20140402

Kebaktian PA Imamat, Rabu 2 April 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 9:1-2,5-7,23-24
9:1 Pada hari yang kedelapan Musa memanggil Harun serta anak-anaknya dan para tua-tua Israel,
9:2 lalu berkatalah ia kepada Harun: "Ambillah bagimu sendiri seekor lembu muda, untuk korban penghapus dosa, dan seekor domba jantan untuk korban bakaran, kedua-duanya yang tidak bercela, kemudian persembahkanlah itu di hadapan TUHAN.
9:5 Kemudian dibawa merekalah apa yang diperintahkan Musa ke Kemah Pertemuan, lalu mendekatlah segenap umat itu dan berdiri di hadapan TUHAN.
9:6 Kata Musa: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN kamu perbuat, agar kemuliaan TUHAN tampak kepadamu."
9:7 Kata Musa kepada Harun: "Datanglah mendekat kepada mezbah, olahlah korban penghapus dosa dan korban bakaranmu, dan adakanlah pendamaian bagimu sendiri dan bagi bangsa itu; sesudah itu olahlah persembahan bangsa itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, seperti yang diperintahkan TUHAN."
9:23 Masuklah Musa dan Harun ke dalam Kemah Pertemuan. Setelah keluar, mereka memberkati bangsa itu, lalu tampaklah kemuliaan TUHAN kepada segenap bangsa itu.
9:24 Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah.

Sebagaimana kita mengetahui bahwa kitab Imamat adalah kitab ibadah dan disuarakan oleh
Tuhan dari dalam kemah pertemuan (Tabernakel). Kitab Bilangan adalah kitab penggembalaan dan disuarakan oleh Tuhan dari dalam kemah pertemuan (Tabernakel). Jadi aturan ibadah dan penggembalaan tidak lepas dari kemah Allah atau Tabernakel.

Pasal 9 dikisahkan para imam menerima jabatan. Pada pasal 8 bagian akhir imam-imam ini sudah disendirikan selama 7 hari. Bahasa tahbisan artinya disendirikan, dipisahkan, dikhususkan, disucikan untuk memangku jabatan imam, untuk melayani ibadah. Itulah sebabnya sebelum mereka menerima jabatan lebih dahulu mereka disendirikan, dipisahkan, dikhususkan, disucikan selama 7 hari lamanya.
Imamat 8:33,35
8:33 Janganlah kamu pergi dari depan pintu Kemah Pertemuan selama tujuh hari, sampai kepada genapnya perayaan pentahbisan, karena perayaan pentahbisan akan berlangsung tujuh hari lamanya.
8:35 Di depan pintu Kemah Pertemuan haruslah kamu tinggal siang malam tujuh hari lamanya, dan kamu harus lakukan kewajibanmu terhadap TUHAN dengan setia, supaya janganlah kamu mati, karena demikianlah diperintahkan kepadaku."

Itulah tahbisan seseorang yang dipercayai oleh Tuhan untuk “memangku jabatan imam bagiKu”. Kita beribadah dan melayani bukan untuk melayani manusia tetapi untuk melayani Tuhan olehnya itu harus diperhatikan bagaimana sikap kita terhadap Tuhan. Banyak orang beribadah dan melayani hanya untuk dilihat gembala atau orang lain. Tidak terlintas dipikirannya bahwa kehadirannya dicatat oleh Tuhan dan Tuhan memperhatikan hati, pikiran, perasaan dan tindak tanduknya. Semuanya itu kelak akan dipertanggung jawabkan.
Maleakhi 3:16
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Makanya jangan kita main-main ketika menghadap Tuhan. Menghadap petinggi di dunia ini saja kita begitu sopan. Tetapi menghadap Tuhan kadang kita termakan bisikan iblis sehingga bersikap angkuh, congkak dan tinggi hati padahal kita menghadap Raja segala raja di mana kelak kita akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita lakukan dalam ibadah pelayanan kita.

Jangan sampai kita mempunyai sikap apriori (merasa diri tahu) dan apatis (cuek). Ini sikap yang tidak baik di hadapan Tuhan. Kita harus meninggalkan semuanya itu, jangan kita tampil mengkritik Firman karena itu berarti tidak hormat di hadapan Tuhan. Kalau kita dipercayai Tuhan jabatan imam untuk kita beribadah dan melayani, harganya itu mahal sekali, seharga Korban Kristus.

Imamat 9:1
9:1 Pada hari yang kedelapan Musa memanggil Harun serta anak-anaknya dan para tua-tua Israel,

Angka delapan ini dikedepankan oleh Tuhan. Alkitab ini bagaikan teka teki dan untuk menemukan jawabannya kita harus menanyakan kepada Tuhan dengan melipatkan lutut.
Mazmur 78:2
78:2 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.


Yehezkiel 17:2
17:2 "Hai anak manusia, katakanlah suatu teka-teki dan ucapkanlah suatu perumpamaan kepada kaum Israel.

Di dalam Alkitab banyak rahasia tetapi ada dua rahasia besar yaitu rahasia nikah Kristus dan gerejaNya dan rahasia ibadah. Jadi kita beribadah dan melayani untuk menggenapi dua rahasia besar ini yaitu untuk duduk bersanding menjadi mempelai wanita Tuhan di mana Tuhan Yesus sebagai Kepala dan gerajaNya sebagai Tubuh. Kepala adalah kedudukan suami dan tubuh adalah kedudukan istri. Rahasia besar yang kedua adalah rahasia ibadah dan dikatakan dalam Alkitab ibadah adalah sesuatu yang agung. Agung dalam bahasa gerika adalah Rosh yang artinya bagian yang di atas. Jadi ibadah adalah sesuatu yang di atas yang tidak boleh dientengkan.

Kalau Tuhan yang memberikan teka teki, ke manapun kita mencari jawabannya kalau Tuhan tidak membuka akal kita maka kita tidak akan mengerti. Buktinya 3,5 tahun murid-murid Tuhan Yesus bersama dengan Dia dan 4 kali Tuhan Yesus berbicara tentang penyalibanNya tetapi mereka tidak mengerti, nanti setelah kebangkitanNya baru Tuhan membukakan akal mereka sehingga mereka mengerti apa tujuan penyaliban dan penderitaan Kristus.
Lukas 24:45
24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Amos 4:13
4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi -- TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Mazmur 119:34,130
119:34 Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati.
119:130 Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Atas kerelaan hatiNya, Tuhan membukakan rahasia Firman supaya kita didorong masuk pada persiapan akhir untuk menyambut kedatangan Tuhan Yesus sebagai Kepala (Mempelai Laki-laki Sorga) dan kita sebagai Mempelai Wanita Sorga. Jadi bila tidak ada pembukaan rahasia Firman Allah dalam gereja maka gereja Tuhan itu tidak ada kesiapan untuk menyambut kedatangan Tuhan karena dia tidak tahu bagaimana mempersiapkan hidupnya untuk bertemu dengan Tuhan Yesus, bahkan lebih banyak dalam pemberitaan ditekankan untuk membuat hidup diberkati secara jasmani (fana).

Ada 3 hal yang terkait dengan angka 8 yang menunjuk angka pembaharuan:

1.      Kejadian 22:23
22:23 Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu.

Yang menjadi istri dari Ishak namanya Ribka. Ishak adalah gambaran Tuhan Yesus, Anak Allah. Ribka adalah gambaran gereja yang menjadi Mempelai Wanita Tuhan, mereka adalah orang yang mengerti apa itu angka 8 yaitu angka pembaharuan. Itu sebabnya Ribka adalah anak Betuel yang adalah anak kedelapan bagi Nahor.

Itu bukan kebetulan, itu mengajarkan kepada kita, kalau kita mengaku orang Kristen yang dipilih, yang ditetapkan, dikhususkan Tuham untuk menjadi Mempelai WanitaNya maka mulailah kita masuk dalam pembaharuan. Jangan sampai gereja Tuhan tidak tahu memulai pembaharuan dari mana dan berakhir di mana. Berakhirnya pembaharuan itu adalah sampai wujud khalik Kristus menjadi nyata dalam kehidupan kita.
Kolose 3:10
3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Jadi bukan hanya sekedar beribadah dan melayani lalu selesai tetapi tidak tahu ke mana langkah akhirnya.

Itu sebabnya Ribka tidak segan mengikuti rombongan yang diutus oleh Abraham dibawah pimpinan Eliezer. Eliezer artinya Allah penolong.

Kejadian 24:58
24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."

Untuk kita menerima suatu jabatan pelayanan sebagai imam yang diberi kesempatan beribadah dan melayani Tuhan itu mahal harganya, seharga korban Kristus. Kalau dalam beribadah menunjukkan sikap tidak sopan dan tidak hormat kepada Tuhan Yesus, berarti itu sama dengan menginjak-injak korban Kristus. Mungkin sekarang merasa tidak apa-apa tetapi tunggu akhirnya nanti akan berbahaya kalau tidak berubah sikap. Tuhan tidak main-main, kalau dikatakan menginjak-injak darah Yesus maka sanksinya berat!
Ibrani 10:29
10:29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?

Itu sebabnya biarlah kita mengambil sikap merendah, kita ini hanya debu tanah. Daud mengatakan “hanya cacing”. Apalagi kita ini bangsa kafir, kita tidak dianggarkan oleh Tuhan untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus. Kita bisa terserap dalam Tubuh Kristus dan menjadi imam hanya karena Korban Kristus.
Efesus 2:13
2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.

Ribka ini mau menjadi istri Ishak berarti dia siap memberikan pelayanan kepada Ishak. Itu sebabnya ketika ditanya “maukah engkau” dia langsung menjawab “mau”. Ribka benar-benarnya menunjukan respon yang luar biasa terhadap panggilan Tuhan kepadanya untuk duduk bersanding dengan Ishak. Untuk kita sekarang panggilan Tuhan untuk duduk bersanding dengan Tuhan Yesus.
Kejadian 22:23
22:23 Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu.

Ribka ditemukan Eliezer ketika sedang menimba air di sumur dan Ribka memberi pelayanan kepada rombongan Eliezer sampai mereka beserta unta-untanya puas minum. Ribka memberi pelayanan bukanlah pelayanan yang separuh jalan atau setengah-setengah tetapi dia memberikan pelayanan 100%. Ini pelayanan mempelai, ini pelayanan gereja kepada kekasihnya yaitu Tuhan Yesus. Itulah pelayanan gereja Tuhan yang akan disingkirkan ke padang gurun dan tidak masuk dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus.

Pada kehidupan seperti ini benar-benar tergambar angka 8 dalam dirinya, dalam warna hidupnya ada angka 8. Dia selalu mengalami pembaharuan, pembaharuan yang positif yang menuju pada kedudukan duduk bersanding dengan Tuhan Yesus. Ini bukan orang yang hanya mengalami pembaharuan awal yang kemudian menukik, orang yang hanya mengalami pembaharuan kemudian menukik akan terbuang untuk selama-lamanya. Olehnya itu mari kita membaharui kontrak pelayanan dengan Tuhan.

Dalam kitab nabi Yesaya pasal 1 sampai pasal 5 nabi Yesaya sudah melayani dan sudah menyampaikan Firman. Tetapi pada pasal 6 kontrak pelayanannya dibaharui.
Yesaya 6:1
6:1 Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.

Siapa yang disebut Bait Allah? Kita ini disebut Bait Allah.
I Korintus 3:16
3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Kalau jubah Tuhan memenuhi Bait Suci berarti gereja Tuhan sudah satu jubah dengan Tuhan. Allah menjadi Kepala dan Gereja menjadi Tubuh, ada dalam satu jubah kebenaran. Ini membuat Yesaya berseru: “aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir”. Ketika ada pengakuan spontan maka Tuhan memerintahkan serafim mengambil bara api di atas mezbah dengan sepit dan menyentuhkan itu pada bibir Yesaya serta berkata: “undurlah kesalahanmu dari padamu dan dosamupun sudah diampuni”.

Setelah itu nabi Yesaya mendengar suara: “Siapakah yang akan Kuutus dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?”, tanpa menunggu lama dia menjawab: “ini aku, utuslah aku!” berarti kontrak pelayanannya dibaharui.

Kolose 3:5,8-10
3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
3:9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Kita mengalami pembaharuan sampai gambar Tuhan Yesus tergambar dalam pikiran, perasaan, perilaku dan tutur kata kita.

2.      Lukas 9:28
9:28 Kira-kira delapan hari sesudah segala pengajaran itu, Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa.

Ada tiga murid yang selalu dikhususkan oleh Tuhan yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus. Namun kesembilan murid yang lain tidak cemburu dan tidak pernah mempertanyakan kenapa hanya tiga orang itu yang diajak dan mereka tidak. Hak absolute Tuhan untuk menentukan siapa yang mau Dia khususkan. Kalau hal ini diberikan sebagai gambaran bagi kita maksudnya supaya kita terbuka pikiran dan berserku kepada Tuhan: “Tuhan saya juga ingin”, maka pasti Tuhan juga akan merekrut saudara dan tidak dibiarkan.

Mereka naik ke atas gunung untuk berdoa dan bukan doa biasa tetapi doa penyembahan.
Lukas 9:29
9:29 Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan.

Angka delapan atau pembaharuan ini memuncak sehinga bisa menyaksikan kemuliaan Tuhan atau yang disebut juga Shekinah Gloria. Gereja Tuhan akan dibawa mulia sama dengan Tuhan Yesus. Orang yang akan dibawa ke sana adalah orang yang suka menyembah artinya orang yang menyerah sepenuh kepada Tuhan.
I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Perbandingan pakaian Tuhan Yesus di atas gunung itu sama dengan pakaian Mempelai Wanita Tuhan. Kita harus berkobar-kobar untuk ada di sana. Jadilah umat Tuhan yang berkobar-kobar sehingga apapun kendala yang dihadapi kita tetap harus sampai ke sana.
Wahyu 19:8
19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]

Menyembah dalam bahasa aslinya adalah Proskoneho yang artinya seperti anjing menjilat tumit tuannya (artinya merendahkan diri serendah-rendahnya) dan arti kedua seperti istri menyerah sepenuh kepada suaminya (penyerahan sepenuh dan tanda taat dengar-dengaran sampai daging tidak bersuara). Sampai pada taraf ini yang Tuhan rindukan untuk mendapatkan mempelaiNya. Tuhan rindu mendapatkan gereja Tuhan yang benar-benar pasrah kepadaNya, yang benar-benar menghargai dan menjunjung tinggi Mempelai Laki-laki Sorga. Yakinlah kita akan mencapai itu

3.      Yohanes 20:26
20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Hari kedelapan ini adalah kesempatan bagi Tomas yang sudah mencoba mencari jalannya sendiri sehingga dia kehilangan kesempatan melihat kebangkitan Tuhan Yesus bersama 10 murid yang lain. Tomas diberi kesempatan untuk mulai lagi dengan suasana yang baru untuk terlibat dalam ibadah pelayanan.
Yohanes 20:28-29
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."
20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"
20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Roh tidak percaya yang ada pada Tomas ini yang mau Tuhan gusur. Seandainya Tuhan tidak lagi menyayangi Tomas maka Tuhan tidak akan menunjukkan diriNya pada Tomas. Tuhan tidak menunggu hari berikutnya untuk menunjukkan diriNya pada Tomas atau hari yang kedua atau hari yang ketujuh tetapi Tuhan menunjukkan diriNya pada hari yang kedelapan. Kalau Tomas tidak terekrut kasihan dia, ini kemurahan Tuhan kepada Tomas.

Biarlah kita bersikap seperti Tomas yang mau membaharui ibadah dan mau melayani apapun yang bisa kerjakan serta jangan mau kehilangan 7 hal seperti Tomas. Tomas kehilangan 7 hal karena pada kesempatan pertama dia meninggalkan teman-temannya. Tetapi akhirnya Tomas direkrut oleh Tuhan karena Tuhan sayang kepada Tomas.

Tuhan sayang kepada kita dan ada dua tanda sayang Tuhan kepada kita.
a)      Mendapatkan pembukaan rahasia Firman Tuhan.
Daniel 2:18
2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.

Di dalam pembukaan rahasia Fiman tersirat di dalamnya “kita selamat”. Karena kita lepas dari pedang Nebukadnesar.

b)      Selalu ada kontak dengan utusan Tuhan.
II Tawarikh 36:15
36:15 Namun TUHAN, Allah nenek moyang mereka, berulang-ulang mengirim pesan melalui utusan-utusan-Nya, karena Ia sayang kepada umat-Nya dan tempat kediaman-Nya.

Umat Tuhan yang menolak tanda sayang Tuhan dalam arti tidak peduli kontak dengan Firman dan utusan Tuhan lalu berpikir untuk jalan sendiri maka bagi orang itu tidak akan ada pemulihan sebab menolak rasa sayang Tuhan kepadaNya.
II Tawarikh 36:16
36:16 Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah itu, menghina segala firman-Nya, dan mengejek nabi-nabi-Nya. Oleh sebab itu murka TUHAN bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan.

Itu sebabnya kita rajut hubungan dengan hamba Tuhan. Jangan sampai kita bercerita miring atau mengkritik hamba Tuhan apalagi kalau itu adalah gembalamu. Kalau sampai gembala itu menyerahkan orang yang suka mengkritik kepada iblis maka itu berbahaya.
1 Timotius 1:20
1:20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.

Imam-imam ini dulu secara khusus, ditujukan kepada pelayan-pelayan Tuhan yang menyelenggarakan kebaktian dan mereka terpisah dari umat secara umum. Tetapi untuk kita sekarang semuanya diberi kesempatan tinggal terpergantung orang itu mau memenuhi syarat, mau menyerahkan dirinya pada ukuran Tuhan atau tidak. Kalau dia menggunakan ukurannya sendiri dan bukan ukuran Tuhan maka otomatis itu tidak akan berkenan kepada Tuhan.
Imamat 9:2
9:2 lalu berkatalah ia kepada Harun: "Ambillah bagimu sendiri seekor lembu muda, untuk korban penghapus dosa, dan seekor domba jantan untuk korban bakaran, kedua-duanya yang tidak bercela, kemudian persembahkanlah itu di hadapan TUHAN.

Kalau mau beribadah dan melayani harus ada persekutuan dengan lembu muda yang menunjuk korban Krsitus dalam tanda perdamaian.
Ibrani 9:11-14
9:11 Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang: Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia, -- artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, --
9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.
9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Imamat 9:7
9:7 Kata Musa kepada Harun: "Datanglah mendekat kepada mezbah, olahlah korban penghapus dosa dan korban bakaranmu, dan adakanlah pendamaian bagimu sendiri dan bagi bangsa itu; sesudah itu olahlah persembahan bangsa itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, seperti yang diperintahkan TUHAN."

Lebih dahulu hamba Tuhan harus mendamaikan dirinya, keluarganya setelah itu baru umat.
Imamat 16:17
16:17 Seorang pun tidak boleh hadir di dalam Kemah Pertemuan, bila Harun masuk untuk mengadakan pendamaian di tempat kudus, sampai ia keluar, setelah mengadakan pendamaian baginya sendiri, bagi keluarganya dan bagi seluruh jemaah orang Israel.
Itulah konsekuensi dari pekabar Mempelai untuk membawa jemaat menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Dia harus terlebih dahulu mendamaikan dirinya lalu keluarganya dan setelah itu baru jemaat.

Imamat pasal 9:2&7 itu sudah digenapkan oleh Tuhan Yesus. Tuhan Yesus adalah Imam Besar dan sudah membawa korban, bukan korban domba atau lembu tetapi diriNya sendiri.
Wahyu 5:9
5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Kalau kita diangkat untuk memangku jabatan imam, harganya mahal sebab seharga darah Tuhan Yesus. Dulu imam-imam diangkat dengan darah lembu dan domba, namun dasar ibadah pelayanan kita lebih mahal dari itu. Tidak ada yang bisa merebut kita dari kegelapan kalau bukan darah Tuhan Yesus.

Hasilnya kita dibeli dengan darah Tuhan Yesus yang mahal:
Wahyu 5:10
5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Yang menjadi landasan kita diangkat menjadi imam-imam dan raja-raja adalah Korban Krsitus. Dalam ibadah pelayanan ingat, saudara seharga Darah Yesus, jangan kita mempermainkan ibadah pelayanan sebab itu senilai darahYesus! Itu sebabnya kita kembali pada angka delapan, kita kembali pada pembaharuan dan merubah apa yang salah. Jangan sesukanya melayani. Apa yang disampaikan ini adalah kasih sayang Tuhan kepada saudara dari pada kelak saudara dikuliti oleh antikristus. Kalau tidak mau melayani lebih baik katakan terus terang daripada merusak urapan Allah di dalam ibadah.

Wahyu 5:11-14
5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima 1kuasa, dan 2kekayaan, dan 3hikmat, dan 4kekuatan, dan 5hormat, dan 6kemuliaan, dan 7puji-pujian!"
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

7 hal yang dimiliki oleh Tuhan Yesus, itu juga yang akan diberikan kepada kita tetapi jangan kita menolak pembayaran harganya. Kalau dikaitkan dengan masa raya Tuhan yang ketujuh yaitu pesta pondok daun-daunan, maka 7 hal itu menunjuk 7 pohon yang harus dimiliki.
1.      Kuasa, menunjuk kuasa pendamaian = Pohon Zaitun
2.      Kekayaan = Pohon Minyak (Pohon Zaitun hutan)
3.      Hikmat = Pokok Rindang =  Mengatur Ibadah
4.      Kekuatan = Pokok Korma = menang
5.      Hormat = Pokok Elok = Nikah
6.      Kemuliaan = Pokok Murad = anti dosa kejahatan dan kenajisan
7.      Puji-pujian = Pokok Gandarusa = dihormati (Yohanes 12:26, 2 Korintus 10:18)

7 hal ini juga yang tergambar dari perkataan Tuhan Yesus ketika berada dalam pengalaman seperti domba yang disembelih di bukit Golgota. Ada 7 suasana ketika Tuhan Yesus masuk dalam penyembelihan:
1.      Lukas 23:34
23:34 Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Ini adalah isi hati Tuhan Yesus yang penuh kuasa untuk meraih orang untuk berdamai dengan Tuhan. Ini kena pada Pohon Zaitun yang menunjuk kuasa pendamaian. Apakah kita ada dalam kuasa pendamaian? Kalau hanya ada kebencian dan tidak ada tanda pengampunan, itu berarti tidak ada kuasa. Kenapa kita harus menyimpan dendam kesumat seperti Esau. Mengapa kita harus menyimpan dendam dan malah menyebarkan dendam kita terhadap orang itu ke mana-mana. Marilah kita memberi pengampunan.

2.      Lukas 23:43
23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Ini kena pada pokok zaitun hutan atau pohon minyak. Yang mendapat waris kekayaan Firdaus ini adalah orang  yang sadar akan dosa dan kesalahannya. Orang yang seperti itu berarti memiliki pokok zaitun hutan. Tuhan sayang orang yang sadar akan pelanggarannya.

Amsal 28:13
28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Orang yang mengaku kesalahan ini disayang oleh Tuhan. Ketika kita mengaku dan menerima ditunjuk kesalahan kita maka kita menerima kekayaan Sorga. Tetapi kalau tidak mau mengaku, tidak menerima ketika ditunjuk kesalahan berarti malah menerima kutuk. Ini jangan sampai terjadi pada diri kita.

Efesus 5:9-13
5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.
5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
5:12 Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

Jangan tunggu di muka pengadilan Allah baru ditelanjangi! Lebih baik sekarang ini kita menelanjangi diri di hadapan Tuhan, lebih baik kita mengaku kepada Tuhan.
Wahyu 16:15
16:15 "Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya."

Pengakuan itu seperti korban persembahan kepada Tuhan.
Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Sebetulnya kita sedang diarahkan oleh Tuhan dalam penggembalaan supaya kita duduk bersanding dengan Tuhan. Tetapi karena tinggi hati dan congkak sehingga tidak mau mengaku walaupun sudah salah dan malah membuat alibi untuk menyembunyikan. Padahal di mata Tuhan tidak bisa disembunyikan dan akan Tuhan telanjangi di pengadilan.

3.      Yohanes 19:26-27
19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"
19:27 Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

Ini adalah bahasa hikmat Tuhan yang menitipkan ibuNya pada penggembalaan Yohanes. Yohanes adalah murid yang paling dikasihi. Jadi Tuhan Yesus dengan hikmat mengarahkan ibuNya untuk masuk dalam penggembalaan yang dikasihi oleh Tuhan. Biarlah kita menjadi gembala yang suka bersandar di dadaNya Tuhan Yesus sehingga ada pembukaan rahasia Firman yang dapat menjadi makanan bagi sidang jemaat. Titiplah hidupmu di dalam penggembalaan yang di mana saudara merasa dikasihi oleh Tuhan.

Ini kena pada pokok rindang yang menunjuk hikmat di dalam penggembalaan.

4.      Matius 27:46
27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Ini sebenarnya adalah bahasa kita yang diwakilkan oleh Tuhan Yesus. Menunjukkan betapa kita tidak ada kekuatan kalau ditinggalkan oleh Tuhan Yesus, tetapi Tuhan sudah wariskan kemenangan kepada kita.

Ini kena pada kekuatan yang ditunjukkan oleh pohon korma. Pohon Korma kalau diterpa oleh angin topan akarnya tidak akan tercabut sekalipun dia sudah condong mengikuti tiupan angin, tetapi begitu angin topan berhenti dia tegak kembali. Saudara bisa condong, sepertinya saudara membungkuk ketika percobaan menerpa saudara tetapi biarlah setelah percobaan itu lalu saudara tegak kembali. Mempelai wanita Tuhan digambarkan seperti pohon korma yang tahan menghadapi cobaan, ada tanda kemenangan.
Kidung agung 7:6-8
7:6 Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta di antara segala yang disenangi.
7:7 Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya.
7:8 Kataku: "Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya. Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel.

5.      Yohanes 19:28-29
19:28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia -- supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci --: "Aku haus!"
19:29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.

Anggur ada kaitannya dengan nikah dan nikah itu harus dihormati. Dalam pesta pondok daun-daunan ini kena pokok anggur. Tuhan Yesus menerima hormat dan kita juga akan dihormati. Bahkan kita akan dihormati oleh Tuhan asalkan kita tahan uji.

6.      Yohanes 19:30
19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Sudah selesai atau sudah genap berarti Tuhan Yesus siap menerima kemuliaan. Ini kena dengan pokok murad.

7.      Matius 27:50
27:50 Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

Tuhan Yesus tahan uji mulai dari taman Getsemani, masuk dalam pengadilan Kayafas, Herodes dan Pilatus sampai mati di kayu salib sehingga Dia mendapatkan pujian. Ini menunjuk pokok Murad = kemuliaan.

Kepada kita bangsa kafir ditawarkan ketujuh hal di atas dan pada ayat dibawah ini kita langsung menerima empat hal:
Efesus 1:18-19
1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa 1kayanya 2kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,
1:19 dan betapa hebat 3kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan 4kekuatan kuasa-Nya,

Sidang jemaat Efesus adalah sidang jemaat yang mayoritas bangsa kafir. Kepada bangsa kafir inilah Tuhan tawarkan empat hal di atas.

Efesus 1:8
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Efesus 5:32-33
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

II Korintus 10:18
10:18 Sebab bukan orang yang memuji diri yang tahan uji, melainkan orang yang dipuji Tuhan.

I Korintus 4:5
4:5 Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.

Jadi apa yang dimiliki oleh Tuhan Yesus dimiliki juga oleh kita. Tetapi apakah kita mau memulai dengan angka 8, maukah kita dibaharui? Biarlah kita menjadi pokok Kurma yang kuat menghadapi tantangan.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar