20130116

Kebaktian PA Imamat, Rabu 16 Januari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, bersama istri saya sampaikan salam sejahtera bagi rekan-rekan hamba Tuhan serta sidang jemaat yang dikasihi Tuhan.

Imamat 3:1-5
1 "Jikalau persembahannya merupakan korban keselamatan, maka jikalau yang dipersembahkannya itu dari lembu, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia membawa yang tidak bercela ke hadapan TUHAN.
2 Lalu ia harus meletakkan tangannya di atas kepala persembahannya itu, dan menyembelihnya di depan pintu Kemah Pertemuan, lalu anak-anak Harun, imam-imam itu haruslah menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.
3 Kemudian dari korban keselamatan itu ia harus mempersembahkan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai korban api-apian bagi TUHAN,
4 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang dan umbai hati yang harus dipisahkannya beserta buah pinggang itu.
5 Anak-anak Harun harus membakarnya di atas mezbah, yakni di atas korban bakaran yang sedang dibakar di atas api, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.

Semua perintah dan ketetapan ini Musa terima dari suara yang keluar dari dalam kemah (Tabernakel). Ini menunjuk bahwa ibadah kita tidak boleh lepas dari pola Tabernakel. Begitu kita lepas maka arah dan sasaran kita tidak jelas, kita akan seperti orang yang linglung di padang gurun yang gersang. Tuhan telah mengaruniakan kepada kita pelajaran Tabernakel supaya kita memiliki pola ibadah, jangan sampai ada kesengajaan merombak pengajaran Tabernakel ini.
Bilangan 15:30-31
30 Tetapi orang yang berbuat sesuatu dengan sengaja, baik orang Israel asli, baik orang asing, orang itu menjadi penista TUHAN, ia harus dilenyapkan dari tengah-tengah bangsanya,
31 sebab ia telah memandang hina terhadap firman TUHAN dan merombak perintah-Nya; pastilah orang itu dilenyapkan, kesalahannya akan tertimpa atasnya."

Orang yang merombak pola dari Tuhan pasti akan terlepas dari pembangunan Tubuh Kristus.

Orang Yahudi menyebut kitab Imamat itu Vayich-Rah yang artinya “dan Dia yang memanggil”.
Dari mana Ia memanggil? Dari dalam kemah.
Siapa orang yang dipanggil? Umat tebusanNya.
Tujuan Tuhan memanggil umat tebusanNya:
1.      Untuk beribadah/melayani supaya kita masuk dalam persekutuan Tubuh Kristus.
2.      Supaya kita dibawa pada satu kondisi rohani yang disebut kudus sama seperti Tuhan.
(I Tesalonika 5:23,I Petrus 1:15-16)

Untuk meraih hal ini tidak ada sistem lain yang Tuhan beri selain melalui pola Tabernakel. Bukan untuk bermaksud fanatik tetapi ini adalah ketetapan Tuhan yang tidak boleh kita ubah.

Kisah Para Rasul 1:3
Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.
Tuhan Yesus juga berbicara tentang Kerajaan Allah yang juga diajarkan dalam pengajaran Tabernakel. Hal ini diteruskan oleh rasul Petrus sebagai pribadi yang memegang peran kunci dan secara estafet diteruskan oleh rasul Paulus.

Pusat kegiatan gereja pertama kali di Yerusalem tetapi mereka tidak meneruskan amanah dari Tuhan sehingga Tuhan izinkan kepahitan menimpa mereka yaitu penganiayaan. Kemudian Tuhan mengalihkan pusat kegiatan gereja di Antiokhia dan dari Antiokhia inilah tiga kali misi perjalanan misionari rasul Paulus dimulai. Dalam perjalanan rasul Paulus pertama kali dia mencoba masuk ke Asia tetapi Tuhan cegah.
Kisah Para Rasul 16:6
Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.

Pada perjalanan yang kedua dia mencoba lagi tetap Tuhan tidak izinkan. Tetapi pada perjalanan yang ketiga rasul Paulus diizinkan masuk ke Asia. Justru kedaulatan Allah dinyatakan di Asia, pusat gereja dari Antiokhia dipindah ke Efesus. Di Efesus yang terdapat di Asia inilah rahasia Allah yang besar dibuka oleh Tuhan dengan luar biasa.
Kisah Para Rasul 20:20
Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;

Efesus 5:32
Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Pembukaan rahasia Firman Tuhan ini Tuhan simpan untuk yang terakhir. Sekarang di penghujung akhir zaman ini Tuhan membukakan rahasiaNya yang besar di Asia yaitu di Indonesia.

Rasul Paulus mengatakan kesempatan melayani Tuhan terbuka lebar tetapi banyak musuh. Jadi di tengah-tengah pelayanan hamba Tuhan yang dipercaya Tuhan pembukaan rahasia Firman Allah maka dia harus rela hati karena banyak yang akan memusuhinya.
I Korintus 16:8-9
8 Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai hari raya Pentakosta,
9 sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.(TB)
9 karena sudah terbuka bagiku suatu pintu yang besar dan kelapangan, dan ada banyak lawan di situ.(TL)

Itu sebabnya Paulus meminta jemaat mendoakan supaya dia memiliki keberanian menyampaikan Firman sebab banyak yang menentang.
Efesus 6:19-20
19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,
20 yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

Jangan kaget kalau saudara dipercayakan pembukaan rahasia Firman Tuhan lalu banyak orang yang mencaci maki karena itu adalah siasat iblis untuk melemahkan orang lain yang mendengar.

Kita dipanggil untuk beribadah dan suara panggilan itu terdengar dari dalam kemah.
Imamat 1:1
TUHAN memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam Kemah Pertemuan:

Dalam Imamat pasal 2 dibicarakan tentang korban sajian yang menunjuk bentuk pelayanan. Ada 5 bentuk pelayanan.
1.      Tepung segenggam artinya melayani dengan roh ketenangan.
Pelayanan tanpa ketenangan, pelayanan yang tergesa-gesa bukannya membangun tetapi hanya merombak dan merusak.
Yesaya 49:17
Orang-orang yang membangun engkau datang bersegera, tetapi orang-orang yang merombak dan merusak engkau meninggalkan engkau (dengan tergesa-gesa).

2.      Roti bundar yang diolah dengan minyak dan roti tipis yang dioles dengan minyak artinya melayani dengan kasih dalam urapan Roh Kudus dan degan kerendahan hati.

3.      Yang dipanggang di belanga (rendang) artinya pelayanan yang sifatnya tertutup.
Contohnya adalah ketika ada jemaat yang datang untuk konseling atau datang mengaku dosa maka hamba Tuhan yang melayani tidak boleh lagi membuka hal itu kepada orang lain, harus ditutupi sebab dosa yang diakui itu sudah ditutup oleh darah Yesus, tidak boleh kita umbar lagi. Selanjutnya sikap kita kepada orang yang telah datang mengaku dosa itu tidak boleh berubah, jangan karena telah mendengar pengakuan maka kita malah bersikap lain dan bahkan menyisihkan.

Iblis dengan liciknya mau mempengaruhi hamba Tuhan sehingga merasa kalau ada jemaat yang mengaku itu terjadi karena kehebatannya. Orang yang mengumbar pengakukan jemaat berarti berlawanan dengan korban Kristus. Pelayanan orang seperti itu tidak akan berkelanjutan dan akan Tuhan hentikan.

4.      Yang dimasak di dalam wajan artinya pelayanan yang sifatnya terbuka.

5.      Hulu hasil atau buah bungaran. Kalau point satu sampai empat sudah ada dalam pelayanan kita maka kita akan sampai pada hulu hasil dan sekaligus nama kita termeterai di kitab kehidupan.
Ibrani 12:22-23a
22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga,

Imamat pasal 1 menunjuk dasar ibadah
Imamat pasal 2 berbicara tentang bentuk pelayanan
Imamat pasal 3 berbicara tentang korban ucapan syukur
Imamat pasal 4 bebicara tentang korban penghapus dosa
Karena kita sekalipun sudah melayani tetapi masih berbuat dosa, itu sebabnya Tuhan menyediakan korban pendamaian (Hilasmos)
I Yohanes 2:1-2
1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Imamat pasal 5 berbicara korban penebus salah.

Kalau kita memiliki persekutuan dengan 5 hal ini maka dalam diri kita akan ada kegerakan rohani yang tidak dapat dibendung.

Dalam Imamat pasal 3 dibicarakan tentang korban ucapan syukur di mana persembahannya bisa berasal dari jantan atau betina baik lembu, domba dan kambing.
Imamat 3:1,6,12
1 "Jikalau persembahannya merupakan korban keselamatan, maka jikalau yang dipersembahkannya itu dari lembu, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia membawa yang tidak bercela ke hadapan TUHAN.
6 Jikalau persembahannya untuk korban keselamatan bagi TUHAN adalah dari kambing domba, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia mempersembahkan yang tidak bercela.
12 Jikalau persembahannya seekor kambing, ia harus membawanya ke hadapan TUHAN.

Bila saudara merasakan pelayanan lembu maka harus ada ucapan syukur karena mendapat pelayanan dalam kelimpahan Firman. Tetapi banyak kali umat Tuhan sudah mendapat pelayanan dalam kelimpahan Firman tetapi tidak ada ucapan syukurnya.
Amsal 14:4
Kalau tidak ada lembu, juga tidak ada gandum, tetapi dengan kekuatan sapi banyaklah hasil.

1 Korintus 9:9-10
9 Sebab dalam hukum Musa ada tertulis: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik!" Lembukah yang Allah perhatikan?
10 Atau kitakah yang Ia maksudkan? Ya, untuk kitalah hal ini ditulis, yaitu pembajak harus membajak dalam pengharapan dan pengirik harus mengirik dalam pengharapan untuk memperoleh bagiannya.

Lembu di sini menunjuk hamba Tuhan. Karena ada pergumulan dari hamba Tuhan maka Tuhan berkenan membukakan rahasia Firman dengan limpah.

Ucapan syukur ini dikaitkan dengan persembahan korban yang dari lemak dan lemak ini adalah miliknya Tuhan.
Imamat 7:22-25
22 TUHAN berfirman kepada Musa:
23 "Katakanlah kepada orang Israel: Segala lemak dari lembu, domba ataupun kambing janganlah kamu makan.
24 Lemak bangkai atau lemak binatang yang mati diterkam boleh dipergunakan untuk segala keperluan, tetapi jangan sekali-kali kamu memakannya.
25 Karena setiap orang yang memakan lemak dari hewan yang dipergunakan untuk mempersembahkan korban api-apian bagi TUHAN, nyawa orang yang memakan itu, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya.

Secara rohani lemak itu menunjuk yang terbaik yang kita dipersembahkan kepada Tuhan. Bukti kita memiliki pelayan lembu adalah ada persekutuan dengan pelayanan dalam kelimpahan Firman Tuhan. Kalau benar ada hal itu maka harus ada lemak yang dipersembahkan.

Lemak yang harus dipersembahkan ini terdapat pada 5 bagian tubuh Lembu.
1.      Lemak yang melekat/menyelubungi perut
Apa yang kita makan masuk ke perut dan menjadi lemak. Artinya dari siapa yang Tuhan percayakan menjadi saluran untuk kita menikmati kelimpahan Firman yaitu hamba Tuhan, kita harus membagikan segala sesuatu yang ada pada kita.
Galatia 6:6
Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.

Apa yang tertulis dalam Imamat adalah apa yang terdengar dari dalam kemah (Tabernakel). Tabernakel ini ada di Sorga, itu sebabnya jangan kita hujat dan kita bongkar. Menghujat Tabernakel sama dengan menghujat Sorga. Yang menghujat Tabernakel adalah antikris dan tidak hanya Tabernakel tetapi orang-orang kudus dan nama Tuhan juga dia hujat. Menghujat Tabernakel sama dengan menghujat Tubuh Kristus. Prakteknya menghujat Tubuh adalah menceraiberaikan.

Matius 7:23
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Jangan kita malah menciptakan kejahatan yang baru. Yang sering menciptakan kejahatan adalah hamba-hamba Tuhan, salah satunya dengan cara melayani tetapi bertuhankan perut. Hal ini tidak dilakukan oleh orang di luar Tuhan tetapi orang-orang yang di dalam Tuhan bahkan yang telah melayani.

Filipi 3:17-19
17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.
18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.
19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Setiap aktivitas rasul Paulus ada di dalam gerakan Roh Kudus. Dia bergerak sesuai perintah dari Roh Kudus, sehingga ketika dia mau masuk ke Asia Roh Kudus menahan. Tuhan tidak mengizinkan sebab Asia di taruh pada urutan yang terakhir dan justru pada yang terakhir inilah Tuhan sediakan hal yang amat luar biasa.

Ibadah pelayanan kita harus mengikuti sistem Sorga. Ibadah kaum wanita juga ada oleh karena sistem sorga. Itu sebabnya dikatakan ada lembu betina, kambing betina dan domba betina. Ibadah kaum wanita dilayani oleh ibu-ibu.
Titus 2:3-5
3 Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik
4 dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya,
5 hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.

Kalau kita menjadi kehidupan yang menampung kelimpahan gandum maka kita bisa mengucap syukur.
Filipi 4:4-6,9
4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!
5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Tulisan para rasul tidak kurang nilainya dengan keempat Injil sebab itu merupakan lanjutan dari ucapan Yesus ini.
Yohanes 16:12
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Dalam menekuni Firman memang ada pergumulan tetapi pergumulan yang selalu meraba hati supaya ada dalam ketenangan. Apakah kita sebagai domba ada di dalam karakteristik mau disembelih? Sekalipun terasa sakit untuk disembelih kita harus bisa mengucap syukur sebab kita telah mengambil bagian dalam derita sengsara Tuhan. Musa rela menderita karena Kristus dari pada hanya menikmati sukacita sesaat di dalam dosa. Itu sebabnya gambar Musa selalu dihubungkan dengan lembu.
Ibrani 11:23-26
23 Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka melihat, bahwa anak itu elok rupanya dan mereka tidak takut akan perintah raja.
24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun,
25 karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa.
26 Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah.

Musa rela menderita, tetapi penderitaan ini karena ada pengharapan kedepan. Bukan penderitaan yang tidak memiliki sasaran.

2.      Lemak pada buah pinggang (niir/ginjal).

Secara rohani buah pinggang ini menunjuk persoalan batin kita. Secara anatomi tubuh ginjal ini berfungsi membersihkan air yang ada dalam tubuh.

Tuhan pernah menegur jemaat Tiatira karena persoalan buah pinggang ini.
Wahyu 2:22-23
22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.
23 Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

Kalau ada perempuan melayani sementara ada laki-laki di situ duduk mendengar maka itu merusak buah pinggang/niir/ginjal artinya merusak batin. Kalau ini diteruskan maka mengarah pada perempuan Babel yang duduk di atas kepala artinya mau menjadi kepala di atas kepala.

Susunan struktur rumah tangga Allah mulai dari atas adalah Allah, Kristus, suami lalu istri. Kalau istri mau menjadi kepala suami maka penyucian pasti terhambat. Bisa kita lihat, di mana perempuan yang tampil di dalam gereja maka terhenti pekerjaan penyucian dalam sidang jemaat. Kalau hal ini dibiarkan itu sama dengan kita makan lemak, dengan kata lain kita keluar dari pembangunan Tubuh Kristus dan tidak menjadi mempelai wanita Sorga.
Imamat 7:25
Karena setiap orang yang memakan lemak dari hewan yang dipergunakan untuk mempersembahkan korban api-apian bagi TUHAN, nyawa orang yang memakan itu, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya.

Sekarang kita berada di ujung akhir zaman dan tinggal sedikit waktu lagi kita masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus, mempelai wanita Sorga yang akan disingkirkan ke padang belantara jauh dari mata ular. Itu sebabnya lembu (yang menunjuk hamba-hamba Tuhan) harus berusaha dengan giat dan gesit supaya ada kelimpahan gandum (pembukaan Firman) untuk jemaat dan jemaat bisa mengucap syukur dalam segala hal.

Ginjal gunanya membersihkan air dalam tubuh, artinya penyucian. Kalau perempuan yang melayani maka penyucian akan terhambat dan orang yang menghambat penyucian akan dibuang pada kesukaran besar yaitu 3,5 tahun aniaya antikristus.
Wahyu 2:22
Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.

Dalam nikah jangan sampai istri yang memberi komando kepada suami. Kalau tidak benar posisi dalam nikah maka akan menghambat proses penyucian. Tidak menjadi masalah persoalan kerja di dalam nikah, bukan berarti suami tidak boleh memasak. Tuhan Yesus sendiri pernah memasak, membuat roti dan memanggang ikan.
Yohanes 21:9-10,12
9 Ketika mereka tiba di darat, mereka melihat api arang dan di atasnya ikan dan roti.
10 Kata Yesus kepada mereka: "Bawalah beberapa ikan, yang baru kamu tangkap itu."
11 Simon Petrus naik ke perahu lalu menghela jala itu ke darat, penuh ikan-ikan besar: seratus lima puluh tiga ekor banyaknya, dan sungguhpun sebanyak itu, jala itu tidak koyak.
12 Kata Yesus kepada mereka: "Marilah dan sarapanlah." Tidak ada di antara murid-murid itu yang berani bertanya kepada-Nya: "Siapakah Engkau?" Sebab mereka tahu, bahwa Ia adalah Tuhan.

Mengapa Tuhan Yesus mengangkat Petrus sebagai gembala setelah menangkap 153 ekor ikan? Karena angka 153 ekor menunjuk Tabernakel yang ukurannya,
Panjang      : 100 hasta
Lebar         : 50 hasta
Tingkatan   : ada 3 yaitu halaman, ruangan suci dan ruangan maha suci.
Penggembalan harus ada di dalam wilayah Tabernakel/pola Tabernakel.

Sebelumnya Tuhan mengangkat Petrus sebagai penginjil (penjala manusia) dan ketika itu jalanya koyak.
Lukas 5:6,10
6 Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.
10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."

Namun ketika Tuhan mau mengangkat Petrus sebagai gembala maka saat Petrus menangkap 153 ekor ikan jalanya tidak koyak. Artinya kalau hanya berhenti pada persoalan penginjilan tidak heran kalau jiwa itu bisa lari dan lepas kembali ke dunia, tetapi kalau dibawa kepada penggembalaan yang bersuasana Tabernakel pasti akan terpelihara dalam genggaman gembala yang baik.
Yohanes 10:27
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

3.      Lemak yang ada pada umbai hati (jantung)

Manusia seringkali tergoda hanya karena melihat penampilan seseorang, status seseorang dan dari mana latar belakangnya tetapi Tuhan melihat hati.

I Samuel 16:7
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Jadilah umat Tuhan yang bisa mempersembahkan yang terbaik dari dasar hati saudara, itulah lemak pada umbai hati yang harus dipersembahkan kepada Tuhan.
Amsal 23:26
Hai anakku, berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku.

Sejak kerajaan Israel terpecah dua Tuhan berkata kepada raja Yerobeam: “engkau menyakiti hatiKu”. Kemudian raja-raja berikutnya juga menyakiti hatinya Tuhan. Dan sampai kepada raja Ahab yang semakin menyakiti hati Tuhan dengan mempersunting Izebel.
1 Raja-raja 16:31,33
31 Seakan-akan belum cukup ia hidup dalam dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, maka ia mengambil pula Izebel, anak Etbaal, raja orang Sidon, menjadi isterinya, sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya.
33 Sesudah itu Ahab membuat patung Asyera, dan Ahab melanjutkan bertindak demikian, sehingga ia menimbulkan sakit hati TUHAN, Allah Israel, lebih dari semua raja-raja Israel yang mendahuluinya.

Pucuk pimpinan kerajaan Israel tidak mempersembahkan yang terbaik dari hatinya, bagaimana dengan umat kalau pemimpinannya sudah begini?

Kalau kita mempersembahkan hati kita kepada Tuhan maka nanti Tuhan yang membentuk hati kita menjadi indah. Kalau hati tidak dipersembahkan kepada Tuhan maka hanya akan menyakiti hati Tuhan. Tuhan meminta hati kita, sebenarnya ini bahasa yang sangat romantis dari Tuhan kepada kita kekasihNya. Tuhan sudah lebih dahulu memberi hatiNya kepada kita. Dia rela melepas kemuliaan dan rela telanjang dalam penderitaan karena memberi hatiNya kepada kita. Jangan hati kita seperti ini:
Matius 6:21
Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

I Timotius 6:6
Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

Ibrani 13:5-6
5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."
6 Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

Setelah berbicara hal diatas maka langsung ditunjukkan teladan dari pemimpin.
Ibrani 13:7
Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Apakah sebagai pemimpin ada contoh hidup pasrah kepada Tuhan, bersandar sepenuh kepada Tuhan? Mencontoh iman berarti mencontoh pengajarannya. Ini yang Tuhan pertanyakan bila kelak Ia datang pada kali yang kedua.
Lukas 18:8
Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Kita periksa sekarang apakah dalam pelayanan kita berangkat dengan iman. Kedatangan Tuhan yang dimaksud di sini adalah kedatangan Tuhan untuk merebut gerejaNya dengan kuasaNya. Orang yang tidak punya pengharapan itulah yang tertinggal untuk bertemu dengan antikristus.

Biarlah kita belajar untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan. Sebab kalau kita memakan apa yang terbaik yang seharusnya kita persembahkan kepada Tuhan maka kita lepas dari pembangunan Tubuh Kristus. Jangan sampai hal itu terjadi. Kiranya ketika Yesus datang dalam peristiwa Parusia, Dia datang merebut kita karena ada iman, pengharapan dan kasih.


Tuhan memberkati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar