20200123

Kebaktian Ucapan Syukur, Kamis 23 Januari 2020 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Banyak pandangan orang Kristen yang keliru yang tanpa kita sadar itu mengundang bencana bagi diri kita sendiri.

Amos 8:11-12,14
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.
8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi."

Kelaparan rohani dan kehausan rohani yang berakhir jatuh pada pelukan iblis. Apa yang dikatakan oleh Firman pasti digenapkan. Tentu Tuhan tidak bertindak gegabah. Ada masalah yang menimbulkan hati Tuhan tidak mampu lagi melihat ulah dari orang percaya. Mengapa? Selagi masih ada Firman, selagi masih ada roti, selagi masih ada Roh Kudus, umat mengentengkan dan meremehkan. Dan itu terjadi bertahun-tahun, bukan cuma berpuluh tahun tetapi ratusan tahun bahkan sudah ribuan tahun. Ada tindakan kita orang Kristen yang tidak terpuji di hadapan Tuhan. Itu ada pada ayat yang kelima.
Amos 8:5
8:5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,

Di sini masalahnya. Sadar atau tidak, kehidupan seperti ini akan diterjang oleh Tuhan.
Obaja 1:15
1:15 Sebab telah dekat hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri.

Yesaya 66:4
66:4 demikianlah Aku lebih menyukai memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang dan mendatangkan kepada mereka apa yang ditakutkan mereka; oleh karena apabila Aku memanggil, tidak ada yang menjawab, apabila Aku berbicara, mereka tidak mendengarkan, tetapi mereka melakukan yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak Kukehendaki.
Mengapa? Sebab mereka mengatakan “bilakah hari sabat berlalu”. Seakan-akan masih ada tanda rohani, masih menghargai hari ketujuh. Sabat itu adalah perhentian, itu ada hubungannya dengan Roh Kudus.

Mereka mengecilkan efa. Efa ada hubunganya dengan ukuran roti manna.
Keluaran 16:32-36
16:32 Musa berkata: "Beginilah perintah TUHAN: Ambillah segomer penuh untuk disimpan turun-temurun, supaya keturunan mereka melihat roti yang Kuberi kamu makan di padang gurun, ketika Aku membawa kamu keluar dari tanah Mesir."
16:33 Sebab itu Musa berkata kepada Harun: "Ambillah sebuah buli-buli, taruhlah manna di dalamnya segomer penuh, dan tempatkanlah itu di hadapan TUHAN untuk disimpan turun-temurun."
16:34 Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah buli-buli itu ditempatkan Harun di hadapan tabut hukum Allah untuk disimpan.
16:35 Orang Israel makan manna empat puluh tahun lamanya, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang; mereka makan manna sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan.
16:36 Adapun segomer ialah sepersepuluh efa.

Berarti Efa ini bicara pemberitaan Firman dan itu yang dikecilkan. Sadar atau tidak sadar dalam gereja mengecilkan pemberitaan Firman, tetapi bicara duit bisa lembur. Sadar tidak sadar orang seperti itu mengundang bencana bagi dirinya. Ini jangan terjadi bagi keluarga Gahauna Tamaripi. Ini bagian dari peringatan Tuhan. Karena apa Tuhan harus bertindak seperti ini? Sebab selama ini manusia merasa bukan Firman yang memberi kepuasan tetapi dunia. Padahal penilaian sorga, Firman yang memberikan kepuasa, bukan dunia.

Sorga mau memberikan Firman dan Rohnya kepada kita untuk membenahi kita yang sudah amburadul ini supaya ada di sorga. Lewat penampilan Firman dalam ibadah itulah yang memberikan kita sukacita dan kepuasan. Dibuktikan dalam Amos 8:11-14 tadi, ternyata manusia baru sadar bahwa Firman yang memberi kepuasan. Baru mereka mencari tetapi sudah terlambat. Sebab selagi ada Firman dan Roh Kudus mereka malah mengabaikan serta sibuk dengan kesibukan dunianya. Dia pikir itu memuaskan padahal sifatnya fana dan berakhir kebinasaan. Apalagi ketika pemberitaan Firman agak panjang dia anggap itu lama. Mungkin sekarang belum dia alami, tetapi satu waktu Tuhan akan menyetel hatinya menjadi lapar.
Mazmur 105:25
105:25 diubah-Nya hati mereka untuk membenci umat-Nya, untuk memperdayakan hamba-hamba-Nya.

Bayangkan sampai persoalan orang yang membenci itu bisa Tuhan rubah supaya membenci umatNya. Tuhan berkuasa menyetel hati manusia, yang seringkali manusia malah arogant di hadapan Tuhan. Kalau sekarang merasa tidak butuh Firman, satu saat akan Tuhan stel sehingga dia lapar akan Firman tetapi tidak dapat lagi. Makanya selagi kita masih mendapatkan kesempatan mendengarkan Firman ayo kita manfaatkan. Bagi orang yang merasa tidak butuh Firman, dia rasa tidak apa-apa, padahal itu bencana baginya.
Kita lihat apa yang akan terjadi? Kehidupannya diputar oleh Tuhan, pikirannya diputar oleh Tuhan, hatinya diputar oleh Tuhan hanya untuk satu hal yaitu mau cari Firman tetapi sudah telat. Akhirnya apa yang Tuhan katakan.
Amos 8:11
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

Tuhan stel hatinya menjadi lapar bukan supaya mendapatkan Firman tetapi supaya dia sadar bahwa dia salah selama ini merasa tidak butuh Firman. Sekarang baru dia tahu rasa!

Amos 8:12
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

Akhirnya di mengembara dari laut ke laut, bukan dari laut ke darat atau dari lembah ke gunung. Laut bukan tempat yang tenang, laut itu bergelora, mana ada laut yang tenang. Akhirnya Tuhan memaksa dia. Demikian Tuhan memperlakukan mereka karena selama ini tidak menghiraukan Tuhan. Persoalan laut itu bukan hanya hurifiah.
Yesaya 57:20-21
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
57:21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Laut itu menggambarkan manusia fasik yang bagaikan lumpur dan kotoran. Berarti kehidupan itu tenggelam dalam sifat fasik, hanya seharga sampah dan kotoran. Kehidupan yang merendahkan Firman Tuhan saat Firman disampaikan, dia hanya seharga sampah dan kotoran! Jangan ada di sini yang coba-coba merendahkan Firman Tuhan. Sampah dan kotoran tidak ada di sorga. Ini yang membuat saya sebagai hamba Tuhan yang baru 46 tahun menjadi gembala, menjadi takut. Saya lihat bencana tanpa disadari diundang oleh orang Kristen karena tidak memperhatikan pemberitaan Firman. Tuhan tidak pernah berfirman lalu tidak Dia genapkan.
Roma 9:28
9:28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Mazmur 89:35
89:35 Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku tidak akan Kuubah.

Dengan segera berarti akan meluncur dengan kekuatan penuh. Sore ini Tuhan berikan solusi. Siapa tahu ada yang sudah menuju ke sana, dia bisa menghindar. Sebab Amsal mengatakan orang bijak jika melihat bencana dia menghindar, tetapi orang yang bodoh berjalan terus dan dia kena.

Dikatakan mengembara dari laut ke laut, laut itu gambaran kehidupan fasik. Laut itu menghadirkan sampah dan lumpur. Jadi kehidupan yang tidak menghargai Firman hari-hari terakhir ini, dia seharga sampah dan kotoran di hadapan Tuhan. 10 gadis yang membawa pelita itu terbagi 2, ada yang bodoh ada yang bijak. Kemudian dalam Matius pasal 25 itu terbagi dua juga ada yang seperti domba, ada yang seperti kambing. Kalau domba, walaupun hujan dia tidak akan menjerit-jerit. Kalau kambing, ketika hujan dia akan mengembik-ngembik. Mengapa? Sebab hidungnya ke atas jadi bisa masuk air hujan. Kehidupan Kristen yang dikategorikan domba, dia suka air Firman pengajaran yang bagaikan hujan yang turun. Tetapi kalau dia dikategorikan kambing dia tidak akan suka. Jangan kita katakan ini Firman pendeta Bernard Legontu, tidak! Ini Firman Tuhan. Kita tidak sadar bahwa kita berjalan sedang berhadapan dengan bencana.

Kemudian dikatakan dia beredar dari utara ke timur. Berarti orang ini tahu apa yang ada di utara.
Keluaran 40:22
40:22 Ditaruhnyalah meja di dalam Kemah Pertemuan pada sisi Kemah Suci sebelah utara, di depan tabir itu.

Di utara ada meja roti. Di atas meja ada 12 ketul roti. 1 roti dibuat dari 2 gomer tepung yang terbaik. Ini akan dikonsumsi oleh pelayan-pelayan Tuhan atau yang disebut imam-imam. Kita sudah diangkat oleh Tuhan lewat kematian dan kebangkitanNya menjadi imam-imam dan raja-raja.
Wahyu 5:10
5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Roti di atas meja roti sajian ini bukan roti biasa. Roti itu dibuat dari 2/10 efa dan dikonsumsi oleh imam-imam. Tiap sabat diganti, yang lama dimakan dan yang baru bertengger di meja. Daud karena dikejar oleh bapak mertuanya, Daud lari dan pergi ke Nob. Di sana dia minta roti dan roti yang diberikan oleh Ahimelekh adalah roti dari atas meja ini dan ditambah dengan pedang Goliat. Roti ini gambaran Firman, ketika mereka menuju ke utara namun roti sudah kosong. Akhirnya mereka pergi ke timur.

Mereka ke utara tetapi sudah kosong meja. Mau tidak mau mereka dituntut oleh kelaparan mau menikmati roti itu tetapi sudah kosong. Padahal roti itu bernubuat luar biasa. Satu roti dibuat dari dua gomer. Jadi dua menjadi satu, itu bahasa mempelai. Artinya Firman yang kita harus dengar adalah Firman yang membawa kita dua tetapi menjadi satu, menjadi Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, itu Firman yang kita butuh sekarang. Ke sana tujuan Firman yang kita dengar. Sebab kita ini adalah gereja yang bertunangan dengan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Dengar dengan telinga rohani, ini untuk menolong saudara! Saya mau katakan jangan sindir ini, nanti saudara terima akibatnya! Ini masalah dalam gereja yang tidak disadari, padahal itu mengundang bencana bagi dirinya.

Yesaya 7:23
7:23 Pada hari itu setiap tempat, di mana biasanya tumbuh seribu pohon anggur dan yang berharga seribu syikal perak, akan menjadi tempat puteri malu dan rumput.

Tuhan merancang kebahagian kita, tetapi kita tidak menyadari rancangan Tuhan. Sehingga kita merancang jalan kita sendiri, akhirnya ditolak oleh Tuhan.
Yeremia 6:19
6:19 Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku.

Di depan ini ada bencana jasmani dan ada bencana rohani. Bencana rohani itulah yang paling berat. Minta maaf kalau saya menyerukan ini, bukan karena hati tidak senang tetapi maksudnya supaya kita tertolong.

Di atas meja itu ada dua tumpukan tetapi berada dalam satu meja. Jadi di atas meja roti sajian itu ada dua menjadi satu. Yang dua tumpukan dalam 1 meja, itu menggambarkan nikah jasmani kita. Roti itu satu ketul tetapi dibuat dari 2 gomer tepung yang terbaik, itu menggambarkan nikah rohani. Kita sedang menuju pada nikah yang rohani dengan Yesus. Yang akan disingkirkan oleh Yesus saat antikristus menguasai dunia hanyalah Mempelai WanitaNya yang disingkirkan oleh Tuhan.
Mazmur 91:14
91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Jangan main-main soal ibadah. Ibadah bukan sebatas upacara. Dalam ibadah ada rahasia nikah.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Itulah rahasia nikah Kristus. Itu rahasia yang paling besar dalam Alkitab.
I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
Dari utara, mereka pergi ke timur. Jadi tadinya dia sudah ada di ruangan suci (ada dalam penggembalaan) kemudian dia pergi ke timur. Timur itu adalah daerah halaman, dalam halaman itu tidak diukur. Berarti dia benturan dengan recnana Allah. Rencana Allah mau membawa manusia dari timur menuju barat. Tuhan mengurus keselamatan kita mulai dari timur sampai ke barat (ruangan maha suci). Tetapi sekarang ini banyak orang Kristen berbalik arah. Kenapa? Sebab waktu Tuhan mendorong dia dari timur sampai ke barat, dia tidak mau. Akhirnya dia baru mau mencari tetapi sudah tidak dapat.

Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, yang penting serahkan dulu hatimu kepada Tuhan. Bagaimana kita mau menerima mujizat Tuhan kalau hati kita tidak kita berikan kepada Tuhan.
Amsal 23:26
23:26 Hai anakku, berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku.

Bagaimana mau menuntut mujizat kalau hatiku adalah rajaku. Bukan Firman yang ada dalam hati tetapi malah berhala dalam hati yang dijunjung.
Yehezkiel 14:1-4
14:1 Sesudah itu datanglah kepadaku beberapa orang dari tua-tua Israel dan duduk di hadapanku.
14:2 Maka datanglah firman TUHAN kepadaku:
14:3 "Hai anak manusia, orang-orang ini menjunjung berhala-berhala mereka dalam hatinya dan menempatkan di hadapan mereka batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan. Apakah Aku mau mereka meminta petunjuk dari pada-Ku?
14:4 Oleh sebab itu berbicaralah kepada mereka dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Setiap orang dari kaum Israel yang menjunjung berhala-berhalanya dalam hatinya dan menempatkan di hadapannya batu sandungan yang menjatuhkannya ke dalam kesalahan, lalu datang menemui nabi -- Aku, TUHAN sendiri akan menjawab dia oleh karena berhala-berhalanya yang banyak itu,

Padahal yang mesti kta junjung adalah Firman.
Filipi 2:16
2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Ketika lapar, mereka pergi ke utara kemudian ke timur. Timur dalam Tabernakel adalah daerah halaman. Itu tidak diukur oleh Tuhan, dibiarkan untuk diinjak-injak oleh antikristus. Inilah bencana yang mengerikan itu.
Wahyu 11:1-2
11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Kehidupan yang tidak masuk ukuran itulah Kristen halaman yang disebut psucikos. Ada 3 tingkat rohani kita:
Ø  Psucikos, itu kehidupan Kristen yang sampai pada percaya Yesus adalah Tuhan.
Ø  Sarcikos, itu kehidupan Kristen yang percaya Yesus dan lahir baru.
Ø  Pnomacikos, ini yang ditunggu oleh Tuhan, sempurna dalam pengiringan kepada Tuhan.

Kalau kembali ke timur berarti menghadang rencana Allah. Padahal rencana Tuhan mau membawa kita dari psucikos, sarcikos, sampai Pnomacikos itulah posisi dalam ruangan maha suci. Apa yang mereka hadang? Berita yang suci dan tidak terbinasakan. Mengapa? Sebab mereka salah dari awal, tidak menghargai Firman.
Markus 16:8
16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.

Kalau belajar dalam Keluaran pasal 25 sampai 40, sebelah timur itu halaman, barat itu di ruangan suci. Itu juga ada dalam surat ibrani pasal 8,9 dan 10. Kemudian ada juga dalam kitab Wahyu. Mestinya dari timur ke barat, tetapi dia dari utara ke timur, berarti dia tabrak rencana Allah. Seharusnya dia ke barat, menuju ruangan maha suci, menjadi kehidupan Kristen yang masuk Yerusalem Baru. Yerusalem bentuknya kubus, panjang, lebar dan tingginya sama, itu yang dinubuatkan dalam ruangan maha suci yang juga panjang, lebar dan tingginya sama. Tetapi dia lawan sebab ketika ada Firman dia entengkan, diringankan, dia tabrak. Akhirnya nasibnya diinjak oleh penguasa antikristus selama 3,5 tahun. Baru dia menyadari ternyata dia sudah keliru. Menyesal kemudian tidak ada gunanya, lebih baik menyesal sekarang. Jangan berkata “karena pedeta itu merek gerejanya ini, saya tidak mau dengar”. Eh tunggu dulu, jika tahbisannya benar hati-hati bersikap demikian!

Ini berawal dari Amos pasal 2. Amos ini adalah nabi dari suku Yehuda tetapi disuruh Tuhan memberitakan Firman di kerajaan Israel yang 10 suku. Namun di sana dia diusir, tidak disenangi. Kasihan ini hamba Tuhan memberitakan kebenaran tetapi diusir “hei kalau mau cari makan jangan disini, pergi ke Yehuda!”. Kenapa? Sebab saat itu orang Israel yang 10 suku itu secara ekonomi sudah nyaman, kaya, punya ini dan itu. Ketika nabi Amos datang, mereka menuduh nabi Amos cari makan pada mereka. Siapa yang mengusir? Pendeta yang namanya Amazia. Dia peralat raja Israel saat itu. Pengalaman hamba Tuhan yang diusir bisa saja terulang. Bisa saja saat sore hari ini saudara usir saya karena tidak membuka hati. Ini jangan sampai terjadi.

Ada nazir Tuhan, orang spesial yang mau hidup suci bersama Tuhan, memisahkan diri dari apa yang tidak baik, tetapi mereka paksa minum anggur. Jadi mereka tidak suka apa itu kesucian.
Amos 2:12
2:12 "Tetapi kamu memberi orang nazir minum anggur dan memerintahkan kepada para nabi: Jangan kamu bernubuat!

Misalnya ada si A yang mau menguduskan diri bagi Tuhan, mau melayani sepenuhnya, tetapi mereka tidak senang. Jadi yang mereka tidak suka adalah perkara kudus atau suci. Akhirnya Tuhan satu saat menggoda mereka, tanah mereka goyang seperti gerobak yang berjalan membawa berkas-berkas gandum yang limpah. Artinya Tuhan bawa memori mereka bahwa pernah ada lembu-lembu Tuhan yaitu hamba-hamba Tuhan membawa Firman tetapi mereka tolak. Sekarang Tuhan goda mereka kembali, tetapi mereka tidak dapat lagi.
Amos 2:13
2:13 Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.

Sampai ayat 16 ada 6 masalah yang mereka halami.
Amos 2:16
2:16 Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu," demikianlah firman TUHAN.

Ini akibat tidak menghargai Firman. Yang menguduskan kita adalah Firman. Firman itulah kebenaran, ini yang mereka tidak suka.
Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Jika seseorang tidak menghargai penampilan Firman yang menguduskan maka kelak akan dipermalukan Tuhan.

Amos 2:14-16
2:14 1Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, 2orang kuat tidak dapat menggunakan kekuatannya, dan 3pahlawan tidak dapat melarikan diri.
2:15 4Pemegang panah tidak dapat bertahan, 5orang yang cepat kaki tidak akan terluput dan penunggang kuda tidak dapat meluputkan diri.
2:16 Juga orang yang berhati berani di antara 6para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu," demikianlah firman TUHAN.

Dikunci dengan dipermalukan Tuhan. Ini jangan terjadi bagi kami, bagi kami suami isteri. Saya sebagai hamba Tuhan, sebagai gembala, sebagai kepala rumah tangga, saya tidak mau kami dipermalukan Tuhan, saya berjuang di kaki Tuhan untuk menggembalakan domba yang dipercayakan Tuhan supaya jangan dipermalukan.
Ayub 30:19
30:19 Ia telah menghempaskan aku ke dalam lumpur, dan aku sudah menyerupai debu dan abu.

Ini balikannya padahal kita ini dari lumpur namun diangkat oleh Tuhan. Ayub mengakui, karena pernah  dia sudah mempersalahkan Tuhan, Ayub membenarkan diri di hadapan Tuhan. Akhirnya Tuhan izinkan dia dihempaskan dalam lumpur supaya dia akui bahwa dia dari lumpur, dari debu tanah.
Mazmur 40:1-4
40:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud.
40:2 Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.
40:3 Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku,
40:4 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

Kita ini dari lumpur payau tetapi sudah diangkat oleh Tuhan, itu hanya kemurahan. Jangan kita kembali pada asal itu.
Ayub 9:31
9:31 namun Engkau akan membenamkan aku dalam lumpur, sehingga pakaianku merasa jijik terhadap aku.

Ini nasib kehidupan yang menolak Firman dan tidak menghargai Firman. Bahkan dia mengatakan “jangan lama-lama!”. Kita sudah diangkat dari sana supaya jangan lagi kita jijik dan dibenamkan dalam lumpur, maka terimalah Firman. Kalau kita menerima Firman maka hasilnya:
Wahyu 10:8-9
10:8 Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
10:9 Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."

Ini adalah kesempatan yang terakhir. Pada kesempatan terakhir ini sekaligus diberitakan rahasia Firman yang dibukakan. Untuk dimakan berarti: bersekutu, nikmati, hayati dan praktekkan.

Pembukaan rahasia Firman Allah dalam Wahyu pasal 10 itu dibayar mahal oleh Tuhan dalam Wahyu pasal 5. Dalam pasal 5 itu Yesus tampil bagaikan Anak Domba Allah yang tersembelih. Waktu Yesus dalam pengadilan Kayafas, Herodes, Pilatus dan disalib, Dia bersimba darah. MataNya keluar darah, hidungNya keluar darah karena ditinju, mulut dan telingaNya keluar. Belum lagi mahkota duri, cemeti, paku dan lembing. Untuk membukakan rahasia Firman, Yesus berkorban luar biasa. Kalau kita tidak menghargai pembukaan rahasia Firman nikah Kristus dan gereja, berarti kita menghina Korban Kristus sebab pembukaan rahasia firman Allah seharga Korban Kristus. Makanya tampil dalam Wahyu pasal 10 bukan lagi wajah bersimbah darah tetapi wajah yang bercahaya seperti matahari. Jadi kekuatan Firman yang dibukakan rahasianya akan membawa gereja Tuhan tampil seperti matahari.
Matius 13:43
13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Hakim-hakim 5:31
5:31 Demikianlah akan binasa segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya.

Sore ini kita mendapatkan layanan pembukaan rahasia Firman Allah supaya kita tampil seperti matahari sama seperti Tuhan Yesus. Yang pegang kitab itu wajahnya seperti matahari, kenapa bisa? Karena di tanganNya ada pembukaan rahasia Firman. Kenapa bisa ada Firman yang dibuka? Karena Yesus sudah bayar dalam Wahyu pasal 5.

Kitab yang terbuka ini dipegang oleh tangan kanan dan diangkat ke udara, itu mengalahkan markas iblis di angkasa. Kaki kananNya di laut, itu menekan markasnya antikristus. Kaki kiriNya di darat, itu menekan markas nabi palsu. Trio iblis tidak berdaya menghadapi gereja Tuhan kalau ada pembukaan rahasia Firman Tuhan. Pembukaan rahasia Firman Allah itu mendorong saudara untuk masuk pada kesempurnaan Tubuh Kristus. Itu sebabnya kita harus rajinkan diri mendengar Firman. Pesan saya kepada kelurga di sini sejak mereka pindah ke sini, saya katakan ada gereja di sini, kalau ada kesempatan datang ke Tentena silahkan. Tetapi kalau mau ibadah online dari sini ke Tentena tidak boleh! Saya pesan seperti itu kepada mereka.

Maukah kita mengalahkan trio iblis yaitu iblis, antikristus dan nabi palsu. Antikristus dan nabi palsu lebih dahulu masuk neraka. 1000 tahun kemudian iblis menyusul.
Wahyu 20:10
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Jangan kita marah jika dilayani oleh Tuhan lewat pemberitaan Firman ketika Tuhan menyatakan isi hatinya. Saat kita bertunangan, dulu ketika bertemu tunangan kita tidak mungkin kita tutup mulutnya, tidak boleh dia bicara. Sekarang tunangan kita yaitu Tuhan Yesus datang mau berbicara, lalu malah kita tutup mulutNya. Tunangan model bagaimana yang seperti ini! Kalau seperti itu Tuhan katakan “batal pertunangan kita! Biar saja kau dianiaya antikristus 3,5 tahun”. Ini adalah surat dari tunangan kita dari sorga.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Luar biasa rancangan Tuhan kepada manusia serba kotor dan amburadul karena dosa ini mau Tuhan benahi dan mau Tuhan tampilkan menjadi perawan suci untuk bisa bertemu dengan Yesus mempelai Laki-laki Sorga. Ini yang harus kita dengar hari-hari terakhir ini, bukan sebatas upacara. Semoga kita yang hadir sore ini benar-benar diberkati oleh Tuhan.

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar