20190607

Kebaktian Pernikahan, Jumat 7 Juni 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Dalam Alkitab ada dua rahasia besar yaitu rahasia nikah dan rahasia ibadah. Jika ini tidak kita mengerti maka apapun yang kita kerjakan dalam ibadah, itu bisa menjadi penghalang rencana Tuhan dalam diri kita. Sebab kita akan banyak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kejadian 2:15-18
2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Kita ada di hadirat Tuhan, Pencipta langit dan bumi, kita harus mempunyai sikap penuh hormat. Tuhan menciptakan langit dan bumi menurut Kejadian pasal 1. Dalam 1 minggu Tuhan menciptakan, disebut minggu kejadian. Hari pertama terang, hari kedua bentangan, hari ketiga Tuhan memisahkan air dengan daratan, hari keempat matahari, bulan, bintang Tuhan ciptakan, hari kelima Tuhan menciptakan burung dan ikan-ikan di laut. Hari keenam Tuhan awali dengan menciptakan binatang yang besar-besar dan dikunci pada sore hari dengan sepasang nikah.

Setelah manusia jatuh dalam dosa maka Tuhan memulai minggu ketebusan. Hari pertama Tuhan memberikan busana kepada Adam dan Hawa karena mereka mengambil daun ara menjadi pakaian dan Tuhan berikan kulit binatang. Hari kedua air yang di atas 8 orang itulah Nuh sekeluarga dan air di bawah itu dibinasakan oleh Tuhan, itulah semua makhluk yang bernyawa yang tidak mendapat kasih karunia. Hari ketiga minggu ketebusan Tuhan memisahkan darat dan air, yang di darat orang Israel yang di laut Firaun dan orang Mesir. Selalu ada pemisahan dan Tuhan yang mengatakan itu baik. Hari keempat itulah wujud Allah yang berlembaga bagaikan matahari, bulan dan bintang tampil dalam pribadi Yesus. Hari kelima itu ada ikan-ikan, di mana 3000 ikan yang dijala dalam Kisah Para Rasul pasal 2, itulah manusia yang bertobat.
Manusia digambarkan seperti ikan
Matius 13:47-50
13:47 "Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.
13:48 Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.
13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,
13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Kita ada pada hari yang keenam minggu ketebusan di mana Tuhan sedang menciptakan sepasang nikah. Mempelai Laki-laki itulah Yesus adalah Adam yang akhir.
I Korintus 15:45
15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Siapa Hawa yang akhir? Itulah gereja Tuhan. Itu sebabnya gereja Tuhan disebut perawan yang suci yang bertunangan dengan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kalau paham apa arti rahasia Allah yang besar, kita ini diibaratkan seperti seorang wanita yang sedang bertunangan dengan Yesus. Ini bukan rekayasa manusia, ini ada dalam Alkitab. Kalau melihat status saya, status saudara, status kita, Tuhan mau mengkondisikan kita bagaikan seorang anak dara yang suci, maka mari kita menapaki ini. Bagaimana bisa kita dikondisikan? yaitu lewat Firman pengajaran, Roh dan curahan kasih Tuhan. Kita ikuti bagaimana Tuhan mau mengerjakan kehidupan kita.

Kita lihat apa yang Tuhan buat dalam kehidupan Adam dan Hawa. Tuhan menciptakan dan ditempatkanlah mereka di taman Eden. Pasangan nikah ini ada tugas.
Kejadian 2:15
2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Adam dan Hawa belum jatuh dalam dosa tetapi punya tugas yaitu memelihara dan mengusahakan Eden. Eden artinya kesukaan dan kegirangan. Ini yang hilang setelah manusia jatuh dalam dosa. Mengapa bisa hilang, apa penyebabnya sehingga kesukaan, sukacita, kegirangan, kegembiraan itu bisa hilang? Tugas mereka adalah mengusahakan dan memelihara Eden.

Ada tiga jenis tanaman yang ada di Eden:
1.      Yang banyak secara umum adalah tanaman yang diberi kesempatan untuk dimakan, itu menunjuk pemeliharaan Tuhan.
2.      Tanaman kedua adalah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat.
3.      Yang ketiga adalah pohon kehidupan.

Tuhan tidak suruh Adam dan Hawa menanam tanaman lain di taman Eden, hanya mengusahakan dan memelihara, tidak disuruh tambah dan mengurangi. Hanya tiga jenis tanaman itu yang harus mereka pelihara. Ini menunjuk pemeliharaan Tuhan kepada kita lewat Firman. Dan Tuhan berikan hikmat supaya kita mengerti apa yang baik dan yang jahat. Itu hanya dipahami orang yang dewasa rohani.
Ibrani 5:11-14
5:11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.
5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.
5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Bukan yang kanak-kanak rohani yang bisa mengerti. Tetapi yang dewasa rohani itulah yang pantas menikah dengan Kristus. Makanya nikah dibentuk di dalam gereja untuk diarahkan masuk pada nikah yang rohani, bukan nikah yang jasmani saja! Karena seringkali di dalam kita beribadah dan bergereja, kita menganggap nikah hanya sebatas nikah yang jasmani. Padahal Tuhan mencari benih Ilahi di dalam nikah. Tuhan mau membawa kita pada nikah yang rohani, itu rahasia Tuhan yang besar. Gereja Tuhan sedang menapaki, andai saja kita sadar sedang menuju ke nikah yang rohani dan Yesus sudah mau datang untuk menjemput mempelai wanitaNya. Ketika Mempelai WanitaNya diancam oleh antikristus Dia akan menyingkirkan gerejaNya yang punya pemahaman rohani yang dewasa, bukan kanak-kanak.

Tugas Adam dan Hawa adalah memelihara. Bukan menambah tanaman atau lagi stek yang lain atau mencari tanaman di luar Eden, tidak! Jadi tanaman yang sudah Tuhan tanam itu wajib dan wajar kita jaga dan pelihara. Hari ini dibangun nikah yang baru, harus kalian rawat. Jangan sampai setelah hari ini dibentuk kemudian esok dan lusa Eta katakan “pulangkan saja saya kepada mamaku”. Tidak demikian. Kalau sampai kita tidak masuk pernikahan yang rohani dengan Kristus, tidak masuk penyingkiran maka antikristus menjadi bagian orang itu. Dicukil matanya, dibelah perutnya, itu sengsara besar 3,5 tahun.

Matius pasal 1 menceritakan kedatangan Yesus pada kali yang pertama. Wahyu pasal 22 menceritakan kedatangan Yesus kedua kali. Jadi Perjanjian Baru dibuka 2000 tahun lalu dan sebentar lagi akan dikunci.

Firman Allah Tuhan percayakan kepada orang Yahudi.
Roma 3:1-2
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Firman tidak dipercayakan kepada bangsa kafir. Jadi tidak ada Firman dipercayakan kepada bangsa lain. Tetapi oleh kemurahan Tuhan , Yesus datang pertama kali ke dunia dan rahasia Firman dibukakan kepada kita bangsa kafir, bukan kepada orang Yahudi. Apa rahasia Tuhan? Itulah rahasia nikah. Mari kita kawal pembukaan rahasia Firman. Dan tidak sembarang pendeta Tuhan percayakan Firman, hanya kepada hamba Tuhan yang pergaulannya erat dengan Tuhan.
Mazmur 25:14 (Terjemahan lama)
25:14 Rahasia Tuhan itu bagi orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya akan diberitahu kepadanya.

I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Anda berhadapan dengan hamba Tuhan seperti itu, yang Tuhan percayakan pembukaan rahasia Firman. Kita harus mengerti bahwa kita sedang dikondisikan oleh Tuhan, sedang dibina oleh Tuhan untuk diposisikan menjadi Mempelai wanita Tuhan, menjadi belahan jiwanya Yesus. Biarlah kita berkata “Yesus adalah belahan jiwaku” dan Yesus berkata “engkau belahan jiwaKu”. Ini yang harus dikondisikan.

Coba perhatikan baik-baik apa tujuan nikahmu Eta dan Kris! Jangan kita usahakan yang lain. Kita tidak disuruh menanam tanaman lain. Kita tinggal di suruh mengusahakan dan memelihara. Tetapi setelah manusia jatuh dalam dosa. Apa penyebab manusia jatuh dalam dosa? Iblis tahu bahwa wadah yang lemah adalah isteri maka dia menyelinap pada isteri. Dan isteri ini menyambut dialog dari iblis. Iblis begitu pandai, dia sodorkan benih yang lain. Bagaikan dia berkata “ini benih yang lain kamu tanam dan cabut benih yang sudah ada itu”. Jadi penyebab manusia jatuh dalam dosa adalah menanam yang Tuhan tidak suruh dan mencabut yang Tuhan suruh pelihara, alias menambah dan mengurangi Firman Tuhan (±).

Saya sudah pesan kepada gembala Boe dan gembala Korobono, dua atau tiga orang jiwa Tuhan percayakan kepada kita tujuannya apa? Supaya bisa kita persembahkan kepada Yesus Tuhan kita dan diterima? Sebab dikerjakan oleh Firman, Roh dan kasih Tuhan. Itu tugas kami. Olehnya jangan sampai ada tanaman lain.

Kita ini adalah ladangnya Tuhan.
I Korintus 3:9
3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Berarti hamba Tuhan tahu dan paham persis bahwa dia adalah mitra kerja Tuhan. Kalau dia mitra kerja Tuhan, Tuhan itu kudus adanya maka dia harus belajar juga didalam kekudusan sebagai mitra kerja Tuhan supaya apa yang dikerjakan berkenan kepada Tuhan.

Dalam sebuah ladang tidak boleh ditaburi dua jenis tanaman. Eta dan Kris adalah ladangnya atau kebunnya Tuhan, sekaligus bangunan Tuhan. Yang berkepentingan untuk bekerja dan berbuat, menjaga, memelahara dan membangun adalah hamba Tuhan bersama Allah. Jadi saya bersyukur saya tidak bekerja sendiri, saya bekerja bersama dengan Tuhan. Saya harus sadar saya bekerja bersama dengan Tuhan, jangan ada tanaman lain yang kita tanam. Saya pesankan kepada gembala Boe dan Korobono, jangan tanaman lain kepada mereka. Kita ini hanya disuruh mengusahakan dan memelihara. Tetapi ada tanaman lain yang justru manusia ngotot untuk tanam tanaman yang satu ini. Kalau tidak ada tanaman yang satu ini bagaikan makanan tanpa garam menurut manusia. Padahal menurut Tuhan itu sudah salah. Kalau saya melayani kebunnya Yesus, masakan saya lakukan yang Tuhan tidak suruh.

Imamat 19:19
19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

Ini pribadi Yesus yang dikonfrontir oleh manusia. Yang sebenarnya nafas hidup mereka ini ada di tangan Yesus. Hanya waktu itu selama 33,5 tahun Dia mengambil rupa seperti kita manusia. Makanya bisa diraba, Dia lapar, letih dan haus makanya orang sesukanya melawan Dia.
Matius 15:12
15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?"

Orang Farisi dan yang lain itu tidak bisa terima perkataan Yesus padahal Yesus yang punya Sorga. Kalau tidak terima perkataan Yesus berarti kita sendiri yang menutup sorga. Kenapa kita harus menutup sorga, padahal Yesus yang punya sorga sudah membuka sorga. Eden dibuka oleh Yesus.

Matius 15:13-14
15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."

Ternyata yang mempertahankan serta menanam tanaman yang tidak disuruh oleh Tuhan, dicap oleh Yesus sebagai orang buta. Saya tidak berani mengganggu gugat keberadaan Yesus sebab dia yang  punya sorga. Kalau Dia buka tidak ada yang bisa menutup, kalau Dia tutup tidak ada yang bisa membuka.

Lubang yang dimaksud di sini adalah bustanos lubang yang ada kotoran. Bukan abustos lubang yang tidak terduga dalamnya, tempat nanti memenjarakan iblis selama 1000 tahun. Saya tidak mau bersama sidang jemaat kecemplung dalam lubang yang ada kotoran. Kenapa? Jika saya menanam tanaman yang tidak Tuhan suruh tanam dan tidak berani mencabut, padahal Tuhan suruh cabut. Apa tanaman yang diwariskan nenek moyang kepada kita? Adat istiadat. Kalau pertahankan itu berarti kita buta. Dan Daud mengatakan tidak boleh orang buta masuk Yerusalem, tidak boleh masuk bait Allah/ tubuh Kristus.
2 Samuel 5:8
5:8 Daud telah berkata pada waktu itu: "Siapa yang hendak memukul kalah orang Yebus, haruslah ia masuk melalui saluran air itu; hati Daud benci kepada orang-orang timpang dan orang-orang buta." Sebab itu orang berkata: "Orang-orang buta dan orang-orang timpang tidak boleh masuk bait."

Agar kita tidak mengentengkan keselamatan. Keselamatan itu suatu perjuangan yang harus kita jalani lewat bimbingan Firman Tuhan yang ajaib ini. Perhatikan baik-baik, kita mau dibawa oleh Tuhan kembali ke Yerusalem Baru atau ke Eden. Mari kita lihat prosesnya.

Nikahmu dibangun hari ini, kemudian diproses untuk mencapai nikah yang rohani bertemu Yesus. Kita bagaikan seorang gadis yang suci bertemu Yesus. Itu diibaratkan, bukan bertemu Yesus dalam nikah jasmani, tetapi nikah yang rohani.

Yesaya 51:1
51:1 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.

Tuhan memakai mulut Yesaya. Hanya kepada orang yang mau mengejar apa yang benar yang mendengar Firman. Kalau tidak mau kejar yang benar, maka tidak usah dengar Firman Tuhan. Kejar apa yang benar, bukan diam atau kosong.

Kalau kita lihat gunung batu di mana kita terpahat, andaikata gunung batu itu bernafas dia akan berteriak “sakit!”. Karena kita dipahat dan dilinggis dari situ. Gunung batu itulah Yesus. Dari situlah kita terpahat. Yesus menderita sakit untuk mewujudkan saya dan saudara. Tega orang Kristen mengkhianatiNya, tega orang Kristen tidak mau taat kepada FirmanNya. Sampai hati! Dia harus menderita, Dia harus dicambuk dengan jalinan tiga cabang yang ujungnya ada timah berduri yang sudah dicelup dalam bisa kalajengking. Begitu dicambuk duri itu tertancap di dagingnya dan ketika diangkat dagingnya tercabik. Itu bagaikan kita dipahat dari situ, kita dilahirkan oleh kematian dan kebangkitan Kristus. Saya tidak tega mengkhianatiNya, saya mau belajar dengar-dengaran. Makanya jiwa yang Tuhan percayakan saya gembalakan saya dorong untuk dengar-dengaran, mari lihat Yesus yang bagaikan gunung batu yang dipahat dari situ saudara diambil.

Yesaya 51:2-3
51:2 Pandanglah Abraham, bapa leluhurmu, dan Sara yang melahirkan kamu; ketika Abraham seorang diri, Aku memanggil dia, lalu Aku memberkati dan memperbanyak dia.
51:3 Sebab TUHAN menghibur Sion, menghibur segala reruntuhannya; Ia membuat padang gurunnya seperti taman Eden dan padang belantaranya seperti taman TUHAN. Di situ terdapat kegirangan dan sukacita, nyanyian syukur dan lagu yang nyaring.

Ini yang hilang, isi taman Eden ini hilang. Tetapi Tuhan mau pulihkan. Prosesnya bagaimana? Kita disuruh oleh Tuhan mengejar yang benar, maka kita dengar Firman yang benar. Kita pandang gunung batu, lihat gunung Golgota berarti melihat pengorbanan Yesus. Setelah melihat gunung batu disuruh memandang pasangan nikah Abraham dan Sara. Bukan berarti nikah Abraham dan Sara mulus-mulus, tidak. Pernah Sara jatuh di pangkuan Firaun, tetapi Tuhan hukum Firaun. Pernah Sara jatuh di pangkuan Abimelekh tetapi Tuhan hukum Abimelekh, kemudian dia harus memberi 1000 keping perak kepada Abraham sebagai tanda isterinya kudus.

Perjalanan nikah kita tidak bisa kita berkata akan mulus, tetapi akan banyak godaan. Tetapi kalau kita melihat gunung batu tadi, itu bagaikan tali kendali untuk membuat kita tidak melakukan yang tidak benar itu dan kita ditarik oleh Tuhan dibawa ke Eden.

Di Eden ada 3 macam pohon. Begitu Adam dan Hawa jatuh dalam dosa maka tanaman lain muncul, duri dan onak. Inilah yang membuat kita susah, duri dan onak. Sebagai petani kalau menghadapi duri membuat hati kita ciut. Bagaimanapun harus dicabut sebab jika tidak akan merusak tanaman. Dan tanaman itu tidak akan berbuah menurut Lukas pasal 8, Markus pasal 6 dan Matius pasal 14. Maka duri itu harus dipangkas. Bagaimana cara memangkas supaya rumah tangga kita jangan ditumbuhi duri dan onak? Sebab kalau ada duri dan onak maka nanti juga akan muncul di situ kalajengking. Ini harus dijaga oleh Eta dan Kris.

Bagaimana cara memerangi duri onak tersebut?
Yesaya 55:10
55:10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Jika hujan itu turun maka bagimu dan bagiku akan Tuhan sediakan roti dan sediakan benih. Roti itu pemeliharaan Tuhan sekarang karena sudah siap kita makan. Kalau benih kita tanam dan panen, itu adalah pemeliharaan Tuhan yang akan datang. Di sini membuktikan kalau Firman pengajaran turun dalam gereja maka gereja itu dipelihara sekarang dan yang akan datang. Makanya dalam gereja harus turun hujan Firman pengajaran. Dalam Zakharia, Tuhan suruh kita mendoakan agar turun hujan yang deras dan lebat supaya ada roti dan benih.
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Jangan berpikir dengan kekuatanmu engkau menghimpun uang banyak dan merasa itu pemeliharaanmu, itu tidak bisa menjamin ke depan nanti!
Amsal 11:4
11:4 Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.

Kalau antikristus datang itu diambil dan orangnya disiksa serta dianiaya. Itu yang terjadi kalau tidak ada Firman pengajaran turun dalam gereja bagaikan hujan yang lebat. Kalau hanya Firman penginjilan tidak akan cukup.

Yesaya 55:11
55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Kalau Firman pengajaran turun seperti hujan yang deras maka kita akan menerima roti dan benih. Jadi kita mendapat pemeliharaan Tuhan sekarang, bukan hanya pemeliharaan jasmani namun yang rohani juga jaminan pemeliharaan yang akan datang. Begitu antikristus datang kita sudah disingkirkan oleh Tuhan, itu adalah pemeliharaan Tuhan yang luar biasa.

Yesaya 55:12
55:12 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan.

Pohon bisa bertepuk tangan, kenapa manusia tidak bertepuk tangan bagi Tuhan!
Mazmur 47:2
47:2 Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai!

Kalau kita tidak mau tepuk tangan berarti masih menang pohon. Tuhan tidak berkorban bagi pohon tetapi bagi kita manusia supaya kita diselamatkan. Tuhan saja bertepuk tangan kata Firman Tuhan, apakah anda lebih dari Tuhan.

Yesaya 55:13
55:13 Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.

Kalau Firman pengajaran turun maka Tuhan akan gusur itu onak dan Tuhan cabut itu duri. Sebagai gantinya tumbuh pohon sanobar dan pohon murad. Jadi kalau mau duri dan onak tidak menusuk nikahmu kelak, terima Firman pengajaran, itu yang akan membersihkan. Onak yang seperti pisau, tajam. Jangan tolak Firman pengajaran karena Firman pengajaran akan mengangkat rahasia Allah yang besar itulah rahasia nikah Kristus dengan gereja serta rahasia ibadah. Tujuan Firman pengajaran itu untuk kemasyuran bagi nama Tuhan. Ini yang Tuhan cari di dalam kehidupan kita.

Jangan sampai kehilangan Eden. Dua hamba Tuhan dipakai Tuhan untuk bicara yaitu Yehezkiel dan Yesaya. Dalam kitab Yehezkiel, Tuhan berbicara pada Yehezkiel 36:35. Dan dalam kitab nabi Yesaya, Tuhan berbicara pada pasal 51:3.

Kemudian orang yang menerima dan memegang pengajaran ini selalu diusik sebab tidak disenangi orang.
Yesaya 51:1,7
51:1 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.
51:7 Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengetahui apa yang benar, hai bangsa yang menyimpan pengajaran-Ku dalam hatimu! Janganlah takut jika diaibkan oleh manusia dan janganlah terkejut jika dinista oleh mereka.

Jadi Tuhan sudah tahu bahwa orang yang mengejar dan mengetahui kebenaran ini justru diaibkan orang, tidak disenangi orang. Kenapa tidak disenangi? Karena ada kebenaran. Kebenaran itu Yesus. Berarti yang tidak disenangi bukan saya, bukan saudara tetapi Yesus.

Mengertilah Kris dan Etha. Jika kalian memeluk kebenaran, jangan terkejut jika orang menista dan mengaibkan kalian. Tuhan sudah katakan “dengarkanlah Aku”. Berarti memang sudah resiko kita. Tetapi bukan berarti kita kehilangan sorga, kita ada dalam suasana Eden. Eden adalah bagian kalian berdua.

Siang ini perhatikan. Saya hamba Tuhan dipercaya oleh Tuhan melalui keluarga dan kedua hamba Tuhan untuk melayani nikah ini. Awalnya saya rasa berat, kemudian saya berdoa dan berdoa, lalu mereka sampaikan lagi dan saya katakan “saya siap”.
Roma 15:16
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
Jadi tugas kami gembala bukan cuma memimpin upacara ibadah tetapi lewat pelayanan Firman, Roh dan Kasih Tuhan, umat bisa kami persembahkan pada Yesus “ini umat kami persembahkan yang Engkau percayakan kepada kami” dan takut jangan sampai ditolak. Mengapa bisa ada penolakan? Sebab ada yang salah. Sebabnya saya berdoa jangan sampai saya salah.

Untuk menghadapi nikah kalian ini saya harus bangun sebelum jam 3 untuk berdoa di kaki Tuhan menggumuli nikah kalian yang akan dibentuk hari ini. Karena saya takut jangan sampai saya salah, saya bertanggung jawab di hadapan Tuhan! Isteri saya tahu bagaimana saya bangun setengah tiga harus duduk di kaki Tuhan dan berderai air mata. Ini saya melayani jiwa dan jiwa sudah Tuhan beli dengan darahNya, lalu Tuhan titip dalam penggembalaan. Kalau saya salah dalam penggembalaan maka Tuhan murkai saya nanti. Saya ingin persembahkan pada Tuhan “Tuhan ini orangMu, yang Tuhan titip untuk saya gembalakan”. Kalau sampai Tuhan geleng kepala tidak menerima, itu sangat mengerikan.

Roma 15:17-18
15:17 Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah.
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Pasti banyak yang salah masa-masa silam, tetapi lewat turunnya hujan Firman pengajaran yang lebat, yang salah itu semua digusur. Jangan sampai ada onak dan duri sebab di antara onak dan duri menyelinap kalajengking. Sebab dalam Wahyu pasal 9 kalajengking akan bekerja luar biasa sehingga manusia akan disengat. Biarpun minum racun dia tidak bisa mati selama 5 bulan kalau kalajengking itu muncul. Sebabnya jangan coba undang kalajengking. Makanya gusur itu duri dan onak lewat menerima Firman pengajaran. Maka nikahmu ada dalam suasana Eden. Itu yang Tuhan rancang dalam kehidupan kita bersama.

Tuhan Memberkati.













GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar