20191211

Kebaktian Natal Patiwunga, Rabu 11 Desember 2019 Pdt. Bernard Legontu


TEMA: Kami datang untuk menyembah Dia

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Matius 2:2-6
2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Penampilan seorang pemimpin dan gembala, ini akan menghadapi raja Asyur yang mencoba untuk menginjak-injak Betlehem atau rumah roti. Gereja Tuhan yang menerima Firman (berarti menerima roti) benar-benar kehidupannya bukan berarti aman, sebab ada Asyur yang akan menginjak-injak. Tetapi dengan hadirnya gembala sekaligus pemimpin, itu akan menghajar bukan cuma Asyur tetapi juga Nimrod, berarti menghajar Babel.

Injil Matius dibuka dengan “kami datang menyembah Dia raja orang Yahudi”. Kemudian ditutup dengan menyembah.
Matius 28:17
28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Menyembah sama dengan menghamba. Dalam kata aslinya adalah prokoneho seperti anjing menjilat kaki tuannya. Itu yang Tuhan ingin di dalam gereja Tuhan jika kita mengaku Yesus adalah Raja, kita menempatkan diri di tempat yang paling rendah. Tuhan tidak senang jika kita ada roh keangkuhan atau kesombongan. Orang seperti itu tidak mungkin merendah seperti anjing menjilat kaki tuannya.

Pengertian kedua proskoneho sama dengan isteri menyerah sepenuh kepada suaminya. Gereja Tuhan disebut oleh Firman Tuhan bertunangan dengan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Yeremia 2:2
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.

Hosea 2:18
2:18 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.

Kita ini disebut calon Mempelai Wanita untuk Yesus, makanya kita disebut bertunangan dengan Yesus. Gereja diibaratkan perempuan yang bertunangan dengan Yesus. Mungkin bahasa ini langkah saudara dengar di gereja, tetapi ini ada di dalam Alkitab. Inilah Kabar Mempelai, untuk menggiring saudara untuk menjadi Mempelai. Berarti kita akan dilindungi oleh Tuhan, supaya kita dihindarkan dari 3,5 tahun aniaya antikristus yang tidak lama lagi menguasai seluruh dunia. Kopra saudara, ternak saudara, rumah saudara, kendaraan saudara, nanti semua disita oleh antikristus. Bagaimana nasib saudara kalau tidak mengerti. Itu sebabnya penampilan Tuhan Yesus dalam Injil Matius, Dia Raja yang patut disembah. Itu sebabnya orang Majus mengatakan “kami datang untuk menyembah raja orang Yahudi”. Ketika Dia bangkit dari kubur, murid-muridNya juga dikatakan datang menyembah.

Ini berarti Tuhan merindukan umatNya, Ia menempatkan diri di tempat paling rendah agar kita ditinggikan. Tetapi kalau kita datang beribadah dengan angkuh, merasa orang terhormat, mengentangkan pemberita Firman dan pelayan Tuhan, itu berarti dia tidak mengakui Yesus sebagai Raja. Mulutnya mengakui Tuhan tetapi sikapnya tidak, ini jangan terjadi di dalam kehidupan kita. Yesus tampil sebagai Raja berarti kita menghambakan diri.

Ada 6 arti kata hamba dalam bahasa aslinya:
1.      Ebed artinya ulet
Kita mengakui Yesus sebagai Raja, kita sebagai hamba. Tidak peduli bagaimana sulitnya situasi, kalau kita menghamba kepada Tuhan, kita pasti bekerja.

2.      Abad berarti hamba yang dapat dipercaya
Gereja Tuhan umat Tuhan, mulai dari kami pelayan Tuhan, Tuhan merindukan kita dapat dipercaya. Jangan bolong, jangan hilang kepercayaan Tuhan kepada saudara. Dalam hal ini, bicara tentang kepercayaan Tuhan, ruang lingkupnya luas. Tetapi saya tidak akan berakhir di situ, karena banyak hal yang Tuhan mau beri kepada kita sore ini.

3.      Shakir artinya selalu siap sedia memberi makan tuannya
Gereja Tuhan hari-hari terakhir ini, hampir-hampir dapat dikatakan waktumu tersita terlampau banyak sehingga kurang memberi makan tuanmu. Kalau orang lain, saudara bisa lihat setiap pagi dan sore mereka membawa sesajian. Kita tidak membawa sesajian tetapi apakah engkau menyerahkan hidupmu subuh, pagi, siang, sore atau malam. Tetapi jika diteropong oleh Tuhan, sudah langka orang Kristen untuk memberi makan kepada Tuhan. Memberi makan Tuhan itu artinya sama dengan melayani pekerjaanNya. Tidak hanya separuh jalan tetapi sampai tuntas.
Yohanes 4:34
4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Jadi umat Tuhan tidak ada yang vakum, tidak boleh seorangpun berdiam diri. Semua mau memberi makan Tuhan lewat pelayanan saudara, jangan hanya menonoton. Terlalu banyak yang tidak memberi makan Tuhan. Itu sebabnya banyak yang dipanggil, sedikit yang dipilih. Banyak umat Tuhan tetapi hanya sedikit yang menjadi Mempelai Wanita Tuhan, untuk disingkirkan. Saya tidak tega umat yang saya layani itu tertinggal dalam 3,5 tahun aniaya antikristus lalu dicungkil matanya oleh antikristus.

Dalam doa imamat Tuhan Yesus, Dia berkata:
Yohanes 17:4-5
17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Alasannya Yesus berdoa “kembalikan kemuliaan yang Aku miliki” sebab Dia telah mengerjakan pekerjaanNya sampai akhir. Jika saudara menghamba dan menyelesaikan pekerjaan maka kemuliaan Tuhan akan ada pada saudara. Sebagaimana Yesus dipermuliakan demikian juga tubuhNya akan dipermuliakan. Tuhan minta kemuliaan itu dikembalikan, tetapi kemuliaan itu dikembalikan karena Yesus menghamba kepada Bapa. Gereja Tuhan harus menghamba kepada Tuhan, ini yang harus kita lakoni di dalam kehidupan seiring menyambut Yesus yang tidak lama lagi datang. Lihat sekarang, terlalu banyak hal-hal yang mengejutkan di dunia. Ada hujan darah, hujan ikan, tiba-tiba sungai menjadi darah, dan banyak hal yang terjadi mungkin di sekitar saudara atau dalam kehidupan saudara pribadi. Ingat, itu nasihat dan peringatan Tuhan kepada kita bahwa Yesus sudah mau datang.

Tanda yang paling penting kedatangan Tuhan Yesus kedua kali bukan nanti melihat gunung terbelah atau terjadi hal-hal seperti itu. Melainkan jika di dalam gereja ada pembukaan rahasia Firman maka itu tanda khusus bagi gereja, tetapi kalau ibadah kita tanpa pembukaan rahasia Firman Allah, anda akan tersisih! Tetapi kalau kita dilayani lewat pembukaan rahasia Firman Allah, berarti saudara didorong untuk bertemu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Jadi dalam gereja itu bukan hanya sebatas upacara ibadah dan setelah pulang ibadah dia berkata saya sudah selesai ibadah. Seringkali dalam ibadah bukan sampaikan Firman tetapi hanya cerita yang duniawi. Dia katakan itu ibadah, padahal itu bukan ibadah! Itu hanya upacara yang duniawi. Orang yang beribadah seperti itu tidak dipersiapkan untuk bertemu Yesus. Kasihan nanti, hartamu disita antikristus, dirimu dianiaya, isterimu dirampas, anakmu diperlakukan kejam, apakah kita mau diperlakukan seperti itu? Olehnya di dalam gereja perlu Firman Tuhan diungkap bukakan rahasiaNya. Di dalam Alkitab ada 2 rahasia besar:
1)      Rahasia nikah Kristus dan gereja.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

2)      Rahasia ibadah
I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Inilah yang namanya shakir siap selalu melayani.

4.      Syarath artinya menghamba hanya kepada satu tuan
Kita tidak boleh menduakan Tuhan kita, hanya satu. Tetapi orang Israel menduakan Tuhan.
Zefanya 1:5
1:5 juga mereka yang sujud menyembah di atas sotoh kepada tentara langit dan mereka yang menyembah dengan bersumpah setia kepada TUHAN, namun di samping itu bersumpah demi Dewa Milkom,

Kita hanya menghamba kepada satu tuan yaitu kepada Tuhan Yesus, bukan kepada majikan yang lain. Sebab ada majikan lain yaitu mamon.
Lukas 16:13
16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Tidak sedikit pendeta-pendeta, selain dia melayani Tuhan, dia layani juga yang lain. Milkom itu dewa orang Amon, ada asytoret, ada baal. Untuk kita bukan itu yang menjadi berhala, tetapi kekerasan hati itu termasuk berhala. Orang keras hati itu disebut memiliki berhala.
I Samuel 15:23
15:23 Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja."

Isteri jangan keras hati, suami jangan keras hati, anak-anak jangan keras hati. Tuhan sampai menyebut berulang kali.
Yesaya 48:4
48:4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,

Sekalipun berkata selamat, tetapi kalau ada kekerasan hati maka Tuhan tidak akan mengampuni dosamu.
Ulangan 29:19-20
29:19 Tetapi apabila seseorang pada waktu mendengar perkataan sumpah serapah ini menyangka dirinya tetap diberkati, dengan berkata: Aku akan selamat, walaupun aku berlaku degil -- dengan demikian dilenyapkannya baik tanah yang kegenangan maupun yang kekeringan --
29:20 maka TUHAN tidak akan mau mengampuni orang itu, tetapi murka dan cemburu TUHAN akan menyala atasnya pada waktu itu; segenap sumpah serapah yang tertulis dalam kitab ini akan menghinggapi dia, dan TUHAN akan menghapuskan namanya dari kolong langit.

Ini jangan terjadi pada saudara, jangan ada yang keras hati. Kita mau mengabdi kepada satu majikan.

5.      Daulos artinya hamba yang tulus
Tulus di dalam ibadah, dalam pelayanan. Dalam nikah suami tulus kepada isteri, isteri tulus kepada suami, tidak ada simpanan. Suami terima gaji lalu dia serahkan utuh pada isterinya dan berkata “nanti keluarkan perpuluhan”. Kemudian isteri yang tulus itu berkata “saya terima utuh dari suami, nanti saya keluarkan perpuluhannya”.

6.      Huperetas artinya siap mati bagi majikannya
Itulah gereja Tuhan yang baik, itulah calon Mempelai Wanita Tuhan. Kalau isteri berkata kepada suaminya “pokoknya sehidup semati, mati bersusun bangkai”.

Dari Matius 2:1-6 ada 3 kelompok manusia di sana.
1.      Orang yang datang dari luar, yaitu orang Majus. Mereka ini datang mau menyembah raja orang Yahudi. Mereka mengatakan “dimana raja orang Yahudi yang baru lahir”. Seharusnya sudah menyentak hati orang Yahudi, orang luar datang menyembah, orang luar mengakui, kenapa saya yang di dalam tidak mengakui, padahal itu rajaku.
Matius 2:2
2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

Kalau melihat globe bisa saja kita bingung tentang bahasa ini. Bahasa aslinya adalah antoles heliou artinya tempat matahari terbit. Saudara lihat, kehidupan yang datang dari jauh untuk datang menyembah raja orang Yahudi, masakan orang Yahudi tidak terkejut. Orang jauh mau datang menghamba, kenapa umatNya malah kebalikan, umatNya malah berupaya membunuh! Sesuatu yang rancu, orang yang jauh mengakui Raja orang Yahudi yang baru lahir, orang Yahudi malah berniat membunuh. Ini bahasa rohani untuk kita. Saya katakan di dalam nama Yesus, agar kita orang yang sudah percaya, apalagi percaya Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga, ingat jangan sampai menjadi pembunuh Kabar Mempelai!

Memang terpenuhi mereka membunuh Yesus.
Matius 26:57-59
26:57 Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua.
26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu.
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati,

Mereka mencari kesaksian palsu hanya untuk memenuhi supaya Yesus dibunuh, sementara Yesus adalah Raja mereka.
Matius 26:66-67
26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!"
26:67 Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia,

Mereka meludahi Yesus, ini masih pagi hari, syukur-syukur kalau mereka pulang dari sikat gigi. Ludah tentara Romawi mendarat di wajah Yesus, bahkan imam-imam dan ahli Taurat meludahi Dia. Tega mereka menghina Raja orang Yahudi. Tidak lama lagi Yesus datang, Dia akan berkerajaan dan ditahbisan menjadi Raja dan raja-raja di bumi ini marah.
Mazmur 2:1-2
2:2 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya:

Dalam penglihatan Yesus bertanya kepada seorang kekasih “tahukah engkau darahKu itu keluar dari mana?” dia menjawab dari seluruh tubuhMu. Tetapi Yesus mengatakan “darah itu keluar dari mataKu, hidungKu, mulutKu, telingaKu” itu karena saya dan karena saudara. Kemudian kita tidak mau menghamba, tidak mau melayani Dia, tidak mau melihat darah yang keluar dari lubang hidungnya Yesus, dari mulutnya Yesus, dari telinganya Yesus, dari matanya Yesus karena dipukul dan ditinju oleh tangan prajurit Romawi. Tegakah saudara untuk membiarkan Yesus Rajamu, kemudian tidak mau beribadah, melayani dan mengasihi Dia.

Kelompok pertama itu datang dari jauh, mereka justru datang untuk menyembah. Layanilah Tuhan dengan sejahtera hati sampai garis akhir.

2.      Herodes
Tentu dia didukung oleh isteri serta anak-anaknya dan kalau ada saudara-saudaranya pasti dia didukung. Herodes ini adalah kelahiran Idumea, berarti dia bangsa Edom, keturunan Esau.
Matius 2:8
2:8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia."

Ini penyembah palsu. Dalam bahasanya ini menarik sekali. Seandainya dulu sudah ada wartawan, tentu langsung di cover “raja Herodes mau menyembah bayi Yesus”. Padahal bohong, ini penipuan. Di katakan “saya mau menyembah” tetapi pedang di belakangnya sudah terhunus untuk membunuh. Ini kepura-puraan Herodes dan roh ini jangan ada pada kita. Kelihatannya menyembah, kelihatannya memuja padahal di belakang sudah ada parang. Jangan kita ada pada kelompok Herodes. Sayapun sebagai hamba Tuhan tidak kebal dengan roh ini, bisa masuk jika tidak dipagari oleh pagar api dari sorga.

Mazmur 55:22
55:22 mulutnya lebih licin dari mentega, tetapi ia berniat menyerang; perkataannya lebih lembut dari minyak, tetapi semuanya adalah pedang terhunus.

Ini Herodes, penyembah munafik, penyembah palsu. Itu sebabnya dalam kelahiran Kristus, jika diperlihatkan ini, adalah cara Tuhan untuk kita bercermin. Karena Firman itu adalah cermin untuk melihat diriku dan diri saudara. Sehingga tidak ada yang disebut seperti mentega licin dan minyak lembut.

Seorang pemazmur merasa hal ini mengancam dirinya sehingga dia berdoa kepada Tunan.
Mazmur 140:1-5
140:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud.
140:2 Luputkanlah aku, ya TUHAN, dari pada manusia jahat, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan,
140:3 yang merancang kejahatan di dalam hati, dan setiap hari menghasut-hasut perang!
140:4 Mereka menajamkan lidahnya seperti ular, bisa ular senduk ada di bawah bibirnya. S e l a
140:5 Peliharalah aku, ya TUHAN, terhadap tangan orang fasik, jagalah aku terhadap orang yang melakukan kekerasan, yang bermaksud menjatuhkan aku.

Ini seruan seorang raja. Secara manusiawi apa yang dia takutkan sebab pasukan ada di belakangnya. Tetapi dia tidak berharap di situ, dia bersandar kepada Tuhan. Kadang kita tidak sadar, kita bersandar dengan kemampuan kita dan lupa bersandar kepada Tuhan. Jangan hal ini terjadi dalam kehidupan kita.

3.      Imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan bangsa Yahudi
Ini adalah orang yang dekat dengan Raja mereka. Setelah Herodes bertanya kepada mereka, keluar itu Firman Allah, bahkan mereka hafal itu Firman. Mereka ini tahu Firman, tetapi Firman itu tidak mereka lakukan. Ada orang yang mengatakan saya tahu Firman Tuhan, tetapi mana bukti kerendahan hatimu! Tujuan membaca dan tahu Firman adalah:
Ulangan 31:11-12
31:11 apabila seluruh orang Israel datang menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, maka haruslah engkau membacakan hukum Taurat ini di depan seluruh orang Israel.
31:12 Seluruh bangsa itu berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, dan orang asing yang diam di dalam tempatmu, supaya mereka mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, dan mereka melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini,

Matius 2:5-6
2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Mereka ini membaca Firman tetapi bukan takut akan Tuhan tetapi berupaya mau membunuh Firman, karena Yesus adalah Firman yang menjadi manusia. Kita ini baca Firman, apalagi natal begini sampai ibu-ibu bertanding mau baca ayat. Ini pemimpin mereka dan mereka ini ada di Yehuda, Betlehem hanya 15Km dari Yerusalem. Predikat Betlehem di sini adalah Betlehem Yehuda.
Matius 2:6
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Mereka ada di Yehuda bahkan di ibu kota Yehuda yaitu Yerusalem. Adalah rancu, mereka tahu Firman, tahu bahwa itu raja mereka, orang lain datang menyembah tetapi mereka tidak datang menyembah, tidak mau merendahkan diri. Dijauhkan Tuhan jangan itu terjadi dalam diriku.

Dalam Nehemia pasal 9 dan Ezra pasal 10, di halaman Bait Allah mereka duduk mendengar Firman sambil hujan deras turun. Mereka mendengarkan Firman sampai menggigil. Sampai jemaat bukan hanya menggigil karena hujan tetapi karena mendengar Firman.
Nehemia 9:3
9:3 Sementara mereka berdiri di tempat, dibacakanlah bagian-bagian dari pada kitab Taurat TUHAN, Allah mereka, selama seperempat hari, sedang seperempat hari lagi mereka mengucapkan pengakuan dan sujud menyembah kepada TUHAN, Allah mereka.

Ezra 10:9
10:9 Lalu berhimpunlah semua orang laki-laki Yehuda dan Benyamin di Yerusalem dalam tiga hari itu, yakni dalam bulan kesembilan pada tanggal dua puluh bulan itu. Seluruh rakyat duduk di halaman rumah Allah, sambil menggigil karena perkara itu dan karena hujan lebat.

Ini zaman Nehemia, saat itu umat Tuhan sudah kapok di buang ke Babel. Akhirnya mereka rela dengar Firman 1/4 hari berarti 3 jam. Dan 1/4 hari alias 3 jam mereka mengaku dosa di hadapan Tuhan dan sujud menyembah Tuhan. Berarti menjilat kaki tuannya dan mempersembahkan hidup kepada Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, suami mereka.

Sebaliknya imam-imam malah berniat untuk membunuh. Padahal sudah betul mereka menjawab orang yang bertanya ini. Sebab mulut imam adalah tempat bertanya Firman.
Maleakhi 2:7
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

Kalau dilihat di sini, imam-imam ini sudah tepat. Masalahnya mereka ada Firman di mulut tetapi tidak mau datang menyembah Tuhan. Mereka cuma menjadi Kristen calo di terminal. Ayo Tentena, Tentena, Tentena, tetapi mereka tetap di terminal.

I Petrus 3:15
3:15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

I Petrus 3:15 (Terjemahan Lama)
3:15 Kuduskanlah di dalam hatimu Kristus itu menjadi Tuhan, dan hendaklah bersedia senantiasa memberi jawab kepada tiap-tiap orang yang menanya kamu dari hal pengharapan yang ada kepadamu, tetapi dengan lemah lembut dan hormat,

Bukankah ahli-ahli Taurat dan imam-imam mengharapkan datangnya Mesias. Sekarang Mesias sudah ada, orang dari jauh datang menyembah Raja itu, itulah Mesias. Tetapi imam-imam ini kenyataannya tidak punya pengharapan yang pasti.

Ketika Petrus dan Yohanes bicara di serambi Salomo, orang lumpuh disembuhkan oleh nama Yesus di serambi Salomo dan dia melompat-lompat, Petrus dan Yohanes berkata “kamu telah membunuh Pemimpin kepada hidup”.
Kisah Para Rasul 3:14-15
3:14 Tetapi kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, serta menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu.
3:15 Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Tega mereka, si penjahat mereka minta sebagai hadiah tetapi Pemimpin itu mereka bunuh!

Matius 28:17
28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Kita ada pada kelompok yang mana? Yang menyembah seperti orang Majus dan murid-murid atau kelompok Herodes dan imam kepala? Jangan kita ada pada kelompok yang terakhir.

Kita menyembah Raja di atas segala raja, Dia adalah pemimpin kepada kehidupan.
Matius 2:6
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Gembala yang baik menyerahkan nyawanya bagi domba-dombaNya namun rela mereka bunuh. Kita hadir malam ini mau menyembah Tuhan, saya juga mau melayani dan menyembah Tuhan. Bukan hanya saat ini tetapi kapan saja kita bisa menyembah Tuhan. Kita seperti ebed hamba yang ulet, abad hamba yang dapat dipercaya, shakir hamba yang setia memberi makan tuannya, syarath hamba yang mengabdi hanya kepada satu majikan. Kita juga doulos berarti tulus. Dan juga huperetas berarti sedia menyerahkan hidup tubuh, jiwa dan roh kepada Tuhan. Saya percaya saya melayani pemimpin kepada kehidupan. Oleh kedatangan Yesus kita dipindahkan dari dunia orang mati kepada dunia orang hidup.

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar