasi, tampil sebagai Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga.

Jangan hanya mengedepankan Roh Kudus dengan berkata-kata asing. Apa sebenarnya tujuanRoh Kudus itu?
Yohanes 16:13-14
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Kita tunjukkan Roh Kudus ada dalam diri kita dengan memuliakan Yesus, memuliakan Firman yang jadidaging (manusia).

2.      Absalom
II Samuel 15:1
15:1 Sesudah itu Absalom menyediakan baginya sebuah kereta serta kuda dan lima puluh orang yang berlari di depannya.

Absalom ini tampil dengan tahbisan tipu. Adonia dan Absalom adalah dua anak dari raja Daud. Keduanya memberontak kepada ayahnya. Berarti memberontak kepada pendahulu. Mestinya  mereka meneruskan pengajaran yang diterima dari pendahulu tetapi mereka memberontak.

Berbicara halal dan haram itu berbicara pemisahan. Jangan sampai kita terpisah dengan Tuhan. Jangan sampai kita haram, tidak ada pada suasana yang halal dan diganggu oleh roh durhaka, roh murtad, mamon dan roh penghujatan sehingga akhirnya terpisah dari Tuhan. Tuhan selalu mengulurkan tangan ini memeluk saudara.

Adam dan Hawa dalam peta zaman tentang makanan, sebelum jatuh dalam dosa makanannya adalah biji-bijian dan buah-buahan. Gandum itu biji-bijian, anggur itu buah. Itu yang selalu Tuhan berikan kepada kita. Gandum itu Firman pengajaran, anggur adalah sukacita dalam nikah/persekutuan.
Kejadian 1:29
1:29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Ini yang menjadi asupan kita di penghujung akhir zaman. Itu sebabnya jangan kita tolak tumbuh-tumbuhan yang berbiji, jangan tolak gandung/ jangan tolak Firman, jangan kita tolak anggur. Dulu kita adalah manusia berdosa dan sudah dibenarkan dan Tuhan melupakan semuanya itu. Berarti saudara layak menerima gandum yang limpah dalam gereja Tuhan. Saudara layak menerima curahan air anggur dari sorga. Ini yang Tuhan siapkan kepada kita dia akhir zaman ini. jangan kita mengkondisikan diri haram. Terima Firman pengajaran sebab tujuannya supaya kita kudus sama seperti Tuhan.


Tuhanmemberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar