20190817

Kebaktian Doa, Sabtu 17 Agustus 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 6:30
6:30 Maka kata mereka kepada-Nya: "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan?

Dengan kita mendengar bahasa mereka dan perkataan Yesus, berarti mereka mengikuti Tuhan tetapi rumus percaya kepada Tuhan itu belum ada. Walaupun mereka sudah melihat tanda mujizat dan makan sampai kenyang. Itu terbukti dengan bahasa mereka sendiri.
Yohanes 6:31-36
6:31 Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga."
6:32 Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga.
6:33 Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia."
6:34 Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa."
6:35 Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
6:36 Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya.

Hadirnya roti manna sebenarnya bareng dengan turunnya daging. Ketika bicara soal daging, Tuhan katakan “bukan cuma 1 hari, bukan cuma 2 hari, bukan cuma 5 hari, bukan cuma 10 hari, bukan cuma 20 hari, tetapi genap 1 bulan”. Tuhan katakan daging akan turun selama 1 bulan. Itu menjawab roh persungutan bangsa Israel. Demikian juga roti manna, itu turun karena menjawab roh sungutan dari umat Israel.

Daging itu turun selama 1 bulan, berarti 30 hari. Angka 30 adalah angka Korban Kristus. Yesus dijual dengan 30 keping perak. Dan itu Tuhan katakan akan diturunkan tiap petang. Jadi menghadapi kegelapan malam, kita harus menghargai angka 30, kita harus menghargai Korban Kristus. Tanpa penghargaan terhadap Korban Kristus, kita tidak akan bisa menghadapi kegelapan malam yang akan makin gelap di depan ini. Kita diperhadapkan dengan situasi itu. Olehnya anak Tuhan, kehidupan Kristen yang menghargai Korban Kristus, dia pasti menghargai Firman, apalagi pembukaan rahasia Firman, karena itu seharga korban Kristus.

Keluaran 164,11-13
16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.
16:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
16:12 "Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu."
16:13 Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.

Hadirnya burung puyuh dan roti manna adalah untuk menutup roh sungut-sungutan bangsa Israel. Apalagi kita hari-hari terakhir ini, menghadapi kegelapan malam. Saya tidak memaksa, tetapi sudah terbayang apa yang akan terjadi di depan ini. Sebab berbicara roti manna, tidak lepas dengan persoalan waktu. Olehnya  kita perhatikan persoalan waktu ini. Cukup lama waktu yang Tuhan berikan kepada gereja yaitu 2000 tahun. 100 tahun saja itu sudah lama apalagi kalau diberi 2000 tahun. Kita sekarang berada di tahun bonus, sudah lebih 2000 tahun. Hari Tuhan sudah dekat di depan kita.

Kalau berbicara roti manna ada hubungannya dengan persoalan waktu, maka gereja Tuhan didorong oleh Tuhan untuk memaksimalkan waktu untuk mendapatkan roti manna. Kalau daging burung puyuh untuk menghadapi petang, kalau roti manna untuk menghadapi sepanjang siang. Petang berarti menghadapi malam. Jadi menghadapi malam maka gereja Tuhan didorong oleh Tuhan untuk merenungka korban Kristus sedalam mungkin agar dia menghayati dan mengagungkan serta memuliakanNya. Kemudian pagi, menghadapi aktifitas kita maka perlu Firman Tuhan itu selalu kita dahulukan. Karena manna itu turun pada subuh hari waktu embun terun. Jadi sebelum saudara beraktifitas sepanjang hari, coba dahulukan Firman, baca dulu Firman. Setelah saudara bangun pagi selesai sembayang, baca dulu Firman.

Roti manna ini tidak lepas dengan pemanfaatan waktu. Kalau sudah bicara persoalan waktu, di sana kita diperhadapkan dengan:
Efesus 5:16
5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Waktu sekarang ini adalah hari-hari yang jahat. Lebih dahulu kita bicara soal petang, kemudian pagi. Kemudian ada bahasa 1 hari, 2 hari, 5 hari. Lalu kita akan lihat juga hari pertama sampai hari kelima lalu hari keenam sudah berubah.

Ini jawaban Tuhan terhadap sungutan Israel.
Bilangan 11:19-20
11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,
11:20 tetapi genap sebulan lamanya, sampai keluar dari dalam hidungmu dan sampai kamu muak -- karena kamu telah menolak TUHAN yang ada di tengah-tengah kamu dan menangis di hadapan-Nya dengan berkata: Untuk apakah kita keluar dari Mesir?"

Satu hari, dua hari, lima hari, sepuluh hari, duapuluh hari dan ditutup dengan 1 bulan atau 30 hari. Ini tahapan bahasa Tuhan untuk menangkal persungutan mereka. Dimulai dengan 1 hari. Angka satu atau angka esa. Ini yang ditawarkan Tuhan kepada bangsa Israel persoalan petang.

Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Kalau ada kitab lain di luar Alkitab, itu bukan Firman. Jadi kalau diukur dengan yang diluar Firman memang mereka katakan banyak salah. Tetapi kalau diukur dengan Firman, maka Firman tidak akan pernah salah.

1.      Angka 1
Dimulai dengan angka 1 yaitu Bapa, Anak dan Roh di dalam kesatuannya yaitu Tuhan Yesus Kristus. Pemikiran dan rancangan Bapa, Anak dan Roh Kudus ini hanya satu. Tidak bercabang dan tidak terpisah-pisah.

Yohanes 15:16 (Terjemahan Lama)
16:15 Segala sesuatu yang hak Bapa itu juga hak Aku, oleh sebab itu Aku berkata, bahwa diambil-Nya daripada hak Aku, lalu dikabarkan-Nya kepadamu."

Apa rancangan dari Tritunggal Allah ini? Untuk menciptakan gereja yang esa, gereja yang am, satu. Organisasi boleh banyak, tetapi Tubuh Kristus hanya satu. Jangan juga memberikan alegori, ini organisasi A, itu organisasi B, tidak benar itu! Gereja Tuhan yang satu ada dalam Injil Yohanes 17:17-19.

Makanya ada 5 kali kata satu yang Yesus sebutkan dalam doa syafaatNya di Getsemani. Suami isteri saja disebut satu tetapi belum tentu satu di hadapan Tuhan. Kalau saya mau disucikan dan isteri saya tidak disucikan maka kami tidak satu dalam tubuh Kristus!

Yohanes 17:11,21-23
17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Kata satu di sini tidak bisa lepas dengan ayat 17. Ayat 17 itu kuncinya.
Yohanes 17:17-19
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.

Yesus tidak berdosa tetapi Dia menguduskan diri, artinya memberikan teladan kepada kita. Jadi kalau mau jadi satu, mau esa, mau tunggal, tetapi tanpa penyucian, jangan harap bisa. Jangan katakan organisasi A itu tangan kanan, organisasi B itu tangan kiri, kalau tanpa penyucian di dalamnya bagaimana bisa satu! Yang banyak sekarang malah minuman keras dan selingkuh. Yang bisa satu adalah kehidupan yang masuk halaman memberikan dirinya untuk dibenarkan, masuk ruangan suci untuk digembalakan dan disucikan, kemudian masuk ruangan maha suci untuk disempurnakan. Doa Tuhan Yesus di jawab di dalam ruangan maha kudus, itulah Mempelai, itulah yang satu.

Ini menghadapi petang, menghadapi di depan ini ada 3,5 tahun yang paling gelap, benar-benar gelap. Kalau kita tidak mengerti angka 1 ini maka gawat kita. Waktu sudah dekat, maka kita harus memacu ini. Makanya pada waktu mereka memungut manna, mereka lari kian kemari. Mereka lari berarti memamaksimalkan waktu, mereka tidak membuang-buang waktu untuk memungut roti manna untuk mengontrol mereka beraktifitas sepanjang hari.

2.      Angka dua
Bilangan 11:19
11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,

Dua adalah angka kesaksian, kalau hanya satu tidak kuat. Jadi di mana keimanan kita, di mana pengiringan kita, di manakah pelayanan kita, apakah sudah kuat kesaksian kita atau masih goyang. Karena angin pengajaran permainan palsu manusia itulah yang membuat goyah sehingga tidak kuat. Makanya dalam pelajaran Tabernakel, yang Tuhan minta pertama adalah 3 jenis logam. Apa itu? Emas, perak dan tembaga. Karena ini nanti dipakai untuk kerangka bangunan. Kerangka bangunan itu menentukan kuat tidaknya bangunan. Apalagi tempat berdirinya papan-papan jenang! Setiap papan jenang itu punya dua kaki. 1 kaki dibuat dari 1 talenta perak. Bayangkan begitu kuatnya kaki atau alasnya itu. Gunanya supaya tidak terpendam di dalam pasir.

Sekarang ini apakah kesaksian saudara kuat atau malah jeblos ke dalam pasir ditelan oleh dunia. Kasihan gereja Tuhan kalau tidak kuat. Apakah salah mengikuti Yesus, apakah masuk neraka? Yang tidak mengikuti Yesus itu yang masuk neraka! Sebab sorga miliknya Yesus. Dari bumi dia umpat dan caci maki Yesus padahal dia mau masuk sorga, bagaimana bisa masuk sorga!

Sekarang ini Tuhan tuntut kesaksian saudara. Apakah masih goyah ke sana kemari seperti tanaman di dalam sungai yang ditimpa oleh arus air? Tetapkan hatimu! Sungguh Yesus ya dan amin, Dia pemilik sorga, Dia kekasihmu, Dia Mempelai Laki-laki Sorga. Tidak usah tergoda lagi biarpun orang menggoda memberikan apa.

Di dalam Kejadian 18, angka 2 ini sangat menentukan.

3.      Bilangan 11:19
11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,

Angka 5 adalah angka kemurahan. Olehnya kalau kita bisa mendapatkan kemurahan, jangan entengkan. Hidup ini hanya kemurahan, sebab kita ini bangsa kafir, bangsa non Yahudi.
Roma 2:4-5
2:4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?
2:5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.

Jadi angka 5 ini meraba pertobatan saudara. Sebagai bukti saudara menghargai kemurahan Tuhan maka raba pertobatanmu. Kita ini sering mengatakan hidup hanya karena kemurahan Tuhan. Benar apa yang dikatakan Efesus 2:8, tetapi bukan hanya sampai di situ. Kita ini mau dijadikan isterinya Anak Domba Allah, itu puncak rencana Allah. Bukan cuma berhenti di halaman. Tujuan kemurahan itu di Ruangan Maha Suci. Makanya ini harus kita perhatikan bahwa maksud kemurahan Tuhan adalah menuntut kita kepada pertobatan.
Efesus 2:6-8
2:6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,
2:7 supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Memang ini pemberian Tuhan, pertobatan juga pemberian Tuhan. Orang yang rohaninya di halaman kalau meninggal juga selamat. Tetapi kalau standar rohaninya tetap di halaman waktu antikristus datang, apakah sanggup dikuliti badannya, dicungkil matanya.

Angka 5 itu adalah kemurahan Tuhan, tetapi jangan lupa, kemurahan Tuhan itu harus diisi dengan pertobatan.
Roma 2:5
2:5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.

Sebenarnya antikristus itu adalah cambuk Allah kepada umat Tuhan yang tertinggal.

4.      Bilangan 11:19
11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,

Angka 10 adalah angka Firman.
Matius 22:34-40
22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Di sini Tuhan berbicara tentang 2 loh batu yaitu 10 hukum. Di sana bergantung semua kitab para nabi. Jadi angka 10 adalah angka Firman sepenuh. Tetapi belum cukup. Saudara boleh baca loh batu pertama isinya 4, loh batu kedua isinya 6. Tanpa Korban Kristus saudara tidak akan mengerti rahasiaNya. Walaupun kita baca Alkitab, tetapi kerinduan Tuhan di dalam Alkitab ini tidak bisa kita pantau jika tidak ada angka 30 yaitu angka Korban Kristus. Karena itu yang membuka rahasia Firman.

Kita butuh Firman Tuhan, sangat butuh. Tetapi jangan berhenti. Yang sangat kita rindukan yaitu ingin tahu isi hati Tuhan di dalam Alkitab. Alkitab itu adalah isi hati Tuhan, kehendak Tuhan, pikiran Tuhan, kerinduan Tuhan, perasaan Tuhan. Jadi kalau kita membaca Alkitab kita akan mengerti 5 hal ini tetapi harus melalui jalur angka 30. Mau tahu kehendak Allah, hargai korban Kristus. Jadi pembukaan rahasia Firman Tuhan itu seharga Korban Kristus.

Ini hubunganya dengan roti manna dan daging. Di sini Tuhan bicara roti manna, kemudian Dia bicara tentang daging dan darahNya.

5.      Angka 20
Bilangan 11:19
11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,

Yakub berkata “Aku 20 tahun memperhambakan diriku kepadamu untuk mendapatkan isteri dan kekayaan”. Kemudian dia berkata “kapankah aku bisa mengurus nikahku sendiri”. Jadi angka 20 adalah angka penantian Yakub di dalam pelayanan untuk mendapatkan isteri dan kekayaan. Jadi angka 20 ini adalah angka menanti. Dan itu diperlihatkan dalam pribadi Tuhan.

Pintu gerbang Tabernakel itu lebarnya 20 hasta dan menghadap ke timur. Itu menunjukkan Tuhan dengan kemurahanNya setia menanti saya dan saudara kapan datang kepadaNya “menyerahkan dirinya kepadaKu” kata Tuhan. Tinggi pintu gerbang itu 5 hasta. Jadi luasnya 5x20=100. 100 adalah angka nikah. Jadi baru di halaman Tuhan sudah iming-iming kita untuk menjadi Mempelai WanitaNya. Makanya banyak Kristen buta dan tidak mengerti. Sebenarnya masuk pintu gerbang yaitu menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, tidak boleh stagnan sampai di situ. Tuhan tunjukkan angka 100 “Aku rindu memilikimu”.

Daud untuk menikah dengan anak Saul, harus dia bayar dengan 100 kulit khatan orang Filistin. Di dalam Matius pasal 18, ada 100 ekor domba hilang 1 ekor dicari. Tuhan tidak mau kurang dari 100. Angka 100 berarti adalah angka kelengkapan atau kesempurnaan Tubuh Kristus.
Lukas 15:4
15:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

Baru di pintu gerbang Tuhan sudah memperlihatkan kerinduan hatiNya ingin memiliki saudara untuk menjadi mempelai wanitaNya. Makanya ayo kita pacu diri kita. Karena manna dan burung puyuh ini menggunakan waktu yang cepat.

Salomo membangun Bait Allah dan istana, 20 tahun dia menanti. Yakub menanti dalam suasana nikah, Salomo menanti dalam suasana ibadah pelayanan. Mau menikah dengan Kristus tanpa ibadah dan pelayanan, itu tidak benar, tidak mungkin, mustahil.

Kalau Yesus bicara tentang roti manna, saya seperti ditenggelamkan Tuhan dalam ayat itu. Terima kasih, saya menjadi mengerti. Ternyata kalau Tuhan bicara daging burung dan roti manna, berarti Tuhan bicara persoalan waktu. Kita sekarang berada pada waktu yang terakhir. Hati-hati, waktu hampir berakhir bagi kita. Mau ke mana lagi kita.

Kalau kita perhatikan di sini sungguh luar biasa cara Tuhan menolong.
Keluaran 16:4
16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

Hari pertama 1 gomer untuk satu orang, berarti Tuhan belum membuka rahasia nikah. Nanti hari keenam baru Tuhan buka rahasia nikah. Hari kedua belum, hari ketiga belum, hari keempat belum, hari kelima belum, hari keenam baru Tuhan berikan dua gomer untuk satu orang. Dua menjadi satu, itu bahasa nikah.

Keluaran 16:16,21-22
16:16 Beginilah perintah TUHAN: Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwa."
16:21 Setiap pagi mereka memungutnya, tiap-tiap orang menurut keperluannya; tetapi ketika matahari panas, cairlah itu.
16:22 Dan pada hari yang keenam mereka memungut roti itu dua kali lipat banyaknya, dua gomer untuk tiap-tiap orang; dan datanglah semua pemimpin jemaah memberitahukannya kepada Musa.

Kita lihat dulu bagaimana pemanfaatan mereka menggunakan waktu untuk memungut roti manna.
Bilangan 11:8-9
11:8 Bangsa itu berlari kian ke mari untuk memungutnya, lalu menggilingnya dengan batu kilangan atau menumbuknya dalam lumpang. Mereka memasaknya dalam periuk dan membuatnya menjadi roti bundar; rasanya seperti rasa panganan yang digoreng.
11:9 Dan apabila embun turun di tempat perkemahan pada waktu malam, maka turunlah juga manna di situ.

Pengkritik Alkitab juga menggunakan persoalan manna ini, tetapi saya mudah menjawab. Seorang teolog bertanya kepada saya “menurut pak pendeta roti manna ini dari sorga atau ada di bumi ini?”. Ketika saya menjawab dari sorga, mukanya jadi datar, dia berkata “bukan dari sorga!”. Lalu saya tanya “kalau bukan dari sorga lalu dari mana?”. Dia jawab “hasil penyelidikan ada tanaman semak-semak di sekitar arab, buahnya seperti buah ketumbar dan bisa dipetik, ditumbuk dan dibuat menjadi roti. Besar kemungkinan itu yang dimakan orang Israel. Kemudian alternatif kedua, di teluk Persia ada sejenis tanaman seperti pohon damar, getahnya putih bening dan itu bisa dimakan. Itu yang diterbangkan angin dan didrop di perkemahan orang Israel”. Saya balik bertanya “kata Alkitab, pada hari pertama tidak boleh disimpan sampai besok, sebab kalau disimpan akan berbau busuk lebih busuk dari pada bangkai. Tetapi hari keenam bisa disimpan. Sudahkah ada penyelidikan seperti itu?”. Kalau andai kata itu benar saya akan percaya seperti pendapatnya. Akhirnya dia sendiri bingung dan berkata “maaf pak, saya mau tanya ulang sama dosen”.

Sekarang ini banyak pengkritik Alkitab, tetapi tidak perlu ditanggapi. Mari kita percaya kepada Firman Allah, bukan pendapat manusia.

Satu, dua, lima, sepuluh, dua puluh dan tiga puluh. Berhenti pada angka 30, itulah angka Korban Kristus.
Zakharia 11:10-13
11:10 Aku mengambil tongkatku "Kemurahan", lalu mematahkannya untuk membatalkan perjanjian yang telah kuikat dengan segala bangsa.
11:11 Jadi dibatalkanlah perjanjian pada hari itu, maka tahulah pedagang-pedagang domba yang sedang mengamat-amati aku, bahwa itu adalah firman TUHAN.
11:12 Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak.
11:13 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" -- nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN.

Inilah nubuatan tentang Yudas Iskariot, dia diberi 30 keping uang perak yang kemudian Yudas buang kembali di depan para imam dan dia pergi menggantung diri. Menghina korban Kristus, akibatnya pecah perutnya. Menghina korban Kristus, berarti manusia itu bukan menghadapi yang sedap, dia akan hancur. Menghina korban Kristus, siapapun namanya, kedudukan apapun, pandai atau bodoh, miskin atau kaya bagaimanapun, kalau menghina Korban Kristus akan hancur hidupnya. Sekarang boleh jaya, tetapi satu waktu dia akan menemukan dirinya jauh dari hadirat Tuhan.

Tuhan Memberkati.
GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar