20150212

Kebaktian PA di Maliwuko, Kamis 12 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Yesaya 4:1-6
4:1 Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yang ada pada kami!"
4:2 Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.
4:3 Dan orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus, yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup,
4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.
4:5 Maka TUHAN akan menjadikan di atas seluruh wilayah gunung Sion dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan TUHAN sebagai tudung
4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan dan persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.

Kita diperhadapkan dengan dua kali kata “pada waktu itu”. Ini berarti menunjuk masa yang akan datang. Memang dalam kitab nabi Yesaya perkataan “pada waktu itu” 50 kali disebutkan. Kalau kita diperhadapkan dengan perkataan “pada waktu itu” dan kita menemukan 50 kali berarti masa yang dituju oleh Tuhan adalah zaman Roh Kudus, kita sekarang ada di penghujung zaman Roh Kudus. Setelah itu tidak ada lagi masa yang lain. Kita berada pada masa Roh Kudus berkarya dan setelah itu berakhir. Kalau kita tidak memperhatikan karya Roh Kudus, Firman dan kasih maka kita akan gagal masuk dalam bilangan gereja Tuhan yang sempurna, artinya kehidupan yang dilepaskan oleh Firman, Roh dan Kasih dari segala aib, sempurnaadanya.

Untuk melepaskan gereja Tuhan dari segala aib maka harus ada keinginan dari pribadi-pribadi itu. Dikatakan ada 7 perempuan. Angka 7 adalah angka akhir zaman, angka perhentian, angka kesempurnaa. Jadi 7 perempuan ini menunjukkan orang-orang Kristen yang merindukan masuk pada kesempurnaan gereja berarti tanpa aib lagi. Orang-orang ini tahu bahwa dia berada pada waktu akhir zaman. Jadi orang yang hidup pada akhir zaman dan tahu bahwa dalam dirinya ada aib yang menghambat untuk dia bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga maka orang itu harus ada keinginan untuk dilepaskan dari aib.

Kalau orang Kristen ada keinginan untuk dilepaskan dari aib dan dia paham bahwa dia hidup di ujung akhir zaman dan membutuhkan perhentian dari Tuhan maka dia pasti ada permintaan kepada Laki-laki ini, itulah Yesus. Dia akan meminta aib itu diambil dari padanya sebab aib ini akan menghalangi anak Tuhan itu berjumpa dengan Yesus. Yang bisa melepaskan hanya Tuhan Yesus.

Kalau ada permohonan pada laki-laki itu yaitu Yesus untuk dilepaskan dari aib maka Tuhan akan melepaskan. Mengapa orang Kristen tidak lepas dari aib dan apa yang menumbuhkembangkan aib itu dalam diri orang Kristen? Apa penyebab dari aib itu? Antara lain:
Yesaya 30:1
30:1 Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah,

Kehidupan ini tidak sadar bahwa di mata Tuhan itu adalah pemberontakkan. Memasuki suatu persekutuan yang bukan dorongan Roh Kudus hanya menambah dosa. Bagaimana bisa tahu persekutuan itu didorong oleh Roh Kudus? Kalau didorong oleh Roh Kudus berarti persekutuan itu ada di dalam kebenaran Firman yang menyucikan. Tidak mungkin Roh Kudus mendorong kita dalam satu persekutuan kalau tidak menyucikan. Sebab Roh Kudus itu kebenaran, Firman itu juga kebenaran, kedua-duanyabekerjauntukmenyucikan.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Jadi persekutuan yang benar adalah persekutuan yang dinikmati oleh anak Tuhan, mandi air Firman Allah dan hidupnya disucikan, ditunjuk kekurangannya dan diperbaiki kelakuannya. Wilayah di mana Roh Kudus mendorong kita masuk dalam persekutuan yaitu yang ada Firman penyucian. Bukan hanya mengisi tatanan ibadah tetapi anak Tuhan yang masuk di sana harus merasakan penyucian dan menyelesaikan.
Yesaya 30:2-5
30:2 yang berangkat ke Mesir dengan tidak meminta keputusan-Ku, untuk berlindung pada Firaun dan untuk berteduh di bawah naungan Mesir.
30:3 Tetapi perlindungan Firaun akan memalukan kamu, dan perteduhan di bawah naungan Mesir akan menodai kamu.
30:4 Sebab sekalipun pembesar-pembesar Yerusalem sudah ada di Zoan, dan utusan-utusannya sudah sampai ke Hanes,
30:5 sekaliannya akan mendapat malu karena bangsa itu tidak dapat memberi faedah kepada mereka, dan tidak dapat memberi pertolongan atau faedah; melainkan hanya memalukan, bahkan mengaibkan mereka.

Mengapa malah makin bertambah aib? Karena dia membuat persekutuan cara dunia. Kalau anak Tuhan atau orang Kristen paham bahwa ini hanya untuk menambah aib maka dia tidak akan lari ke Mesir mencari pertolongan karena di situ hanya menambah noda dan menambah aib berarti memalukan.

Orang Israel pahambahwamerekalakukan kesalahan sehingga datang pada satu laki-laki. Kalau kita sadar bahwa ada dalam satu persekutuan hanya menambah aib maka harus ada upayauntukkeluardanharusadakerinduansupayaTuhan melepaskan dari aib dan noda sebab kalau tidak akan hancur hidup kita.

7 perempuan ini menunjuk gereja Tuhan akhir zaman yang menyadari betapa runyamnya kalau kita berada pada noda dan aib. Kalau saya tidak sadar bahwa aib itu mencelakakan dan tetap ditabrak saja maka saya adalah gembala yang paling bodoh di dunia. Kiranya kita menjadi 7 perempuan itu, berarti kita ada kerinduan untuk lepas dari aib. Bagaimana supaya aib itu tidak kekal?
Yeremia 23:33
23:33 Apabila bangsa ini -- baik nabi ataupun imam -- bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Kalau gereja Tuhan itu mengatakan “sabda itu beban” berarti merasa bahwa Firman itu menjadi beban maka itulah yang berbahaya.
Yeremia 23:34
23:34 Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan.

Firman itu tujuannya untuk melepaskan dari aib. Tetapi kalau dianggap itu adalah beban maka Tuhan akan melakukan pembalasan. Kalau saya mengatakan Firmanitu menjadi beban maka yang kena imbasnya bukan hanya saya tetapi juga keluarga sayadanumatTuhanpadaumumnya.
Yeremia 23:35-40
23:35 Beginilah harus kamu katakan, masing-masing kepada temannya dan masing-masing kepada saudaranya: Apakah jawab TUHAN? atau: Apakah firman TUHAN?
23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.
23:37 Beginilah engkau harus berkata kepada nabi: Apakah jawab TUHAN kepadamu? atau: Apakah firman TUHAN?
23:38 Tetapi jika kamu masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, maka beginilah firman TUHAN: Oleh karena kamu masih memakai ungkapan Sabda yang dibebankan oleh TUHAN itu, sekalipun Aku mengutus orang kepadamu mengatakan: Janganlah kamu berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN,
23:39 maka sesungguhnya, Aku akan menangkap kamu dan membuang kamu dari hadapan-Ku, kamu serta kota yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu itu.
23:40 Aku akan menimpakan kepadamu aib yang kekal dan noda yang kekal yang tidak akan terlupakan."

Tuhan sendiri yang membuang berarti tidakbisa masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus. Kita tidak ingin tampil memalukan. Biarlah kita memandang seperti Tuhan memandang aib itu mengerikan biarlah kita juga memandang seperti itu. Kita harus menganggap noda dan aib itu berbahaya. Kita tidak bisa melepaskan diri kecuali datang pada satu laki-laki yang membebaskan dari noda dan aib.

Orang yang tidak ada noda dan aib tempatnya di Sorga. Ini adalah permohonan orang yang ingin dilepaskan oleh Tuhan. Jadi mereka melihat bahaya kalau masih ada noda dan dosa sekalipun sudah percaya. Mereka ini hanya memprioritaskan rohani mereka untuk dibersihkan, benar-benar supaya hidup mereka tumbuh subur dan ditumbuh kembangkan. Inilah keinginan dari tujuh wanita ini, inilah seharusnyakerinduan kitayang hidup di akhir zaman.

Persoalan sandang, pangan dan papan tidak lagi mereka hubung-hubungkan dengan Tuhan. Bukan itu yang menjadi nomor satu bagi mereka. Yang menjadi hal nomor satu bagi mereka adalah bagaimana mutu rohani mereka supaya tanpa noda dan tanpa aib, sebabsudahdijanjikanolehTuhan:


Matius 6:33
6:33 TetapicarilahdahuluKerajaan Allah dankebenarannya, makasemuanyaituakanditambahkankepadamu.

Atas permohonan mereka, sorga memberi jawaban. Setiap permohonan anak Tuhan yang ingin dilepaskan dari aib itu cocok dengan suasanaSorga, bagaikan makanan yang cocokdenganselera Tuhan. Itu sebabnya langsung dijawab karena sesuai dengan selera Tuhan. Banyak kali kita memohon tetapi tidak langsung dijawab karena hanya sesuai dengan selera si pemohon dan kurang pas dengan selera Tuhan. Kalau kita prioritaskan untuk dibebaskan dari noda dan aib maka itulah yang Tuhan tunggu-tunggu.

Tujuh perempuan ini menggambarkan orang Kristen yang hidup di akhir zaman. Jadi kalau kita ada kerinduan seperti ini berarti kita ingin mengisi selera Tuhan. Jangan kita hanya mau mengisi selera kita, bukan tidak boleh tetapi itu harus dikebelakangkan dan yang harus dinomorsatukan adalah selera Tuhan/ kehendakTuhan.

Perikop Yesaya 4:2-3: Yerusalem disucikan dan dilindungi

Jadi permohonan mereka untuk disucikandari aibnya itu dijawab oleh Tuhan mereka disucikan dan ditambah lagi dilindungi. Bukan hanya sampai dilindungi bahkan Tuhan mendorong mereka masuk dalam suasana nikah yang rohani.

Tadinya dia bersekutu dengan dunia dan menganggap Firman itu adalah beban tetapi kemudian dia sadar lalu Tuhan menjawab.
Yesaya 4:2
4:2 Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.

Tuhan akan menumbuhkan tunas Tuhan. Berbicara tunas ada 4 tunas:
1.      Tunas Raja = injil Matius
2.      Tunas hamba = injil Markus
3.      Tunas manusia = injil Lukas
4.      Tunas Allah = injil Yohanes

Tuhan datang kepada milikNya tetapi milikNya menolak Dia. Tuhan datang kepada dunia tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Akhirnya diberi kesempatan bagi siapa yang mau menerimaNya.
Yohanes 1:9-10
1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

Dunia ini diciptakan oleh Tuhan tetapi mereka tidak mengenal Tuhan. Kalau ada orang Kristen seperti itu maka itu adalah orang Kristen yang aneh.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Kalau Kristen duniawi mendengar Allah adalah suami atau kata YesusMempelai Laki-laki, merasa bingung dan kacau pikirannya. Itu sebabnya banyak kehidupan Kristen menolak dan tidak mengerti. Bagaimana kita bisa disebut istri Pencipta itu kalau aib kita pelihara.

Yohanes 1:11
1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Secara lahiriah ini menunjuk Israel sebagai miliknya Tuhan. Tetapi secara rohani ini menunjuk kita yang percaya kepadaNya.

Yohanes 1:12
1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Nama ini yang diminta untuk menyucikan diri kita. Saya tidak ingin terus memikul aib karena itu yang akan menyebabkan saya ditolak. Pada kedatangan Yesus pertama kali manusia menolak Yesus tetapi pada kedatanganNya kedua kali Tuhan Yesus yang akan menolak banyak manusia.

Yesaya 4:2
4:2 Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.

Yang mereka rasa bahwa itu adalah urusan mereka kemudian karena mereka mengupayakan untuk mengisi selera Tuhan maka Tuhan yang mengisi apa yang tadinya tidak mereka minta. Kalau kita membawa diri kita untuk memenuhi selera Tuhan maka Tuhan yang akan memenuhikebutuhankita yang lain dan dikatakan bagi Israel yang terluput ada kehormatan.

Persoalan makanan, pakaian dan papan serta kehormatan itu adalah perkara tangan kiri. Karena tujuh perempuan ini mencari perkara tangan kanan maka perkara tangan kiri ini Tuhan tambahkan kepada mereka. Jangan seperti anak-anak Skewa. Skewa artinya kidal.
Kisah Para Rasul 19:13-16
19:13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus."
19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.
19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?"
19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Mereka menyebut nama Tuhan tetapi tujuannya kiri(kekayaandankehormatan) sehingga akhirnya dipermalukan. Kalau kita menyebut nama Tuhan tujuannya adalah kanan artinya mau menjadi Mempelai Wanita maka yang kiri menjadi urusannya Tuhan. Kalau Tuhan memberikan yang kiri olehkarena kita mengedepankan yang kanan itu bisa mengundang ocehan orang yang iri tetapi tidak usah kita pusing.

Kalau kita mau memenuhi selera Tuhan berarti kita membawa diri menjadi bagian dari Yerusalem Baru atau menjadi bagian dari Mempelai Wanita maka apa yang dibutuhkan secaralahiriah kita akan dipenuhi oleh Tuhan. Tuhan tidak pernah bohong.

Kisah Para Rasul 19:17-19
19:17 Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Yahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyhurlah nama Tuhan Yesus.
19:18 Banyak di antara mereka yang telah menjadi percaya, datang dan mengaku di muka umum, bahwa mereka pernah turut melakukan perbuatan-perbuatan seperti itu.
19:19 Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya di depan mata semua orang. Nilai kitab-kitab itu ditaksir lima puluh ribu uang perak.

Yesaya 4:3
4:3 Dan orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus, yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup,

Kenapa disebut kudus? Karena sudah melalui proses Tuhan yang menyucikan lewat tunas kudus. Dalam Yohanes pasal 1 Tuhan mengedepankan Tuhan Yesus adalah Firman dan pada pasal yang terkahir Tuhan melantik seseorang menjadi gembala. Sekalipun gembala itu akhirnya melakukan salah yaitu salah menanggapi perkataan Yesus dan mengira Yohanes tidak akan mati, namun akhirnya hal itu diluruskan oleh Yohanes.

Ini yang sedang Tuhan kumpulkan sekarang:
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Jadi kita ini mengenal selera Allah dan selera Allah ini tidak terpenuhi karena ada yang mengganjal dalam diri kita lalu kita datang kepada nama Tuhan supaya yang mengganjal itu diangkat. Oleh nama Tuhan ini kita dikumpulkan untuk menjadi umatNya. umatNya inilah yang digambarkan bagaikan 7 perempuan yang mau aibnya diambil.

Yesaya 4:4
4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.

Apabila Tuhan telah membersihkan” berarti Tuhan menyucikan. Ketika kita mendengar Firman Allah acapkali persaan kita seperti diadili maka itu sudah betul, sebab roh pengadilan sudah bergerak di tengah-tengah kita.

Roh pengadilan akan menyelesaikan. Roh pengadilan ini adalah satu dari tujuh roh Allah. Sebenarnya hanya satu Roh Allah tetapi manifestasinya yang tujuh.
Yesaya 11:1-2; 28:6
11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, 1roh hikmat dan 2pengertian, 3roh nasihat dan 4keperkasaan, 5roh pengenalan dan 6takut akan TUHAN;
28:6 akan menjadi 7roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.

Yesaya 4:5-6
4:5 Maka TUHAN akan menjadikan di atas seluruh wilayah gunung Sion dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan TUHAN sebagai tudung
4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan dan persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.

Ini adalah perlindungan Tuhan ketika umat Israel ada di padang gurun. Ayat 6 menubuatkan penyingkiran gereja di mana kita dilindungi dengan tiang awan dan tiang api.

Mazmur 137:5
137:5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!

Kalau kita melupakan selera Tuhan itu berarti tangan kanan kita kering. Tetapi kalau kita mengisi selera Tuhan maka tangan kanankita pasti perkasa dan persoalan tangan kiri Tuhan ambil alih.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar