20130127

Kebaktian Umum, Minggu 27 Januari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, salam sejahtera saya sampaikan bersama istri kepada kita sekalian dan selamat berbahagia memandang Tuhan di dalam FirmanNya.

Zakharia 1:7-8
7 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas -- itulah bulan Syebat -- pada tahun yang kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:
8 "Tadi malam aku mendapat suatu penglihatan: tampak seorang yang menunggang kuda merah! Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon murad yang di dalam jurang; dan di belakangnya ada kuda-kuda yang merah, yang merah jambu dan yang putih.

Ini adalah penglihatan yang pertama yang disusul dengan penglihatan yang selanjutnya sampai yang ke delapan. Penglihatan ini menunjuk pada firman yang dapat dilihat. Ada firman yang didengar yang hubungannya dengan telinga dan ada firman yang dilihat yang hubungannya dengan mata. Kedua indra inilah yang harus terlebih dahulu ditangkap oleh Tuhan. Kalau telinga dan mata kita dikuasai oleh Tuhan maka tiga indra yang lain juga pasti akan dikuasai oleh Tuhan.
Amsal 20:12
Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya dibuat oleh TUHAN.

Berarti anak Tuhan yang telinganya suka mendengar firman dan mata yang suka melihat penampilan Tuhan lewat Firmannya
1 Samuel 3:21
Dan TUHAN selanjutnya menampakkan diri di Silo, sebab Ia menyatakan diri di Silo kepada Samuel dengan perantaraan firman-Nya.

maka kehidupan tersebut sedang dicipta atau dibaharui oleh Tuhan, mengalami pekerjaan penciptaan menurut kehendak Allah. Dan kehendak Allah adalah untuk menjadikan kita mempelai wanitaNya.
Efesus 4:23-24
23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Tidak mungkin mengalami pekerjaan penciptaan dalam dirinya kalau telinga disendengkan pada perkara yang lain. Sekarang ada kecenderungan anak Tuhan membatasi dirinya untuk mendengar Firman Tuhan. Bahkan ada kecenderungan dalam gereja pemberitaan Firman itu dibatasi sehingga telinga anak Tuhan juga sangat meringankan untuk mendengar Firman Tuhan.

Surat yang ditujukan kepada tujuh jemaat yang ada di Asia kecil selalu diakhiri dengan perkataan “siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat”.
Wahyu 2:7,11,17,29; 3:6,13,22
2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."
2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."
2:17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapa pun, selain oleh yang menerimanya."
2:29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."
3:6 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."
3:13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."
3:22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Jelas bahwa Tuhan bermaksud menangkap telinga dengan tujuan supaya kita bisa mendengarkan Firman yang akan membaharui kehidupan yang menerima. Sekarang ada gejala gereja membatasi pemberitaan Firman hanya 15 menit atau 30 menit, ini sama dengan memprotes Tuhan dan kehidupan yang suka memprotes Firman tidak akan nampak keubahan dalam hidupnya.

Apalah arti kita menghiasi telinga kita dengan perhiasan telinga (anting-anting emas) tetapi tidak suka mendengar Firman. Bahkan sekarang ada laki-laki yang juga memakai anting-anting padahal Alkitab mengatakan orang yang seperti itu adalah keturunan Ismael. Artinya kehidupan yang akhirnya diusir seperti Ismael diusir oleh Abraham dan Sara, tidak bisa jadi pewaris sorga.


Hakim-hakim 8:24
Selanjutnya kata Gideon kepada mereka: "Satu hal saja yang kuminta kepadamu: Baiklah kamu masing-masing memberikan anting-anting dari jarahannya." -- Karena musuh itu beranting-anting mas, sebab mereka orang Ismael.

Tuhan mau menangkap telinga saudara, izinkan telinga saudara untuk menerima Firman Allah sehingga kita menikmati kuasa Firman untuk mengubah kehidupan saudara.
Jangan seperti 2 Timotius 4:3-4
3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Mata dipakai untuk memandang Firman, bagaimana caranya memandang Firman?
Yohanes 1:14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Firman yang menjadi manusia dan diam di antara kita maka otomatis mata kita bisa melihatnya. Diam dalam pengertian di sini adalah bertempat tinggal atau ada diantara kita. Inilah yang disebut skenooh yang artinya bertabernakel.

Penampilan Yesus yang bertabernakel itu dimulai dari pintu gerbang.
Kisah Para Rasul 2:36
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Ayat ini terkena pintu gerbang yang terdiri dari 4 tiang yang mengapit 3 pintu yang menunjuk Tuhan Yesus Kristus. Kehidupan Kristen yang buta tidak bisa melihat pintu, tidak bisa mengenal siapa itu pintu, apalagi orang luar.

Panjangnya pintu = 20 hasta, angka 20 mengandung pengertian rohani kesetiaan / kesabaran Allah menanti kita orang berdosa supaya bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Kristus. Tuhan sabar menanti kita yang ada di luar pintu gerbang. Kesabaran Allah ini jangan sampai kita abaikan karena suatu saat kesabaran Allah ini akan berakhir.
II Petrus 3:9,15
9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Kita bisa bertobat karena mendengar Firman. Paulus mengkisahkan dirinya yang oleh karena kesabaran Allah membuat dia mendapat kesempatan untuk bertobat.
I Timotius 1:13-16
13 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.
14 Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
15 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.
16 Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.

Contoh kehidupan yang menikmati angka 20:
Ø  Ishak 20 tahun menanti datangnya Esau dan Yakub.
Ø  Yakub 20 tahun menanti untuk mendapatkan istri dan harta bendanya.
Kejadian 31:38,41
38 Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau; domba dan kambing betinamu tidak pernah keguguran dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan.
41 Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.

Ø  Salomo 20 tahun menanti selesainya pembangunan Bait Allah dan Istana raja.
1 Raja-raja 9:10
Setelah lewat dua puluh tahun selesailah Salomo mendirikan kedua rumah itu, yakni rumah TUHAN dan istana raja.
Setelah kita melewati pintu gerbang di mana Tuhan sabar menanti kita maka Tuhan merindukan supaya roh kesabaran ini juga mengalir dalam diri kita. Janji Tuhan yang paling berharga dan yang paling besar adalah Tuhan memberikan kepada kita kodrat Ilahi dan itu secara penuh kita nikmati dalam ruangan maha kudus namun mulai kita rasakan dari pintu gerbang.
2 Petrus 1:4
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Dalam menanti mendapatkan anak, Ishak masih dapat bertahan tetapi Ribka istrinya hampir-hampir tidak mampu untuk bertahan dalam kesabaran. Itu sebabnya suami harus memiliki roh kesabaran yang lebih kuat untuk menghadapi kegoncangan dalam masa-masa penantian, sebab yang paling rapuh adalah istri.
Kejadian 25:19-26
19 Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak.
20 Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya.
21 Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.
22 Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN.
23 Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."
24 Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya.
25 Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau.
26 Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.

Ketika kesabaran Ishak dan Ribka dalam menanti sudah berbuah di mana Ribka sudah mengandung maka yang mengalami kesulitan saat itu adalah Ribka. Namun Ribka tidak lari kepada orang lain, dia meminta petunjuk kepada Tuhan. Untuk mendapatkan hasil dari kesabaran ini tidak diterima dengan mudah tetapi harus ada pergumulan.

Kesabaran menanti ini dibutuhkan mulai dari Tuhan sendiri yang sabar menanti kita. Seandainya Tuhan tidak sabar maka habislah kita manusia ini. Termasuk juga kesabaran Tuhan menanti Saulus yang akhirnya Tuhan ganti namanya menjadi Paulus. Kesabaran Tuhan menghadapi dan melihat ulah dari Saulus yang menganiaya umat Tuhan dengan sadis akhirnya membuahkan hasil yang justru menguntungkan kita bangsa kafir, Saulus ini menjadi paket Tuhan untuk kita bangsa kafir.
Efesus 3:8
Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu,

Dari seorang penghujat dan yang ganas Paulus diubah oleh Tuhan menjadi kehidupan yang begitu mengasihi kita bangsa kafir karena dia mendengar dan melihat Firman.
Kisah Para Rasul 9:3-8
3 Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
5 Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
6 Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
7 Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang juga pun.
8 Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.

Paulus mendengar suara dan melihat cahaya memancar yang menyebabkan matanya menjadi buta. Paulus ini diubah oleh Tuhan karena mendengar dan melihat dan dia dipakai untuk memberitakan Firman kepada kita bangsa kafir. Ketika Paulus masuk dalam pintu gerbang dia menerima roh kesabaran untuk menanti. Tuhan memakai Paulus untuk mengungkapkan rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya. Kesabaran ini pertama-tama harus ada di wilayah nikah. Kalau tidak ada lagi kesabaran dalam nikah maka hilanglah kesempatan untuk masuk dalam nikah yang rohani. Tidak sedikit nikah yang hancur untuk selama-lamanya karena tidak ada faktor kesabaran.

I Korintus 13:1-7
1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.
2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.
4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Kasih dimulai dengan sabar dan dikunci dengan sabar. Kita ini juga orang yang ganas tetapi kalau Tuhan sudah menangkap telinga dan mata kita maka roh sabar dalam diri kita pelan dan pasti akan muncul. Untuk karakter kita bertumbuh menjadi sabar tidak bisa dipaksakan (instan), yang pasti kerohanian kita sekarang sedang bertumbuh secara bertahap. Kadang kala kita mau memaksakan seseorang untuk langsung menjadi sabar.

Pintu gerbang tingginya 5 hasta, ini adalah angka kemurahan. Jadi pintu gerbang kita ditunjukkan kesabaran Allah menanti di dalam kemurahanNya.

Kenapa bahtera Nuh, pembangunan Tabernakel, dan pembangunan Bait Allah menggunakan ukuran hasta? Karena ukuran hasta ini mengandung nilai rohani kepastian keselamatan. Jadi kalau kita mau masuk dalam ukuran Tuhan maka kita pasti selamat.

Luas pintu gerbang = 20 x 5 = 100, angka nikah.

Jadi baru di pintu gerbang kita sudah diiming-iming untuk jadi istri Anak Domba Allah. Begitu kita percaya maka kita diberi label oleh sorga sebagai tunangannya Yesus. Sebab angka 100 adalah angka persekutuan nikah dan angka kelengkapan tubuh Kristus.
II Korintus 11:2
Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Sebagai tunangan Tuhan mengapa kita tidak berbahagia dan bersukacita? Mengapa tidak mau menerima Firman Tuhan yang adalah sukacita mempelai?.
Kidung Agung 4:1
Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau! Bagaikan merpati matamu di balik telekungmu. Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari pegunungan Gilead.
Ini menunjuk kehidupan yang menjadi kekasih Tuhan adalah kehidupan yang suka digembalakan dan bukannya menolak.

Kidung Agung 4:2a
Gigimu bagaikan kawanan domba yang baru saja dicukur, yang keluar dari tempat pembasuhan,
Artinya kehidupan anak Tuhan yang menikmati Firman sehingga dapat memberi (menyalurkan sukacita Ilahi kepada orang lain).

Kidung Agung 4:2b
yang beranak kembar semuanya, yang tak beranak tak ada.
Artinya kita harus memahami bahwa disekitar kita ada saudara kita, terutama dalam nikah. Suami harus memahami ada istri yang adalah teman seperjanjian, demikian juga sebaliknya.

I Petrus 3:7
Demikian juga kamu, hai suami-suami (duduklah bersama), hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.
I Petrus 3:7 (Terjemahan Lama)
Demikianlah juga kamu, hai segala suami orang, hendaklah kamu duduk dengan isterimu dengan budi pekerti yang baik, sebab mereka itu pihak yang lebih lemah keadaannya, serta memberi hormat kepadanya, sebab kamu juga sama waris anugerah Allah, yaitu hidup, supaya doamu jangan tergendala.

Zakharia 1:8
"Tadi malam aku mendapat suatu penglihatan: tampak seorang yang menunggang kuda merah! Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon murad yang di dalam jurang; dan di belakangnya ada kuda-kuda yang merah, yang merah jambu dan yang putih.

Untuk berubah dari duri menjadi pohon murad tidak bisa sekaligus tetapi harus melalui proses. Rasul Paulus juga setelah ditangkap oleh Tuhan di Damsyik tidak bisa langsung jadi, dia harus diproses oleh Tuhan selama 14 tahun di Arab. Setelah itu baru dia kembali lagi ke Damsyik lalu ke Yerusalem.

14 adalah angka domba paskah, artinya dia membutuhkan waktu untuk memahami siapa Yesus yang adalah Domba Paskah yang sudah tersembelih untuk menyelamatkannya. Demikian juga kita membutuhkan waktu untuk belajar dengan matang.
Galatia 1:13-24
13 Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah dan berusaha membinasakannya.
14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.
15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,
16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;
17 juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.
18 Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya.
19 Tetapi aku tidak melihat seorang pun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.
20 Di hadapan Allah kutegaskan: apa yang kutuliskan kepadamu ini benar, aku tidak berdusta.
21 Kemudian aku pergi ke daerah-daerah Siria dan Kilikia.
22 Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus di Yudea.
23 Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman, yang pernah hendak dibinasakannya.
24 Dan mereka memuliakan Allah karena aku.

Jadi proses untuk mengangkat rasul Paulus menjadi hamba Tuhan yang dipakai Tuhan luar biasa membutuhkan waktu. Kita harus memahami bahwa kita sekarang masih diproses oleh Tuhan sehingga masih ada benturan-benturan yang harus kita alami dan tidak boleh mengambil sikap yang keliru. Itu sebabnya mari kita menerima Firman yang kita dengar dan juga kita lihat.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar