20130109

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 9 Januari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga yang kita nanti-nantikan.

Yehezkiel 39:1; 38:3
39:1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal
38:3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.

Ini adalah nubuatan kedua belas dari 12 nubuatan besar dalam kitab Yehezkiel. Dari setiap tindakan iblis yang memanfaatkan manusia untuk melawan rencana Allah maka Tuhan tidak tinggal diam dan mengangkat perang. Kalau kita adalah orang yang ada dipihak Tuhan maka kita pun tidak boleh mengiyakan kegiatan dari Gog di tanah Magog ini, kita juga harus mengangkat perang. Berarti kita menyatakan suatu sikap perlawanan walaupun kita akan dikata-katai dan disebut sok suci oleh orang lain.

Kalau kita hanya berbicara tentang dosa seperti zinah, dusta, mencuri dan sebagainya maka hal-hal itu tanpa dijelaskan lebih lanjut sudah diketahui oleh umat Tuhan bahwa itu adalah suatu pelanggaran. Tetapi ada satu yang harus kita perhatikan di akhir zaman ini yaitu kuasa kegelapan berusaha menghalang-halangi kita untuk mencapai kesempurnaan lewat penampilan persekutuan yang didorong oleh pengajaran-pengajaran yang menyesatkan kita. Justru ini yang berbahaya, kita berpikir kita sudah tidak berzinah atau mencuri namun ternyata malah digenggam oleh pengajaran yang salah. Hamba-hamba Tuhan harus jeli melihat gerakan kuasa kegelapan yang juga menunggangi sesama manusia dan yang paling berbahaya kalau menyelinap lewat menggunakan jubah pelayanan. Ketika Paulus berbicara tentang pertunangan Kristus dan gerejaNya maka selanjutnya dibicarakan tentang munculnya rasul-rasul dan nabi-nabi yang palsu yang menyamarkan seperti malaikat suci.
2 Korintus 11:14
Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.

Gerakan Gog di tanah Magog justru menyentuh keadaan gereja Tuhan di akhir zaman.
Ada lima hal yang menjadi indikator bahwa pasal 38 ini kena mengena dengan kondisi akhir zaman.
1.      Yehezkiel 38:8,16
8 Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.
16 Engkau bangkit melawan umat-Ku Israel seperti awan yang menutupi seluruh bumi. Pada hari yang terkemudian akan terjadi hal itu dan Aku akan membawa engkau untuk melawan tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan mereka, hai Gog.

Dua ayat ini menyebutkan “hari yang kemudian”, ini menunjuk masa kita sekarang ini (akhir zaman).

2.      Yehezkiel 38:21-23
21 Dan Aku akan memanggil segala macam kekejutan terhadap Gog, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sehingga pedang seorang akan memakan yang lain.
22 Aku akan menghukum dia dengan sampar dan tumpahan darah; Aku akan menurunkan hujan lebat, rambun, api dan hujan belerang ke atasnya dan ke atas tentaranya dan ke atas banyak bangsa yang menyertai dia.
23 Aku akan menunjukkan kebesaran-Ku dan kekudusan-Ku dan menyatakan diri-Ku di hadapan bangsa-bangsa yang banyak, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.

Bentuk-bentuk hukuman di atas kental sekali menjelang kedatangan Tuhan pada kali yang kedua.
Sampar menunjuk penghukuman ketika kuda kuning hijau dilepas.
Wahyu 6:7-8
7 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: "Mari!"
8 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Tumpahan darah menunjuk penghukuman ketika kuda merah dilepas.
Wahyu 6:5-6
5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Hujan lebat, rambun, api dan hujan belerang merupakan penghukuman di zaman Lot, di mana perbuatan manusia di zaman Lot akan terulang menjelang kedatangan Tuhan kedua kali.
Lukas 17:29-30
29 Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.
30 Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

3.      Yehezkiel 39:29
Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Rahasia Firman Allah semakin dibukakan. Allah tidak menyembunyikan FirmanNya. WajahNya diperlihatkan berarti Allah menyatakan hal-hal yang akan terjadi di depan. Kapan Tuhan membukakan rahasiaNya dengan limpah? Itu terjadi di zaman akhir untuk mendorong kita masuk dalam kegenapan waktu.
Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

4.      Yehezkiel 39:9,12,14
9 Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar, busur dan panah, tongkat pemukul dan tombak, dan mereka membakarnya selama tujuh tahun.
12 Kaum Israel akan mengubur mereka selama tujuh bulan dengan maksud mentahirkan tanah itu.
14 Beberapa orang dikhususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh tanah itu untuk mengubur orang-orang yang masih bergelimpangan di atas tanah dengan maksud mentahirkannya. Sesudah lewat yang tujuh bulan itu mereka akan memeriksa tanah itu.

Pembersihan tanah dan wilayah Israel memakan waktu 7 tahun. Untuk memusnahkan perlengkapan senjata Gog memakan waktu 7 tahun dan untuk menguburkan orang-orang yang tewas memakan waktu 7 bulan. Angka 7 menunjuk akhir zaman.

5.      Yehezkiel 39:3
Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.

Ada 7 upaya Gog untuk menyusup lalu mencemarkan gereja Tuhan sebab dia tahu gereja Tuhan sudah mendekati kesempurnaan. Itu sebabnya Tuhan tampil memukul tangan kirinya dan bukan tangan kanan. Artinya apa yang menjadi sarana untuk mendapatkan keberhasilan itu dihantam oleh Tuhan.
Amsal 3:16
Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.
Gereja didorong untuk meraih kekayaan dan kehormatan (kiri), ini merupakan siasat iblis yang tidak disadari banyak gereja Tuhan akhir-akhir ini.

Sebagai hamba Tuhan saya berbahagia sebab Tuhan mempercayakan pembukaan rahasia Firman disertai dengan penyataan-penyataan dari Tuhan.
I Korintus 14:6,26,30
6 Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?
26 Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.
30 Tetapi jika seorang lain yang duduk di situ mendapat penyataan, maka yang pertama itu harus berdiam diri.

2 Timotius 4:1
Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

Galatia 1:12; 2:2
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.

Penyataan Tuhan begitu pentingnya sehingga kalau di situ ada orang yang berbahasa asing atau bernubuat mereka harus diam kalau ada orang yang membawa penyataan Tuhan. Artinya begitu tingginya nilai dari penyataan Tuhan kepada seorang hamba Tuhan. Kalau ada orang yang coba berkata miring tentang hamba Tuhan yang mendapat penyataan dari Tuhan maka orang itu akan kena bencana karena menolak pandangan Tuhan untuk meraih hidupnya agar dibenahi.

Tuhan memperingatkan kita agar kita menjauhkan diri dari hal-hal yang membahayakan kerohanian kita untuk maju menuju pada kesempurnaan gereja Tuhan. Iblis berupaya demikian rupa untuk menggagalkan saudara lewat penampilan Gog di tanah Magog ini. Ini nubuatan yang terakhir yang harus kita perhatikan baik-baik karena bila tidak kita akan gagal masuk dalam kesempurnaan gereja.

7 langkah Gog untuk mencemarkan gereja Tuhan:
1.      Menghimpun orang sebanyak-banyaknya.
Yehezkiel 38:8
Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.

Gog di tanah Magog ini tidak mau sendirian, dia menghimpun orang sebanyak-banyaknya. Kalau dilihat hanya sampai di sini kelihatan bagus padahal Gog ini memperbesar jumlah tetapi mengecilkan pertumbuhan rohani, persoalan rohani ditekan. Mari kita berjuang untuk memenangkan jiwa tetapi tujuannya supaya rohaninya bertumbuh sampai pada kesempurnaan, bukan untuk ditekan.

Yehezkiel 39:4
Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya.

Akhir dari kehidupan yang hanya menghimpun orang banyak tetapi tidak memberi peluang perkara rohani itu benar-benar bertumbuh adalah masuk dalam pesta Tuhan di mana hidupnya disantap oleh binatang buas. Jangan sampai kita memimpikan masuk dalam pesta nikah anak Domba Allah tetapi salah arah karena perkara yang rohani bukan menjadi perkara yang utama.
Yehezkiel 39:17
Dan engkau, anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH: Katakanlah kepada segala jenis burung-burung dan segala binatang buas: Berkumpullah kamu dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu, yaitu suatu perjamuan korban yang besar di atas gunung-gunung Israel; kamu akan makan daging dan minum darah.

Apa yang dinubuatkan dalam ayat diatas merupakan bagian dari akhir zaman.
Wahyu 19:17-18
17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,
18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar."

Roh dari Gog ini bisa menyusup masuk ke dalam gereja yang prakteknya kita merasa sudah menghimpun banyak orang tetapi salah langkah sebab hanya diarahkan masuk dalam pesta pembantaian. Itu sebabnya jangan sampai gerakan kita dalam pelayanan tidak dipantau oleh Firman Tuhan. Kalau ada kekeliruan dalam gerakan kita dan kita dikoreksi oleh Tuhan lewat FirmanNya harusnya kita menerima, kalau ada yang menolak itu sangat berbahaya bagi pribadi tersebut sebab apa yang disampaikan ini datang dari Tuhan.

Kita dipanggil Tuhan untuk memenangkan jiwa tetapi jangan sampai kita melupakan perkara rohani sebab itu yang paling penting untuk membawa kita pada kesempurnaan. Jangan kita malah memanfaatkan hal ini untuk tujuan yang salah.

Yehezkiel 39:3
Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.
Sarana untuk mencapai keberhasilan, itu yang Tuhan pukul. Sebenarnya busur itu adalah Firman dan anak panah itu ayat-ayat Firman Tuhan, tetapi di sini Firman itu hanya dimanfaatkan untuk memperoleh persoalan tangan kiri yaitu persoalan kekayaan dan kehormatan. Inilah yang menjadi sasaran dari banyak pelayan / anak Tuhan.

Kalau kita diberi peringatan jangan sampai kita menepis, tersinggung atau marah sebab itu adalah perhatian Tuhan kepada kita. Orang yang hanya mengejar kehormatan akan tersinggung ketika diberikan nasihat. Seandainya ketika Tuhan berkata kepada para murid-murid “waspadalah terhadap ragi orang farisi” lalu ini didengar oleh orang Farisi maka mereka merasa digosipkan oleh Tuhan Yesus dan murid-muridNya. Padahal tujuan Tuhan berbicara adalah untuk mengawasi murid-murid sekaligus untuk menolong orang Farisi, kalau saja mereka sadar.

Ada orang yang meragukan kerasulan dari Paulus.
II Korintus 12:11-12
11 Sungguh aku telah menjadi bodoh; tetapi kamu yang memaksa aku. Sebenarnya aku harus kamu puji. Karena meskipun aku tidak berarti sedikit pun, namun di dalam segala hal aku tidak kalah terhadap rasul-rasul yang luar biasa itu.
12 Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.

Sekalipun ada orang yang meragukan kerasulan Paulus tetapi pelayanannya membuktikan bahwa dia adalah utusan Tuhan. Oleh sebab itu apapun yang kita alami kita harus berbesar hati. Ketika Petrus dikritik dia menerima, demikian juga dengan Paulus. Kalau kita dikritik lalu menolak berarti kita menempatkan diri dalam kelompok Gog di tanah Magog yang sekalipun sudah ditegur dengan keras tetapi tidak bergeming. Inilah roh Gog di tanah Magog yaitu mempertahankan apa yang salah. Dan roh ini bisa masuk pada manusia di akhir zaman.

Mengapa roh Gog di tanah Magog ini bisa menyelinap masuk di dalam kita? Kalau tujuan pelayanan kita hanya mengejar tangan kiri yaitu kekayaan dan kehormatan. Orang yang hanya mencari hormat ketika direndahkan dia tidak bisa menerima.

Manusia yang hanya mengutamakan kekayaan dan kehormatan suatu saat akan ditelanjangi, akan kelihatan dagingnya sebab dia akan digarap dan digerayangi oleh setan.
Kisah Para Rasul 19:13-16 (Anak-anak Skewa)
13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus."
14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.
15 Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?"
16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Skewa artinya kidal, berarti tangan kiri.

Beribadahlah dengan satu tujuan yaitu umur panjang, artinya untuk masuk dalam kota Yerusalem Baru.
Mazmur 137:5
Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!

Biarlah kekayaan dan kehormatan menjadi urusannya Tuhan. Begitu juga kalau kita mengembalikan perpuluhan jangan dengan tuntutan untuk memperoleh kekayaan, kita mengembalikan perpuluhan karena kita tahu bahwa kita adalah miliknya Tuhan.

Yang dipukul oleh Tuhan bukan tangan kanan tetapi tangan kiri. Kitab Yehezkiel dibuka dengan nubuatan di mana dia harus berbaring selama 390 hari di sebelah kiri. Jadi kitab Yehezkiel dibuka dengan persoalan tangan sebelah kiri dan ditutup dengan persoalan tangan sebelah kiri. Ini menjadi peringatan kepada kita kalau mengutamakan tangan kiri maka suatu saat akan dibuang dan dipukul oleh Tuhan. Ayo kita meraba hati kita, apa motivasi pelayanan kita, apakah untuk mengejar perkara tangan kiri yaitu kekayaan dan kehormatan atau karena merindukan perkara yang sebelah kanan yaitu untuk masuk kota Yerusalem Baru?.

2.      Menindas yang kecil (yang rohani diterlantarkan)
Lukas 12:32
Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Tuhan sudah memberikan jaminan dalam bentuk janji. Tuhan Yesus pasang badan menjadi jaminan perjanjian yang lebih kuat, oleh karena itu jangan kita ragu.

Ibrani 7:22
demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat.

Gog tidak ada dalam rencana Allah, dia berada dalam rencana dirinya sendiri. Kalau Gog di tanah Magog ada di dalam rencana Allah dia tidak akan berbuat seperti ini.
Yehezkiel 38:8
Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.

Kelompok yang kecil tadi mau dibawa ke tempat yang aman dan tenteram, di mana tempatnya? Di dalam ruangan maha kudus.
Ibrani 6:19
Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,

Aman di dalam dan kuat menghadapi yang di luar. Apalah artinya kuat menghadapi musuh di luar tetapi di dalam tidak aman, atau aman di dalam namun tidak kuat menghadapi musuh di luar.

Ada 7 kali Yesus dianggap oleh ahli taurat dan orang-orang farisi melanggar sabat. Salah satunya adalah ketika menyembuhkan orang yang mati tangan kanannya.
Lukas 6:6-11
6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.
8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.
9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?"
10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.
11 Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

Orang yang mati tangan kanannya ini berada dalam rumah Tuhan berarti berada dalam ibadah namun hanya dominan perkara yang kiri, itu sebabnya Tuhan sembuhkan tangan kanannya supaya dikaitkan dengan Yerusalem Baru.

Tuhan Yesus masuk ke dalam rumah ibadah untuk mengajar. Berarti di dalam mengajar itu sekaligus ada maksud untuk menolong orang yang tangan kanannya sudah mati.

Begitu besar perhatian Tuhan terhadap orang ini, walaupun kelihatannya dia seperti dipermalukan. Dia disuruh berdiri di tengah-tengah orang banyak, meskipun terlihat orang ini dipermalukan namun tujuannya supaya tangan kanannya disembuhkan. Seringkali kita malah marah kalau merasa seperti dipermalukan saat ditegur karena hanya mengutamakan perkara tangan kiri dan mengabaikan perkara tangan kanan. Tetapi kalau kita menerima Firman yang walaupun seperti mempermalukan kita maka kita bisa kembali dikaitkan dengan Yerusalem Baru.

Kalau kita marah saat dikoreksi oleh Firman Tuhan berarti pengajaran yang kita anut bukan berasal dari Tuhan tetapi dari diri kita sendiri.
Yohanes 7:17-18
17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.
18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Ciri ajaran yang kita sampaikan dan kita pegang itu adalah dari Tuhan adalah kalau kita dikritik kita tidak akan marah sebab tahu apa yang disampaikan itu datang dari Tuhan bukan dari dirinya sendiri. Tetapi kalau marah itu tanda ajaran itu berasal dari diri sendiri karena mau mencari hormat sehingga ketika dikritik dia mengamuk.

Kalau kita benar diutus oleh Tuhan untuk menyampaikan ajaranNya lalu ada orang yang tidak terima lalu mengkritik dan melawan maka kita tidak perlu marah. Biarkan Tuhan yang berhadapan dengan orang tersebut.


Yehezkiel 4:5-6
5 Beginilah Aku tentukan bagimu: Berapa tahun hukuman kaum Israel, sekian harilah engkau menanggung hukuman mereka, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari.
6 Kalau engkau sudah mengakhiri waktu ini, berbaringlah engkau untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun.

Ternyata tangan kanan bangsa Israel yang 10 suku benar-benar sudah mati sedangkan suku Yehuda masih ada sedikit aktivitas tangan kanan, masih ada sedikit aktivitas yang rohani.

390 + 40 = 430, ini menunjuk lamanya orang Israel diam di Mesir.
Keluaran 12:40
Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun.

Galatia 3:7
Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.

3.      Menjadi Pelindung
Yehezkiel 38:7
Bersedialah dan bersiaplah engkau dengan semua kumpulan orang yang menggabungkan diri dengan engkau dan jadilah pelindung bagi mereka.

Gog di tanah Magog ini melindungi orang-orang yang bersama-sama dengan dia, tetapi bentuk perlindungan dari Gog ini berbeda dengan perlindungan dari orang yang diangkat oleh Tuhan untuk melindungi jemaat.
Yesaya 32:1-2
1 Sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran, dan pemimpin-pemimpin akan memimpin menurut keadilan,
2 dan mereka masing-masing akan seperti tempat perteduhan terhadap angin dan tempat perlindungan terhadap angin ribut, seperti aliran-aliran air di tempat kering, seperti naungan batu yang besar, di tanah yang tandus.

Pelindung yang dari Tuhan menjaga supaya umat Tuhan terlindung dari hembusan angin pengajaran yang salah, terlindung dari kekeringan rohani dan terpaan-terpaan yang akan membahayakan umat Tuhan. Tetapi perlindungan dari Gog ini tampil dengan gaya tangan kiri. Jangan sampai kita mendapat perlindungan dengan gaya tangan kiri. Hal ini tidak salah asal jangan mengabaikan tangan kanan, harus ada perlindungan terhadap hembusan angin pengajaran palsu.

Mungkin kita tidak lagi berzinah, mencuri, membunuh tetapi kalau kita terkena pengajaran palsu maka bencana yang akan kita dapatkan sebab hal ini tidak disadari ternyata malah menghambat kita masuk dalam rencana Allah. Inilah persoalan yang berbahaya yang Tuhan ungkapkan bagi kita.

Pengkhotbah 7:11-12
11 Hikmat adalah sama baiknya dengan warisan dan merupakan suatu keuntungan bagi orang-orang yang melihat matahari.
12 Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya.
Pembukaan Firman dalam urapan Roh Kudus itu yang memelihara kita dan bukan kekayaan dan kehormatan. Kalau bencana datang kekayaan tidak bisa menolong kita, hanya hikmat yang bisa menolong kita.

Amsal 11:4
Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.

Zefanya 1:18
Mereka tidak dapat diselamatkan oleh perak atau emas mereka pada hari kegemasan TUHAN, dan seluruh bumi akan dimakan habis oleh api cemburu-Nya; sebab kebinasaan, malah kebinasaan dahsyat diadakan-Nya terhadap segenap penduduk bumi.

4.      Mata hati mereka tertuju pada perkara yang jasmani
Yehezkiel 38:12
Engkau bermaksud untuk merampas dan menjarah dan mengacungkan tanganmu terhadap reruntuhan-reruntuhan yang sudah didiami kembali dan menyerang umat-Ku yang dikumpulkan dari tengah bangsa-bangsa. Mereka sudah mempunyai ternak dan harta benda dan mereka diam di pusat bumi.

Gog di tanah Magog langsung menyerang ke pusat bumi. Apa yang menjadi pusat pemikiran manusia di bumi inilah yang menjadi sasaran dari Gog di tanah Magog. Yang lebih ditekankan di sini adalah menjarah artinya mengejar kekayaan. Gambaran segala perekonomian kelak akan dikuasai oleh antikristus.

Tuhan sedang menggiring kita supaya jangan sampai mata kita terarah pada perkara dunia seperti Gog di tanah Magog. Biarlah mata kita, kita arahkan ke atas. Kita pasti akan diberkati dan tersembunyi dalam Allah, juga dengan hal-hal jasmani kalau pandangan kita tertuju pada perkara yang rohani.
Kolose 3:1-4
1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Untuk menguasai pusat bumi dalam hal ini pusat perdagangan/perekonomian maka Gog bekerja sama dengan Tirus dan Sidon. Ini adalah kota kembar yang kaya raya.
Zakaharia 9:3
Tirus mendirikan tembok benteng bagi dirinya dan menimbun perak seperti debu dan emas seperti lumpur di jalan.

Ada dua pengertian dari “perak seperti debu dan emas seperti lumpur”
a)      Menunjuk banyaknya kekayaan
b)      Menunjuk bahwa perak itu nilainya hanya seperti debu dan emas nilainya hanya seperti lumpur.

Dan setelah perkara tangan kiri yaitu kekayaan dan kehormatannya sudah terpenuhi maka dia menjual Yehuda dan menjual Yerusalem.
Yoel 3:6
dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka.

Yehuda adalah jalur yang dipakai untuk menghadirkan Yesus yang adalah Kepala gereja yang menunjuk Kabar Mempelai yaitu berita Kelapa. Yerusalem menunjuk gereja Tuhan yang adalah Tubuh Kristus. Berarti menjual Yehuda adalah melepaskan berita kepala (Yesus) dan menjual Yerusalem artinya terlepas dari pembentukan Tubuh Kristus.

Lebih baik ditolak bersama Firman pengajaran yang benar dari pada diterima tanpa Firman pengajaran yang benar.” (motto Lempinel).

Gog ini artinya orang banyak yang menunjuk kelak kehidupan ini akan dikuasai Babel sundal besar. Kalau dikuasai oleh roh dari Gog ini maka sekalipun kita tidak berzinah atau jatuh dalam dosa lainnya dapat dipastikan akan menyatu dengan babel dan pasti binasa.
Wahyu 17:15
Lalu ia berkata kepadaku: "Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.

5.      Seperti angin badai
Yehezkiel 38:9
Engkau muncul seperti angin badai dan datang seperti awan yang menutupi seluruh bumi, engkau beserta seluruh bala tentaramu dan banyak bangsa menyertai engkau.

Ini adalah penampilan kepalsuan. Datang seperti awan berarti datang seperti gaya Roh Kudus tetapi semuanya sebenarnya palsu. Sebagai hamba Tuhan saya berkepentingan menjaga sidang jemaat karena suatu saat saya harus berhadapan dengan Pribadi yang mengutus saya untuk mempertanggung jawabkan bentuk pelayanan saya kepada Tuhan.

6.      Seperti bala tentara
Yehezkiel 38:6
orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau.
Berbicara bala tentara di sini berarti ada kedisiplinan dan aturan yang ketat tetapi bukan untuk mendorong rohani pada kesempurnaan tetapi untuk menekan.
Lukas 12:32
Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Mazmur 68:12
Tuhan menyampaikan sabda; orang-orang yang membawa kabar baik itu merupakan tentara yang besar:

Pembawa kabar baik itu tentara yang besar dan Gog di tanah Magog itu juga tampil seperti bala tentara yang besar, berarti ada persaingan. Tentu di atas kertas Gog di tanah Magog ini terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan bala tentara Tuhan. Sebab bala tentara Tuhan adalah orang yang sederhana, yang bersahaja yang tidak terpandang di tengah-tengah masyarakat.
Ketika Tuhan bangkit dari kubur maka terjadi peperangan di mana kubu yang satu terdiri dari orang-orang yang lemah itulah kelompok Petrus beserta murid-murid yang lain melawan kubu Herodes, Pilatus, Imam-imam kepala dan ditopang para serdardu. Peperangan ini berlanjut sampai sekarang.
Matius 28:15
Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Namun sebagai prajurit Tuhan kita tidak perlu gentar. Apa yang harus kita lakukan sebagai prajurit Tuhan?
II Timotius 2:3-4
3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

Hanya satu tujuan kita sebagai bala tentara Allah yaitu untuk berkenan kepada komandan kita yaitu Tuhan. Di sorga juga terjadi peperangan jadi jangan heran kalau di dalam gereja juga terjadi peperangan.
Wahyu 12:7-9
7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.
9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Peperangan ini adalah untuk memurnikan. Setelah terjadi peperangan di sorga maka tidak ada lagi tempat untuk iblis di sorga.

Ketika Yesus membersihkan bait Allah maka imam kepala beserta ahli-ahli Taurat marah dan tidak setuju sebab Bait Allah mereka jadikan objek untuk mendapatkan uang. Itu sebabnya Tuhan melepaskan tali yang mengikat korban pada tanduk mezbah dan menjadikan cambuk.
Mazmur 118:27
TUHANlah Allah, Dia menerangi kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, pada tanduk-tanduk mezbah.

Artinya kehidupan yang marah dan tidak mau dibersihkan karena beribadah dan melayani untuk mengejar uang akhirnya ibadahnya tidak ada lagi hubungan dengan Tuhan.

Tentara romawi yang mengawal kubur Yesus disuap sehingga mata mereka menjadi buta. Walaupun mereka melihat dengan matanya sendiri Yesus bangkit dari kubur tetapi karena duit mereka tetap tutup mulut. Jangan sampai kita menambah barisan orang-orang yang meninggalkan pengajaran.

7.      Datang dari utara sekali
Mazmur 48:2-3
2 Besarlah TUHAN dan sangat terpuji di kota Allah kita!
3 Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.

Keluaran 40:22-23
22 Ditaruhnyalah meja di dalam Kemah Pertemuan pada sisi Kemah Suci sebelah utara, di depan tabir itu.
23 Diletakkannyalah di atasnya roti sajian menurut susunannya, di hadapan TUHAN -- seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Meja Roti Pertunjukkan ada di sebelah utara. Ini menunjuk Firman pengajaran. Kalau Gog ini datang dari utara sekali artinya dia mau mengatasi kebenaran Firman pengajaran, dia merasa lebih hebat dari kebenaran Firman. Dia menganggap kebenaran Firman itu masih kurang sehingga dia menambahkan dengan kebenaran yang berangkat dari dirinya sendiri. Pengajaran Firman ini sederhana tetapi mengena dengan seleranya Tuhan, tidak berubah.

Sekarang ini kita menghadapi orang-orang yang mau melampaui kebenaran Firman dengan akalnya. Sehingga mereka tidak mengakui perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar dan ajaib antara lain tidak mengakui bahwa Tuhan yang membelah laut Kolsum dan tidak mengakui bahwa roti manna adalah roti malaikat. Kalau kita tidak tenggelam dalam kebenaran Firman dan bergaul erat dengan Tuhan yang punya Firman bagaimana kita bisa menghadapi masalah ini, kita bisa gagal masuk dalam rencana Allah, bahkan berani merubah ilham.





Yehezkiel 38:21-22
21 Dan Aku akan memanggil segala macam kekejutan terhadap Gog, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sehingga pedang seorang akan memakan yang lain.
22 Aku akan menghukum dia dengan sampar dan tumpahan darah; Aku akan menurunkan hujan lebat, rambun, api dan hujan belerang ke atasnya dan ke atas tentaranya dan ke atas banyak bangsa yang menyertai dia.

Hukuman Tuhan terhadap Gog.
1.      Bela sampar
Persoalan bela sampar kena mengena dengan persoalan akhir zaman yang terjadi pada waktu petang.
Mazmur 91:6-7
6 terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.

Bela sampar ini terbagi dua yaitu kepada binatang terlebih dahulu baru setelah itu pada manusia.

2.      Penumpahan darah.
Ini menunjuk peperangan di mana damai sudah diangkat.
Wahyu 6:3-4
3 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!"
4 Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

3.      Hujan lebat dan rambun
Keluaran 9:22-24 (terjemahan lama)
22 Maka firman Tuhan kepada Musa: Angkatlah tanganmu arah ke langit, maka akan jadi hujan rambun dalam seluruh negeri Mesir atas segala manusia dan atas segala binatang dan atas segala tumbuh-tumbuhan dalam seluruh negeri Mesir.
23 Maka diangkatlah Musa tongkatnya arah ke langit, lalu Tuhanpun mengadakan guruh dan hujan rambun dan halilintarpun memanah ke bumi, maka negeri Mesir itu dihujani oleh Tuhan dengan rambun.

Wahyu 16:21
Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

4.      Api
Yesaya 66:15-16
15 Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.
16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.

5.      Belerang
Kejadian 19:24
Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, berasal dari TUHAN, dari langit;

Lukas 17:28-29
28 Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.
29 Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.

Jadi benar-benar apa yang akan dialami oleh pengiring-pengiring Gog di tanah Magog ini akan terjadi di depan ini, oleh sebab itu mari kita memisahkan diri dan menjauhkan diri dari pengaruh ini. Biarlah kita ada di pihak kebenaran Pengajaran Firman Allah dan tidak usah melampaui terlalu tinggi. Pengajaran ini cukup sederhana dan sangat indah dan luar biasa. Biarlah kita masuk dalam rencana Tuhan yang besar.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar