20140429

Kebaktian Ucapan Syukur, Selasa 29 April 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Kita tidak menghitung hari sehingga mengadakan ibadah ucapan syukur tetapi kita harus mengucap syukur dalam segala hal.
I Tesalonika 5:18
5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Ketika bangsa Israel yang 11 suku melawan suku Benyamin mereka kalah terus tetapi ketika mereka mengucap syukur dan berdoa kepada Tuhan maka peperangan yang terakhir mereka menangkan.

Pada kesempatan ini kita akan dilayani oleh Tuhan dari kitab Kejadian.
Kejadian 22:20-24
22:20 Sesudah itu Abraham mendapat kabar: "Juga Milka telah melahirkan anak-anak lelaki bagi Nahor, saudaramu:
22:21 Us, anak sulung, dan Bus, adiknya, dan Kemuel, ayah Aram,
22:22 juga Kesed, Hazo, Pildash, Yidlaf dan Betuel."
22:23 Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu.
22:24 Dan gundik Nahor, yang namanya Reuma, melahirkan anak juga, yakni Tebah, Gaham, Tahash dan Maakha.

Kita mengambil satu nama di sini yaitu Ribka. Ribka ditampilkan oleh Tuhan setelah Abraham menang dari ujian iman dan Ishak, putra tunggal Abraham yang seharusnya disembelih tetapi akhirnya diganti dengan domba. Kita tahu itu menunjuk pengorbanan Yesus Tuhan kita. Sesudah Ishak mau dikorbankan baru ditampilkan Ribka. Ini menubuatkan setelah Tuhan Yesus berkorban di bukit Golgota baru gereja Tuhan ditampilkan. Ribka adalah gambaran gereja Tuhan.

Tuhan Yesus 4 kali memberitakan bahwa Dia akan menderita dan mati ditangan bangsa lain. Ini disampaikan secara spesifik kepada murid-muridNya. Ini pelajaran bagi kita, kalau kita adalah umat Tuhan yang disebut murid Tuhan maka kita harus mengerti arti nilai dari Korban Kristus. Setelah pengorbanan Yesus maka gereja Tuhan ditampilkan, tanpa pengorbanan Kristus tidak ada orang yang menyebut dirinya Kristen, tidak ada gereja Tuhan.

Abraham lolos dari ujian dan Ishak taat kepada Abraham. Demikian juga Tuhan Yesus tidak pernah membantah Bapa di Sorga, Tuhan Yesus selalu melakukan apa yang diinstruksikan dari Sorga.
Yohanes 6:38
6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

Setelah Ribka ditampilkan maka kisah selanjutnya Sara meninggal. Ketika Sara meninggal umur Ishak 37 tahun, 3 tahun kemudian Ishak menikah, tetapi sebelumnya sudah ditampilkan calon istrinya yaitu Ribka. Mengapa Sara harus diambil oleh Tuhan?

Gembala mempunyai dua fungsi yaitu sebagai ibu dan sebagai bapa. Gembala sebagai ibu yang mengasuh dan merawat anak-anak rohaninya yang masih kanak-kanak.
I Tesalonika 2:7
2:7 Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.

Gembala itu sebagai bapa yang mengajar anak-anaknya.
I Tesalonika 2:11
2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

Sara meninggal berarti Ishak sudah dewasa. Dewasa berarti tidak perlu asuhan lagi dari seorang ibu. Yang dibicarakan di sini adalah dewasa secara rohani. Seringkali kita mengucap syukur dalam tanda kerohanian kanak-kanak. Kalau dalam tanda dewasa maka tidak ada hal yang akan menyebabkan kita dongkol atau ada perasaan tidak senang. Biarlah kita mengucap syukur dalam tanda dewasa rohani walaupun kita di dalam lembah kekelaman.

Ketika Sara meninggal maka Abraham pergi ke gua Makhpela dan membelinya Efron orang Het. Mengapa dia membeli padahal tanah itu sudah dijanjikan Tuhan kepadanya? Pemahaman secara rohani Abraham membeli tanah itu sebab dia tahu bahwa dunia ini hanya tempat transit/ singgah untuk sementara.

Abraham memperlihatkan bahwa dunia ini hanya tempat untuk singgah sementara dan dunia ini bukan untuk kita genggam. Itu sebabnya kita harus memegang dunia dengan tangan terlepas. Jangan kita menggenggam dunia karena dunia ini sedang lenyap, bila kita menggenggam dunia maka kita juga akan ikut diseret oleh dunia dalam kebinasaan.
I Yohanes 2:16-17
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Kesimpulannya adalah Sara meninggal, menunjukkan Ishak sudah dewasa rohaninya/ lepas dari tangan pengasuh/ ibu dan tidak perlu asuhan lagi secara rohani. Abraham memperlihatkan kepada kita bahwa kita ini hanya pendatang. Dunia ini hanya tempat transit, ada negeri yang telah Tuhan sediakan bagi kita.
Ibrani 11:13
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.

Kita ini pendatang di dunia ini, negeri kita ada di sorga tetapi lagu apa yang lebih banyak kita dengar, apakah lagu dunia atau lagu sorga/ lagu rohani. Kalau kita tidak respon dengan sorga itu tanda kanak-kanak rohani. Kalau dewasa rohani kita tahu kita warga Sorga dan hanya transit di dunia ini maka tidak terikat dengan hal-hal duniawi.
Filipi 3:20
3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,

Abraham, Ishak dan Yakub adalah akar nenek moyang Israel dan mereka juga adalah akar kehidupan Kekristenan. Bangsa Israel adalah pokok Zaitun yang asli yang ditopang oleh tiga akar. Pohon Zaitun asli yaitu bangsa Israel ini ditebas lalu kita bangsa kafir (yang adalah pokok Zaitun hutan) dicacakkan di sana. Jadi yang menunjang kita adalah Abraham, Ishak dan Yakub. Kita menyerap makanan dari mereka, janji Tuhan kepada mereka.

Selama 3 tahun hati Ishak pilu, tetapi setelah mendapatkan Ribka maka hatinya terhibur.
Kejadian 24:67
24:67 Lalu Ishak membawa Ribka ke dalam kemah Sara, ibunya, dan mengambil dia menjadi isterinya. Ishak mencintainya dan demikian ia dihiburkan setelah ibunya meninggal.

Kita melihat ada gagasan dari Abraham untuk mencarikan istri bagi anaknya yaitu Ishak. Sekarang ini ada gagasan dari Bapa Sorgawi bagi PutraNya yang tunggal itulah Tuhan Yesus, untuk mendapatkan Ribka-Ribka akhir zaman bagi AnakNya. Abraham menyuruh hambanya Eliezer untuk mencari istri bagi Ishak. Eliezar artinya Tuhan penolong. Abraham menyuruh Eliezer berjanji untuk mencarikan istri bagi Ishak dari kalangan keluarganya, jangan dari antara orang Kanaan. Tuhan melarang umatNya untuk mengambil pasangan dari orang Kanaan sebab nanti mereka akan membuat umat Tuhan menyimpang menyembah berhala.
Ulangan 7:3-4
7:3 Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan kauambil bagi anakmu laki-laki;
7:4 sebab mereka akan membuat anakmu laki-laki menyimpang dari pada-Ku, sehingga mereka beribadah kepada allah lain. Maka murka TUHAN akan bangkit terhadap kamu dan Ia akan memunahkan engkau dengan segera.

Keluaran 34:15-16
34:15 Janganlah engkau sampai mengadakan perjanjian dengan penduduk negeri itu; apabila mereka berzinah dengan mengikuti allah mereka dan mempersembahkan korban kepada allah mereka, maka mereka akan mengundang engkau dan engkau akan ikut makan korban sembelihan mereka.
34:16 Apabila engkau mengambil anak-anak perempuan mereka menjadi isteri anak-anakmu dan anak-anak perempuan itu akan berzinah dengan mengikuti allah mereka, maka mereka akan membujuk juga anak-anakmu laki-laki untuk berzinah dengan mengikuti allah mereka.

Kejadian 24:5-6
24:5 Lalu berkatalah hambanya itu kepadanya: "Mungkin perempuan itu tidak suka mengikuti aku ke negeri ini; haruskah aku membawa anakmu itu kembali ke negeri dari mana tuanku keluar?"
24:6 Tetapi Abraham berkata kepadanya: "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana.

Abraham adalah gambaran Bapa Sorgawi, Eliezer adalah gambaran Roh Kudus, Ishak adalah gambaran Tuhan Yesus anak Allah dan Ribka adalah gambaran gereja Tuhan. Kita melihat bukan Ishak yang harus mengikut Ribka tetapi Ribka yang harus mengikuti Ishak. Kita diminta oleh Tuhan untuk tampil sebagai Ribka, berarti kita harus mengikut Firman Tuhan dan bukan Firman Tuhan yang mengikuti kehendak kita. Kehidupan yang mau mengikuti kehendaknya sendiri adalah kehidupan yang tidak dewasa. Kita harus belajar dewasa dengan mengerti kehendak Tuhan dan mengikuti kehendak Tuhan, bukan Tuhan yang mengikuti kehendak kita.

Sampai dua kali Eliezer bertanya hal yang sama tetapi dengan tegas Abraham melarang membawa Ishak kepada wanita itu.
Ulangan 7:1-6
7:1 "Apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke dalam negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, dan Ia telah menghalau banyak bangsa dari depanmu, yakni orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, tujuh bangsa, yang lebih banyak dan lebih kuat dari padamu,
7:2 dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka.
7:3 Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan kauambil bagi anakmu laki-laki;
7:4 sebab mereka akan membuat anakmu laki-laki menyimpang dari pada-Ku, sehingga mereka beribadah kepada allah lain. Maka murka TUHAN akan bangkit terhadap kamu dan Ia akan memunahkan engkau dengan segera.
7:5 Tetapi beginilah kamu lakukan terhadap mereka: mezbah-mezbah mereka haruslah kamu robohkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, tiang-tiang berhala mereka kamu hancurkan dan patung-patung mereka kamu bakar habis.
7:6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

Jangan disia-siakan pilihan Tuhan kepada kita! Jangan begitu mudah melepaskan Tuhan Yesus, begitu mudah melepaskan pengajaran. Bukan karena kita lebih baik dari orang lain sehingga kita menerima pengajaran tetapi karena kemurahan Tuhan sehingga kita ditetapkan sebagai umat pilihan. Kita ini umat pilihan Tuhan, kalau kita memahami hal itu maka kita tidak akan menyia-nyiakan atau menyayat hati Tuhan yang sudah memilih kita.

Ezra harus berdoa khusus bagi umat Tuhan sebab benih kudus itu dinajiskan.
Ezra 9:1-2
9:1 Sesudah semuanya itu terlaksana datanglah para pemuka mendekati aku dan berkata: "Orang-orang Israel awam, para imam dan orang-orang Lewi tidak memisahkan diri dari penduduk negeri dengan segala kekejiannya, yakni dari orang Kanaan, orang Het, orang Feris, orang Yebus, orang Amon, orang Moab, orang Mesir dan orang Amori.
9:2 Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri, bahkan para pemuka dan penguasalah yang lebih dahulu melakukan perbuatan tidak setia itu."

Itu sebabnya Abraham tidak mengijinkan anaknya menikah dengan orang Kanaan/ bangsa lain tetapi mencari dari tengah-tengah keluarganya.

Kalau pernikahan campur maka bukan bahasa rohani yang keluar tetapi bahasa yang tidak benar. Karena persoalan ini Nehemia marah besar dan mencabut rambut serta janggut mereka. Rambut adalah gambaran kemuliaan, mencabut rambut berarti kemuliaan hilang. Mencabut janggut berarti pelayanan Imam Besar tidak ada lagi. Kalau tidak ada pelayanan Imam Besar berarti kehidupan itu najis dan kotor karena Imam Besar tidak mengadakan pedamaian lagi. Jangan karena persoalan daging kita menghempaskan kebenaran.
Nehemia 13:23-24
13:23 Pada masa itu juga kulihat bahwa beberapa orang Yahudi memperisteri perempuan-perempuan Asdod, perempuan-perempuan Amon atau perempuan-perempuan Moab.
13:24 Sebagian dari anak-anak mereka berbicara bahasa Asdod atau bahasa bangsa lain itu dan tidak tahu berbicara bahasa Yahudi.

Bahasa Yahudi dalam pengertian rohani adalah bahasa yang rohani. Bahasa Asdod dalam pengertian rohani adalah bahasa daging.
Nehemia 13:25
13:25 Aku menyesali mereka, kukutuki mereka, dan beberapa orang di antara mereka kupukuli dan kucabut rambutnya dan kusuruh mereka bersumpah demi Allah, demikian: "Jangan sekali-kali kamu serahkan anak-anak perempuanmu kepada anak-anak lelaki mereka, atau mengambil anak-anak perempuan mereka sebagai isteri untuk anak-anak lelakimu atau untuk dirimu sendiri!

Ketika Ribka bertemu dengan Eliezer, dia melayani dengan gesit dan lincah. Ribka memberi minum Eliezer dan unta-untanya sampai puas. Pelayanannya bukan pelayanan setengah jalan tetapi sampai puas. Pelayanan sampai puas dan tidak asal adalah ciri pelayanan anak Tuhan di akhir zaman yang layak bertemu dengan Tuhan Yesus.

Kemudian Eliezer dibawa pada keluarga Ribka dan dia tidak mau makan sebelum menceritakan tujuan kedatangannya. Di sana dia menceritakan tentang kekayaan Abraham. Artinya hamba Tuhan memberitakan kekayaan Allah Bapa itulah Firman pengajaran kepada gereja Tuhan. Ketika Ribka ditanya “maukah engkau mengikuti orang ini?” maka dia langsung menjawab “mau”. Ini menunjuk ketegasan gereja Tuhan terhadap kebenaran Firman Tuhan dan dia tidak mau mengotak atik. Selanjutanya Ribka mengikuti Eliezer untuk pergi pada Ishak. Artinya gereja Tuhan yang dibawa menjadi sidang mempelai tidak banyak perhitungan tetapi langsung mengikuti kehendak Roh Kudus. Ribka yakin calon suaminya tidak akan salah dalam menapaki hidup/ pertumbuhan rohani.

Ketika Ribka sampai di sumur Lahai-Roi dia melihat Ishak lalu bertanya kepada Eliezer siapa itu. Setelah mengetahui itu Ishak maka Ribka menutup wajahnya. Dekat sumur Lahai-Roi artinya pandangan hidup.

Kejadian 24:62-66
24:62 Adapun Ishak telah datang dari arah sumur Lahai-Roi; ia tinggal di Tanah Negeb.
24:63 Menjelang senja Ishak sedang keluar untuk berjalan-jalan di padang. Ia melayangkan pandangnya, maka dilihatnyalah ada unta-unta datang.
24:64 Ribka juga melayangkan pandangnya dan ketika dilihatnya Ishak, turunlah ia dari untanya.
24:65 Katanya kepada hamba itu: "Siapakah laki-laki itu yang berjalan di padang ke arah kita?" Jawab hamba itu: "Dialah tuanku itu." Lalu Ribka mengambil telekungnya dan bertelekunglah ia.
24:66 Kemudian hamba itu menceritakan kepada Ishak segala yang dilakukannya.

Bila kita mau bertemu Tuhan biarlah kita menyembah Tuhan karena Dialah suami kita, Dia kepala kita, Mempelai Laki-laki Sorga dan kita Mempelai WanitaNya.
Wahyu 19:7;21:9
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Menyembah bahasa gerikanya adalah Proskoneho, artinya:
1.      Seperti anjing menjilat tumit tuannya, berarti gereja merendahkan diri serendah-rendahnya di bawah kaki Tuhan Yesus.
2.      Seperti istri menyerah sepenuh kepada suaminya.

Jadilah orang Kristen bukan yang kanak-kanak rohani tetapi yang dewasa rohani sehingga benih yang kudus tidak kita cemarkan. Apakah kita adalah orang Kristen yang dewasa yang tidak cengeng, yang tahu mengucap syukur dalam segala hal, yang walaupun dalam lembah kekelaman dia tahu gada dan tongkat Tuhan menyertainya?. Jangan sampai ketika kita dibawa dalam lembah rohani kita langsung terpuruk dan hancur berantakan. Yakinlah tangan Tuhan, gada dan tongkat Tuhan menyertai kalian.

Kalau saya mengatakan saya mengasihi saudara, ada satu Pribadi yang lebih mengasihi saudara itulah Tuhan Yesus. Dia telah memilih saudara, jangan sia-siakan panggilan dan pilihanNya terhadap saudara.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar