20190804

Kebaktian Umum, Minggu 4 Agustus 2019 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Wahyu 8:12-13
8:12 Lalu malaikat yang keempat meniup sangkakalanya dan terpukullah sepertiga dari matahari dan sepertiga dari bulan dan sepertiga dari bintang-bintang, sehingga sepertiga dari padanya menjadi gelap dan sepertiga dari siang hari tidak terang dan demikian juga malam hari.
8:13 Lalu aku melihat: aku mendengar seekor burung nasar terbang di tengah langit dan berkata dengan suara nyaring: "Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya."

Hukuman Allah Roh Kudus lewat 7 meterai, hukuman Anak Allah lewat tujuh sangkakala dan hukuman Allah Bapa lewat tujuh bokor. Dan hukuman dari Allah Roh Kudus semakin meningkat kepada Anak Allah. Kalau yang kita baca gelap itu masih sepertiga, tetapi dalam hukuman Allah Bapa gelap itu seluruhnya. Ini yang akan terjadi di depan. Mengapa Tuhan bertindak dengan menggunakan hukuman seperti ini. Hukuman Anak Allah adalah lewat bunyi sangkakala. Bunyi sangkakala itu sebenarnya adalah suara Firman.
Yesaya 58:1

Ibrani 1:2
1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Anak Allah ini sebenarnya sudah datang untuk meniup sangkakala ini, datang memberitakan Firman. Tetapi manusia terlalu kepala batu, tidak menerima bahkan mereka membunuh Yesus.

Kali ini kita akan melihat pembalasan dari Anak Allah pada sangkakala keempat.
1.      Pertama 1/3 matahari menjadi gelap. Ini hanya sarana, objeknya sebenarnya manusia, kepada manusialah sebenarnya Tuhan tujukan hukuman ini. Jika kita melihat matahari, maka sesungguhnya itu adalah simbol dari kasih Allah Bapa.
Mazmur 84:12
84:12 Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Ini berarti umat Tuhan secara khusus diberikan Tuhan peringatan. Kalau orang dunia, dia tidak akan mengerti tentang ini, tetapi kita umat Tuhan patut mengerti. Mengapa? Tuhan di sini dikatakan bagaikan matahari. Dan dua ayat dalam Alkitab mengatakan bahwa gereja Tuhan akan diangkat sama seperti matahari. Jadi rencana Tuhan, kita mau dikatrol oleh Tuhan sama dengan Tuhan. Itu rencana Tuhan dan itu sedang berjalan. Jika di dalam gereja Tuhan ada pembukaan rahasia Firman Tuhan berarti gereja Tuhan itu sedang ditangani oleh Tuhan untuk diangkat setara dengan Dia.
Hakim-hakim 5:31
5:31 Demikianlah akan binasa segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya.

Kita akan dibawa di sini dan secara lompatan jauh, Tuhan sudah tunjuk eksitensi gereja Tuhan yang mengasihi Tuhan. Penekanannya adalah mengasihi Tuhan.
Matius 13:43
13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Pada waktu itu menunjuk Wahyu 12:1 di mana gereja Tuhan diselubungi oleh matahari. Tuhan katakan pasti terwujud, semoga yang akan ada itu adalah saudara yang ada di sana. Inilah tujuan Tuhan menggarap kita, bukan sekedar ibadah hura-hura. Saudara puas dengan memuja memuji Tuhan tetapi apakah Tuhan puas!

Ini diperlihatkan dalam Wahyu pasal 8 ini, berarti kesempatan gereja untuk ke sana sudah dicabut oleh Tuhan karena manusia hidup tidak mengasihi Tuhan! Sekarang ini mumpung belum diangkat oleh Tuhan rencanaNya, marilah serius dalam ibadah, kasihilah Tuhan, Dia kekasihmu, Dia belahan jiwamu, Dia suamimu secara rohani. Mengapa kita tidak mengasihi Tuhan yang digambarkan bagaikan suami sehingga Dia bertindak luar biasa terhadap kekasihNya, belahan jiwaNya. Di saat binatang buas mau menerjang saudara, Dia langsung merampas dan membawa di padang belantara. Itu tindakan suami terhadap isterinya, itu tindakan Tuhan kepada tubuhnya.

Jika ada luka di lututmu atau di jarimu, masakan kepalamu tidak bereaksi. Tidak mungkin kalau engkau anggota tubuhNya dan mengasihi Dia kemudian Kepala diam ketika saudara dihadang dengan masalah. Persoalannya apakah kita mengasihi Dia. Kalau engkau punya ikhtiar untuk membawa diri menjadi Mempelai, Dia akan bertanggung jawab terhadap saudara! Dia tidak akan membiarkan saudara dipimpong dipermainkan oleh pencobaan!

Jangan tunggu kebenaran itu dicabut oleh Tuhan. Baru sepertiga yang kena hukuman di sini, berarti ini baru wanti-wanti. Jangan tunggu hukuman dari bokor, itu lebih parah. Bukan cuma seperti tiga, ini betul-betul dicabut habis semuanya/secara keseluruhan.
Wahyu 16:8
16:8 Dan malaikat yang keempat menumpahkan cawannya ke atas matahari, dan kepadanya diberi kuasa untuk menghanguskan manusia dengan api.
Karena panasnya, akhirnya manusia menggigit lidahnya. Lidah yang dicipta oleh Tuhan untuk memuja dan memuji Tuhan akhirnya dia gigit sendiri. Kenapa? Karena sekarang dia tidak menghiraukan untuk memuja dan memuji Tuhan.

Wahyu 16:9-10
16:9 Dan manusia dihanguskan oleh panas api yang dahsyat, dan mereka menghujat nama Allah yang berkuasa atas malapetaka-malapetaka itu dan mereka tidak bertobat untuk memuliakan Dia.
16:10 Dan malaikat yang kelima menumpahkan cawannya ke atas takhta binatang itu dan kerajaannya menjadi gelap, dan mereka menggigit lidah mereka karena kesakitan,

Saya sampaikan untuk kita sekalian, ini masih dalam bentuk peringatan. Dalam Wahyu 8:13 ada seruan “wahai, wahai, wahai” berarti ini peringatan kepada sahabat atau kawannya, karena ulang berulang disampaikan Firman kepadanya tetapi dia tidak gubris. Sekarang tunggulah hukuman, namun di sini masih dalam bentuk 1/3 yang gelap. Sekarang ini kesempatan bagi kita yang masih ada hari-hari terakhir ini. Jangan tunggu Wahyu 16:8. Sekarang ini ibarat seorang ayah baru mencubit anaknya. Jangan tunggu nanti sudah pakai pentung.

Matahari itu menggambarkan kasih Allah Bapa, tujuan Tuhan adalah kita ini mau disejajarkan dengan Dia. Dalam Matius 13:43 telah Yesus katakan dan wujudnya adalah Wahyu 12:1, matahari itu sudah satu dengan gereja, menjadi jubah. Kebenaran atau kasih Allah itu menyelubungi gerejaNya.
Wahyu 12:1
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Itulah yang dimaksud Matius 13:43. Saya rindu ada di sana bersama dengan isteri. Saya mau ada dalam pengalaman Wahyu 12:1. Sebab kalau kita tidak masuk di sana kita mendapatkan derita sengsara yang mengerikan dari binatang buas yaitu antikristus yang disebut antropostes anonias yaitu manusia yang tidak tahu hukum, apalagi hukum Tuhan. Yang dia tahu adalah hukum yang berangkat dari dirinya sendiri. Ini adalah seorang diktator luar biasa. Saudara lihat bagaimana roh diktator ini dalam sejarah manusia. Di dalam Alkitab mulai dari Kejadian pasal 4 sudah ada Lamekh, kemudian pasal 10 dan 11 ada Nimrod. Dan roh diktator ini akan berjalan memuncak sampai akhir zaman ini. Kalau dulu mereka belum bisa menguasai dunia ini, tetapi ke depan ini akan mencapai memuncak.

Kita beribadah bukan sekedar upacara tetapi tujuannya supaya saudara dibahagiakan oleh Tuhan. Tuhan berupaya untuk membahagiakan manusia, tetapi manusia justru senang ikut yang dusta. Ada suara sangkakala tetapi mereka tidak peduli, ada pemberitaan Firman tetapi mereka emoh.
Yeremia 6:17
6:17 Juga aku mengangkat atas mereka penjaga-penjaga, firman-Ku: Perhatikanlah bunyi sangkakala! Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau memperhatikannya!

Mereka tidak mau padahal tujuan Tuhan untuk membahagiakan mereka.
Yeremia 7:23
7:23 hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepada mereka: Dengarkanlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia!

Tujuan Tuhan untuk membahagiakan kita, kebahagiaan yang Tuhan miliki mau didrop pada kita. Itu sebabnya Dia matahari dan kita juga mau dijadikan seperti matahari, benar-benar terang benderang.

Yeremia 7:24
7:24 Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau memberi perhatian, melainkan mereka mengikuti rancangan-rancangan dan kedegilan hatinya yang jahat, dan mereka memperlihatkan belakangnya dan bukan mukanya.

Ini keterlaluan, memperlihatkan belakang berarti memperlihatkan pantatnya, ini keterlaluan! Dan mereka lebih percaya yang dusta dan itulah yang mereka ikuti. Yang mengarahkan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan malah mereka tidak peduli. Seharusnya yang mereka perhadapkan adalah diri dengan wajah berseri terhadap Tuhan “iya Yesus kekasihku, demi kebahagianku Engkau rela mati di Golgota”. Tetapi mereka berbalik memperlihatkan bokongnya, ini kerterlaluan! Hal ini banyak terjadi dalam gereja. Semoga saudara bukan orang yang seperti itu, saudara selalu ingin berhadapan dan sapa menyapa dengan Tuhan.

Yeremia 31:12
31:12 Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana.

Ada gandum berarti ada Firman, ada anggur berarti ada sukacita dalam nikah, ada minyak berarti ada minyak urapan. Ada anak-anak kambing berarti mulai dari yang kecil kemudian meningkat pada lembu sapi. Artinya penghargaan mereka terhadap korban Kristus makin tinggi. Apakah rancangan Tuhan ini jelek untuk saya dan saudara? Selalu Tuhan ingin membahagiakan umatNya tetapi umat salah kaprah. Mereka anggap ibadah itu suatu yang melelahkan. Sampai Tuhan katakan “apakah Aku yang melelahkan kamu, bukankah kamu yang melelahkan Aku!”.
Semoga kita yang ada pada siang ini ada niat mau seperti Tuhan Yesus. Supaya jangan hanya slogan lagu “seperti Yesus” tetapi begitu pulang di rumah malah merokok dan minum minuman keras, apakah itu seperti Yesus! Di sinilah kelemahan-kelemahan kita. Dan kelemahan kita ini bisa ditolong oleh Tuhan jika kita setia mendengar Firman, kita mau disucikan oleh Tuhan.

Orang Israel malah suka dengar yang dusta. Bagaimana mau jadi seperti matahari, jadi seperti Allah Bapa kalau seperti ini.
Yeremia 7:4
7:4 Janganlah percaya kepada perkataan dusta yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN,

Tidak ada orang mengatakan itu bait setan, memang bait Tuhan tetapi mereka didustai karena prakteknya praktek setan. Kalau prakteknya menyenangkan iblis itu bukan Bait Allah, makanya itu dusta karena itu bahasa iblis.

Yeremia 7:8
7:8 Tetapi sesungguhnya, kamu percaya kepada perkataan dusta yang tidak memberi faedah.

Ini jangan terjadi dalam diri kita. Sekarang kita mendengar, ini masih bentuk peringatan bagi kita.

2.      1/3 bulan kena hukuman
Bulan dalam tanda darah itu adalah tempat berpijak Mempelai Wanita Tuhan dan Mempelai Laki-laki berpijak di Israel dalam tanda darah. Memang ketika bangsa Israel keluar dari Mesir, disertai dengan tanda darah. Dalam Wahyu 12:1 bulan itu merah berarti tanda darah. Bulan ini memang identik dengan tanda darah.
Yoel 2:31
2:31 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.

Kisah Para Rasul 2:20
2:20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu.

Ini semua dihubungkan dengan hari Tuhan. Kalau dalam Wahyu 8:12 ini sepertiga bulan menjadi gelap. Berarti Tuhan sudah memperingatkan kepada kita sebelum secara utuh menjadi gelap, agar dari sekarang ini kita menghargai bahkan lebih menghargai Korban Kristus, menghargai darah Yesus. Jangan tunggu Tuhan sudah cabut, bahkan secara utuh nanti Tuhan cabut. Ini baru dalam bentuk peringatan.

Kalau Tuhan menunjuk bulan, bulan itu adalah penentu waktu. Waktu yang dibicarakan di sini adalah kedatangan Yesus kedua kali dalam Wahyu 22:20-21
Mazmur 104:19
104:19 Engkau yang telah membuat bulan menjadi penentu waktu, matahari yang tahu akan saat terbenamnya.

Apakah bulan sebagai penentu waktu ini mengatur saudara atau tidak. Sebab kalau dia adalah penentu waktu, maka dia akan mengatur kita sesuai dengan waktu yang Dia atur. Bagaimana caranya?
Efesus 1:8-9
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Rahasia itu dibuka atas kerelaan hati Tuhan. Kepada siapa? Kepada kita bangsa kafir. Tuhan percayai Firman kepada Israel, tetapi rahasianya dipercayakan kepada kita bangsa kafir. Untuk apa dibuka rahasia Firman ini? Penentu waktu! Jadi kalau dalam gereja ada pembukaan rahasia Firman, maka Yesus ada di situ untuk mengatur saudara mencapai kegenapan waktu. Jika kita beribadah hanya menggelegar pujian tanpa pembukaan rahasia Firman, maka anda tidak ada pada tangan Yesus. Berarti tidak ada di dalam ketentuan waktu.

Efesus 1:10
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Ini penentu waktu. Pembukaan rahasia Firman ini adalah pekerjaan Yesus sebagai penentu waktu. Lewat kuasa Roh KudusNya maka kita diberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri karena waktu sudah mau berakhir. Jangan kita mengulur-ulur waktu hari-hari terakhir ini. Kita di Indonesia ini minoritas, kita mau ke mana. Tetapi sekalipun kita minoritas, tetapi kalau kita ada bersama Yesus dan mau masuk dalam kegenapan waktu, berarti menjadi Mempelai WanitaNya yang siap menyambut Dia di mana saudara sebagai tubuh, maka tidak ada yang berani mengganggu saudara sekalipun kita minoritas, sebab kita dipagari dan dilindungi oleh Tuhan, Mempelai Laki-laki Sorga. Sekalipun saudara sendiri di tengah-tengah orang banyak yang tidak seiman, tetapi kalau saudara ada dalam pelukan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan saudara hayati maka saudara ada dalam kesiapan waktu, tidak ada yang dapat mengusik saudara.

Jika saudara adalah orang yang mau mendirikan iman pelayananmu yang bertumpu pada Korban Kristus, maka kita akan didorong pada penentu waktu itu dan kita menjadi miliknya Tuhan Yesus. Jadi pembukaan rahasia firman itu bukan sekedar disampaikan tetapi saya dan saudara didorong oleh Tuhan untuk masuk dalam kegenapan waktu.

Bulan adalah penentu waktu, dia tahu pada waktu ini apa yang dia kerjakan. Apa lagi waktu yang sekarang? Sekarang kita menikmati pembukaan rahasia Firman Allah, sebab segera waktu itu akan berakhir. Berarti saudara ada dalam kegenapan waktu untuk bertemu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Jika Firman disampaikan kepada kita untuk mendorong kita menjadi Mempelai WanitaNya, berarti banyak hal yang harus dibersihkan dari hidup kita. Lewat pembukaan Firman ini kita melihat kekurangan kita, , maka siaplah menerima, jangan mengkal muka. Itu berarti saudara mau dibawa pada kegenapan waktu.

Saya berbahagia ada dalam kabar mempelai ini. Dulu saya tidak paham karena tidak pernah disosialisasikan oleh pendeta-pendeta. Yang dia khotbahkan hanya teologia saja. Akhirnya diisi filsafat Stoa dan Epikuris sehingga lahirlah Genostik di dalam gereja hari-hari terakhir ini. Kalau dalam gereja injil sudah dicampur dengan Stoa dan Epikuros maka di dalam gereja itu berhimpun orang-orang genostik. Mereka hanya mengakui Yesus sebagai tempat pengakuan dosa tanpa resiko. Tidak menyebut lagi Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga.

Ketika hal ini tidak dihiraukan, maka sangat riskan. Tadi dikatakan bulan itu penentu waktu, sekarang kita lihat fakta yang akhir.
Wahyu 22:20
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Siapa yang berkata “Aku datang segera”? Yang paham siapa Dia akan langsung menjawab “Amin, datanglah Tuhan Yesus!”. Dialah Tuhan Yesus sebagai penentu waktu. Untuk siap dan berani berkata “datanglah Tuhan Yesus” itu diawali dengan Efesus 1:8-10 dan Kolose 1:24-28.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Kolose 1:24-28
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Ini untuk kita bangsa kafir dan saya berbahagia. Rasul Paulus tidak malu-malu mengatakan bahwa dia adalah rasul bagi bangsa kafir.
Efesus 3:4-8
3:4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,
3:5 yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,
3:6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.
3:7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
3:8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu,

Bahkan dalam I Korintus pasal 15 dia mengatakan bahwa dia anak yang lahir belum waktunya atau prematur. Anak yang lahir secara prematur itu ditangani khusus. Berarti rasul Paulus adalah rasul bagi kita bangsa kafir, ditangani khusus oleh Tuhan demi saudara. Kepadanya Tuhan tidak percayakan pembukaan rahasia FirmanNya untuk dia suarakan kepada kita bangsa kafir. Saya hamba Tuhan yang ikut memegang tongkat estafet dari rasul Paulus ini, untuk mempersembahkan jemaat kepada Tuhan Yesus. Semoga diterima dan tidak ditolak.

Kolose 1:24
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

Apakah penderitaan Kristus masih kurang? Tidak! Yang kurang pada Kristus adalah belum ada Tubuh Kristus. Untuk inilah dia berjuang. Rasul Paulus berjuang sekalipun menderita demi terwujudnya Tubuh Kristus. Hamba Tuhan yang berjuang dan rela menderita demi terwujudnya Tubuh Kristus, itulah hamba Tuhan penerus rasul Paulus. Tetapi kalau tidak rela menderita, maunya ketika baru membuka sidang, dia minta sponsor di belakangnya, maka itu enak sekali. Dia tidak akan mengalami penderitaan, dia tidak akan mengalami kematian dalam perkara-perkara jasmani. Kalau ada kebangkitan itu berarti kebangkitan palsu, kalau ada kemuliaan itu kemuliaan palsu!

Rasul Paulus gembira walaupun menderita demi terwujudnya tubuh Kristus. Kepala tanpa tubuh itu tidak baik, tubuh tanpa kepala itu tidak baik. Apa Tuhan katakan ketika menciptakan Adam? Tiada baik manusia itu seorang diri. Kalau Adam harus ada mempelai wanita yaitu Hawa. Yesus adalah Adam yang akhir harus memiliki Hawa yang akhir itulah gereja Tuhan.
Kejadian 2:18
2:18 TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."


Adam pertama Tuhan operasi rusuknya. Adam yang akhir juga Tuhan operasi rusuknya, ditombak sehingga keluar darah dan air, lahirlah gereja. Tanda kelahiran seorang bayi harus disertai darah dan air. Yesus ditombak maka darah dan air keluar berarti gereja lahir.

Ini tugas yang dipercayakan Tuhan, bukan maunya Paulus.
Kolose 1:25-28
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Tujuan pelayanannya untuk membuat gereja sempurna di dalam Kristus.

Bulan adalah simbol Kristus Yesus yang berkorban dalam tanda darah di Golgota untuk keselamatanmu dan keselamatanku. Dan Yeremia mengatakan untuk kebahagiaan kita. Kenapa Tuhan memikirkan kebahagiaan kita yang kurang ajar ini. Bahkan kerelaan itu tidak tanggung-tanggung, Dia rela menyerahkan puteraNya yang tunggal mati di Golgota demi membahagiakan kita. Tetapi kita keterlaluan kalau kita tidak tahu berterima kasih kepada Tuhan. Kenapa seseorang yang merancang untuk kebahagiaan kita malah kita khianati! Sampai hati saudara! Dia rela sampai tersalib di Golgota tetapi kenapa kita tidak tahu berterima kasih. Jangan ada di sini yang tidak peduli Korban Kristus.

Jangan tunggu bulan ini sudah gelap dan tidak memberikan terangnya lagi.
Yohanes 8:12
8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Kalau Tuhan sudah bicara tentang gelap, berarti sudah dekat pencabutan hak sulung. Sebab bicara gelap ini, dulu 3 hari orang Mesir gelap gulita. Tidak bisa lagi orang berdiri dari tempat tidurnya. Kalau orang duduk sudah tidak bisa beranjak dari tempat duduknya, sebab gelap itu sampai bisa diraba berarti seperti benda padat. Artinya ini menunjukkan mereka hanya memikirkan dirinya sendiri. Egoistisnya luar biasa. Jadi tanda kegelapan ada pada seseorang adalah mementingkan dirinya sendiri.

Keluaran 10:21-23
10:21 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya datang gelap meliputi tanah Mesir, sehingga orang dapat meraba gelap itu."
10:22 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke langit dan datanglah gelap gulita di seluruh tanah Mesir selama tiga hari.
10:23 Tidak ada orang yang dapat melihat temannya, juga tidak ada orang yang dapat bangun dari tempatnya selama tiga hari; tetapi pada semua orang Israel ada terang di tempat kediamannya.

Tidak dapat melihat temannya, berarti betul-betul egois. Komandan dari 18 dosa akhir zaman ini adalah mementingkan dirinya sendiri. Kita lihat sekarang bagaimana manusia benar-benar mementingkan dirinya sendiri, jangan kita tiru hal itu.

Kegelapan ini tulah kesembilan. Masuk Keluaran 11 itu tulah kesepuluh, anak sulung dibunuh oleh Tuhan. Berarti hak keselungan itu dicabut oleh Tuhan. Sekarang ini gereja Tuhan baru menghadapi peringatan dari Tuhan, ada gelap tetapi baru 1/3 matahari menjadi gelap kemudian bulan menjadi gelap 1/3 dan bintang juga 1/3. Ingat ini peringatan dari Sipenentu waktu hak sulung akan dicabut. Kalau hak sulung dicabut maka akibatnya saudara tidak ada bagian di dalam perhimpunan anak-anak sulung.
Ibrani 12:22-23
12:22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,

Raba dadamu, raba hatimu, apakah saudara menuju ke sana, atau sudah ada di sana secara rohani. Saya harus ada di sana dan berjuang untuk ke sana. Hati-hati dengan kegelapan. Kalau baru 1/3 yang gelap itu baru peringatan. Sebab Wahyu pasal 16 itu seluruhnya menjadi gelap. Ini berarti hak sulung sudah tidak bisa menjadi bagian kita. Saya tidak mau ini terjadi, saya mau bersama jemaat yang Tuhan percayakan tetap memegang hak kesulungan. Sebab itu menjamin kita berada di tempat yang meriah bersama malaikat.

Hak sulung ini bisa dirampas, bisa hilang dari diri kita seperti pada Esau. Hak sulungnya dia lepas hanya karena sepiring kacang merah. Kalau cuma soal makanan, bisa saja dia minta pada hamba-hamba bapaknya sebab mereka adalah keluarga kaya. Tetapi karena ingin kacang merah sehingga dia ringankan hak kesulungan. Akhirnya hak sulung dia cari dengan derai air mata tetapi dia tidak dapat lagi. Yang kedua adalah Ruben. Dia menaiki petiduran ayahnya karena selingkuh dengan gundik Yakub yang bernama Bilha. Ini yang membuat sehingga hilang hak kesulungannya.

Oleh persoalan dunia bisa hilang kesulungan kita. Karena persoalan kenajisan juga bisa hilang kesulungan kita, sebabnya hati-hati! Jangan hanya karena kacang merah yang disordokan sehingga kita kehilangan hak sulung. Ini jangan terjadi pada diriku dan diri saudara.

Perhatikan waktu sekarang ini, sudah dekat pencabutan hak sulung sebab dunia sudah betul-betul egois.
I Timotius 3:1-2
3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,

Dari 18 dosa akhir zaman, yang menjadi komandan pasukannya adalah mencintai dirinya sendiri. Dari mencintai diri sampai yang keenam itu dosa melawan Allah Bapa, dari dosa ketujuh sampai keduabelas adalah dosa melawan Anak Allah, dari dosa ketigabelas sampai kedelapan belas adalah dosa melawan Roh Kudus. Makanya ketiganya mengambil bagian untuk menghukum manusia. Semoga bukan saudara orang yang dihukum karena Roma 8:1 mengatakan orang yang berada didalam Kristus tidak dihukum.
Roma 8:1
8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

3.      1/3 bintang
Bintang itu bicara Roh Kudus. Pekerjaan Roh Kudus itu diturunkan kepada hamba-hamba Tuhan. Dalam Wahyu pasal 12, 12 bintang menjadi mahkota dari Mempelai Wanita Tuhan. Ketika Yesus dilahirkan dan orang majus datang menyembah, mereka dituntun oleh bintang. Tetapi mereka singgah dulu di Yerusalem, bukan kebetulan tetapi karena di Yerusalem ada Firman. Setelah lengkap Roh Kudus bersama Firman maka mereka datang ke kandang Betlehem untuk menyembah.

Kalau hamba Tuhan tidak dipenuhi oleh Roh Kudus maka itu sama dengan kebohongan terhadap jemaat! Yang dia akan sampaikan pada jemaat itu hanya akal pikirannya, kepala keledai yang dia berikan kepada jemaat.

Bintang itu bicara Roh Kudus dan itu ada pada hamba Tuhan sehingga hamba Tuhan disebut bintang dan jemaat pun dibilangi bintang sebab ada Roh Kudus. Tetapi ada 1/3 yang menjadi gelap. Yang kita perhatikan di sini bahwa ada bintang-bintang atau pelayan-pelayan Tuhan yang memang adalah pilihan dari Tuhan. Sebab ada yang mengaku bintang tetapi sebenarnya dia bintang yang ada dalam kekelaman, kata Yudas 1:13. Ini jangan sampai terjadi pada diriku.
Yudas 1:13
1:13 Mereka bagaikan ombak laut yang ganas, yang membuihkan keaiban mereka sendiri; mereka bagaikan bintang-bintang yang baginya telah tersedia tempat di dunia kekelaman untuk selama-lamanya.

Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Ditentukan menjadi terang, berarti menjadi bintang. Rasul Paulus ditentukan, ditetapkan oleh Tuhan. Tugasnya untuk menjadi terang bagi bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Walaupun menderita, dia bersukacita untuk menggenapi apa yang kurang dari penderitaan Kristus. Umat Tuhan juga ditentukan Tuhan. Jadi baik hamba Tuhan maupun umat Tuhan ditentukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Seperti yang saya terima pada tahun 1986, ketika saya bersama orang tua jompo dan pak Suradji sembayang semalam suntuk di gereja, saat itu hatiku mengeluh kepada Tuhan “Engkau utus saya ke Tentena bukan untuk melayani bangku tetapi melayani jiwa, mana jiwa Tuhan!” Kemudian saya dengar suara, Tuhan berkata “Aku tahu siapa orangKu, jiwa itu urusanKu. Engkau hambaKu layanilah Aku”. Kemudian tahun itu seperti tercurah jiwa di Sulewana dengan cepat. Walaupun harus berjuang, karena diserang sana dan diserang sini. Tetapi saya cuma duduk di kaki Tuhan, saya tidak mengambil sikap diam. Jika tidak berlebih-lebihan, orang yang serang kami dipukul Tuhan.

Kita gereja Tuhan pasti akan mendapatkan intimidasi atau kekuatan dari ular untuk merongrong saudara.
Wahyu 8:13
8:13 Lalu aku melihat: aku mendengar seekor burung nasar terbang di tengah langit dan berkata dengan suara nyaring: "Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya."

Langsung diterangkan di sini betapa ngerinya sangkakala kelima, keenam dan ketujuh. Sangkakala kelima ini membuka pintu lubang yang tidak terduga dalamnya, lubang maut, sehingga keluar belalang yang rambutnya seperti rambut perempuan, mukanya muka kuda dan diekornya ada sengat kalajengking. Dia akan mempermainkan manusia dan menyengatnya sehingga manusia mau mati tetapi tidak bisa mati selama 5 bulan.

Kalau seruan ini datang tujuannya untuk mengingatkan kita, pertahankan hidupmu, jangan sampai dicabut hak kesulungan kita. Olehnya biarlah kita tetap ada dalam persekutuan yang benar dan tepat. Jangan sampai salah.

Gereja Tuhan digambarkan seperti burung rajawali atau burun nazar.
Yesaya 40:31
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Ini rohani super, rohani yang kuat, tidak bisa diganggu gugat oleh kondisi atau situasi apapun.

Kita harus bersekutu di mana, burung nazar itu bersekutu :
Matius 24:28
24:28 Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."

Bangkai di sini menunjuk Korban Kristus. Kenapa kelasnya disebut bangkai, bukan jenazah, bukan mayat? Sebab pemberontak dalam Bilangan pasal 14, dikatakan orang yang tidak taat dan memberontak itu dihukum oleh Tuhan sehingga mayat mereka berhamburan seperti bangkai di padang gurun. Yesus rela mati menggantikan pemberontakkan kita, berarti rela menjadi bangkai.

Bilangan 14:29
14:29 Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.

Yesaya 53:5
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Dia rela menanggung pemberontakan kita, sehingga disebut tubuhnya itu bangkai, itu karena saya dan saudara. Makanya matiNya tidak indah! Yesaya mengatakan rusuknya bisa dihitung, itulah penderitaan Yesus. Dia bagaikan bangkai, di situlah kita bersekutu. PenderitaanNya memberikan kesempatan kita bersekutu di Korban Kristus. Karena pemberontakan kita sehingga wajahNya menjadi buruk. Itu semua Dia lakukan demi membahagiakan kita. Makanya sampai hatikah saudara mengkhianati Dia? Tidak!


Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar