20200115

Kebaktian PA Yeremia, Rabu 15 Januari 2020 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yeremia 8:1-3
8:1 Pada masa itu, demikianlah firman TUHAN, tulang-tulang raja-raja Yehuda, tulang-tulang pemuka-pemukanya, tulang-tulang imam-imam, tulang-tulang nabi-nabi dan tulang-tulang segenap penduduk Yerusalem akan dikeluarkan dari dalam kubur mereka
8:2 dan diserakkan di depan matahari, di depan bulan dan di depan segenap tentara langit yang dahulunya dicintai, diabdi, diikuti, ditanyakan dan disembah oleh mereka. Semuanya itu tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang.
8:3 Tetapi semua orang yang masih tinggal dari kaum yang jahat ini akan lebih suka mati dari pada hidup di segala tempat ke mana Aku mencerai-beraikan mereka, demikianlah firman TUHAN semesta alam.

Kalau melihat di sini ada 5 kelompok yang tulang-tulangnya diambil dari kubur kemudian dihampar di hadapan matahari, bulan dan bintang yang dulu mereka mengabdi. Itulah tulang-tulang raja-raja, tulang-tulang pemuka-pemuka, tulang-tulang imam-imam, tulang-tulang nabi-nabi kemudian tulang penduduk Yerusalem, tidak ada yang dilewatkan kecuali yang masih hidup. Yang masih hidupun ingin mati, mengapa? Sebab mereka sudah kehilangan pengharapan.

Yeremia adalah pribadi yang menyandang 2 jabatan, jabatan imam dan jabatan nabi. Sebagai imam dia tidak lepas dengan Firman pengajaran dan sebagai nabi dia tidak lepas dengan Firman nubuatan. Ini dibutuh oleh gereja karena gereja dibangun dengan 2 dasar ini dan Yesus pengikatnya. Jadi Firman nubuatan tidak bisa lepas dari konteks Yesus dan Firman pengajaran tidak bisa lepas dari konteks Yesus sebab Yesus adalah sasaran dari Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Dua hal ini ada pada pribadi Yeremia. Itu adalah keabsahan sebagai utusan Tuhan yang dipercayakan Firman pengajaran dan Firman nubuatan, namun tidak serta merta diterima dan dipercaya orang, bahkan keluarganya sendiri tidak percaya. Mereka berniat membunuh Yeremia, teman sekampungnya di Anatot juga berniat membunuh dia. Mereka datang berbala-bala dengan dia.

Jadi bukan berarti kalau orang punya Firman pengajaran dan Firman nubuatan akan aman-aman saja, tidak! Dia pasti akan mendapat perlawanan karena apa yang dia miliki itu dari Tuhan dan iblis tidak senang seseorang memiliki sesuatu dari Tuhan, iblis mau merampas dan menggugurkan. Itu adalah upaya iblis. Jadi kita semua harus waspada karena era kita sekarang adalah era penggenapan pelayanan Yeremia dan Yehezkiel yang dinyatakan dalam Efesus 2:20.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Kita sekarang sedang dibangun di atas dasar itu. Berarti ada penganjurnya, ada imam, ada pemuka dan ada nabi yang menggarap penduduk Yerusalem. Tetapi sekarang kita lihat dalam konteks Yeremia ini, tulang-tulang mereka diserak di hadapan matahari, bulan dan bintang. Kalau bicara tulang itu menunjuk keteguhan pendirian mereka selama dalam pelayanan bagaimana bentuknya sekarang. Jadi tahu dan menyadari melihat Firman ini, saya pasti akan diperlihatkan sejauh mana pendirian saya terhadap Tuhan.

Dikatakan di sini mereka mengabdi kepada matahari, kepada bulan dan kepada bintang. Dan itu sudah dingatkan oleh Tuhan dalam Ulangan 4:19 supaya jangan mereka lakukan. Mengapa? Sebelum Israel ke Kanaan, ini memang bentuk ibadah orang di sana yang mengabdi kepada matahari, bulan dan tentara langit yaitu bintang. Di zaman Yeremia hal itu sudah begitu merasuk. Dulu bangsa itu mereka gusur, tetapi sekarang Israel terkontaminasi dengan ibadah itu yaitu ibadah yang menyembah matahari yang disebut samsudin, bulan yang disebut kamarudin, bintang yang disebut najamudin. Saya harus sampaikan walaupun dimarah dan tidak disenangi.

Hal ini sudah mengkontaminasi ibadah Israel. Jangan pikir ini tidak berkelanjutan di tengah-tengah gereja Tuhan sekarang. Kelihatannya mirip ada pernikahan. Gereja Tuhan disebut akan menikah dengan Tuhan dan ada anak. Gereja Tuhan harus waspada terhadap rohnya. Itu yang membuat tulang raja diangkat, tulang pemuka diangkat, tulang imam diangkat, tulang nabi diangkat karena mereka sudah terkontaminasi dengan ibadah itu. Ini sudah Tuhan larang jauh-jauh hari.
Ulangan 4:19
4:19 dan juga supaya jangan engkau mengarahkan matamu ke langit, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan untuk sujud menyembah dan beribadah kepada sekaliannya itu, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

Matahari gambaran Allah Bapa, bulan Anak Allah dan bintang Allah Roh Kudus. Tetapi mereka sudah melihat lain. Ini yang dilawan oleh Yeremia karena itu sudah merasuk. Sampai mereka sudah menyembah kepada ratu sorga. Mereka katakan “hei Yeremia, apakah kau kira kami menyembah ratu sorga tidak seizin suami kami? Itu seizin suami kami!”. Ibadah hari-hari terakhir ini kalau lepas dari pola yang benar akan hancur. Terlalu banyak kehidupan Kristen ibadah hanya upacara tanpa pola, akhirnya masuk aniaya antikristus.

Matahari, bulan dan bintang bukan untuk disembah. Yang harus disembah adalah Pencipta bukan ciptaanNya. Rasul Paulus sudah bicara bahwa ada resikonya.
Roma 1:25-26
1:25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.
1:26 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar.

Bayangkan, kenapa bisa demikian rupa otak mereka diputar oleh setan Sehingga bukan Pencipta yang mereka sembah tetapi ciptaan. Sekarang Tuhan perlihatkan tulang, inilah pendirian mereka dikoreksi oleh Tuhan. Bagaimana pendirian dari raja, pemuka, imam, nabi dan penduduk Yerusalem. Raja di sini adalah raja Yehuda yang sebenarnya jadi saluran datangnya Yesus. Dari sekian raja-raja yang datang ini, lihatlah bagaimana raja-raja Yehuda itu, apakah sama pendirian mereka? Begitu ada yang tampil benar, muncul yang tidak benar. Silih berganti, seperti berdeklamasi. Mengapa? Iblis berupaya untuk sabotase jangan sampai Yesus datang lewat jalur yang sudah dijanji oleh Tuhan lewat nubuatkan Yakub kepada Yehuda.

Pendirian saya mau diblokir oleh iblis kalau sampai saya tidak mengerti rencana Allah. Walaupun mengerti rencana Allah, orang itupun akan menjadi sadaran diobok-obok iblis. Jangan sampai kita terkontaminasi, jangan sampai pendirian kita goyah. Apa yang sudah diterima dari pendahulu jangan sampai goyah, karena iblis bekerja keras sekarang. Banyak orang terjebak dan tidak sedikit pendeta murtad, bagaimana dengan jemaatnya. Itu sebabnya kita harus mewaspadai hal ini sebab kita dihantam habis-habisan.

Lihat orang-orang yang sudah terkontaminasi, termasuk raja, pemuka, imam dan nabi. Yang anehnya justru menjadi suplai pupuk dan membuat subur berhala. Jangan sampai kita membuat orang-orang itu jadi subur dan memperoleh kesenmpatan dari kita. Pendirian kita yang dipertaruhkan. Keteguhan kita dalam pelajaran Kabar Mempelai dalam terang Tabernakel ini adalah solusi dari Tuhan untuk menolong kita. Karena kelebihan pekabar mempelai ada pelajaran tahbisan yang tidak ada pada gereja lain. Itu sebabnya kita diserang. Serangan itu tidak nanti wujudnya orang luar, tetapi keluarga bisa menjadi penyerang. Yeremia 12:6
12:6 Sebab saudara-saudaramu dan kaum keluargamu, mereka sendiri juga berbuat khianat terhadap engkau; mereka juga bersama-sama di belakangmu. Janganlah percaya kepada mereka, sekalipun mereka berkata manis kepadamu!

Kata-kata keluarga sendiri kelihatan manis padahal di belakang bicara lain, kasihan Yeremia. Jadi bukan orang jauh, namun orang dekat yang merusak seperti ini. Padahal Yeremia diutus untuk menghadapi ibadah palsu, upaya Yeremia ini mestinya didukung keluarga!

Yeremia 11:18-19
11:18 TUHAN memberitahukan hal itu kepadaku, maka aku mengetahuinya; pada waktu itu Engkau, TUHAN, memperlihatkan perbuatan mereka kepadaku.
11:19 Tetapi aku dulu seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih, aku tidak tahu bahwa mereka mengadakan persepakatan jahat terhadap aku: "Marilah kita binasakan pohon ini dengan buah-buahnya! Marilah kita melenyapkannya dari negeri orang-orang yang hidup, sehingga namanya tidak diingat orang lagi!"

Mengapa? Karena mereka sudah terkontaminasi dengan penyembahan-penyembahan ini yang harus diluruskan oleh Yeremia.

Yeremia 18:18; 11:21
18:18 Berkatalah mereka: "Marilah kita mengadakan persepakatan terhadap Yeremia, sebab imam tidak akan kehabisan pengajaran, orang bijaksana tidak akan kehabisan nasihat dan nabi tidak akan kehabisan firman. Marilah kita memukul dia dengan bahasanya sendiri dan jangan memperhatikan setiap perkataannya!"
11:21 Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang orang-orang Anatot yang ingin mencabut nyawaku dengan mengatakan: "Janganlah bernubuat demi nama TUHAN, supaya jangan engkau mati oleh tangan kami!" --

Mereka mau membunuh Yeremia dan menghambat Firman nubuat agar jangan disampaikan, jangan diberitahu, jangan  ditampilkan supaya umat Tuhan tidak tahu dan mereka tetap menyembah matahari, bulan dan bintang. Itu sejarah Timur Tengah, itu sejarah di sana. Kalau saudara mau tahu, pergi ke toko buku dan beli buku ahli sejarah Yahudi yaitu Yosepus.

Kita diperhadapkan bagaimana pendirian kita. Sebab satu waktu pendirianku akan diperlihatkan “bagaimana pendirianmu hei gembala” tidak ada alasan kita bersembunyi, sebab kita ditonton dan manusia yang menonton bagaikan awan.
Ibrani 12:1
12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Sekarang lebih nyata hantam menghantam. Dulu tidak terlalu berkoar-koar seperti itu. Sekarang memang sudah waktunya ibadah palsu dan akan lebih hebat. Sasaran yang akan dia serang adalah saya dan saudara. Tidak sedikit orang yang gugur iman percayanya. Firman nubuatan ini yang mereka mau hantam. Yohanes itu rasul, tetapi untuk mengerti Firman nubuatan, dia disuruh naik. Sebab Tuhan katakan “Aku akan memberitahu hal-hal yang akan terjadi di depan”. Jadi Yohanes disuruh naik ke sorga. Tuhan sudah berikan jabatan rasul berarti ada Firman pengajaran, tetapi penting Firman nubuatan diketahui oleh Yohanes. Ini yang ditolak orang Anatot yang sudah terkontaminasi dengan penyembahan terhadap matahari, bulan dan bintang.
Wahyu 4:1
4:1 Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.
Apa yang akan terjadi, itulah Firman nubuatan. Dia disuruh naik ke sorga untuk menerima Firman nubuatan, berarti nuansa nabi, sementara dia seorang rasul. Supaya lengkap ada Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Seorang hamba Tuhan harus memiliki dua hal ini. Dia harus mengerti apa yang akan terjadi di depan. Dia juga harus paham dalam Firman pengajaran untuk membimbing jemaat mencapai apa yang dinubuatkan oleh Firman.

Kita diperhadapkan dengan kesulitan. Sekarang ini krisis rohani hebat sekali. Itu sebabnya dihampar tulang di hadapan matahari, bulan dan bintang. Begitu rupa pekerjaan setan ini sehingga mereka mencintai dewa matahari, bulan dan bintang. Sekarang memang tidak seperti dulu, tetapi lihat saja dominan menyerang saudara yang tidak senang dengan iman kekristenan saudara. Buka matamu dan lihat! Hancur saudara nanti kalau tidak mengerti rencana Allah. Itu sebabnya Yohanes harus naik untuk ditunjukan apa yang akan terjadi di depan.

Wahyu 4:2-4
4:2 Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.
4:3 Dan Dia yang duduk di takhta itu nampaknya bagaikan permata yaspis dan permata sardis; dan suatu pelangi melingkungi takhta itu gilang-gemilang bagaikan zamrud rupanya.
4:4 Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.

24 tua-tua ini adalah pemuka-pemuka yang pendiriannya teguh. Ada takhta di sana, itulah Raja yang pendiriannya teguh. Ada imam dan nabi yang naik ke sana, itulah imam dan nabi yang pendiriannya teguh. Ada penduduk Yerusalem yaitu Tubuh Kristus yang teguh. Ini yang kita pelajari sekarang dan mengingatkan serta membangkitkan gairah kita karena kita diserang sekarang!

Perjuangan Yeremia ini harusnya ditopang keluarga dan penduduk Anatot, tetapi justru mereka yang melawan. Kalau kita memiliki Firman pengajaran dan Firman nubuatan dari Tuhan, kita harus siap menerima perlawanan. Perlawanan yang paling menyakitkan adalah orang yang paling dekat dengan kita yaitu keluarga sendiri, bisa isteri, anak, cucu, mantu, kakak, adik. Malam ini saya mau katakan, keluarga Legontu Roboth jangan lawan gembala! Sebab ada tanggung jawab rohani yang saya sandang. Kenapa saya katakan saya sandang? Dengan penyataan-penyataan itu adalah bukti Tuhan percayakan suatu tanggung jawab besar di pundakku. Walaupun ada yang tidak percaya, tetapi itu untuk kepentingan bersama. Penyataan Allah adalah Firman lisan untuk kepentingan tubuh, aneh kalau tidak dipercaya oleh keluarga saya sendiri yang harusnya mereka ini mendukung! Kalau papa ini neko-neko, tidak mungkin Tuhan percayakan rahasia Firman Allah. Makanya berat kalau keluarga sendiri yang melawan.

Dulu saya katakan pada hamba Tuhan “apa yang paling berat engkau hadapi dalam pelayanan”. Yang lain mengatakan waktu tidak ada makanan, ada yang mengatakan waktu ada perlawanan dari masyarakat. Saya katakan itu semua enteng, yang paling menyakitkan kalau isteri kita berulah waktu mau melayani dan hamba-hamba Tuhan lain mengatakan betul. Sampai ada yang sudah pakai dasi mau melayani lalu isterinya mengomel, kemudian dia lepas dasi dan berikan pada isterinya “kau saja melayani!”. Jangankan isteri, anak melawan saja sudah sakit. Jangankan anak, mantu melawan itu sudah sakit.

Yohanes 7:5
7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiri pun tidak percaya kepada-Nya.

Ibu Yesus dan saudaraNya saja tidak percaya pada Yesus. Nanti setelah penyaliban Yesus baru mereka percaya. Akhirnya saudaraNya yang bernama Yudas menulis surat Yudas dan saudaraNya yang bernama Yakobus menulis surat Yakobus.

Yang dipertontonkan adalah tulang yang berbicara pendirian. Sekarang kita lihat riwayat tulang dalam Alkitab. Dimulai dari Kejadian pasal 2 dan dikunci dalam Lukas 24:39.
Lukas 24:39
24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."

Bicara tulang itu menunjuk kerangka berdirinya tubuh, itu pendirian. Kalau dalam Tabernakel yang diminta oleh Tuhan sebagai korban pertama adalah emas, perak dan tembaga. Itu barang tambang untuk menjadi kekuatan berdirinya Tabernakel.
Kejadian 2:23
2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Jadi isteri itu adalah tulang suami dan daging suami. Jadi bicara tulang, itu ada kaitannya nikah yang diciptakan oleh Tuhan, disaksikan oleh Tuhan dan Tuhan sendiri yang nikahkan. Bagaimana prosesnya di sini sampai ada yang mengatakan “inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan”. Perempuan itu artinya empuk. Kalau empuk apakah itu menyakitkan? Tidak. Diajar oleh Tuhan supaya suami isteri itu punya pendirian yang sama sehingga empuk. Tetapi kalau dalam nikah berantam terus, di mana empuknya. Inilah kesalahan kita, makanya dikoreksi supaya jangan sampai menjadi pupuk menyebarluaskan yang tidak empuk. Ini untuk saya dan isteri. Usia kami sudah tua dan sekarang kami alami air anggur yang manis dan bertambah manis. Makanya kalau ke mana-mana selalu bersama.

Gereja juga adalah tulang dan dagingnya Tuhan. Kita ini mau diarahkan oleh Tuhan supaya sependirian dengan Tuhan. Karena kita ini tulangnya Tuhan, dagingnya Tuhan.
Efesus 5:30
5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

Ephesians 5:30
5:30 For we are members of his body, of his flesh, and of his bones. (=daging dan tulangnya)

Kita diarah dan dibina supaya sependirian dengan Tuhan. Ini tanggung jawab saya sebagai hamba Tuhan. Apa pendirian Tuhan? Sebagaimana Aku kudus, demikian juga kamu kudus.
I Petrus 1:15-16
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Tidak mungkin sudah difirmankan kemudian tidak terpenuhi, pasti akan terpenuhi. Firman nubuatan menunjukan tujuannya, Firman pengajaran menunjukan bagaimana caranya untuk kita sama dengan Kristus. Dari Kejadian pasal 2 sudah ditunjukan tulang itu berkaitan dengan nikah. Dalam pelayanan ini kita beruntung karena ada pengajaran Mempelai dalam terang Tabernakel. Di dalamnya ada pelajaran tahbisan di mana Tuhan tunjukan tujuan Tuhan memanggil saya menjadi hamba Tuhan untuk membawa jemaat sependirian dengan Tuhan, setara denganNya dan sempurna seperti Tuhan.

Dia mati untuk kita.
Efesus 5:25
5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Dia memandikan kita.
Efesus 5:26
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

Kita tampil tak bercacat sama seperti Dia.
Efesus 5:27
5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Memang mutu kita gereja Tuhan akan seperti ini.
Kidung Agung 4:7
4:7 Engkau cantik sekali, manisku, tak ada cacat cela padamu.

Ini sapaan Salomo kepada kekasihnya yang bernama Sulamit. Sulamit itu bukan bangsa Yahudi tetapi bangsa kafir. Salomo ini gambaran Tuhan Yesus yang menyapa gereja Tuhan yang terdiri dari bangsa kafir yang mau disucikan sehingga tampil tanpa cacat cela, manis dan canti. Ini penampilan gereja yang Tuhan cari sekarang. Bangsa Yahudi menolak maka Tuhan cari dari bangsa kafir.
Kisah Para Rasul 15:14; 13:46
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
 13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Saya harus punya pendirian, pemahaman saya harus berdiri tegak di sini.
Filipi 4:1
4:1 Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Sebenarnya bahasa ini bukan ditujukan pada pribadi Paulus, sebab Paulus itu hanya alat Tuhan yang dipakai untuk menyampaikan Firman. Berarti ini suara Tuhan yang menyapa kita kekasihNya dan saudaraNya. Kenapa Tuhan sapa kita saudaraNya? Karena kita mau disucikan, sehingga Yesus tidak malu mengakui kita saudaraNya.
Ibrani 2:11
2:11 Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Kalau sampai pada ucapan saudara, berarti kehidupan itu mau disucikan oleh Yesus.

Mempelai wanita itu bagaikan mahkota, isteri itu adalah mahkota suami.
Amsal 12:4
12:4 Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.

Saya sudah capek berjalan dalam dunia yang fana, sudah rindu ketemu Yesus. Dia adalah kekasihmu, Dia belahan jiwa kita dan kita belahan jiwaNya. Dia sudah rindu bertemu denganmu, tetapi bagaimana pendirian kita, apakah masih teguh? Perhatikan baik-baik, supaya gereja Tuhan benar-benar bagaikan tulangnya Yesus dan dagingnya Yesus.

Kita lihat pendirian seorang kekasih yang betul-betul kekasih ini mau seperti pendirian Penciptanya.
Kejadian 50:25
50:25 Lalu Yusuf menyuruh anak-anak Israel bersumpah, katanya: "Tentu Allah akan memperhatikan kamu; pada waktu itu kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini."

Yusuf sudah menyampaikan Firman nubuatan bahwa pasti orang Israel itu akan dilepaskan Tuhan dari Mesir dan dibawa ke Kanaan. Bukankah Firman sudah bernubuat bahwa kita dilepaskan dari Mesir dunia ini untuk dibawa ke Kanaan Samawi. Akhirnya setelah 40 tahun mengembara, sampailah mereka di Kanaan. Kemudian tulang Yusuf dikubur kembali di kota Sikhem.
Yosua 24:32
24:32 Tulang-tulang Yusuf, yang dibawa orang Israel dari Mesir, dikuburkan mereka di Sikhem, di tanah milik yang dibeli Yakub dengan harga seratus kesita dari anak-anak Hemor, bapa Sikhem, dan yang ditentukan bagi bani Yusuf menjadi milik pusaka mereka.

Sikhem artinya belikat atau bahu. Di sini Tuhan perlihatkan bahwa Yusuf adalah pribadi yang punya tanggung jawab luar biasa. Tanah ini dibeli Yakub. Kemudian orang tua Ahab membangun kota Samaria. Di sana ada kubur dan di sana juga ada sumur Yakub, itu sejarahnya dalam Alkitab. Kenapa? Sebab pendirian Yusuf tidak berubah walaupun manusia lain sudah berubah. Sebenarnya mereka sudah harus terkenang dengan Yusuf dan membenahi pendirian mereka. Makanya Yesus sebagai Allah sesembahan yang penuh belas kasihan, walaupun tadinya orang Israel harus putar jauh baru sampai di Galilea, tetapi dalam Yohanes pasal 4 Yesus pakai jalan potong karena sayang orang Samaria. Di sana ada kubur Yusuf. Apa yang Yesus kerjakan di Samaria? Membenahi nikah.

Sikhem itu dekat Samaria, di sana ada kubur. Dengan demikian Tuhan pertontonkan pendirian roh mempelai. Yusuf itu adalah gambaran gereja Tuhan yang punya roh mempelai. Olehnya kita mau dibawa ke sana dan saya bertanggung jawab terhadap jemaat Langgadopi 4 untuk membawa kita memiliki roh mempelai agar duduk bersanding dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Nabi dan rasul bergerak di dalam gereja sekarang ini. Tuhan katakan separuh nabi kamu bunuh, separuh rasul kamu bunuh. Padahal nabi dan rasul ini yang Tuhan pakai supaya gereja Tuhan berdiri teguh bagaikan tulang yang tidak boleh dipatahkan. Waktu Paskah dikatakan domba itu tulangnya tidak boleh dipatahkan. Ini orang yang berkepentingan menangani umat Tuhan, hamba Tuhan yang dipercaya Tuhan, ada Firman pengajaran dan Firman nubuatan tetapi mereka bunuh.
Lukas 11:49
11:49 Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya,

Orang yang diutus untuk membuat kuat pendirian gereja malah dibunuh. Berarti mereka suka pengajaran separuh, Firman nubuatan separuh sehingga ibadahnya tidak utuh, ibadah gado-gado. Akhirnya Firman pengajaran tidak utuh, Firman nubuatan tidak utuh karena dibunuh separuh. Kalau mau bicara Tuhan lalu Tuhan tidak utus kita untuk bicara tentang Tuhan, tidak akan ada manfaatnya. Kalau tidak disuruh Tuhan, bagaimana kita mau bicara tentang Tuhan Yang Maha Suci.

Kalau dulu Tuhan menciptakan Adam dari tanah dengan menggunakan tangan. Kemudian dari tulang rusuk Adam, Tuhan gunakan tangan untuk membangun Hawa. Sekarang Tuhan menggunakan tangan untuk membangun tulang dan dagingnya Yesus, menjadi Mempelai WanitaNya. Siapa tangan Tuhan? Itulah 5 jabatan. Saudara tidak melihat di sini ada nabi, tetapi begitu saya sampaikan Firman nubuatan maka roh nabi melayani saudara. Saudara tidak melihat rasul di sini melayani, tetapi begitu saya sampaikan Firman pengajaran maka roh rasul melayani saudara. 12 rasul hujan akhir kalau mau keliling dunia, 100 tahun tidak akan selesai. Jangan berangan-angan seperti itu mengharapkan rasul dan nabi mau datang, Firman Tuhan tidak mengajarkan seperti itu. Gembala yang menjadi poinnya, kalau dia menyampaikan Firman pengajaran, berarti ada pelayanan rasul padanya. Menyampaikan Firman nubuatan, berarti ada pelayanan nabi padanya. Kalau ada penginjil, berarti disertai kuasa. Tetapi gembala sentralnya. Olehnya jangan berangan-angan pak menung “rasul mau datang baru kita akan sempurna” tidak seperti itu.

Makanya saya harus punya pendirian teguh terhadap Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Kalau tidak lagi salah, maka di situlah gereja dibangun sehingga pendiriannya kuat. Ini yang bekerja sekarang dalam gereja Tuhan. Saya tidak akan kepincut dengan penginjil yang mencari jiwa banyak. Kalau mau sempurna tetapi cuma sampai penginjilan, tidak akan sempurna. Makanya harus ditingkatkan pada Firman pengajaran. Saya tidak iri melihat orang menjaring jiwa, tetapi saya tinggal menunggu kapan mereka datang.

Kalau melihat dalam Keluaran pasal 12, ada domba Paskah, itu adalah mata rantainya. Setelah keluar dari Mesir dan Israel berkembang di tanah Kanaan, maka ada yang disebut, tulang Elisa. Ini semua kaitannya apa? Apa itu tulang Elisa.

Sebelum tulang Elisa, dalam peristiwa I Raja-raja pasal 13, dinubuatkan akan digali tulang nabi-nabi dan imam-imam kemudian dibakar di atas mezbah. Itu disampaikan oleh nabi muda dan Yerobeam berseru “tangkap orang itu” tetapi tangannya yang menunjuk itu tidak bisa kembali. Baru dia minta tolong didoakan baru nabi muda itu mendoakan baru tangannya bisa ditarik. Tetapi setelah itu mezbah itu pecah, artinya ibadah hancur. Jadi kalau mempermainkan pendirian maka ibadah hancur, ibadah tidak utuh lagi.

II Raja-raja 13:20
13:20 Sesudah itu matilah Elisa, lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun.

Makanya pergantian tahun harus diisi dengan ibadah sebab awas ada roh Moab.

II Raja-raja 13:21
13:21 Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.

Ada kuasa kebangkitan dalam tulang Elisa. Kenapa?
II Raja-raja 2:15; 3:12
2:15 Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.
3:12 Berkatalah Yosafat: "Memang padanya ada firman TUHAN." Sesudah itu pergilah raja Israel dan Yosafat dan raja Edom kepada Elisa.

Jadi ketika pribadi Elisa masih hidup, Firman dan Roh Kudus ada padanya dan itu sudah menyatu dengan tulang Elisa. Pendirian Elisa benar-benar ada Firman dan Roh Kudus sehingga orang mati bisa bangkit. Kalau saya memiliki Firman dan Roh Kudus, maka orang yang menyentuh saya pasti dia hidup rohaninya.
Kolose 2:12
2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Dulu kita mati, tetapi kalau menyentuh hamba Tuhan yang ada pendirian terhadap Firman dan Roh Kudus, pasti dia hidup rohaninya.

Dalam Yohanes 19 Yesus tidak dipatahkan tulangNya. Kita dengar bahasa Yesus setelah bangkit.
Lukas 24:39
24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."

Dia perlihatkan daging dan tulang dalam kuasa kebangkitan. Bahasa ini mengandung nilai nubuatan. Ketika kita membaca ini, Yesus ingin memiliki kita sebagai tulangNya dan juga dagingNya. Supaya seiras dengan tulang dan dagingNya, maka kita ini juga tulang dan dagingnya Yesus. Disini Dia bicara daging itu adalah Salx bukan Somma. Kita ini tubuh Kristus, itu Somma. Kalau Salx itu daging yang kelihatan yaitu daging Yesus.

Sekarang ini masihkan kita melihat Yesus sebagai hantu. Tidakkah kita memelihat bahwa kita adalah daging dan tulangnya Yesus. Terima kasih banyak saya menjadi daging dan tulangnya Yesus. Saya harus belajar pendirian Yesus supaya betul-betul menjadi daging dan tulangnya Yesus. Ini yang sedang Tuhan kerjakan hari-hari terakhir ini lewat pelayanan kami hamba-hambaNya.

Mau ke mana kita diarahkan. Banyak orang Kristen beribadah hanya seperti upacara dan tidak mengerti rencana Tuhan. Padahal sudah dekat setan besar dengan pedang besar yang sudah digosok dan mengkilat seperti petir, itulah antikristus. Gereja terninabobokan tidak mengerti rencana Tuhan. Nanti sudah disabet antikristus baru dia sadar tetapi sudah terlambat. Rumah disita, kendaraan disita, kebun disita, ternak disita, sampai isterimu, anakmu dan dirimu juga disiksa dan dianiaya.

Supaya menjadi tubuh dan darah Yesus, izinkan engkau beribadah dilayani oleh hamba Tuhan yang adalah tangan Tuhan. Sehingga hasilnya engkau dipersembahkan kepada Yesus dan Yesus tidak tolak, Yesus terima.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Sebabnya jangan menjauh dari penggembalaan. Cintailah tubuh, jiwa dan rohmu lewat memberi diri digembalakan dengan benar, bukan sebatas upacara. Tetapi ibadah itu adalah tempat kita dibangun menjadi daging dan tulangnya Yesus. Kata daging dalam Alkitab ada 2 yaitu Salx dan Somma. Kalau bicara “inilah tubuhKu” itulah Salsx. Kalau bicara Somma, kita ini tubuh Kristus. Supaya saya sebagai hamba Tuhan yang berkepentingan untuk bergumul agar semua jemaat yang saya layani berhasil menjadi Somma, menjadi Tubuh Kristus.

Bangsa Israel sudah terlalu jauh menyimpang ibadah mereka. Padahal Tuhan sudah ingatkan dari awal, kalau sampai di sana jangan arahkan pandanganmu pada matahari. 
Ulangan 4:19
4:19 dan juga supaya jangan engkau mengarahkan matamu ke langit, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan untuk sujud menyembah dan beribadah kepada sekaliannya itu, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

Di zaman sebelum Israel keluar dari Mesir, orang timur tengah menyembah dewa matahari yang namanya samsudin, dewa bulan yang namanya kamarudin dan dewa bintang yang namanya najamudin. Itu sudah merasuk dan itu tantangan yang berat yang dihadapi Yeremia. Yang mestinya dia ditopang oleh saudara-saudaranya tetapi saudara-saudaranya justru membuat berat pekerjaannya.

Sekarang ini lihat dan baca di mana-mana, siapa yang mengganggu kita, mengertilah kita sekarang! Tuhan cari orang-orang yang punya pendirian teguh terhadap Firman.
Filipi 4:1
4:1 Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

I Korintus 15:58
15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Dalam ibadah persekutuan terakhir dengan Bapak Pdt. Pong Dongalemba, ini yang beliau tekankan. Tetapi apa yang terjadi, di dunia Kristen sekarang banyak yang goyah. Dan tidak sedikit pekabar mempelai juga ikut goyah. Hal ini jangan sampai terjadi bagi kita yang hadir pada malam ini. Sebab satu waktu tulang itu akan diperlihatkan, tulang raja, tulang pemuka, tulang imam, tulang nabi dan tulang penduduk Israel. Di lain waktu akan diperinci 5 tulang.
Koreksilah pendirianmu, apakah engkau masih merasa saya ini dagingnya Yesus, saya ini tulangnya Yesus. Artinya harus sependirian dengan Yesus, harus belajar taat seperti Yesus taat kepada Bapa, itu daging. Tulang itu kerangka. Yesus katakan “Aku bukan hantu, ini dagingKu” artinya Yesus taat. Jadi daging dan tulang Yesus artinya kita belajar sebagaimana Yesus taat kepada Bapa.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar