20160602

Kebaktian PA Kitab Rut, Kamis 2 Juni 2016 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Rut 4:9-10
4:9 Kemudian berkatalah Boas kepada para tua-tua dan kepada semua orang di situ: "Kamulah pada hari ini menjadi saksi, bahwa segala milik Elimelekh dan segala milik Kilyon dan Mahlon, aku beli dari tangan Naomi;
4:10 juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya. Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi."

Di sini kita membaca pernyataan Boas kepada 10 tua-tua yang berkumpul di pintu gerbang bahwa merekalah yang menjadi saksi bahwa segala milik Elimelekh, Kilyon dan Mahlon menjadi milik dari Boas, juga Rut orang Moab itu yang adalah isteri Mahlon dia peroleh menjadi isterinya karena pekerjaan penebusan. Ini adalah kisah nyata yang benar terjadi, seorang wanita Moab akhirnya masuk menjadi warga Israel, menjadi isterinya Boas. Akhirnya kita melihat lewat pernikahan Boas dan Rut dan selanjutnya maka datanglah Daud dan datanglah Yesus. Yang menjadi milik dari Boas akhirnya mewujudkan Yesus.

Bila saudara dan saya mengakui bahwa saudara telah dimiliki oleh Tuhan Yesus yang telah menebus kita, maka kerinduan hati dari Tuhan Yesus adalah supaya kita mewujudkan Firman di dalam diri kita, atau Firman menjadi daging di dalam diri kita.

Boas yang menebus di sini menggambarkan pribadi Tuhan Yesus. Rut adalah miliknya Boas, gereja adalah miliknya Tuhan Yesus.
I Korintus 3:23
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

Ayat ini dibaca orang Kristen di mana-mana tetapi tidak ada pembuktian bahwa dia adalah miliknya Kristus.

I Korintus 6:20
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Bukan dimiliki begitu saja tetapi ada harga yang dibayar. Pembayaran harga ini mahal.

I Korintus 7:23
7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Ayat ini senafas dengan pasal 6:20 yang kelanjutannya untuk memuliakan Tuhan dengan tubuh dan rohmu juga karena keduanya adalah milik Tuhan.
I Korintus 6:20 (Terjehaman bahasa Inggris)
6:20 For ye are bought with a price: therefore glorify God in your body, and in your spirit, which are God's.

Buktikan bahwa saya dan saudara sudah dibeli dengan harga tunai yakni lewat mempersembahkan tubuh dan rohmu juga karena keduanya adalah miliknya Tuhan. Tubuh di sini menunjuk yang lahiriah dan roh menunjuk batinia. Jadi yang lahiriah dan batinia sudah sama-sama dimiliki oleh Tuhan. Rasul Paulus mengatakan “walaupun tubuhku tidak ada di situ, tetapi rohku ada di situ”. Yang nyata jangan hanya tubuh kita yang ada dalam ibadah, tetapi di mana roh kita. Seringkali hanya tubuh kita yang hadir dalam ibadah tetapi roh kita tidak ada di situ.

Saya pernah diberikan Tuhan penglihatan tiga orang yang datang beribadah tetapi rohnya tidak hadir di situ. Lama kelamaan mereka makin jauh sehingga tenggelam dalam kegelapan. Akhirnya ketiga orang ini hilang, yang dua meninggal dengan mengenaskan dan yang satu menjadi pemabuk. Itu sebabnya jangan kita datang beribadah tetapi hanya tubuh saja tetapi roh tidak hadir. Orang seperti ini akan berakhir dalam kegelapan. Kita jangan main-main dengan Tuhan, kita ini sudah menjadi miliknya Tuhan.

I Korintus 7:23
7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Kalau kita sudah dibeli jangan lagi kita menjadi hamba manusia, berarti jangan diperhamba oleh daging. Kita harus waspada. Kita ini sudah dibeli dengan mahal lewat pengorbananNya. Tuhan Yesus bergumul untuk mendapatkan kita supaya kita menjadi milikNya.

Tuhan beli kita secara tunai sekaligus supaya keinginan-keinginan daging kita digusur dari diri kita. Makanya Rut dibeli sekalian dengan ladangnya dibeli, sebab persoalan ekonomi ini yang seringkali menjadi faktor yang membuat hubungan kita dengan Tuhan menjadi gagal. Kedua dibeli, keduanya ditebus, artinya penebusan Tuhan itu multikompleks di semua lini kehidupan kita. Tuhan mau membebaskan kita supaya jangan persoalan pekerjaan, ekonomi dan sebagainya menjadi hambatan kita untuk bertemu dengan Pemilik kita. Begitu kita melangkah dalam usaha pekerjaan kita, kita harus mengingat bahwa Tuhan juga menebus itu, berarti kita melihat harga penebusan Kristus sehingga kita tidak meremehkan ibadah dan pelayanan kita karena pekerjaan kita.

Ketika kegerakan besar terjadi maka orang-orang akan berkata “aku miliknya Tuhan”, tetapi itu harus mulai terjadi dari sekarang. Kita harus membuktikan bahwa kita adalah miliknya Tuhan 100%. Diri kita dan usaha pekerjaan kita dibeli oleh Tuhan dengan mahal.
Rut 4:9-10
4:9 Kemudian berkatalah Boas kepada para tua-tua dan kepada semua orang di situ: "Kamulah pada hari ini menjadi saksi, bahwa segala milik Elimelekh dan segala milik Kilyon dan Mahlon, aku beli dari tangan Naomi;
4:10 juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya. Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi."

Kita menyanyikan “kuturut semua printahMu” jangan sampai kita berdusta! Jangan sampai ibadah kita malah menyebabkan kita berdosa. Kalau ada kesalahan segera selesaikan supaya jangan kita berdusta kepada Tuhan.

Akibatnya kita diperhamba oleh daging maka kita kembali menjadi babi dan anjing. Padahal kita ini bangsa kafir, dahulu adalah babi dan anjing. Bangsa lembu adalah bangsa Israel. Akhirnya senilai.
Yesaya 30:24
30:24 sapi-sapi dan keledai-keledai yang mengerjakan tanah akan memakan makanan campuran yang sedap, yang sudah ditampi dan diayak.

Sapi atau lembu makan makanan yang sama dengan keledai. Akhirnya oleh pekerjaan penebusan Tuhan Yesus maka kita dan bangsa Israel ditebus sehingga mendapatkan makanan yang sama.

II Petrus 2:19
2:19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.

Ini pelayan yang menawarkan kemerdekaan kepada jemaat tetapi dia sendiri diperhamba oleh daging, meninggalkan pelayannya dan malah mengerjakan pekerjaan jasmani, membuka kebun dan sawah. Akibatnya dia kembali menjadi anjing dan babi.

II Petrus 2:20-22
2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.
2:21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.
2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Kita sudah ditebus, jangan kita kembali lagi menjadi anjing dan babi. Rut sudah ditebus akhirnya Rut menjadi isterinya Boas yang melahirkan Obed, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan Daud dan dari Daud, dan seterusnya menjadi jalur datangnya Tuhan Yesus. Berarti kita ditebus untuk menampilkan Tuhan Yesus.

Pelayan ini menjanjikan pintu terbuka masuk ke Sorga tetapi dia sendiri yang menutupnya. Mengapa? Sebab dia sendiri tidak mengalami kelepasan dari daging.

Kalau mengaku kita 100% miliknya Tuhan buktinya dengan mengeluarkan perpuluhan. Tuhan tidak minta 100% tetapi hanya 10% tetapi seringkali berat sekali. Kenapa berat? Sebab dagingnya mulai bersuara. Itu sebabnya tadi dikatakan jangan diperhamba lagi oleh manusia, berarti jangan diperhamba oleh daging/ mamon.

Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa yang sepersepuluh itu hubungannya dengan rumah Tuhan, hubungannya dengan pembangunan Tubuh Kristus.
Kejadian 28:18-20
28:18 Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya.
28:19 Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus.

Lus artinya tidak bergerak/ stagnan. Rohaninya tidak pernah beranjak. Betel artinya rumah Tuhan.

Misi Yakub ke Haran adalah untuk mencari isteri. Karena saudara kembarnya yaitu Esau sudah menikah dengan perempuan Kanaan dan juga menikah dengan keturunan Ismael yang menimbulkan kepedihan hati terhadap Ribka dan Ishak (orang tuanya), sehingga mereka menyuruh Yakub mencari isteri di tengah-tengah keluarga mereka.
Kejadian 28:20-22
28:20 Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai,
28:21 sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.
28:22 Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Membangun berarti ada kegerakan, tidak diam lagi. Dalam membangun rumah Tuhan ini tidak lepas dengan sepersepuluh. Perpuluhan adalah pengakuan bahwa kita adalah miliknya Tuhan.

Dalam peperangan antara 5 raja melawan 4 raja, di atas kertas mestinya yang 5 raja yang menang tetapi malah 4 raja yang menang. 4 itu menunjuk 4 penjuru bumi, berarti ini menunjuk dunia. 5 adalah angka kemurahan. Mestinya kita yang sudah mendapat kemurahan ini menang tetapi seringkali kita dikalahkan oleh dunia.

Di dalam warga 5 raja ini ada Lot dan keluarganya. Kemudian ada orang yang melapor kepada Abraham bahwa keponakannya bersama dengan orang Sodom dan Gomora sudah ditahan oleh 4 raja. Abraham segera mengejar musuh/ 4 raja dengan pasukannya lalu mengalahkan mereka. Kalau dipikir 5 raja saja tidak bisa menghadapi 4 raja apalagi Abraham bersama orang-orangnya yang hanya 318 orang. Namun Abraham berhasil mengalahkan 4 raja itu karena Tuhan.
Kejadian 14:13-14
14:13 Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre, orang Amori itu, saudara Eskol dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram.
14:14 Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya, tiga ratus delapan belas orang banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan.

Setelah kembali dari kemenangannya, Abraham disambut oleh Melkisedek raja Salem yang tidak berbapa dan tidak beribu.
Kejadian 14:18-20, 22-23
14:18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
14:19 Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.
14:22 Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom itu: "Aku bersumpah demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi:
14:23 Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu itu, sepotong benang atau tali kasut pun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.

Ketika Melkisedek raja Salem itu datang menemui Abraham yang telah kembali membawa jarahan begitu banyak, Dia memberkati Abraham dengan perkataan “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi”. Dalam kitab Kejadian memang dikatakan Tuhan menciptakan langit baru bumi. Jadi yang langit dulu baru bumi, perkara di atas dulu baru yang di bumi.

Perkataan Melkisedek ini ditanggapi oleh Abraham dengan menyerahkan sepersepuluh dan berkata “Aku telah diberkati oleh Allah pencipta langit dan bumi. Ini diangkat kembali oleh rasul Paulus.
Ibrani 7:4-8
7:4 Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik.
7:5 Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.
7:6 Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji.
7:7 Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.
7:8 Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.

Di sini kita melihat hamba Tuhan yang menerima perpuluhan, tetapi di sana Tuhan sudah mencatat itu.

Ibrani 7:9-10
7:9 Maka dapatlah dikatakan, bahwa dengan perantaraan Abraham dipungut juga persepuluhan dari Lewi, yang berhak menerima persepuluhan,
7:10 sebab ia masih berada dalam tubuh bapa leluhurnya, ketika Melkisedek menyongsong bapa leluhurnya itu.

Jadi Lewi belum lahir tetapi lewat Abraham mereka telah mengeluarkan perpuluhan. Jangan saudara berpikir dengan mengeluarkan perpuluhan maka saudara akan kurang atau jatuh miskin. Tetapi sudah menjadi kenyataan di mana-mana orang yang berani memperaktekkan mengembalikan perpuluhan bukannya jadi miskin tetapi semakin diberkati secara jasmani dan rohani.

Bagaimana kalau Roh Kudus turun, apa yang akan terjadi? Roh Kudus telah turun dan sekarang ini tetap ada.
Yesaya 44:1-2
44:1 "Tetapi sekarang, dengarlah, hai Yakub, hamba-Ku, dan hai Israel, yang telah Kupilih!
44:2 Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih!

Yesyurun artinya yang adil. Ini adalah julukan untuk Asyer.

Yesaya 44:3
44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.

Ini adalah orang yang haus akan Firman Tuhan, dia akan melakukan Firman Tuhan apapun yang Tuhan perintahkan.
Yesaya 44:4-5
44:4 Mereka akan tumbuh seperti rumput di tengah-tengah air, seperti pohon-pohon gandarusa di tepi sungai.
44:5 Yang satu akan berkata: Aku kepunyaan TUHAN, yang lain akan menyebut dirinya dengan nama Yakub, dan yang ketiga akan menuliskan pada tangannya: Kepunyaan TUHAN, dan akan menggelari dirinya dengan nama Israel."

Kalau kita ada Roh Kudus dan mengatakan kita miliknya Tuhan maka kita pasti mengaku bahwa kita adalah miliknya Tuhan dengan bukti mengembalikan milik Tuhan yaitu perpuluhan dan hulu hasil. Roh Kudus diberikan kepada kita untuk membuat kita rendah hati dan mampu menerima Firman. Kalau kita ini miliknya Tuhan masakan Tuhan mau menelantarkan kita. Kalau kita ada Roh Kudus maka kita tidak segan mengatakan “aku miliknya Tuhan” sehingga berani berbuat yaitu mengembalikan milik Tuhan.

Menyebut dirinya Yakub berarti dia adalah pemilik hak dan berkat sulung, jemaat sulung. Orang yang menerima berkat dan hal sulung itu apa lagi yang kurang padanya.
Kejadian 27:27
27:27 Lalu datanglah Yakub dekat-dekat dan diciumnyalah ayahnya. Ketika Ishak mencium bau pakaian Yakub, diberkatinyalah dia, katanya: "Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN.

Waktu Ishak memberi berkat sulung kepada Yakub, Ishak sudah buta. Artinya ketika Tuhan memberkati kita, Dia tidak melihat lagi kekurangan kita. Pakaiannya berbau padang berarti digembalakan.

Kejadian 27:28
27:28 Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.

Embun dari langit itu menunjuk Firman dari Sorga. Tanah-tanah gemuk di bumi menunjuk berkat-berkat di bumi. Ada gandum berarti ada pemeliharan Tuhan dalam bentuk Firman. Anggur berlimpah-limpah menunjuk kesukaan di dalam nikah.

Kejadian 27:29
27:29 Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."

Bangsa-bangsa takluk berarti dia tidak bisa dikalahkan oleh kekuatan dunia ini yang menunjuk kekafiran. Saudara-saudaranya sujud kepadanya berarti dia menjadi kepala dan bukan ekor. Kalau kita ada di dalam kuasa Roh Kudus maka tidak ada yang bisa mengganggu gugat kita.

Menuliskan pada tangan bahwa kita adalah kepunyaan Tuhan, berarti benar ada praktek sebagai miliknya Tuhan dengan mengembalikan milik Tuhan.
Yesaya 44:5
44:5 Yang satu akan berkata: Aku kepunyaan TUHAN, yang lain akan menyebut dirinya dengan nama Yakub, dan yang ketiga akan menuliskan pada tangannya: Kepunyaan TUHAN, dan akan menggelari dirinya dengan nama Israel."

Kalau kita sekarang haus maka akan Tuhan puaskan.
Lukas 6:21,25
6:21 Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa.
6:25 Celakalah kamu, yang sekarang ini kenyang, karena kamu akan lapar. Celakalah kamu, yang sekarang ini tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis.
Kita mau bertemu dengan pemilik kita. Sebelum itu lebih dahulu Roh Kudus datang sehingga kita diberikan kekuatan sehingga bisa berkata “aku kepunyaan Dia”, tidak ada lagi orang yang berani berkata kepada kita “dia kepunyaanku” karena kita sudah mengklaim Tuhan sebagai pemilik kehidupan kita. Berikutnya kita mengaku sebagai pemilik hak dan berkat sulung dan selanjutnya kita tulis pada tangan kita bahwa kita kepunyaan Tuhan, berarti sudah diwujudkan dalam bentuk praktek.

Tuhan tidak membohongi kita, kalau mau diberkati oleh Tuhan maka kuncinya adalah mengembalikan perpuluhan. Kita umat Tuhan jangan lagi diperhamba oleh daging jangan lagi diperhamba oleh mamon, biarlah kita benar-benar dilepaskan oleh Tuhan.


Tuhan Memberkati.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar