20150411

Kebaktian Doa, Sabtu 11 April 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Dalam gereja Tuhan, Tuhan sudah mengatur sistem yaitu dengan sistem Sorga di mana lewat pelajaran Firman Tuhan yang dibukakan rahasianya maka kita ada dalam pelayanan tiga macam ibadah, bukan tiga kali ibadah yaitu:
1.      Ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan suci yang ditunjukkan kena Meja Roti Sajian di mana kita bersekutu dengan Anak Allah lewat Firman Pengajaran dan Perjamuan suci
2.      Ibadah Raya yang ditunjukkan kena Kaki Dian Emas di mana kita bersekutu dengan Roh Kudus dan karunia-karuniaNya.
3.      Ibadah Doa Penyembahan yang ditunjukkan kena Mezbah Dupa Emas di mana kita bersekutu dengan Allah Bapa dalam kasihNya. Mezbah Dupa Emas adalah alat yang paling dekat dengan pintu tirai. Tingginya dua hasta, lebar dan panjangnya sama yaitu satu hasta. Dua hasta menunjuk kita menyembah kepada Tuhan dengan kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama. Panjang satu hasta dan lebarnya satu hasta artinya kita hanya menyembah pada satu Allah yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Amos 9:1-6 (Penglihatan kelima: Tuhan dekat mezbah)
9:1 Kulihat Tuhan berdiri dekat mezbah, dan Ia berfirman: "Pukullah hulu tiang dengan keras, sehingga ambang-ambang bergoncang, dan runtuhkanlah itu ke atas kepala semua orang, dan sisa-sisa mereka akan Kubunuh dengan pedang; tidak seorang pun dari mereka akan dapat melarikan diri, dan tidak seorang pun dari mereka akan dapat meluputkan diri.
9:2 Sekalipun mereka menembus sampai ke dunia orang mati, tangan-Ku akan mengambil mereka dari sana; sekalipun mereka naik ke langit, Aku akan menurunkan mereka dari sana.
9:3 Sekalipun mereka bersembunyi di puncak gunung Karmel, Aku akan mengusut dan mengambil mereka dari sana; sekalipun mereka menyembunyikan diri terhadap mata-Ku di dasar laut, Aku akan memerintahkan ular untuk memagut mereka di sana.
9:4 Sekalipun mereka berjalan di depan musuhnya sebagai orang tawanan, Aku akan memerintahkan pedang untuk membunuh mereka di sana. Aku akan mengarahkan mata-Ku kepada mereka untuk kecelakaan dan bukan untuk keberuntungan mereka."
9:5 Tuhan ALLAH semesta alamlah yang menyentuh bumi, sehingga bergoyang, dan semua penduduknya berkabung, dan seluruhnya naik seperti sungai Nil, dan surut seperti sungai Mesir;
9:6 yang mendirikan anjung-Nya di langit dan mendasarkan kubah-Nya di atas bumi; yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya.

Kalau kita melihat penglihatan yang kelima, ini adalah pembalasan dari Tuhan yang tidak bisa ditawar-tawar oleh siapapun. Pada penglihatan yang pertama yaitu belalang dan penglihatan yang kedua yaitu api yang membakar, masih ada hamba Tuhan yang bisa menahan murka Tuhan. Tetapi pada penglihatan yang kelima ini tidak ada lagi upaya hamba Tuhan untuk menahan murka Tuhan.

Di sini ada perintah yang sangat jelas Pukullah hulu tiang dengan keras, sehingga ambang-ambang bergoncang, dan runtuhkanlah itu ke atas kepala semua orang”. Dalam pelajaran Tabernakel ambang pintu kena mengena pekerjaan Roh ElKudus.
Yehezkiel 47:1-2
47:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh, ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah selatan mezbah.
47:2 Lalu diiringnya aku ke luar melalui pintu gerbang utara dan dibawanya aku berkeliling dari luar menuju pintu gerbang luar yang menghadap ke timur, sungguh, air itu membual dari sebelah selatan.

Bukan berarti pribadi Roh Kudus yang kita pukul. Tetapi yang dimaksud oleh Tuhan di sini, dengan goncangan ambang pintu di sini, itu adalah reaksi dari Roh Kudus yang mengambil satu sikap permusuhan. Roh Kudus tidak lagi bersikap untuk menolong, padahal Roh Kudus itu tujuannya untuk menolong, menghibur dan menguatkan. Tetapi kali ini tidak lagi sebab umat Israel sudah keterlaluan, mereka sudah memberontak dengan terang-terangan, tidak ada lagi rasa gentar kepada Tuhan.

Kalau Roh Kudus ini menjadi musuh maka Dia bukan hanya sekedar musuh melainkan musuh yang aktif.
Yesaya 63:10
63:10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka (dengan aktif).

Kita harus berhati-hati. Kita berada pada zaman Roh. Pada zaman Roh ini kita banyak melihat orang mengedepankan Roh Kudus. Itu tidak salah namun Roh Kudus tidak bekerja sendiri. Roh Kudus bekerja sama dengan Firman bahkan Dia memuliakan Firman yang jadi daging (manusia).


Yohanes 16:14
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Kadang banyak gereja salah kaprah, mereka memuliakan Roh Kudus. Padahal Roh Kudus dikirim agar kita memuliakan Yesus, memuliakan Firman. Yesus adalah Firman yang menjadi manusia. Firman itu yang dimuliakan oleh Roh Kudus dan harus dimuliakan oleh anak Tuhan.

Dalam kitab nabi Amos, umat Israel terus menerus dikoreksi oleh Tuhan lewat FirmanNya tetapi mereka abaikan. Akhirnya Roh Kudus yang datang untuk menolong mereka sekarang menjadi musuh mereka. Ini sangat berbahaya, jangan terjadi dalam diri kita.

Roh Kudus jangan hanya sekedar dijadikan hiasan rohani. Dalam gereja Tuhan di hari-hari terakhir ini ada kesalahpamahan dalam persoalan itu. Pekerjaan Roh Kudus hanya dijadikan suatu hiasan, hanya dijadikan sesuatu untuk melegalkan bahwa dia adalah anak Tuhan. Roh Kudus bukan hanya sekedar sebagai penghibur saja tetapi apakah benar kita diarahkan untuk bersekutu dengan Firman yang menjadi daging? Jadi mempelai wanita untuk Kristus?
Yohanes 16:13
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Kebenaran itu menyucikan.
Yohanes 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Kalau memimpin kita pada seluruh kebenaran maksudnya supaya kita mengalami proses terus menerus dalam penyucian sampai sempurna. Itu pekerjaan Roh Kudus, penyucian yang Dia galakkan lewat pekerjaan Firman pengajaran.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Yohanes 16:14
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Roh Kudus memuliakan Yesus (Firman yang menjadi daging/ Firman menjadi manusia). Kalau seseorang mengatakan ada Roh Kudus tetapi dia tidak mengerti Yesus yang adalah Firman yaitu Mempelai Laki-laki Sorga, berarti bukan Roh Kudus yang dia miliki itu. Kalau Roh Kudus, orang itu pastti tahu arahnya yaitu melihat Firman yang menjadi daging, itulah Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Tujuannya supaya oleh pekerjaan Firman dan Roh Kudus, Firman itu menjadi darah dan daging kita.

Kalau seseorang mau memakai hiasan tentu akan mandi lebih dahulu. Kalau sekarang ini gereja Tuhan terbalik, mereka memakai hiasan tetapi tidak pernah mandi. Mereka memakai hiasan karunia-karunia Roh Kudus padahal tidak pernah mandi air Firman Allah/ digarap oleh Firman Pengajaran.

Sistem sorga kita mandi dulu baru memakai hiasan.
Yehezkiel 16:8
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Ini bahasa romantisnya Tuhan kepada gereja Tuhan. Lebih dahulu Tuhan memandikan kita.
Yehezkiel 16:9
16:9 Aku membasuh engkau dengan air untuk membersihkan darahmu dari padamu dan Aku mengurapi engkau dengan minyak.

Karena kita ini Tuhan punya maka Dia berkepentingan membasuh kita. Masakan dari pihak Tuhan ingin membasuh kita lalu kita mengelak dan hanya suka yang disebutkan pada ayat 10 yaitu hiasan-hiasan.
Yehezkiel 16:10
16:10 Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.

Pakaian berwarna-warna ini adalah karunia-karunia Roh Kudus. Sandal kulit lumba-lumba diberikan supaya perjalanannya benar-benar ada kekuatan untuk hidupnya tidak diganggu atau digerogoti oleh dunia ini. Ada landasan yang kuat untuk tidak disedot/ ditarik oleh dunia.



Yehezkiel 16:11
16:11 Dan Aku menghiasi engkau dengan perhiasan-perhiasan dan mengenakan gelang pada tanganmu dan kalung pada lehermu.

Mandi dulu baru kita memakai aksesoris. Jangan kita hanya mengejar karunia-karunia Roh Kudus, tetapi tidak mandi. Karunia-karunia Roh Kudus itu baik tetapi mandi itu yang utama. Sebab kalau kita tidak mandi air Firman Allah, suatu saat Roh Kudus ini akan berduka, kalau terus berduka Roh Kudus akan padam dan kalau padam bisa menjadi musuh yang aktif.

Firman Tuhan tidak perlu kita ragukan sebab telah diuji tujuh kali. Tetapi karunia-karunia roh masih harus kita seleksi apakah benar itu Roh Kudus atau roh yang lain. Kalau Roh Kudus berubah menjadi musuh maka Dia akan terus mengusut dan tidak akan diam, kita tidak akan bisa lari. Agar kita tidak menjadi musuh Roh Kudus dan Roh Kudus menjadi musuh yang aktif maka kita harus memperhatikan Firman yang menyucikan. Utamanya dalam kitab nabi Amos, mulai dari pasal 2 jangan kita menolak Firman. Pasal 5, kalau Tuhan sudah menunjukkan lokasi di mana kita beribadah jangan kita tolak. Tuhan menunjukkan 3 lokasi yang jangan kita ke sana, kalau Tuhan larang jangan tetapi diterobos saja itu sikap pelecehan Firman Allah.
Amos 5:5-6
5:5 Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap."
5:6 Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Jangan beribadah ke Betel artinya jangan beribadah kepada Tuhan tetapi disandingkan dengan lembu emas. Jangan ke Gilgal. Gilgal artinya lingkaran, maksudnya jangan ibadah kita hanya terputar-putar dan tidak pernah maju, jangan pengenalan tidak pernah maju. Jangan kita ke Bersyeba. Bersyeba artinya janji, jangan kita beribadah hanya banyak janji-janji tetapi tidak ada realisasinya atau hanya inginkan janji Tuhan tetapi tidak mau disucikan.
2 Korintus 7:1
7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Amos 9:1
9:1 Kulihat Tuhan berdiri dekat mezbah, dan Ia berfirman: "Pukullah hulu tiang dengan keras, sehingga ambang-ambang bergoncang, dan runtuhkanlah itu ke atas kepala semua orang, dan sisa-sisa mereka akan Kubunuh dengan pedang; tidak seorang pun dari mereka akan dapat melarikan diri, dan tidak seorang pun dari mereka akan dapat meluputkan diri.

Tuhan berdiri dekat mezbah berarti Tuhan serius dengan ibadah kita. Mezbah Korban bakaran adalah dasar ibadah kita. Tanpa mezbah Korban Bakaran tidak ada keselamatan, tanpa mezbah Korban Bakaran kita tidak akan mengerti rencana Allah. Tuhan berdiri dekat mezbah, Tuhan melihat kehidupan orang yang beribadah. Tuhan berdiri dekat mezbah karena itulah karyaNya untuk menyelamatkan kita. Tuhan berdiri di dekat Mezbah sebab oleh itulah rahasia Firman Tuhan dibuka. Kalau kita tidak serius dengan hal ini maka itu berbahaya sama dengan mendatangkan murka Allah.

Pekerjaan penyelamatan Tuhan untuk kita umat manusia yang telah kehilangan kemuliaan Tuhan adalah lewat Mezbah Korban Bakaran/ lewat salib Golgota. Itu mezbah Tuhan yang paling mulia yaitu salib Golgota. Di Mezbah Korban Bakaran domba disembelih, dulu adalah domba dan sekarang ini adalah Yesus sendiri. Tujuan paling tinggi dari Mezbah Korban Bakaran adalah membukakan rahasia Firman. Lewat korban sembelihan yaitu Anak Domba Allah yaitu Yesus Kristus maka meterai itu dibuka atau rahasia Firman dibuka bagi kita.

Kalau sekarang ini ada orang yang mengolok-olok pembukaan rahasia Firman itu sama dengan dia menghina mezbah Korban Bakaran, sama dengan dia menghina Korban Kristus. Apakah dia hamba Tuhan, pelayaan Tuhan, pendeta besar atau kecil, kalau dia mengolok pembukaan rahasia Firman itu sama dengan menista korban Kristus. Orang seperti itu akan berhadapan dengan Roh Elkudus menjadi musuh yang aktif.

Pembukaan rahasia Firman itu tidak terlalu rumit tujuannya. Rahasia Firman Allah yang paling dalam dan paling mendasar adalah rahasia nikah Kristus dan gerejaNya. Kristus berkorban untuk mendapatkan kita sehingga Tuhan mengatakan “engkau Aku punya”. Bagaimana Tuhan mendapatkan kita sehingga Tuhan mengatakan “engkau Aku punya”?
I Korintus 6:20
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!(dan rohmu juga yang duanya adalah milik Allah).

I Korintus 6:20 (Terjemahan Inggris)
6:20 For ye are bought with a price: therefore glorify God in your body, and in your spirit, which are God's.
I Korintus 3:23;7:23
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.
7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Sekarang kita tahu bahwa kita adalah miliknya Tuhan yang telah dibeli oleh Tuhan dengan darahNya secara tunai di Mezbah Korban Bakaran. Oleh karena kita dimiliki oleh Tuhan maka kita bertanya-tanya kenapa Tuhan membeli kita? Itu sebabnya sekarang Tuhan membuka alasannya mengapa Dia membeli kita dengan berkorban tubuh, jiwa dan rohNya untuk mendapatkan kita. Tujuannya supaya kita dimiliki dan diciptakan oleh Tuhan menjadi tubuhNya, menjadi Mempelai wanitaNya. Kalau ada Adam yang pertama mempunyai Hawa maka Yesus sebagai  Adam yang akhir harus mempunyai Hawa yang akhir itulah gereja Tuhan/ sidang mempelaiNya.

Sekarang di pertanyakan apakah saudara memposisikan dirimu ke sana atau tidak. Apakah saudara berjalan untuk memenuhi selera Tuhan ini atau tidak. Atau di tengah perjalanan kita malah memberontak. Itu sama dengan hanya mengundang murka Tuhan dalam kehidupan saudara.

Jadi tujuan pengorbanan Yesus di Golgota adalah supaya rahasia Allah yang tersembunyi berabad-abad turun temurun dibukakan kepada kita.
Kolose 1:24
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

Bukan berarti penderitaan Yesus itu tidak lengkap dan masih kurang dan masih perlu ditambah tusukan paku atau lembing. Bukan itu maksudnya. Rasul Paulus mengatakan yang masih kurang dari penderitaan Yesus adalah belum ada sidang mempelaiNya. Penderitaan Yesus tidak kurang tetapi yang dia gumuli yang dirindukan untuk digenapkan dalam dagingnya adalah supaya apa yang belum diperoleh oleh Yesus dalam pengorbananNya itu agar segera diperoleh yaitu TubuhNya, mempelai wanitaNya. Ini memicu kami hamba Tuhan, sebab tugas tanggung jawab kami untuk mengisi apa yang masih kurang pada Kristus yaitu untuk membawa sidang jemaat yang dipercayakan dalam pelayanan untuk mengisi apa yang masih kurang pada Kristus yaitu dengan menghadirkan sidang Mempelai WanitaNya.

Efesus 1:23 (Terjemahan Lama)
1:23 sedang sidang itu menjadi tubuh-Nya, yaitu kegenapan Dia, yang menggenapi semuanya di dalam sekalian.

Seakan-akan Yesus belum sempurna tanpa kita. Kepala tanpa tubuh itu belum sempurna. Tubuh tanpa kepala itu juga belum sempurna. Sebagai hamba Tuhan itu yang harus kami gumuli yaitu untuk menggiring jemaat lewat Firman, Roh dan KasihNya untuk mengisi apa yang masih kurang pada Yesus. Yesus kepala dan belum menemukan tubuhNya, masakan kita diam saja ini tugas hamba Tuhan yang paling utama.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Ini Tuhan tunjukkan kepada kami agar kami hamba Tuhan di akhir zaman memperjuangkan hal ini. Kalau hamba Tuhan hanya memikirkan persoalan yang jasmani berarti dia adalah hamba daging. Tuhan sudah membeli kita, jangan kembali menjadi hamba daging/ manusia.
I Korintus 7:23
7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Kolose 1:25
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,

Rasul Paulus dengan dorongan Roh Kudus dipercayai Tuhan untuk melayani jemaat dan untuk meneruskan Firman sepenuhnya. Kita harus mengerti pengertian Firman sepenuhnya jangan hanya sekedar slogan. Yang dikatakan Firman sepenuhnya adalah Firman yang menampilkan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga (kepala) yang rindu mendapatkan Tubuh dan firman itu menggarap sidang jemaat untuk menjadi Tubuh Kristus dan Firman yang arahnya untuk membangun sidang mempelai, itulah Firman sepenuh. Kalau tidak ada pada koridor ini, apapun label yang dipakai untuk mengatakan injil sepenuh, sebenarnya itu tidak penuh. Kalau menampilkan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga kepala dari gereja Tuhan yang merindu mendapatkan mempelai wanitaNya juga Firman itu menggarap umat Tuhan untuk menjadi Mempelai WanitaNya maka itulah injil sepenuh.

Kolose 1:26
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.

Jadi rahasia Firman Tuhan itu dibuka di tengah-tengah kita bangsa kafir. Sebenarnya kita bangsa kafir sekarang harus berbahagia. Tidak pernah Tuhan mempercayakan Firman kepada bangsa kafir. Apa yang dahulu kita lakukan yaitu adat istiadat tidak boleh kita sejajarkan dengan Firman karena Firman hanya dipercayakan kepada orang Yahudi. Firman yang dipercayakan kepada orang Yahudi rahasianya dibukakan Tuhan kepada kita bangsa kafir, kita harus sambut dengan penuh sukacita.

Itu sebabnya kita sangat berbahagia, di tengah-tengah kehidupan bangsa kafir Tuhan membuka isi hatiNya. Ibarat seorang jejaka yang sangat cinta pada seorang gadis dan dia membuka semua isi hatinya kepada calon istrinya.

Bukti Firman hanya dipercayakan kepada orang Yahudi.
Roma 3:1-3
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?

Firman hanya dipercayakan kepada keturunan Yakub dan tidak pada bangsa-bangsa lain.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Tetapi rahasia Firman kepada kita bangsa kafir. Kalau Tuhan membukakan rahasia Firman itu tanda Tuhan memperhatikan ibadah kita. Jangan tunggu Tuhan ada di samping mezbah justru datang untuk menghukum sebab tidak hargai ibadah/ pelayanan.

Kolose 1:27-28
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Yesus yang tadinya kelihatan masih ada yang kurang dalam diriNya kita lengkapi dengan hadirnya yang sudah digarap Firman Pengajaran sehingga terjadi kesatuan Kepala dan Tubuh  (sempurna).
Efesus 1:22-23
1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.
1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Rahasia nikah Kristus itu kita dapati di dalam ibadah. Jangan saudara berpikir bisa mengerti rahasia Kristus tanpa ibadah sebab rahasia Kristus itu dibuka karena mezbah korban bakaran. Biarlah kita umat Tuhan memperhatikan ibadahnya.

I Timotius 3:14-15
3:14 Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau.
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Kita diatur sebagai anggota keluarga Allah bukan lagi anggota keluarga dunia.

I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Rasul Paulus menasihati kita supaya berprilaku sebagai anggota keluarga Allah dan itu disampaikan dalam rahasia ibadah. Rahasia nikah dan rahasia ibadah itu justru Tuhan buka kepada kita bangsa kafir. Keterlaluan kita bangsa kafir! Sementara Tuhan begitu mengasihi kita membukakan rahasia nikah dan rahasia ibadah tetapi orang Kristen dari bangsa kafir ini menutup diri tidak mau tahu.

Kalau saudara memikirkan bahwa ibadah itu bukan suatu permainan, ibadah itu adalah suatu kewajiban sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan maka itu sudah tanda-tanda bahwa diri saudara adalah orangnya Tuhan. Dua rahasia yang besar ini jangan kita entengkan itu sebabnya Tuhan berdiri dekat mezbah.

Tuhan menyuruh memukul ambang pintu sampai bergetar. Berarti benar-benar pekerjaan Roh Kudus dihentikan oleh Tuhan dan yang ada hanya murka Tuhan. Roh Kudus tampil bukan lagi untuk menghibur dan mengajar kita untuk mengenal Yesus tetapi tampil menjadi musuh yang aktif. Ini jangan sampai terjadi pada kita. Saya bergumul, jangan sampai menjadi hamba Tuhan yang justru status musuh Tuhan, kasihan sidang jemaat. Jangan sampai pembukaan rahasia Firman Allah itu malah diolok dan diremehkan.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar