20170826

Kebaktian Doa, Sabtu 26 Agustus 2017 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.
                                                            
Yohanes 2:13-17
2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.
2:14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.
2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.
2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan."
2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku."

Penyucian Bait Allah yang pertama, bertepatan dengan masa raya Paskah. Masa raya Paskah adalah pertama kali umat Tuhan mendapatkan kebebasan atau kemerdekaan. Dulu ketika bangsa Israel di Mesir, oleh domba Paskah mereka dilepaskan dari perbudakan Mesir dengan tujuan untuk beribadah dan melayani Tuhan. Demikian gambaran untuk kita.

Dalam Keluaran pasal 12 dikatakan seekor domba yang disembelih untuk satu keluarga. Kita disebut satu keluarga Allah maka hanya satu domba paskah yang telah disembelih, tidak dua,. Tujuan penyembelihan domba Paskah yang satu itu ialah Yesus anak domba Allah adalah untuk membebaskan kita dari perbudakan dosa, dari dunia dan dari daging.
Yohanes 1:29
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Ketika Tuhan masuk dalam Bait Allah, Tuhan melihat fungsi Bait Allah tidak lagi benar, padahal tujuan bait Allah yang terbangun itu adalah sarana untuk umat Tuhan beribadah dan melayani Tuhan. Itulah umat Tuhan yang sudah dibebaskan dari perbudakan. Dalam Keluaran pasal 2 dikatakan bangsa Israel diperbudak di Mesir. Kemudian pada pasal 3 Tuhan turun membebaskan mereka untuk dibawa ke padang gurun beribadah kepada Tuhan. Berarti ada lokasi atau sarana untuk mereka beribadah.

Sebelum Bait Allah dibangun, ada Tabernakel yang dibangun oleh Musa. Sekarang ini baik Tabernakel oleh Musa maupun Bait Allah yang dibangun oleh Salomo secara fisik sudah tidak ada. Tuhan sedang membangun kembali BaitNya dan pasti akan selesai.
Kita dibangun di atas dasar para rasul itulah Firman pengajaran dan atas dasar nabi itulah Firman nubuatan.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Bukti bahwa saya dan saudara dibangun menjadi Bait Tuhan maka ada ibadah dan pelayanan. Ibadah dan pelayanan itu adalah tanda bukti bahwa saudara dan saya sedang dibangun oleh Tuhan atas dasar Firman pengajaran yang disebut para rasul dan Firman nubuatan yang disebut para nabi.

Bicara rasul itu kena dengan Firman pengajaran.
Kisah Para Rasul 2:42
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Bicara nabi hubungannya dengan Firman nubuatan.
II Petrus 1:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Jadi komplet kita dibangun lewat dua kekuatan yaitu Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Kedua-duanya ini tidak dibolehkan lepas dari Yesus. Sebagaimana dulu Bait Allah dibangun tidak boleh lepas dengan nama Tuhan. Kita kenal dalam perjanjian baru bahwa nama Tuhan itu adalah Yesus.

I Raja-raja 8 menceritakan niat Daud untuk membangun Bait Allah. Ada 14 kali disebut nama Tuhan. Jadi pembangunan Bait Allah tidak boleh lepas dengan nama Tuhan. Hubungan Bait Allah dengan nama Tuhan, itu tidak boleh lepas. Kalau saya dan saudara dibangun menjadi rumah Tuhan dan meterainya nama Tuhan, maka Tuhan cemburu kalau melihat BaitNya yaitu saudara dan saya, salah fungsi, salah guna, salah memanfaatkan.

Saya dan saudara ada meterai nama Tuhan. Ketika kita percaya, bertemu domba Paskah, maka kita menerima Dia menjadi Tuhan dan Juruselamat lalu memberi diri dibaptis, maka mulai dari saat itu ada nama Tuhan dimeteraikan atas kita dan kitapun mulai dibangun. Ciri kita dibangun yaitu kita beribadah dan melayani. Kalau kita ingat pada diri kita ada nama Tuhan maka kita tidak akan sewenang-wenang dengan tubuh yang sudah dibeli dengan darah domba Paskah. Kalau menggunakan tubuh kita sewenang-sewenang maka itulah yang menjadi penyebab Tuhan mengambil cambuk dan mencambuk kita.

Ketika Tuhan masuk di dalam Bait Allah secara fisik, Dia menemukan mereka telah menyelewengkan penggunaan Bait Allah. Berarti yang mereka gugat adalah hubungan tujuan pembangunan Bait Allah dengan Tuhan. Itu yang diusik! Yang pertama kena gugat adalah pencetus, yang merancang. Walaupun secara nyata Salomo yang membangun tetapi dia tidak berkata “aku yang membangun”, dia mengatakan “Engkau yang membangun”.
I Raja-raja 8:15
8:15 Ia berkata: "Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang telah menyelesaikan dengan tangan-Nya apa yang difirmankan-Nya dengan mulut-Nya kepada Daud, ayahku, demikian:

Jadi sesungguhnya yang membangun kita menjadi Bait Allah adalah Tuhan dan Dia membangun kita karena namaNya.
I Raja-raja 8:16
8:16 Sejak Aku membawa umat-Ku Israel keluar dari Mesir, tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, tetapi Aku telah memilih Daud untuk berkuasa atas umat-Ku Israel."

Dalam Bait Allah itu meterai nama Tuhan itu kental.
2 kali disebut nama Tuhan. Nama Tuhan adalah pencetus.
4 kali disebut namaKu. NamaKu itu menunjuk hubungan Tuhan dengan umatNya.
8 kali disebut namaMu. NamaMu itu menunjuk hubungan dengan sesama anggota Tubuh.

Ini yang mereka usik, ini yang membuat Tuhan murka sebab mereka tidak lagi menghargai Tuhan yang membangun Bait itu. Kalau kita salah menggunakan tubuh ini maka kita berhadapan dengan sipemilik nama itu.

Lukas 24:47
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Oleh nama ini ada pengampunan, manfaatkan pengampunan dan jangan diulangi. Jangan kita sudah tahu tetapi gunakan salah tubuh kita padahal Tuhan yang membangun.

Kalau dalam keadaan tubuh yang lemah maka saya berdoa kepada Tuhan “Tuhan ini BaitMu, masakan Engkau tidak peduli”. Kenapa panik ketika tubuh kita lemah? Sebab salah memfungsikan Bait Allah. Itu sebabnya Tuhan hajar, Tuhan pukul, Tuhan jungkir karena Bait Allah telah diselewengkan.

Tubuh kita oleh pekerjaan domba Paskah telah dibebaskan dari pebuatan dosa, perbuatan kenajisan dan kejahatan, jangan salah menggunakan. Kalau salah menggunakan maka yang membangun Bait Allah itu yang tergugat, hubungan kita dengan Tuhan kita rusak dan hubungan kita dengan sesama juga kita rusak. Olehnya jangan salah menggunakan tubuh kita yang adalah Bait Allah.

Efesus 2:20-21
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
2:21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

Tubuh kita dibangun menjadi Bait Allah, dasarnya adalah Korban Kristus. Saya juga tetap belajar jangan salah saya menggunakan tubuh ini sebab tubuh ini sudah Tuhan beli. Jangan kita jajakan tubuh ini di dunia. Gunakan tubuh ini untuk perkara yang Tuhan punya karena pada tubuh kita ada nama Tuhan. Kalau salah menggunakan tubuh ini maka secara tidak langsung kita sudah menghina nama Tuhan.

Sekalipun beribadah dan melayani tetapi di mata Tuhan sudah menghina nama Tuhan kalau kita salah mengfungsikan tubuh ini. Bagaimana saudara kelak berhasil menyandang nama Mempelai Laki-laki Sorga kalau dalam ibadah pelayanan kita justru menghina namaNya. Dia buka diktator, Dia tidak mengatur kita seperti menggunakan remote, Dia beri kita kebebasan untuk menggunakan tubuh kita. Tetapi kalau kita salah maka satu waktu akan menanggung resiko.

Manfaatkan mumpung sekarang ini Nama itu mengandung nilai pengampunan dosa.
Lukas 24:47
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Jadi kalau berita pertobatan diberitakan tujuannya agar orang yang mendengar itu bertobat dan mendapatkan pengampunan dosa. Kita mendapatkan pengampunan atas nama Yesus, itulah Paskah.

Nama itu kekuatannya luar biasa, nama itu menyucikan.
Mazmur 111:9
111:9 Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

NamaNya hagiest yang artinya menyucikan dan higietso artinya dahsyat menyucikan. Jadi bukti berikutnya bahwa kita dibangun adalah terasa pekerjaan penyucian dari Dia yang empunya nama itu.

7 wanita dalam Yesaya 4:1 memegang satu laki-laki sebab mereka tahu hanya nama yang bisa menghapus aib mereka. Di dunia ini hanya ada satu nama yang menyucikan dan membebaskan kita dari segala dosa dan aib itulah nama Yesus.
Yesaya 4:1
4:1 Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yang ada pada kami!"
Kisah Para Rasul 4:12
4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Bukti kita menggandoli nama ini adalah beri hidupmu disucikan dan pelihara ibadah dan pelayananmu. Bila tidak seperti itu maka akan mencelakakan kehidupan itu sendiri.

Nama itu yaitu nama Yesus memberi perlindungan.
Yohanes 17:11
17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Nama Yesus itu tidak lepas dengan nama Bapa Sorgawi. Nama ini yang dapat menyatukan.
Yohanes 17:12
17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Nama ini yang dapat menyatukan. Dalam I Raja-raja, 8 kali disebutkan “nama-Mu” itu kaitannya hubungan dengan sesama anggota Tubuh. Yang menyatukan itu adalah nama Tuhan dan nama itu dahsyat menyucikan. Jadi bukan sekedar stempel nama, tetapi makna pekerjaan kuasa nama itu, menyucikan atau tidak?. Apakah hidupmu disucikan atau tidak. Kalau tidak disucikan berarti hanya slogan, itu tidak ada manfaatnya karena tidak mengalami kuasa penyucian.

Jadi nama ini melindungi dan menyatukan. Mengapa nama ini bisa melindungi dan menyatukan? Sebab nama ini dahsyat menyucikan. Tetapi ada orang yang menyangkal, itulah Yudas Iskariot. Yudas tidak mendapat perlindungan karena dia tidak mengalami pekerjaan penyucian sehingga dia binasa.

Nama itu bagaikan menara yang teguh tempat umat Tuhan lari berlindung ke situ.
Amsal 18:10
18:10 Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.

Amsal 18:10 (Terjemahan Lama)
18:10 Nama Tuhan itu laksana bangun-bangun yang teguh, bahwa orang yang benar itu lari ke sana, dan iapun dimasukkan ke dalam tempat perlindungan yang tinggi.

Jangan kita keluar dari nama Tuhan. Jangan karena perempuan cantik dan pintar berkarir sehingga akhirnya meninggalkan Tuhan. Kita tidak menemukan perlindungan yang lain selain dari nama ini. Jangan kita salah menggunakan tubuh ini, mumpung masih ada nama Tuhan yang mengampuni maka manfaatkan itu, minta ampun kepada Tuhan.

Ketika Tuhan masuk ke Bait Allah, ternyata fungsi Bait Allah sudah diselewengkan. Sudah menjadi komersil, berarti mengganggu hubungan kepada yang membangun, mengganggu hubungan Tuhan dengan umatNya, mengganggu hubungan sesama anggota Tubuh. Kalau sudah seperti itu bisakah kehidupan itu menjadi isteri Anak Domba Allah? Tidak mungkin! Makanya jangan sampai kita sudah dibebaskan lalu memanfaatkan salah tubuh ini.

Tujuh wanita ini hanya satu tujuan mereka. Ini menunjuk gereja yang satu pandang, mereka tahu aib itu mengganggu hubungan dengan Tuhan maka mereka ramai-ramai datang kepada Tuhan.
Yesaya 4:1
4:1 Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yang ada pada kami!"

Yesaya berbicara ± 700 tahun sebelum Yesus datang pertama kali. Jadi Yesaya bicara ± 2700 tahun yang lalu. Yang dimaksud “pada waktu itu” justru penggenapannya pada kita sekarang. Alangkah sialnya kalau ada anak Tuhan tidak punya komitmen untuk bebas dari aib. Kata “pada waktu itu” dalam kitab nabi Yesaya ada 50 kali. Itu menunjuk zaman Roh Kudus. Kita ada di penghujung zaman Roh Kudus. Betapa sialnya kehidupan itu yang justru sudah mau dibawa pada penggenapan ayat ini tetapi malah menimbun aib. Itulah Yudas-Yudas akhir zaman!

Jadi nama itu yang bisa menyerap aib. Ibarat lantai yang basah karena ada air yang tertumpah di situ lalu saudara mengambil kain pel dan langsung menyerap air itu. Ibarat itulah nama Tuhan yang menyerap aib kita. Itu sebabnya anak muda remaja dan juga orang tua harus berkomitmen untuk dilepaskan dari aib. Yang bisa membebaskan kita dari aib hanya Nama Tuhan. Jangan sebaliknya kita menambah aib.

Dalam Yesaya 4:6, ditutup dengan pondok daun-dauan. Itu menunjuk penyingkiran gereja.
Yesaya 4:6
4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan dan persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.

Saudara mau ke mana? Tidak ada nama di luar nama Yesus yang bisa menyucikan, melindungi dan di dalamnya ada keselamatan. Jangan gampang-gampang melepaskan Yesus. Kasihan hidup yang melepaskan Yesus itu. Ayo kita gandoli ini karena inilah yang akan melindungi saya dan saudara.

Orang-orang tua jagalah hidupmu, nikah rumah tanggamu. Lihatlah anak-anak yang Tuhan titipkan kepadamu. Anak itu titipan Tuhan. Bergumul, bagaimana nasib mereka. Kita sudah ada pada waktu itu. Ingat! ± 2700 tahun yang lampu nabi Yesaya sudah mengatakan tentang itu, jangan sampai kita gagal.

Nama ini yang menghapus dosa-dosa kita. Kalau kita adalah Bait Allah yang sedang dibangun oleh Tuhan maka isilah dengan ibadah pelayanan, isilah dengan pekerjaan Firman yang dahsyat penyucian maka dijamin saudara mendapat pengampunan dan perlindungan. Nama itu jugalah yang menyerap aib yang ada pada kita, agar kita segambar dengan Dia.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar