20200126

Kebaktian Umum, Minggu 26 Januari 2020 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Wahyu 10:1-5
10:1 Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.
10:2 Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,
10:3 dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.
10:4 Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: "Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!"
10:5 Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,

Pembukaan rahasia Firman ini ditutup dengan perkataan waktu tidak akan ditunda-tunda lagi. Jadi dengan adanya pelayanan Firman di dalam gereja Tuhan mengingatkan bahwa kita ada pada waktu-waktu yang terakhir dan tidak ada penundaan lagi. Jika gereja Tuhan dilayani oleh pembukaan rahasia Firman yang dalam yaitu rahasia nikah dan rahasia ibadah, berarti komunitas anak Tuhan itu diberikan peluang atau kesempatan untuk mempersiapkan diri karena sudah mau masuk pada penyelesaian akhir pekerjaan. Itulah yang kita alami hari-hari terakhir. Semoga bapak, ibu dan saudara sekalian memahami bahwa kita ada pada saat-saat yang terakhir.

Perjanjian Baru dibuka dengan nama Yesus dan dikunci dengan nama Yesus.
Matius 1:1
1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

Wahyu 22:20
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Inilah Mempelai Laki-laki Sorga yang mempunyai rancangan yang sangat indah yaitu rindu memiliki Mempelai WanitaNya. Sesuai dengan Kejadian 24:67, Ishak menjadi terhibur setelah Ribka ada di sampingnya.
Kejadian 24:67
24:67 Lalu Ishak membawa Ribka ke dalam kemah Sara, ibunya, dan mengambil dia menjadi isterinya. Ishak mencintainya dan demikian ia dihiburkan setelah ibunya meninggal.

Demikian juga Yesus menjadi girang setelah Mempelai WanitaNya ada di sampingNya.
Yesaya 62:5
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Efek dari pembukaan rahasia Firman itu tertampak dari situasi yang muncul dalam Wahyu pasal 10 ini. Namun jangan lupa, terbukanya rahasia Firman itu karena ada 2 yang pegang peran. Yang pertama adalah Yohanes (hamba Tuhan).
Wahyu 5:3-4
5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.
5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Inilah yang berperan pertama. Setelah diperlihatkan sebuah kitab yang kecil dan termetarai, maka pada ayat 1 dan 2 disebutkan bagian dalam. Yang bagian dalam inilah rahasia nikah. Kalau kita bertamu di rumah seseorang, anda bebas ke serambi depan, ke toilet, ke dapur, tetapi ada kamar spesial yang tidak bebas kita masuki yaitu kamar yang ada tempat tidur suami isteri. Itulah yang disebutkan oleh Tuhan bagian dalam. Ini yang ditangisi oleh Yohanes, ingin mengetahui rahasia bagian dalam ini. Bagi kami hamba Tuhan, sudah harus fokus soal ini, untuk menghentar gereja Tuhan supaya fokus kepada kitab Wahyu. Bagaimana sebenarnya tujuan Tuhan terhadap perjalanan gereja Tuhan sejak dia diselamatkan oleh Tuhan lewat pelayanan Yesus di Golgota.

Di sini Yohanes diperlihatkan seperti ibaratnya anak kecil diperlihatkan “ini makanan enak”. Anak itu ingin makan tetapi papa dan mamanya tidak sembarang memberi. Begitu anak itu menangis, maka hatinya papanya luruh dan dia berikan. Olehnya peran kami hamba Tuhan di sini sangat-sangat berarti demi terbukanya rahasia Firman. Bukan karena rasul Yohanes ini kaya, pendidikan tinggi, status sosial tinggi sehingga rahasia Firman dibuka, tidak! Tetapi pembukaan rahasia Firman ini hanya diberikan oleh Tuhan kalau hati Tuhan luruh sebab melihat hati hamba Tuhan hancur berdoa kepada Tuhan. Ibadah yang benar itu adalah hati yang hancur,
Mazmur 51:19
51:19 Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

itu disebutkan dalam kitab nabi Yesaya dan dalam kitab Mazmur. Seperti itulah seharusnya kami hamba Tuhan.
Yesaya 57:15
57:15 Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: "Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.

Rasul Paulus juga bersaksi ketika dia menghimpun tua-tua yang ada di Efesus “dengan derai air mata aku menceritakan kepada kamu, tidak ada yang kusembunyikan”.
Kisah Para Rasul 20:19
20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.

Hamba Tuhan yang mencintai umat Tuhan, kena pencobaan dari orang Yahudi yang mau membunuhnya. Itu juga pengalaman hamba-hamba Tuhan utamanya akhir zaman ini. Jika dia dipercaya pembukaan rahasia Firman, dia tidak luput dari pencobaan ini. Siapa yang menghibur hamba Tuhan? Itulah umat yang dilayani oleh rasul Paulus.
1 Tesalonika 2:19-20
2:19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?
2:20 Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.

Kisah Para Rasul 20:20,31
20:20 Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;
20:31 Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.

Menasihati itu ada hubungannya dengan membawa kepada kesempurnaan.
Kolose 1:27-28
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Kisah Para Rasul 20:32
20:32 Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.

Rasul Yohanes menyadari pembukaan rahasia Firman itu bukan hanya untuk kepentingannya, tetapi betapa pentingnya untuk disampaikan kepada umat Tuhan. Saat itu pikirannya belum sampai ke situ, padahal Tuhan sudah melangkah jauh. Tujuannya memang dibukakan rahasia Firman tetapi Tuhan menanti air mata hamba Tuhan. Hamba Tuhan seperti Yohanes ini Tuhan tidak tanggung-tanggung membukakan rahasia Firman. Dan itu saya teladani, saya belajar tentang itu karena saya yakin itulah kunci untuk kita  mendapatkan pembukaan rahasia Firman. Menangis hati hancur berarti remuk karena pekerjaan Firman dan tidak diragukan tahbisannya maka kemudian jawabannya ayat 5 sampai ayat 7. Derai air mata itu dihapus oleh Tuhan.
Wahyu 5:5-7
5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."
5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.
5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Ketika Yohanes selesai dihapus air matanya, ditampilkan singa sebagai tanda kemenangan. Kemudian tiba-tiba muncul seekor Anak Domba. Yohanes lihat seekor Anak Domba, adakah engkau seperti itu. Hamba Tuhan lihat seekor Anak Domba, apakah engkau sudah belajar kepada Anak Domba itu. Kita lihat dulu sifat domba. Domba di sini adalah Yesus.
1.      Domba adalah binatang halal
Artinya binatang yang layak dipersembahkan kepada Tuhan. Yesus Anak Domba adalah sosok yang layak dipersembahkan kepada Tuhan.
Yohanes 1:29
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yohanes, apakah engkau adalah sosok yang layak dipersembahkan kepada Tuhan. Kalau kami hamba Tuhan tidak rela mempersembahkan tubuh, jiwa dan roh kami dan tidak merasa terbeban terhadap sidang jemaat lalu berlagak sebagai hamba Tuhan, itu tidak layak bagi Tuhan! Dan dia tidak akan dipercayakan rahasia Firman. Saya takut jangan sampai saya tidak disebutkan oleh Tuhan sebagai hamba yang halal, karena tidak merasa terbeban demi keselamatan umat Tuhan apalagi demi kesempurnaan gereja Tuhan. Kalau seperti itu berarti bukan binatang yang halal. Mungkin disebut merpati, tetapi merpati tolol.

2.      Domba adalah binatang untuk korban sembelihan atau korban bakaran
Berarti tidak ada yang untuk kepentingan dirinya sendiri. Benar-benar untuk kepentingan siapa yang dia layani.

Tanpa sadar saya menangis kemarin waktu mendengar satu cerita yang seharusnya tidak harus seperti itu. Ada di satu tempat waktu ibadah, kemudian seorang bapak tertinggal Alkitabnya di tempat ibadah itu, sementara dia tinggal 7 Km dari tempat ibadah itu. Dia katakan kepada anaknya “saya mau ambil Alkitabku ketinggalan di sana” anaknya berkata “nanti saya pinjam motor seorang hamba Tuhan”. Dia pergi tetapi hamba Tuhan itu sama sekali tidak kasih motornya. Akhirnya papanya itu pergi berjalan kaki malam-malam mengambil Alkitabnya berarti pulang pergi 14 Km. Waktu mendengar itu saya menangis, kenapa karakter pendeta seperti itu! Padahal untuk menolong jemaat! Bagaimana mau dikatakan korban sembelihan kalau seperti ini.

Saya sedih, saya tidak malu di muka anak muda itu saya menangis. Tetapi saya salut, orang tua itu begitu setia, walaupun diperlakukan seperti itu dia tetap setia. Seandainya kena kepada saudara bagaimana reaksi saudara. Ini sangat memalukan, pendeta itu tidak menjadi korban bakaran. Boleh saya ngomong tetapi di mana kuasa wibawanya, di mana kelak nanti muaranya! Jika saudara melihat saya tidak seperti korban sembelihan, tidak seperti korban bakaran, saudara rugi dan saya membuat saudara rugi!

3.      Domba itu berkuku genap dan memamah biak
Ini persis seperti papan jenang yang memiliki 2 alas perak di mana dia harus berdiri. Tidak mudah dia tenggelam ditarik oleh bumi sebab sepatunya dua talenta perak. Dia berdiri di atas korban Kristus dengan pemahaman double. 2 papan kalau sudah dikaitkan tidak akan mudah terperosok dalam pasir, apalagi kalau sudah dikaitkan 48 papan. Yang sama ukurannya 46 papan, yang 2 di sudut ukurannya beda hanya setengah hasta. Itu menjadi penutup sudut karena di dalam ruangan maha suci ada peti perjanjian dan tutup pendamaian. Artinya agar jangan iblis dapat mengintip nikah saudara maka harus ditutup.

Bukan cuma saat dia mendengar Firman, belajar Firman, saat dalam ibadah, tetapi ketika dia di jalan, di dapur, di kantor, di pekerjaan, pikiran nalurinya selalu mengingat Firman. Mengapa dia harus selalu ingat akan Firman? Itulah yang disebut memamah biak, maksudnya supaya tidak ada kesempatan iblis serobot sebab hubungannya dengan Tuhan begitu akurat.

Mungkin karena saya hamba Tuhan, maka walaupun saya ada di mana, pikiran saya selalu menerawang akan Firman. Ada saat-saatnya saya lepaskan apa yang saya kerjakan dan saya mencatat lagi sebab ada yang diingatkan oleh Tuhan. Demikian juga umat Tuhan kalau saudara adalah binatang halal, selalu renungkanlah Firman. Kita tidak bawa-bawa lagi buku renungkan, tetapi ingat apa Firman yang kita dengar. Kalau seperti itu maka peluang bagi iblis saudara tutup. Itu namanya memamah biak. Jadi kehidupan yang memamah biak itu tidak memberikan kesempatan kepada iblis.
Efesus 4:27
4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Jadi kita tutup dengan pikiran Firman, apa yang saya renungkan ini pas dengan Firman atau tidak.

4.      Binatang ini tidak pernah membela diri tetapi sebaliknya selalu menusuk dirinya sendiri= salahkan diri.
Kalau kambing tanduknya spesial untuk berkelahi. Tetapi kalau domba itu tanduknya menusuk kepalanya sendiri. Sayapun masih selalu belajar soal ini, bukan membenarkan diri atau membela diri tetapi selalu menyalahkan dirinya sendiri. Yesus tidak salah tetapi disalah-salahkan.
Mikha 6:3
6:3 "Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!

Sampai Tuhan mengoreksi diriNya sendiri, padahal tidak ada salah. Orang yang punya hati nurani yang sehat, ketika mendengar bahasa ini hatinya akan pecah. Tidak Tuhan, Engkau tidak salah, kami yang salah.

5.      Domba ini adalah binatang yang dengar-dengaran alias taat
Ini mewakili karakter domba yang diproyeksikan dalam karakter rasul Yohanes.
Yesaya 53:7
53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Ini panutan yang sangat-sangat sempurna. Yesus diceritakan di sini. Dia bagaikan Anak Domba dan Dia juga bagaikan induk domba yang keluh. Alias Dia pasrah dan menyerah pada kehendak Bapa di Sorga.
Yohanes 5:19
5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Yohanes lihat Anak Domba, air matamu sudah dihapus. Sekalipun sudah dihapus, belajar lagi tentang Anak Domba. Dari hal ini akan tampil 5 hal yang sebenarnya kita tidak punya namun akhirnya menjadi milik kita. Itu kalau sudah ada pembukaan rahasia Firman.

6.      Domba ini bersandar penuh kepada gembalanya
Yesuspun bersandar kepada Bapa di sorga, apa yang Dia lihat dan Dia dengar dari Bapa itu yang Dia lakukan. Dari sifat domba itu muncul suatu sifat yang sangat luar biasa. Sebenarnya ini bukan bagiannya tetapi dia mendapatkan bagian yang luar biasa

7.      Jika domba digiring untuk merumput di padang, ketika mendengar auman anjing hutan atau serigala, mereka sangat cepat bergabung. Jadi sifat domba ini menghadapi musuh mereka langsung bersatu. Jika menghadapi tantangan dan cobaan jangan bersatu-satu tetapi kita harus bersama maka kita menang. Harus ada roh persekutuan. Ini kekuatan dari pada domba ketika melihat musuh yang mengancam yang bisa memangsa dirinya. Ini juga yang kita butuhkan hari-hari terakhir ini supaya ada persekutuan. Janganlah kita menyendiri. Kuat bagaimanapun kalau kita menyendiri maka kita mudah dimangsa oleh binatang buas. Dan banyak masalah yang tidak bisa kita selesaikan kalau tidak bersama.

8.      Jika domba digunting bulunya dia senang sekali
Jika bulunya tidak digunting maka itu memberatkan dirinya untuk bergerak. Kalau digunting dia akan merasa ringan dan tidak akan merasa dingin sebab akan tumbuh kembali. Berarti domba ini gemar memberi/ memberkati.

9.      Domba adalah binatang yang lemah lembut

Yang dilihat oleh Yohanes adalah domba yang telah disembelih. Berarti sudah mati kemudian bangkit.
Wahyu 1:17-18
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Dia sudah tersembelih (berarti mati) kemudian ada kuasa kebangkitan dan dalam Wahyu pasal 10 ada kemuliaan. Kemuliaan inilah yang Tuhan sediakan bagi kita gereja Tuhan. Ada 5 hal yang Tuhan siapkan bagi kita gereja Tuhan lewat pembukaan rahasia Firman. Seperti yang dimiliki oleh Yesus, demikian juga yang kita miliki.
Wahyu 10:1
10:1 Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.

1.      Pelayanan awan
Ada 10 pelayanan awan kepada gereja Tuhan yang hidup akhir zaman ini. Mulai dari pelayanan keselamatan sampai berakhir pelayanan Yesus datang pada kali kedua juga di awan-awan yang permai. Pelayanan awan ini juga menyangkut pelayanan online.
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Ini menunjukan hujan akhir, ini yang Tuhan suruh minta dan sekarang ini waktunya. Bukan hujan awal yang Tuhan suruh minta. Hujan awal itu saat menanam. Hujan akhir itu untuk mempercepat buah matang. Setelah bicara hujan, Tuhan bicara tentang awan yang membawa hujan deras, siapa dia?
Ayub 37:11
37:11 Awan pun dimuati-Nya dengan air, dan awan memencarkan kilat-Nya,
Awan ini diikuti dengan kilat. Kalau sampai saudara tidak memuja dan memuji serta mengagungkan ajaran Tuhan, kasihan saudara! Kita ini sudah dilayani oleh Tuhan dan orang luar mengakui. Terima kasih Tuhan kalau kehidupan yang hina ini bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Ayub 37:12
37:12 lalu kilat-Nya menyambar-nyambar ke seluruh penjuru menurut pimpinan-Nya untuk melakukan di permukaan bumi segala yang diperintahkan-Nya.

Awan itu adalah kami hamba Tuhan, kami melayani bukan mau kami sendiri tetapi menurut petunjuk dan bimbingan Tuhan sendiri. Dan itu akan mencapai tujuan, tidak akan gagal.
Ayub 37:13
37:13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya maupun untuk menyatakan kasih setia.

2.      Ada pelangi
Berarti dengan adanya pembukaan rahasia Firman menjadi saluran bagi kita untuk memperoleh dan menikmati janji-janji Tuhan.
II Korintus 7:1
7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Jadi arah perjalanan untuk mencapai kesempurnaan itu diberikan Tuhan peluang yang leluasa. Pembukaan rahasia Firman Allah bagaikan pintu yang dibuka luas oleh Tuhan untuk saudara mencapai janji-janji Tuhan. Makanya suasana dalam Wahyu pasal 5 berubah pada pasal 10 ketika Firman sudah dibukakan rahasianya. Tuhan berikan hak kepada saudara untuk menikmati janji Tuhan, manfaatkan! Jangan kita diam diri. Diberikan kunci untuk buka brankas kita cuma pegang-pegang kunci. Ada dollar dalam brankas tetapi tidak kita pakai. Janji Tuhan harus kita buka, ada roti, ikan goreng, ayam panggang di situ, tetapi tidak kita gunakan. Tolonglah mari kita rubah paradigma, rubah cara berpikir kita. Ingat ada janji Tuhan, janji kesempurnaan. Tetapi harganya harus kita bayar, harus mau disucikan dari pencemaran jasmani dan pencemaran rohani.

Pencemaran jasmani yang terlampau banyak dalam gereja Tuhan sekarang. Baik dalam cara menghimpun dana untuk pembangunan gereja Tuhan, malah memakai cara dunia. Jangan kita pinjam dunia dan dipakai dalam gereja. Seharusnya dunia kita terangi dengan Firman, tetapi sekarang malah dunia yang dipakai. Makanya saya ngotot, baik dalam pembangunan jasmani, saya tidak mau ada kredit dalam pembangunan rumah Tuhan secara fisik. Patokan saya, saya melihat yang rohani. Ketika Yesus naik ke Golgota, apakah  Yesus menebus kita dengan sistem kredit? Tidak! Kita dibeli tunai.
Saya lihat ada pelayan Tuhan begitu kredit di toko dia ambil paku, semen, besi di sana. Begitu tiba waktu jatuh tempo pembayaran dan uang belum terkumpul, akhirnya pendeta itu marah-marah pada jemaat “jemaat buka matamu! Lihat utang kita di toko!”. Itu tidak saya setujui sebagai hamba Tuhan, karena kita memiliki janji dari Tuhan. Bukan mengada-ada atau saya sombong, tetapi penerapan Firman Tuhan demikian.

Pencemaran rohani adalah pelajaran yang tidak sehat, pelajaran palsu dan pelajaran sesat. Termasuk adat istiadat, itu termasuk pencemaran rohani yang tanpa disadari.

Nilai pembukaan rahasia Firman Allah diberikan kepada kita danmembuka peluang kita menerima janji Tuhan. Manfaatkan janji Tuhan itu. Termasuk gangguan kesehatan tubuh kita, kita harus tekankan janjiMu Tuhan mana. Pasti Tuhan genapkan janjiNya. Tetapi jangan malah cari penyakit. Kalau tidak mau minum air putih itu berarti penyakit dicari sendiri. Kalau anda mengabaikan dirimu sendiri, kerja banting tulang tetapi kesehatanmu tidak engkau perhatikan, pulang berdoalah minta-minta ampun kepada Tuhan.

3.      Wajah berubah bagaikan matahari
Yesus wajahnya seperti matahari, gereja Tuhan juga nanti wajahnya seperti matahari. Kenapa disebut nanti? Sebab sekarang ini sedang diproses, sedang pulihkan. Pemulihan terjadi karena wajah Tuhan disinarkan kepada kita, maka wajah kitapun seperti matahari. Jadi pembukaan rahasia Firman Allah memberikan peluang yang luar biasa supaya kita tampil seperti Yesus, wajah Yesus bagaikan matahari maka kitapu memiliki wajah bagaikan matahari.
Mazmur 80:4,8,20
80:4 Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:8 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:20 Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Matius 13:43
13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Ini persis kalimat-kalimat terakhir kepada 7 jemaat di Asia Kecil. Dia bicara tentang cahaya matahari, bagaimana penampilan Mempelai Wanita dan Mempelai Laki-laki sudah setingkat. Lewat apa? Lewat pembukaan rahasia Firman Allah. Ada 2 yang pegang peran pembukaan rahasia Firman Allah yaitu hamba Tuhan dengan derai air mata dan Yesus Anak Domba Allah yang membuka meterai Allah. Kalau saya hamba Tuhan tidak seperti ini, mana ada Tuhan mempercayakan Firman kepadaku.

Ini ada ditemukan pada pembukaan rahasia Firman. Jadi saya tidak bisa menipu diriku karena kita semua dilayani oleh Tuhan dalam pembukaan rahasia Firman. Ada harapan untuk sama wajah kita seperti matahari. Tinggal terpergantung bapak, ibu, anak muda remaja menyikapi atau tidak.

4.      Kakinya seperti tiang api
Ini adalah wibawa Kristus Yesus untuk menghukum. Jadi pembukaan rahasia Firman Allah memberikan kita wibawa untuk menghukum dan menginjak-injak musuh. Apakah benar musuh menjadi alas kaki saudara.
Ibrani 10:13
10:13 dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya.

Apa gunanya punya kaki seperti itu lalu musuh mengatasi kita! Lewat pembukaan rahasia Firman Allah Tuhan memberikan kesempatan agar umat Tuhan mengalami suasana kemenangan, kemenangan dan kemenangan. Bukan cuma menang bahkan lebih dari pada pemenang.
Roma 8:37
8:37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Roma 8:37 (Terjemahan Lama)
8:37 Tetapi di dalam segala perkara itu kita sangat menang oleh sebab Dia yang mengasihi kita.

5.      Tangan kananNya memegang kitab kecil yang diangkat ke atas
Tangan menunjukan pelayanan kita. Ada 2 sisi yang harus kita lihat.
1)      Kitab yang terbuka itu diangkat ke atas, berarti kalau ada orang yang ada di sekitar situ, arah pandangannya ke atas. Ini maksud tujuan pembukaan rahasia Firman yaitu supaya anda memandang perkara-perkara di atas. Itu sudah diarahkan lewat pembukaan rahasia Firman. Suatu hal yang tidak bijaksana kalau pandangan kita masih dominan ke bawah. Bagiamana kalau Mempelai Laki-laki sorga sudah tiba dan dijumpai mata kita selalu tertuju ke bawah.

2)      Mengingatkan kepada kita yang ada di angkasa itu apa? Ada roh demon-demon, roh setan-setan. Ketika Daniel berpuasa 3 minggu, minggu pertama kena pada penyaliban Yesus, minggu kedua kena pada kebangkitan Yesus, minggu ketiga kena pada penampakan Yesus kepada Tomas. Dari hari pertama dia berpuasa Tuhan sudah kirim jawaban, tetapi raja persia menahannya. Makanya Tuhan turun untuk berperang melawan yang menahan itu.

Sekarang ada pembukaan rahasia Firman, arahkan pandangan ke atas. Jangan lengah, ada musuh yang menghadang kita. Iblis menghimpun kekuatan karena dia tahu saatnya akan berakhir, jangan kita lengah dan ditipu. Jika iblis berupaya dengan segala macam caranya, ingat, waktu sudah mau berakhir.
Efesus 2:2
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Lihat tangan Tuhan. Jika saudara angkat tanganmu 1 jam atau 2 jam, penat atau tidak? Jangan buat tangan Tuhan penat menungguku dan menunggumu! Tadi kita baca dalam kitab nabi Mikah, Tuhan penat.
Mikha 6:3
6:3 "Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!

Dosamu yang membuat Yesus penat. Itu sebabnya ketika duduk di tepi sumur, dikatakan Yesus penat, Dia lelah. Jangan kita perlakukan Yesus seperti itu.
Yohanes 4:6
4:6 Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas.

Yohanes 4:6 (Terjemahan Lama)
4:6 Maka di situlah perigi Yakub. Maka Yesus, sebab penat berjalan, segeralah duduk di sisi perigi itu, yaitu kira-kira pukul dua belas tengah hari.

Ini yang dikatakan oleh Tuhan”kamu tidak membawakan padaku tebu wangi, tetapi kamu memenatkan diriKu dengan dosamu!”. Yesus tolong, jangan sampai saya membuat Tuhan penat.

6.      Suaranya seperti singa yang mengaum
Amos 3:8
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"

Berarti gereja Tuhan juga bisa mengaum. Tetapi bagaimana bisa mengaum kalau dia sendiri tidak ada roh takut akan Tuhan.

Pembukaan rahasia Firman ini untuk menghadapi trio iblis. Trio iblis ini yang menghalangi perjalananmu dan perjalananku. Iblis otaknya dan kaki tangannya adalah antikrist dan nabi palsu. Isi suara singa yang mengaum ini adalah suara kemenangan menghadapi trio iblis.
Filipi 2:10-11
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Yang ada di langit itu iblis, yang ada di bumi itu nabi palsu, yang ada di bawah bumi itu antikristus. Yang dipakai oleh iblis adalah kehidupan yang tidak mau mengaku bahwa Kristus adalah Tuhan. Orang-orang seperti inilah yang begitu gamblang dan leluasa mau menghadang dan mau mengganggu perjalanan kita gereja Tuhan. Semuanya ditaklukan oleh wibawa Firman yang dibukakan. Itu tujuan tertinggi. Bukan hanya sekedar kita menikmati janji-janji, bukan sekedar memiliki wajah matahari, punya kaki seperti api, punya suara yang menggelegar, tetapi ujung-ujungnya kita mengalahkan trio iblis.

Orang naik ke gunung Allah, seperti Yohanes disuruh naik ke sorga, ternyata ada karena menghadapi tipuan.
Mazmur 24:3-4
24:3 "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"
24:4 "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

Makanya tangan itu memegang kitab yang terbuka karena bersih tangannya. Saya diajar supaya tanganku harus bersih karena ada hubungannya dengan pelayanan Firman. Tetapi nabi-nabi palsu yang suka menipu, ibadah tipuan. Ibadah tipuan diperagakan dalam Wahyu 13, di mana ada kematian dan kebangkitan palsu. Ini sangat berbahaya akhir zaman.
Wahyu 13:13-15
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Ini yang disuruh disembah. Kalau gereja Tuhan tanpa pembukaan rahasia Firman Allah bisa saja orang berpikir dia alami kematian dan kebangkitan, padahal semuanya palsu. Bagaimana kita bisa tahu itu palsu dan tidak palsu kalau tidak diberikan penjelasan yang matang lewat pembukaan rahasia Firman Allah. Sulit melihat mana kematian yang benar dan mana kematian yang palsu. Bagaimana mau mendapatkan kebangkitan yang asli kalau kematiannya palsu.

Makanya mulai kami hamba Tuhan harus ada beban di hati ini dan menangis bagaimana supaya kami menjadi berkat bagi orang lain, bukan hanya menjadi berkat bagi diri sendiri. Umat Tuhan harus memandang ke atas.
Kolose 3:1-4
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Yang ditangisi oleh Yohanes adalah rahasia yang dalam, itulah rahasia nikah. Ke mana nikahmu engkau bawa. Suami ke mana nikahmu engkau bawa. Isteri ke mana nikahmu engkau bawa. Suami isteri ke mana buah nikah kita arahkan, itu pergumulan berat. Jangan saudara diam, merataplah sekarang ini, menangislah sekarang. Jangan menangis tetapi sudah telat. Kalau saudara menangis sekarang maka Tuhan akan tunjukan jalan, ini solusinya, ini jalan keluar.

Tidak habis-habisnya air mataku gugur bukan untuk kepentingan diri, tetapi demi kepentingan keluargaku dan umat Tuhan semua supaya kita berhasil masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus.

Tuhan Memberkati.
GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar