20180525

Kebaktian Peneguhan nikah, Jumat 25 Mei 2018 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

I Petrus 3:7
3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Tersirat pada ayat ini bahwa ibadah dan nikah tidak dapat dipisahkan. Jika nikah itu tidak benar akan mempengaruhi ibadah. Kalau mempengaruhi ibadah, berarti hubungan vertikal dengan Tuhan terganggu. Nikah tidak hanya diisi dengan hawa nafsu daging.
Maleakhi 2:12
2:12 Biarlah TUHAN melenyapkan dari kemah-kemah Yakub segenap keturunan orang yang berbuat demikian, sekalipun ia membawa persembahan kepada TUHAN semesta alam!

Persekutuan nikah itu adalah persekutuan daging dan roh. Dan yang Tuhan cari adalah keturunan Ilahi, berarti yang rohani. Itu sebabnya nikah itu tidak bisa terpisah dengan ibadah. Ibadah tidak bisa terpisah dengan nikah.

Tuhan menekankan melalui rasul Paulus bahwa nikah, doa dan ibadah itu benar-benar satu.
I Korintus 7:4
7:4 Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

Ini hubungan yang begitu akurat tentang nikah, tidak bisa terpisah.
I Korintus 7:5
7:5 Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

Ketetapan Firman Tuhan, jika menceraikan nikah sama seperti memenggal tubuh dan kepala. Itu adalah perbuatan keji di hadapan Tuhan. Kalau seperti itu bagaimana kita mau jumpa dengan Dia/ Yesus kepala gereja, dan Dia berkata “Aku penebusmu, suamimu”. Bagaimana kita bisa sampai di sana kalau kita tidak peduli soal ini. Kalau itu sudah terjadi segera rekonsiliasi dengan Tuhan karena ada Yesus Imam Besar yang akan memercikan darahNya dan memberikan pengampunan. Jangan bawa-bawa masalah ini sampai ke liang kubur. Itu berarti kehidupan itu menutup sorga bagi dirinya sendiri.
I Korintus 7:5 ini hanya disebutkan doa, tetapi dalam terjemahan aslinya dan terjemahan bahasa Inggris disebut fasting artinya berpuasa.
I Corinthians 7:8
7:5 Defraud ye not one the other, except it be with consent for a time, that ye may give yourselves to fasting and prayer; and come together again, that Satan tempt you not for your incontinency.

Dalam bahasa Alkitab puasa itu disebut nistio atau nistia yang artinya pantang dalam segala hal yang sifatnya hawa nafsu. Kalau selama ini tidak belajar soal pantang dan akhirnya menyebabkan hal-hal yang menyayat hati, maka sekarang Yesus memberikan pengampunan bila kehidupan itu mau merendahkan diri di hadapan Tuhan.
Lukas 24:47
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Orang yang berdoa dan beribadah berarti sadar hidupnya hanya terpergantung pada Tuhan. Napas hidup kita ada dalam genggaman Tuhan. Tidak ada orang yang kuat di dunia ini. Olehnya jangan kita mengandalkan diri dengan kemampuan yang ada pada kita, bersandarlah kepada Tuhan lewat doa, ibadah dan puasa.

Dorkas dalam bahasa Alkitab artinya rusa. Zipora artinya burung kecil. Rusa itu tidak punya empedu, artinya tidak ada kepahitan hati. Jadi kalau Dorkas ada kepedihan hati berarti dia bukan sesuai dengan namanya. Merpati juga tidak ada empedunya. Zipora artinya burung kecil. Ketika subuh-subuh kita lihat burung kecil sudah berciap-ciap memuji Tuhan penciptanya. Makanya Pora, subuh-subuh lipatkan lututmu menyembah Tuhan dan melayani nikahmu dan orang tua. Kalian berdua nama bagus, jangan hanya indah kabar dari rupa tetapi mana prakteknya.

Kenapa ibadah dan nikah tidak bisa dipisahkan? Dalam Wahyu 22:3 kita lihat ibadah itu tidak pernah berakhir bahkan sampai di sorga. Kalau di bumi saja sudah tidak beribadah bagaimana mau ada di sorga.
Wahyu 22:3
22:3 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,

Kemudian bagaimana dengan nikah? Nikah jasmani di dunia ini akan berakhir dan beralih pada nikah yang rohani antara Kristus Yesus dan gerejaNya. Dia suami kita, Dia kepala kita, Dia belahan jiwa kita dan gereja Tuhan belahan jiwaNya. Jadi ibadah dan nikah tidak berakhir begitu saja. Memang nikah jasmani akan berakhir di dunia ini tetapi akan berubah menjadi nikah yang rohani.

Yesus telah memiliki mempelai wanitaNya dan siap digelar pesta nikah Anak Domba Allah. Hanya 5 anak dara yang bijak yang bisa masuk dalam pesta nikah. Yang bodoh tidak bisa masuk ke sana.
Orang bijak kalau dinasihati dia terima. Orang bodoh kalau dinasihati jangan harap dia mau dengar. Tetapi orang bijak akan menerima nasihat apalagi nasihat Firman.
Amsal 9:9,8
9:9 berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.
9:8 Janganlah mengecam seorang pencemooh, supaya engkau jangan dibencinya, kecamlah orang bijak, maka engkau akan dikasihinya,

Jika orang bijak itu dikecam, dia tambah bijak. Tetapi coba kecam orang bodoh, dia mengamuk dan tidak bisa terima. Kalau dinasihati bapa dan ibu kemudian berontak maka siap baginya pintu sorga tertutup. Hidup kita hanya transit di dunia ini, hanya singgah sementara. Tetapi ada dua arah yang dituju, Babel atau Yerusalem Baru. Yerusalem Baru adalah tempat orang bijak.

II Timotius 3:2
3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,

Dari 18 dosa akhir zaman, 6 dosa pertama melawan Allah Bapa, 6 dosa yang di tengah melawan Anak Allah, 6 dosa yang terakhir melawan Roh Kudus, sehingga menjadi 666. Salah satu dari 18 dosa itu adalah tidak tahu berterima kasih. Jadi orang yang tidak tahu berterima kasih akan mendapat cap 666.

Oka dan Zipora, hadirmu di dunia ini karena ada papa dan mama. Sudahkah kalian berterima kasih pada kandungan mamamu. Sengsara ibumu membawa engkau dalam kandungan selama 9 bulan, dapat dikatakan susah tidur. Kemudian kalian dilahirkan dan dibelai-belai oleh orang tua. Setelah jadi manusia kenapa orang tua hanya dilirik dengan sebelah mata saja. Di mana rasa terima kasihmu!

Jangan pikir kita akan berakhir begitu saja di dunia ini, seperti kata orang atheis mati lalu habis begitu saja, tidak! Ada kelanjutan kita di sorga, nikah dan ibadah itu ada kelanjutannya di sorga.

Mari kita perhatikan bagaimana Tuhan menciptakan nikah.
Kejadian 2:22
2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Hanya seorang perempuan, tidak dua orang. Kalau saja Tuhan tahu Adam itu butuh lebih dari seorang perempuan maka Tuhan akan berkata “ini yang pertama, Aku akan ciptakan lagi yang kedua atau yang kesepuluh”. Tetapi Tuhan hanya menciptakan seorang perempuan yang kemudian diberi nama Hawa. Itulah yang dibawa Tuhan kepada Adam yang pertama.
I Korintus 15:45
15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Yesus Adam yang akhir, berarti akan ada Hawa yang akhir. Itulah gereja Tuhan. Semoga sekarang adalah kesempatan merajut hubungan dengan Tuhan agar kalian menjadi Hawa yang akhir bagi Adam yang akhir (Yesus).

I Korintus 7:2
7:2 tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

I Tesalonika 4:4
4:4 supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,

Ini nikah yang dipersiapkan untuk masuk nikah yang rohani.

Saya sudah 40 tahun lebih dalam nikah. Sebagai hamba Tuhan, untuk dapatkan jodoh, saya doa puasa bertanya kepada Tuhan, Tuhan yang tahu siapa yang akan mendampingi saya. Bukan saya berdoa menulis nama seorang perempuan supaya jadi isteriku. Ternyata Tuhan kirim isteriku untuk mendampingi saya. Seandainya dia tidak berjiwa hamba Tuhan, maka ketika diizinkan harus menderita dalam pelayanan pasti dia minta pulang ke Makasar. Namun tidak ada terlontar bahasa keluhan dari mulut isteri saya. Itu menunjukkan itulah jodoh dan itulah isteri yang dikirim Tuhan untuk saya dan itulah yang seorang itu. Sekarang Oka, yang seorang itu adalah Pora, tidak ada Pora kedua. Kecuali meninggal salah satu, yang lain boleh menikah.

Nikah itu satu. Jangan sampai sekarang saya membaca ayat “apa yang dijodohkan tidak bisa dipisahkan manusia, kecuali maut”. Kemudian bercerai dan berikutnya dinikahkan lagi dengan yang lain lalu saya membaca ayat yang sama lagi. Itu berarti saya sudah dusta di hadapan Tuhan dan jemaat juga saya dustai.

Suami harus mengasihi isteri, sebab dia wadah yang lemah jangan dikasari, jangan dipecundangi. Karena Tuhan katakan “Aku benci kekerasan, Aku benci pengkhianatan, Aku benci perceraian”.
Maleakhi 2:16
2:16 Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel -- juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Kita punya Alkitab sama, tetapi kadang prakteknya beda!

Ibrani 13:4
13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Kedua mempelai perhatikan, jangan tidak menghormati nikah, tidak menghormati tempat tidur. Isteri itu bukan tempat pelampiasan hawa nafsu. Apa yang sudah salah masa-masa silam, selesaikan. Tangan Tuhan siap untuk memberikan suatu jamahan untuk berubah.

Setelah Adam telah menerima yang diberikan oleh Tuhan yaitu Hawa, maka komentar Tuhan adalah “amat baik”. Setelah nikah diciptakan oleh Tuhan di ujung hari keenam dalam minggu kejadian maka Tuhan berkata “amat baik”.
Kejadian 1:31
1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Sejak Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, Tuhan memulai minggu ketebusan. Kita ada di ujung hari yang keenam minggu ketebusan dan sudah mau masuk hari ketujuh yaitu kerajaan 1000 tahun. Di ujung hari keenam minggu ketebusan ini Tuhan menciptakan sepasang nikah, itulah Yesus dan gereja Tuhan yang menghormati Firman, menghormati nikah. Jika antikristus datang maka kita akan direbut oleh Tuhan dan disingkirkan jauh dari mata ular.

Apa kata Adam ketika perempuan itu dibawa kepadanya? Inilah tulang dari tulangku, daging dari dagingku. Saya mau berkata kepada Oka, kalau Pora adalah daging dan tulangmu, bagaimana kita bisa berlaku kasar kepada daging dan tulang kita? Tentu tidak. Tulang itu adalah rangka bagi tubuh. Jadi ingat, nikah itu harus punya pendirian yang sama, jangan bertolak belakang. Daging dalam bahasa Alkitab, itu menunjuk ketaatan. Jadi harus buktikan bahwa Oka taat dan Zipora juga harus taat kepada Firman. Inilah nasihat Firman.

Efesus 5:29
5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Dalam bahasa Indonesia hanya mengasuh dan merawati. Tetapi pada bahasa asingnya ada 5 hal yaitu mengasuh, merawat, membela, menyelamatkan, melindungi. Jangan di lain hari berkata “rasakan kau!”. Itu berarti tidak bertanggung jawab. Suami harus bertanggung jawab.

Efesus 5:30
5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

Efesus 5:30 (Terjemahan Inggris)
5:30 For we are members of his body, of his flesh, and of his bones. (=daging dan tulangnya)

Yesus berkata gereja adalah tulangKu dan dagingKu. Kita berbahagia memiliki Yesus. Dia yang penuh kasih dan sayang. Dia tahu saya menderita sebab saya adalah daging dan tulangnya Yesus. Lipatkan lutut dan berdoa “Tuhan saya tulang dan dagingMu. Sebagaimana pendirianMu dan ketaatanMu saya mau belajar”. Itu yang dikatakan oleh Firman Tuhan.

Nikah yang dihormati itu jangan sampai dirusak.
Efesus 5:31-32
5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Ada dua rahasia Allah yang besar dalam Alkitab yaitu rahasia nikah dan rahasia ibadah, makanya tidak bisa lepas.

Siapa yang merusak nikah ini? Itulah iblis.
Kejadian 4:19
4:19 Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila.

Lamekh inilah yang pertama berpoligami. Sehingga apa yang terjadi? Dia adalah kehidupan yang pendendam. Lamekh akan membalas orang yang membuat dia bengkak sampai 70 kali 7 kali. Itu terjadi sebab ada yang tidak beres dalam nikah. Itu sebabnya jangan sampai ini terjadi dalam gereja Tuhan.

Tuhan membangun nikah. Tetapi iblis paling cemburu sehingga dia merusak nikah. Jangan kita ditipu oleh iblis bapa pembohong/penipu. Nikahmu yang sekarang diteguhkan, jangan sampai engkau ditipu oleh bapa pembohong dan penipu yaitu iblis.

Yang membawa Hawa kepada Adam adalah Allah. Bagaimana caranya kita gereja Tuhan mau dibawa kepada Yesus Adam yang akhir untuk menjadi seperti Hawa?
Yohanes 6:44-45
6:44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.
6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Jadi orang yang akan dibawa kepada Yesus, Adam yang akhir, Mempelai Laki-laki Sorga, Kepala gereja adalah orang yang terima ajaran Bapa, yang memiliki pengajaran Firman Tuhan yang menuntun perjalanan kehidupannya.
Yohanes 6:44-45
6:44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.
6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.
Setelah nikahmu diteguhkan siang ini, jangan sampai esok lusa sudah membelakangi pengajaran. Kalau seperti itu kalian berdua tidak akan ketemu dengan Yesus Adam yang akhir.

Pengajaran itu oleh Firman Tuhan disebut pengajaran yang besar dan mulia. Kenapa dikatakan besar? Karena membuka rahasia Allah yang besar yaitu nikah Kristus dan gereja. Kenapa dikatakan mulia? Karena kita mau dibawa duduk di pelaminan bersama Yesus secara rohani, bukan secara daging.
Wahyu 3:21
3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Kalau kalian mendengar Firman ini, Tuhan siap mengangkat nikahmu. Terima Firman Tuhan ke depan ini.

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar