20200104

Kebaktian Doa, Sabtu 4 Januari 2020 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.                                 

Yohanes 7:19-24
7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorang pun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"
7:20 Orang banyak itu menjawab: "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"
7:21 Jawab Yesus kepada mereka: "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.
7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat -- sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita -- dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!
7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.
7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

Dalam konfrensi hamba-hamba Tuhan yang pertama di Yerusalem yaitu 50 tahun sesudah Yesus naik ke sorga, maka hal inilah yang menjadi topik yaitu soal hukum Taurat dan penyunatan. Ketika Petrus tampil dan mengatakan “hukum Taurat nenek moyang kita sendiri dan kita tidak mampu melakukannya, masakan kita mau bebankan kepada bangsa non Yahudi”.
Kisah Para Rasul 15:7
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

Kisah Para Rasul 15:7 (Terjemahan Lama)
15:7 Apabila mereka itu sedang bertengkar-tengkar sangat, bangkitlah Petrus serta berkata kepada mereka itu, "Hai Tuan-tuan dan Saudara-saudara, kamu ketahui bahwa sudah lama Allah memilih aku di antara kamu, supaya dengan lidahku orang kafir harus mendengar firman Injil, lalu percaya.

Karena persoalan kita bangsa kafir sehingga hamba-hamba Tuhan waktu itu bertengkar sangat tentang kita bangsa kafir. Itulah yang memberi peluang digelarnya konfrensi hamba Tuhan yang pertama kali di Yerusalem di bawah pimpinan rasul Petrus. Tidak harus kurang hati murid-murid yang lain jika Petrus berkata seperti itu dan itu tidak mengada-ada. Ini bukan perkataan yang menonjolkan diri.
Kisah Para Rasul 15:8-10
15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita,
15:9 dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman.
15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

Jadi rasul Petrus mengakui bahwa mereka dan nenek moyang mereka tidak mampu melakukan hukum Taurat lalu mau dibebankan lagi kepada bangsa kafir. Masalah di sini adalah tentang sunat.

Yohanes 7:19
7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorang pun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"

Ini Yesus langsung yang mengkritik mereka. Kenapa dikaitkan membunuh Yesus dan hukum Taurat yang diajarkan oleh Musa? Sebab disebutkan Musa telah memberikan hukum Taurat. Jelas sekali dalam Ulangan 18:15-19, Musa telah mengatakan dan bernubuat bahwa akan ada nabi yang tampil di antara mereka yang seperti Musa dan mereka harus mendengar apa yang Dia katakan. Di situ Musa menubuatkan tentang Yesus.
Ulangan 18:15-19
18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:16 Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Jadi ada tuntutan tanggung jawab. Ayat ini berulang diangkat dalam Kisah Para Rasul.
Kisah Para Rasul 7:37; 3:22-23
7:37 Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu.
3:22 Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
3:23 Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita.

Ketidakmampuan melakukan Firman, itu identik membunuh Firman, membunuh Yesus karena Yesus adalah Firman. Jika kita tidak mau melakukan bahkan sengaja tidak mau dengar akan Firman Tuhan dan melakukannya, sama dengan membunuh Firman. Kalau seperti itu, bagaimana kita bisa meraih apa yang dikatakan oleh Tuhan yaitu kesempurnaan gereja.

Bagaimana gereja Tuhan mau mengatakan aku orang percaya seperti yang diajarkan oleh teologia prestisinasi, satu kali percaya Yesus sudah selamat sekalipun berbuat dosa. Kemudian ditanya, bagaimana kalau orang berbuat dosa lagi? Dia jawab pokoknya kita beribadah dan berbakti saja, senangkan hati Tuhan. Bagaimana mau menyenangkan hati Tuhan kalau berbuat dosa terus! Inilah yang sekarang ini lagi mewabah, ini hama, penyakit rohani dalam gereja yang diajarkan pendeta-pendeta! Ini berbahaya sekali. Kalau saudara katakan itu diajarkan oleh pendeta berarti Firman, itu bukan Firman! Salah nanti kalau kita katakan itu Firman, Firmankah yang mengatakan seperti itu! Seringkali jemaat sudah dijejali seperti itu kemudian mengatakan itu juga Firman, ini juga Firman! Coba mengertilah, tanggaplah dengan Firman yang kita dengar dari sini.

Umat Tuhan ini kita libatkan untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus, bukan untuk mengisi bangku dalam gereja.

Yohanes 7:23
7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.

Penyembuhan Tubuh atau penyempurnaan Tubuh Kristus atau pembangunan Tubuh Kristus, itu lebih utama dari pada sekedar sunat jasmani. Kenapa ada konfrensi pertama hamba-hamba Tuhan? Karena persoalan sunat ini.
Galatia 6:15-16
6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.
6:16 Dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Allah.

Menjadi ciptaan baru itu yang ada artinya dan itu yang membuat seiras antara bangsa Yahudi dan bangsa kafir.

Sejak kapan sunat itu diturunkan oleh Tuhan? Dalam Kejadian pasal 17 Tuhan memberikan perintah sunat kepada Abraham setelah 13 tahun usia Ismael. Cukup lama Tuhan menunggu, sebab setelah Ismael dilahirkan, komunikasi Tuhan dengan Abraham terputus.
Kejadian 16:16; 17:1,25
16:16 Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.
17:1 Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.
17:25 Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya.

13 tahun usia Ismael baru ada komunikasi antara Abraham dengan Tuhan. Tuhan tunggu angka 14, ini adalah angka tanda darah, angka Paskah. Tuhan menggunakan angka 14, angka tanda darah. Itu sebabnya ada sunat dan ini menubuatkan Paskah.

Tuhan kembali menurunkan janji kepada pasangan nikah, bukan kepada Hagar dan bukan kepada Ismael tetapi kepada Sara. Dan Abram ditambah H menjadi Abraham dan Sarai ditambah H menjadi Sarah. H ini menunjuk nama Yahwe. Nama Tuhan dimasukan dalam nikah ini. Sejak kapan nama Tuhan dimasukan dalam diri kita? Di mana peluang nama Tuhan dimasukan dalam diri kita? Kalau kita menghargai Paskah, menghargai Domba Allah, menghargai Korban Kristus. Bukan kebetulan Tuhan menunggu 14 tahun. Angka 14 ini menunjuk Paskah yang mendongkel 14 akar dosa yang ada pada manusia dan itu harus ada tanda darah.

Sunat dalam bahasa Ibraninya adalah mulaah dan bahasa Gerikanya juga peritome yang artinya menggunting. Jadi dengan adanya domba Paskah ada tanda darah maka itu menggunting dosa yang mengganggu hubungan kita dengan Tuhan. Memang ada tanda darah, makanya sakit, namun itu berangkat dari Paskah.
Keluaran 12:6
12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.

Jadi yang utama adalah kelahiran baru, bukan sunat secara jasmani.
Kolose 2:11
2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,

Disunat berarti digunting, dipotong tubuh yang berdosa. Sebab kalau tidak digunting maka terganggu hubungan kita dengan Tuhan oleh sebab dosa. Itulah yang disebut kelahiran baru, itu yang paling utama. Bukan lagi sunat jasmani. walaupun dipotong sampai habis tidak ada manfaatnya!

Kolose 2:11 (Terjemahan Lama)
2:11 Di dalam Dia juga kamu disunatkan dengan suatu sunat, yang bukannya dengan tangan di dalam hal menanggalkan tubuh yang berdosa ini, yaitu dengan sunat Kristus itu.

Ini yang harus kita waspada, justru mulaah, peritome atau menggunting ini harus waspada. Bukan soal luka tidaknya, bukan itu yang kita waspadai. Sebab di dalam pelayanan rasul-rasul zaman gereja hujan awal, banyak penyunat-penyunat palsu. Sudah di zaman para rasul, kenapa ada penyunat-penyunat palsu. Artinya pemberita-pemberita palsu, pengajar-pengajar palsu. Ini yang harus kita waspadai, sebab kalau demikian itu sama dengan kita membunuh Yesus.

Galatia 6:15
6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya

Ciptaan baru berarti orang itu mau digunting selubung hatinya, mau disunat hatinya, mau dipotong tabiat dagingnya. Tetapi Alkitab mengatakan harus waspada karena ada penyunat-penyunat palsu.
Filipi 3:2
3:2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu,

1.      Anjing-anjing
Apakah anjing kaki 4 itu yang dimaksud? Bukan, tetapi manusia dan pelayan Tuhan disejajarkan dengan anjing. Apakah harus marah kalau disebut anjing? Tidak, seharusnya kita terima. Anjing ini sifatnya ada 4:
a)      Anjing itu berarti gembala-gembala yang tidak tahu menggonggong dosa. Kalau dalam gereja dibiarkan tampil teologia prestisinasi yang mengatakan sekali percaya sudah selamat, walaupun berbuat dosa dia masuk sorga, yang penting beribadah menyenangkan hati Tuhan, padahal bagaimana mau menyenangkan hati Tuhan kalau pikul terus dosa, inilah salah satu yang masuk kategori anjing-anjing! Yang dimaksud anjing di sini justru pelayan Tuhan, gembala! Makanya saya tidak boleh tersinggung kalau saya dibilangi anjing kalau saya tidak berani menggonggong dosa.
b)      Anjing itu menjilat kembali muntah.
c)      Anjing itu menjilat borok.
d)      Anjing itu menjilat darah orang benar, termasuk darah Nabot.
Kalau disebut anjing, terdengar jahat sekali. Tetapi itu ada dalam pelayanan gereja hujan awal, juga sekarang gereja hujan akhir.

2.      Pekerja-pekerja jahat
Ini adalah pekerja yang menghindar dari gemblengan Firman, dia ikut maunya sendiri.

3.      Penyunat-penyunat palsu
Artinya membiarkan dosa melekat. Tidak dia potong, tidak mau dia gunting.

Kalau jatuh pada ketiga golongan ini, kita bukan ke sorga tetapi terjun bebas ke neraka. Itu sebabnya kita harus waspada sebab setelah Yesus bicara tentang sunat, Dia katakan “mengapa kamu mau membunuh Aku”.
Yohanes 7:19
7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorang pun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"

Tidak melakukan berarti ada di dalam bimbingan anjing, pekerja jahat dan penyunat palsu. Ini sama dengan membunuh Firman, membunuh Yesus. Ini yang jangan sampai terjadi, utamanya bagi saya. Makanya tidak ada yang bisa memberangus mulut saya, saya harus bicara. Supaya jangan saudara katakan di sana Firman, di situ Firman. Apalagi kalau orang menyampaikan teologia prestisinasi, apakah saudara mau mengatakan itu Firman. Bukan Firman yang dia ajarkan! Apalagi ada yang mengajarkan Alkitab itu hanya manusia yang tulis, sampai berkata kenapa mau tunduk kepada Petrus dan Paulus, begitu runyamnya keadaan sekarang ini.

Yohanes 16:12-13
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Kita ini kalau tidak waspada, yah sudahlah. Kalau tidak mau percaya terserah.

Tuhan harus menunggu 14 tahun lamanya untuk berkomunikasi lagi dengan Abraham dan Sarah.

Kejadian 16:16; 17:1
16:16 Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.
17:1 Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.

Kalau kasus dalam Kejadian pasal 16 saudara teruskan, maka komunikasi dengan Tuhan putus. Kalau Sarah tetap dominan di dalam nikah seperti dalam Kejadian pasal 16, maka Tuhan tinggalkan mereka. Kalau dalam nikah rumah tangga isteri yang jadi komandan di atas, maka Tuhan menjauh, jangan pikir ada Yesus di situ, itu berarti anda membunuh Yesus! Kalau sudah membunuh Yesus, berarti membunuh wibawa Firman, mau harap apa lagi.

Makanya jaga yang ada pasangan hidupnya, isteri harus waspada. Jangan sampai dia yang dominan dalam nikah, dia yang atur suami, dia yang komando suami. Ulang berulang ini harus dikatakan sebab ini berbahaya, bisa ditinggalkan oleh Tuhan. Kalau mau supaya pulih kembali, kembali pada angka 14, kembali pada angka Korban Kristus. Kalau tidak mau kembali, lanjutkan saja sikap itu, maka tidak akan ada komunikasi dengan Firman, akan Tuhan tutup. Apalagi bagi hamba Tuhan, akan Tuhan tutup Firman, tidak ada komunikasih dengan Firman, biarpun dia baca, tidak akan dia mengerti.

Lihat saja sekarang, banyak hal-hal yang mengejutkan yang terjadi dalam gereja Tuhan hari-hari terakhir ini. Banyak yang sudah menyimpang. Kenapa? Sebab ilham sudah diganti dengan ilmiah. Kalau ilham diganti dengan ilmiah, maka akan sesat terus.

Kita harus kembali pada angka 14, angka Paskah, kalau mau kembali berkomunikasi dengan Tuhan.
Keluaran 12:4-6
12:4 Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk mengambil seekor anak domba, maka ia bersama-sama dengan tetangganya yang terdekat ke rumahnya haruslah mengambil seekor, menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang.
12:5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.
12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.

Dulu setiap keluarga seekor domba. Untuk kita sekarang, semua kita sebagai satu keluarga Allah maka satu ekor domba yang tidak bercacat cela ialah Yesus. Ketika angka 14 ini muncul, maka nikah Abraham dan Sarah bersama seluruh yang tinggal, ditandai dengan tanda darah. Jadi kalau mau kita kembali rujuk dengan Tuhan, harus menerima tanda darah. “Itu adalah perjanjian antara Aku dengan engkau” kata Tuhan kepada Abraham.

Jika kita menjadi anak Tuhan pilihan Tuhan, pasti Tuhan sisipkan dalam doaNya. Tetapi jika ditunjuk kesalahan dan malah membenci yang menunjuk maka Tuhan katakan “Aku tidak akan berdoa baginya!” karena dia adalah orang duniawi. Kita jaga, jangan sampai kita ditunjuk salah dan malah balik membenci yang menunjuk. Sebab kalau seperti itu berarti orang yang membenci itu adalah orang dunia dan dia tidak masuk dalam doa imamat Tuhan Yesus.
Yohanes 7:7
7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

Tidak masuk anggaran doa Tuhan Yesus kepada orang seperti ini.
Yohanes 17:9
17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu

Orang yang menerima Firman pengajaran, itu masuk dalam daftar doa Tuhan Yesus. Tetapi orang yang berniat membunuh karena ditunjuk kesalahannya, Tuhan tidak tergerak lagi mendoakan orang seperti itu.
Dikatakan Tuhan mengasihi orang dunia, makanya diberikan matahari bagi orang jahat maupun orang baik, tetapi tidak didoakan oleh Yesus kecuali milikNya.
Matius 5:45-48
5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?
5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Kenapa Tuhan merindukan tubuh itu disempurnakan? Karena kita harus sama seperti Bapa. Itu sebabnya Tuhan menyembuhkan seutuh tubuh, bukan hanya sunat, sebab Tuhan ingin kita sempurna, seperti Bapa di sorga sempurna.

Sekali lagi, jangan sampai kita jatuh pada anjing-anjing, kepada pekerja-pekerja jahat dan penyunat-penyunat palsu. Jangan kalian sembarang berkata “di situ juga Firman” coba kalau kalian diajar oleh teologia prestisinasi, apakah itu Firman? Itu bukan Firman! Kalian lihat dia angkat dari Alkitab padahal itu sudah imajinasinya sendiri, itu bukan Firman.

Kalau ada orang mengatakan “kalau kita tinggalkan Tuhan, Tuhan rugi” itu bukan Firman! Tetapi kalau kita tinggalkan Tuhan kita yang rugi, itu yang Firman! Ini yang membuat saya pusing 7 keliling, diberitahu malah melawan. Berarti orang itu ada arah membunuh Firman! Saya tidak mau menjadi pelayan Tuhan tetapi akhirnya justru membunuh wibawa Firman.

Tuhan Memberkati.
GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477

Tidak ada komentar:

Posting Komentar