20150211

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 11 Februari 2015 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Yehekiel 47:21-23
47:21 "Tanah inilah kamu harus bagi-bagi di antara kamu menurut suku-suku Israel.
47:22 Dan kamu harus membagi-baginya menjadi milik pusaka di antara kamu dan di antara orang-orang asing yang tinggal di antara kamu, yang melahirkan anak di tengah-tengahmu dan mereka harus kamu anggap sama seperti orang Israel asli; bersama-sama kamu mereka harus mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel.
47:23 Jadi kalau di tengah-tengah sesuatu suku ada tinggal orang asing, di situlah kamu berikan milik pusakanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Kita akan berbicara banyak tentang orang asing atau bangsa kafir (bangsa non Yahudi). Berbicara bangsa non Yahudi atau bangsa asing berartiberbicara status kita di hadapan Tuhan. Bila kita membaca dengan teliti di sini ada peluang emas untuk kita bangsa kafir masuk dalam pesta pondok daun-daunan atau masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus yang akan disingkirkan jauh dari mata ular ketika antikristus datang.

Bagaimana ini bisa terjadi? Mari kita melihat bagaimana Tuhan membuka perlahan-lahan sampai satu ketika kesempatan itu terbuka lebar sehingga sama seperti bangsa Israel dan tidak ada perbedaan lagi. Padahal yang bisa masuk dalam pesta pondok daun-daunan hanya orang Israel asli.
Imamat 23:42
23:42 Di dalam pondok-pondok daun kamu harus tinggal tujuh hari lamanya, setiap orang asli di Israel haruslah tinggal di dalam pondok-pondok daun,

Jadi yang mendapat kesempatan untuk masuk pada pesta pondok daun-daunan hanya orang Israel asli. Di mana posisi kita bangsa kafir kalau dipatok begitu rupa? Kita melihat dalam Alkitab, Tuhan ternyata membuka peluang bagi kita bangsa kafir dimulai dengan pesta paskah. Pesta paskah inilah yang membuka peluang bagi kita bangsa kafir untuk mencapai pesta pondok daun.

Ada empat syarat pesta Paskah, ada tiga syarat yang penting dan satu syarat tambahan.
Keluaran 12:48
12:48 Tetapi apabila seorang asing 1telah menetap padamu dan 2mau merayakan Paskah bagi TUHAN, maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, 3wajiblah disunat; barulah ia boleh mendekat untuk merayakannya; ia akan dianggap sebagai orang asli. Tetapi tidak seorang pun yang tidak bersunat boleh memakannya.

1.      Sudah menetap
Berarti merasa suatu kepastian bahwa dia tidak akan keluar dari tengah-tengah persekutuan umat. Dia sudah merasa suatu kepastian bahwa dia tidak mau keluar dari persekutuan bersama umat Tuhan. Sudah menetap alias tidak maju mundur. Bangsa kafir dituntut merasa kepastian untuk tidak keluar dari persekutuan Tubuh. Dengan catatan tidak ada kamus dalam dirinya untuk mengikut Tuhan dengan maju mundur.

2.      Ada keinginan, ada kerinduan untuk merayakan
Artinya ada kemauan untuk bersekutu dengan domba paskah dan tidak mau lepas. Ini adalah peluang bagi kita bangsa kafir. Kalau bukan karena Domba Paskah mana mungkin bangsa kafir bisa mendapat bagian hak-hak seperti yang diterima oleh bangsa Israel yang kemudian menjadi satu hak dengan kita.

3.      Wajib disunat
Jadi orang asing mempunyai hak yang sama dengan orang Israel lewat domba paskah. Itu sebabnya dalam pembagian tanah dalam Yehezkiel pasal 47 hak bangsa kafir tidak boleh dianaktirikan karena sudah melalui paskah.

4.      I Raja-raja 8:41-43
8:41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama-Mu, --
8:42 sebab orang akan mendengar tentang nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini,
8:43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.

Datang berdoa di rumah ini berarti menetap, ada keinginan untuk merayakan paskah sama seperti orang Israel dan dia juga mau disunat.

Bilangan 15:14-16
15:14 Dan apabila seorang asing telah menetap padamu, atau seorang lain yang tinggal di antara kamu atau di antara keturunanmu kelak, hendak mempersembahkan korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN, maka seperti yang kamu perbuat, demikianlah harus diperbuatnya.
15:15 Mengenai jemaah itu, haruslah ada satu ketetapan bagi kamu dan bagi orang asing yang tinggal padamu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun: kamu dan orang asing haruslah sama di hadapan TUHAN.
15:16 Satu hukum dan satu peraturan berlaku bagi kamu dan bagi orang asing yang tinggal padamu."

Pembagian tanah antara Isral dan bangsa kafir sama karena untuk ibadah mereka juga diberikan ketetapan yang samasebagaiberikut:

1.      Sudah menetap
Berarti dia merasakan kepastian berada di antara umat Tuhan, ada kepastian dalam persekutuan bersama umat Tuhan. Kalau kepada kita bangsa kafir sudah dibuka pintu gerbang oleh Tuhan untuk menetap di dalam pembangunan Tubuh Kristus dan kita sudah merasa diyakinkan maka alangkah tidak bijak kalau kita mengambil sikap selalu  maju mundur, hal seperti itu tidak disukai oleh Tuhan. Oleh sebab itu kita harus mempunyai ketegasan bahwasaya harus menetap, harus ada kepastian dalam iman percaya saya dalam persekutuan bersama dengan umat Tuhan, maka saya tidak mau longgar lagi dengan Tuhan.Ini syarat supaya kita mempunyai pembagian tanah (waris).

Dalam pembagian tanah itu kita sudah tahu bahwa di utara ada sinar keemasan Tuhan yang dibagikan kepada kita. Dulu bangsa Israel mengkapling tanah-tanah secara lahiriah tetapi secara rohani kita bukan untuk mengkapling tanah-tanah lagi namun kita harus mendapatkan sinar keemasan, itu ada di utara. Sinar keemasan atau sinar kemuliaan itu ada di ruangan maha suci. Ini yang akan dibagikan bukan hanya kepada bangsa Israel tetapi kepada kita bangsa kafir.

Apakah kita akan mendapatkan sinar keemasan ini kalau kita maju mundur? Kadang ikut kadang tidak, sebentar menerima sebentar tersinggung. Padahal ketika akan masuk dalam pemberitaan Firman kita berdoa kepada Tuhan “Tuhan saatnya tiba kami akan mendapatkan pelayananMu” namun ketika Tuhan mau melayani kita malah menepis tangan Tuhan dan marah lalu menutup Alkitab. Itukah sikap orang kafir yang sama dengan orang Israel? Itu adalah kebohongan! Sangat kasihan saya melihat orang seperti itu.

Kita ada di penghujung akhir zaman, segera kita akan mendapatkan sinar keemasan itu.
Ayub 37:22
37:22 Dari sebelah utara muncul sinar keemasan; Allah diliputi oleh keagungan yang dahsyat.

Di sebelah utara ada 8 nama batas yang disebut, di sebelah timur ada 6 nama, di sebelah selatan ada 4 nama dan di sebelah barat ada 2 nama, jadi selalu dikurangi 2artinyasetiap kali kitadekatkebaratkitaharuskeluar/ tampilsebagaisaksi = angka 2 adalahangkakesaksian.

Ketika kita mendengar Firman yang ditulis dan disampaikan kepada kita maka kita sedang diisi dengan nafas Tuhan. Kenapa ketika Tuhan menghembuskan nafas kita malah berbalik, itu berarti kita mau mati terus. Padahal dihembuskan nafas Tuhan supaya kita hidup. Kita harus mengambil sikap ketegasan di hadapan Tuhan di akhir zaman ini.

Saya tidak pusing dengan apa kata orang kepada saya yang penting Tuhan percayakan pembukaan rahasia Firman Allah. Itu yang paling penting! Apakah Musa tidak ada kekurangan? Apakah Paulus tidak ada kekurangan? Ada kekuranganmereka, tetapi mereka dipercaya Tuhan.

Jangan sampai kita mengambil sikap sebentar seperti mur yang terpasang pada baut lalu kemudian dilepas lagi dan begitu berulang-ulang kali. Kalau pasang cabut terus menerus akhirnya mur dengan bautnya tidak pas lagi. Supaya bisa pas harus di snei lagi (didaurulang).

Kita tidakbisa seperti itu kalau tidak mempunyai pemikiran yang tanggap terhadap Firman bahwa ketika kita mendengar Firman berarti kita mendapat layanan nafas Tuhan, kita sedang diisi dengan nafas Tuhan. Kenapa disaat Tuhan sedang menghembuskan nafasNya kita malah berbalik tidak mau menerima. Berarti orang seperti itu sukapadakematian. Padahal kita dihembuskan nafas Tuhan supaya kita hidup.

Yeremia 8:4-5; 31:22
8:4 Engkau harus mengatakan kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN: Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali? Apabila orang berpaling, masakan ia tidak kembali?
8:5 Mengapakah bangsa ini berpaling, berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali.
31:22 Berapa lama lagi engkau mundur maju, hai anak perempuan yang tidak taat? Sebab TUHAN menciptakan sesuatu yang baru di negeri: perempuan merangkul laki-laki."

Anak perempuan ini menunjuk adanyagereja Tuhan di akhir zaman yang majumundur. Tuhan menciptakan yang baru di negeri: perempuan merangkul laki-laki. Siapa laki-laki? Itulah Yesus. Siapa perempuan yang merangkul laki-laki? Itulah gereja Tuhan yang cinta kepada Yesus dan tidak mau lepas dengan Yesus sehingga dia merangkul Yesus. Itu menjadi contoh kepada gereja Tuhan yang maju mundur supaya mereka melihat itudansadarakansikapnya yang tidaksesuaiseleraTuhan.

Kenapa perempuan yang menggambarkan gereja Tuhan itu begitu tertarik dengan Yesus, tertarik dengan Firman, tertarik dengan pengajaran? Sebab Yesus adalah Kepala, Yesuslah Mempelai Laki-laki Sorga yaitu Suaminya, dia tidak mau lepas dengan Yesus sebab dia tahu bila lepas dengan Yesus maka dia binasa dan dia menjadi makanan yang empuk bagi iblis. Tetapi ketika anak Tuhan tidak merasakan bahwa Yesus adalah kekasihnya, bahwa Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga, tidak merasa bahwa Yesus adalah suaminya maka dia pasti maju mundur.

Kenapa disebut “sesuatu yang baru”? Karena dulu ini belum dibukakan. Sekarang dibukakan sesuai dengan keadaan kita di akhir zaman.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Sekarang rahasia itu dibukakan sehingga kita bisa mengerti bahwa status gereja ini adalah Tubuh Kristus atau Mempelai Wanita, calon istri Anak Domba Allah.

Ini mengugah hati yang suka maju mundur agar tidak melanjutkan sikap seperti itu sebab kalau terus seperti itu maka ketika Gereja Tuhan masuk dalam pesta pondok daun-daunan orang itu akan tertinggal dalam 3,5 tahun aniaya antikristus. Sekarang saja baru gerimisnya sudah ketakutan apalagi kalau sudah era antikristus. Tetapi kalau kita ada dalam rangkulan Tuhan siapa berani mengganggu? Siapa yang bisa mengalahkan Tuhan Yesus?
Roma 8:31
8:31 Sebabituapakah yang akankitakatakantentangsemuanyaitu? Jika Allah di pihakkita, siapakah yang akanmelawankita?

Jangan sampai kita kehilangan sinar keemasan itu, jangan sampai kehilangan Shekina Gloria. Itu hanya ada di ruangan maha suci. Itu bukan sinar matahari biasa atau cahaya terang benderang saja tetapi sinar itu keemasan, itu menunjuk keIlahian. Itu sinar kemuliaan Tuhan yang akan diberikan kepada kita umat Tuhan.

2.      Ada keinginan untuk merayakan
Berarti dia rindu untuk bersekutu dengan domba paskah. Kalau benar saudara rindu bersekutu dengan domba paskah demi mendapatkan pembagian tanah atau pembagian hal-hal yang rohani bagi saudara maka jangan saudara kehilangan kerinduan untuk bersekutu dengan domba paskah.

Kalau saudara mau besekutu dengan domba paskah maka saudara tidak akan menghindar dari apa yang dialami oleh Yesus ketika digiring sebagai domba paskah.
1)      Cemeti
Dalam lima jabatan ini menunjuk jabatan guru. Ketika Yesus dicambuk Dia harus membungkuk.
Yesaya 50:6
50:6 Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.

Di dalam gereja Tuhan ketika tampil jabatan guru (FirmanPengajaran), anak Tuhan di dalamnya akan merasa seperti dicemeti, seperti dicambuk. Kalau ada keinginan untuk bersekutudengan domba paskah maka resiko bagaimanapun pasti kita mau terima demi kita masuk menjadi Tubuh Kristus, menjadi istri Anak Domba Allah. Mengapa ketika mendengar Firman yang bagaikan cemeti orang malah tidak senang dan menjadi marah. Ketika Firman datang bagaikan cemeti yang berdesik-desik mereka malah merasa tidak kena.
Yesaya 28:15
28:15 Karena kamu telah berkata: "Kami telah mengikat perjanjian dengan maut, dan dengan dunia maut kami telah mengadakan persetujuan; biarpun cemeti berdesik-desik dengan kerasnya, kami tidak akan kena; sebab kami telah membuat bohong sebagai perlindungan kami, dan dalam dusta kami menyembunyikan diri,"
Karena suka menghindar makanya tidak kena sehingga hidupnya begitu-begitu saja(tidakadakeubahan) dan tidak ada perkembangan. Pandangan rohaninya begitu-begitu saja dan tidak ada pemikiran bagaimana dia bisa keluar dari ikatan dunia padahal Tuhan mau melepaskan kita dari belenggu dunia. Tuhan akan menyapu mereka dengan hukuman.Jangan kita main-main dengan Tuhan.
Yesaya 28:17
28:17 Dan Aku akan membuat keadilan menjadi tali pengukur, dan kebenaran menjadi tali sipat; hujan batu akan menyapu bersih perlindungan bohong, dan air lebat akan menghanyutkan persembunyian."

Cemeti itu ada hubungan dengan jabatan guru. Lima jabatan ini yang akan mengelolah Tubuh Kristus supaya sempurna. Tuhan yang melantik mereka untuk menangani anak-anak Tuhan.

2)      Mahkota duri
Dalam lima jabatan ini menunjuk jabatan nabi. Ketika Yesus diludahi dan ditampar sesudah dipakaikan mahkota duri orang-orang itu berkata “bernubuatlah siapa yang menampar Engkau”. Berarti ini menunjuk jabatan nabi.

Gereja Tuhan tidak boleh menghindar dari mahkota duri, berarti jangan menghindar dari koreksi-koreksi Tuhan terhadap cara kita berpikir. Apa yang mau dikoreksi? Tentang perjalanan gereja yang akan datang, jangan sampai kita salah langkah. Nabi ini bernubuat berarti menceritakan sesuatu yang akan datang tetapi yang akan terjadi dikemudian. Ini harus dialami oleh gereja Tuhan sebagai bukti dia bersekutu dengan domba paskahmendapatkanpelayananFirmanNubuatan.

Mengapa banyak anak Tuhan mendengar saudara berkhotbah dan dia malah lari? Sebab saudara hanya menyampaikan Firman pengajaran tanpa menyampaikan Firman nubuatan padahal itu berjalan paralel. Saudara hanya memukulnya terus dan tidak menunjukkan nubuatannya. Kalau saudara menunjukkan nubuatannya maka sekalipun kita jungkir balik dia pasti mau sebab ditunjukkan tujuannya kenapa sampai dihajarsebab di depannya ada bahaya.

Bangunan ini dibangun atas dasar nabi dan rasul.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Rasul itu menunjuk Firman pengajaran.
Kisah Para Rasul 2:42a
2:42a Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul

Nabi menunjuk Firman nubuatan.
II Petrus 1:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman (nubuatan) yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Firman pengajaran dan Firman nubuatan arahnya membawa kita bertemu dengan Yesus bintang fajar.

3)      Kayu Salib
Yohanes 19:17
19:17 Sambil memikul salib-Nya Ia pergi ke luar ke tempat yang bernama Tempat Tengkorak, dalam bahasa Ibrani: Golgota.

Dalam lima jabatan ini menunjuk jabatan gembala. Anak-anak Tuhan jangan sampai melepaskan diri dari pikulan kayu salib sebab gembala yang menggembalakan saudara. Gembala mempunyai tanggung jawab dan saudara harus ada dalam penggembalaan merasakan tanggung jawab gembala yang memikul kayu salib. Saudara harus ada kerinduan untuk bersekutu dengan gembala dan bukannya bentrok dengan gembala sehingga beban berat yang dialami menjadi ringan seperti yang dialami oleh rasul Yohanes.
Matius 16:24
16:24 LaluYesusberkatakepadamurid-murid-Nya: "Setiap orang yang maumengikutAku, iaharusmenyangkaldirinya, memikulsalibnyadanmengikutAku.

III Yohanes 1:3-4
1:3 Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran.
1:4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

4)      Paku
Kalau melihat gerakan Yesus sebagai Domba Paskah, untuk mendekati dan mendapatkan saudara Domba Paskah ini rela kaki dan tanganNya kena paku.
Kolose 2:14
2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

Dalam lima jabatan ini menunjuk jabatan penginjil. Tangan yang kena paku itu perbuatan penginjil. Kaki yang kena paku menunjuk perjalanan penginjil.
Kolose 3:13
3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Ini sikap orang yang merasa suratdakwaandosa sudah dipaku bersama Kristus, dia tidak memiliki lagi roh dendam atau roh sakit hati. Itulah orang yang menyadari ada hubungan dengan paku. Kalau kita menyimpan dendam dan sakit hati berarti kita tidak bersekutu dengan domba paskah, itu berarti kita buang pakunya. Apa hubunganmu dengan domba paskah kalau tidak bisa menghapus roh dendam dalam hidupmu. Bagaimana bisa mendapatkan sinar keemasan yaitu Shekina Gloria itu.

Saudara boleh dibenci tetapi jangan membenci sebab kita tidak bisa menolak kebencian dunia. Dalam Yohanes pasal 17 ada 7 kali kata benci. Itu berarti kebencian dunia sempurna terhadap gereja.

5)      Lembing
Dalam lima jabatan ini menunjuk jabatan rasul. Pada saat lambung Yesus kena lembing maka keluar darah dan air, tanda gereja Tuhan dilahirkan.

Kalau kita ada kerinduan hati untuk makan paskah maka kita harus bersekutu dengan lima hal ini.

3.      Wajib disunat
Kisah Para Rasul 7:51-54
7:51 Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
7:52 Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh.
7:53 Kamu telah menerima hukum Taurat yang disampaikan oleh malaikat-malaikat, akan tetapi kamu tidak menurutinya."
7:54 Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi.

Ini sikap orang yang tidak disunat. Ciri orang yang tidak disunat hatinya adalah ketika mendengar Firman dia sakit hati. Kalau saat mendengar Firman menjadi marah maka itu tanda hati orang itu tidak disunat, telinganya tidak disunat. Orang seperti itu pasti gagal masuk dalam pesta pondok daun-daunan sebab dalam pesta pertama saja sudah gagal. Kalau telinga dan hati tidak disunat maka Tuhan tidak akan mempercayakan pembukaan rahasia Firman Tuhan dan lebih bahaya lagi biladiahambaTuhantidak diserahkan jiwa-jiwauntuk dilayani.

Kolose 2:11
2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,

Ketika Stefanus mau memenggal tubuh yang berdosa (disunatlewatkebenaranFirman Allah), yaitu hati yang ada dalam diri kelompok imam-imam dan ahli-ahli Taurat, mereka tidak terima. Akhirnya mereka menggertakkan gigi dan akhirnyamereka merajam Stefanusdengan batu. Kehidupan yang hati dan telinganya tidak disunat dia akan putus hubungan dengan Stefanus, berarti putus hubungan dengan mahkota. Mahkota itu ada dua:
1)      Stepanos adalah mahkota yang direbut dengan perjuangan.
2)      Diadema adalah mahkota yang diterima karena garis keturunan raja.

Seringkali kalau mendengar Firman Allah lalu tersinggung maka bahasa yang terlalu seringdiucapkan adalah “orang itu menghakimi”. Bahasa itu muncul karena orang-orang yang berkata itu tidak mau disunat. Bagaimana dengan perkataan rasul Paulus ini:
II Korintus 2:17
2:17 Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

Kalau dilihat secara pikiran manusia rasul Paulus menghakimi karena dia merasa tidak sama dengan orang lain. Padahal sebenarnya tidak, itu ketegasan Paulus.

Filipi 3:1b-3.
3:1b Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu.
3:2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu,
3:3 karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.

Penghakiman itu ada dua maknanya:
1)      Pembalasan Tuhan
Berbicarapenghakiman itu berarti membalas. Tetapi kalau saudara menyampaikan kebenaran, saudara mengatakan sesuatu yang salahkepada seseorang karena orang itu berdiri di tempat yang labil itu bukan penghakiman tetapi itu adalah tanda kasih karena mau mengalihkan dari posisi yang salah kepada yang benar. Jangan malah menarik hal itu dengan pikiran manusia, itu terjadi karena hubungan tidak harmonis dengan Tuhan.
Yohanes 12:47-48
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

2)      Memisahkan
Matius 25:30,41,32
25:30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.
25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,

Penghakiman itu terjadi di mana?
1)      Di mulai dari dalam rumah Tuhan.
I Petrus 4:17-18
4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?
4:18 Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?

Jadi pembalasan Tuhan dan pemisahan Tuhan dimulai dari dalam rumah Tuhan. Ini jangan kita anggap enteng.

2)      Di takhta putih
Wahyu 20:11-13
20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Yang dimaksud orang yang mati di laut adalah kehidupan yang menghalang-halangi orang untuk datang kepada Tuhan. Firaun dan orang Mesir menghalang-halangi orang Israel datang kepada Tuhan dan mereka dicampakkan ke dalam laut.
Keluaran 15:4
15:4 Kereta Firaun dan pasukannya dibuang-Nya ke dalam laut; para perwiranya yang pilihan dibenamkan ke dalam Laut Teberau.

Untuk membangun bangsa Israel dan bangsa kafir dalam satu Tubuh Kristus maka Tuhan tidak pernah membeda-bedakan di dalam perjanjian baru. Ketika Tuhan mencurahkan Roh Kudus di Yerusalem kepada 120 murid dan membangun gereja mula-mula dari bangsa Yahudi yang menjadi tokoh sentralnya adalah Petrus. Yang menjadi tokoh sentral untuk membangun bangsa kafir menjadi umat Tuhan juga adalah Petrus. Buktinya ketika Kornelius akan dilayani maka Tuhan memanggil Petrus bukan memanggil Filipus padahal saat itu Filipus ada di Kaisarea karena setelah dia membaptis sida-sida dari Etiopia dia diraibkan Tuhan ke Asdod dan dia berjalan sampai ke Kaisarea.Tetapi Tuhan tidak memakai Filipus bukan karena Filipus tidak laku tetapi supaya penangan bangsa kafir dan bangsa Yahudi ditangani oleh pribadi yang sama. Jadi dalam pembangunan Tubuh Kristus harus satu, tidak boleh beda pengajarannya.
Kisah Para Rasul 2:14; 10:4-6
2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.
10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.
10:5 Dan sekarang, suruhlah beberapa orang ke Yope untuk menjemput seorang yang bernama Simon dan yang disebut Petrus.
10:6 Ia menumpang di rumah seorang penyamak kulit yang bernama Simon, yang tinggal di tepi laut."

Tuhan berikan alamat lengkap. Jangan saudara bersembunyi! Tuhan tahu saudara ada di mana dan apa yang saudara ucapkan. Kalau Tuhan mau memakai saudara maka Tuhan akan pakai tetapi kalau tidak dipakai jangan saudara marah. Kalau melihat Tuhan memakai satu figur dan saudara belum dipakai jangan saudara marah, itu berarti belum saatnya.

Untuk pelayanan spesial terhadap bangsa kafir Tuhan tidak menyuruh Kornelius kumpul di Sinagoge, tetapi disuruh di rumah tinggal. Pada waktu Roh Kudus turun di Yerusalem juga di rumah tinggal, bukan di Bait Allah. Kalau di rumah berarti ada persekutuan. Nikah itu adalah persekutuan kecil yang harus kita jaga. Bangsa kafir di mulai dengan nikahnya Kornelius yang dilayani oleh Petrus. Tuhan memulai pelayanan pada bangsa Yahudi mulai dari nikahnya Petrus dan yang lain. Tuhan memulai dari wilayah yang kecil.

Ini adalah persekutuan yang kecil yang harus kita hayati. Firman Tuhan ini berbicara tentang pembagian kapling, pembagian wilayah. Dulu terhadap bangsa Israel kalau mereka mendapat pembagian wilayah maka suku yang satu tidak boleh menikah dengan suku yang lain sebab nanti kalau menikah ada suku yang tanahnya berkurang dan ada yang bertambah besar. Berarti ada yang dirugikan ada yang diuntungkan. Artinya untuk kita hati-hati masuk dalam persekutuan bisa saudara rugi perkararohani.

Di Kaisarea ada Filipus yang dipakai oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 8:39-40
8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

Filipus dilarikan Tuhan ke Asdod dan dia berjalan sampai ke Kaisarea, tetapi untuk pelayanan terhadap bangsa kafir yaitu terhadap Kornelius Tuhan pakai Petrus. Artinya pengajaran harus satu. Kalau ada dua pengajaran yang berbeda maka salah satunya bukan dari Sorga dan hanya mengutus diri sendiri. Kita harus waspada di akhir zaman agar kita tidak salah masuk dalam persekutuan. Jangan kita ditarik masuk dalam persekutuan tetapi persekutuan yang sudah beda pengajarannya.
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Hamba Tuhan itu ditentukan oleh Tuhan bukan utus dirinya sendiri. Dalam Yehezkiel ada hamba Tuhan yang diutus oleh manusia dan ada yang diutus oleh Tuhan walaupun motivasi pelayanannya hampir sama.
Yehezkiel 33:2 diangkatolehmanusia
33:2 "Haianakmanusia, berbicaralahkepadateman-temanmusebangsadankatakanlahkepadamereka: KalauAkumendatangkanpedangatassesuatunegeridanbangsanegeriitumengambilseorangdariantaramerekadanmenetapkandiamenjadipenjaganya

Yehezkiel 33:7diangkatolehTuhan
33:7 Dan engkauanakmanusia, Akumenetapkanengkaumenjadipenjagabagikaum Israel.Bilamanaengkaumendengarsesuatufirmandaripada-Ku, peringatkanlahmereka demi nama-Ku.

Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Yang diutus oleh Tuhan sebagai pemberita ditentukan oleh Tuhan dan yang menerima Firman juga ditentukan oleh Tuhan. Saya sebagai pemberita tidak harus marah karena saya tahu yang mendengar dan menerima itu ditentukan Tuhan. Kalau tidak ditentukan pasti dia tidak akan mampu menerima Firman dan dia marah. Tetapi kalau dia ditentukan bagaimanapun tajamnya Firman pasti dia terima karena dia dipilih oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Ini orang yang ditentukan yang dipilih Tuhan. Banyak bangsa kafir tetapi Tuhan pilih saudaradansayasemoga untuk namaNya. Di sini ada tiga kata kerja yang tidak bisa kita elakkan kalau kita dipilih oleh Tuhan untuk menjadi umat bagi namaNya.
Yesaya 43:7
43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang 1Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang 2Kubentuk dan yang juga 3Kujadikan!"

Kalau Tuhan yang ciptakan pasti ada bentuknya dan kalau Tuhan membentuk pasti gagah secara rohani. Yang terkahir “Kujadikan”, dijadikan apa? Dijadikan istri, menjadi Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dalam pengertian rohani.

Coba raba sendiri diri saudara apakah saudara adalah bagian orang yang dipilih oleh Tuhan bagi kemuliaan namaNya dari antara bangsa kafir? Sebab tidak semua orang dikarunia iman. Umat yang dipilih Tuhan untuk namaNya cirinya adalah:
Kisah Para Rasul 15:14;13:48
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Cirinya adalah bersukacita ketika mendengar Firman dan bukannya marah.

Kornelius mendapatkan tamu secara beruntun tetapi bobotnya semakin meningkat.
1.      Malaikat yang membawa pesan supaya dia pergi memanggil Petrus.
2.      Rasul Petrus yang lebih tinggi bobotnya dari Malaikat. Malaikat ketika jatuh dalam dosa tidak ada pengampunan lagi tetapi manusia masih diberi pengampunan.
3.      Tamu yang terakhir lebih tinggi bobotnya dari rasul Petrus yaitu Allah Pribadi, itulah Roh Kudus. Ini ciri orang yang dipilih oleh Tuhan. Ini ciri umat dari bangsa kafir. Dia menerima tamu yang selalu punya bobot sampai persekutuan dengan Ilahi = gambaranrohani yang dilawatiTuhanrohaninyamakinberbobot.

Mengapa kita gereja Tuhan yang justru di penghujung akhir zaman ini saatkegenapannya akan menjadi nyata dalam diri kita malah tidak suka mendengar Firman bahkan ada yang sakit hati. Padahal Tuhan sedang memolesi kita, sedang menangani kita tetapi kenapa kita bersikap lain.

Untuk mendapatkan kapling ini terhadap bangsa Yahudi dimulai dari nikah, terhadap bangsa kafir juga dimulai dari nikah. Pembagian itu dimulai dari persekutuan kecil yaitu nikah. Nikah kalau dikaitkan dengan kapling maka tidak boleh ada perkawinan campur sehingga wilayah satu suku bertambah dan suku yang lain malah berkurang. Itu sebabnya jangan kita sembarang masuk dalam persekutuan sebab nantinya bisa rugi, tidak ada keuntungan apa-apa yang didapatkan kalau masuk dalam persekutuan yang salah. Tetapi persekutuan yang benar adalah persekutuan di mana gerakan Firman itu ada di dalamnya dan orang yang mendengar itu penuh sukacita karena dia ditentukan oleh Tuhan.

Ketahuan kalau seseorang ditentukan oleh Tuhan atau tidak. Kalau kita masih memposisikan diri bukan orang yang ditentukan Tuhan olehkarena selalu mengambil sikap marah kalau mendengar Firman maka cepat alihkan pandanganmu dan terima Firman dengan sepenuh hati dan saudara harus melepaskan diri dari posisi yang labil dan berbahaya.

Kita bangsa kafir dan bangsa Yahudi dipertemukan Tuhan. Apa yang dibicarakan pada Kisah Para Rasul pasal 2 dan Kisah Para Rasul pasal 10? Itu adalah Domba Paskah. Itu dasar rohani berdirinya umat Tuhan baik yang berasal dari bangsa Yahudi dan dari bangsa kafir.

Berbicara Domba Paskah itu menunjuk Mezbah Korban Bakaran. Pada Mezbah Korban Bakaran ada lima alat untuk mengelola korban yang sudah disembelih, dipenggal-penggal dan dibakar di situ. Lima alat inilah yang kena pada Domba Paskah kita yaitu Yesus. Itulah cemeti, mahkota duri, kayu salib, paku dan lembing.Mezbah korban bakaran ini adalah titik tolak kita untuk menuju pada titik yang terakhir yaitu ruangan maha suci atau pesta Pondok Daun-daunan.

Yang harum pada penciuman Tuhan hanya Domba Paskah.
Imamat 1:9,13
1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.
1:13 Isi perut dan betisnya haruslah dibasuhnya dengan air, dan seluruhnya itu haruslah dipersembahkan oleh imam dan dibakar di atas mezbah: itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Efesus 5:2
5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

Untuk mendapatkan kapling maka ibadah bangsa kafir aturannyaharus sama dengan ibadah bangsa Israel, tidak boleh ada selisih.
Bilangan 15:14-15
15:14 Dan apabilaseorangasingtelahmenetappadamu, atauseorang lain yang tinggal di antarakamuatau di antaraketurunanmukelak, hendakmempersembahkankorbanapi-apian yang baunyamenyenangkanbagi TUHAN, makaseperti yang kamuperbuat, demikianlahharusdiperbuatnya.
15:15 Mengenaijemaahitu, haruslahadasatuketetapanbagikamudanbagi orang asing yang tinggalpadamu; itulahsuatuketetapanuntukselama-lamanyabagikamuturun-temurun: kamudan orang asingharuslahsama di hadapan TUHAN.

Itu sebabnya untuk membangun gereja Tuhan dari bangsa kafir Tuhan memakai Petrus. Maksudnya supaya mereka seragam. Jangan sampai dasar yang dibangun oleh Tuhan lewat Petrus bagi bangsa Yahudi berbeda dengan yang dibangun oleh orang lain bagi bangsa kafir.

Oleh Domba Paskah ini rahasia Allah dibukakan. Mari kita sama-sama merenungkan, jangan sampai salah masuk dalam persekutuan sebab bisa kita tidak mendapatkan apa-apa.
Bilangan 36:6,8-9
36:6 Inilah firman yang diperintahkan TUHAN mengenai anak-anak perempuan Zelafehad, bunyinya: Mereka boleh kawin dengan siapa saja yang suka kepada mereka, asal mereka kawin di lingkungan salah satu kaum dari suku ayah mereka.
36:8 Jadi setiap anak perempuan di antara suku-suku orang Israel yang telah mewarisi milik pusaka, haruslah kawin dengan seorang dari salah satu kaum yang termasuk suku ayahnya, supaya setiap orang Israel mewarisi milik pusaka nenek moyangnya.
36:9 Sebab milik pusaka itu tidak boleh beralih dari suku ke suku, tetapi suku-suku orang Israel haruslah masing-masing memegang milik pusakanya sendiri."

Pengertian rohaninya adalah jangan masuk dalam persekutuan yang salah sebab saudara akan kehilangan yang rohani. Kalau salah masuk dalam persekutuan bukan rohani saudara makin bertumbuh tetapi malah akan macet di tengah jalan. Itu sebabnya mari kita perhatikan persekutuan yang kita masuki. Apakah persekutuan itu dilayani oleh Tuhan dengan pembukaan rahasia Firman Allah yang mengarahkan kita pada satu dasar yang tidak boleh diubah-ubah atau kita hanya sekedar beribadah mengikuti irama yang ada. Dalam ibadah itulah menentukan kita menerima kapling ini atau tidak:
Ø  Kita ada di utara berarti menerima sinar keemasan.
Ø  Kita ada di timur berarti di sana ada taman Eden, artinya kita menerima suasana sukacita. Untuk masuk dalam Eden jangan lupa persekutuan mulai dari persekutuan kecil.
Yesaya 51:1-3
51:1 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.
51:2 Pandanglah Abraham, bapa leluhurmu, dan Sara yang melahirkan kamu; ketika Abraham seorang diri, Aku memanggil dia, lalu Aku memberkati dan memperbanyak dia.
51:3 Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.

Bagi orang yang mengejar yang benar Tuhan suruh untuk mendengarkanNya. Gunung batu yang dipahat itulah Paskah, itulah penderitaan Yesus. Abraham dan Sara itu menunjuk nikah. Di timur ada taman Eden tetapi tahapan-tahapannya harus kita pahami.

Yesaya 51:7
51:7 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaran-Ku dalam hatimu! Janganlah takut jika diaibkan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka.

Kalau menyimpan pengajaran dalam hati (berarti hati disunat) jangan kita takut kalau diaibkan orang. Menyandang kebenaran itu selalu beresikonya dinista dan diaibkan orang.

Ø  Kita ada di selatan berarti kemenangan.
Ø  Kita ada di barat berarti kesempurnaan, tidak ada cacat cela lagi. Keselamatan yang sempurna.
Mazmur 103:12
103:12 sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Dalam susunan Tabernakel yang ada di sebelah barat adalah ruangan maha suci. Ketika pembagian tanah lalu disebutkan batas barat, inikesaksian yang sempurna.

Di penghujung akhir zaman ini, kita sebagai umat Tuhan mari kita menaruh perhatian. Jangan kita mudah ditarik ke sana sini, perhatikan persekutuan yang mana yang kita ikuti.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar