20130101

Kebaktian Sulung 2013, Selasa 1 Januari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Lukas 1:39-45
39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.
40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.
41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Kita sekarang berada pada ruas jalan yang terakhir. Bila kita melihat peta zaman, pada zaman Allah Bapa yaitu sejak Adam jatuh ke dalam dosa sampai kepada Abraham di antaranya ada Henokh yang terangkat hidup-hidup. Pada zaman Anak yaitu sejak dari Abraham yang memiliki anak tunggal yaitu Ishak sampai pada Yesus yang adalah Anak Tuggal Allah, di antaranya ada Elia yang terangkat ke sorga. Sekarang kita berada pada zaman akhir, zaman Roh Kudus dan di zaman ini juga akan banyak kehidupan yang terangkat ke sorga seperti yang tertulis dalam ayat berikut.
Wahyu 12:1-2,14
1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.
14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Orang yang disingkirkan ini tidak mengalami kematian, namun mereka disingkirkan dan diubahkan sekejab mata pada bunyi sangkakala yang terakhir. Jadi tidak benar kalau dikatakan semua manusia antri untuk masuk dalam kematian. Ini bahasa yang tidak terkait dengan Firman.
I Tesalonika 4:16-17
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

I Korintus 15:51-52
51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Kita berada pada zaman kegenapan di mana kita akan mengalami apa yang sudah terjadi pada diri Henokh dan Elia. Sekarang ini banyak orang berkata ia pasti masuk ke sorga tetapi apakah dia yakin pasti akan masuk pada penyingkiran gereja? Itulah sebabnya sekarang kita sedang di dorong oleh Firman supaya siap saat Tuhan Yesus datang dengan kuasaNya untuk merebut kita sidang mempelaiNya dalam peristiwa Parusia yaitu waktu menjelang mau masuk 3½ tahun aniaya besar di sinilah kita harus bergumul supaya rohani kita didapati kudus, tak bercacat cela.
Filipi 1:10
sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

Efesus 5:26-27
26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Ada 3 tahapan Firman pengajaran dan tahap yang kedua adalah hujan renai. Firman pengajaran yang bagaikan hujan renai ini memperkenalkan kepada gereja yang sudah tumbuh dewasa,seorang Laki-laki yang tanpa cacat cela, yang bertanggung jawab, yang tidak ada sedikitpun kekuranganNya, itulah Yesus. Gereja Tuhan diperkenalkan dengan pribadi Yesus supaya jangan melirik laki-laki yang lain.
Yesaya 11:2-3
2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

Setelah kita dipelihara oleh Firman pengajaran yang bagaikan embun maka selanjutnya Firman pengajaran yang bagaikan hujan renai memperkenalkan kepada kita siapa Yesus sebenarnya. Kita diperkenalkan dengan satu Laki-laki yaitu Yesus, jadi tidak 2 laki-laki.

Pribadi Yesus itulah Firman sendiri. Dalam kitab Wahyu di tampilkan satu kitab, itu berarti hanya ada satu Yesus, ada satu Firman pengajaran. Namun saat kerohanian kita bagaikan remaja maka ada yesus yang lain, ada laki-laki yang lain yang mau menggoda kita. Oleh sebab itu supaya kita tidak tergoda maka harus mengenal dengan benar siapa Yesus yang sesungguhnya.
II Korintus 11:2-3
2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.
3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.

Kita melihat di sini ada iblis yang berusaha memperdaya dan menipu gereja Tuhan supaya  menggagalkan pertunangan kita dengan Yesus dan iblis berusaha supaya kita melirik laki-laki yang lain.
I Korintus 11:4
Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima

Yesus yang lain ini tidak tampil dengan wujudnya sebagai Yesus tetapi melalui berita yang disampaikan oleh yang menyatakan diri hamba Tuhan tetapi beritanya sudah lain, tidak fokus lagi kepada pribadi Yesus yang sesungguhnya dalam rencanaNya.
II Korintus 11:14
Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

Jangan sampai kita dikibuli oleh pemberita-pemberita yang menampilkan Yesus yang lain, yang hanya menekankan persoalan-persoalan yang jasmani. Menjelang pengangkatan gereja kita harus waspada jangan sampai kita kepincut dengan yesus yang lain.

Di sini ada berita yesus yang lain, berita injil yang lain. Berita injil yang benar adalah berita Firman yang mengkaitkan kita yang sudah akil balig untuk lebih mesra dengan Yesus, hidup semakin disucikan. Berarti injil yang lain adalah injil yang tidak ada kaitannya untuk membawa kita menjadi mempelai wanita Tuhan tetapi hanya mengejar berkat-berkat jasmani.

Kidung Agung 8:5
Siapakah dia yang muncul dari padang gurun, yang bersandar pada kekasihnya? -- Di bawah pohon apel kubangunkan engkau, di sanalah ibumu telah mengandung engkau, di sanalah ia mengandung dan melahirkan engkau.

Apakah kita memposisikan diri sebagai kekasih Yesus? Buktikan dengan kita bersandar sepenuhnya kepada Yesus, mempercayakan diri sepenuh kepadaNya. Ada sesuatu yang unik di sini yaitu kekasih kita itulah juga yang melahirkan kita yaitu ketika Yesus ditusuk lambungNya sehingga keluar air dan darah.Hal ini dituliskan supaya kita tahu penderitaan Yesus untuk mendapatkan kita, Dia menjaga dan memelihara kita hingga tumbuh remaja. Sekarang apakah kita bersandar sepenuh kepadaNya atau kita ragu? Memasuki tahun 2013 jangan ada seorangpun yang ragu untuk bersandar kepada Tuhan.

Yang dikisahkan di sini adalah antara Salomo dan Sulamit. Salomo adalah gambaran Tuhan Yesus dan Sulamit adalah gambaran gereja Tuhan yang asalnya dari bangsa kafir. Sulamit ini bukan bangsa Yahudi tetapi bangsa kafir.

Kalau kita bersandar dan berharap sepenuh kepada Tuhan maka saat ada orang lain yang coba menggangu kita Tuhan pasti beraksi, Tuhan tidak akan membiarkan kita diganggu oleh ajaran lain. Tuhan pasti memberikan pembelaan kepada kita. Segala sesuatu yang kita hadapi di depan ini bila kita percayakan kepada Tuhan maka pasti kita menerimanya sudah dibereskan oleh Tuhan.
Roma 8:32-34
32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?
33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?
34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

Kidung Agung 8:6
-- Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Meterai pada hati artinya kasih Tuhan tidak akan melepaskan kita. Ini kerinduan Sulamit (gereja).

Tuhan memberi meterai ditangan berarti Tuhan siap memberikan pelayanan yang serius untuk kita tampil tidak hanya sampai tahap rohani remaja tetapi dewasa sehingga kita siap duduk di pelaminan dengan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga sehingga ketika Tuhan datang dalam peristiwa Parusia kita disingkirkan ke padang belantara.

Kita berada pada zaman akhir yaitu zaman Roh Kudus. Proses pekerjaan penebusan berakhir pada zaman Roh. Kalau zaman Roh sudah berakhir maka tidak akan ada lagi kesempatan untuk seseorang bertobat / berubah.

Dikatakan cinta kuat seperti maut. Begitu kuatnya maut sehingga ada orang yang melakukan perjanjian dengan maut.
Yesaya 28:15
Karena kamu telah berkata: "Kami telah mengikat perjanjian dengan maut, dan dengan dunia maut kami telah mengadakan persetujuan; biarpun cemeti berdesik-desik dengan kerasnya, kami tidak akan kena; sebab kami telah membuat bohong sebagai perlindungan kami, dan dalam dusta kami menyembunyikan diri,"

Yang menjadi biang kerok dari maut ini adalah dosa. Mengapa banyak orang sulit melepaskan dosa sekalipun telah tahu bahwa itu adalah dosa? Sebab orang itu sudah cinta kepada dosa (maut).
Baginya pekerjaan penebusan tidak berlaku, sebab tidak takut pada maut
Ibrani 2:14-15
14 Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;
15 dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

Kidung Agung 8:7
Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.

Artinya kehidupan gereja Tuhan yang siap bertemu dan menikah dengan Yesus, apapun godaan yang dia hadapi termasuk segala harta benda yang ditawarkan oleh laki-laki lain dia tolak, dia menganggap itu hina sebab hanya Yesus yang nomor satu di hatinya. Sekarang ini kita melihat bayangan Tuhan Yesus lewat cermin Firman tetapi suatu saat kita akan melihat rupa Yesus yang sesungguhnya.
I Yohanes 3:2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

Pengajaran yang tampil seperti hujan renai ini menampilkan pribadi Yesus.
Yesaya 11:2
Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

Yang pertama ditampilkan adalah roh hikmat. Roh Allah dalam manifestasi roh hikmat inilah yang memperkenalkan kepada kita siapa sebenarnya tunggul Isai ini.
Kolose 1:27-28
27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Pengajaran itu disertai hikmat yaitu pembukaan rahasia Firman. Kepada kita rahasia Tuhan dibukakan. Yang bisa menggambar Yesus dalam diri kita itulah roh hikmat.

Amsal 7:4
Katakanlah kepada hikmat: "Engkaulah saudaraku" dan sebutkanlah pengertian itu sanakmu,

Arti saudara adalah satu darah, tetapi pengertian yang lebih dalam adalah seribu akar. Kalau gereja Tuhan melihat pribadi Yesus yang ditampilkan lewat roh Hikmat, bisa melihat rencana dan isi hati Tuhan yang diungkapkan kepada geraja Tuhan, maka kita tidak akan bisa ditarik oleh perkara yang lain. Kalau kita sudah mengatakan hikmat itu saudara berarti tidak bisa laki-laki lain menggangu kita, tidak ada yang bisa menghanyutkan kita.

Ibrani 2:11
Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,
Kita adalah saudara dari Yesus dan ketika kita bagaikan meterai di tangan Tuhan artinya berharap sepenuh kepada Tuhan maka tangan Tuhan mulai menggarap dan menguduskan kita. Tidak mungkin kita digarap kalau kita tidak berserah kepada Tuhan (menjadi meterai ditanganNya).

Roh Allah itu satu namun ada 7 manifestasinya. Yang pertama itulah roh Hikmat yang membukakan rahasia Firman, itulah rahasia tunangan kita yaitu Yesus.
Markus 4:21-22
21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.
22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Artinya pengajaran ini transparan, tidak tersembunyi, demikian juga pemberitanya harus transparan. Kedua belah pihak ini tidak ada yang tersembunyi, dari pihak Allah Tuhan menyingkapkan rahasiaNya dan dari pihak kita, terang Firman itu menyorot hidup kita sehingga tidak ada lagi yang tersembunyi di dalam hati. Dalam nikah jangan saling menutupi rahasia, kedua belah pihak harus terbuka. Itu sebabnya pelita harus ditempatkan pada tempat yang tepat.

Lukas 8:9-10
9 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, apa maksud perumpamaan itu.
10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.
Kalau melihat di sini Tuhan sangat selektif. Kepada yang satu Tuhan berikan pembukaan rahasia tetapi kepada yang lain tetap tidak mengerti.

Lukas 8:16,18
16 "Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.
18 Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

Kalau menjadikan hikmat itu saudara maka sekalipun kita digoda oleh pemberita ajaran lain kita tidak bisa tergoda. Bahkan kita yang harus membawa berita kepada mereka dan memenangkan mereka, bukan sebaliknya.

Yesus yang melahirkan kita, Dia juga yang menempatkan diri sebagai calon Suami. Jangan kita biarkan Dia bertepuk tangan sebelah, Dia mencintai kita, jangan sampai kita tidak mencintaiNya.

Kalau pelayanan kita di tahun 2012 timbul tenggelam maka pada tahun 2013 ini jangan tenggelam lagi ke dasar karena kita mau digiring oleh Tuhan pada tahun kegerakan untuk menuju pada kegerakan gereja Tuhan untuk mencapai kehidupan yang sempurna / tanpa cacat cela dan kerut, mulia sama dengan Tuhan Yesus.
Yohanes 17:22, 24
22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar