20150107

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 7 Januari 2015 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Setiap kita mau masuk dalam pemberitaan Firman Tuhan maka kita selalu mengatakan “tiba saatnya kita akan dilayani Tuhan”. Bagaimana sikap kita ketika kita mengatakan “dilayani Tuhan”? Tentu kita akan merendahkan hati sebab kita sedang dilayani oleh Tuhan. Ketika kita mengatakan kita dilayani oleh Tuhan tetapi pikiran dan sikap kita justru tidak ada tanda hormat maka itu sama dengan kita menista dan melecehkan Tuhan. Orang seperti itu sadar atau tidak sadar suatu saat akan menemukan dirinya berada di luar rencana Tuhan. Itu sebabnya ketika kita dilayani Tuhan pikiran danhatikita harus terbuka sebab yang melayani kita adalah Raja di atas segala raja, siapakah kita ini sehingga kita dilayani oleh Raja segala raja.

Kita adalah gereja Tuhan yang memahami pola ibadah, maka kita selalu diingatkan oleh Tuhan bahwa ada 3 macam ibadah.
1.      Ibadah raya ada hubungannya dengan pelita emas.
2.      Ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan kudus, ada hubungannya dengan meja roti sajian. Pada meja roti sajian ada daging dan darah Yesus. Yesus adalah Firman yang telah menjadi manusia berarti ada daging dan darah di meja roti pertunjukkan sehingga dalam ibadah yang ada kaitannya dengan meja roti sajian inilah kita dilayani dengan Firman pengajaran dan perjamuan kudus.
3.      Ibadah doa penyembahan, ada hubungannya dengan Mezbah dupa emas. Ini adalah persekutuan kita dengan Allah Bapa. Bapa tidak mempunyai daging dan darah, hanya mempunyai roh.Itu sebabnya tidak ada alasan ibadah doa untuk disertai dengan perjamuan kudus.

Bagi sidang jemaat GPT Kristus Penebus 3 macam ibadah ini digelar pada hari:
Rabu     : Pendalaman Alkitab di sertai dengan Perjamuan Kudus
Sabtu      : Ibadah Doa Penyembahan
Minggu   :Ibadah Raya

Yehekiel 47:13-23
47:13 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Inilah batas-batas tanah yang kamu harus bagi-bagi menjadi milik pusakamu di antara kedua belas suku Israel. Yusuf mendapat dua bagian.
47:14 Tanah itu harus kamu bagi rata, yaitu tanah yang dengan sumpah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu dan dengan demikian tanah ini menjadi milik pusakamu.
47:15 Inilah perbatasan tanah itu: di sebelah utara: dari laut besar terus ke Hetlon sampai jalan masuk ke Hamat dan terus ke Zedad,
47:16 Berota, Sibraim, yang terletak di antara daerah kota Damsyik dan daerah kota Hamat, terus ke Hazar-Enon yang di daerah kota Hauran.
47:17 Demikianlah perbatasannya itu mulai dari laut sampai di Hazar-Enon, sehingga daerah kota Damsyik dan juga daerah kota Hamat terletak di sebelah utaranya. Itulah sebelah utara.
47:18 Di sebelah timur: mulai dari Hazar-Enon yang terletak di antara Hauran dan Damsyik, sungai Yordan menjadi perbatasan di antara Gilead dan tanah Israel, terus ke Laut Timur sampai ke Tamar. Itulah sebelah timur.
47:19 Di sebelah selatan: perbatasan mulai dari Tamar sampai mata air Meriba dekat Kadesh, terus ke sungai Mesir, terus ke laut besar. Itulah di sebelah selatan perbatasan dengan Tanah Negeb.
47:20 Di sebelah barat laut besar merupakan perbatasan sampai tempat jalan masuk ke Hamat. Itulah sebelah barat."
47:21 "Tanah inilah kamu harus bagi-bagi di antara kamu menurut suku-suku Israel.
47:22 Dan kamu harus membagi-baginya menjadi milik pusaka di antara kamu dan di antara orang-orang asing yang tinggal di antara kamu, yang melahirkan anak di tengah-tengahmu dan mereka harus kamu anggap sama seperti orang Israel asli; bersama-sama kamu mereka harus mendapat bagian milik pusaka di tengah-tengah suku-suku Israel.
47:23 Jadi kalau di tengah-tengah sesuatu suku ada tinggal orang asing, di situlah kamu berikan milik pusakanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Kita sudah mengikuti dalamibadah natal mengapa Shekina Gloria itu Tuhan pertontonkan kepada para gembala dan bukan kepada Maria atau Yusuf. Sesudah Tuhan mempertontonkan Shekina Gloria maka disusul dengan berita Sorga tentang Putera Allah yang tunggal yang ada di palungan. Berita itu disertai dengan nama yang ditampilkan kepada gembala dengan lengkap. Jadi gembala itu harus lebih dahulu paham apa itu Shekina Gloria, kemudian paham tentang beritanya. Berita itu disertai dengan nama yang lengkap. Kalau berita yang diterima itu disertai dengan nama Tuhan maka baik pemberita maupun yang mendengar berita tidak akan ada alasan untuk tidak bersukacita karena dimetarai dengan nama.
Yeremia 15:16
15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Sesudah berita itu dikemas dalam satu paket dari Tuhan baru setelah itu Zangkoor Sorga menyusul. Yang ditaruh pada urutan awal adalah berita yaitu firman pengajaran setelah itu baru pujian. Jadi bukan pujian yang lebih utama. Seandainya Sorga mengatakan pujian itu lebih utama dari berita, tentu lebih dahulu tampil zangkoor sorga setelah itu baru tampil berita. Tetapi yang lebih utama adalah berita yaitu Firman pengajaran setelah itu baru pujian, ini jangan dibalik. Gereja Tuhan sekarang ini menampilkan pujian yang menggelegar tetapi mana Firman Tuhannya. Kalau ketika mendengar Firman pengajaran lalu tidak bersukacita berarti hatinya tidak terbuka.

Sesudah pujian kemudian diikuti dengan penghargaan waktu. Mereka tidak membuang-buang waktu, mereka mempedulikan waktu. Setelah penghargaan waktu mereka laksanakan baru ada kesaksian. Jadi berita yang diterima oleh gembala yang satu dengan yang lain itu sama. Kalau berita itu sudah berbeda, itu sama dengan mengundang murka Tuhan.
Mazmur 119:126
119:126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.

Jangan kita bermain-main ketika kita dilayani Tuhan. Ketika kita datang di hadapan Tuhan saat beribadah, kita menanti pelayanan Tuhan. Ketika Tuhan melayani kita, jangan kita bermain-main! Orang yang bermain-main saat Tuhan melayaninya akan menerima akibatnya. Ibarat Tuhan menaruh piring yang berisi makanan di hadapan kita lalu kita buang.Kita harus lebih bijak di hari-hari terakhir ini.

Pada Yehezkiel 47:13-23 kita melihat batas-batas tanah orang Israel. Yang diberikan prioritas dari Tuhan adalah kaum Yusuf. Yusuf mendapatkan 2 bagian dari pembagian tanah itu. Yusuf mendapatkan dua bagian untuk satu orang. Dua menjadi satu adalah bahasa mempelai. Jadi yang diberikan Tuhan prioritas adalah orang yang memiliki roh mempelai. Kalau memiliki roh mempelai maka Tuhan selalu mengutamakan, Tuhan selalu memprioritaskan, Tuhan selalu memberikan perhatian yang serius. Maukah kita diprioritaskan oleh Tuhan maka kita harus memiliki roh mempelai.

Yusuf adalah contoh kehidupan yang hatinya tulus. Tidak sedikitpun Yusuf menyimpan dendam. Itulah ciri kehidupan yang memiliki roh Mempelai. Dipecundangi, diludahi, dipasung kaki dan lehernya dijepit dengan besi, tetapi dia tidak menyimpan dendam, itulah ciri kehidupan yang memiliki roh mempelai.

Sudah dekat Mempelai Laki-laki Sorga datang menjemput Mempelai WanitaNya. Tetapi kalau calon mempelai wanitaNya ketika lehernya dijepit dengan besi, ketika kakinya dipasung, lalu memberontak dan melawan kemudian saat dia mendapat kesempatan membalas dendammakadilakukannya, maka kehidupan itu tidak akan dijemput oleh Mempelai Laki-laki Sorga dan malah akan tertinggal dalam masa 3,5 tahun aniaya antikristus.
Mazmur 105:16-18
105:16 Ketika Ia mendatangkan kelaparan ke atas negeri itu, dan menghancurkan seluruh persediaan makanan,
105:17 diutus-Nyalah seorang mendahului mereka: Yusuf, yang dijual menjadi budak.
105:18 Mereka mengimpit kakinya dengan belenggu, lehernya masuk ke dalam besi,

Mazmur 105:18 (Terjemahan Lama)
105:18 Maka dimasukkan oranglah kakinya dalam pasung dan dikenakannya rantai besi padanya.

Apakah saudara menemukan bahwa Yusuf mendendam? Tidak ada. Itu sebabnya istri jangan dendam kepada suami, suami jangan dendam kepada istri, orang tua jangan dendam kepada anak, anak jangan mendendam kepada orang tua, jemaat jangan dendam kepada gembala, gembala jangan dendam kepada jemaat.

Tidak menyimpan dendam itu adalah ciri Yusuf, ciri sidang mempelai. Jangan melihat teman dengan muka cemberut. Orang yang menyimpan dendam akan tertinggal ketika Tuhan Yesus datang menjemput mempelaiNya.

Seringkali kita memberitakan tentang Tuhan Yesus. Ucapan Yesus pertama kali ketika di salib adalah “ampunilah mereka”. Dalam kepedihan dan kesakitan tidak ada sedikitpun keluar ucapan yang menyakiti orang-orang yang ada di bawah sana. Sementara mata orang-orang itu memandangNya dengan buas tetapi Yesus tidak melakukan itu. Itu yang dilakukan oleh Mempelai Laki-laki Sorga dan Mempelai Wanita Sorga juga seperti itu, contohnya adalah Yusuf.

Kalau menyimpan dendam, berarti orang itu tidak memiliki roh Mempelai. Yusuf contoh kehidupan yang memiliki roh Mempelai itu sebabnya dia mendapatkan prioritas, dia mendapat perhatian serius. Itu contoh pembelajaran dari Tuhan kepada kita. Sebab Tuhan merencanakan untuk menampilkan sidang Mempelai. Itu rencana Tuhan yang puncak. Jangan sampai kita hanya slogan mengatakan memiliki roh Mempelai, memberitakan pengajaran puncak, tetapi ternyata tidak menanjak kerohaniannya.

Leher Yusuf dijepit dengan besi dan kakinya dirantai sementara dia berjalan ditarik oleh unta menunju ke Mesir. Yang menarik Yusuf ini adalah kafilah dari Ismael. Kenapa dia bisa berpindah pada kafilah dari Ismael? Karena saudaranya yang menjual dia.
Kita harus waspada, kita harus selalu mempunyai kerinduan hati untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Itu kerinduan saya sebagai gembala agar seluruh sidang jemaat terserap menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Itu sebabnya kita harus menghapus bersih segala roh dendam dari dalam hati kita. Kedatangan Tuhan sudah di ambang pintu, Memepalai Laki-laki Sorga sudah dekat, siapa yang menjadi sasaranNya? Tentu Mempelai WanitaNya. Apakah kita sudah siap untuk menjadi Mempelai WanitaNya. Untuk itu Tuhan sekarang mempersiapkan saya dan saudara.

Ketika saya dalam doa sembayang subuh maka roh Allah berkata “HambaKu Bernard Legontu, Aku taruh Tabut Perjanjian di atas pundakmu”. Siapa Tabut Perjanjian? Itulah sidang jemaat. Berarti Tuhan mempercayakan jemaat di atas pundak saya untuk dibawa kepada Tuhan Yesus yang adalah tutup peti perjanjian.

Beberapa hari kemudian kembali ada penyataan Tuhan yang mengatakan “hambaKu bukan engkau yang mereka lawan tetapi Aku yang mereka lawan. Mereka terhalang karena melihat pribadimu, mereka tidak melihat Aku yang menyuruh engkau membagi-bagikan roti. Katakan kepada mereka: Tunggulah Aku!”. Kalimat terakhir itulah yang menakutkan.

Itu sebabnya jemaat jangan melawan penggembalaan. Sebab di atas pundak gembala Tabut Perjanjian yaitu saudara dipercayakan oleh Tuhan.

Yehezkiel 47:13-14
47:13 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Inilah batas-batas tanah yang kamu harus bagi-bagi menjadi milik pusakamu di antara kedua belas suku Israel. Yusuf mendapat dua bagian.
47:14 Tanah itu harus kamu bagi rata, yaitu tanah yang dengan sumpah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu dan dengan demikian tanah ini menjadi milik pusakamu.

Untuk pembagian tanah ini Tuhan sampai bersumpah. Yusuf mendapatkan dua bagian. Yusuf ini adalah gambaran Kristen khusus. Ada Kristen khusus dan ada Kristen umum. Yang Tuhan mau cari adalah Kristen khusus. Bawalah dirimu untuk menjadi Kristen khusus, bukan Kristen umum. Jangan sampai kita mengkondisikan diri kepada Kristen umum.

Keturunan Yakub ini terbagi tiga, yang 2/3 adalah Kristen umum dan yang 1/3 adalah Kristen khusus:
1.      Kristen khusus yaitu anak-anak dari Rahel.
2.      Kristen umum yaitu anak-anak dari Lea, Bilha dan Silpa.

Yusuf adalah gambaran sidang mempelai yang tampil pada Wahyu 12:1-2 yang melahirkan anak laki-laki. Itu sebabnya Yusuf tidak menyapa Benyamin yang adalah adiknya dengan sebutan “adik” namun dia menyapa dengan sebutan “anakku”.

Lea tidak mengejar mutu tetapi yang iakejar adalahjumlah. Demikian juga dengan Bilha dan Silpa. Anak Lea, Bilha dan Silpa menunjuk Kristen umum karena mereka tidak dewasa rohani. Kemudian muncul anak dari istri yang paling dikasihi yaitu Rahel yang melahirkan Yusuf, itulah sidang mempelai, Rahel menunjuk gereja hujan akhir yang melahirkan sidang mempelai.

Pujian tanpa penekanan Firman pengajaran yang disertai dengan meterai nama, nantinya pujian itu akan dirubah oleh Tuhan menjadi ratapan. Kalau pujian diruba menjadi ratapan itu berarti nyanyian kematian. Artinya rohaninya mati.
Amos 8:3,10
8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."
8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."

Banyak orang tidak terlalu minat dengan Firman pengajaran yang mendorong kehidupannya supaya Firman itu menjadi daging. Hanya pujian yang mereka minati. Pemabuk saja bisa bertepuk tangan dan meloncat-loncat memuji Tuhan. Tetapi ketika disampaikan Firman supaya pemabuk bertobat dia malah marah. Padahal meterai nama membuat orang bersukacita mendengarkan Firman.

Setelah perhatian utama diberikan kepada Yusuf maka batas-batas tanah itu ditunjukkan. Batas-batas ini yang perlu kita perhatikan. Kemudian ada tersisip berkat bagi bangsa kafir dalam pembagian tanah ini. Jadi dalam pembagian tanah kali ini diikutsertakan dengan bangsa non Yahudi, namun ada syaratnya.

Pembagian tanah itu dimulai batasdari utara, timur, selatan dan barat. Kalau tidak mengerti Firman yang dibaca maka jangan kita tanya kepada orang lain, tanya langsung kepada Tuhan yang mempunyai Firman. Tanya terus kepada Tuhan dan pasti Tuhan akan menyatakan. Kalau Tuhan melihat kerinduan hati kita yang mendalam yang ingin mengetahui dan mau kita lakukan maka Tuhan pasti memberitahu.
Amos 4:13
4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi -- TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Mengapa harus utara dulu setelah itu baru timur, kemudian selatan dan terakhir barat. Mari kita melihat suasana dari sebelah utara ini.
Mazmur 48:3
48:3 Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.

Suasana gunung Sion yang jauh di sebelah utara itu disebutkan pada kalimat awal, suasananya adalah kegirangan. Dalam susunan Tabernakel yang ada di sebelah utara adalah Meja Roti Sajian yang menunjuk Firman pengajaran. Ketika Firman Tuhan disampaikan masakan kita tidak bersukacita?

Mazmur 102:22
102:22 supaya nama TUHAN diceritakan di Sion, dan Dia dipuji-puji di Yerusalem,

Di Sion diceritakan nama Tuhan, itulah yang diceritakan di sebelah utara. Dalam berita dari malaikat kepada para gembala, nama itu disebutkan dengan lengkap. Kemudian diberitahukan bahwa Juruselamat telah lahir dan itu adalah kesukaan besar. Berita itu dimulai dengan kesukaan besar, ada nama dan ada tanda di palungan.
Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Jadi di Sion ini adalah tempat menceritakan nama Tuhan tetapi di Yerusalem hanya ditampilkan puji-pujian. Jadi ada persekutuan yang seperti Sion yang selalu menekankan tentang nama Tuhan yang menyucikan, tetapi ada persekutuan yang seperti Yerusalem hanya memuji-muji Tuhan dan tidak mengalami penyucian.

Suasana yang bagaimana yang kita rasakan di utara sekarang ini. Apakah yang kita rasakan adalah suasana pemberitaan Firman yang menyucikan kita?

Siapa yang mendiami Sion ini?Orang yang diberkati oleh Tuhan. Mengapa mereka diberkati? Karena nama Tuhan adalah dalam hidupnya.
Mazmur 37:22
37:22 Sesungguhnya, orang-orang yang diberkati-Nya akan mewarisi negeri, tetapi orang-orang yang dikutuki-Nya akan dilenyapkan.

Ada dua kelompok yaitu puteri-puteri Sion dan puteri-puteri Yerusalem. Puteri-puteri Yerusalem ini justru disumpah-sumpahi. Yang mana yang kita pilih menjadi puteri Sion atau puteri Yerusalem? Kalau menjadi puteri Sion tandanya suka pada nama itu, berarti menerima penyucian.Jadi yang ada di utara ini adalah kehidupan yang dikategorikan puteri Sion yang selalu menceritakan nama Tuhan (penyuciandalamnamaTuhan).

Ketika Tuhan Yesus dilahirkan di kandang Betlehem maka kepada gembala diserukan nama Tuhan yang lengkap yaitu Tuhan Yesus Kristus. Gembala harus lebih dahulu menikmati pekerjaan nama Tuhan yang menyucikan.

Ada beberapa nama yang disebutkan pada batas-batas di utara:
1.      Hetlon, artinya tempat bersembunyi. Kalau saudara adalah orang yang paham tetang utara maka di mana tempat saudara bersembunyi?
Kolose 3:1-3
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

Kita sama-sama tersembunyi di dalam Allah. Tersembunyi berarti sesuatu yang rahasia. Jadi kita adalah rahasia dan Kristus juga adalah rahasia yang ada di dalam Allah. Kita sama-sama rahasia, kemudian setelah itu baru ditampilkan Shekina Gloria.
Kolose 3:4
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Untuk apa keduanya sama-sama tersembunyi? Karena ada pembicaraan mesra antara Kristus dan gerejaNya. Kalau dalam gereja Tuhan ada pembukaan rahasia Firman maka saudara adalah pribadi yang tersembunyi di dalam Allah, berartisedangmenerimacurahanhatikekasihkita (Yesus).

Hal-hal seperti ini hanya dimengerti oleh kehidupan yang rohaninya matang.
I Korintus 2:6
2:6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan.

Orang yang tidak matang rohaninya tidak akan paham karena rohaninya kanak-kanak. Kalau orang itu ada kerinduan untuk maju maka dia pasti mengerti, dia pasti paham. Kalau tidak ada minat, datang beribadah hanya sekedar duduk dan tidak ada kerinduan hati untuk mengerti Firman maka orang itu tidak akan mengerti Firman. Kehidupan seperti itu tidak tersembunyi di dalam Allah. Berarti dirinya terbuka lebar untuk panahnya antikristus dan untuk pedangnya antikristus. Kalau kita tersembunyi di dalam Allah kemudian ada yang coba untuk mengganggu maka Tuhan yang akan mereka singgung duluan.

Kolose 3:1-4
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Kalau Mempelai Laki-laki dan Mempelai Wanita disembunyi bersama-sama tidak mungkin hanya diam-diam saja, pasti akan bercakap-cakap. Ketika Kristus tampil dalam kemuliaan maka kekasihNya yaitu gereja Tuhan juga tampil dalam kemuliaan berarti satu level dengan Tuhan.

Ketika Firman disampaikan jangan kita menista Firman.
Zefanya 2:8
2:8 "Aku telah mendengar pencelaan dari pihak Moab dan kata-kata nista dari pihak bani Amon, bagaimana mereka mencela umat-Ku dan membesarkan dirinya terhadap daerah umat-Ku itu.

Ketika mendengar Firman jangan kita permainkan, jangan kita nista sebab itu berbahaya. Ketika itu kita berhadapan dengan Tuhan yang mempunyai kehidupan kita. Firman tidak boleh kita permainkan, orang yang meremehkan Firman akan kena akibatnya. Jemaat dengarlah Firman dengan serius sebab Tuhan juga serius.
Amsal 13:13
13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Amsal 19:16
19:16 Siapaberpegangpadaperintah, memeliharanyawanya, tetapisiapamenghinafirman, akanmati.

Itu sebabnya dimulai dengan utara untuk mengingatkan supaya kita tersembunyi di dalam Allah.

2.      Hamat artinya benteng.
Sesudah tersembunyi kemudian dibentengi. Ini luar biasanya rencana Tuhan. Kalau saudara tersembunyi di dalam Tuhan tidak usah kita kuatir.Kuasa Tuhan membentengi saudara juga terhadapa virus, kuman dan bakteri yang menyebabkan kita sakit.
Mazmur 62:3,7
62:3 Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.
62:7 Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

Dua ayat dalam satu pasal. TentutidakmelupakanMazmur 91:14
91:14 "Sungguh, hatinyamelekatkepada-Ku, makaAkuakanmeluputkannya, Akuakanmembentenginya, sebabiamengenalnama-Ku.

3.      Zedad artinya pemburuan
Ada dua pengertiannya:
1)      Buru berarti mengejar yang positif (rohani).
2)      Buru berarti mengejar sesuatu yang negatif (dunia).
Kedua-duanyaberartimenghambakandiripositifataunegatif.Kalaudiabenar-benarhambaTuhanpastitidakakanmempermainkanmajikannya (Allah).

Kita tersembunyi dan kita dibentengi oleh Tuhan. Kita harus kenal diri kenapa kita tersembunyi di dalam Tuhan dan Tuhan membentengi kita. Kita harus mengerti bahwa kita ini hanya hambanya Tuhan. Dalam bahasa gerika hamba ini ada dua pengertiannya yaitu:
1)      Doulos
Dia melayani tuannya, hak ada pada tuannya dan dia taat kepada majikannya.
2)      Huperetas
Ini adalah hamba yang melayani sampai siap mati bagi tuannya.

Orang yang tersembunyi dalam Allah dan dibentengi oleh Tuhan adalah orang yang merendahkan hati. Kalau tidak merendahkan hati maka tidak mungkin akan disembunyi dan dibentengi oleh Tuhan.

Sekalipun diburu, kehidupan yang menjadi hamba yang merendahkan diri yang tersembunyi dan dibentengi oleh Tuhan ini tidak akan berhasil dipercudangiolehsiapapun.
Wahyu 12:13-14
12:13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu.
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Ini tanggung jawab Mempelai Laki-laki Sorga. Walaupun mempelai wanita ini diburu, tanggung jawab Mempelai Laki-laki Sorga tidak berubah, Dia tetap membentengi mempelai wanitaNya. Kita berbahagia di hadapan Tuhan. Olehnya itu mari kita memberikan apresiasi dan bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan sangat baik kepada kita, olehsebabDiagerejaTuhanmenjadihambakebenaran.

4.      Berota artinya banyak sumurnya, atau perigi yang banyak
Kalau sumur itu banyak maka tidak akan mungkin kehabisan air, kita tetap bisa menikmati air dari sumur yang banyak. Satu sumur boleh kering namun ada sumur-sumur yang lain. Bagaimana suasana di sumur ini?
Ulangan 6:11
6:11 rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami -- dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang,= gratis/ cuma-CumasemuasudahTuhansediakan. Dimanasyukurmu?

Ini berarti berkat Tuhan yang limpah. Dikatakan “sumur-sumur” berarti banyak sumur. Ini adalah tanggung jawab bangsawan dan raja-raja yaitu para pemimpin untuk mengorek sumur-sumur inibilaada yang menyumbat.
Bilangan 21:17-18
21:17 Pada waktu itu orang Israel menyanyikan nyanyian ini: "Berbual-buallah, hai sumur! Mari kita bernyanyi-nyanyi berbalas-balasan karena sumur yang digali oleh raja-raja,
21:18 yang dikorek oleh kaum bangsawan di antara bangsa itu dengan tongkat-tongkat kerajaan, dengan tongkat-tongkat mereka." Dan dari padang gurun mereka ke Matana;

Ada orang yang secara khusus bertanggung jawab untuk membuat sumur ini berbual-bual. Saudara tinggal menyanyi dan tinggal menikmati sebab sumur itu sudah berbual-bual. Siapa lagi yang bisa mengusik saudara yang tinggal menerima berkat. Itu sebabnya tempat di utara itu adalah tempat yang penuh berkat. Apa lagi yang kurang bagi kita karena sudah difasilitasi oleh Tuhan.

Kita harus rendah hati bukan malah rendah diri atau yang dikatakan minder. Orang yang minder ini sebenarnya sombong.

5.      Sibraim artinya dua buah bukit
Karena posisinya ini di utara maka kita harus melihat apa yang ada di meja roti sajian yaitu ada dua tumpukan roti. Kalau kita menghargai dua tumpukan roti di meja roti pertunjukkan, menghargai Firman pengajaran, maka sekalipun ada kereta perang yang keluar dari dua gunung tembagamaka kita akan aman karena kita dilindungi oleh dua tumpukan roti di meja roti pertunjukkan.
Zakharia 6:1-3
6:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak keluar empat kereta dari antara dua gunung(bukit). Adapun gunung-gunung itu adalah gunung-gunung tembaga.
6:2 Kereta pertama ditarik oleh kuda merah, kereta kedua oleh kuda hitam.
6:3 Kereta ketiga oleh kuda putih, dan kereta keempat oleh kuda yang berbelang-belang dan berloreng-loreng.

Kalau kita tidak ada sentuhan dengan dua tumpukan roti di meja roti pertunjukkan maka kita akan berhadapan dengan ini. Tembaga menunjuk penghukuman. Akhir zaman kita akan berhadapan dengan gerakan kuda-kuda ini. Betapa berbahayanya kalau saudara tidak tersembunyi, tidak dibentengi, tidak menghamba, tidak menikmati sumur yang banyak yang dikorek oleh tongkat para raja dan bangsawan dan tidak ada sentuhan dengan dua tumpukan roti di atas meja roti sajian.

6.      Damsyik artinya kegiatan
Kegiatan kita harus positif. Artinya harus terkait dengan rencana Allah, terkait dengan Firman, Roh dan Kasih. Kalau kegiatan ini kita tekuni maka akan sampai di Hazar-Enon. Tidak mungkin kita ada kegiatan kalau tidak memiliki negeri tempat kita beraktifitas. Kegiatan kita jangan kegiatan yang kosong tetapi kegiatan yang memiliki wilayah kerja.

7.      Hazar-Enon artinya negeri sumber, negeri yang berhasil, inihasildarikegiatankita.

8.      Hauran artinya tanah yang kosong
Ini bertolak belakang dengan Hazar Enon.
Ayub 26:7
26:7 Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan.

Saudara bisa mendapatkan perkara satu sampai yang ketujuh karena Tuhan Yesus sudah mengosongkan diri. Kita memperoleh tujuh hal berarti sempurna karena Tuhan Yesus rela mengosongkan diri. Yesus rela menjadi manusia, manusia adalah tanah, berarti menjadi tanah yang kosong supaya saudara mendapat berkat.
Filipi 2:5-8
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Mengosongkan diri dalam terjemahan aslinya adalah Keno, artinya menghampakan diri sama sekali dalam bentuk reputasi, kehormatan, harga diri ataupun kedudukan. Itu yang dilakukan oleh Tuhan Yesus supaya kita bisa mendapatkan 7 perkara. Kita sudah mendapatkan tujuh hal ini, lihat Siapa yang sudah bayar! Itulah Tuhan Yesus. Kalau melihat ini apakah yang kita ucapkan kepada Yesus, apakah yang harus kita katakan kepada Dia. Apakah kita balas dengan menista FirmanNya, apakah kita entengkan FirmanNya, kita olok FirmanNya, kita olok-olok tebusanNya? Ini jangan sampai terjadi.
Amsal 14:9
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.

Masing-masing kita harus memegang tujuh berkat ini, jangan sampai jatuh kepada orang lain. Itu sebabnya Tuhan tidak mengizinkan suku Israel kawin antar suku sehingga milik pusaka berpindah dari satu suku kepada suku yang lain, merekahanyadiizinkanmenikahsesamasukunya.
Bilangan 36:6-9
36:6 Inilah firman yang diperintahkan TUHAN mengenai anak-anak perempuan Zelafehad, bunyinya: Mereka boleh kawin dengan siapa saja yang suka kepada mereka, asal mereka kawin di lingkungan salah satu kaum dari suku ayah mereka.
36:7 Sebab milik pusaka orang Israel tidak boleh beralih dari suku ke suku, tetapi orang Israel haruslah masing-masing memegang milik pusaka suku nenek moyangnya.
36:8 Jadi setiap anak perempuan di antara suku-suku orang Israel yang telah mewarisi milik pusaka, haruslah kawin dengan seorang dari salah satu kaum yang termasuk suku ayahnya, supaya setiap orang Israel mewarisi milik pusaka nenek moyangnya.
36:9 Sebab milik pusaka itu tidak boleh beralih dari suku ke suku, tetapi suku-suku orang Israel haruslah masing-masing memegang milik pusakanya sendiri."

Jangan sampai saudara sudah menerima tujuh berkat ini lalu malah pindah kepada orang lain. Kalau sampai itu terjadi berarti saudara meringankan Yesus yang telah mengosongkan diriNya! Tuhan memberikan tujuh perkara tetapi Tuhan sendiri harus membayar dengan mengosongkan diriNya. Apa yang saudara harus buat bagi Dia? Di mana rasa tanggung jawab kita kepada Tuhan. Hari-hari terakhir ini biarlah kita bersukacita menikmati Firman. Kita bersama-sama dengan Kristus tersembunyi di dalam Allah. Seperti kita berada dalam satu sarung dengan Kristus.

Jemaat layanilah Tuhan, ada tempat kegiatan bagi kita. Biarlah kita menaruh perhatian serius dan katakan kepada Tuhan “saya mau mengabdi kepadaMu” karena Tuhan Yesus sudah bayar dengan mengosongkan diriNya.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar