20150125

Kebaktian Umum, Minggu 25 Januari 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Sekalipun manusia tidak memperhatikan kita tetapi adalah lebih indah kalau Tuhan yang memperhatikan kita. Di saat kita terancam maka Tuhan memberikan sayap burung nazar. Lebih dahulu harus ada kerinduan hati dari kita namun kelengkapannya Tuhan yang tahu kapan kita harus diberikan sayap burung nazar.

Penyataan Tuhan lewat seorang ibu untuk kita di tempat ini, dia melihat sidang jemaat ini bersama dua sidang yang lain. Kemudian ada suara kepada kekasih itu “sampaikan kepada hambaKu Bernard Legontu, teruskan mereka sudah ada pada jalur yang benar, sudah dekat finish”. Kepada kita disuruh teruskan tetapi kepada dua sidang yang lain bukannya maju malah undur mau keluar dari pintu gerbang. Kemudian dua bulan sesudah itu terjadi lagi. Suara itu datang dan memperlihatkan jemaat di sini Jl. Langgadopi 4 Kristus Penebus. Suara itu berbicara “katakan kepada hambaKu Bernard Legontu Aku akan menjadikan mereka tiang gerejaKu di negeriini”.

kita tidak boleh mencurigai dan berpikir skeptis sebab Tuhan berbicara itu tidak salah. Kadangkala kita seperti menepis bahasa Tuhan. Tuhan yang tahu keadaan kita, mungkin orang yang lain menilai jemaat yang lain yang lebih cocok menerima penyataan itu. Itu salah! Berarti menilai perhatian Tuhan keliru. Orang seperti itu tidak percaya perkataan (penyataan) Tuhan.

Kita harus yakini hal itu sebab berarti Tuhan sedang menata kita. Kalau Tuhan menata kita itu tidak akan mungkin salah. Bisa saja kita melihat seseorang terpuruk tetapi tiba-tiba rohaninya melejit.

Matius 17:1-8
17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.
17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
17:4 Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."
17:6 Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan.
17:7 Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: "Berdirilah, jangan takut!"
17:8 Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorang pun kecuali Yesus seorang diri.

Enam hari kemudian berarti enam hari yang lampau adalah kisah yang ada pada Matius 16:21-23 yang langsung bersentuhan dengan rasul senior yang bernama Petrus. Di situ Tuhan Yesus sedang menceritakan untuk pertama kali bahwa Dia akan menderita sengsara di Yerusalem. Penderitaan Yesus di Yerusalem ini adalah menggenapi nubuatankitab Kejadian 3:21. Sepertiseekorbinatang yang dikulitidankulitnyadipakaikanpada Adam danHawa.

Berarti apa yang diucapkan oleh Yesus dalam Matius pasal 16 tentang penderitaanNya ini menggenapi bahwa seakan-akan Yesus dilucuti pakaianNya atau kebenaran yang ada padaNya untuk diberikan kepada manusia, itu sama dengan ketika binatang itu disembelih oleh Tuhan dan kulitnya diberikan kepada Adam dan Hawa. Dari kisah Adam dan Hawa yang ditolong oleh Tuhan dimana mereka diberikan pakaian kulit sampai kedatangan Tuhan Yesus pertama kali itu sudah ada 4 hari berarti 4000 tahun. Dari zaman Yesus sampai kita sekarang sudah mencapai 2 hari. Berarti sekarang genap 6 hari sejak kulit binatang itu diberikan kepada Adam dan Hawa.

Sekarang kita sudah berada pada hari yang keenam dan kemuliaan Allah (kulit) itu akan diberikan kepada kita. Kemuliaan Tuhan itu dipertontonkan dalam Matius pasal 17. Jadi angka 6 itu bukan kebetulan, kita sudah berada pada saat-saat penentu di mana kita akan menerima kemuliaan Allah yang luar biasa. Tetapi siapa yang layak menerima? Hanya tipe Petrus, Yakobus dan Yohanes.
I Korintus 13:13
13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Iman diwakili Yakobus, pengharapan diwakili Petrus dan kasih itulah Yohanes.

Jadi yang kelak akan dipermuliakan bersama dengan Kristus adalah kehidupan yang memiliki iman. Tetapi bukan iman yang monoton tetapi iman yang bertumbuh dan berkembang menuju pada kesempurnaan. Kita sudah beriman kepada Yesus Kristus tetapi apakah iman itu bertumbuh atau tidak. Pemahaman kepada Tuhan Yesus itu bertumbuh atau tidak.
Efesus 4:13
4:13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Tidaksemuamenerimaiman
2 Tesalonika 3:2
3:2 dansupaya kami terlepasdariparapengacaudan orang-orang jahat, sebabbukansemua orang berolehiman.

Efesus 4:13 (Terjemahan Lama)
4:13 sehingga kita sekalian sampai kepada persatuan iman dan makrifat Anak Allah, dan menjadi orang yang sudah akil balig, sehingga bertambah-tambah sempurna sama dengan Kristus,

Kita sudah ada di ujung akhir zaman, sudah ada pada petang hari yang keenam itu sebabnya gereja Tuhan sudah harus ada kesiapan diri.Iman kita perlu matang, pengharapan kita perlu bertumbuh dan pengharapan itu sejajar dengan kesucian, kasih kita juga sudah harus bertumbuh.

Hosea 6:3
6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

II Petrus 3:18
3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Kita sudah beradapada sore hari keenam sudah akan masuk pada hari yang ketujuh yaitu Kerajaan 1000 tahun damai. Kalau kita sekarang tahu kita ada di hari keenam dan sudah mau melangkah ke hari yang ketujuh maka kita harus tahu bahwa ada masa 3,5 tahun aniaya antikristus. Kita bisa lolos dari sana asal kita ada dalam Firman pengajaran yang sehat karena Tuhan tidak akan membiarkan mempelai wanitaNya diganggu oleh antikristus (laki-laki lain).

Di dalam Alkitab ada minggu kejadian dan minggu ketebusan. Minggu kejadian diceritakan dalam Kejadian pasal 1 dan 2. Tuhan menciptakan dunia beserta isinya selama 6 hari,pada ujunghari yang keenam Tuhan menciptakan sepasang nikah.Pada hari yang ketujuh Tuhan Yesus beristirahat. Setelah Tuhan beristirahat Adam dan Hawa di taruh di taman Eden kemudian iblisdatangmenggodadan mereka jatuh. Mulai dari saat itu Tuhan memulai lagi minggu ketebusan.

Dari Adam bapa manusia pertama sampai Abraham bapa manusia percaya, itu waktunya 2 hari atau 2000 tahundan ada seorang yang naik ke Sorga hidup-hidup yaitu Henokh. Dari anak tunggal Abraham yaitu Ishak sampai Yesus Anak Allah yang tunggal itu juga memakan waktu 2 hari atau kurang lebih 2000 tahundan ada seorang yang naik ke Sorga hidup-hidup yaitu Elia. Dari Yesus naik ke Sorga dan Roh Kudus dicurahkan sampai zaman kita sekarang sudah lebih dari 2000 tahun. Kedatangan Yesus kedua kalisudahdekat dan kita sudah ada pada ujunghari yang keenam di mana dulu Adam diciptakan pada hari yang keenam minggu kejadian maka sekarang kita ada pada hari yang keenam minggu ketebusan dan Tuhan juga akan menciptakan sepasang nikah yaitu gereja Tuhan sebagai Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Ini yang sedang Tuhan lakukan dalam diri kita.

Matius 17:1
17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.

Tidak mudah untuk Tuhan Yesus membawa Petrus ke atas gunung. Mungkin saudara berpikir kalau Petrus ini sudah dewasa sudah mempunyai istri tentu dia bisa berjalan sendiri, tetapi yang dimaksud di sini adalah Tuhan Yesus membawa Petrus secara rohani. Tuhan Yesus merebut Petrus dari cengkraman setan dan itu tidak gampang.
Matius 16:22-23
16:22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."
16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Petrus tidak lagi disebut “Petrus” tetapi berubah menjadi iblis makanya Tuhan mau merebut dia. Pengertian “membawa” dalam terjemahan aslinya adalah:
1.      Merebut
Kalau membawa pikiran tidak cocok dengan pikiran Kristus maka itu adalah sandungan. Menjelang Tuhan Yesus akan dipermuliakan di atas sana bersama dengan kita maka kalau ada usaha dari Tuhan lewat hamba Tuhan untuk merebut kita maka itu harus kita sambut sebab itu berarti anda mau direbut oleh Tuhan untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus dan menikmati kemuliaan Tuhan. Tuhan berusaha untuk merebut kita dari pikiran yang berseberangan dengan Kristus. Ketika kita berseberangan pikiran dengan Kristus maka kita ada di pihak iblis. Itu sebabnya perlu direbut. Kalau Tuhan sekarang merebut kita itu karena Tuhan tidak mau melihat kita harus menderita, harus dipotong leher dan tangan, dibelah perut, dikuliti, dicungkil mata dalam aniaya 3,5 tahunantikrist.

2.      Memenangkan
Tuhan bukan hanya merebut tetapi Tuhan juga memenangkan. Tuhan menang menghadapi iblis, Tuhan menarik Petrus dari cengkraman iblis. Tuhan menang menghadapi Yakobus seorang pendesak yang akhirnya ditarik oleh Tuhan. Tuhan menang menghadapi Yohanes yang adalah orang yang tempramennya tinggi.

3.      Tuhan memegang dan membawa naik
Sesudah dimenangkan tidak Tuhan biarkan. Dari lembah Tuhan angkat kita naik sampai dipuncak gunung untuk dipermuliakan. Untuk mendaki ke sana bukanlah mudah, ada pergumulan tetapi oleh kuasa Tuhan mampu membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes. Tuhan juga mampu membawa saudara untuk memegang saudara naik sampai di permuliakan.

Saya berbahagia kalau hari-hari terakhir ini begitu limpah Firman Tuhan dalam ungkapan rahasianya yang makin transparan. Saya yakin jemaat ini memperoleh keseriusan Tuhan memandang saudara, Tuhan ingin memegang saudara naik. Jangan lepaskan tanganmu dari Tuhan, jangan berontak ketika Tuhan memegang tangan kita untuk dibawa naik. Menyerah dan berserahlah kepada Tuhan. Jangan kita banyak ulah di akhir zaman ini, kalau saudara tidak mau masuk dalam aniaya antikristus maka ayo menyerah kepada Tuhan dan pegang tangan Tuhan untuk membawa kita naik.

4.      Memperoleh
Terhadap orang yang Dia bawa naik Tuhan mengatakan bahwa kehidupan kita itulah yang Dia peroleh. Orang yang telah direbut, dimenangkan dan dibawa naik itu adalah milikNya Tuhan (Tuhanperoleh).

Ibadah kita bukan hanya sekedar upacara belaka tetapi ada rencana Tuhan di dalamnya. Tuhan ingin memperoleh saudara, Tuhan ingin mempromosikan saudara.
Yesaya 40:10
40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-N/ya.

Jadi Yesus tidak sendiri tetapi ada orang-orang yang telah dimenangkan yang dimiliki oleh Tuhan. Mempelai WanitaNya ini dipertontonkan. Masakan terhadap kehidupan yang menjadi punyaNya Tuhan, Tuhan tidak serius dengan dia, sudahpastiTuhanserius.

Dalam kitab Ester, raja Ahasyweros mau mempertontonkan ratu Wasti tetapi ratu Wasti tidak mau, dia membangkang pada suami. Ini adalah gambaran gereja yang menolak rencana Tuhan. sehingga kemudian diganti dengan Ester dan Ester menjadi ratu yang berkenan bagi Ahasyweros. Artinya kalau kita tidak mau ditampilkan Tuhan menjadi Mempelai WanitaNya maka akan ada orang lain yang ganti. Tuhan tidak kehabisan manusia, Tuhan punya banyak orang lain, tetapi alangkah bodohnya kalau kita menolak sementara Tuhan mau merebut kita dan membawa kita naik serta berkata “ini perolehanKu”, begitu indah rencana Tuhan bagi saudaradansaya.

Orang-orang dari bawah gunung ini bertemu dengan rekan mereka dari Sorga. Petrus, Yohanes dan Yakobus tidak pernah bertemu dengan Musa dan Elia sebelumnya tetapi mereka bisa langsung mengerti. Tamu sorga bergabung dengan tamu dunia dalam suasana yang tidak ada perbendaannya.

Dikatakan pakaian mereka putih dan tidak ada yang bisa mengelantang pakaian putih seperti itu. Kemuliaan Tuhan yang Tuhan sediakan tidak akan bisa ditiru. Itu berarti dunia bisa mengatakan ada kesucian ada kebenaran tetapi tidak bisa menyaingikebenaran Tuhan. Berarti yang Tuhan sediakan bukan kebenaran manusia, bukan sucinya manusia tetapi kesucian Allah yang tidak bisa ditiru oleh manusia. Supaya kita bisa sampai di sana maka berilah dirimu untuk direbut, dimenangkan, dibawa naik dan diperoleh Tuhan. Indah kalau Tuhan membawa kita, kita tidak akan dirugikan bahkan akan dibawa Tuhan dalam kebahagian kekal selama-lamanya. Di sini ada kemuliaan yang luar biasa, putih bersih dan besinar seperti terang.
Di atas gunung, murid-murid melihat Tuhan Yesus tidak sendiri tetapi ditemani Musa dan Elia. Mengapa Musa dan Elia yang dipertontonkan Tuhan dan bukannya Henokh? Apa kesaksian Firman Tuhan tentang Musa? Di dalam pelayanannya Musa mengalami pelayanan yang pahit getir, banyak cobaan, banyak tantangan dan sampai 3 kali dia meminta kepada Tuhan untuk diizinkan meninjak tanah Kanaan tetapi Tuhan tidak izinkan. Namun dalam Matius pasal 17 ternyata Musa menginjak tanah Kanaan.
I Korintus 10:1-6
10:1 Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut.
10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.
10:3 Mereka semua makan makanan rohani yang sama
10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.
10:5 Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, karena mereka ditewaskan di padang gurun.
10:6 Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,

Musa ditetapkan Tuhan sebagai seorang pemimpin. Henokh tidak dikatakan sebagai seorang pemimpin.Pemimpin ini memimpin umat supaya mereka satu bersama Musa. Musa di melewati laut, mereka juga melewati laut. Musa di bawah tiang awan mereka juga di bawah tiang awan. Musa menggambarkan pribadi Yesus. Itu sebabnya Musa mengatakan akan datang orang yang seperti aku.

Musa sebagai pemimpin diikuti oleh umat yang berprilaku seragam. Kalau kita mau berada dalam kemuliaan bersama dengan Kristus maka kita harus mengikuti Musa, artinya kita mengikuti Yesus pemimpin kita.
I Korintus 10:2
10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.

Jadimereka melewati laut dahulu itu bagi kita sekarang menunjuk baptisan. Sebagaimana Yesus dibaptisseperti itu juga kita harusdibaptis. Supaya umat Israel bisa satu dengan Musa maka mereka mengikuti jalur yang sama. Supaya kita bisa satu dengan Tuhan maka kita harus mengikuti langkah Yesus. Jangan kita membuat jalan sendiri. Ini yang Tuhan inginkan karena Tuhan tidak tega melihat saudara ada dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus. Ketika aniaya antikristus ini datang maka kehidupan yang mengikuti Yesus akhirnya ada di padang belantara (disingkirkan).

Dikatakan mereka makan makanan rohani yang sama. Artinya kita harus menerima Firman pengajaran yang sama, tidak boleh bedasebabbedaberartiterjadi:
Mazmur 119:126
119:126 Waktuuntukbertindaktelahtibabagi TUHAN; merekatelahmerombakTaurat-Mu.

Mazmur 78:24-25
78:24 menurunkan kepada mereka hujan manna untuk dimakan, dan memberikan kepada mereka gandum dari langit;
78:25 setiap orang telah makan roti malaikat, Ia mengirimkan perbekalan kepada mereka berlimpah-limpah.

Makanan dari Sorga itu suasananya suci. Makanan dari Sorga tidak mungkin cemar, tidak mungkin basi, tidak mungkin ada virus, kuman dan bakteri, makanan dari Sorga itu steril. Kita makan makanan dari Sorga supaya rohani kita sehat, itulah Firman pengajaran yang sehat dan murni. Yang dimakan ini adalah roti malaikat. Malaikat itu adalah gembala sidang.

Jadi yang dimakan oleh jemaat adalah makanan dari Sorga yang diterima oleh gembala dan lebih dahulu dimakan oleh gembala baru diberikan kepada jemaat. Jadi saya tidak bisa berbicara kesucian kepada saudara kalau saya tidak hidup dalam kesucian. Itu sebabnya saya harus keras kepada istri dan anak-anak sebab kami yang lebih dahulu makan makanan ini baru diteruskan kepada jemaat. Apa guna saya berbicara kepada jemaat kalau tidak bisa memimpin istri saya. Harus ada bukti saya mengkonsumsi makanan malaikat, roti penggembalaan.
Wahyu 1:16,20
1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.
1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

Malaikat atau gembala sidang ini yang lebih dahulu dekat dengan mulut Tuhan. Pada mulut Tuhan keluar  pedang dan pada tangan Tuhan ada kitab. Gembala ini yang lebih dahulu harus bersekutudenganFirmanitusendiri.

Supaya kita bisa bersama dengan Tuhan maka ada 5 hal yang harus dilepaskan dari gereja Tuhan.
1.      Keinginan akan hal-hal yang jahat
I Korintus 10:6
10:6 Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,

Dalam perjalanan hidup kita, kita sudah ditolong oleh Tuhan, kita sudah ada di rumah Tuhan, kita sudah digembalakan tetapi kadang masih muncul pemikiran ingin akan hal-hal yang tidak baik (jahat).

2.      Menyembah berhala
I Korintus 10:14
10:14 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!

Penyembahan berhala ini termasuk tamak dan serakah serta keras hati.
Efesus 5:5
5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Kolose 3:5
3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,

3.      Melakukan percabulan
I Korintus 10:8
10:8 Janganlah kita melakukan percabulan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga pada satu hari telah tewas dua puluh tiga ribu orang.

Dalam Bilangan pasal 25, ada anak orang Israel dan anak bangsawan Moab melakukan percabulan terang-terangan di mata Tuhan. Pinehas anak Eliazar tidak tahan melihat itu dan dia mengambil lembing lalu mengejar mereka berdua. Ketika dia masuk di dalam kemah dia menemukan mereka melakukan hubungan badan dan dia menikam mereka berdua sampai tembus di tanah. Akhirnya Tuhan mengatakan bahwaPinehasditetapkan menjadi imam untuk selama-lamanya bersama anak-anaknya karena dia telah membela kekudusan Tuhan dan membuat murka Tuhan surut.

4.      Bersungut-sungut
I Korintus 10:10
10:10 Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.

Bersungut-sungut ini adalah dosa yang paling cepat mengundang murka Tuhan. Mungkin kita tidak bersungut tetapi mengomel, tetapi itu sama saja. Jangan kita bersungut menghadapi apapun, adalah lebih baik kita mengangkat hubungan ke atas dan nanti Tuhan yang akan menyelesaikan apa yang kita hadapi. Kalau Tuhan sudah mengambil sikap maka kita akan merasa ringan. Seringkali kita yang mau menjadi komandan atas diri kita dan tidak mau tunduk pada Tuhan Komandan kita yang luar biasa itu.

5.      Mencobai Tuhan
I Korintus 10:9
10:9 Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular.

Mencobai Tuhan ini sering kita lakukan. Sudah diberikan peringatan jangan dilakukan tetapi terus ditabrak saja. Tetapi ada satu hal Tuhan perbolehkan untuk kita mencobai Tuhan.
Maleakhi 3:8-10
3:8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!
3:9 Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!
3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Maleakhi 3:10 (Terjemahan Lama)
3:10 Bawalah olehmu akan segala perpuluhanmu ke dalam perbendaharaan rumah-Ku, supaya adalah makanan dalam rumah-Ku; dan cobailah akan Daku dengan demikian, kalau-kalau tiada Aku membukai akan kamu segala pintu langit dan mencurahkan kepadamu berkat yang tiada sempat kamu taruh; demikianlah firman Tuhan serwa sekalian alam!

Elia adalah hamba Tuhan yang melayani umat Tuhan yang sudah ratusantahun hidup di Kanaan tetapi umat Tuhan ini sudah jungkir balik. Mereka tidak lagi mencintai Tuhan dan lebih cenderung dengan berhala-berhala orang Kanaan. Ini adalah peluang bagi iblis dan dia memanfaatkan orang nomor satu di Israel yaitu raja Ahab. Ini adalah musuh bebuyutan dari Elia. Jadi di tengah-tengah pelayanan Elia yang menghadapi raja Ahab yang mempunyai permasuri yang namanya Izebel. Raja Ahab ini hanya simbol dan yang bekerja adalah Izebel.

Izebel arti namanya tidak kawin. Tetapi kenyataanya Izebel ini kawin. Berarti ini adalah kesucian palsu. Ini tertampak dalam prilaku Izebel. Kesucian Allah mau Tuhan turunkan untuk mempengaruhi mereka supaya mereka ada dalam kesucian yang benar. Tetapi Izebel tampil dengan kesucian palsu, dia menghancurkan mezbah Tuhan dan membangun mezbah baal dan asyera. Peran Izebel di dunia Kristen akhir zaman ini terlalu nampak dan terasa sehingga ibadah yang seharusnya penekanannya kesucian 100 persen dengan Tuhan tetapi sudah diselewengkan dengan adanya baal dan asyera di sana. Kesucian sudah tidak benar lagi dalam gereja karena yang pegang peranan dalam gereja adalah perempuan.

Hari-hari terakhir ini hamba-hamba Tuhan tipe Elia berhadapan dengan penampilan roh Izebel. Jangan saudara merasa jaya karena gembala bukan perempuan tetapi kita harus tetap berhati-hati. Elia ini tidak pernah tenang karena diganggu oleh Izebel. Namun akhirnya Tuhan mengambil sikap Izebel ini harus dibunuh, roh Izebel tidak boleh berkelanjutan.

Matius 17:5
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Di tengah-tengah kemuliaan Tuhan yang luar biasa itu masih ada pesan Tuhan kepada kita. Kalau kita mau berkenan di hadapan Tuhan dalam ibadah maka kita harus mendengarkan Anak yang dikasihi oleh Bapa. Dengar kepada Yesus jangan mendengar kepada yang lain. Sejak kapan Yesus dikatakan dikasihi?
Matius 3:13-15
3:13 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanes pun menuruti-Nya.

Ketika Yohanes seperti mau menolak maka Yesus memberikan pemahaman bahwa baptisan ini untuk menggenapkan seluruh kehendak Allah. Yohanes mendengar ucapan dari Anak Allah.

Matius 3:16-17
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Untuk pertama kalinya Sorga memproklamasikan“Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan”. Itu bukan terjadi ketika Yesus lahir di kandang Betlehem, bukan ketika Dia berumur 12 di dalam Bait Allah tetapi ketika berusia 30 tahun dan mau dibaptis. Jadi proklamasi Sorga ketika kita diangkat menjadi anakNya adalah saat kita mempersembahkan hidup untuk dibaptis. Berilah diri untuk dibaptis. Itu berarti Sorga menyambut saudara. Beribu-ribu malaikat di Sorga bertempik sorak memuji memuja Tuhan karena melihat seorang yang datang kepada Yesus.

Apakah Tuhan Yesus ada kesalahan? Tidak! Tetapi Dia datang untuk dibaptis untuk memberi contoh/teladan dalam kehidupan kita.

Kidung Agung 1:7-8
1:7 Ceriterakanlah kepadaku, jantung hatiku, di mana kakanda menggembalakan domba, di mana kakanda membiarkan domba-domba berbaring pada petang hari. Karena mengapa aku akan jadi serupa pengembara dekat kawanan-kawanan domba teman-temanmu?
1:8 -- Jika engkau tak tahu, hai jelita di antara wanita, ikutilah jejak-jejak domba, dan gembalakanlah anak-anak kambingmu dekat perkemahan para gembala.

Penggembalaan teman-teman Salomo ini adalah kehidupan yang tahu bicara Firman Allah tetapi dia sendiri tidak melakukan. Jejak Yesus sebagai Domba Allah dimulai dari baptisan sampai masuk pesta nikah Anak Domba Allah.
Wahyu 19:7
19:7 Marilahkitabersukacitadanbersorak-sorai, danmemuliakanDia! KarenahariperkawinanAnakDombatelahtiba, danpengantin-Nyatelahsiapsedia.

Kidung Agung 2:17
2:17 Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, kembalilah, kekasihku, berlakulah seperti kijang, atau seperti anak rusa di atas gunung-gunung tanaman rempah-rempah!

Hembusan angin senja itu dingin, itu menunjuk pengajaran permainan palsumanusia yang sekarang berhembus, jangan kita berlambat-lambatan.
Efesus 4:14
4:14 sehinggakitabukanlagianak-anak, yang diombang-ambingkanolehrupa-rupaanginpengajaran, olehpermainanpalsumanusiadalamkelicikanmereka yang menyesatkan,

Bayang-bayang sudah mau hilang berarti matahari sudah mau tenggelam. Matahari berbicara penampilan Allah.
Mazmur 84:12
84:12 Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Jangan tunggu kasih Allah dan kebenaran Allah sudah tidak ada dan baru mau kita cari, itu sudah terlambat. Selagi masih ada bayang-bayang walaupun sudah memanjang tetapi masih ada kesempatan emas untuk kita kembali.

Ketika Tuhan Yesus naik ke gunung itu Dia merebut kita, di saat-saat terakhir dia membawa kita, mengangkat kita dan sampai di atas kita menjadi perolehannya. Betapa indah kalau terhadap kita Tuhan mengatakan “ini perolehanKu”, biarlah kita menjadi upah jerih payah Tuhan. Itu berarti Tuhan merebut kita dan membawa kita naik. Jadilah kita semua perolehan Tuhan. Kalau saudara pergi ke suatu tempat mencari sesuatu lalu apa yang saudara cari itu saudara peroleh, betapa hati saudara bersukacita. Betapa girang hati Tuhan kalau saudara menjadi perolehannya Tuhan.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar