20180502

Kebaktian PA Imamat, Rabu 2 Mei 2018 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 22:1-3
22:1 TUHAN berfirman kepada Musa:
22:2 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya, supaya mereka berlaku hati-hati terhadap persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi-Ku, agar jangan mereka melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus; Akulah TUHAN.
22:3 Katakanlah kepada mereka: Setiap orang di antara kamu turun-temurun, yakni dari antara segala keturunanmu yang datang mendekat kepada persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi TUHAN, sedang ia dalam keadaan najis, maka orang itu akan dilenyapkan dari hadapan-Ku; Akulah TUHAN.




Pasal 22 ini dalam terang Tabernakel kena meja roti sajian. Ada lima pembagiannya.
1. Imamat 22:1,2,15,16 Imam-imam jangan salah menggunakan persembahan-persembahan kudus dari umat bagi Tuhan.
2.      Imamat 22:3-9  Imam-imam yang najis dilarang makan persembahan kudus dari umat Tuhan bagi Tuhan.
3.     Imamat 22:10-14  Tidak dibenarkan yang bukan imam makan persembahan-persembahan kudus yang dipersembahkan umat bagi Tuhan.
4.      Imamat 22:17-25  Larangan membawa persembahan yang bercacat.
5.      Imamat 22:26-33  Syarat untuk mengelolah korban pesembahan dengan benar.
 
Kita mulai dengan poin pertama.
Imamat 22:15-16
22:15 Janganlah pada imam melanggar kekudusan persembahan-persembahan kudus orang Israel yang telah dikhususkan bagi TUHAN,
22:16 karena dengan demikian mereka mendatangkan kepada orang Israel kesalahan yang harus ditebus, apabila mereka memakan persembahan-persembahan kudus mereka, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka."

Lebih dahulu kita akan melihat persembahan-persembahan kudus dari umat Tuhan, bagi Tuhan, apa saja jenis-jenisnya. Persembahan-persembahan itu diberikan kepada imam sebagai balas jasa imam-imam melakukan pekerjaan di kemah pertemuan. Jadi ini adalah persembahan-persembahan kudus yang dipersembahkan oleh umat Tuhan bagi Tuhan diberikan kepada hamba Tuhan (imam).

Apa persembahan-persembahan yang kudus yang dipersembahkan umat bagi Tuhan? Kita akan melihat jenis-jenis persembahan kudus yang umat persembahkan bagi Tuhan. Itu ada dalam Bilangan pasal 18

Persembahan-persembahan ini umat persembahkan bagi Tuhan dan Tuhan berikan kepada hamba-hamba Tuhan, kalau sekarang ini itulah gembala-gembala, sebagai balas saja mereka telah melakukan perkerjaan pelayanan di kemah pertemuan. Dua kali Tuhan mengatakan bahwa itu Tuhan berikan kepada hamba-hamba Tuhan sebagai balas jasa karena mereka telah mengerjakan pekerjaan di kemah pertemuan.
Bilangan 18:21,31
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
18:31 kamu boleh memakannya di setiap tempat, kamu dan seisi rumahmu, sebab upahmulah itu, untuk membalas pekerjaanmu di Kemah Pertemuan.

Sekarang kita mau melihat apakah persembahan umat-umat Tuhan itu yang mereka persembahkan kepada Tuhan kemudian Tuhan berikan kepada hamba Tuhan yang bekerja melayani rumah Tuhan. Jadi jemaat bukan berkorban kepada gembala atau hamba Tuhan tetapi kepada Tuhan.

Pada pasal 22 ini ada 3 kali disebutkan bagi Tuhan.
Imamat 22:2,3,15
22:2 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya, supaya mereka berlaku hati-hati terhadap persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi-Ku, agar jangan mereka melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus; Akulah TUHAN.
22:3 Katakanlah kepada mereka: Setiap orang di antara kamu turun-temurun, yakni dari antara segala keturunanmu yang datang mendekat kepada persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi TUHAN, sedang ia dalam keadaan najis, maka orang itu akan dilenyapkan dari hadapan-Ku; Akulah TUHAN.
22:15 Janganlah pada imam melanggar kekudusan persembahan-persembahan kudus orang Israel yang telah dikhususkan bagi TUHAN,

Jadi jemaat mempersembahkan persembahan bagi Tuhan. Ini persembahan yang dikuduskan oleh jemaat bagi Tuhan. Kemudian Tuhan terima dan Tuhan berikan kepada pelayan-pelayan yang melayani kemah pertemuan. Jemaat mempersembahkan persembahan kepada Tuhan, kemudian Tuhan memberikan kepada hamba Tuhan yang pelayanannya kena mengena dengan kemah pertemuan, dalam bahasa Inggris itulah Tabernekal. Berarti melayani pembangunan Tubuh Kristus untuk menjadi isteri Anak Domba Allah. Yang melayani itu yang Tuhan percayakan boleh makan. Persembahan-persembahan kudus oleh umat untuk Tuhan ini, jangan sampai kami hamba Tuhan salah memanfaatkan.

Bentuk-bentuk apakah persembahan yang dikuduskan oleh umat bagi Tuhan? Kenapa umat Tuhan memahami bahwa persembahan itu mereka kuduskan bagi Tuhan? Tentu itu datang dari Firman Tuhan juga, yang mengajar umat supaya umat itu tahu bahwa persembahan itu adalah persembahan  yang anda kuduskan bagi Tuhan. Ini lebih dahulu disampaikan, sebab kalau kami tidak tahu apa persembahan-persembahan yang dikuduskan bagi Tuhan, nanti kami salah, mana yang dikuduskan dan mana yang tidak dikuduskan.

Olehnya kita perhatikan Firman Tuhan supaya lebih dahulu kami pelayan-pelayan Tuhan memahami mana persembahan yang dikuduskan. Dan umat harus tahu bahwa persembahan yang mereka persembahkan itu dia kuduskan bagi Tuhan. Si A sebagai umat Tuhan tahu bahwa apa yang dia persembahkan ini dia kuduskan bagi Tuhan. Karena kita persembahkan kepada Tuhan, Tuhan itu kudus. Bagaimana saudara persembahkan kalau persembahan itu tidak saudara kuduskan.

Persembahan ini dimulai dari Bilangan pasal 18.
1.      Korban sajian
2.      Korban penghapus dosa
3.      Korban penebusan salah
4.      Korban keselamatan (syukur)

Saya mau mengatakan kepada saudara, ada bagian yang dikuduskan bagi Tuhan yang diberikan kepada hamba Tuhan untuk dimakan, karena ini menyangkut korban sajian, korban penghapus dosa dan korban karena salah.

1.      Korban sajian
Imamat 2:3; 6:16-17
2:3 Korban sajian selebihnya adalah teruntuk bagi Harun dan anak-anaknya, yakni bagian maha kudus dari segala korban api-apian TUHAN.
6:16 Selebihnya haruslah dimakan oleh Harun dan anak-anaknya; haruslah itu dimakan sebagai roti yang tidak beragi di suatu tempat yang kudus, haruslah mereka memakannya di pelataran Kemah Pertemuan.
6:17 Janganlah itu dibakar beragi. Telah Kuberikan itu sebagai bagian mereka dari pada segala korban api-apian-Ku; itulah bagian maha kudus, sama seperti korban penghapus dosa dan korban penghapus salah.

Jadi umat Tuhan itu memahami dirinya bahwa perlu ada persekutuan dengan Firman pengajaran. Bagaimana saudara bisa mempersembahkan sesuatu yang kudus kepada Tuhan kalau anda tidak ada persekutuan dengan Firman yang menyucikan saudara. Supaya saudara tahu bahwa saudara mempersembahkan yang kudus bagi Tuhan maka lebih dahulu harus ada persekutuan dengan korban sajian yaitu lewat Firman pengajaran. Bagaimana saya tahu bahwa itu kudus bagi Tuhan kalau saya tidak pernah mendengar Firman dan tidak pernah digarap oleh Firman. Bisa saja kita berkata “sudah saya persembahkan saja kepada Tuhan” tetapi ternyata tidak kudus karena dipersembahkan dari kehidupan yang tidak mau dikuduskan oleh Firman Tuhan.

2.      Korban penghapus dosa
Imamat 6:24-26
6:24 TUHAN berfirman kepada Musa, demikian:
6:25 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya: Inilah hukum tentang korban penghapus dosa. Di tempat korban bakaran disembelih, di situlah harus disembelih korban penghapus dosa di hadapan TUHAN. Itulah persembahan maha kudus.
6:26 Imam yang mempersembahkan korban penghapus dosa itulah yang harus memakannya; haruslah itu dimakan di suatu tempat yang kudus, di pelataran Kemah Pertemuan.

Jadi ayat 26 ini penggunaannya jangan sampai salah. Ayat 25 itu bagian umat, dia harus paham bahwa setiap saat dia harus berkaca, bercermin terhadap Firman Tuhan bahwa sesungguhnya aku tidak layak itu sebabnya harus ada korban penghapus dosa.

Ketika umat mempersembahkan korban penghapus dosa itu maka ada bagian yang dikuduskan bagi Tuhan yang diberikan kepada imam menjadi bagian mereka. Syaratnya tidak boleh sembarang tempat mereka memakan. Karena apa? Karena kalau imam salah, maka kasihan umat Tuhan yang kena.

Bilangan 18:5
18:5 Dan kamu ini haruslah melakukan kewajibanmu mengenai tempat kudus dan kewajibanmu mengenai mezbah, supaya orang Israel jangan lagi tertimpa oleh murka.

Karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan imam, akhirnya umat kena murka. Mengapa? Karena kami salah menangani tiga korban ini.

3.      Korban penebus salah.
Imamat 7:7-8
7:7 Seperti halnya dengan korban penghapus dosa, demikian juga halnya dengan korban penebus salah; satu hukum berlaku atas keduanya: imam yang mengadakan pendamaian dengan korban itu, bagi dialah korban itu.
7:8 Imam yang mempersembahkan korban bakaran seseorang, bagi dia juga kulit korban bakaran yang dipersembahkannya itu.

Jadi korban penghapus dosa dan penebus salah itu satu hukum saja.

Korban sajian, korban penghapus dosa dan korban penebus salah ini selalu ada di dalam wilayah Tabernekal dan di situ imam bekerja, mereka yang mengelolah, mereka yang mengerjakan pekerjaan ini. Kata Firman Tuhan ini memberi dorongan pada seseorang kalau mau melayani Tuhan. Kalau benar kita mau melayani Tuhan di kemah pertemuan, artinya menangani pembangunan Tubuh Kristus, justru Tuhan kedepankan lebih dahulu jaminan kepada orang yang melayani itu. Tetapi kalau melayani tidak ada hubunganya dengan pembangunan Tubuh Kristus, maka nanti kelihatan. Bukan pelayanan untuk kemah pertemuan yang dia utamakan tetapi mencari sesuap nasi atau kepentingan organisasi. Di sini letak kesalahannya.

Kalau saya melayani di kemah berarti saya memprioritaskan pelayanan itu demi pembangunan Tubuh Kristus, maka dari pihak Tuhan sudah siap mencurahkan berkat bagi saya demi menunjang pelayanan, saya tidak perlu ragu. Kenapa banyak kali seseorang ragu ketika terjun untuk melayani Tuhan? Karena dia tidak tahu wilayah apa yang mesti dikerjakan. Tidak ada kejelasan, tidak terang benderang di matanya apa yang mesti dia kerjakan yang ada hubungannya dengan kemah Tuhan.

Bilangan 18:21,31
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
18:31 kamu boleh memakannya di setiap tempat, kamu dan seisi rumahmu, sebab upahmulah itu, untuk membalas pekerjaanmu di Kemah Pertemuan.

Saya utamanya, harus fokus pelayanan pada Kemah Pertemuan. Wilayah kerja saya harus ada di ranah itu yaitu pembangunan Tubuh Kristus untuk membawa gereja menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kalau itu nyata kerja saya maka Tuhan sudah menyiapkan balas jasa untuk pelayananku. Kalau itu yang dilakukan maka tidak akan ragu terjun di ladang Tuhan di mana saja.

Tabernakel itu bukan organisasi, itu adalah gambar kerajaan sorga mini. Berarti kita harus membawa yang kita layani untuk menjadi tubuh Kristus. Satu saja yang dilayani kemudian kehidupan itu menjadi Tubuh Kristus, itu sudah luar biasa dari pada ribuan dilayani tetapi tidak ada satupun yang masuk menjadi Tubuh Kristus. Mengapa? Karena salah dalam mengarahkan. Karena yang dia makan sesuatu yang salah, dia tidak tahu memanfaatkan korban yang dikuduskan umat Tuhan bagi Tuhan.

Kalau benar saya melayani terkait dengan kemah pertemuan, melayani Tubuh Kristus, saya tidak akan ragu. Pasti ada ubi goreng, ada roti Tuhan kasih, ada sogili, ada nasi. Tidak bakal Tuhan biarkan lapar atau mati kelaparan. Tidak ada hamba Tuhan yang sungguh-sungguh melayani kemah pertemuan kemudian mati kelaparan. Tuhan pasti melihat hamba Tuhan itu berjerih lelah dan Tuhan balas pelayanannya. Kalau Tuhan membalas tidak akan pernah salah.

Korban sajian, korban penghapus dosa dan korban penebus salah inilah dasarnya.
Bilangan 18:9-10
18:9 Inilah bagianmu dari segala persembahan-persembahan yang maha kudus itu, yaitu dari bagian yang tidak harus dibakar: segala persembahan mereka yang berupa korban sajian, korban penghapus dosa dan korban penebus salah, yang dibayar mereka kepada-Ku; itulah bagian maha kudus yang menjadi bagianmu dan bagian anak-anakmu.
18:10 Sebagai bagian maha kudus haruslah kamu memakannya; semua orang laki-laki boleh memakannya; haruslah itu bagian kudus bagimu.

Sudah jemaat korbankan dan Tuhan kembalikan kepada hamba Tuhan sebagai pemeliharaannya. Korban sajian tidak semua dibakar, ada yang diberikan untuk hamba Tuhan makan, dsb.

Persembahan yang dikuduskan umat Tuhan bagi Tuhan :
1.      Persembahan unjukan
Bilangan 18:11-13
18:11 Dan ini pun adalah bagianmu: persembahan khusus dari pemberian mereka yang lain, termasuk segala persembahan unjukan orang Israel; semuanya itu Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. Setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
18:12 Segala yang terbaik dari minyak dan segala yang terbaik dari anggur dan dari gandum, yakni yang sebagai hasil pertamanya dipersembahkan mereka kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu.
18:13 Hulu hasil dari segala yang tumbuh di tanahnya yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN adalah juga bagianmu; setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.

Sekarang lebih jelas kita lihat apa yang jemaat harus kuduskan bagi Tuhan yaitu persembahan unjukkan/ hulu hasil. Saudara harus mengerti bahwa itu adalah korban yang dikuduskan bagi Tuhan. Jemaat harus paham dulu itu, jangan belum dibawa kepada Tuhan saudara sudah sikat habis! Berarti belum tahu mana korban yang kudus bagi Tuhan.

Kemudian kami hamba Tuhan harus memanfaatkan jangan sampai salah. Di sini juga banyak kekhilafan dari kami sebagai hamba Tuhan.

Kesimpulannya semua hasil garapan pertama saudara harus saudara persembahkan bagi Tuhan sebagai persembahan unjukan. Jangan lupakan bahwa itu adalah korban kudus bagi Tuhan. Ini dulu harus kami pahami untuk bisa menjelaskan kepada umat. Setelah umat mendengar dan mengerti, laksanakan! Anda tidak akan dibuat Tuhan jatuh miskin. Bahkan Tuhan akan menambahkan dan menambahkan. Yakinlah seyakin-yakinkan akan Firman. Dengan membawa persembahan unjukan/ hulu hasil ini berarti saudara menempatkan diri sebagai anak sulung yang ada di Yerusalem Sorgawi.

Tetapi bagaimana kalau tidak tahu membawa persembahan unjukan atau persembahan hulu hasil dari hasil garapannya. Bagaimana dapat masuk pada perhimpunan anak-anak sulung. Karena anak-anak sulung ini adalah kehidupan yang tahu bahwa dia selalu mempersembahkan persembahan kudus bagi Tuhan.

Anak pertama itu harus ditebus dengan 5 syikal. Berarti anak pertama itu nilainya 10 kali jemaat biasa. Binatang harus ditebus. Tetapi kalau lembu sapi, anak pertamanya itu kudus bagi Tuhan, tidak perlu ditebus.

Bagaimana saudara mau berhimpun pada perhimpunan anak-anak sulung kalau di sini saja sudah gagal. Pasal 22 ini berat, di mana beratnya? Berat untuk saya sampaikan dan dianggap berat untuk dilaksanakan.

Puji Tuhan ada yang membawa hulu hasil buah naga, buah semangka, buah pepaya. Tetapi begitu saudara bekerja di satu perusahaan apakah saudara ingat mempersembahkan hulu hasil? Ada yang tidak mengembalikan hulu hasil tetapi ingin masuk pada persekutuan anak-anak sulung di Yerusalem Sorgawi. Anak sulung semua yang ada di situ, artinya kehidupan yang sudah mempraktekkan hal seperti di atas.
Ibrani 12:22
12:22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

Kalau saudara katakan ini taurat, berarti saudara mau mengelak. Taurat itu melatih kita untuk masuk dalam zaman kemurahan. Kalau zaman Taurat begitu salah langsung dihukum, kalau zaman kemurahan masih diberi kesempatan siapa tahu dia bertobat. Kalau tetap tidak bertobat maka kehidupan itu diserahkan kepada antikristus untuk dianiaya.

Di sini kami hamba Tuhan harus waspada, jangan sampai salah memanfaatkan.
Bilangan 18:11-14
18:11 Dan ini pun adalah bagianmu: persembahan khusus dari pemberian mereka yang lain, termasuk segala persembahan unjukan orang Israel; semuanya itu Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. Setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
18:12 Segala yang terbaik dari minyak dan segala yang terbaik dari anggur dan dari gandum, yakni yang sebagai hasil pertamanya dipersembahkan mereka kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu.
18:13 Hulu hasil dari segala yang tumbuh di tanahnya yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN adalah juga bagianmu; setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
18:14 Semua yang dikhususkan bagi TUHAN di antara orang Israel menjadi bagianmu.

Israel wajib mengkhususkan, inilah persembahan kudus bagi Tuhan. Jadi jemaat harus tahu ini korban kudus bagi Tuhan. Tetapi berangkat dulu dengan persekutuan korban sajian, korban penghapus dosa dan korban penebus salah. Syukur ada Korban Kristus, kalau kita melakukan kesalahan kita datang kepada korban Kristus.

Bila ada yang terlanjur makan sehingga tidak dia persembahkan maka dia harus membayar dengan menambah 1/5.
Imamat 22:14
22:14 Apabila seseorang dengan tidak sengaja memakan persembahan kudus, ia harus memberi gantinya kepada imam dengan menambah seperlima.

2.      Bilangan 18:15
18:15 Semua yang terdahulu lahir dari kandungan segala yang hidup, yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN, baik dari manusia maupun dari binatang, adalah bagianmu; hanya haruslah kamu menebus anak sulung manusia, juga anak sulung binatang yang najis haruslah kamu tebus.

5 syikal itu sama dengan korban 10 orang. Jadi 1 anak sulung perbandingannya 10 orang yang bukan anak sulung. Bayangkan, luar biasa kalau kita menempatkan diri sebagai anak sulung yang selalu mempersembahkan korban dan mendahulukan Tuhan. Saudara perbandingan 1 banding 10. Berarti saudara jelas-jelas dibungkus dan disaluti dengan angka 10, berarti dilingkupi, dibungkus dan disaluti dengan Firman sepenuh.
Keluaran 30:13
30:13 Inilah yang harus dipersembahkan tiap-tiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu: setengah syikal, ditimbang menurut syikal kudus -- syikal ini dua puluh gera beratnya --; setengah syikal itulah persembahan khusus kepada TUHAN.

Anak yang selalu memahami dirinya bagaikan korban yang diunjuk-unjuk dengan praktek suka memberikan persembahan yang kudus bagi Tuhan yang ditimang-timang, maka dia disaluti oleh angka 10, itulah angka Firman. Ini luar biasa. Untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus memang betul-betul orang pilihan. Kita hadir di sini, bawalah dirimu menjadi orang pilihan. Artinya kalau saudara orang pilihan praktekkanlah Firman.

Ini cara Tuhan bagaimana gereja Tuhan tahu persis apa yang menjadi selera Tuhan sehingga dia bisa mempersembahkan yang kudus bagi Tuhan. Bagaimana dia bisa mempersembahkan persembahan yang kudus? Karena diawali dengan persekutuan dengan roti sajian, dia paham dia orang berdosa, dia paham dia orang yang bersalah sehingga ada korban Kristus baginya.

Orang yang melayani di kemah pertemuan (tubuh Kristus), orang itu berhak menerima balas jasa dari Tuhan. Tuhan akan membalas pelayanannya, tidak akan dibiarkan oleh Tuhan. Kalau jadi hamba Tuhan ragu-ragu, berat kehidupan seperti itu. Dalam penjelasan korban penghapus dosa, yang dikedepankan adalah jaminan bagi yang melayani.
Imamat 6:25
6:25 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya: Inilah hukum tentang korban penghapus dosa. Di tempat korban bakaran disembelih, di situlah harus disembelih korban penghapus dosa di hadapan TUHAN. Itulah persembahan maha kudus.

Tuhan kedepankan jaminan bagi yang mau melayani. Tidak perlu kita berusaha mencari tambah-tambahnya ketika kita melayani. Kalau masih ada pekerjaan sambilan itu salah, itu berarti melayani dengan keringat, berarti melayani dengan daging. Dalam kitab Yehezkiel dikatakan imam tidak boleh berkeringat. Artinya hamba Tuhan tidak boleh melayani dalam tanda daging.
Yehezkiel 44:18
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan, tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.

Kalau bicara soal berkeringat, saya yang berdiri di belakang mimbar ini yang paling berkeringat. Tetapi artinya jangan kita berbau daging, jangan pelayanan bermotivasi daging. Kalau kita melayani Tubuh Kristus, kalau bisa yang kita layani itu 100% menjadi Tubuh Kristus. 1 orang saja yang kita layani itu menjadi tubuh Kristus, berarti itu sudah tanda keberhasilan.

Bilangan 18:16-18
18:16 Mengenai uang tebusannya, dari sejak berumur satu bulan haruslah kautebus menurut nilainya, yakni lima syikal perak ditimbang menurut syikal kudus; syikal ini dua puluh gera beratnya.
18:17 Tetapi anak sulung lembu, domba atau kambing janganlah kautebus; semuanya itu kudus; darahnya haruslah kausiramkan pada mezbah dan lemaknya kaubakar sebagai korban api-apian menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN;
18:18 tetapi dagingnya adalah bagianmu sama seperti dada persembahan dan paha kanan.

Melayani Tuhan kalau tahu teknisnya, mengerti program Tuhan, tidak perlu lagi diragukan. Kita yang melayani, utamakanlah paha depan. Biarlah rongga dadamu, paru-parumu, jantungmu persembahkan kepada Tuhan.

Bilangan 18:19
18:19 Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."

Inilah daftar persembahan yang kudus bagi Tuhan. Tiga korban yang pertama itu adalah dasarnya. Korban penebus dosa dan korban karena salah itu adalah Korban Kristus, korban sajian itu Firman Tuhan. Andaikata tidak ada korban Kristus dan Firman pengajaran, kita tidak bisa mempersembahkan yang kudus bagi Tuhan. Kalau korban Kristus dan Firman pengajaran tidak ada bagaimana kita bisa ada dalam perhimpunan anak-anak sulung di Yerusalem Sorgawi. Semua ini adalah jaminan bagi yang melayani. Karena Tuhan mengatakan ada perjanjian yang digarami.

Kita lihat bentuk-bentuk persembahan yang lainnya, yang tadi itu baru dalam bentuk natura.
Bilangan 18:20
18:20 TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.

Jadi sebagai pelayan yang melayani pekerjaan Tuhan, hidup itu tidak boleh ada pekerjaan sambilan. Tuhan pasang badan menjadi milik pusaka saya. Masakan Tuhan menciptakan langit dan bumi serta segala isinya lalu tidak mau mempedulikan saya. Saya pasti dipedulikan karena saya melayani di kemah pertemuan, melayani dalam wilayan pembangunan Tubuh Kristus, melayani untuk membawa gereja menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Itu tugas tanggung jawab kami.

Dalam khotbah bapak Pdt. Pong Dongalemba tahun 2001 di Pekanbaru, beliau dengan tandas mengatakan “kalau ada di sini pendeta-pendeta, ephorus-ephorus yang masih kerja sambilan, lebih baik berhenti jadi hamba Tuhan! Kalau alasanmu supaya ada buat anak-anakmu, berhenti kerja buat Tuhan, kerja saja buat dunia!”.

Bilangan 18:21
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Persembahan yang dikuduskan oleh umat ini termasuk perpuluhan. Di sini seringkali kalang kabut padahal inilah cara Tuhan untuk melepaskan kita dari mamon. Padahal Tuhan katakan jangan berpegang pada kedua-duanya. Kalau mau pegang Tuhan, lepaskan mamon. Untuk membuktikan bahwa kehidupan itu lepas dari mamon maka kita harus bisa mengembalikan perpuluhan. Inilah yang berat sekali, apalagi kalau dapat penghasilan 100 juta dan mau keluar perpuluhan 10 juta. Dia hitung-hitung pakai kalkulator lalu dia suruh isterinya hitung lagi jangan-jangan salah, padahal hatinya yang tidak bisa dilepaskan dari yang 10 juta itu, berarti dia bertuhankan dua. Akhirnya nanti dia gagal rohani untuk selama-lamanya.
Lukas 16:12
16:12 Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Orang lain yang dimaksud itu adalah Tuhan. Harta orang lain itu adalah miliknya Tuhan, itulah perpuluhan.

Lukas 16:13
16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Kalau dia mengasihi mamon, pasti dia benci Firman pengajaran. Kalau dia mengasihi Firman, pasti dia terlepas dari mamon, tidak terikat dengan itu.

Lukas 16:14
16:14 Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Dia.

Langsung prakteknya ayat 14. Kalau dia hamba uang, pasti dia benci Firman pengajaran.

Kalau kami memberitakan ini bukan tujuannya supaya kami punya uang. Tetapi tujuannya supaya saudara dibebaskan dari ikatan mamon sehingga saudara bisa fokus kepada Tuhan dan prakteknya bisa mempersembahkan persembahan yang kudus bagi Tuhan.

Bilangan 18:22
18:22 Maka janganlah lagi orang Israel mendekat kepada Kemah Pertemuan, sehingga mereka mendatangkan dosa kepada dirinya, lalu mati;

Yang bertugas di Tabernakel yang bernubuat tentang Tubuh Kristus atau mempelai wanita Tuhan, ada orang spesial yaitu hamba Tuhan. Hal ini tidak berubah. Sekalipun dalam Ibrani pasal 7 mengatakan karena imamatnya berubah maka peraturannya berubah, tetapi nuansa hukum ini tidak berubah.

Bilangan 18:24
18:23 tetapi orang Lewi, merekalah yang harus melakukan pekerjaan pada Kemah Pertemuan dan mereka harus menanggung akibat kesalahan mereka; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun. Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel,

Pelayan Tuhan ini harus menanggung baik kesalahannya sendiri maupun keselamatan umat.

Bilangan 18:24
18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."

Kalau pendeta mempunyai pekerjaan sambilan berarti dia salah menggunakan karunia yang Tuhan berikan kepadanya. Untuk itu kita perhatikan baik-baik, apakah kita umat Tuhan langkah kita menuju pada status mempelai wanita Tuhan. Siapa yang bertanggung jawab di situ? Hamba Tuhan, yang bertangung jawab di sini adalah saya. Apakah saya ada dalam hal ini yaitu mengarahkan jemaat pada status mempelai. Kalau tidak maka saya berbahaya. Saya akan tanggung kesalahanku dan kesalahan jemaat.

Contoh raja Zedekia waktu dikejar sampai di Ribla, lalu dia ditangkap bersama isteri, anak-anak dan pengawal-pengawalnya. Kemudian semua tentara dibantai, menyusul anak-anaknya dibantai di depannya kemudian isterinya dan akhirnya dia dicungkil kedua matanya dan dibawa ke Babel dengan rantai tembaga. Di sana dia hanya makan seperti anjing. Makan remah-remah roti dari meja tuannya, memalukan! Saya tidak mau menjadi Zedekia-Zedekia akhir zaman. Jemaat jangan mau menjadi anak buahnya Zedekia.

Jika jatuh dalam penggembalaan yang salah, berdoalah supaya Tuhan tunjukkan bagaimana seharusnya yang benar.

Kita baca bagaimana status Lewi ini tidak berubah.
Yeremia 33:19-21
33:19 Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
33:20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
33:21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.

Kalau disimpulkan jika siang menjadi malam dan malam menjadi siang maka Tuhan bisa merubah perjanjianNya kepada Daud dan kepada orang-orang Lewi. Tuhan tidak akan ingkar janji, Tuhan tidak akan membohongi orang yang mau melayani di kemah pertemuan. Seandainya Tuhan itu berdusta, saya berhenti menjadi hamba Tuhan! Seandainya Tuhan itu pernah berbohong, saya berhenti menjadi hamba Tuhan!

Yeremia 33:22
33:22 Seperti tentara langit tidak terbilang dan seperti pasir laut tidak tertakar, demikianlah Aku akan membuat banyak keturunan hamba-Ku Daud dan orang-orang Lewi yang melayani Aku."

Ini akan terus menerus, ibarat 1 mati tumbuh seribu. Ini rencana Tuhan dan tujuannya agar gereja Tuhan terbentuk menjadi Mempelai WanitaNya. Apakah saudara ada kerinduan hati ke sana.

Mulailah dari pemahaman apa korban-korban yang kudus bagi Tuhan yang umat persembahkan kepada Tuhan. Bagian itu tadi sudah kita baca dan sudah kita lihat dan itu belum selesai. Imam yaitu hamba Tuhan harus wajib mempersembahkan perpuluhannya dan berkat yang dia terima, dia harus mempersembahkan itu.

Persembahan yang saudara persembahkan itu bagi Tuhan, kami juga hamba Tuhan harus mempersembahkan bagi Tuhan. Jangan ada tuhan lain. Saudara lebih memprioritaskan organisasi dari pada Tuhan. Tidak ada disebutkan persembahan yang kudus bagi organisasi tetapi bagi Tuhan! Kalau dikatakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi itu dari Tuhan maka saya pasti tunduk. Tetapi itu bukan dari Tuhan. Kalau saudara berkorban sepeti itu berarti saudara akui itu dari Tuhan. Organisasi itu mati, yang hidup adalah organisme.

Umat Tuhan harus paham apa korban yang kudus bagi Tuhan. Hamba Tuhan harus paham apa korban yang kudus bagi Tuhan. Lebih berat lagi, hamba Tuhan harus bertanggung jawab jangan salah memanfaatkan.
Imamat 22:1-2
22:1 TUHAN berfirman kepada Musa:
22:2 "Katakanlah kepada Harun dan anak-anaknya, supaya mereka berlaku hati-hati terhadap persembahan-persembahan kudus yang dikuduskan orang Israel bagi-Ku, agar jangan mereka melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus; Akulah TUHAN.

Di sini harus ada kehati-hatian. Jemaat yang mempersembahkan persembahan kudus kepada Tuhan dan Tuhan berikan kepada kami, kami harus hati-hati dalam penggunaan. Kalau saudara mengatakan organisasi itu buatan Tuhan, jangan protes anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang baru! Itu sebabnya saya katakan ini pasal yang berat untuk saya sampaikan.

Imamat 22:15
22:15 Janganlah pada imam melanggar kekudusan persembahan-persembahan kudus orang Israel yang telah dikhususkan bagi TUHAN,

Ini korban kudus bagi Tuhan, jangan kamu langgar. Jangan membiayai diktator, jangan membiayai pemimpin otoriter!

Imamat 22:16
22:16 karena dengan demikian mereka mendatangkan kepada orang Israel kesalahan yang harus ditebus, apabila mereka memakan persembahan-persembahan kudus mereka, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka."

Jemaat, Tuhan yang menguduskan kalian sehingga kalian mempersembahkan bagian yang kudus bagi Tuhan. Itu semua karena ada korban sajian (Firman Tuhan), korban penghapus dosa dan korban penebus salah (Korban Kristus) Jangan sampai saudara tersendat di tengah jalan tidak menjadi Mempelai Wanita Tuhan gara-gara saya yang melakukan kesalahan.

Bapak-bapak, ibu-ibu, anak muda remaja yang ada di sini, Tuhan katakan “Akulah Tuhan yang menguduskan kamu”. Bagaimana kalau kami hamba Tuhan berbuat sewenang-wenang. Mau ke mana jemaat dibawa? Hamba Tuhan bertanggung untuk membawa saudara menjadi mempelai wanita isteri Anak Domba Allah. Mempelai Laki-laki sudah dekat untuk menjemput Mempelai WanitaNya.
Jangan sampai saya membiayai diktator/ otoriter yang main ancam mengancam!
Markus 10:40-42
10:40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."
10:41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.
10:42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.

Zaman Yesus memang ada diktator. Zaman sekarang ini memang ada juga diktator tetapi tidak semua pemerintah itu diktator.

Markus 10:43-44
10:43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
10:44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

Sekarang rohnya pemerintah yang menjalankan kuasa dengan keras ini masuk dalam organisasi, kemudian anda yang biayai! Jangan sampai kita salah memanfaatkan persembahan yang jemaat kuduskan bagi Tuhan yang Tuhan berikan kepada kita.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar