20160821

Kebaktian Umum, Minggu 21 Agustus 2016 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


Wahyu 1:5-8
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya --
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Semua ini ditujukan kepada sidang jemaat yang ada di Asia Kecil. Isi ayat-ayat ini untuk membangkitkan ingatan atau memori mereka bahwa Siapa yang mereka puja dan puji yang telah menyelamatkan kehidupan mereka. Bagaimana posisi dan kondisi Pribadi yang telah berkarya menolong mereka sehingga tampillah 7 sidang jemaat. Angka 7 adalah angka akhir zaman. Kalau kita membaca sepertinya ini terbatas pada 7 sidang jemaat di Asia Kecil tetapi sesunguhnya itu nubuatan untuk gereja Tuhan yang ada di penghujung akhir zaman ini.

Yang menandatangani surah kepada tujuh sidang jemaat ini adalah tiga serangkai. Tetapi yang dikedepankan adalah Yohanes sebab dia sebagai juru tulisnya dengan ilhaman Roh Kudus dan diketahui oleh Yesus Kristus sebagai saksi yang setia. Jadi surat ini begitu kuat dan ini juga ditujukan kepada kita gereja Tuhan yang hidup di akhir zaman.

Catatan surat ini adalah curahan hati dari Yesus Saksi yang setia dan itu dipahami oleh Yohanes sebagai hamba, lewat urapan Roh Kudus. Kalau diperkenalkan dengan keberadaan Tuhan Yesus saksi yang setia, ini untuk membangkitkan kembali memori kita bagaimana dahulu kita ditolong dan diselamatkan oleh Tuhan. Maksudnya agar kita kembali memahami dan menyadari akan langkah kita yang sudah menyeleweng.

Olehnya itu kita lihat bagaimana keberadaan Tuhan Yesus di sini.
I Timotius 1:17
1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
Ternyata Tuhan Yesus adalah Raja segala zaman. Itu sebabnya dalam Wahyu 1:5 disebutkan bahwa Dia mengatasi segala raja di atas bumi. Dia adalah Raja yang sejak dahulu ada sebelum manusia diciptakan. Hal ini dinyatakan dalam pribadi Tuhan Yesus. Yesus adalah buah hati dari Raja segala zaman ini dan Raja itu juga Pribadinya sendiri.

Di sini diingatkan bahwa siapapun manusia yang pernah dilahirkan oleh seorang ibu, dia tidak lepas dari pengawasan oleh Raja segala zaman ini. Walaupun dulu banyak manusia belum mengenal Tuhan, tetapi Raja ini sudah ada dan memantau semuanya. Walaupun mereka tidak punya Firman, tidak mempunyai Taurat tetapi Tuhan sudah melihat bagaimana mereka hidup. Bangsa-bangsa itu bukan berarti tanpa pemilikan Tuhan, mereka semua dilihat oleh Tuhan. Sekarang ini kita bicara lepas dengan mereka, sebab itu urusan Tuhan dengan mereka.

Amat terlebih umatNya dipantau oleh Raja segala zaman ini. Apakah ketika di rumah saudara berpikir saudara aman sebab tidak ada yang memantau. Ketika saudara di kantor, di ladang, di jalan atau di manapun, jangan saudara berpikir tidak ada yang memantau. Raja segala zaman memperhatikan saudara, Dia tahu apa yang saudara lakukan. Sekalipun orang lain tidak mengetahui keadaan saudara tetapi yakinlah Tuhan mengetahui sebab Dia adalah Raja segala zaman. Anak muda remaja ketika berada di sekolah jangan berpikir tidak dipantau oleh Raja segala zaman ini.

Mazmur 145:13
145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Jadi kita tidak bisa mengatakan “saya tidak dilihat” sebab kita dipantau oleh Tuhan.
Yehezkiel 8:12
8:12 Firman-Nya kepadaku: "Kaulihatkah, hai anak manusia, apa yang dilakukan oleh tua-tua kaum Israel di dalam kegelapan, masing-masing di dalam kamar tempat ukiran-ukiran mereka? Sebab mereka berkata: TUHAN tidak melihat kita; TUHAN sudah meninggalkan tanah ini."

Ke manapun kita bergerak, ada mata Raja di atas segala raja memandang kita. Jadi kita akan mempertanggung jawabkan walaupun ketika itu kita belum menjadi warga kerajaan Allah tetapi manusia ciptaan Tuhan itu dipantau oleh Tuhan. Walaupun manusia tidak menjadikan Dia sebagai Raja, tetapi tetap Dia adalah Raja segala abad dan Dia memerintah di segala zaman. Di kunci dalam Wahyu 1:8 Dia adalah Alfa dan Omega dan diberi penekanan dalam Wahyu 22:13.
Wahyu 22:13
22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Surat ini tidak hanya untuk tujuh sidang jemaat dahulu. Tetapi Tuhan merasa penting untuk gerejaNya yang hidup di akhir zaman ini. Ada dua hal yang dibuat oleh Raja ini bagi kita.

Wahyu 1:6
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

1.      Membuat kita menjadi suatu kerajaan.
Jadi Raja segala zaman ini mempunyai kerajaan yang khusus baginya. Ada orang-orang khusus yang Dia tarik masuk dalam kerajaanNya.

Apakah saudara adalah bagian dari kehidupan yang sedang dibangun oleh Tuhan menjadi suatu kerajaan atau tidak. Kalau kita bagian dari kerajaanNya maka kita tidak akan melanggar aturan kerajaan itu. Kalau kita benar sedang dibentuk atau sedang dibangun menjadi suatu kerajaan maka ayo nikmati itu. Sebelumnya kita menjadi warga kerajaan Allah, kita ini adalah orang asing.
Efesus 2:19
2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

Efesus 2:19 (Terjemahan Lama)
2:19 Oleh yang demikian bukan lagi kamu menjadi orang asing dan penumpang, melainkan kamu anak negeri sama dengan orang suci dan orang seisi rumah Allah,

Kita akan melihat perilaku kita ketika kita masih orang asing yang belum dibentuk menjadi warga kerajaan dari Raja segala zaman. Kita dulu dikategorikan binatang haram yaitu keledai, unta, anjing, babi dan lain-lain. Inilah posisi kita sebelum kita dibentuk menjadi satu kerajaan oleh Raja segala raja. Apa yang kita sombongkan dan banggakan? Itulah hidup kita di masa lampau.

Menurut Ulangan 14:21, bangsa asing ini adalah orang yang suka mengkonsumsi bangkai, mengkonsumsi binatang yang sudah dirobek-robek oleh binatang buas.,
Ulangan 14:21
14:21 Janganlah kamu memakan bangkai apa pun, tetapi boleh kauberikan kepada pendatang yang di dalam tempatmu untuk dimakan, atau boleh kaujual kepada orang asing; sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam air susu induknya."

Bagian dari bangsa asing ini suka makan bangkai. Dunia ini di hadapan Tuhan bagaikan bangkai. Sialnya lagi kita bangsa kafir sebelum mengenal Tuhan adalah bagian dari bangkai.
Keluaran 22:31
22:31 Haruslah kamu menjadi orang-orang kudus bagi-Ku: daging ternak yang diterkam di padang oleh binatang buas, janganlah kamu makan, tetapi haruslah kamu lemparkan kepada anjing."

Di dalam Kristus Yesus, kita yang tadinya binatang haram, dirubah menjadi binatang halal. Petrus disuruh mengkonsumsi binatang yang haram itu ketika dia diberikan penglihatan sampai tiga kali, dan awalnya dia memprotes Tuhan. Tadinya dia tidak mau memakannya tetapi Tuhan mengatakan “apa yang Aku halalkan jangan engkau haramkan”. Berarti orang yang membuka hati untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, di mata Tuhan dia bukan lagi haram melainkan halal. Menerima Yesus berarti menerima pengajaran, itu suatu peningkatan status. Bahkan Tuhan Yesus membangun dan membentuk kita menjadi suatu kerajaan dan sekaligus Tuhan Yesus menjadi Rajanya.

Status kita sudah dirubah oleh Tuhan dari haram menjadi halal. Jangan kita mau memiliki dua status yaitu haram dan halal. Di dunia saja tidak boleh orang memiliki dua kewarganegaraan. Kalau kita sudah dirubah menjadi status halal, jangan lagi kita berprilaku yang haram.

Kalau sudah dirubah status kita maka makanan utama kita adalah Firman Pengajaran. Itulah makan utama dari kehidupan yang sudah dirubah status dari haram menjadi halal.
Ibrani 12:8 (Terjemahan Lama)
12:8 Tetapi jikalau kamu tiada diajari, padahal semua orang mendapat bahagian itu, maka kamu anak haram, bukannya anak halal.

Firman pengajaran yang akan membangun karakter kita sehingga berkarakter Kristus Raja di atas segala raja karena kita ada di wilayah kerajaanNya. Kalau menolak Firman pengajaran maka kembali menjadi haram, kembali menjadi anjing, babi, keledai, burung unta dan berbagai macam binatang haram.

Sekarang ini kita periksa, apakah kita ada minat mendengarkan Firman pengajaran dan mau disucikan? Kalau kita mempunyai minat terhadap Firman pengajaran maka kita akan berubah status dari haram menjadi halal. Berbahagia kita kalau Firman Tuhan kena pada kita, itu berarti Tuhan mengasihi kita. Jangan sebaliknya ada reaksi daging, kalau seperti itu berarti kembali berubah status dari halal kembali menjadi haram.

Tuhan rindu menghimpun umatNya dalam satu wilayah kerajaan Allah. Apakah kurang kasih Tuhan kepada kita? Kita ini dulu hidupnya tidak karu-karuan, kalau mati sudah jelas masuk api neraka, tetapi kita ditarik oleh Tuhan. Dia datang dengan penampilan yang luar biasa, kemudian Dia menyatakan diriNya dan mau menghimpun kita untuk berada di wilayah kerajaan Tuhan. Dalam kerajaanNya kita dikawal oleh Tuhan.

Dalam satu negara, selalu pucuk pimpinan negara itu mempedulikan warganya. Kalau ada rakyat yang merasa tidak diperhatikan mereka akan mengajukan keberatan melalui wakilnya. Tuhan Yesus tidak mungkin lalai, segala sudut kerajaanNya pasti Dia perhatikan. Tidak mungkin Tuhan lalai.

Kita ini warga kerajaan Sorga, jangan lagi berubah status menjadi anjing (haram). Setelah kita dibebaskan oleh tangan kuasa Tuhan, jangan kita menolak Firman, jangan menghina darah Yesus yang sudah merubah status kita dari haram menjadi halal. Kalau ada yang berani menghina maka Raja segala zaman ini akan menyeret kehidupan itu pada pengadilan dan itu sangat mengerikan.

Anak-anak muda jangan lagi bermain-main dalam hidup rohanimu. Cintailah Rajamu yang sekaligus Mempelai Laki-laki Sorga. Katakan kepadaNya “Yesus engkau belahan jiwaku”. Kalau anak itu adalah buah hati orang tua. Suami adalah belahan jiwa isteri dan isteri adalah belahan jiwa suami. Yesus menghimpun kita dalam kerajaanNya dan Dia atur dengan aturan Firman. Firman itu menciptakan supaya menjadi belahan jiwanya Tuhan, itulah Mempelai WanitaNya.

Kita ini sudah halal karena menerima Firman pengajaran berarti mau disucikan. Jangan berubah lagi menjadi haram sebab tidak bisa menerima Firman pengajaran yang menyucikan.

Kami sebagai orang-orang yang bertugas dalam kerajaan Allah, belajar untuk memperhatikan sesama warga kerajaan Allah.

2.      Membuat kita menjadi imam-imam bagi Allah BapaNya
Keluaran 28:1,3,4,41; 29:1,44
28:1 "Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk 1memegang jabatan imam bagi-Ku -- Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.
28:3 Haruslah engkau mengatakan kepada semua orang yang ahli, yang telah Kupenuhi dengan roh keahlian, membuat pakaian Harun, untuk menguduskan dia, supaya 2dipegangnya jabatan imam bagi-Ku.
28:4 Inilah pakaian yang harus dibuat mereka: tutup dada, baju efod, gamis, kemeja yang ada raginya, serban dan ikat pinggang. Demikianlah mereka harus membuat pakaian kudus bagi Harun, abangmu, dan bagi anak-anaknya, supaya ia 3memegang jabatan imam bagi-Ku.
28:41 Maka semuanya itu haruslah kaukenakan kepada abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya, kemudian engkau harus mengurapi, mentahbiskan dan menguduskan mereka, sehingga mereka dapat 4memegang jabatan imam bagi-Ku.
29:1 "Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka 5memegang jabatan imam bagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,
29:44 Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka 6memegang jabatan imam bagi-Ku.
Kenapa tidak langsung malaikat saja yang melayani kita, kenapa masih butuh manusia? 6 kali Tuhan mengatakan “memegang jabatan imam bagi-Ku”. Angka 6 adalah angka manusia. Tuhan memakai manusia untuk memegang jabatan imam bagi Tuhan.

Harga jabatan imam kita ini dibayar oleh Tuhan Yesus dengan darahNya. Kalau dulu dibayar oleh domba jantan pertama, domba jantan kedua dan lembu jantan. Tetapi semuanya itu sudah dirangkum dalam pribadi Kristus Yesus. Korban Kristuslah yang telah mengangkat kita untuk memegang jabatan imam-imam bagi Tuhan.

Jadi, kita semua memegang jabatan imam bagi Tuhan, pelayanan kita bukan untuk orang lain. Yang telah mengangkat saudara memegang jabatan imam bagi Tuhan itu rindu supaya jabatan itu saudara laksanakan untuk Dia. Kalau menyadari itu maka saudara akan melayani Dia dengan penuh kasih karena telah menerima jabatan tertinggi yaitu jabatan Sorga untuk melayani Raja di atas segala raja.

Kalau kita menyandang jabatan di dunia ini, kita bertanggung jawab karena satu saat kita akan mempertanggung jawabkan kepada atasan kita. Apalagi terhadap jabatan yang luar biasa yang dipercayakan kepada kita padahal sebenarnya kita ini tidak pantas. Tetapi oleh karena korbanNya maka kita diangkat untuk memegang jabatan imam-imam bagi Tuhan.

Masakan saudara tidak mengasihi Tuhan. Saudara menyandang jabatan imam, itu jabatan tinggi di dalam ibadah umat Tuhan. Menyandang jabatan sebagai ketua RT saja kita sudah bangga.

Jabatan di dunia ini hanya berhenti di dunia. Tetapi jabatan imam ini tetap berlanjut di Sorga. Jabatan imam kita tidak akan pernah pensiun, itu jalan terus. Kalau saudara memang tidak sejahtera hati untuk menyandang jabatan ini maka katakan saja kepada Tuhan “saya sudah tidak nyaman lagi menyandang imam bagi Tuhan, saya mau berhenti” supaya Tuhan juga mengatakan “Aku juga putus dengan engkau”.

Jabatan imam ini tidak pernah pensiun. Olehnya itu layanilah Kekasihmu yang telah berkorban sehingga memberikan jabatan imam kepada saudara.

Wahyu 20:4
20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Dalam Wahyu pasal 5 diceritakan bagaimana prosesnya kita diangkat menjadi imam-imam, yaitu lewat Yesus yang bagaikan domba yang disembelih. Coba saudara bayangkan, bagaimana saudara bisa diangkat menjadi imam bagi Tuhan. Itu karena Yesus sudah rela disalibkan! Kadang hati ini pilu kalau melihat orang yang sudah dipercayakan jabatan imam kemudian dia mempermainkan. Kalau hati senang dia melayani, kalau tidak dia tidak melayani. Biarlah kita menyediakan waktu untuk beribadah, melayani kekasih kita itulah Tuhan Yesus, Raja di atas segala raja. Tetapi seringkali terlalu banyak alasan yang kita gunakan.

Berbahagia kalau memegang jabatan imam sebab:
Ø  Jabatan imam itu paling dekat dengan peti perjanjian. Di atas pundak imam-imam itu memikul tabut perjanjian.
Ø  Imam-imam itu dipercayakan Tuhan untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain.
Ø  Bila berjalan imam-imam itu selalu di depan sebab dia disebut pilihan Tuhan. Jadi yang menyandang jabatan imam adalah orang pilihan Tuhan.

Jangan kecewa melayani Tuhan, jangan berpikir memegang jabatan imam itu menyita banyak waktu sehingga menjadi kendala bagi pekerjaan saudara. Kalau berpikir seperti itu maka pekerjaan saudara akan banyak kendala. Gunakanlah waktumu untuk melayani karena engkau menyandang jabatan imam bagi Tuhan.

Ulangan 10:8-9;21:5
10:8 Pada waktu itu TUHAN menunjuk suku Lewi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN, untuk bertugas melayani TUHAN dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai sekarang.
10:9 Sebab itu suku Lewi tidak mempunyai bagian milik pusaka bersama-sama dengan saudara-saudaranya; TUHANlah milik pusakanya, seperti yang difirmankan kepadanya oleh TUHAN, Allahmu.
21:5 Imam-imam bani Lewi haruslah tampil ke depan, sebab merekalah yang dipilih TUHAN, Allahmu, untuk melayani Dia dan untuk memberi berkat demi nama TUHAN; menurut putusan merekalah setiap perkara dan setiap hal luka-melukai harus diselesaikan.

Jadi imam ini menjadi pengantara orang yang berselisih (luka melukai). Berarti ketika ada sengketa dan perselisihan dia tampil menjadi pengantara. Sangat keliru ketika kita menemukan ada sengketa antara si A dan si B kemudian kita bukannya jadi pengantara dan malah berpihak, itu bukan panggilan jabatan saudara. Kita harus tampil di tengah membawa damai, itulah antara lain berkat yang kita berikan.

Ketika timbul perselisihan, tampillah saudara sebagai pengantara. Sebab tugas imam adalah sebagai pengantara Tuhan dan manusia serta antara manusia dengan manusia. Kalau ini tidak ada maka jabatan itu cacat di hadapan Tuhan.

Disebutkan oleh kerajaan Sorga bahwa imam itu adalah orang pilihan Tuhan. Tuhan mau mempertontonkan mereka selalu di depan. Ini akan berakhir mereka tampil sebagai Mempelai Wanita Tuhan yang dipertontonkan oleh Tuhan berjalan di depan.
Yesaya 40:10
40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Jadi kalau kita sudah mememgang jabatan imam bagi Tuhan, maka sasaran akhirnya Tuhan akan mempertontonkan kita berjalan di depan, berarti menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Mempelai Wanita adalah imam-imam yang melayani kekasihNya yaitu Raja di atas segala raja.

Kalau kita tidak mau berjalan di depan atau dipertontonkan maka nantinya kita akan dipecat. Karena Wasti yang tidak mau dipertontonkan oleh Ahasyweros, akhirnya Wasti dipecat oleh Ahasyweros atas dukungan 7 sida-sida. 7 sida-sida ini menggambarkan 7 Roh Allah di depan takhta Allah. Jadi sama denga roh hikmat berkata “Wasti harus dipecat dan cari penggantinya”. Lalu dicarilah Ester sebagai penggantinya.

Itu sebabnya kita harus selalu tampil di depan. Artinya tampilkan rohani dan pelayananmu selalu di depan. Kalau tidak mau nanti kita dipecat oleh Raja di atas segala raja. Jangan kita seperti Wasti, ketika raja Ahasyweros menggelar pesta dan mempertontonkan kemuliaannya kepada pembesar-pembesar kerajaan, Wasti malah membuat pestanya sendiri. Wasti tidak sadar bahwa kekayaan yang dia pakai untuk menggelar pesta itu datang dari raja Ahasyweros.

Tuhan mau mempertontonkan kemolekan rohani kita tetapi kita tidak mau dan hanya menggelar acara kita sendiri. Kita tidak tahu bahwa itu semua datang dari Tuhan. Jangan terjadi hal seperti ini.

Akhirnya Wasti dipecat dan diganti oleh Ester. Sebenarnya Ester tidak pantas karena dia orang Yahudi, tetapi dia menjadi pengganti Wasti. Setelah Dia menjadi ratu, benar-benar Ester menjadi pembawa berkat bagi bangsa Yahudi. Ketika orang Yahudi akan dibinasakan oleh Haman, Ester tampil walaupun taruhannya nyawa. Singkatnya orang Israel ditolong oleh Tuhan. Berarti Ester menjadi berkat bagi mereka. Jadilah kita imam yang menjadi penyalur berkat bagi orang lain. Ini yang Tuhan inginkan.

Jadilah kita pembawa berkat. Ayo kita jalan di depan, bukan karena kita busung dada tetapi karena itu adalah karakter seorang imam yang menyandang jabatan dari Sorga. Secara umum kita ini adalah imam-imam. Imam-imam Lewi yaitu hamba Tuhan sepenuh tidak boleh ada milik pusaka. Taruhannya adalah iman, sebab Tuhan adalah pusakanya, tidak boleh dia memiliki perkerjaan sambilan.

Seluruh umat Tuhan pusakanya juga adalah Tuhan.
I Korintus 7:31
7:31 pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.

Artinya hati kita tidak lagi melekat pada barang-barang duniawi. Kita memang bekerja tetapi Tuhan ingin kita menjadikan Dia milik pusaka kita. Jangan hati dan pikiran kita melekat pada kekayaan dunia sehingga waktu dan kesempatan untuk Tuhan dikurangi. Jangan sampai pekerjaan saudara membuat hubunganmu dengan Tuhan putus.

Peganglah dunia dengan tangan terbuka, peganglah semua apa yang saudara miliki dengan tangan terbuka. Sebab dunia ini sedang menuju pada kebinasaan, bila saudara menggenggamnya maka dia akan menyeret saudara. Tetapi kalau saudara pegang dengan tangan terbuka maka saudara aman.

Untuk memegang jabatan imam, di zaman Yerobeam orang-orang membayar mahal dengan 1 ekor lembu jantan dan 7 ekor domba padahal itu salah. Alkitab mengatakan mengorbankan lembu jantan umur setahun, domba jantan pertama dan domba jantan kedua. Tetapi karena merasa jabatan ini adalah jabatan terhormat maka pada zaman Yerobeam mereka membayar dengan 1 ekor lembu dan 7 ekor domba. Akhir zaman hal ini muncul lagi, mereka mencari jalan pintas untuk memegang jabatan imam padahal salah, mereka tidak bersekutu dengan Korban Kristus.
II Tawarikh 13:9
13:9 Bukankah kamu telah menyingkirkan imam-imam TUHAN, anak-anak Harun itu, dan orang-orang Lewi, lalu mengangkat imam-imam menurut kebiasaan bangsa-bangsa negeri-negeri lain, sehingga setiap orang yang datang untuk ditahbiskan dengan seekor lembu jantan muda dan tujuh ekor domba jantan, dijadikan imam untuk sesuatu yang bukan Allah.

Imam-imam yang benar disingkirkan dan ditampilkan yang tidak benar. Jabatan yang kita sandang itu adalah anugerah Tuhan. Buktikan kita menjadi berkat baik isteri kepada suami, suami kepada isteri, anak kepada orang tua serta kepada sesama kita dalam sidang jemaat sehingga kita tidak melakukan pelayanan dengan tahbisan yang salah.

Kenapa terjadi pemberontakan zaman Korah? Karena mereka semua mau merebut jabatan itu. Mereka sangat berminat untuk mencapai status ini sampai Musa marah. Artinya mereka menuntut hak yang bukan haknya. Orang yang menuntut hak yang bukan haknya, maka sudah siap mulut bumi terbuka untuk menelan dia.

Bilangan 16:8-11,31-35
16:8 Lalu berkatalah Musa kepada Korah: "Cobalah dengar, hai orang-orang Lewi!
16:9 Belum cukupkah bagimu, bahwa kamu dipisahkan oleh Allah Israel dari umat Israel dan diperbolehkan mendekat kepada-Nya, supaya kamu melakukan pekerjaan pada Kemah Suci TUHAN dan bertugas bagi umat itu untuk melayani mereka,
16:10 dan bahwa engkau diperbolehkan mendekat bersama-sama dengan semua saudaramu bani Lewi? Dan sekarang mau pula kamu menuntut pangkat imam lagi?
16:11 Sebab itu, engkau ini dengan segenap kumpulanmu, kamu bersepakat melawan TUHAN. Karena siapakah Harun, sehingga kamu bersungut-sungut kepadanya?"
16:31 Baru saja ia selesai mengucapkan segala perkataan itu, maka terbelahlah tanah yang di bawah mereka,
16:32 dan bumi membuka mulutnya dan menelan mereka dengan seisi rumahnya dan dengan semua orang yang ada pada Korah dan dengan segala harta milik mereka.
16:33 Demikianlah mereka dengan semua orang yang ada pada mereka turun hidup-hidup ke dunia orang mati; dan bumi menutupi mereka, sehingga mereka binasa dari tengah-tengah jemaah itu.
16:34 Dan semua orang Israel yang di sekeliling mereka berlarian mendengar teriak mereka, sebab kata mereka: "Jangan-jangan bumi menelan kita juga!"
16:35 Lagi keluarlah api, berasal dari pada TUHAN, lalu memakan habis kedua ratus lima puluh orang yang mempersembahkan ukupan itu.

Mereka menuntut jabatan imam yang lebih tinggi lagi sehingga Musa harus menegor Korah dengan keras dan akhirnya bumi membuka mulutnya menelan mereka. Mereka ini memutar balikkan fakta dengan mengatakan bahwa Mesir itu yang penuh madu dan susu, Musa hanya berbicara omong kosong. Jadi janji Tuhan yang benar serta hamba Tuhan yang meyakini janji Tuhan dikatakan omong kosong dan yang tidak benar malah dikatakan benar. Itulah yang terjadi di dunia sekarang ini.

Bilangan 16:13-14
16:13 Belum cukupkah, bahwa engkau memimpin kami keluar dari suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya untuk membiarkan kami mati di padang gurun, sehingga masih juga engkau menjadikan dirimu tuan atas kami?
16:14 Sungguh, engkau tidak membawa kami ke negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ataupun memberikan kepada kami ladang-ladang dan kebun-kebun anggur sebagai milik pusaka. Masakan engkau dapat mengelabui mata orang-orang ini? Kami tidak mau datang."

Kita sudah menjadi warga kerajaan Allah, Dia mengizinkan kita untuk diatur olehNya. Kemudian ada pilihanNya yaitu imam-imam yang melakukan pelayanan bagi Tuhan. Kita semua tampil sebagai imam-imam. Biarlah kita kelak dipertontonkan oleh Tuhan berjalan di depan. Tunjukkanlah hidupmu bahwa sudah sekian jauh kerohanianmu. Tidak usah malu dicela oleh orang lain. Manusia pasti memberikan penilaian miring kepada kita. Seperti Musa dicela oleh group Korah, Datan, Abiram dan On. Korah tampil sebagai juru bicara mereka dan yang sekongkol dengan mereka ada 250 orang namun akhirnya yang 250 ini dibakar oleh Tuhan hidup-hidup. Ini jangan terjadi pada diri kita.

Bawalah hidupmu, layanilah Tuhan dengan kesejukan hati. Kita tidak bisa membalas apa yang telah Tuhan perbuat bagi kita. Setiap kali kita beribadah biarlah kita tampil menjadi saluran berkat bagi orang lain, biarlah kita rindu menjadi pilihan Tuhan, menjadi orang yang dipertontonkan Tuhan di depanNya berarti menjadi Mempelai Wanita Tuhan.



Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar