20181123

Kebaktian Natal Malewuko, Jumat 23 November 2018 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan rela datang di dunia hanya untuk menyelamatkan kita. Dia bersusah-susah meninggalkan sorga hanya untuk mencari saya, mencari bapak, ibu dan kekasih dalam Tuhan. Olehnya dalam perayaan natal kita isi dengan sesuatu yang benar-benar pas dengan kehendak Tuhan yaitu Firman Tuhan.

Ibadah tanpa mengenal rencana Allah maka ibadah itu menjadi penghalang rencana Allah dalam diri kita. Artinya ibadah menjadi sia-sia.

Lukas 1:39-45
1:39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.
1:40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Ini persekutuan dua ibu yang hamil. Ini terjadi ketika kedatangan Yesus kali pertama di dunia ini. Dan bayi yang ada di kandungan ibu Elizabeth, akhirnya diberi nama Yohanes. Bayi yang ada di dalam kandungan Maria, diberi nama juga langsung dari sorga yaitu diberi nama Yesus.
Matius 1:21
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Lukas 1:31
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Maria asal kata dari Ma dan Yah yang artinya nyonya Allah. Ketika Maria menyampaikan salam kepada Elizabet, bayi yang ada dalam kandungan Elizabet itu melonjak kegirangan. Kemudian tindaklanjutnya, setelah Yohanes dilahirkan dan terlibat di dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Bahasa lanjut ini dia gemakan di antara orang banyak. Yohanes tadi di dalam kandungan penuh sukacita mendengar Firman. Sekarang dalam pelayanan yang penuh tantangan, dia juga bersukacita mendengar suara Yesus.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Di sini Yohanes memberikan suatu penegasan bahwa Yesus yang punya Mempelai Wanita. Jadi Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga, yang harus kita mengerti sebagai orang Kristen bahwa Dia adalah Kepala.

Dari kandungan dia sudah bersukacita mendengar salam dari Maria yang ada Yesus dalam di kandungannya. Ketika di dalam lapangan pekerjaan, dia lebih mendemonstrasikan dan menyatakan sukacitanya. Hatinya begitu bersukacita mendengar suara Yesus, walaupun statusnya sebagai sahabat mempelai. Dia bersukacita mendengar suara sahabatnya.

Siapa Yohanes? Pribadi yang dipercayai oleh Tuhan untuk mempersiapkan umat yang layak bagi Tuhan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Itu kata-kata Malaikat kepada Zakharia. Untuk tugaskan Yohanes Pembaptis yaitu mempersiapkan umat yang layak bagi Tuhan. Umat yang layak bagi Tuhan inilah yang disebut Mempelai Wanita Tuhan.

Gereja bertunangan dengan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kenapa kita gereja Tuhan, umat Tuhan akhir zaman ini yang dipersiapkan untuk menjadi umat yang layak bagi Yesus Mempelai Laki-laki Sorga tidak suka dengar Firman. Paling cuma 10 sampai 15 menit, lebih dari itu sudah tidak tahu bagaimana sikapnya. Ini yang rancu dalam gereja, ini yang tidak pas dalam gereja. Berarti kehidupan yang tidak suka dengar Firman tidak bisa masuk dalam kategori dikondisikan menjadi Mempelai Wanita. Mulai dari kami hamba Tuhan, karena Yohanes Pembaptis ini adalah hamba Tuhan yang dipercayakan untuk mempersiapkan umat. Kalau pendeta saja tidak suka dengar firman, dia tidak akan dipercaya oleh Tuhan. Ini berbahaya!

Kita kadang merayakan natal hanya ceremony hanya prosesi. Olehnya pada sore menjelang malam ini, buka hati, dengar suara Mempelai Laki-laki Sorga. Firman itu adalah suara Mempelai Laki-laki Sorga. Kalau pendeta saja tidak suka dengar Firman, bagaimana kita mau dipercaya Tuhan untuk mempersiapkan umat yang layak bagi Tuhan. Nanti umat Tuhan juga tidak suka dengar Firman. Kasihan kalau demikian. Olehnya mari kita fokus untuk mendengar Firman Tuhan.

Tugas dari sahabat Mempelai Laki-laki ini, bukanlah tugas yang enteng. Karena Alkitab mengatakan, untuk memulikan hati bapa kepada anak, memulihkan hati orang durhaka kepada orang yang baik, jika tidak Tuhan akan pukul bumi ini. Jadi tugas kami hamba Tuhan untuk menghindarkan Tuhan memukul bumi sehingga kita hancur bersama bumi. Dalam Wahyu pasal 6 dan pasal 7 dikatakan Tuhan akan menghancurkan bumi.

Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Kalau sore ini ada rumah tangga dan nikah yang kisruh, goncang ganjing, ada perseteruan antara bapak ibu, ayah dan anak, ayo perhatikan Firman. Apakah ada di sini anak yang durhaka kepada orang tua, apakah ada yang durhaka kepada Tuhan? Jangan lakukan itu. Itu tugas hamba Tuhan mendamaikan dirinya dengan Allah tentu hamba Tuhan yang punya tipe suka dengar Firman seperti Yohanes. Walaupun masih dalam kandungan dia sudah melonjak kegirangan. Apalagi setelah di lapangan, dia jumpa dengan Yesus, hatinya penuh sukacita dan dikatakan “sukacitaKu penuh”.

Maleakhi 4:5
4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

Siapa yang dimaksud nabi Elia di sini? Itulah Yohanes Pembaptis.

Maleakhi 4:6
4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Jika kita tidak kembali pada Bapa Sorgawi maka Tuhan akan memukul bumi. Mungkin kita datang ke gereja tetapi hati jauh dari Tuhan. Mengapa jauh? Karena baru habis minum minuman keras. Bagaimana kehidupan seperti itu? Apakah layak kepada Tuhan. Sialnya kalau pelayan Tuhan seperti itu. Makanya dia sulit untuk mendengar Firman karena koreksi Firman. Padahal justru koreksi Firman itu untuk menampilkan umat yang layak bagi Tuhan. Tuhan mencari dari antara bangsa kafir, dari bangsa non Yahudi, berarti dari antara kita, umat yang layak bagi Tuhan. Kalau tidak maka Tuhan akan pukul bumi. Coba baru beberapa bulan lalu, Palu dihantam oleh gempa dan tsunami. Kematian Yesus disertai gempa. Kebangkitan Yesus disertai gempa. Jika kita alami gempa agar kita mengingat pengorbanan Yesus di Golgota.

Tuhan mencari dari antara bangsa-bangsa kafir, bangsa non Yahudi, umat yang layak bagi Tuhan. Ini yang sedang Tuhan kemas hari-hari terakhir ini, lewat hamba-hamba Tuhan yang cinta akan Firman yang selalu siap mendengarkan Firman dan menekuni Firman.
Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Kisah Para Rasul 15:14 (Terjemahan Lama)
15:14 Bahwa sudah diceriterakan oleh Simon atas peri bagaimana pada mulanya Allah menilik orang kafir serta memilih daripadanya suatu kaum untuk nama-Nya.

Dipilih dari antara bangsa kafir, termasuk orang Pamona, termasuk keluarga besar Toau. Semoga kita masuk pada pilihan Tuhan. Ketika kita dilahirkan oleh ibu, kita cocok di dunia tetapi tidak cocok di sorga. Supaya kita cocok di sorga maka kita harus dilahirkan kembali sehingga di dunia kita tidak cocok tetapi cocok di sorga. Ini yang Tuhan cari, umat yang cocok.

Jika bapa, ibu saudara sekalian punyanya Tuhan, maka Tuhan akan titip dalam penggembalaan. Saya berdoa supaya keluarga besar Toau masuk dalam pilihan Tuhan. Untuk masuk dalam pilihan Tuhan jangan kita entengkan Firman, jangan kita remehkan Firman. Orang yang meremehkan Firman akan dihakimi oleh Tuhan.
Amsal 13:13
13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Yang paling utama dalam ibadah adalah pemberitaan Firman karena saat Firman di sampaikan, disitu Tuhan hadir.
I Samuel 3:21
3:21 Dan TUHAN selanjutnya menampakkan diri di Silo, sebab Ia menyatakan diri di Silo kepada Samuel dengan perantaraan firman-Nya.

Kalau kita adalah orangnya Tuhan, umatnya Tuhan demi namaNya, maka Tuhan akan titip kita di dalam penggembalaan karena kita miliknya. Berarti anak Tuhan, orang percaya tidak akan meremehkan dan mengentengkan soal penggembalaan.
Mazmur 100:3
100:3 Ketahuilah, bahwa TUHANlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.

Kapan kita menjadi punyanya Dia?
I Korintus 3:23; 6:20
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Kita sudah dibeli Tuhan dengan tunai di Golgota sehingga kita menjadi milikNya. Tuhan tidak mengangsur kita. Ketika Yesus naik di Golgota disalib, Yesus tidak berkata “tolong turunkan dulu saya, nanti disalib lagi”. Tidak pernah! Kita tidak diangsur, kita dibeli tunai oleh Tuhan sehingga kita menjadi punyanya Tuhan. Kalau kita punyanya Tuhan maka akan Tuhan titip pada penggembalaan yang benar, bukan asal!

Yesus tampil tidak kasat mata di dalam penggembalaan. Tetapi ada yang kasat mata itulah figur hamba Tuhan yang suka dengar Firman dan tahu apa itu program Tuhan, mengerti rencana Tuhan yang puncak yaitu untuk mengkatrol dan mengkondisikan gereja Tuhan supaya menjadi umat yang layak bagiNya, artinya menjadi mempelai wanita Tuhan. Bukan nikah jasmani, tetapi nikah rohani.

Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Tuhan belum punya Mempelai Wanita tetapi Tuhan sudah rela mengaku “Aku suamimu”. Sebenarnya Mempelai Wanita Tuhan adalah Israel. Dalam Yeremia 2:2 disebut Israel itu isterinya Tuhan, tetapi pasal 3 Tuhan kirim surat cerai. Mengapa? Karena murtad dan durhaka.
Yeremia 2:2
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.

Kita ada di penghujung akhir zaman, inilah kesempatan kita berbalik kepada bapa. Secara jasmani anak-anak kandung kita berbalik kepada kita bapanya dan secara rohani kita sebagai anak-anak Tuhan, kembalilah rukun dengan Bapa sorgawi. Kalau kita kembali rukun dengan Bapa Sorgawi berarti kita siap diajar oleh Bapa. Karena Bapa itu mengajar.
Yohanes 6:44-45
6:44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.
6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Ibrani 12:10
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Bapa mengajar dalam waktu yang singkat untuk menampilkan gereja Tuhan sama suci dan sama kudus dengan Kristus. Kalau kita kembali, tidak ada masalah bagi Tuhan untuk membentuk kita. Mulai dari kami hamba-hamba Tuhan, kami harus kembali. Jangan sampai kami bentrok dengan Tuhan. Kenapa bisa bentrok? Karena menambah dan mengurangi Firman.

Ada 5 tempat dalam Alktiab yang mengatakan jangan menambah dan jangan mengurangi Firman.
1.      Ulangan 4:2
4:2 Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.
2.      Ulangan 12:32
12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

3.      Amsal 30:5-6
30:5 Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.
30:6 Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.

4.      Pengkhotbah 3:14
3:14 Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia.

5.      Wahyu 22:18-19
22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Kita perhatikan Firman Tuhan, ke mana kita diarah oleh Tuhan malam ini. Semoga kita semua terbuka hati untuk menerima Firman. Seperti jemaat Samaria, mereka bulat hati menerima Firman Tuhan. Walaupun dalam keadaan diancam, Stefanus baru saja dibunuh oleh Saulus, yang akhirnya diganti namanya menjadi Paulus. Bisa saja Filipus menjadi orang kedua setelah Stefanus, tetapi Filipus tidak gentar, dia menginjil ke Samaria dan orang Samaria menerima Firman dengan bulat hati. Kalau menerima Firman dengan bulat hati berarti Firman itu bebas untuk membentuk kehidupan manusia itu.

Ini yang kita butuh akhir zaman ini karena kita umat gembalaanNya. Roh Kudus yang melantik gembala untuk menggembalakan umat yang sudah dibeli oleh Yesus dengan harga darah yang mahal.
Kisah Para Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Saya tidak habis-habis bersyukur kepada Tuhan karena saya dibeli oleh Tuhan dengan darah yang mahal. Apalagi saya menjadi hamba Tuhan, double saya dibeli. Pengangkatan jabatan gembala terjadi dalam Yohanes pasal 21, itu setelah Yesus mengalami pengalaman mati dan bangkit. Untuk jabatan gembala, Yesus mati dan bangkit dulu baru dilantik gembala. Begitu pentingnya penggembalaan di dalam gereja. Saya harus memahami. Begitu pentingnya saya menggembalaakan sidang jemaat. Tanggung jawabnya berat, bukan enteng, sebab satu saat akan dituntut oleh Tuhan. “Hei apa yang kau kerjakan! Itu umat yang Aku titip sudah Ku beli dengan darahKu dan kau gembalakan asal-asal!”.

Jabatan gembala ini diangkat oleh Tuhan setelah Kristus mati dan bangkit. Petrus 3 kali ditanya oleh Tuhan.

Sebagai seorang hamba Tuhan harus merasa bobotnya/ berat tanggung jawab untuk membawa umat Tuhan. Jangan sampai mereka masuk aniaya 3,5 tahun antikristus. Ini mengerikan dan di depan ini akan terjadi. Kalau bukan ketemu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga maka akan bertemu dengan antikristus. Dan yang ketemu dengan antikristus ini yang lebih banyak jumlahnya. Sebab dikatakan dalam Wahyu 12:17 banyak yang tertinggal.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Makanya nyanyian tadi mengatakan “sembunyikanlah daku dalam pengajaran Firman, jauh dari intaian si jahat”. Ini adalah dambaan hati kita dan ini juga kerinduan hati Tuhan kepada kita.

Maleakhi 4:5-6
4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Apakah benar kita milik Tuhan. Bagaimana mensiasati, bagaimana untuk membangun kita sebagai milik kepunyaanNya.
II Timotius 2:19
2:19 Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: "Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya" dan "Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan."

Semoga kita semua sore ini adalah kepunyaannya Tuhan. Jika kepunyaan Tuhan, apa syaratnya? Tinggalkan roh durhaka, tinggalkan roh pemberontakan kepada Tuhan dan orang tua. Karena itu adalah bagian-bagian dari kejahatan yang banyak kali diperbuat.

II Timotius 2:20-21
2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.
2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Mulai dari kami hamba Tuhan, apakah kami tampil bagaikan emas dan perak?
Yeremia 6:29-30
6:29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan.
6:30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!

Dibakar supaya dibersihkan. Tetapi Firman Tuhan katakan yang keluar hanya timah hitam. Padahal Tuhan menanti supaya yang keluar adalah emas yang murni dan perak yang murni, tetapi yang keluar adalah timah hitam. Sehingga Tuhan katakan “sebutlah mereka perak yang ditolak”. Itu sebabnya penyucian itu harus berjalan dalam gereja untuk menyingkirkan yang salah/ kotor/jahat.

Kenapa Yesus dibenci oleh dunia, kenapa banyak hamba Tuhan dalam penampilannya dibenci oleh orang termasuk orang Kristen juga? Sebab Yesus menunjuk kejahatan mereka. Maksudnya Tuhan mau menolong mereka.
Yohanes 7:7
7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

Saya harus siap tidak disenangi orang karena saya menunjuk yang salah dan yang jahat, itu resiko saya, saya harus rela menerima. Jangan kita tidak senang dengar Firman, sebab kalau tidak senang dengar Firman nanti kita lepas dari rencana Allah. Tetapi kalau kita senang dengar Firman mulai dari hamba Tuhan seperti Yohanes Pembaptis, maka akan turun kepada jemaat, jemaat juga akan senang dengar Firman. Maka kedua komponen ini adalah pribadi-pribadi yang disiapkan Tuhan menjadi umat yang layak bagi Tuhan.
Di dalam Firman ada kuasa untuk menyucikan kita. Dalam Firman bukan hanya kuasa menyembuhkan orang sakit. Saya percaya kehadiran bapa, ibu, saudara kekasih dalam Tuhan, ada kuasa Tuhan di tengah-tengah kita. Saudara sakit, ada kuasa Firman Allah supaya sembuh. Tetapi untuk sakit rohani kita lebih lagi membutuhkan Firman pengajaran untuk membentuk kehidupan kita. Kalau rohani saudara Tuhan sembuhkan, jasmani saudara pasti Tuhan sembuhkan. Asalkan rohani kita disentuh oleh Tuhan, maka yang jasmani itu bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Yesus menyerahkan diriNya bagiku dan bagimu. Yesus rela meninggalkan sorga dan datang sengsara di dunia ini. Bayangkan upaya Tuhan untuk menolong kita manusia, membebaskan kita dari jerat dosa kejahatan.

Saudara punyanya Tuhan, bukan punyanya yang lain? Sebab seringkali kita katakan kita ini punyanya Tuhan tetapi ada juga yang memiliki kita. Saya mau raba dalam nama Yesus, apakah ada di pinggang saudara, apakah ada di kantong saudara? Dulu saya katakan saya miliknya Tuhan tetapi saya punya opo-opo! Itu sebabnya 36 hamba Tuhan mendoakan saya supaya saya lepas dari itu. Kalau hari minggu kita ke gereja, hari sabtu kita ke gereja, tetapi hari lain kita ke mana! Kadang kita ke kubur bercerita dengan nenek moyang. Kadang kita masuk ke tempat sepi, ada sesuatu yang kita sajikan. Kristen seperti ini hanya menjadi bagian Antikristus!

Kita ini miliknya Tuhan, punyanya Tuhan karena Dia beli dengan darah yang mahal di Golgota. Saya tidak akan sia-siakan. Karena tidak ada yang bisa membayar dosa kita selain darah Yesus.
Mazmur 49:9
49:9 karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya --
Ibrani 9:22

Umat kepunyaanNya sendiri yang rajin berbuat baik. Kenapa ada kalimat yang rajin berbuat baik? Kalau kita sudah diberikan sarana dari Tuhan kemudian tidak berbuat baik, sama dengan melecehkan Tuhan. Semoga kita semua yang hadir pada malam hari ini, tidak merasa bahwa ini sesuatu yang mencelakakan saudara. Justru ini cara Tuhan untuk mengangkat saudara dan saya. Sarana sudah disediakan, tinggal bagaimana kita menjabarkan, melakoni, menindaklanjuti apa yang sudah Tuhan sediakan. Semua keluarga Toau siap melakukan pekerjaan yang baik, buktinya hadir pada malam hari ini.
Efesus 2:10
2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
Kalau saudara tidak percaya ini Firman berarti saudara tidak percaya. Ayat mengatakan sudah dipersiapkan, tinggal kita melakoni. Jika kita membuka hati maka Tuhan akan mempersiapkan bapak ibu kekasih dalam Tuhan menjadi umat yang layak bagi Tuhan. Itu yang Tuhan programkan hari-hari terakhir ini sehingga rahasia Firman dibukakan kepada kita bangsa kafir, bukan kepada orang Yahudi. Kepada orang Yahudi dipercayakan Firman, tetapi rahasia Firman dipercayakan kepada kita bangsa kafir.

Ada dua rahasia Allah yang besar dalam Alkitab:
1.      Rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya.
2.      Rahasia Ibadah.

Ini perlu diketahui oleh kita gereja Tuhan. Supaya kita tahu di dalam ibadah itu ada rahasia Allah yang besar. Bukan hanya sekedar prosesi atau ritual ibadah belaka, tetapi di dalamnya ada rencana Allah yang besar. Bahkan dikatakan ibadah itu adalah sesuatu yang paling di atas. Orang Kristen kalau mengerti nilai ibadah itu luar biasa dan di dalamnya ada rahasia, maka dia akan mengutamakan ibadah.

Yohanes memperkenalkan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga, tetapi lebih dahulu dia tunjuk Yesus sebagai Anak Domba. Yohanes senang mendengar suara Mempelai Laki-laki Sorga, tetapi pada Yohanes pasal 1 lebih dahulu dia bicara Yesus Anak Domba.
Yohanes 1:29
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yohanes paham Yesus sebagai Anak Domba Allah dalam penyerahan diriNya seperti domba yang disembelih dan dibakar di atas mezbah. Karena ketertarikannya kepada pekerjaan penebusan Yesus itu maka dia mengikat persahabatan dengan Yesus dan dia senang mendengar suara sahabatnya yaitu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga yaitu Anak Domba yang sudah tersembelih yang dia ceritakan itu. Perjalanan akhir dari Anak Domba itu dalam pesta nikah Anak Domba Allah. Itu sebabnya rahasia nikah itu besar sekali.
Wahyu 19:6
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

Kata haleluya berkumandang di sorga saat menggelar pernikahan Anak Domba Allah. Saat Yesus mau masuk dalam pelaminan, mau duduk di singgasana di tempat di mana akan ada perayaan nikah akbar. Kata haleluya ini kita sindir, kita anggap sesuatu yang menjadi miliki orang lain, bukan milik kita, padahal ini milik sorga. Dalam Perjanjian Lama 23 kali kata haleluya, dalam Perjanjian Baru ada 4 kali kata haleluya justru disaat mau masuk pernikahan Kristus dengan gereja.

Wahyu 19:7
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Yohanes Pembaptis bersukacita dan tetap bersukacita, walaupun masih dalam kandungan. Setelah di era pelayanan dia juga bersukacita. Sekarang kita diajak bukan oleh Yohanes Pembaptis tetapi rasul Yohanes supaya kita bersukacita. Karena apa? Karena perkawinan Anak Domba yang dipromosikan oleh Yohanes dalam Yohanes 1:29 “tengoklah Anak Domba yang menghapus dosa isi dunia” dan sekarang Anak Domba masuk dalam pesta nikah. Saat itu dikumandangkan bahasa haleluya

Kadang bahasa haleluya ini kita anggap milik orang lain, kalau diucapkan rasanya rugi. Padahal itu bahasa Alkitab, bahasa sorga. Pengantin yang siap sedia inilah umat yang layak, inilah umat yang dibangun sekarang untuk menjadi Mempelai Wanita.

Kurang lebih 2000 tahun gereja bertunangan dengan Yesus, kapan akhir pertunangan? Pada pernikahan, bukan secara jasmani, tetapi secara rohani.
Wahyu 19:8
19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]

Pakaian lenan halus ini putih berkilau-kilauan karena dari dalam memantul keluar. Apa itu? Inilah perbuatan baik hasil dari Efesus 2:10 dan hasil dari Titus 2:14. Pakaian ini menunjuk perilaku anak-anak Tuhan yang memantulkan cahaya shekina gloria, bukan hanya di luar tetapi dari dalam. Beda dengan pengantin iblis, hanya berkilau di luar, tetapi dari dalam tidak. Penampilan Yerusalem dengan Babel berbeda.

Wahyu 19:9
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Kalau kita diundang dan sempat mendengar Kabar Mempelai, itu berarti Tuhan ingin menyerap kita masuk dan berbahagia. Dalam kitab Wahyu ada 7 kali kata bahagia. Kepada Maria yang mengandung Yesus, ada 3 pribadi yang menyebut dia berbahagia. Yang pertama malaikat.
Lukas 1:28
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
1:28 And the angel came in unto her, and said, Hail, thou that art highly favoured, the Lord is with thee: blessed art thou among women.

Yang kedua Elizabet
Lukas 1:45
1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Yang ketiga Maria sendiri.
Lukas 1:48
1:48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,

Kehidupan yang ada Firman dalam kandungan hatinya, berbahagia di hadapan Tuhan. Kalau Firman itu ada terkandung di dalam hati kita maka akan melahirkan sukacita, karena apa? Karena berbahagia. Itu sebabnya hamba Tuhan maupun umat Tuhan harus dengar Firman, inilah orang-orang khususnya Tuhan. Orang khususnya Tuhan inilah yang Tuhan persiapkan, jika antikristus datang dia sudah disingkirkan. Antikristus akan menguasai dunia ini 3,5 tahun dan dia akan menganiaya siapapun yang tidak tunduk kepadanya. Karena dia seorang diktator yang disebut antropostes anomias.

Kita gereja Tuhan dipersiapkan untuk masuk pada penyingkiran gereja jika mau terima Firman, kalau mengapresiasi Firman, kalau kita mau dikemas untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

Malam ini ada kitab kehidupan yang sedang dicatat.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Bagaimana sikap bapak ibu mendengarkan Firman itu Tuhan catat dan satu waktu akan kita pertanggungjawabkan. Jangan sampai terjadi saudara mempertanggungjawabkan yang salah. Biarlah kita datang dengan tulus hati “terima kasih Tuhan, Engkau rela mati untuk saya. Engkau rela datang ke dunia mencari saya”. Kita mendapat kasih karunia Tuhan bukan karena kena lotrei. Banyak manusia di dunia ini tetapi kita mendapat kemurahan Tuhan bisa mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kemudian bawalah diri untuk digembalakan dengan benar oleh Firman Allah.

Gembala itu sudah ada syaratnya. Antara lain syarat seorang gembala adalah seorang suami. Itu syarat sorga.
I Timotius 3:1-2
3:1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Tidak bercacat berarti tidak boleh ada tuduhan dalam dirinya soal nikah/ keuangan. Suami dari satu isteri, berarti monogami, tidak poligami. Tidak dikatakan isteri dari satu suami. Jangan dibalik-balik. Di situlah tempat titipan Tuhan. Kalau toh sekarang ini ada yang bukan suami menjadi gembala, terserah mereka, tetapi dia akan berhadapan dengan Tuhan yang punya Firman. Jangan kita melangkahi ketetapan Firman. Ini syarat sorga.

Setiap tulisan yang ada dalam Alkitab ini adalah nafas Tuhan. Olehnya itu mari kita gereja Tuhan, jangan sampai hembusan nafas Tuhan itu kita halangi. Kalau kita halangi nafas Allah berarti kita siap mati rohani, ini jangan sampai terjadi.

Sejak ada ibadah ini, doaku jadikan hambaMu seperti Yesaya 49:2.
Yesaya 49:2
49:2 Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya.

Tuhan memberkati bapak-bapak, ibu-ibu dan keluarga besar ini. Jangan sia-siakan apa yang Tuhan berikan. Ini lawatan Tuhan kepada kita besama. Semoga kita ditetapkan Tuhan menjadi milik kesayanganNya. Tinggalkanlah hal-hal yang jahat, kita akan menjadi miliknya Tuhan. Jangan menjadi milik yang lain lagi! Kita mau masuk tahun 2019, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Tetapi umatNya yang layak pasti dijamin dilindungi oleh Tuhan. Tuhan tidak merugikan kita kalau mendengar Firman. Justru perlindungan Tuhan yang ajaib yang menjadi bagian kita. Saudara sakit apa? Utamanya pulihkan dulu hubunganmu dengan Tuhan. Pulihkan dulu rohani saudara kepada Bapa di Sorga “ulurkan tangan, jamah kami Tuhan. Kami mohon belas kasihanMu”.

Tuhan Memberkati.
















GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar