20130105

Kebaktian Doa, Sabtu 5 Januari 2012 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, bersama istri saya sampaikan salam sejahtera, selamat kita memandang Tuhan dalam FirmanNya.

Markus 16:19-20
19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
20 Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Kehadiran Tuhan Yesus di sebelah kanan Allah Bapa Sorgawi adalah bukti nyata bahwa Yesus adalah yang berhak mewarisi segala sesuatu yang dimiliki oleh Bapa. Ada banyak hal yang Tuhan lakukan di sini, antara lain sebagai Juru Syafaat.
Ibrani 7:25
Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Jadi keberadaan Yesus di sebelah kanan Bapa Sorgawi adalah sebagai pengantara bagi kita. Tujuannya adalah supaya kita yang datang kepada Yesus untuk dibawa pada kesempurnaan.

Markus 16:20
Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Tujuan tanda-tanda dan mujizat yang menyertai adalah cara Tuhan untuk merekrut kehidupan yang ada di dalam kegelapan. Saat Tuhan membebaskan bangsa Israel dari tanah Mesir, tidak sedikit mujizat yang mereka saksikan dan mereka akhirnya keluar dari Mesir. Namun mujizat yang mereka alami dan mereka lihat dengan mata mereka sendiri ternyata tidak menjamin bahwa mereka tidak akan gugur di dalam perjalanan ke tanah perjanjian. Mujizat itu perlu untuk meyakinkan orang yang ada di dalam kegelapan untuk datang ke dalam terang Kristus namun banyak kali umat Tuhan berhenti sampai di situ dan hanya mengagung-agungkan mujizat. Dia lupa ada ruas jalan yang harus dia tempuh dan untuk menjalaninya bukan lagi mujizat yang menjadi jaminan tetapi pengajaran di dalam penggembalaan.

Bangsa Israel telah melihat mujizat di Mesir tetapi yang bisa selamat sampai di Kanaan hanya Yosua dan Kaleb yang berusia 20 tahun ke atas saat keluar dari Mesir. Jangan sampai mujizat itu menjadi tolak ukur bahwa kehidupan itu telah benar, suci dan sempurna. Itu sebabnya Yesus harus duduk di sebelah kanan menjadi juru syafaat supaya kita mencapai keselamatan yang sempurna.
Ibrani 7:25
Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

Tuhan Yesus sebagai pewaris sedang melakukan sesuatu untuk kita agar tempat Yesus yang ada di sebelah kanan Allah Bapa juga menjadi tempat kita. Itu sebabnya jangan kita hanya berhenti pada mujizat yang jasmani dan jangan itu menjadi tolak ukur bahwa hidup itu sudah benar, suci dan sempurna.

Di penghujung akhir zaman ini kita melihat orang-orang yang mendemonstrasikan kuasa Allah lewat mujizat secara jasmani tetapi itu tidak menjamin kita mengalami keselamatan yang sempurna. Yang akan menghentar kita di dalam perjalan mencapai kesempurnaan adalah Firman penggembalaan dalam bentuk pengajaran.

Yohanes 10:40-42 (Yesus di seberang sungai Yordan)
40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ.
41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."
42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Semua yang pernah dikatakan Yohanes itu mengandung Firman pengajaran untuk memperkenalkan Yesus.
Yohanes 1:15
Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."





Terakhir Yohanes memperkenalkan Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga,
Yohanes 3:29
Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Jadi nilai pengajaran ini lebih tinggi dari pada tanda-tanda mujizat, walaupun mujizat itu adalah cara Tuhan untuk meyakinkan orang yang masih berada di dalam kegelapan untuk datang kepada Yesus. Apakah kurang tanda mujizat yang dilihat oleh orang Israel?
Bilangan 14:11,22
11 TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku, sekalipun sudah ada segala tanda mujizat yang Kulakukan di tengah-tengah mereka!
22 Semua orang yang telah melihat kemuliaan-Ku dan tanda-tanda mujizat yang Kuperbuat di Mesir dan di padang gurun, namun telah sepuluh kali mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suara-Ku,

Mendengarkan suara Tuhan itulah yang menjadi ukuran untuk kita sampai pada keselamatan yang sempurna. Suara Tuhan itulah Firman pengajaran (Firman penggembalaan). Banyak orang yang mengagungkan mujizat tetapi tidak mau mendengar suara Firman penggembalaan, ini suatu kekeliruan yang besar.

Yohanes 10:3-4
3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.
4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya (ajaran).

Jadi bukan tanda mujizat yang menarik domba untuk mengikuti Tuhan tetapi karena mendengar dan mengenal suara penggembalaan. Yang membuat domba-domba menjadi satu adalah suara Tuhan, bukan mujizat-mujizat jasmani. Kalau mendengar suara yang sama yaitu pengajaran yang satu maka akan berhasil masuk dalam keselamatan yang sempurna.
Yohanes 10:16-17
16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
17 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

Kalau mendengar satu Firman pengajaran yang benar maka pasti bisa menjadi satu Tubuh Kristus yang sempurna. Kalau sudah mendengar dan mengenal suara Firman penggembalaan maka pasti akan lari kalau mendengar suara asing itulah ajaran yang asing, ajaran lain.
Efesus 4:14
sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Yohanes 10:5
4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.
5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Kita harus lari dari suara asing (ajaran tidak sehat/palsu), artinya kita harus membuat jarak dengan suara asing. Suara yang harus didengar hanya satu itulah suara Firman penggembalaan. Tetapi suara yang tidak benar yaitu suara asing itu lebih banyak, makanya banyak orang yang kepincut dengan suara orang banyak ini. Itu sebabnya kita harus tergembala oleh suara yang satu itu. Tuhan memberikan kita pola supaya kita tidak disesatkan oleh suara asing, itulah pola Tabernakel. Kalau sudah meninggalkan pola maka kehidupan tersebut sudah akan terancam oleh suara asing. Bila ada suara pemberita yang sudah keluar dari pola maka kita harus menutup telinga, jangan mau mendengar suara tersebut sebab itu sudah ciri suara orang asing (kepalsuan).
Ibrani 13:9
Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.

Tanda pertama yang mencuat menjelang kedatangan Tuhan kedua kali adalah tampilnya penyesat-penyesat. Itu sebabnya sangat dibutuhkan pola Tabernakel.
Matius 24:4-5,11
4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Tuhan Yesus berkepentingan duduk di sebelah kanan Allah Bapa sebagai pewaris.
Ada 10 hal yang menjadi hak Tuhan Yesus:
Ibrani 1:2-5
2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"

1.      Pewaris segala-galanya. Kalau Yesus sebagai pewaris segala sesuatu dan yang juga sebagai gembala maka kita harus mendengar suaraNya.

2.      Alam semesta dijadikan oleh Dia. Dengan demikian kalau kita mengikuti suaraNya maka tidak perlu kita kuatir lagi.

3.      Dia cahaya kemuliaan Allah. Jangan kita menolak cahaya injil kemuliaan Allah.

4.      Gambar wujud Allah. Allah yang tidak kelihatan menjadi nyata dalam Yesus Kristus.
Kolose 1:15-17,19;2:9
1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

5.      Menopang segala sesuatu dengan penuh FirmanNya.
Mazmur 63:9
Jiwaku melekat kepada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku.
Kita ditopang dengan tanganNya. Yang adalah dalam tanganNya adalah Firman. Jadi yang harus menopang kita adalah Firman Pengajaran.

6.      Mengerjakan penyucian dosa.

7.      Duduk di sebelah kanan Allah.

8.      Jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat.

9.      Memiliki Nama di atas segala nama, Nama yang penuh kuasa, Nama ini dapat menaklukkan makhluk yang ada di atas bumi (nabi palsu), di dalam laut (antikris) dan di angkasa (iblis).

10.  Dia adalah Anak. Kedudukan Anak di sini adalah kedudukan Tuhan Yesus dalam status Mempelai Pria Sorga.
Matius 22:1-2
1 Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:
2 "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya.

Dalam Wahyu 5:1; 10:8-10 kitab yang ada di tangan Allah Bapa itu hanya satu.
5:1 Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.
10:8 Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
10:9 Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."
10:10 Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.

Demikian juga dalam Wahyu pasal 10 Malaikat yang kuat itu hanya menerima satu kitab yang selanjutnya kitab yang satu itu diberikan kepada Yohanes untuk dimakan. Artinya hanya ada satu Firman pengajaran yang harus kita konsumsi. Jangan menerima bermacam-macam pengajaran.




Yohanes 10:16,5,27-28
16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Kalau kita melekat kepada Yesus maka tidak ada lagi yang bisa memisahkan kita.
I Korintus 6:17
Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar