20141109

Kebaktian Umum, Minggu 09 November2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 10:1-2
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.
10:2 Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala.

Yang Tuhan anjurkan adalah meminta hujan akhir, Tuhan tidak menyuruh meminta hujan awal. Hujan akhir adalah Firman pengajaran yang membuat buah menjadi matang, atau Firman pengajaran yang menghentar kita pada kesempurnaan.

Zakharia 10:1-12 terbagi tiga bagian dan dalam susunan Tabernakel kena pada Mezbah Dupa Emas
1.      Ayat 1-2 :  Tuhan bermaksud memberikan hujan akhir, tetapi Tuhan ingin orang itu meminta.                               Berarti Tuhan ingin orang itu ada kerinduan hati,dengan kata lain Tuhan tidak
                  sembarang memberikan hujan akhir, yaitu hanya diberikan kepada yang merindukan.
2.      Ayat 3-6 : Tuhan memberikan kemenangan kepada Yehuda.
3.      Ayat 7-12  : Tuhan mengumpulkan umat yang sisa.

Jadi pasal 10 ini memuat suatu waktu yang kena mengena dengan akhir zaman (saat-saatterakhir).

Kita kembali pada poin yang pertama. Hujan akhir adalah Firman pengajaran yang mematangkan atau menyempurnakan rohani. Hanya orang yang rindu untuk menjadi mempelai wanita untuk Kristus Yesus Mempelai Laki-laki Sorga yang akan disiram oleh Tuhan dengan hujan Firman pengajaran yang disebut hujan akhir, bukan hujan awal.

Kalau hanya meminta huja awal yaitu Firman penginjilan (pengajaranmula-mula) maka kapan kita akan memenuhi selera Tuhan. Bukannya hujan awal tidak dibutuhkan, tetapi sudah terlalu lama kita menjadi orang Kristen, bahkan sudah terlalu lama menjadi pelayan Tuhan namun hanya mau hujan awal, seperti kita hanya mau menanam terus dan kapan mau memetik hasil. Kalau gereja Tuhan seperti itu maka tidak akan siap untuk bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga.

Hujan akhir ini ada hubungannya dengan pesta pondok daun-daunan sekaligus menyingkirkan tulah Mesir dari kita. Hujan akhir ini adalah hujan yang membawa berkat yang disebut berkat kesempurnaan. Kalau dalam ibadah hanya selalu memberitakan Firman penginjilan itu berarti namanya hujan awal, itu pelajaran mula-mula. Kalau hanya sampai pada pengajaran mula-mula kapan kita sampai pada kesempurnaan. Kasian sekali gereja Tuhan yang hanya diteter dengan Firman penginjilan.

Itu sebabnya Tuhan menyuruh umatNya untuk meminta hujan akhir musim. Mengapa Tuhan suruh meminta? Sebab kalau kita melihat dalam Zakharia 10:2, umat Tuhan sudah tertipu, umat Tuhan sudah terjerat dengan kebohongan yang tidak boleh diteruskan sebab kalau itu ada maka Tuhan tidak akan menurunkan hujan akhir. Itu sebabnya Tuhan menyuruh meminta siapa yang merindu. Yang merindu adalah orang yang punya niat untuk lepas dari 4 hal itu.
a)      Terafim yang jahat
b)      Juju-juru tenung yang disebut dusta
c)      Mimpi-mimpi hampa
d)      Hiburan kesia-siaan

1 Samuel 15:23
15:23 Sebabpendurhakaanadalahsamasepertidosabertenungdankedegilanadalahsamasepertimenyembahberhaladanterafim. Karenaengkautelahmenolakfirman TUHAN, makaIatelahmenolakengkausebagai raja."

Empat hal ini hanya menyebabkan umat Tuhan berkeliaran, berarti mereka tidak memiliki arah yang jelas. Jadi gereja Tuhan yang tidak memiliki tuntunan dan arah yang jelas itu sama dengan ditipu oleh terafim. Terafim ini adalah patung keluarga yang disembah yang dianggap memberikan keuntungan-keuntungan jasmani sekaligus memberikan perlindungan pada keluarga itu. Terafim ini diwariskan kepada anaknya. Seringkali ada terfim di rumah, mungkin tidak dalam bentuk patung dipahat tetapi ada yang ditaruh di sana untuk memberikan keuntungan jasmani. Ini tidak boleh ada, kalau kita mau hujan akhir turun maka hal ini harus kita singkirkan, sifatkekerasanhati (terafim) diturunkankepadagenerasimuda (anak).

Selanjutnya ada tenung yang disebutkan juju-juru tenung yang dusta. Berikutnya ada mimpi-mimpi hampa dan hiburan sia-sia. Ini tertampak dalam gereja akhir zaman dan ini yang menghambat turunnya hujan akhir dalam sidang jemaat. Kalau dari empat hal ini ada satu saja dalam kehidupan seseorang maka kehidupan itu tidak akan menikmati apa yang dinamakan kesempurnaan. Ini jangan sampai terjadi.

Akibatnya orang itu akan seperti domba-domba yang tidak tergembala. Domba-domba itu menderita rohaninya dan sengsara.  Kemudian ini dihubungkan dengan persoalan penggembalaan. Berarti dalam penggembalaan tidak ada hujan akhir, tidak ada arahan-arahan dari belakang mimbar untuk membawa sidang jemaat supaya mematangkan rohaninya dan sempurna untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kalau dimatangkan dan disempurnakan berarti ada arah yang jelas yaitu untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kalau tidak ada arahan yang jelas dalam suasana penggembalaan itu berarti kehidupan itu dipegang oleh terafim, juru-juru tenung, mimpi yang hampa dan hiburan yang sia-sia. Banyak orang yang suka hiburan yang sia-sia ini padahal mencelakakan dirinya sendiri.

Hujan akhir ini yang sangat kita butuh sebab menghadirkan berkat yang luar biasa. Biarlah kita ada dalam arahan, jangan menjadi orang Kristen yang tidak punya arah. Saya sebagai hamba Tuhan dituntut oleh Tuhan untuk menanggung darah saudara kalau dalam pelayanan tidak memberi arah yang jelas kepada jemaat.
Yehezkiel 34:26-28
34:26 Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat.
34:27 Pohon-pohon di ladang akan memberi buahnya dan tanah itu akan memberi hasilnya. Mereka akan hidup aman tenteram di tanahnya. Mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku mematahkan kayu kuk mereka dan melepaskan mereka dari tangan orang yang memperbudak mereka.
34:28 Mereka tidak lagi menjadi jarahan bagi bangsa-bangsa dan binatang liar tidak akan menerkam mereka, sehingga mereka akan diam dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apa pun.

Kita membutuhkan hujan akhir, Firman pengajaran yang mendewasakan. Jangan ini ditolak! Sepertinya kita dikejar terus oleh Tuhan, dalam berita Firman dari kitab Amos, Yehezkiel dan Imamat serta Zakharia. Itu artinya Tuhan menaruh perhatian yang serius kepada kita. Tergantung sejauh mana saudara menanggapi perhatian Tuhan ini. Kalau orang tidak serius, dia tidak akan meminta atau meminta tetapi tidak dengan serius. Tetapi orang yang serius dengan rencana Allah dia pasti akan meminta sebab merindukan untuk ada dalam pesta yang akbar ini.

Zakharia 14:16-18
14:16 Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
14:17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan.
14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.

Jadi turunnya hujan maksudnya untuk menghentar saudara untuk ikutmerayakan pesta pondok Daun. Ini adalah pesta terakhir, pesta nikah Anak Domba Allah, itulah penyingkiran gereja Tuhan. Kalau saudara tidak berminat maka akan tertampak dalam prilaku saudara yang tidak serius dengan Tuhan. Kalau ada yang tidak berminat maka akan kena tulah Mesir, akan ada hujan yang lain kena pada kehidupan tersebut. Kalau saudara tidak serius dengan hujannya Tuhan untuk menghentar saudara terbang di padang belantarabersama dengan Tuhan dalam pesta nikah Anak Domba Allah, maka ada hujan lain yang akan kena pada saudara, akan kena tulah Mesir yaitu hujan es. Lebih baik kita menerima hujan dari Tuhan yang membuat hidup kita tentram dan aman. Jangan sampai ada satupun dari kita kena hujan es yang menghancurkan kehidupan kita.

Zakharia 14:18
14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.

Kepada orang Mesir sebenarnya dibuka kesempatan namunbila tidak mau datang maka mereka akan menerima tulah Mesir. Satu saja tulah Mesir yang diterima itu sudah menakutkan/ mengerikan.
Keluaran 9:24
9:24 Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa.

Ini akan terulang lagi di akhir zaman
Wahyu 16:21
16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

Saya tidak mau ada satu jiwapun di sini yang akan kena tulah Mesir ini. Itu sebabnya Tuhan menyuruh kita untuk meminta hujan akhir. Kalau kita merindukan maka sebenarnya Tuhan sudah siap memberi, tinggal menunggu kita meminta. Kenapa kita harus meminta? Sebab Tuhan tidak akan memberi kalau seseorang yang tidak serius/ tidakrindu. Tuhan akan memberi kalau seseorang serius untuk membawa tubuh, jiwa dan rohnya menjadi mempelai wanita Tuhan. Orang yang seperti ini Tuhan berikan sarana, Tuhan fasilitasi dia dan Tuhan perlengkapi karena mempunyai minat sesuai selera Tuhan. Selera Tuhan adalah untuk membuat gereja Tuhan matang, dewasa dan sempurna lewat turunnya hujanFirmanPengajaran. Tuhan mau memberi tetapi terpergantung orang itu mempunyai minat atau tidak. Biarlah kita siap meminta kepada Tuhan untuk bisa masuk pada kesempurnaan.

Zakharia 14:19
14:19 Itulah hukuman dosa Mesir dan hukuman dosa segala bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.

Masuk pesta Pondok Daun berarti kita masuk pada pesta nikah Anak Domba Allah dan jauh dari aniaya antikristus selama 3,5 tahun.

Kesediaan hati Tuhan mau memberi tetapi harus ada kesediaan hati umat untuk meminta. Sama seperti dalam kitab Wahyu pasal 5, di tangan Tuhan ada kitab, tetapi kemudian kitab ini pindah dari Allah Bapa kepada Anak Domba Allah itulah Tuhan Yesus, kemudian dari Tuhan Yesus pindah kepada rasul Yohanes dan kitab itu untuk saudara dan saya.

Pengajaran ini bukan hal yang bisa dipermainkan, saya bertanggung jawab dengan apa yang Tuhan suruh untuk diberitakan.

Hasil kalau hujan itu turun akan menghasilkan 3 hal:
Ulangan 11:14
11:14 maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan 1gandummu, 2anggurmu dan 3minyakmu,

Ada gandum yang matang, anggur dan minyak karena ada hujan akhir yang mematangkan. Bagaimana bisa ada gandum, anggur dan minyak kalau yang diterima hanya hujan awal terus. Kalau tiga hal ini ada dalam diri saudara karena ada hujan awal dan hujan akhir yang turun, maka tidak ada alasan bagj Tuhan untuk tidak melindungi saudara. Berarti hujan akhir ini sangat penting karena mengundang Tuhan untuk melindungi saudara. Jangan kita menjadi umat Tuhan yang tidak mengerti rencana Allah. Kalau tiga hal ini tidak ada maka itu juga menjadi alasan Tuhan untuk tidak melindungi sadara.

Bagaimana gandum, anggur dan minyak bisa ada? Karena ada hujan akhir yaitu Firman pengajaran yang keras yang mematangkan rohani saudara.

Apa alasan Tuhan untuk melindungi?
Wahyu 6:5-6
6:5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Ketika dunia ini mengalami kelaparan yang berat maka semua orang akan diransum, makanannya ditakar. Kalau kuda hitam sudah dilepas maka kelaparan akan terjadi di seluruh dunia, kita mau lari ke mana? Tetapi saudara tidak akan kena kelaparan kalau mempunyai gandum, anggur dan minyak. Bagaimana mau mempunyainya kalau tidak ada hujan? Itu sebabnya sekarang kita harus meminta. Sebenarnya tujuan Tuhan menyuruh meminta sebab Tuhan mau melindungi kita.Berarti kalau orang meminta hujan akhir berarti dia punya kerinduan hati dan sudah siap untuk dilindungi oleh Tuhan yang memerintahkan untuk meminta.

Sayang kalau saudara tidak punya minat, keadaan saudara kelak akan parah. Selama 3,5 tahun aniaya antikristus semuanya diransum dan dijatah. Itu sebabnya jangan kita main-main. Orang Filistin sebenarnya dilawati oleh Tuhan tetapi roh cuek mereka tinggi sekali terhadap Tuhan. Sekalipun sudah melihat orang Israel dan orang Libanon hiruk pikuk di Yafo untuk membawa kayu-kayu untuk membangun Bait Allah tetapi mereka tidak mau terlibat. Petrus datang di Yope tetapi mereka cuek dan tidak peduli. Tukang menjahit di Yope yang bernama Dorkas meninggal dan mereka melihat bagaimana kuasa Tuhan melalui Petrus membangkitkannya tetapi mereka cuek. Ini bahayanya kalau Kristen cuek terhadap rencana Allah, hukamannya akan besar sekali.

Tuhan sudah siap melindungi saudara itu sebabnya saudara harus meminta, berarti saudara meminta Firman pengajaran untukmengoreksi kehidupan saudara. Kita harus menerima ini dari pada kita harus berkeliaran, menderita dan sengsara tanpa penggembalaan. Memang ada penggembalaan tetapi seperti tidak digembalakan.

Kalau ada gandum, minyak dan anggur berarti sudah jelas mendapat perlindungan dari Tuhan. Tetapi masih ada hal yang perlu kita lakukan. Karena kita beribadah kepada Tuhan berarti kita harus memberikan pelayanan, kita harus melayani.
Lukas 10:34-35
10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

Tidak mungkin dia berpergian kalau tidak makan, berarti dia mempunyai roti (gandum), minyak dan anggur. Kalau saudara meminta hujan akhir dan hasilnya saudara menikmati gandum, minyak dan anggur, itu berarti saudara mendapat jaminan Tuhan untuk dilindungi. Tetapi kita masih harus melakukan sesuatu yaitu kita harus memberikan pelayanan. Ada orang yang setengah mati karena dirampok oleh penyamun, ini yang harus kita layani.

Kalau kita mendengar ada orang merintih oleh sebab dia sengsara, apakah kita tidak perlu menolong? Pasti kita memberikan pertolongan. Jangan kita menutup mata dan menutup diri ketika mendengar ada orang yang merintih, yang mengeluh sengsara karena digarong oleh penyamun. Kita harus memberikan pelayanan dengan minyak dan anggur.

Anggur untuk diminum dan membersihkan luka. Minyak untuk diisi dalam pelita agar pelita menyala dan juga membersihkan luka. Jadi ada pelayanan keluar (minyak untuk lampu) dan ada pelayanan ke dalam (anggur untuk diminum) serta ada juga pelayanan secara bersama, minyak dan anggur itu menangani persoalan yang sama (membersihkan luka). Di sinilah pelayanan kita gereja Tuhan di akhir zaman. Apakah kita ada pelayanan ke dalam, adakah pelayanan dalam nikah kita, masihkah nikah kita dalam suasana harmonis. Apakah anak muda hubungannya dengan Tuhan makin indah atau makin mesra dengan Tuhan? Kenyataannya banyak anak muda ketika beranjak dewasa hubungannya sudah tidak mesra lagi dengan Tuhan. Awas kalau terus seperti itu akan berhadapan dengan setan besar yaitu antikristus.

Semoga pelayanan kita ke dalam makin mantap dan pelayanan ke luar juga makin mantap. Ada juga pelayanan secara bersama pada satu pokok. Karena memiliki pelayanan itu maka Tuhan memberikan perlindungan. Jangan hanya sekedar punya gandum, anggur dan minyak tetapi tidak mempunyai pelayanan.

Kalau ada anggur, minyak dan gandum, bagaimana ekspresi dari anak Tuhan tersebut?
Mazmur 104:15
104:15 dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Suami-suami, apakah ada anggur yang menyukakan hati dan dinikmati serta dirasakan oleh istrimu. Istri-istri, apakah ada anggur yang menyukakan hati dan dinikmati dan dirasakan oleh suamimu. Anak muda remaja apakah ada anggur yang menyukakan hati dan dinikmati oleh Tuhan yang adalah kekasihmu? Kalau ada anggur yang menyukakan hati maka ketika suami berjumpa dengan istri, mukanya pasti berseri.

Ini adalah hasil dari permohonan kita kepada Tuhan karena Tuhan mengajak kita untuk meminta hujan akhir maka Tuhan akan menyediakan gandum,anggur dan minyak dan gandum.Yang akan menikmati adalah orang yang meminta. Bukan orang lain yang akan menikmati. Karena kita mempunyai kerinduan hati maka kita meminta kepada Tuhan.

Kita semua adalah anggota Tubuh Kristus. Kalau yang satu meminta hujan akhir dan yang lain juga meminta hujan akhir maka ada konsekuansinya. Tunjukkan bahwa saudara menerima anggur, minyak dan gandum sehingga menyukakan hati orang lain dan membuat muka berseri sehingga bisa dinikmati bersama.

Apa yang membuat hujan itu tidak bisa turun?
Ulangan 11:16-17
11:16 Hati-hatilah, supaya jangan hatimu terbujuk, sehingga kamu menyimpang dengan beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya.
11:17 Jika demikian, maka akan bangkitlah murka TUHAN terhadap kamu dan Ia akan menutup langit, sehingga tidak ada hujan dan tanah tidak mengeluarkan hasil, lalu kamu lenyap dengan cepat dari negeri yang baik yang diberikan TUHAN kepadamu.

Karena tidak turun hujan maka tanah tidak mengelurkan hasil berarti tidak ada gandum, tidak ada minyak dan anggur karena hujan tidak turun. Penyebab tidak turun hujan karena ada 4 hal tadi.
1.      Terafim
Terafim adalah patung keluarga. Rahel pernah mencuri terafim bapaknya, bukan untuk dia sembah tetapi karena dia berpikir akan mendapat keuntungan dari terafim itu. Memang dia mendapatkan keuntungan tetapi kemudian kerugiannya lebih berat karena dia melahirkan dan akhirnya mati. Jadi terafim ini kelihatannya membawa keuntungan tetapi dibalik itu ada bencana. Ini jangan ada pada diri kita. Jangan ada pegangan-pegangan lain pada diri kita.

2.      Tenung
I Samuel 15:23
15:23 Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja."

Kedegilan dan keras hati inilah sering kita miliki dan kita wariskan. Tenung ini muncul di permukaan dalam gereja Tuhan di akhir zaman ini.
Yehezkiel 13:17-18
13:17 "Engkau anak manusia, tujukanlah mukamu kepada kaum perempuan bangsamu yang bernubuat sesuka hatinya saja dan bernubuatlah melawan mereka.
13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?

Tenung ini menangkap jiwa dengan macam-macam atribut yang dipakai. Ini juga yang banyak dipakai di dalam gereja Tuhan di akhir zaman, mereka mau menangkap jiwa dengan berbagai macam atribut yang digunakan. Ini tidak beda dengan nenek-nenek petenung.

Yehezkiel 13:19-21
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.
13:20 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku akan menentang tali-tali azimatmu, dengan mana kamu menangkap jiwa orang dan Aku akan mengoyakkannya dari tanganmu dan melepaskan seperti burung-burung, orang-orang yang kamu tangkap.
13:21 Aku akan mengoyakkan selubungmu dan akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan mereka tidak lagi menjadi mangsa di dalam tanganmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Akhirnya pelayanan nenek-nenek tenung ini adalah bagaikan binatang pemangsa, pelayanan mereka hanya untuk memangsa jiwa. Ini jangan sampai terjadi dalam diri kita. Dalam pelayanan jangan kita punya motivasi untuk memangsa. Istilah “memangsa” itu hanya dikaitkan dengan binatang.

3.      Mimpi-mimpi hampa
Bagaimana mau menghadap Tuhan pada pesta paskah, pesta pantekosta, pesta pondok daun-daunan kalau orang itu mempunyai tangan hampa. Impian-impian hampa sama dengan menghadap Tuhan dengan tangan hampa. Contoh mempelai wanita untuk mempelai laki-laki adalah Rut. Boas yang adalah gambara Mempelai Laki-laki Sorga tidak mengizinkan Rut pergi dengan tangan hampa. Mempelai wanita tidak boleh tangannya hampa, berarti Tuhan ingin tangan mempelaiNya ada isinya.
Rut 3:17
3:17 serta berkata: "Yang enam takar jelai ini diberikannya kepadaku, sebab katanya: Engkau tidak boleh pulang kepada mertuamu dengan tangan hampa."

Kalau gereja Tuhan hanya memiliki mimpi-mimpi hampa maka dengan apa dia menghadap Tuhan. Jangan kita memiliki impian-impian hampa.
Ulangan 16:16-17
16:16 Tiga kali setahun setiap orang laki-laki di antaramu harus menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, ke tempat yang akan dipilih-Nya, yakni pada hari raya Roti Tidak Beragi, pada hari raya Tujuh Minggu dan pada hari raya Pondok Daun. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa,
16:17 tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu."

Kita menerima hujan akhir untuk masuk dalam pesta pondok daun, jangan kita menghadap Tuhan dengan tangan hamba tetapi harus dengan gandum, anggur dan minyak yang adalah hasil turunnya hujan akhir karena kita yang meminta.

4.      Hiburan yang sia-sia
Jangan sampai kitaberibadah di gereja hanya untuk menyenangkan daging. Sebab tujuan ibadah kita untuk memangkas daging kita.

Kalau seseorang tidak mau menerima hujan dari Tuhan maka akan menerima hujan yang membawa bencana.
Kejadian 7:12
7:12 Dan turunlah hujan lebat meliputi bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya.

Keluaran 9:24
9:24 Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa.

Yosua 10:11
10:11 Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Kenapa dalam kisah Yosua ini pembelaan Tuhan begitu luar biasa padahal saat itu yang mereka tolong adalah orang Gibeon yang mendustai Yosua? Sebab mereka sudah ada ikatan janji dengan Yosua. Ketika kita sudah ada ikatan janji dengan bangsa Israel maka Tuhan tidak akan tinggal diam, Tuhan pasti membela dan melempari orang yang mengganggu saudara dengan hujan batu dari Sorga.

Tuhan begitu antusias menolong orang Gibeon dengan hujan batu atas musuh mereka padahal merekalah yang pernah menipu Yosua. Karena mereka telah mengikat janji maka bukan hanya Yosua yang membantu mereka tetapi Tuhan yang langsung membantu mereka.

Keadaan kita masa lampau mungkin sama seperti orang Gibeon yang adalah pendusta, orang yang menyembah terafim, mimpi-mimpi hampa dan hiburan yang sia-sia, tetapi kalau saudara masih sadara bahwa ada ada ikatan janji dengan umat Tuhan maka pasti akan dibela oleh Tuhan.

Buktikan saudara memiliki gandung, minyak dan anggur dengan tampil untuk menyukakan hati dan dengan muka berseri.
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Hujan ini sudah deras ditambah lebat lagi, itulah Firman pengajaran untuk menyapu bersih terfamin, tenung, mimpi-mimpi hampa dan hiburan yang sia-sia dari dalam diri kita. Anak muda remaja, jangan ketika berangkat dewasa malah meninggalkan Tuhan. Mari kita mengisi hidup kita dengan minyak, anggur dan gandum sehingga ada alasan untuk Tuhan melindungi kita.Kita berbahagiauntukselama-lamanya.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar