20150106

Kebaktian PA 7 Bangsa di sekitar bangsa Israel, Selasa 6 Januari 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Yehezkiel 28:20-26 (Nubuatan melawan Sidon)
28:20 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
28:21 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Sidon dan bernubuatlah melawan dia
28:22 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Sidon, dan Aku menyatakan kemuliaan-Ku di tengah-tengahmu. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku menjatuhkan hukuman atasnya dan menunjukkan kekudusan-Ku terhadap dia.
28:23 Aku akan mendatangkan sampar atasnya dan darah akan mengalir di jalan-jalannya dan orang-orang akan mati rebah di tengah-tengahnya karena pedang yang datang dari sekitarnya melawan dia. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
28:24 Dan tidak akan ada lagi bagi kaum Israel dari semua tetangganya yang menghina mereka, menjadi duri yang menusuk atau onak yang memedihkan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH.
28:25 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada saat Aku mengumpulkan kaum Israel dari tengah suku-suku bangsa, di mana mereka berserak dan Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa, maka mereka akan diam di tanah mereka yang telah Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub.
28:26 Mereka akan diam di sana dengan aman tenteram, mereka akan membangun rumah dan membuat kebun anggur. Ya, mereka akan diam dengan aman tenteram pada saat Aku menjatuhkan hukuman atas semua tetangganya yang menghina mereka. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka."

Ini janji Tuhan untuk memulihkan bangsa Israel paling kurang seperti pada zaman raja Salomo.
I Raja-raja 4:25
4:25 sehingga orang Yehuda dan orang Israel diam dengan tenteram, masing-masing di bawah pohon anggur dan pohon aranya, dari Dan sampai Bersyeba seumur hidup Salomo.

Seorang hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan, ada dua landasannya:
1.      Hamba Tuhan itu mendapat penyataan-penyataan Allah.
2.      Hamba Tuhan itu mengerti tentang Kerajaan Allah atau Tabernakel.

II Timotius 4:1
4:1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

Hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan Sorga, kepadanya ada bukti-bukti penyataan Allah dan mengerti tentang kerajaan Allah itulah Tabernakel. Kalau seorang hamba Tuhan tidak ada penyataan maka itu perlu pergumulan. Penyataan-penyataan itu berarti Tuhan menyatakan diri kepadanyadalamberbagaicara.

Galatia 2:2; 1:12
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.
1:12 Karenaakubukanmenerimanyadarimanusia, danbukanmanusia yang mengajarkannyakepadaku, tetapiakumenerimanyaolehpenyataanYesusKristus.

I Korintus 14:6
14:6 Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?

II Korintus 12:7
12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

Ibrani 2:4
2:4 Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karunia Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

Ada pesan berarti ada berita khusus kepada umat Tuhan. Hamba Tuhan yang dipercaya menyampaikan pesan dari Tuhan maka pada dirinya ada penyataan Tuhan. Ketika hamba Tuhan menyatakan dirinya menerima penyataan dari Tuhan kadang kala ada pelayan Tuhan lain yang tidak menanggapi dan tidak mengapresiasi padahal ini sebenarnya untuk dia juga. Itu adalah bentuk perhatian Tuhan kepada dia, karena dia bersinggungan dengan hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan dan mendapatkan penyataan.

Ada dua pernyataan yang saya terima dalam beberapa hari terakhir ini:
1.      Tuhan mengatakan “hambaku Bernard Legontu, Aku letakkan tabut perjanjian di pundakmu”.
2.      Tuhan mengatakan “bukan engkau hambaKu yang mereka tolak tetapi Aku, sebab mereka hanya melihat pribadimu dan mereka tidak melihat pribadiKu yang mengutus engkau untuk membagikan roti (Firman Tuhan) kepada mereka” kalimat Tuhan yang terakhir adalah “katakan kepada mereka: tunggulah Aku!”.

Pesan khusus dari Tuhan iniharus ada pada koridor yaitu pengajaran Tabernakel. Dalam kitab Yehezkiel ini kita menemukan bangsa keenam yang selalu menggangu keberadaan orang Israel. Mereka bukan hanya menggangu tetapi hampir-hampir merebut takhta Daud. Kalau Tirus hanya mau memikat orang Israel lewat mengejar kekayaan dan orang Israel termotivasi pikiran mereka sampai melupakan Tuhan karena mengejar kekayaan. Itu berarti roh Tirus sudah masuk dalam diri mereka.

Sidon lebih jahat karena sasaran dari Sidon adalah takhta kerajaan. Takhta ini adalah takhta Daud dan takhta Daud itu adalah takhta Kristus, takhta Kristus adalah takhta Bapa. Takhta Bapa dan takhta Kristus adalah sasaran tujuan kita. Ini yang mau diempang oleh Sidon, jadi dia mau berusaha supaya jangan kita duduk di takhta Daud, jangan duduk ditakhta Yesus berarti duduk di takhta Bapa. Itu adalah upaya dari Sidon, luar biasa siasat dari Sidon ini, dia mau menggagalkan kita supaya jangan duduk bersama dengan Kristus di takhta Allah. Ini adalah janji Tuhan kepada jemaat Laodekia.
Wahyu 3:21
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Cara dari Sidon ini licik sekali. Pertama Ahab raja Israel tergoda dengan Izebel, anak dari raja Sidon yang namanya Etbaal. Akhirnya Ahab mengambil Izebel menjadi istri dan dia tidak tahu ini membuka peluang bagi Sidon untuk merebut takhta Daud. Etbaal artinya hidup dengan Baal. Berarti Ahab ini mau menyandingkan apa yang ada pada Sidon dengan apa yang ada pada Israel. Ternyata apa yang ada pada Israel tergusur habis oleh apa yang ada pada Sidon. Upaya dari Sidon ini dilatar belakangi oleh iblis. Dia masuk lewat jalur perkawinan, lewat persekutuan kecil.

HatiTuhan sangat sebal dan sakit hati dengan perbuatan Ahab ini.
I Raja-raja 16:30-31
16:30 Ahab bin Omri melakukan apa yang jahat di mata TUHAN lebih dari pada semua orang yang mendahuluinya.
16:31 Seakan-akan belum cukup ia hidup dalam dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, maka ia mengambil pula Izebel, anak Etbaal, raja orang Sidon, menjadi isterinya, sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya.

Ini adalah persekutuan yang salah langkah dari Ahab,dia pergi ke sana. Orang Israel bila mau masuk dalam persekutuan yang kecil yaitu nikah ada larangannya, ada syarat Firman. Syarat dari Tuhan adalah jangan sampai anak perempuan dari salah satu suku menikah dengan anak laki-laki dari suku lain sehingga milik pusaka suku anak perempuan itu berkurang dan berpindah pada suku yang lain.
Bilangan 36:6-9
36:6 Inilah firman yang diperintahkan TUHAN mengenai anak-anak perempuan Zelafehad, bunyinya: Mereka boleh kawin dengan siapa saja yang suka kepada mereka, asal mereka kawin di lingkungan salah satu kaum dari suku ayah mereka.
36:7 Sebab milik pusaka orang Israel tidak boleh beralih dari suku ke suku, tetapi orang Israel haruslah masing-masing memegang milik pusaka suku nenek moyangnya.
36:8 Jadi setiap anak perempuan di antara suku-suku orang Israel yang telah mewarisi milik pusaka, haruslah kawin dengan seorang dari salah satu kaum yang termasuk suku ayahnya, supaya setiap orang Israel mewarisi milik pusaka nenek moyangnya.
36:9 Sebab milik pusaka itu tidak boleh beralih dari suku ke suku, tetapi suku-suku orang Israel haruslah masing-masing memegang milik pusakanya sendiri."

Kalau kita membaca dalam Alkitab banyak orang Israel yang kepala batu dan melawan. Tuhan tidak mau hak suku yang satu dikurangi kemudian ditambahkan pada suku yang lain. Ini adalah cara Tuhan untuk menjaga mereka dahulu secara jasmani, tetapi secara rohani ini untuk menjaga agar jangan kita kehilangan waris, utamanya jangan sampai kehilangan takhta Tuhan. Ini yang dijaga oleh Tuhan dalam kehidupan kita.

Ahab malah menikah dengan bangsa kafir. Akhirnya takhta yang diduduki Ahab berhasil dikuasai oleh Izebel, anak raja Sidon. Memang Ahab adalah raja tetapi yang menguasai adalah Izebel dan Ahab hanya sebagai raja boneka. Tetapi tujuan dari Sidon bukan menguasai takhta dari kerajaan Israel yang di utara yang terdiri dari sepuluh suku. Tujuannya adalah menguasai takhta kerajaan yang di selatan yang ada di Yerusalem. Anak hasilperkawinanAhab dan Izebel yang bernama Atalya akhirnya menikah dengan anak Yosafat raja Yehuda yang bernama Yoram. Atalya ini mempunyai rencana untuk merebut takhta Daud dan dia berhasil menguasai selama 6 tahun. Namun setelah anak Yoram yaitu Yoas sudah berumur 7 tahun, dia keluarkan dan dilantik sebagai raja yang duduk di takhta Daud. Atalya akhirnya dibunuh oleh orang Israel.

Ini berarti walaupun iblis berupaya bagaimanapun, tidak mungkin rencana Allah akan gagal. Rencana Allah tidak mungkin gagal tetapi jangan sampai kita yang gagal. Di sini Tuhan memperlihatkan kepada kita ternyata banyak yang berguguran. Itu sebabnya ada nasihat yang berangkat dari hamba Tuhan yang mendapatkan penyataan dan paham tentang Tabernakel. Saya mau menyampaikan pesan Tuhan ini karena saya menerimapesan ini.

Jangan sampai kita mengambil persekutuan yang keliru, jangan sampai kita salah langkah, mulai dari persekutuan kecil yaitu nikah. Kalau kita sudah salah melangkah dan kemurahan Tuhan kita masihmendengarkan Firman itu pertanda bahwa kitadicegah oleh Tuhan agar kita tidak melanjutkan persekutuan yang salah sebab dalam diri kita ada benih Ilahi. Tujuan pernikahan adalah untuk mewujudkan benih Ilahi. Itu sebabnya bangsa Israel dilarang untuk menikah dengan bangsa lain karena dalam diri mereka ada benih Ilahi. Benih Ilahi inilah yang Allah cari.

Dosa yang besar yang sering tidak kita sadari adalah dosa menghambat langkah kita untuk tidak sampai duduk bersama dengan Tuhan. Itu adalah manuver iblis untuk menggagalkan kita duduk setakhta dengan Yesus.
Ezra 9:2
9:2 Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri, bahkan para pemuka dan penguasalah yang lebih dahulu melakukan perbuatan tidak setia itu."

Yang membawa bencana ini justru pemimpin. Mencampur adukkan benih Ilahi dengan benih najis adalah dosa besar yang sering tidak disadari. Dosa yang umum kita ketahui adalah mencuri, membunuh, berdusta atau berzinah tetapi tidak menyadari dosa ini.

Nehemia adalah bupati berarti orang besar dalam pemerintahan dan Ezra adalah ahli kitab. Mereka bekerja sama untuk membangun Tubuh Kristus. Sementara mereka dalam suasana membangun tembok Yerusalem dan Bait Allah, justru iblis masuk menyelinap sehingga memilukan hati Nehemia dan hati Ezra.

Ketika Nehemia dan Ezra mengumpulkan bangsa Israel, hujan turun dengan deras. Mereka menyampaikan Firman dan membuat bangsa Israel gemetar mendengar Firman dan ditambah lagi hujan sehingga mereka menggigil karena mendengar Firman dan karena diguyur hujan. Mereka menyampaikan Firman Tuhan karena mereka menemukan ada kasus-kasus seperti Ahab. Itu sebabnya Nehemia dan Ezra melakukan pemulihan. Apa yang salah tidak Tuhan umbar tetapi Tuhan lawati dengan kasihNya. Tuhan menarik mereka, Tuhan membawa mereka masuk dalam pemulihan.

Ada 4 tahapan Nehemia mengadakan koreksi dan setiap tahapan dikunci dengan doa. Dan dalam doa itu selalu dikatakan “biarlah Engkau ingat akan aku”. Tahapan ini adalah untuk memulihkan supaya jangan kita gagal duduk setakhta dengan Yesus. Ini empat tahapan yang untuk membawa kita bersama dengan Tuhan.

Ezra 9:2
9:2 Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri, bahkan para pemuka dan penguasalah yang lebih dahulu melakukan perbuatan tidak setia itu."

Kita ini adalah orang tebusan Tuhan berarti dalam diri kita ada kekudusan Tuhan, oleh sebab itu jangan kita campur.

Ezra 9:3
9:3 Ketika aku mendengar perkataan itu, maka aku mengoyakkan pakaianku dan jubahku dan aku mencabut rambut kepalaku dan janggutku dan duduklah aku tertegun.

Pakaian dikoyakkan dan jubah dikoyakkan. Yang mengoyakkan pakaian di sini adalah Ezra, seorang ahli kitab. Apa itu pakaian.
Yesaya 61:10
61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Kalau pakaian itu dikoyakkan berarti keselamatan itu terancam untuk dicabut oleh Tuhan. Kita tidak menginginkan keselsamatan kita dicabut oleh Tuhan. Tuhan tidak bermaksud untuk mencabut tetapi bisa dari diri kita sendiri yang mengoyakkan. Kalau pakaian dan jubah dikoyakkan itu berarti terancam untuk tidak bisa menjadi Mempelai.

Rambut di cabut berarti kehilangan kemuliaan, berarti tidak bisa menjadi Mempelai. Janggut hubungannya dengan pelayanan Imam Besar, janggut dicabut berarti tidak ada hubungannya lagi dengan pelayanan Imam Besar yang mengerjakan pendamaian kita. Jangan sampai kita terjebak masuk dalam persekutuan yang salah sehingga akhirnya kita kehilangan roh mempelai, kehilangan kemuliaan, kehilangan pelayanan Imam Besar untuk mendamaikan kita.

Penyataan Tuhan berkali-kali saya terima:
1.      Di tahun 1984 ketika berdoa dengan sidang jemaat saya berdoa kepada Tuhan “Tuhan saya datang ke Tentena bukan untuk melayani bangku, mana jiwa?”. Tuhan menjawab “hambaKu aku tahu siapa orangKu. Jiwa itu urusanku, engkau hambaKu layanilah Aku”. Mulai detik itu saya tidak lagi risau kenapa tidak ada jiwa yang datang karena Tuhan sudah memberikan penyataan.

2.      Penyataan berikut ketika berdoa dengan sidang jemaat. Tuhan memberikan penyataan “umatKu membutuhkan pola ibadah yang benar agaar mereka terhindar dari kekacauan ibadah di akhir zaman”. Sesudah mendengar suara itu maka sekilasgambaranTabernakel tampil di depan saya. Tuhan berbicara jauh-jauh hari karena seperti sekarang ini banyak yang merombak pengajaran ini sehingga banyak yang dikacaukan. Tetapi saya tidak menjadi kacau dan tidak ragu lagi karena Tuhan sudah mendahului. Jangan lagi terganggu pikiran kita dengan pola ibadah yang tidak benar.

Kita melihat di sini hambaTuhan (Ezra) dan pemerintah (Nehemia) bekerja sama untuk membersihkan apa yang salah. Umaroh adalah Nehemia dan alim ulama adalah Ezra. Keduanya sama-sama mau membangun Tubuh Kristus. Yang dilihat oleh Ezra adalah kalau benih Ilahi bercampur dengan benih yang najis maka pakaian kebenaran dan jubah keselamatan itu bisa dikoyakkan berarti tidak bisa menjadi Mempelai Wanita Tuhan, rambut dicabut berarti kemuliaan hilang dan janggut dicabut berarti tidak lagi mendapatkan pelayanan Imam Besar.

Sementara Ezra dan Nehemia bergerak untuk  memulihkan keadaan orang Israel maka mereka mendapat perlawanan. Jadi jangan kaget ketika kita berupaya supaya gereja Tuhan tampil sebagai Mempelai maka akan ada saja tantangan, bahkan tantangan ini datang dari imam/ dari hamba Tuhan lain.
Ezra 10:15
10:15 Hanya Yonatan bin Asael, dan Yahzeya bin Tikwa, berdiri menentang perkara itu, disokong oleh Mesulam dan Sabetai, orang Lewi itu.

Yoanatan bin Asael dan Yahzeya adalam kaum awam tetapi petinggi di Israel. Mesulam dan Sabetai adalah orang Lewi, berarti seorang imam. Jadi sementara Tuhan membangkitkan gereja Tuhan untuk menjadi Mempelai malah akan muncul pelayan-pelayan yang menentang orang-orang yang berjubah hamba Tuhan tetapi berkarakter penentangrencana Allah.

Ketika Nehemia dan Ezra melakukan koreksi maka dalam 4 hal yang mereka lakukan itu selalu dikunci dengan doa.
1.      Nehemia 13:1-2,4-5
13:1 Pada masa itu bagian-bagian dari pada kitab Musa dibacakan dengan didengar oleh rakyat. Didapati tertulis dalam kitab itu, bahwa orang Amon dan orang Moab tidak boleh masuk jemaah Allah untuk selamanya.
13:2 Karena mereka tidak menyongsong orang Israel dengan roti dan air, malah mengupah Bileam melawan orang Israel supaya dikutukinya. Tetapi Allah kami mengubah kutuk itu menjadi berkat.
13:4 Tetapi sebelum masa itu imam Elyasib yang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik rumah Allah kami, dan yang mempunyai hubungan erat dengan Tobia,
13:5 menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.

Elyasib justru melakukan sesuatu yang berseberangan dengan Tuhan, dia memberikan kamar khusus kepada Tobia di dalam Bait Allah. Kenapa? Sebab anak Elyasib dan anak Tobia menikah. Inikah sesuatu yang rancu, masa anak seorang imam besar malah dinikahkan dengan orang kafir.

Tahapan pertama ini ada pada Nehemia 13:1-13 dan dikunci dengan doa pada ayat 14.
Nehemia 13:14
13:14 Ya Allahku, ingatlah kepadaku karena hal itu dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap rumah Allahku dan segala pelayanan di dalamnya!

Hamba Tuhan ini memohon kepada Tuhan agar mengingat baktinya kepada Tuhan karena dia merasakan arus balik muncul melawan kehidupannya. Tetapi dia hanya bergantung kepada Tuhan. Ini adalah penyucian yang terjadi.

2.      Nehemia 13:15
13:15 Pada masa itu kulihat di Yehuda orang-orang mengirik memeras anggur pada hari Sabat, pula orang-orang yang membawa berkas-berkas gandum dan memuatnya di atas keledai, juga anggur, buah anggur dan buah ara dan pelbagai muatan yang mereka bawa ke Yerusalem pada hari Sabat. Aku memperingatkan mereka ketika mereka menjual bahan-bahan makanan.
Mereka ini mengotori hari sabat, artinya mempermainkan Roh Kudus.
Tahap kedua ada pada Nehemia 13:15-22a dan dikunci dengan doa pada ayat 22b.
Nehemia 13:22b
13:22b Ya Allahku, ingatlah kepadaku juga karena hal itu dan sayangilah aku menurut kasih setia-Mu yang besar!

Ketika pembersihan dia lakukan selalu dikunci dengan doa agar Tuhan mengingat. Orang yang menyampaikan Firman penyucian memang akan mendapat tantangan tetapi dia mengkaitkan diri selalu dengan Tuhan dan Tuhan pasti akan selalu mengingat.

3.      Nehemia 13:23-24
13:23 Pada masa itu juga kulihat bahwa beberapa orang Yahudi memperisteri perempuan-perempuan Asdod, perempuan-perempuan Amon atau perempuan-perempuan Moab.
13:24 Sebagian dari anak-anak mereka berbicara bahasa Asdod atau bahasa bangsa lain itu dan tidak tahu berbicara bahasa Yahudi.

Mereka sudah tidak tahu berbicara bahasa yang rohani tetapi bahasa dunia yang mereka tahu. Inilah doa penutup Nehemia pada tahap yang ketiga:
Nehemia 13:29
13:29 Ya Allahku, ingatlah bagaimana mereka mencemarkan jabatan imam serta perjanjian mengenai para imam dan orang-orang Lewi.

Nehemia berdoa supaya orang yang mencemarkan jabatan imam itu, Tuhan tegur dengan keras. Dalam II Timotius 4:1 ada pesan dari Tuhan yang dilatarbelakangi dengan penyataan dan kerajaan Allah. Pada II Timotius 4:2, hamba Tuhan itu akan menyampaikan teguran-teguran baik waktunya baik atau tidak baik.

Perjanjian Tuhan dengan orang Lewi adalah perjanjian yang digarami dan tidak boleh dibongkar tetapi ternyata mereka bongkar.
Maleakhi 2:8-9
2:8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
2:9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Karena mereka membongkar maka mereka memposisikan diri menjadi musuhnya Tuhan.
Hosea 8:1-3
8:1 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku.
8:2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!"
8:3 Israel telah menolak yang baik -- biarlah musuh mengejar dia!

Kalau hamba Tuhan sudah menjadi makelar dan mempunyai pekerjaan sambilan berarti dia sudah memposisikan dirinya menjadi musuh Tuhan. Jangan saudara membawa diri saudara digembalakan oleh orang yang masih tidak full bekerja untuk penggembalaan sebab pelayan seperti itu ada di bawah kutuk.

4.      Nehemia 13:30
13:30 Kutahirkan mereka dari segala sesuatu yang asing dan kutetapkan tugas-tugas untuk para imam dan orang-orang Lewi, masing-masing dalam bidang pekerjaannya,

Di sini semuanya dipulihkan, orang lewi dipulihkan pada pekerjaan yang benar dan umat Tuhan pada tugasnya masing-masing. Kemudian dikunci dengan doa.
Nehemia 13:31
13:31 pula kutetapkan suatu cara untuk menyediakan kayu api pada waktu-waktu tertentu dan untuk hasil-hasil yang pertama. Ya Allahku, ingatlah kepadaku, demi kesejahteraanku!

Ini model hamba Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan untuk memulihkan umat Tuhan dan tidak lupa selalu mengkaitkan diri dengan Tuhan. “Ya Allahku, ingatlah kepadaku, demi kesejahteraanku!” berarti Tuhan tidak akan melihat sebelah mata terhadap hamba Tuhan yang serius dalam menyampaikan pembersihan dan penyucian di dalam gereja Tuhan.

Roh Sidon ini selalu mendorong seseorang masuk dalam persekutuan yang salah sehingga akhirnya gagal dia duduk setakhta dengan Tuhan. Ini hebatnya iblis menggunakan Ahab dan Izebel. Kemudian pernikahanmereka berdua mendapatkan anak yang bernama Atalya yang ketika sudah cukup dewasa dia menikah dengan anak raja Yosafat, raja di Yerusalem. Inilah peluang Sidon untuk merebut tahta Daud namun tidak bisa.  Bagaimanapun hebatnya roh Sidon untuk merebut takhta Daud tetapi tidak bisa.

Tadi kita membaca empat tahapan koreksi Nehemia dan Ezra terhadap bangsa Israel yang sudah ada dalam keaadaan seperti itul. Ada enam tahapan pembersihan Tuhan terhadap roh Sidon yang masuk untuk merebut takhta Daud. Yang dipakai oleh Tuhan untuk melakukan pembersihan adalah Yehu. Yehu yang dipakai oleh Tuhan, dicap oleh orang lain bahwa dia gila. Hamba Tuhan yang mengurapai Yehu juga dicap oleh orang lain “gila. Seringkali orang yang melakukan kebenaran di mata orang lain belum tentu benar, malah mereka akan mencap orang itu gila. Hamba Tuhan yang benar itu hampir selalu dicap “gila” dan yang paling sering dicap “sok rohani”

I Raja-raja 19:16
19:16 Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau.

II Raja-raja 9:1-3,11
9:1 Kemudian nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi dan berkata kepadanya: "Ikatlah pinggangmu, bawalah buli-buli berisi minyak ini dan pergilah ke Ramot-Gilead.
9:2 Apabila engkau sampai ke sana, carilah Yehu bin Yosafat bin Nimsi; masuklah, ajak dia bangkit dari tengah-tengah temannya dan bawalah dia ke ruang dalam.
9:3 Kemudian ambillah buli-buli berisi minyak itu, lalu tuangkan isinya ke atas kepalanya dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel! Sesudah itu bukalah pintu, larilah dan jangan berlambat-lambat."
9:11 Apabila Yehu keluar mendapatkan pegawai-pegawai tuannya, berkatalah seorang kepadanya: "Apa kabar? Mengapa orang gila itu datang kepadamu?" Jawabnya kepada mereka: "Kamu sendiri mengenal orang itu dengan omongannya!"

Nabi yang mengurapi itu dikatakan gila dan Yehu juga dikatakan gila.
II Raja-raja 9:20
9:20 Dan penjaga itu memberitahukan: "Sudah sampai ia kepada mereka, tetapi ia tidak pulang! Dan cara memacunya adalah seperti cara Yehu, cucu Nimsi, memacu, sebab ia memacu seperti orang gila."

Itu label yang harus diterima dan tidak usah kurang hati ketika kita tampil untuk membersihkan secara bertahap supaya jangan sampai takhta Daud jatuh kepada orang lain.

Nehemia dan Ezra adalah orang yang dipercayai oleh Tuhan. Ada 6 tahapan pembersihan roh Sidon:

1.      Dimulai dari pemimpin
Dimulai dari Yoram, raja Israel dan Ahazia, raja Yehuda. Orang yang mau mengadakan pembersihan pasti beresiko tinggi sebab orang yang dibersihhkan belum tentu mau menerima. Kasihan kalau pemimpin tidak dibersihkan, bagaimana dengan umat yang dipimpin. Itu sebabnya dimulai pemimpin

2.      Pembersihan roh sundal dan sihir
II Raja-raja 9:30-37
9:30 Sampailah Yehu ke Yizreel. Ketika Izebel mendengar itu, ia mencalak matanya, dihiasinyalah kepalanya, lalu ia menjenguk dari jendela.
9:31 Pada waktu Yehu masuk pintu gerbang, berserulah Izebel: "Bagaimana, selamatkah Zimri, pembunuh tuannya itu?"
9:32 Yehu mengangkat kepalanya melihat ke jendela itu dan berkata: "Siapa yang di pihakku? Siapa?" Dan ketika dua tiga orang pegawai istana menjenguk kepadanya,
9:33 ia berseru: "Jatuhkanlah dia!" Mereka menjatuhkan dia, sehingga darahnya memercik ke dinding dan ke kuda; mayatnya pun terinjak-injak.
9:34 Yehu masuk ke dalam, lalu makan dan minum. Kemudian ia berkata: "Baiklah urus mayat orang yang terkutuk itu dan kuburkanlah dia, sebab ia memang anak raja."
9:35 Mereka pergi untuk menguburkannya, tetapi mereka tidak menjumpai mayatnya, hanya kepala dan kedua kaki dan kedua telapak tangannya.
9:36 Mereka kembali memberitahukannya kepada Yehu, lalu ia berkata: "Memang begitulah firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, Elia, orang Tisbe itu: Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel;
9:37 maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel."

Pembersihan tukang sihir dan sundal yang namanya Izebel.
II Raja-raja 9:22
9:22 Tatkala Yoram melihat Yehu, bertanyalah ia: "Apakah ini kabar damai, hai Yehu?" Jawabnya: "Bagaimana ada damai, selama sundal dan orang sihir ibumu Izebel begitu banyak!"

Selain Izebel ini tukang sihir dia juga ada roh persundalan. Kalau ini tidak dibersihkan maka gereja Tuhan bisa tampil bagaikan perempuan Babel dalam wahyu pasal 17 dan pasal 18. Kita dibersihkan agar jangan tampil seperti perempuan Babel tetapi menjadi Mempelai Wanita Tuhan seperti dalam wahyu pasal 19 dan pasal 21.


3.      II Raja-raja 10:1-11
10:1 Ahab mempunyai tujuh puluh orang anak laki-laki di Samaria. Yehu menulis surat, dan mengirimnya ke Samaria, kepada pembesar kota itu, kepada para tua-tua dan kepada para pengasuh anak-anak Ahab, bunyinya:
10:2 "Sekarang, segera sesudah surat ini sampai kepadamu, kamu yang mempunyai anak-anak tuanmu di bawah pengawasanmu, lagipula mempunyai kereta dan kuda dan kota yang berkubu serta senjata,
10:3 maka pilihlah seorang yang terbaik dan yang paling tepat dari antara anak-anak tuanmu, lalu dudukkanlah dia di atas takhta ayahnya, kemudian berperanglah membela keluarga tuanmu."
10:4 Tetapi mereka sangat takut dan berkata: "Sedangkan kedua raja itu tidak dapat bertahan menghadapinya, bagaimana mungkin kita ini dapat bertahan?"
10:5 Sebab itu kepala istana dan kepala kota, juga para tua-tua dan para pengasuh mengirim pesan kepada Yehu, bunyinya: "Kami ini hamba-hambamu dan segala yang kaukatakan kepada kami akan kami lakukan; kami tidak hendak mengangkat seseorang menjadi raja; lakukanlah apa yang baik menurut pemandanganmu."
10:6 Kemudian Yehu menulis surat untuk kedua kalinya kepada mereka, bunyinya: "Jika kamu memihak kepadaku dan mau menurut perkataanku, ambillah kepala anak-anak tuanmu dan datanglah kepadaku besok kira-kira waktu ini ke Yizreel." Adapun ketujuh puluh anak raja itu tinggal bersama-sama orang-orang besar di kota itu, yang mendidik mereka.
10:7 Tatkala surat itu sampai kepada mereka, mereka mengambil anak-anak raja itu, menyembelih ketujuh puluh orang itu, menaruh kepala orang-orang itu ke dalam keranjang dan mengirimkan semuanya kepada Yehu di Yizreel.
10:8 Ketika suruhan datang memberitahukan kepadanya: "Telah dibawa orang kepala anak-anak raja itu," berkatalah Yehu: "Susunlah semuanya menjadi dua timbunan di depan pintu gerbang sampai pagi."
10:9 Pada paginya keluarlah Yehu, berdirilah ia, lalu berkata kepada segenap orang banyak: "Kamu ini tidak bersalah. Memang akulah yang telah mengadakan persepakatan melawan tuanku dan telah membunuh dia; tetapi semua orang ini, siapakah yang membunuh mereka?
10:10 Ketahuilah sekarang, bahwa firman TUHAN yang telah diucapkan TUHAN tentang keluarga Ahab, tidak ada yang tidak dipenuhi, TUHAN telah melakukan apa yang difirmankan-Nya dengan perantaraan Elia, hamba-Nya."
10:11 Lalu Yehu membunuh semua orang yang masih tinggal dari keluarga Ahab yang di Yizreel, juga semua orang besarnya, orang-orang kepercayaannya dan imam-imamnya; tidak ada padanya seorang pun yang ditinggalkan Yehu hidup.

Di sini ada 70 orang anak-anak Ahab. Ini adalah otak/ pikiranyang menerima pengajaran yang salah. Jadi 70 ini adalah kehidupan yang mendapat ajaran yang salah. Kepala anak-anak Ahab yang dipenggal itu dijadikan dua tumpukan. Ini menunjuk kepala-kepala yang diisi dengan pengajaran yang melawan dua tumpukan roti di atas meja roti pertunjukkan. Pengajaran kita jangan lari dari meja roti pertunjukkan, kalau lari dari situ inilah dosa besar.Melawan Firman pengajaran itu adalanh dosa besar, jangan kita anggap sepeleh.

Maka terjadi pembersihan di dalam dua istana ini, istana di Samaria dan istana di Yerusalem.

4.      II Raja-raja 10:11-14
10:12 Kemudian bangkitlah Yehu pergi ke Samaria. Di jalan dekat Bet-Eked, perkampungan para gembala,
10:13 bertemulah ia dengan sanak saudara Ahazia, raja Yehuda, lalu ia bertanya: "Siapakah kamu ini?" Jawab mereka: "Kami adalah sanak saudara Ahazia dan kami datang untuk memberi salam kepada anak-anak raja dan anak-anak ibu suri."
10:14 Berkatalah Yehu: "Tangkaplah mereka hidup-hidup!" Lalu ditangkaplah mereka hidup-hidup dan disembelih dekat perigi Bet-Eked, empat puluh dua orang, dan tidak ada seorang pun ditinggalkannya hidup dari pada mereka.

Bet-Eked adalah perkampungan gembala, berarti ini terjadi di wilayah penggembalaan. Kalau dilihat seperti kesalahan mereka hanya sepeleh tidak beralasan untuk dibunuh sebab hanya mau memberikan salam kepada anak-anak Izebeldan Ahab.
II Yohanes 9-10
1:9 Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.
1:10 Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.

Artinya di sini kita harus menutup hati dan jangan membuka peluang. Angka 42 ini adalah angka pengejek atau angka pengolok. Orang yang suka mengejek dan mengolok ini baginya tersedia masa antikristus.

Para pengejek dan pengolok ini justru muncul dari perkampungan gembala, muncul dari dalam penggembalaantermasukdalamkisah Elisa.
II Raja-raja 2:23-24
2:23 Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: "Naiklah botak, naiklah botak!"
2:24 Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak.
Yang diolok oleh 42 anak ini adalah kepala Elisa yang botak, berarti menolak berita kepala.

Dalam II Raja-raja 10:11-14 kita melihat mereka belum melakukan, belum memberikan salam, baru ada niat saja sudah dipenggal. Ini berarti ketegasan Tuhan supaya gereja Tuhan jangan tercemardenganajaran yang tidaksehat, gereja Tuhan betul-betul tampil murni, suci, kudus tanpa cacat dan cela.

5.      Pengikut dari Ahab dibersihkan dari penyembahan berhala.
II Raja-raja 10:18-25
10:18 Kemudian Yehu mengumpulkan seluruh rakyat, lalu berkata kepada mereka: "Adapun Ahab masih kurang beribadah kepada Baal, tetapi Yehu mau lebih hebat beribadah kepadanya.
10:19 Oleh sebab itu, panggillah menghadap aku semua nabi Baal, semua orang yang beribadah kepadanya dan semua imamnya, seorang pun tidak boleh tidak hadir, sebab aku hendak mempersembahkan korban yang besar kepada Baal. Setiap orang yang tidak hadir tidak akan tinggal hidup." Tetapi perbuatan ini adalah akal Yehu supaya ia membinasakan orang-orang yang beribadah kepada Baal.
10:20 Selanjutnya Yehu berkata: "Tentukanlah hari raya perkumpulan kudus bagi Baal!" Lalu mereka memaklumkannya.
10:21 Yehu mengirim orang ke seluruh Israel, maka datanglah seluruh orang yang beribadah kepada Baal, tidak seorang pun yang ketinggalan. Lalu masuklah semuanya ke dalam rumah Baal, sehingga rumah itu penuh sesak dari ujung ke ujung.
10:22 Kemudian berkatalah Yehu kepada orang yang mengepalai gudang pakaian: "Keluarkanlah pakaian untuk setiap orang yang beribadah kepada Baal!" Maka dikeluarkannyalah pakaian bagi mereka.
10:23 Sesudah itu masuklah Yehu dan Yonadab bin Rekhab ke dalam rumah Baal, lalu berkatalah ia kepada orang-orang penyembah Baal di situ: "Periksalah dan lihatlah, supaya jangan ada di antara kamu di sini seorang pun dari hamba-hamba TUHAN, melainkan hanya orang-orang yang beribadah kepada Baal."
10:24 Lalu masuklah mereka untuk mempersembahkan korban sembelihan dan korban bakaran. Adapun Yehu telah menempatkan delapan puluh orang di luar dan telah berkata: "Siapa yang membiarkan lolos seorang pun dari orang-orang yang kuserahkan ke dalam tanganmu, nyawanyalah ganti nyawa orang itu."
10:25 Setelah Yehu selesai mempersembahkan korban bakaran, berkatalah ia kepada bentara-bentara dan kepada perwira-perwira: "Masuklah, bunuhlah mereka, seorang pun tidak boleh lolos!" Maka dibunuhlah mereka dengan mata pedang, lalu mayatnya dibuang; kemudian masuklah bentara-bentara dan perwira-perwira itu ke gedung rumah Baal.

Pembersihan yang kelima ini sungguh luar biasa, semua pengikut Baal dan pengikut Izebel dibunuh. Akhirnya rumah berhala ini dihancurkan dan dijadikan jamban. Ternyata penyembah berhala itu hanya seharga kotoran manusia.

6.      II Tawarikh 22:10-12
22:10 Ketika Atalya, ibu Ahazia, melihat bahwa anaknya sudah mati, maka bangkitlah ia membinasakan semua keturunan raja dari kaum Yehuda.
22:11 Tetapi Yosabat, anak perempuan raja, mengambil Yoas bin Ahazia, menculik dia dari tengah-tengah anak-anak raja yang hendak dibunuh itu, memasukkan dia dengan inang penyusunya ke dalam gudang tempat tidur. Demikianlah Yosabat, anak perempuan raja Yoram, isteri imam Yoyada, -- ia adalah saudara perempuan Ahazia -- menyembunyikan dia terhadap Atalya, sehingga ia tidak dibunuh Atalya.
22:12 Maka tinggallah Yoas enam tahun lamanya bersama-sama mereka dengan bersembunyi di rumah Allah, sementara Atalya memerintah negeri.

Seandainya tidak ada satu anak raja yang luput maka jalur Yehuda untuk mendatangkan Yesus terputus. Menyembunyikan bayi ini tidak gampang. Dia disembunyikan di gudang di belakang  Bait Allah. Sesudah 7 tahun dia diangkat menjadi raja.
II Tawarikh 23:10-15
23:11 Sesudah itu Yoyada dan anak-anaknya membawa anak raja itu ke luar, mengenakan jejamang kepadanya dan memberikan hukum Allah kepadanya. Mereka menobatkan dia menjadi raja serta mengurapinya, lalu berserulah rakyat: "Hiduplah raja!"
23:12 Ketika Atalya mendengar pekik rakyat yang berlari-lari menyambut raja dan memuji-muji dia, pergilah ia mendapatkan rakyat itu ke dalam rumah TUHAN.
23:13 Lalu dilihatnyalah raja berdiri dekat tiangnya pada jalan masuk, sedang para pemimpin dengan para pemegang nafiri ada dekat raja. Dan seluruh rakyat negeri bersukaria sambil meniup nafiri, sedang para penyanyi dengan alat-alat musik mereka, memimpin nyanyian puji-pujian. Maka Atalya mengoyakkan pakaiannya sambil berkata: "Khianat, khianat!"
23:14 Tetapi imam Yoyada menyuruh keluar para kepala pasukan seratus, yakni orang-orang yang mengepalai tentara, katanya kepada mereka: "Bawalah dia keluar dari antara barisan! Siapa yang memihak kepadanya harus dibunuh dengan pedang!" Sebab imam itu telah berkata tadinya: "Jangan kamu membunuhnya di rumah TUHAN!"
23:15 Lalu mereka menangkap perempuan itu. Pada waktu ia sampai ke jalan masuk istana raja pada pintu gerbang Kuda, dibunuhlah ia di situ.

Jadi terjadi pembersihan tuntas, Atalya yang sempat duduk enam tahun di kursi raja Daud akhirnya dibunuh. Namun Atalya ketika itu hanya raja bayangan, karena raja yang sesungguhnya adalah Yoas. Atalya ini mau merebut takhta Daud. Takhta Daud inilah takhta dari Yesus.

Hebatnya roh Sidon ini, jangan sampai kita tenggelam di dalamnya. Kalau Tirus hanya mengejar kekayaan tetapi Sidon ini mengejar takhta Daud. Kita harus waspada dengan roh Sidon, sebab dia mau menggagalkan kita duduk setakhta dengan Yesus.
Wahyu 3:21;17:14
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

Kita mau duduk setakhta dengan Yesus, bukannya kita mau setakhta dengan Izebel. Hari-hari terakhir ini roh Sidon bekerja keras. Izebel berhasil menguasai takhta di Samaria yaitu kerajaan Israel yang 10 suku, tetapi Atalya anaknya berhasil selama 6 tahun menjadi raja bayangan di takhta Daud. Untung ada imam beserta istrinya yang menculik Yoas dan menyembunyikannya. Seandainya tidak ada inisiatif dari hamba Tuhan untuk mempertahankan takhta Daud maka hancurlah kita. Puji Tuhan masih ada hamba-hamba Tuhan yang gigih untuk memperjuangkan kita supaya kita duduk setakhta dengan Tuhan kita Yesus Kristus di takhta Daud.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar