20130123

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 23 Januari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji bagi nama Tuhan, bersama istri saya menyampaikan salam sejahtera kepada kita sekalian dan selamat kita berbahagia memandang Tuhan di dalam FirmanNya.

Yehezkiel 39:1-3, 21
1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal
2 dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.
3 Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.
21 Aku akan membuat kuasa kemuliaan-Ku berlaku atas bangsa-bangsa dan mereka semua melihat hukuman yang akan Kujatuhkan dan melihat tangan-Ku yang akan memukul mereka.

Dalam kitab Yehezkiel ini terdapat 12 nubuatan besar dan yang dibicarakan saat ini adalah nubuatan yang kedua belas yang merupakan nubuatan yang terakhir yang sedikit waktu lagi akan digenapkan di atas dunia ini.

Bila kita melihat penampilan Gog dari tanah Magog ini adalah upaya dari iblis untuk menekan gereja Tuhan, untuk menghalang-halangi pertumbuhan rohani kita agar jangan sampai kita bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Gog artinya orang  yang banyak. Akhirnya mereka harus dikubur di satu kota yang namanya Hamona yang juga artinya orang yang banyak

Ternyata orang-orang yang coba menekan kerohanian umat Tuhan akhirnya bernasib malang karena Tuhan yang mengambil posisi untuk melawan mereka. Sebab itu jangan coba-coba melawan rencana Allah.
Yehezkiel 38:3; 39:1
38:3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.
39:1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal

Tuhan mengambil sikap bahwa siapapun yang coba menghalang-halangi rencanaNya di dalam gereja Tuhan suatu saat Tuhan akan mengambil sikap memerangi, entah menghalang-halangi pertumbuhan kerohaniannya sendiri atau meningkat menghalang-halangi pertumbuhan rohani orang lain. Kalau tidak ada minat untuk meningkatkan kerohanian diri sendiri dan bahkan bersikap sebaliknya berarti dalam diri orang tersebut ada roh Gog dari tanah Magog.

Sekarang ini Allah sedang mengarahkan wajahNya kepada kita artinya Tuhan sedang membukakan rahasia Firman, Tuhan tidak menyembunyikan rahasia Firman kepada kita. Kalau dalam sidang jemaat ada pembukaan Firman kemudian kehidupan itu berulah lain maka tinggal tunggu bagaimana akhir hidupnya. Dalam Yehezkiel 39:21 dikatakan Tuhan akan memukul dia. Kalau dalam ayat 3 Tuhan hanya memukul tangan kiri tetapi pada ayat 21 Tuhan memukul seluruh kehidupannya.

Dalam nama Yesus saya menghimbau kepada kita sekalian biarlah ada kerinduan hati untuk meningkatkan kerohanian kita sehingga akan sampai pada puncaknya yaitu tanpa cacat dan kerut. Itulah yang disebut sempurna sebagai Mempelai Wanita untuk Yesus Mempelai Pria Sorga.
Efesus 5:27
supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Orang-orang yang dipukul oleh Tuhan disejajarkan dengan daging burung dan daging binatang buas. Jadi kehidupan yang menghalang-halangi rencana Tuhan disejajarkan dengan daging binatang, daging burung dan daging ikan.
Yehezkiel 39:4, 17
4 Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya.
17 Dan engkau, anak manusia, beginilah firman Tuhan ALLAH: Katakanlah kepada segala jenis burung-burung dan segala binatang buas: Berkumpullah kamu dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu, yaitu suatu perjamuan korban yang besar di atas gunung-gunung Israel; kamu akan makan daging dan minum darah.

Ayat 17 ini yang diangkat oleh rasul Yohanes dalam kitab Wahyu pasal 19, yaitu setelah perjamuan kawin Anak Domba Allah maka ada perjamuan besar yang lain.

Orang yang menghambat rencana Allah disejajar dengan daging burung dan daging binatang buas. Inilah kehidupan yang tidak mau tahu tentang adanya pertobatan akhirnya dimakan oleh burung dan binatang binatang buas sebab burung dan binatang tidak perlu bertobat.

Kalau berbicara seperti burung berarti predikatnya adalah durhaka.
Efesus 2:2
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Durhaka dalam bahasa gerikanya Haonomos yang artinya jahanam!

Jangan coba menghalang-halangi rencana Tuhan dalam dirimu. Kalau anda rindu untuk masuk dalam persekutuan Tubuh Kristus yang sempurna maka persembahkanlah dirimu dengan sepenuh hati. Kalau anda tidak suka jangan halangi orang lain. Orang yang menghalangi rohani bertumbuh berarti dalam dirinya ada roh pendurhaka. Ini jangan sampai terjadi.

Kalau istri tidak mau jangan halangi suamimu, kalau suami tidak mau jangan halangi istrimu. Tetapi semoga suami istri bersama anak mau membawa diri pada rencana Allah. Gog artinya orang banyak. Yang mau membawa dirinya bertumbuh dan masuk pada pilihan hanya sedikit namun yang mau menghalangi banyak. Kalau tidak ada kesungguhan hati untuk beribadah dan melayani itu tanda mulai dipengaruhi oleh Gog dari tanah Magog.

Kata Gog dalam pasal 38 dan 39 jumlahnya 13 kali, ingat Nimrod keturunan ke 13, ini adalah angka musibah.

Wahyu 13:11-14
11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Binatang buas di sini tampil dengan kombinasi, pertama sebagai penghujat dan kedua sebagai penyesat. Dan inilah perkerjaan dari Gog di tanah Mogag. Hati-hati dengan lubang jebakan dari kuasa kegelapan yang bisa menyesatkan saudara dan akhirnya malah menjadi penghujat.
Wahyu 13:6
Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Ini yang harus kita waspadai karena gerakan Gog ini tampil pada ruas jalan yang terakhir di zaman akhir ini. Jangan kita disusupi oleh roh durhaka, roh hujat, roh penyesat. Pada hari-hari terakhir ini iblis begitu liciknya masuk dalam hati anak Tuhan dan tidak sedikit hamba Tuhan sehingga akhirnya berguguran dan  menjadi penghujat Tabernakel, Bait Allah yaitu Tubuh Kristus.

Gog di tanah Magog ini berakhir di kubur (maut) yang disebut kota Hamona.
Yehezkiel 39:11-12
11 Maka pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat, di mana ia akan dikubur di Israel, yaitu Lembah Penyeberangan di sebelah timur dari laut dan kuburan itu akan menghalangi orang-orang yang menyeberang. Di sana Gog akan dikubur dengan semua khalayak ramai yang mengikutinya dan tempat itu akan disebut Lembah Khalayak Ramai Gog.
12 Kaum Israel akan mengubur mereka selama tujuh bulan dengan maksud mentahirkan tanah itu.

Ini adalah cara Tuhan untuk memulihkan umatNya dan tanahNya yaitu dengan pembersihan roh Magog. Sebilah tulangpun tidak boleh ada. Artinya tidak boleh ada kerangka-kerangka yang mengganggu pertumbuhan gereja, itu bukan kerangka yang membuat kuat gereja Tuhan tetapi kerangka yang lepas dari Tubuh Kristus.

Yehezkiel 39:13
Dan seluruh penduduk negeri turut menguburnya dan hal itu menjadikan mereka kenamaan pada hari Aku menyatakan kemuliaan-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH.


Yeremia 13:11
Sebab seperti ikat pinggang melekat pada pinggang seseorang, demikianlah tadinya segenap kaum Israel dan segenap kaum Yehuda Kulekatkan kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN, supaya mereka itu menjadi umat, menjadi ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku. Tetapi mereka itu tidak mau mendengar."

Kalau kita mau membersihkan roh Magog dari diri kita maka Tuhan sudah memberi label kepada kita “kenamaan”. Seiring dengan kita membersihkan diri dari roh Gog ini maka Allah menyatakan kemuliaanNya. Jangan harap Tuhan menyatakan kemuliaanNya kalau tidak ada pembersihan dari roh Gog ini.

Yehezkiel 39:14
Beberapa orang dikhususkan untuk terus-menerus menjelajahi seluruh tanah itu untuk mengubur orang-orang yang masih bergelimpangan di atas tanah dengan maksud mentahirkannya. Sesudah lewat yang tujuh bulan itu mereka akan memeriksa tanah itu.

Kehidupan yang mati rohaninya suatu saat akan tergusur. Kehidupan yang memiliki roh durhaka, roh hujat, roh penyesat, suatu saat akan tergusur. Pembersihan ini berlangsung secara terus menerus. Dan berulangkali dikatakan untuk mentahirkan tanah. Tanah air kita sudah jelas yaitu Yerusalem Baru. Kalau kita rindu ke sana maka harus ada pembersihan.
Ibrani 12:22
Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

Yehezkiel 39:15-16
15 Kalau mereka menjelajahinya dan seorang menjumpai sepotong tulang manusia, maka ia harus meletakkan batu di sampingnya sebagai tanda sampai tukang-tukang kubur menguburkannya di Lembah khalayak Ramai Gog.
16 -- Dan ada juga nama kota Hamona --. Dengan demikian mereka mentahirkan tanah itu.

Hanya menjumpai sepotong tulang berarti tulang itu telah terlepas dari tubuh. Inilah kehidupan yang terpisah dari persekutuan yang di dalamnya ada kebenaran Firman Allah. Betapa telitinya Tuhan untuk membersihkan gerejaNya dan betapa Tuhan murka terhadap kehidupan yang coba menghalang-halangi rencana Tuhan.

Yehezkiel 39:23,29
23 Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannya kaum Israel harus pergi ke dalam pembuangan, dan sebab mereka berobah setia terhadap Aku, Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan mereka ke dalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh pedang.
29 Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Ini adalah dua ayat yang bertolak belakang. Pada ayat yang satu Tuhan menyembunyikan wajahNya tetapi pada ayat yang lain Tuhan memperlihatkan wajahNya. Tuhan menyembunyikan wajahNya berarti tidak ada pembukaan rahasia Firman. Kalau dalam gereja tidak ada pembukaan rahasia Firman berarti Tuhan menyembunyikan wajahNya, karena di dalamnya adalah sarang perampok. Kalau banyak pelanggaran itu identik dengan perampok. Jangan sampai jemaat tidak mendapatkan pelayanan dari Tuhan lewat pembukaan rahasia Firman Allah ini bukti Tuhan menyembunyikan wajahNya di dalam perhimpunan umatNya.

Yehezkiel 7:22
Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya,

Bukti, Markus 11:17
Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!"

Tuhan tidak akan membukakan rahasia FirmanNya dalam persekutuan perampok artinya persekutuan yang di dalamnya mencari keuntungan-keuntungan secara lahiriah. Kalau Tuhan tidak mempercayakan rahasia Firman kepada seorang hamba Tuhan seperti yang tertulis dalam ayat ini.
I Korintus 4:1-2
1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Maka nanti yang dia layani adalah persekutuan perampok. Jemaat mulai mencuri milik Tuhan. Kalau yang dilayani persekutuan perampok maka gereja Tuhan dinajiskan karena tidak ada pembukaan rahasia Firman.


Yehezkiel 7:22-23
22 Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya,
23 serta memusnahkannya. Sebab negeri itu penuh hutang darah dan kota itu penuh kekerasan.

Tidak ada alasan bagi kita jemaat di tempat ini untuk berkata bahwa Allah tidak mengarahkan wajahNya kepada kita sebab dalam setiap ibadah Tuhan selalu membukakan rahasia FirmanNya dan ada dua rahasia Allah yang besar yaitu rahasia ibadah (rahasia keubahan hidup) dan rahasia nikah (persekutuan Kristus dengan gerejaNya). Jadi dalam setiap penjelasan Firman Allah harus mengarah pada kedua hal ini.

Kalau kita tidak memiliki hal yang seperti ini maka kita disebut jemaat perampok. Sekarang ini banyak jiwa yang padanya wajah Tuhan masih tertutup. Padahal dalam ucapan berkat Tuhan sudah disebutkan Tuhan menghadapkan wajahNya.
Bilangan 6:22-27
22 TUHAN berfirman kepada Musa:
23 "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
27 Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."

Yang bertugas mengucapkan berkat ini adalah imam-imam.
Ulangan 10:8-9
8 Pada waktu itu TUHAN menunjuk suku Lewi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN, untuk bertugas melayani TUHAN dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai sekarang.
9 Sebab itu suku Lewi tidak mempunyai bagian milik pusaka bersama-sama dengan saudara-saudaranya; TUHANlah milik pusakanya, seperti yang difirmankan kepadanya oleh TUHAN, Allahmu.

Ini berarti hanya sekedar liturgi, kenyataan pembukaan rahasia Firman Allah tidak ada.

Jemaat jangan dibodohi dengan gembala yang melayani tetapi sebenarnya memiliki pekerjaan sampingan. Kalau hamba Tuhan yang memberkati adalah hamba Tuhan yang bekerja sepenuhnya untuk Tuhan maka benar berkat Tuhan turun kepada sidang jemaat.

Buktikan bahwa kita disinari atau tidak.
Mazmur 119:135
Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Kalau benar kita disinari oleh Tuhan maka buktinya kita mau menerima Firman pengajaran dan bukannya menolak.
Yeremia 6:8 (Terjemahan lama)
Biarkanlah dirimu diajari, hai Yeruzalem! asal jangan hatimu tersaraklah dari padamu, supaya jangan Kujadikan dikau akan kebinasaan dan akan negeri yang tiada diduduki.

Yesaya 8:16
Aku harus menyimpan kesaksian ini dan memeteraikan pengajaran ini di antara murid-muridku.

Bagaimana Tuhan menyinarkan wajahNya kepada umatNya.
Keluaran 33:11
Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Bilangan 12:8
Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"

Kalau hamba Tuhan itu dipercayakan Tuhan rahasia Firman berarti sama dengan hamba Tuhan tersebut berhadap-hadapan dengan Tuhan. Tuhan bertemu muka dengan muka dengan Musa berarti Tuhan membukakan rahasia Firman Allah untuk memperlihatkan hal-hal yang akan terjadi di depan. Antara lain tentang persekutuan gereja dengan Kristus Yesus Mempelai Pria Sorga dan nasib dunia ini kelak.

Musa juga hanya melihat Tuhan dari belakang.
Keluaran 33:22-23
22 apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.
23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."

Melihat bagian belakang Tuhan berarti Tuhan memperlihatkan kepada Musa tentang apa yang Tuhan lakukan pada masa silam utamanya apa yang Tuhan lakukan pada bangsa Israel ketika Tuhan melawati mereka ketika masih di Mesir. Untuk apa Tuhan memperlihatkan hal ini.
Imamat 18:3-4
3 Janganlah kamu berbuat seperti yang diperbuat orang di tanah Mesir, di mana kamu diam dahulu; juga janganlah kamu berbuat seperti yang diperbuat orang di tanah Kanaan, ke mana Aku membawa kamu; janganlah kamu hidup menurut kebiasaan mereka.
4 Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu.

Tuhan memperlihatkan bagian belakang supaya kita semua dibawa untuk mengingat tentang apa yang telah Tuhan lakukan pada masa-masa silam kita. Untuk bangsa Israel adalah apa yang telah Tuhan lakukan ketika mereka dilepaskan dari Mesir. Ternyata Israel melupakan hal itu dan kita juga seringkali melupakan perbuatan Tuhan di masa-masa lampau kita.
Mikha 6:3-5
3 "Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!
4 Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa dan Harun dan Miryam sebagai penganjurmu.
5 Umat-Ku, baiklah ingat apa yang dirancangkan oleh Balak, raja Moab, dan apa yang dijawab kepadanya oleh Bileam bin Beor dan apa yang telah terjadi dari Sitim sampai ke Gilgal, supaya engkau mengakui perbuatan-perbuatan keadilan dari TUHAN."

Tuhan sudah menuntun dari tanah Mesir artinya Tuhan sudah membebaskan kita dari cengkeraman perbudakan dosa.
Roma 6:18,20-21
18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.
20 Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran.
21 Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.

Tidak menutup kemungkinan kita melupakan tentang apa yang telah Tuhan lakukan di masa-masa yang lampau, itu sebabnya kita harus mengoreksi diri. Tuhan sendiri mengoreksi diriNya, mengapa kita tidak bisa mengoreksi diri?
Yeremia 2:5
Beginilah firman TUHAN: Apakah kecurangan yang didapati nenek moyangmu pada-Ku, sehingga mereka menjauh dari pada-Ku, mengikuti dewa kesia-siaan, sampai mereka menjadi sia-sia?

Kalau Tuhan saja mengoreksi diriNya siapa kita ini? Apalah arti sebagai hamba Tuhan kita memberkati sidang jemaat padahal perbuatan kita melawan kebenaran.

Mikha 6:4
Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa dan Harun dan Miryam sebagai penganjurmu.
Tuhan tidak bekerja sendiri tetapi ada mitra kerja Tuhan yang bisa dilihat oleh umat Tuhan. Kadang hamba Tuhan hatinya harus menjadi pilu karena tidak ada penghargaan dari umat Tuhan, kadang umat Tuhan melupakan hamba Tuhan.

Mikha 6:5
Umat-Ku, baiklah ingat apa yang dirancangkan oleh Balak, raja Moab, dan apa yang dijawab kepadanya oleh Bileam bin Beor dan apa yang telah terjadi dari Sitim sampai ke Gilgal, supaya engkau mengakui perbuatan-perbuatan keadilan dari TUHAN."

Tuhan mengingatkan peristiwa di Moab di mana Balak menyuruh Bileam mengutuk orang Israel,
Amsal 26:3
Cemeti adalah untuk kuda, kekang untuk keledai, dan pentung untuk punggung orang bebal.
tetapi yang diterima oleh orang Israel adalah berkat. Jadi Tuhan memperlihatkan dua sisi keadilanNya yaitu kepada orang yang menghalangi rencana Allah yaitu raja Balak dihukum tetapi umat Israel dilindungi oleh Tuhan.

Yehezkiel 39:29
Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
Perjalanan kehidupan kita menjadi lebih indah lagi kalau Tuhan menghadapkan wajahNya karena ke depan kita tidak perlu meraba-raba lagi sebab sudah terang dan transparan.
Yehezkiel 39:25
Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus.



Daniel 2:18
dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.

Pembukaan rahasia Firman Tuhan adalah tanda sayang Tuhan kepada kita, dan manakala kita memperhatikan maka itu adalah cara Tuhan untuk menghindarkan kita dari pedangnya Babel yang kelak akan datang. Tetapi acap kali umat Tuhan tidak menghargai lawatan Tuhan.

Ada 3 hal yang Tuhan perlihatkan dalam Yehezkiel 39:25:
1.      Aku akan memulihkan keadaan Yakub (ada proses pemulihan).
Bukti: Kisah Para Rasul 3:21
Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

2.      Aku akan menyayangi seluruh kaum Israel (Tuhan menyayangi Tubuh Kristus).
Bukti: Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

3.      Cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus.
Yeremia 3:12
Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya.

Kata cemburu ini muncul dalam suasana pertunangan sesudah itu masuk dalam pernikahan. Pertunangan ini dimata Tuhan sudah hampir sama dengan pernikahan. Ketika Yusuf dan Maria sudah bertunangan Yusuf telah disebut sebagai suaminya .
Matius 1:18-19
18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Gereja Tuhan sedang bertunangan dengan Tuhan jadi wajarlah kalau bangkit cemburu Tuhan kepada kita. Itu sebabnya jangan sampai kita menimbulkan kecemburuan Tuhan yang berakhir dengan putus hubungan dengan Tuhan seperti yang pernah dialami oleh Israel dan Yehuda. Kalau baru sampai tahap cemburu masih itu masih wajar tetapi kalau sampai dikirim surat cerai berarti putuslah hubungan dengan Tuhan dan siapa lagi yang bisa menolong kita. Cemburu Tuhan dalam Yehezkiel 39:25 adalah cemburu yang positif untuk mempertahankan namaNya yang kudus.

Yehezkiel 39:3
Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.

Nubuatan yang disampaikan ± 2600 tahun yang lampau oleh nabi Yehezkiel ini adalah benar-benar kena dengan zaman kita sekarang ini. Jangan sampai hamba Tuhan melayani kebaktian tetapi sasarannya hanyalah perkara tangan kiri, jangan sampai umat Tuhan beribadah tetapi hanya bersikukuh dengan persoalan tangan kiri. Apa itu perkara tangan kiri?
Amsal 3:16
Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.

Ketika kita menghadap Tuhan maka kita semua sama di hadapan Tuhan, jangan kita mengedepankan kehormatan kita, kita pasti tersisih di hadapan Tuhan. Tuhan pasti memukul tangan kiri orang yang demikian dan bukan hanya tangan kiri tetapi tangan Tuhan yang akan memukul seluruh hidupnya.
Yehezkiel 39:21
Aku akan membuat kuasa kemuliaan-Ku berlaku atas bangsa-bangsa dan mereka semua melihat hukuman yang akan Kujatuhkan dan melihat tangan-Ku yang akan memukul mereka.

Jadi kitab Yehezkiel pasal 4 mengoreksi tangan kiri dan pasal 38,39 juga mengoreksi tangan kiri.

Di akhir zaman ini ada kecenderungan hamba Tuhan bersikap seperti jemaat Laodekia yang mencari kekayaan lalu merasa diri kaya dan tidak berkekurangan padahal di hadapan Tuhan miskin.
Wahyu 3:17-18
17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,
18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

Kata miskin yang Tuhan sebutkan kepada jemaat Laodekia adalah Ptohia yang artinya melarat sekali.
Kepada jemaat Smirna Tuhan memakai kata Penes artinya secukupnya.
Jadi kalau kehidupan kita mengutamakan tangan kiri maka di hadapan Tuhan kita melarat sekali.

Sebagai hamba Tuhan saya serukan model seperti itu untuk hentikan penggembalaan dan bertobat kalau hanya mengejar perkara jasmani. Jangan kita menunggangi Firman untuk mencapai tujuan pribadi. Yang harus ada pada hamba Tuhan adalah Firman, itulah Yesus menunggangi hamba Tuhan untuk mencapai tujuan Yesus yaitu gereja yang sempurna.

Jangan tunggu Tuhan memukul kita, cukuplah Tuhan sudah rela dicambuk supaya jangan kita mengalami hal itu.
Yohanes 19:1
Lalu Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah Dia.

I Korintus 15:39
Bukan semua daging sama: daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.

Daging manusia tidak sama dengan daging binatang. Kenapa disebut beda? Karena daging manusia ini diberi kesempatan untuk bertobat, sedangkan binatang, burung dan ikan tidak perlu bertobat sebab tidak memiliki roh, hanya tubuh dan jiwa. Itu sebabnya orang yang tidak mau bertobat disejajarkan dengan daging binatang, burung dan ikan, itulah yang disebut durhaka, penghujat dan penyesat. Pakailah tubuh ini untuk membawa jiwa dan roh untuk ketemu dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga.


Tuhan memberkati.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar