20150419

Kebaktian Umum, Minggu 19 April 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Roma 15:4
15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

Semua yang telah ditulis bermanfaat untuk memberikan kita pengharapan, utama kita gereja Tuhan yang hidup di akhir zaman. Jangan kita menjadi umat Tuhan yang tidak minat untuk membaca Firman Tuhan. Dalam Wahyu 1:3 dikatakan membaca dan mendengar saja sudah berbahagia.

Baptisan adalah langkah awal sebagai stempel dari Sorga. Sebelum kita lahir baru, kita dilahirkan oleh ibu dan hanya cocok di dunia, tidak cocok di Sorga. Tetapi setelah kita lahir baru, lahir dalam keluarga Allah maka kita cocok di Sorga dan tidak cocok di dunia. Itu sebabnya setelah kita cocok di Sorga dan tidak cocok di dunia makanya banyak yang membenci kita karena kita tidak berasal dari dunia.
Yohanes 15:19
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Menjadi keluarga Allah adalah startnya untuk kita menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Jadi kita harus menjadi dulu keluarga Allah. Kita menjadi keluarga Allah melalui proses kelahiran baru, setelah itu kita tapaki perjalanan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Jangan cuma puas menjadi keluarga Allah, sudah lahir baru. Jangan menganggap itu sudah langkah akhir, keliru sekali kalau orang Kristen berpikir seperti itu. Kelahiran baru adalah langkah awal untuk kita melangkah maju untuk mencapai apa yang disebut menjadi Tubuh Kristus atau menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

Kejadian 24:1-7
24:1 Adapun Abraham telah tua dan lanjut umurnya, serta diberkati TUHAN dalam segala hal.
24:2 Berkatalah Abraham kepada hambanya yang paling tua dalam rumahnya, yang menjadi kuasa atas segala kepunyaannya, katanya: "Baiklah letakkan tanganmu di bawah pangkal pahaku,
24:3 supaya aku mengambil sumpahmu demi TUHAN, Allah yang empunya langit dan yang empunya bumi, bahwa engkau tidak akan mengambil untuk anakku seorang isteri dari antara perempuan Kanaan yang di antaranya aku diam.
24:4 Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku."
24:5 Lalu berkatalah hambanya itu kepadanya: "Mungkin perempuan itu tidak suka mengikuti aku ke negeri ini; haruskah aku membawa anakmu itu kembali ke negeri dari mana tuanku keluar?"
24:6 Tetapi Abraham berkata kepadanya: "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana.
24:7 TUHAN, Allah yang empunya langit, yang telah memanggil aku dari rumah ayahku serta dari negeri sanak saudaraku, dan yang telah berfirman kepadaku, serta yang bersumpah kepadaku, demikian: kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri ini -- Dialah juga akan mengutus malaikat-Nya berjalan di depanmu, sehingga engkau dapat mengambil seorang isteri dari sana untuk anakku.

Abraham memberikan persyaratan untuk menikahkan anaknya yang bernama Ishak. Abraham adalah gambaran Allah Bapa. Ishak gambaran anak Allah. Dan hamba yang sudah lama pada Abraham yaitu Eliezer adalah gambaran Roh Kudus karena arti nama Eliezer adalah Allah penolong.

Abraham menginginkan anaknya Ishak untuk segera menikah. Usia Ishak pada waktu itu adalah 40 tahun. Kalau Ishak menggambarkan Yesus maka kalau dihitung usia Yesus sejak Dia datang sebagai manusia seperti kita ini kurang lebih 2000 tahun. 40 x tahun Yobel (50 tahun) = 2000 tahun. Jadi sekarang ini pernikahan Kristus dengan gerejaNya sudah di ambang pintu.

Segala yang ada pada Abraham telah diberikan secara penuh kepada Ishak. Ini juga yang dikatakan oleh Yesus.
Matius 28:18
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Ketika Eliezer sampai di rumah Betuel dia menceritakan segala kekayaan tuannya. Gereja Tuhan sekarang ini menghadapi situasi yang sangat kritis, kalau kita tidak menjadi Mempelai Wanita Tuhan yaitu istri Anak Domba Allah yang digambarkan seperti Rahel menjadi istri Ishak maka gawatlah keadaan kita karena tidak ada yang akan melindungi. Sebab yang akan dilindungi oleh kepala hanyalah tubuh. Yang akan dilindungi oleh Yesus sebagai Kepala gereja hanyalah Mempelai Wanita yang adalah tubuhNya.
Daniel 7:9
7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

Kenapa Daniel melihat yang lanjut usia? Itulah Allah Bapa yang dalam Kejadian pasal 24 digambarkan oleh Abraham.
Kejadian 24:1
24:1 Adapun Abraham telah tua dan lanjut umurnya, serta diberkati TUHAN dalam segala hal.

Daniel 7:13-14
7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Legitimasi diserahkan Bapa kepada yang disebut Anak Manusia itulah Yesus. Itu sebabnya ketika Yesus bangkit dari kubur Dia mengatakan segalah kuasa di sorga dan di bumi diserahkan oleh Bapa kepadaNya.

Daniel 7:21-22,25
7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka,
7:22 sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan.
7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Ayat 25 adalah tampilnya antikristus. Jadi seiring penyerahan wewenang kepada Yesus maka tampillah antikristus. Antikristus ini mengubah waktu. Sekarang ini di Aceh walaupun hari minggu mereka tetap bekerja, lama kelamaan seluruh dunia akan merubah waktu sehingga orang Kristen sulit untuk beribadah.

Syarat dari Abraham untuk menjadi istri Ishak adalah:
1.      Harus dari keluarga Abraham
Persyaratan awal adalah harus keluarga Abraham. Berarti kehidupan yang telah lahir dalam keluarga Allah. Jadi syarat awal yang harus kita lalui adalah kelahiran baru lewat baptisan air. Baptisan air ini bukan persyaratan gereja tetapi persyaratan sorga yang harus kita lakukan pas dengan kehendak Sorga. Kita tidak boleh meringankan baptisan air dan berbuat sesukanya. Kita harus mengikuti Yesus sebagai Kepala, bagaimana Dia dibaptis.

Syarat baptisan harus ditenggelamkan di dalam air, itu namanya pengkuburan dan juga adalah kebangkitan. Itu sebabnya dalam pembaptisan itu dilafalkan “Aku baptiskan engkau demi nama Bapa, Anak Laki-laki dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus. Mati serta Yesus dan bangkit serta Yesus”. Itu baru pas dan bukan asal.

Ini persyaratan yang mutlak sehingga ada wanti-wanti dari yang lanjut usia itu bahwa jangan mengambil dari yang lain tetapi harus dari keluarganya, artinya harus orang yang telah lahir baru.
Keluaran 24:4
24:4 Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku."

Sanak saudara ini adalah kehidupan yang telah lahir baru dan masuk dalam koridor keluarga Allah. Kita masuk dalam keluarga Allah melalui baptisan air tetapi jangan puas sampai di situ, sebab tujuan Abraham untuk Ishak anaknya tidak berhenti sampai di situ.

Ibrani 2:11
2:11 Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Abraham menikahkan Ishak pada usia 40 tahun. Ini menunjuk 40 yobel. Dari kelahiran Yesus di dunia sampai kedatanganNya yang kedua waktunya kurang lebih 2000 tahun atau 40 yobel. Berarti kita ada pada suasana sudah dekat di ambang pintu. Apakah kita sudah siap atau tidak sebab ada hal-hal yang bisa mencelakakan. Ada juga yang menikah dalam usia 40 tahun namanya Esau, tetapi malah mencelakakan. Jangan menggenapi angka 40 yang mencelakakan saudara tetapi angka 40 yang memberkati saudara. 40 hari Tuhan menurunkan hujan untuk menghancurkan semua yang bernafas di atas bumi ini, itu angka yang mencelakakan bagi mereka.

Kejadian 7:17
7:17 Empat puluh hari lamanya air bah itu meliputi bumi; air itu naik dan mengangkat bahtera itu, sehingga melampung tinggi dari bumi.

Lewat pola Firman Allah, lewat pola ibadah maka saudara tidak akan diarahkan pada kegenapan yang mencelakakan tetapi justru untuk menerima berkat yang luar biasa yaitu jumpa dengan Yesus Mempelai Pria Sorga.

Ketika bangsa Israel mau berperang dengan orang Filistin mereka ditantang habis-habisan oleh orang Filistin karena ada algojo mereka di situ yaitu seorang raksasa, namanya Goliat dari Gat. Setiap hari mereka hanya berbaris, kalau Goliat muncul mereka lari. Selama 39 hari mereka hanya baris berbaris. Tetapi pada hari ke 40 Daud muncul dan hari itu Goliat tumbang. Angka 40 yang paling positif bagi kita menjelang masuk pada pesta nikah gereja dengan Yesus, kita harus menghancurkan Goliat yang menunjuk daging kita sendiri. Jangan sampai angka 40 yang dialami bukan daging kita yang hancur tetapi malah kita yang dimusnahkan oleh Tuhan.

Kelahiran baru kita adalah tanda ketaatan kita yang akan kita tumbuh kembangkan sampai kita duduk bersanding dengan Ishak. Itu yang Tuhan inginkan dalam kehidupan kita, dari pada kita nantinya bertemu dengan penguasa yang lebih dari pada Goliat itulah antikristus. Sebabnya mari kita isi kehidupan kita bagaimana untuk menyikapi perjalanan gereja Tuhan, mau ke mana sidang jemaat diarahkan.

Untuk mendapatkan istri bagi Ishak ada yang pegang peran, namanya adalah Eliezer. Karena Eliezer telah diberikan mandat untuk itu maka dia berbicara kekuasaan dari Ishak.
Kejadian 24:36
24:36 Dan Sara, isteri tuanku itu, sesudah tua, telah melahirkan anak laki-laki bagi tuanku itu; kepada anaknya itu telah diberikan tuanku segala harta miliknya.

Ini sama seperti Yesus yang mendapatkan kelimpahan kekuasaan di sorga dan di bumi.
Matius 28:18
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Apakah Tuhan hanya mempromosikan ini? Tidak! Ada tujuan yang Tuhan maksudkan dalam ucapan ini. Itu sebabnya sesudah Yesus mengatakan ini maka ada perintah untuk mencari Ribka, mencari mempelaiNya lewat penginjilan dilanjut dengan pengajaran. Eliezer akhir zaman ini harus bergerak dalam urapan Roh Kudus untuk mendapatkan Ribka. Siapa Ribka itu nantinya? Itulah gereja yang paham persis apa statusnya.

Matius 28:19
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Manusia mau direkrut dan mau dibawa pada kelahiran baru. Nama Bapa adalah Tuhan, nama Anak adalah Yesus dan nama Roh Kudus adalah Kristus. Harus jelas siapa namanya.

Matius 28:20
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Setelah ada meterai nama maka proses selanjutnya adalah diajar. Pengajaran itu seperti yang Yesus ajarkan berarti pas dengan selera sorga, jangan ajar yang tidak disuruh. Ajarannya dikawal, pemberitanya juga dikawal. Jadi setalah lahir baru tidak tinggal diam tetapi ditingkatkan pada ajaran.

2.      Bukan Ishak yang mengikut perempuan tetapi perempuan itu yang mengikut Ishak
Kejadian 24:5-6
24:5 Lalu berkatalah hambanya itu kepadanya: "Mungkin perempuan itu tidak suka mengikuti aku ke negeri ini; haruskah aku membawa anakmu itu kembali ke negeri dari mana tuanku keluar?"
24:6 Tetapi Abraham berkata kepadanya: "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana.

Artinya bukan Yesus yang mengikuti gereja Tuhan tetapi gereja Tuhan yang harus mengikuti Tuhan Yesus. Tetapi banyak gereja yang memaksakan Yesus ikut mau mereka, (Firman yang ikut gereja) ini salah besar.
Contoh: I Timotius 3:1-2
3:1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,
Gembala itu harus seorang suami, bukan istri yang menjadi gembala. Berarti gembala itu seorang laki-laki, bukan perempuan. Kalau syarat gembala sudah salah bagaimana selanjutnya. Itu sudah tidak pas dengan syarat yang ditetapkan oleh yang lanjut usia dalam Kejadian 24:5-6. Gereja harus tunduk kepada Firman bukan Firman yang tunduk kepada gereja! Jangan kita abaikan hal ini. Ini persyaratan mutlak yang tidak boleh ditawar-tawar oleh siapapun sebab ini adalah ketetapan Sorga.

Ketika Tuhan Yesus dipermuliakan di atas gunung yang tampil di sana adalah Musa dan Elia. Kenapa bukan Henokh yang tampil padahal dia adalah orang yang pertama diangkat hidup-hidup Tuhan ke Sorga? Sebab Henokh tidak ada kesaksian dalam pelayanan bahwa dia ditantang (dilawan) oleh banyak orang. Henok punya istri, anak dan cucu tetapi dia tidak ada kendala untuk bergaul dengan Tuhan. Tetapi Musa dan Elia menghadapi tantangan luar biasa baik dari dalam maupun dari luar. Musa berkali-kali mau dilempari dengan batu oleh bangsa Israel. Elia mendapat tantangan yang sangat berat dari seorang wanita yang namanya Izebel sehingga Elia harus lari dan minta-minta mati kepada Tuhan hanya karena digertak oleh Izebel.

Jadi keduanya mempunyai pengalaman dalam pelayanan dan ini menjadi dorongan bagi kami bahwa kalau kami melayani pasti kami mendapatkan tantangan tetapi sebagaimana Tuhan membela Musa dan Elia begitu juga Tuhan masih membela kami.

Tidak mungkin kita mampu menginjil dan mengajar tanpa penyertaan Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 2:1-4
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Tuhan lebih dahulu menyiapkan gembala dan kurang lebih 50 hari kemudian lahirlah jemaat. Gembala ini yang lebih dahulu disiapkan dan ada konsep dari Sorga dengan angka 153. Jadi seorang gembala harus paham dulu apa itu angka 153 yaitu Tabernakel. Kalau menjadi gembala tidak mengerti Tabernakel itu sangat lemah/ salah di hadapan Tuhan. Dia harus mengerti dulu apa itu Sorga lewat sorga mini (Tabernakel).

100 hasta panjang Tabernekal
50 hasta lebar Tabernakel
3 adalah tingkatan Tabernakel yaitu halaman, ruangan suci dan ruangan maha suci.

Ketika Petrus diangkat menjadi gembala lebih dahulu dihadapkan dengan angka 153 ini yaitu Tabernekal. Gembala harus paham/ harus mantap akan hal ini sebab nantinya akan dipercayakan jemaat untuk digembalakan supaya kelak menikmati sorga mini. Kalau seorang gembala tidak mengerti Tabernakel maka gembala itu dipertanyakan. Karena tidak paham pengajaran Tabernakel maka ketika dikonfrontir pengajaran lain gembala seperti itu akan tumbang karena tidak paham Tabernakel (sorga mini).

Sebelum jemaat dilahirkan. Yesus lebih dahulu mengangkat Petrus sebagai gembala. Petrus harus lebih dahulu mengerti angka 153 yaitu Tabernakel. Itu sebabnya begitu dia berkhotbah dia berbicara gamblang tentang Tabernakel.
Kisah Para Rasul 2:36
2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Dalam terang Tabernekal ayat ini kena pintu gerbang dan sekaligus peti perjanjian. Ketika mereka mendengar berita itu hati mereka tersentuh dan bertanya apa yang harus kami lakukan. Petrus mengatakan bertobat (menunjuk mezbah korban bakaran), beri diri dibaptis (menunjuk kolam basuhan), maka kamu akan diberikan karunia roh (menunjuk pintu kemah). Setelah mereka mendengar itu mereka memberi diri dibaptis lalu mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul (menunjuk meja roti sajian), bertekun dalam persekutuan (menunjuk kaki dian emas) dan bertekun dalam doa (menunjuk mezbah dupa emas). Petrus paham semua tentang Tabernakel. Jangan jatuh dalam penggembalaan yang tidak mengerti Tabernakel.

Ciri gereja Tuhan yang akan masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus:
1.      Telinganya ditangkap oleh Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 2:2
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;

Bunyi itu didengar oleh telinga. Izinkan telingamu ditangkap oleh suara Sorga, oleh pekerjaan Roh Kudus. Jangan ditangkap oleh gosip. Orang yang telinganya ditangkap oleh suara Roh Kudus inilah ciri Ribka-Ribka akhir zaman. Jangan sampai datang beribadah tetapi telinga tidak ditangkap oleh suara Firman. Bahasa Sorga tidak mencelakan saudara justru bahasa Sorga untuk memberikan hidup.
I Yohanes 1:1
1:1 Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup -- itulah yang kami tuliskan kepada kamu.

Seringkali ketika datang gereja seperti berat sekali kita mendengar Firman padahal bahasa yang kita dengar itu mengandung kehidupan. Kalau ini ada pada gereja dan kita pahami maka kita akan bermegah.
Filipi 2:16
2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Tidak mungkin bisa bermegah ketika melihat Mempelai Laki-laki Sorga datang dengan penuh kemuliaan kalau selama ini tidak mau telinganya ditangkap oleh Firman yang hidup. Kita mau jumpa Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dalam kemuliaan yang luar biasa, kalau selama ini tidak memberikan telinga untuk mendengar suaraNya bagaimana kita bisa bermegah.

Kita mau bermegah bertemu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Oleh sebab itu isinkan telingamu dipengaruhi oleh Firman kehidupan yang ditampilkan oleh hamba Tuhan, oleh Eliezer di akhir zaman ini, yang ditampilkan oleh pelayan Tuhan yang berbicara seperti kata Yesus dan dia dikawal oleh Tuhan juga pengajarannya dikawal oleh Tuhan. Kalau pengajaran itu menyeleweng dari apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, pasti pengajaran itu tidak dikawal oleh Tuhan.

40 hari setelah Tuhan Yesus bangkit Dia mengajar tentang Kerajaan Sorga (Tabernakel).
Kisah Para Rasul 1:1-3
1:1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,
1:2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.
1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

Tuhan Yesus mengajarkan apa yang Dia kerjakan. Tuhan Yesus mengajar tentang kerajaan Allah berarti mengajar tentang Tabernekal. Kisah Para Rasul dibukan dengan Yesus mengajar tentang kerjaan Allah dan ditutup dengan Paulus yang mengajar tentang kerjaan Allah.
Kisah Para Rasul 28:31
28:31 Dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus.

2.      Mata ditangkap oleh Roh Kudus
Kisah Para Rasul 2:3
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Mereka melihat berarti mata ditangkap oleh Tuhan. Ketika dua indera ini sudah ditangkap oleh Tuhan maka diikuti dengan lidah, lidah langsung berbasa asing. Ini yang Tuhan cari dari kehidupan kita. Ribka-ribka akhir zaman adalah kehidupan yang merelakan telinganya ditangkap oleh Tuhan, merelakan matanya dingkap oleh Tuhan dan akhirnya lidahnya berucap bahasa Sorga.

Amsal 20:12
20:12 Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya dibuat oleh TUHAN.

Kalau telinga dan mata melihat peran Sorga berarti telinga dan mata kita diciptakan atau sedang diproses oleh Tuhan. Tetapi kalau telinga dialihkan untuk mendengar yang lain, tidak sudi mendengar Firman Allah, tidak sudi mendengar tentang kerajaan Sorga dan mata diumbar untuk melihat perkara dunia, tidak sudi memandang kemuliaan Tuhan maka orang itu berarti tidak diciptakan oleh Tuhan. Padahal Mempelai Laki-laki Sorga itu adalah pencipta dan penebus kita.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Apa tujuan telinga dikuasai.
Ayub 36:10
36:10 dan ia membukakan telinga mereka bagi ajaran, dan menyuruh mereka berbalik dari kejahatan.

Telinga harus terbuka bagi ajaran. Kalau tidak mau pada ajaran dan hanya mau mendengar penginjilan maka itu gawat. Setiap telinga kita diajar maka banyak hal yang salah kita rubah, banyak yang tidak benar dibaharui sampai kita bermegah di hadapan Tuhan nantinya. Begitu Ishak melihat Ribka, hati Ishak terhibur. Begitu Yesus melihat Mempelai WanitaNya, hatiNya bergirang. Itu yang Tuhan inginkan dalam ibadah kita. Jangan hanya menjalani ibadah sebagai syariah agama.

3.      Setelah telinga dan mata di kuasai maka mulut juga dikuasai oleh Tuhan.
Yesaya 50:4
50:4 Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Empat persyaratan untuk menjadi istrinya Ishak atau menjadi istri Anak Domba:
1.      Kejadian 24:4-6
24:4 Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku."
24:5 Lalu berkatalah hambanya itu kepadanya: "Mungkin perempuan itu tidak suka mengikuti aku ke negeri ini; haruskah aku membawa anakmu itu kembali ke negeri dari mana tuanku keluar?"
24:6 Tetapi Abraham berkata kepadanya: "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana.

Yang sudah keluar bukan kembali lagi ke sana tetapi yang sudah keluar ini merekrut yang masih ada di sana. Yang terjadi sekarang ini bukannya memenangkan orang lain supaya keluar dari negeri perhambaan dan datang kepada Abraham, Ishak dan Eliazar tetapi justru yang sudah keluar yang berbalik lagi ke sana. Persyaratan yang terakhir ini dientengkan oleh banyak anak Tuhan. Jangan saudara terjun bebas! Silahkan saudara tinggalkan ajaran Tuhan tetapi hidup saudara tidak akan enak. Yang belum percaya itu yang harus dibawa pada pengajaran, bukan yang sudah ada di dalam pengajaran yang malah keluar ke sana.

Dua kali Eliazar mengutip perkataan Abraham.
Kejadian 24:38-41
24:38 tetapi engkau harus pergi ke rumah ayahku dan kepada kaumku untuk mengambil seorang isteri bagi anakku.
24:39 Jawabku kepada tuanku itu: Mungkin perempuan itu tidak mau mengikut aku.
24:40 Tetapi katanya kepadaku: TUHAN, yang di hadapan-Nya aku hidup, akan mengutus malaikat-Nya menyertai engkau, dan akan membuat perjalananmu berhasil, sehingga engkau akan mengambil bagi anakku seorang isteri dari kaumku dan dari rumah ayahku.
24:41 Barulah engkau lepas dari sumpahmu kepadaku, jika engkau sampai kepada kaumku dan mereka tidak memberikan perempuan itu kepadamu; hanya dalam hal itulah engkau lepas dari sumpahmu kepadaku.

Mazmur 119:126
119:126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.

Merombak Firman ini membuat Tuhan bertindak.

Setelah kita menjadi keluarga Allah berarti kita sudah diakui menjadi saudaranya Tuhan Yesus.
Ibrani 2:11
2:11 Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Kesimpulannya “jangan membawa ke sana” adalah ambil dia dan bawa pada berita kepala (Yesus Mempelai Laki-laki Sorga).

2.      Memberikan pelayanan tanpa memikirkan imbalan
Ribka tidak kenal siapa rombongan itu. Tetapi walaupun berhadapan dengan orang asing, dia tetap memberikan pelayanan tanpa memikirkan imbalan. Dia melayani sampai yang dilayani meresa puas tanpa memikirkan imbalan tetapi imbalan itu datang.
I Korintus 2:9
2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
Apa yang tidak pernah didengarkan oleh Ribka itu yang Tuhan sediakan. Kita bekerja dan melayani tidak usah memikirkan imbalan sebab Tuhan sudah menyediakan imbalan. Kepada Ribka diberikan 10 syikal emas sebab roh Allah melihat bahwa pelayanannya penuh dengan belas kasihan walaupun dia melayani orang yang belum dia kenal. Pelayanan yang dasarnya kasih kepada Tuhan pasti akan dimeterai oleh Tuhan.
Kejadian 24:30-31
24:30 sesudah dilihatnya anting-anting itu dan gelang pada tangan saudaranya, dan sesudah didengarnya perkataan Ribka, saudaranya, yang bunyinya: "Begitulah dikatakan orang itu kepadaku." Ia mendapatkan orang itu, yang masih berdiri di samping unta-untanya di dekat mata air itu,
24:31 dan berkata: "Marilah engkau yang diberkati TUHAN, mengapa engkau berdiri di luar, padahal telah kusediakan rumah bagimu, dan juga tempat untuk unta-untamu."

Laban melayani karena menginginkan imbalan. Dia cepat melejit untuk bertemu dengan orang yang memberikan gelang dan anting-anting emas kepada Ribka. Memang Laban juga mendapatkan tetapi berbeda dengan Ribka. Ribka mendapatkan pakaian kebesaran.

3.      Tidak mau mengulur-ulur waktu.
Kejadian 24:58-59
24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."
24:59 Maka Ribka, saudara mereka itu, dan inang pengasuhnya beserta hamba Abraham dan orang-orangnya dibiarkan mereka pergi.

Saudara Ribka yaitu Laban mau mengulur waktu, dia menyuruhnya untuk tinggal di rumahnya 10 hari lagi baru mengikuti Eliezer. Tetapi Ribka tidak mau mengulur-ulur waktu. Kadang kita suka mengulur-ulur waktu.

Pdt. T.L Osborn mengadakan penginjilan di California, ketika dia menantang “siapa yang mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat?” maka majulah anak muda begitu banyak. Ada satu anak muda yang diketuk hatinya disuruh maju tetapi iblis berbisik “nanti selesai hutangmu dibayar, masih ada waktu”. Minggu berikutnya dia dan teman-temannya mandi di kolam Takoma, sementara berenang kakinya kesemutan sehingga tenggelam. Teman-temannya datang menolong tetapi dia sudah meninggal. Dia terlambat satu bulan karena mengulur waktu.

Kemudian diadakan lagi penginjilan dan ditantang siapa yang mau datang kepada Tuhan. Banyak ibu-ibu yang datang tetapi satu ibu ragu-ragu mau datang atau tidak. Iblis berbisik “nanti setelah arisan minggu depan baru datang”. Sebelum arisan minggu depan, dia pergi ke arisan yang lain. Entah dia makan apa sehingga kena muntaber dan meninggal. Dia terlambat satu minggu karena mengulur-ulur waktu.

Diadakan lagi penginjilan lalu ditantang siapa yang mau datang kepada Tuhan. Seorang tante menyuruh keponakannya agar maju tetapi dijawab “kan masih ada ibadah besok, nanti besok baru maju”. Pulang dari kebaktian itu, entah bagaimana kusir yang membawa anak itu mengendalikan kudanya sehingga menabrak tiang telepon. Anak muda itu terlempar dan kepala kena tiang telepon sehingga pecah dan mati. Dia terlambat satu hari.

Jangan coba kita mengulur waktu. Dalam melakukan pelayanan dan memberikan diri kepada Tuhan jangan kita coba mengulur-ulur waktu sebab Tuhan sendiri tidak pernah menunda-nunda waktu.
Yehezkiel 12:28
12:28 Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak satu pun dari firman-Ku akan ditunda-tunda. Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Wahyu 10:6
10:6 dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: "Tidak akan ada penundaan lagi!
Ketika rahasia Firman Allah makin dibukakan itu tanda tidak ada penundaan waktu lagi. Kita sekarang berada pada ranah ini.

4.      Mengikuti Firman tanpa memikirkan resikonya.
Kejadian 24:61
24:61 Lalu berkemaslah Ribka beserta hamba-hambanya perempuan, dan mereka naik unta mengikuti orang itu. Demikianlah hamba itu membawa Ribka lalu berjalan pulang.

Betapa senangnya hati Ribka begitu bertemu Ishak. Betapa senangnya hati gereja Tuhan begitu bertemu dengan Yesus. Jangan pikirkan resikonya melakukan Firman, yang memanggil kita pasti akan mengawal kita.
Ada 40 hari air turun membinasakan semua yang hidup. Tetapi dikunci dengan angka 150 hari. Ini angka 150 pada zaman Bapa.
Kejadian 7:17
7:17 Empat puluh hari lamanya air bah itu meliputi bumi; air itu naik dan mengangkat bahtera itu, sehingga melampung tinggi dari bumi.

Angka 150 yang terjadi di zaman Anak:
Hakim-hakim 15:1-4
15:1 Beberapa waktu kemudian, dalam musim menuai gandum, pergilah Simson mengunjungi isterinya, dengan membawa seekor anak kambing, serta berkata: "Aku mau ke kamar mendapatkan isteriku." Tetapi ayah perempuan itu tidak membiarkan dia masuk.
15:2 Kata ayah perempuan itu: "Aku telah menyangka, bahwa engkau benci sama sekali kepadanya, sebab itu aku memberikannya kepada kawanmu. Bukankah adiknya lebih cantik dari padanya? Baiklah kauambil itu bagimu sebagai gantinya."
15:3 Lalu kata Simson kepadanya: "Sekali ini aku tidak bersalah terhadap orang Filistin, apabila aku mendatangkan celaka kepada mereka."
15:4 Maka pergilah Simson, ditangkapnya tiga ratus anjing hutan, diambilnya obor, diikatnya ekor dengan ekor dan ditaruhnya sebuah obor di antara tiap-tiap dua ekor.

Jadi 300 ekor menjadi 150 pasang. Ini nikah orang Filistin, ini nikah serigala. Dua menjadi satu tetapi ini nikah yang tidak benar. 150 pasang serigala ini dilepas dengan obor untuk:
Ø  Melibas gandum membakar gandum. Kalau tidak ada gandum tidak ada roti berarti tidak ada Firman pengajaran.
Ø  Membakar pohon zaitun. Kalau pohon zaitun terbakar di mana mau mendapatkan minyak. Orang yang memiliki nikah seperti ini kalau tidak terbenahi oleh Firman pengajaran hidupnya akan gelap, dia tidak akan bisa memiliki Firman.

Ada angka 150 di depan kita, jangan kita terjebak.
Wahyu 9:5,9-10
9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.
9:9 dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.
9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.

5 bulan sama dengan 150 hari.

Bertunangan itu sudah identik suami istri tetapi bedanya belum ada hubungan badan.
Matius 1:18-19
1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Ulangan 22:22-24
22:22 Apabila seseorang kedapatan tidur dengan seorang perempuan yang bersuami, maka haruslah keduanya dibunuh mati: laki-laki yang telah tidur dengan perempuan itu dan perempuan itu juga. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel.
22:23 Apabila ada seorang gadis yang masih perawan dan yang sudah bertunangan -- jika seorang laki-laki bertemu dengan dia di kota dan tidur dengan dia,
22:24 maka haruslah mereka keduanya kamu bawa ke luar ke pintu gerbang kota dan kamu lempari dengan batu, sehingga mati: gadis itu, karena walaupun di kota, ia tidak berteriak-teriak, dan laki-laki itu, karena ia telah memperkosa isteri sesamanya manusia. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

Kalau tidak mau mendapat 150 hari penghukuman maka pertunangan harus di hargai sampai pada jenjang pernikahan. Sudah terjadi pada zaman Bapa, sudah terjadi pada zaman Anak dan akan terjadi pada zaman Roh. Di depan ini ada 150 hari yang mengerikan, orang mencari mati tetapi tidak bisa mati.

Kita hidup di zaman akhir. Jangan kita tunggu murka Allah menyala-nyala. Itu sebabnya Abraham berkata “jangan bawa anakku ke sana tetapi bawa perempuan itu kemari”. Artinya kita gereja Tuhan harus dengar-dengaran kepada Tuhan Yesus, Ishak kita yang kita cintai. Dia yang punya Firman harus kita yakini ada di antara kita dan mataNya melihat kita. Jangan sampai kita mengecilkan Firman Tuhan, jangan sampai telinga dan mata serta mulut tidak ditangkap oleh Tuhan. Biarlah kita semua mau ditangkap oleh Sorga.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar