20160616

Kebaktian PA Kitab Rut, Kamis 16 Juni 2016 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Rut 4:18-22
4:18 Inilah keturunan Peres: Peres memperanakkan Hezron,
4:19 Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab,
4:20 Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,
4:21 Salmon memperanakkan Boas, Boas memperanakkan Obed,
4:22 Obed memperanakkan Isai dan Isai memperanakkan Daud.

Yang disinggung pada ayat 12 adalah keturunan Peres. Arti dari Peres:
1.      Alangkah kuatnya engkau menembus keluar
2.      Patahan
3.      Memecahkan

Peres mempunyai saudara kembar bernama Zerah yang artinya dini hari atau fajar menyingsing

Mereka ini adalah anak dari Tamar, seorang perempan Kanaan dari orang tua bernama Adulam, kemudian dinikahkan oleh Yehuda dengan putera pertamanya. Pernikahan ini tidak menghasilkan apa-apa. Karena suami pertama meninggal maka adiknya yang bernama Onan disuruh menikah dengan Tamar ini. Tetapi tidak juga memiliki keturunan, sebab Onan ini berpikir bahwa bila ada anaknya kelak itu akan dianggap sebagai anak dari kakaknya yang tertua.

Yehuda melihat pernikahan anak-anaknya dengan Tamar ini tidak umur panjang, baru menikah sebentar sudah meninggal sehingga Yehuda takut untuk memberikan anaknya yang ketiga dan berkata nanti kalau anakku yang ketiga sudah besar baru dinikahkan dengan Tamar. Tetapi setelah anak yang ketiga ini sudah besar, dia tidak dinikahkan dengan Tamar.

Yehuda ini menyuruh Tamar untuk kembali ke rumah orang tuanya. Tamar melihat bahwa anak Yehuda yang ketiga sudah dewasa dan tidak dinikahkan dengan dia maka Tamar memakai pakaian perempuan sundal dan menunggu Yehuda. Ketika Yehuda selesai menggunting bulu domba, Yehuda jatuh dengan Tamar sebab dia tidak tahu bahwa itu anak mantunya. Kemudian Tamar mengandung benih dari Yehuda. Dari Tamar perempuan Kanaan ini lahirlah anak kembar.

Ternyata ketika Rut menikah dengan Boas maka orang-orang mengatakan keturunannya akan seperti Peres. Dari Peres inilah diangkat silsilah keturunan Daud. Arti nama Peres tadi adalah alangkah kuatnya engkau menerobos keluar. Jadi keturunan Boas dan Rut diidam-idamkan oleh orang sekampungnya menjadi orang yang kuat menerobos keluar.

Ketika bidan menangani Tamar yang hendak melahirkan, yang lebih dahulu keluar adalah tangan Zerah kemudian diikat dengan benang merah lalu bidan itu berucap ini anak yang duluan. Namun kemudian dia menarik tangannya kembali lalu Peres yang keluar. Itu sebabnya anak itu diberi nama yang artinya “alangkah kuatnya engkau menerobos keluar”.

Sebelum Peres keluar ada tangan Zerah yang muncul. Zerah ini artinya dini hari atau fajar menyingsing. Jadi kalau kita mau kuat menerobos keluar, mau menang menghadapi pergumulan dan memecahkan semua permasalahan maka lihat dulu tanda fajar menyingsing dini hari. Ini jangan lepas dari pemikiran kita

Apa yang dimaksud dengan dini hari yaitu fajar menyingsing ini yang bisa memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi?
Matius 28:1-6
28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.
28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.
28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

Peristiwa dini hari ini menunjuk suasana kebangkitan Kristus. Kalau kita mau berhasil memecahkan semua masalah, mau menang menghadapi segala problem maka kita harus memperhatikan kuasa kebangkitan Kristus yang terjadi pada dini hari. Kalau kita memperhatikan ini maka kita tidak akan jatuh pada persoalan yang lain.

Ini bukti kekuatan dari Peres. Ketika tangan Zerah keluar maka pergelangan tangannya langsung diikat dengan benang merah. Kuasa kebangkitan Kristus karena ada derita, ada darah. Kita menghadapi banyak masalah yang sangar ruwet di hari-hari terakhir ini, rasa-rasanya kita mau tenggelam dan tidak mampu menghadapinya. Tetapi kalau kita memandang kuasa kebangkitan Kristus maka disitu kekuatan kita. Pandang tangan Zerah yang diikat dengan benang merah.

Kejadian 38:27-29
38:27 Pada waktu perempuan itu hendak bersalin, nyatalah ada anak kembar dalam kandungannya.
38:28 Dan ketika ia bersalin, seorang dari anak itu mengeluarkan tangannya, lalu dipegang oleh bidan, diikatnya dengan benang kirmizi serta berkata: "Inilah yang lebih dahulu keluar."
38:29 Ketika anak itu menarik tangannya kembali, keluarlah saudaranya laki-laki, dan bidan itu berkata: "Alangkah kuatnya engkau menembus ke luar," maka anak itu dinamai Peres.
Persoalan yang dihadapi oleh Yehuda ini adalah persoalan berat karena dia jatuh dengan anak mantunya. Begitu bobroknya kehidupan ini tetapi kenapa Tuhan pakai menjadi jalur kedatangan Tuhan Yesus. Kemudian dari Yehuda ini tampil Salmon yang menikah dengan Rahab, perempuan pelacur yang adalah orang Yerikho lalu melahirkan Boas. Boas menikahi Rut, yang memang bukan perempuan pelacur tetapi seorang Moab, bangsa kafir. Daud menikahi Betsyeba, perempuan Het isteri Uria yang orang kafir juga. Kalau melihat silsilah kelahiran Tuhan Yesus, ternyata menggunakan 4 orang perempuan kafir. Ada dua perempuan kafir yang bobrok moralnya yakni Tamar dan Rahab.

Seandainya hal ini hanya direnungkan dengan logika manusia kita, orang bisa berpikir kenapa kedatangan Yesus pertama kali menggunakan jalur yang kotor. Tetapi ini menunjukkan kepada kita sekotor-kotornya kehidupan kita tetapi kalau masih mau memandang kuasa kebangkitan Kristus maka kita bisa ditolong oleh Tuhan Yesus.

Kelepasan kita dari segala dosa telah diperlihatkan oleh Tuhan Yesus ketika Dia bangkit pada hari pertama, dini hari atau fajar menyingsing. Kalau mau menghadapi ganasnya dan buasnya dosa bekerja di hari-hari terakhir ini yang menimbulkan banyak masalah maka pandanglah apa yang terjadi pada dini hari.

Apa berkat yang kita peroleh kalau memandang kisah dini hari ini? Ada peristiwa pada dini hari di mana Tuhan melepaskan satu keluarga dari ancaman hukuman Tuhan. Tinggal hitung menit Tuhan sudah mau membakar Sodom dan Gomora, tetapi Tuhan datang pada dini hari untuk melepaskan Lot sekeluarga.
Kejadian 19:15
19:15 Ketika fajar telah menyingsing, kedua malaikat itu mendesak Lot, supaya bersegera, katanya: "Bangunlah, bawalah isterimu dan kedua anakmu yang ada di sini, supaya engkau jangan mati lenyap karena kedurjanaan kota ini."

Pada waktu fajar menyingsing selalu ada upaya penyelamatan. Lot sekeluarga diselamatkan Tuhan dari dosa Sodom dan Gomora pada dini hari. Keselamatan untuk seluruh bangsa terjadi pada dini hari yaitu kelepasan yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus.

Kejadian 19:23-24
19:23 Matahari telah terbit menyinari bumi, ketika Lot tiba di Zoar.
19:24 Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, berasal dari TUHAN, dari langit;

Jadi jangan kita remehkan kuasa kebangkitan Kristus. Karena kebangkitan Kristus kita mendapat peluang menjadi umat Tuhan. Karena kebangkitan Kristus terbuka Sorga bagi kita. Karena kebangkitan Kristus saya bisa menjadi hamba Tuhan. Karena kebangkitan Kristus kita bisa memandang kemuliaan FirmanNya. Betapa beratnya perjuangan Tuhan Yesus untuk mendapatkan saudara dan saya. Makanya kita harus banyak bersyukur kepada Tuhan di sepanjang hidup kita.
Ibrani 12:4
12:4 Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah.

Dapat dikatakan tinggal menghitung beberapa menit setelah Lot keluar dari Sodom maka hukuman hujan belerang turun. Sebab ketika matahari terbit maka turun hujan belerang. Ini menunjukkan kepada kita waktunya singkat sekali, kecepatan waktu dari dini hari sampai hukuman datang itu terlalu singkat. Waktu tinggal sedikit, itu sebabnya tidak boleh kita undur. Kalau mereka undur maka tidak ada lagi cara Tuhan mengampuni, mereka baru mau bergegas kembali tetapi waktu sudah berakhir.
Ibrani 10:37-39
10:37 "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.
10:38 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."
10:39 Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Kenapa ketika anak kembar itu lahir diperlihatkan tangan Zerah dulu lalu diikat benang merah dan dia tarik kembali kemudian keluar Peres. Ini adalah isyarat bagi kita gereja Tuhan. Dini hari yang muncul itu akan segera ditarik kalau kita tidak segera menerobos, tidak segera menggunakan waktu. Adalah berkat yang luar biasa kalau kita menikmati kuasa kebangkitan Tuhan Yesus.
I Petrus 1:3
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Kebangkitan Kristus ini terjadi seiring fajar menyingsing, olehnya kita mendapat berkat:
1.      Kita dilahirkan dalam keluarga Allah dan diberikan pengharapan penuh

Pengharapan penuh ini bukan pengharapan separuh tetapi pengharapan yang penuh yaitu sampai di ruangan maha suci. Pengharapan kita jangan hanya sampai di halaman Tabernakel, “yang penting saya sudah dibaptis” itu bukan pengharapan yang penuh. Jangan hanya sampai di ruangan suci “yang penting saya sudah digembalakan”. Tuhan ingin pengharapan kita ada di ruangan maha suci.

Tuhan ingin kita menaruh pengharapan kita untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan, bukan hanya sebatas sebagai orang Kristen. Jangan hanya puas sampai pada tekun dalam tiga macam ibadah penggembalaan, itu adalah tahapannya mencapai pengharapan penuh. Bagaimana kita bisa mendapatkan pengharapan penuh kalau yang dihalaman yaitu kelahiran baru dan ruangan suci yaitu penggembalaan kita entengkan.

Ibrani 6:19
6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
Kalau pengharapan kita labuhkan di ruangan maha suci maka daerah halaman akan kita jalani demikian juga ruangan suci kita jalani demi untuk mencapai ruangan maha suci. Inilah pengharapan yang penuh. Jangan kita menjadi orang Kristen yang salah sasaran.

Rut berjuang akhirnya dia meraih pengharapan penuh menjadi isteri Boas. Kita berjuang untuk meraih pengharapan penuh yaitu menjadi Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Kalau kita menaruh pengharapan kita di ruangan maha suci yaitu menjadi Mempelai Wanita Tuhan maka pengharapan kita tidak akan kandas. Mengapa pengharapan banyak orang Kristen kandas? Karena tidak diletakkan di ruangan maha suci, pengharapan mereka hanya sebatas memenuhi kemakmuran jasmani.

Kalau pengaharapan kita diletakkan di belakang tirai berarti Menjadi Mempelai Wanita Tuhan maka Tuhan tidak akan membiarkan isteriNya dijamah oleh antikristus. Bawa dirimu masuk dalam pembentukkan Tubuh Kristus agar kita mendapatkan perlindungan dari Tuhan.

Pengharapan ini luar biasa.
Ayub 11:18-19
11:18 Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;
11:19 engkau akan berbaring tidur dengan tidak diganggu, dan banyak orang akan mengambil muka kepadamu.

Orang yang memiliki pengharapan siapa yang bisa mengejutkannya. Orang yang memiliki pengharapan penuh akan banyak orang mencari muka kepadanya.

Kidung Agung 2:6; 8:3
2:6 Tangan kirinya ada di bawah kepalaku, tangan kanannya memeluk aku.
8:3 Tangan kirinya ada di bawah kepalaku, tangan kanannya memeluk aku.

Orang yang ada pengharapan penuh dipeluk oleh Tuhan, dipeluk oleh Mempelai Laki-laki Sorga. Kenapa Dia peluk? Karena belahan jiwanya. Secara rohani Tuhan Yesus memeluk saudara dan saya. Tangan kiriNya adalah kekayaan dan kehormatan, tangan kananNya adalah umur panjang. Berarti bukan hanya di sorga, tetapi di dunia juga Tuhan menjamin kita dihormati dan diperkaya rohani.

Sebagai anak Tuhan kita harus ada kerinduan hati yang menggebu-gebu untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus, mau menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kalau ada niat seperti itu maka Tuhan pasti akan mendorong saudara.
Ibrani 6:18
6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.

Akan terasa Firman mendorong kita karena ada minat atau kerinduan untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kecuali beribadah tanpa ada minat untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan maka orang itu tidak akan merasakan dorongan tangan Tuhan. Namun kita ini merasakan dorongan tangan Tuhan yang kuat lewat FirmanNya.

Ketika Lot dan keluarganya berlambat-lambat maka kedua malaikat itu memegang tangan mereka dan membawa mereka supaya lekas keluar. Itu adalah dorongan yang kuat dari Tuhan demi keselamatan. Sekarang kita mendapatkan dorong yang kuat lewat Firman pengajaran. Jangan sampai kita santai beribadah dan tidak ada dorongan yang kuat. Benar-benar kita akan kalang kabut kalau tidak ada minat/ tidak serius dengan Tuhan.

2.      Mendapat hidup yang tidak dapat binasa.
I Petrus 1:4
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Berarti kehidupan itu mengalami keubahan dan keubahan itu akan berakhir pada keubahan sekejap mata yang tidak dapat binasa.
I Korintus 15:53-54,51-52
15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.
15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.
15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Yang tidak dapat binasa ini diawali dengan pekerjaan Firman yang mengubahkan kita terus menerus sampai yang binasa itu ditelan oleh yang tidak binasa, berarti hidup kita diubahkan 100%. Ini adalah janji Tuhan bagi orang yang memiliki pengharapan penuh, mereka tidak akan binasa.
Kolose 3:10
3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Ini yang harus kita upayakan supaya jangan kita binasa, bagaimana caranya?
Yohanes 6:27
6:27 Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."
Yohanes 6:27 (Terjemahan Lama)
6:27 Janganlah kamu bekerja karena makanan yang fana, melainkan karena makanan yang baka, yaitu yang akan diberi kepadamu oleh Anak manusia, karena Ialah yang dimeteraikan oleh Bapa itu, yaitu Allah."

Bukan berarti kita menutup pekerjaan kita tetapi kita harus mendahulukan Tuhan dalam segala hal. Benar-benar motivasi kita adalah harta yang tidak binasa karena itu yang dijanjikan oleh Tuhan dan Tuhan tidak membohongi kita.

Yang tidak binasa ini adalah Firman.
I Yohanes 2:17
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Jadi yang tidak dapat binasa itu cirinya dia selalu mengkaitkan diri dengan Firman sebab Firman Tuhan itu kekal.

3.      Tidak dapat cemar
Kita harus waspada dengan persoalan yang ketiga ini utamanya kami hamba Tuhan sebagai penentu. Sebab banyak imam-imam yang mencemarkan jabatannya. Untuk mendapatkan yang tidak cemar maka penentunya tidak bisa lepas dari hamba Tuhan.

Nehemia 13:29
13:29 Ya Allahku, ingatlah bagaimana mereka mencemarkan jabatan imam serta perjanjian mengenai para imam dan orang-orang Lewi.

Pendeta yang mencemarkan jabatannya karena mencemarkan perjanjian dengan orang Lewi. Kalau pendeta yang melayani saudara baru pulang dari ladang atau ada pekerjaan sambilan maka berarti cemar jabatannya. Jemaat yang dia layani juga pasti ikut cemar, tidak mendapatkan berkat yang tidak dapat cemar, jangan harap menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kasihan jemaat yang dilayani sebab tidak masuk pembentukan Tubuh Kristus dan hanya menjadi mangsa antikristus.

4.      Tidak dapat layu
Yang layu ini adalah manusia yang hanya seperti rumput. Memang Alkitab mengatakan manusia itu hanya seperti rumput yang berbunga kemudian layu. Itulah manusia yang tidak lahir baru, dia pasti layu. Itulah manusia rumput. Dia tidak akan mendapatkan yang tidak layu.

Sekalipun rumput itu berbunga tetapi kalau datang matahari maka dia akan layu. Begitulah kita kalau rohani kita hanya sebatas rumput dan tidak diangkat menjadi tanaman yang berbuah. Kalau rohani hanya sampai sebatas rumput maka hanya akan menjadi makan binatang.
Kejadian 1:30
1:30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.

Ketika Rut jatuh ke tangan Boas maka silsilah yang dituliskan adalah mulai dari Peres sampai kepada Daud. Mengapa sampai pada Daud? Sebab dalam Injil Matius ada 7 kali dikatakan Yesus Anak Daud, 35 kali dikatakan kerajaan Allah dan 55 kali disebutkan raja. Dikunci dengan Daud sebab Tuhan Yesus adalah Raja segala raja yang memiliki kerajaan Allah.  

Matius 21:9-10
21:9 Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"
21:10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"

Jadi disebutkan dari Peres sampai Daud maksudnya, Peres dan Zerah itu menunjuk kebangkitan Kristus Yesus yang harus kita lihat dan praktekkan sampai penampilan Tuhan Yesus Raja segala raja yang duduk di takhta Daud.

Itu sebabnya ketika malaikat Gabriel datang kepada Maria di Nazaret dia sudah berkata “Anak yang kau kandung itu adalah Yang Maha Tinggi yang akan duduk di takhta Daud”. Bukan kebetulan kalau silsilah ini ditaruh di sini, maksudnya supaya menjadi perhatian bagi kita. Ingat Perez berarti ingat Zerah, berarti kita mengingat kebangkitan Kristus dan berakhir dia akan datang duduk di atas takhta. Kita juga akan duduk di atas takhta yang sama dengan Dia.
Wahyu 3:21
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Yang duduk di takhta bersama dengan Tuhan Yesus adalah Mempelai WanitaNya yang memiliki pengharapan penuh. Taruhlah pengharapan di belakang tabir untuk menjadi menjadi Mempelai Wanita Tuhan, kalau itu ada maka kita pasti mendapatkan dorongan yang kuat dari pihak Mempelai Laki-laki Sorga. Rencana Tuhan indah bagi kita, Dia tidak pernah bohong kepada kita.

Tuhan Memberkati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar