20121226

Kebaktian Natal Persekutuan di Tambu, Rabu 26 Desember 2012 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, saya bersama istri menyampaikan salam sejahtera kepada kita sekalian.

Lukas 2:1-2
1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.
2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.

Ini disebut sebagai pendaftaran di seluruh dunia. Sebenarnya kekuasaan kekaisaran Romawi belum mencakup seluruh dunia. Jadi kalau kita melihat ayat ini maka kalimat ini sebenarnya adalah nubuatan bahwa akan ada pendaftaran di seluruh dunia dan bukanlah pendaftaran secara lahiriah. Pendaftaran yang dimaksud adalah pendaftaran terhadap semua manusia di seluruh dunia untuk menunjukkan identitas dari mana dia berasal, menyatakan diri pengikut Kristus atau cuma samar-samar (asal-asal).

Memang bila kita mendengarkan Firman pengajaran berbeda suasananya dengan Firman penginjilan. Firman penginjilan adalah pemberitaan injil kepada orang yang ada di dalam kegelapan dosa untuk direkrut masuk dalam kerajaan terang Ilahi. Sesesudah direkrut maka harus ditingkat dengan Firman pengajaran yang mengajar bagaimana kehidupan tersebut berprilaku sebagai anggota kerajaan Allah. Tetapi banyak orang Kristen hanya puas dengan penginjilan. Bukan berarti salah namun kalau hanya berada pada sistem penginjilan saja maka kita tidak akan sampai pada apa yang disebut kesempurnaan rencana Tuhan.

Keduanya dibutuhkan dan memang suasananya berbeda. Penginjilan bersuasana sukacita sebab disertai dengan kuasa serta tanda-tanda mujizat. Tetapi ketika ditingkatkan pada Firman pengajaran maka suasananya adalah dukacita karena keinginan daging kita mulai disembelih oleh pedang Firman tetapi itu akan membawa kita untuk mendapat bagian dalam kekudusan Tuhan.
Ibrani 12:10-11 (Terjemahan Lama)
10 Karena mereka itu dengan sesungguhnya sudah mengajar kita di dalam sedikit masa sebagaimana yang tampak baik kepada mereka itu; tetapi Tuhan mengajar bagi faedah kita, supaya kita beroleh bahagian di dalam kekudusan-Nya.
11 Adapun segala ajaran bagi sementara ini belum mendatangkan sukacita, melainkan duka cita; tetapi kemudian kelak dikeluarkannya kebenaran akan buahnya, yang mendatangkan sentosa kepada orang yang mahir dengan ajaran itu.

Pendaftaran ini justru bertepatan dengan Firman yang menjadi manusia, itulah Yesus Kristus. Pendaftaran ini tidak akan menggemparkan, khususnya di wilayah Betlehem, bila tidak ada kisah sepasang nikah yang menjadi topik di dalam berita pendaftaran ini. Ini adalah panutan untuk kita. Dulu pendaftaran itu di dorong oleh kekuasaan kaisar Agustus untuk semua orang masing-masing kembali ke kota asalnya.

Pengertian nama Agustus adalah yang mulia, pengertian yang kedua adalah yang patut di hormati. Kita juga harus mendaftar sekarang untuk memperjelas identitas kita, apakah benar kita pengikut Kristus. Kekuasaan apa yang mendorong kita untuk mendaftar tentu saja yang kita hormati dan kita anggap mulia. Ajaran Tuhan itu adalah sesuatu yang mulia. Apakah ajaran Tuhan ini yang mendorong untuk kita mendaftar atau ada kekuasaan lain yang fana yang mendorong saudara?
Titus 2:10
jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Yesaya 42:21
TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Lukas 2:2
Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.
Pada kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama yang dibarengi dengan pendaftaran, ada disinggung tentang Siria yang merupakan wilayah bangsa kafir. Orang Siria ini disebutkan ketika awal Yesus memulai pelayananNya.

Matius 4:24
Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.
Orang Siria ini identik dengan orang yang buruk. Kehidupan kita bangsa kafir tanpa Yesus buruk di mata Tuhan. Tetapi pada awal pelayanan Tuhan Yesus orang yang buruk inilah yang ditolong oleh Tuhan. Dengan kata lain Allah tidak membiarkan seburuk apapun kehidupan kita sebab Dia mau merekrut kita untuk mendaftar menjadi warga kerajaan Allah.

Yesaya 52:14
Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia -- begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi --
Untuk menolong kita bangsa yang buruk ini maka Yesus rela rupaNya menjadi buruk. Kalau kita memahami pengorbanan Yesus sampai rela menjadi buruk supaya kita yang buruk bisa tertolong maka kita tidak akan main-main dalam ibadah dan pelayanan.

Yesaya 50:5-6
5 Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.
6 Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.

Kalau kita melihat sengsara yang Tuhan alami ini untuk mengangkat kita bangsa kafir yang buruk maka kita tidak akan bosan dan jenuh saat mendengarkan Firman pengajaran.

Berbicara rasul berarti berbicara Firman pengajaran
Kisah Para Rasul 2:42
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Pada konfrensi pertama para rasul di Yerusalem juga disinggung tentang Siria.
Kisah Para Rasul 15:23-24
23 Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: "Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari saudara-saudaramu kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain.
24 Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu dengan ajaran mereka.

Artinya di sini bangsa kafir yang sudah mengenal Tuhan disusupi ajaran lain yang membuat mereka gelisah (Taraszo) dan mengalami goncang (Anaskanazo).

Mengganggu pertumbuhan rohani
Taraszo = membuat keributan/menghasut.
Anaskanazo = memutar balikkan Firman.

Kalau Firman pengajaran yang sehat kemudian disusupi dengan ajaran yang tidak sehat akan menyebabkan keributan.

Kisah Para Rasul 15:28
Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Kepada bangsa kafir yang tadinya buruk namun telah ditolong oleh Tuhan ini ada empat hal yang diberikan penekanan yang bukan hanya merupakan keputusan hamba-hamba Tuhan tetapi juga merupakan keputusan dari Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 15:29
kamu harus menjauhkan diri dari 1makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari 2darah, dari 3daging binatang yang mati dicekik dan dari 4percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

Harus menjauhkan diri dari empat hal:
1.      Makan makanan yang dipersembahkan kepada berhala. Harus putus hubungan dengan berhala.
2.      Darah. Kalau melanggar hal ini dan tetap memakan makanan persembahan berhala dan makan darah berarti melawan keputusan Roh Kudus. Kalau melawan keputusan Roh Kudus berarti pendaftaranmu cacat.
3.      Daging binatang yang mati dicekik. Tidak boleh kita makan tetapi boleh dijual kepada orang asing.
Ulangan 14:21
Janganlah kamu memakan bangkai apa pun, tetapi boleh kauberikan kepada pendatang yang di dalam tempatmu untuk dimakan, atau boleh kaujual kepada orang asing; sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam air susu induknya."
4.      Percabulan. Artinya kita harus melepaskan diri dari roh Babel.
Wahyu 17:2,5
2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."

Zakharia 2:6-7
6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.
7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!

Apa yang kita temukan di Sion?
Mikha 4:2
dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Jadi lari ke Sion berarti lari pada Firman pengajaran yang sehat. Kalau menolak Firman pengajaran yang sehat maka akan mengejar hiburan yang sia-sia. Jangan hanya senang dengan pemberita yang suka melawak dari atas mimbar sebab itu tipuan dalam gereja.
Zakharia 10:2
Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala.

Mikha 4:3
Ia akan menjadi hakim antara banyak bangsa, dan akan menjadi wasit bagi suku-suku bangsa yang besar sampai ke tempat yang jauh; mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
Kehidupan yang mau menerima Firman pengajaran tidak akan lagi belajar perang berarti hidup dalam damai, rumah tangganya akan aman, tidak ada pertengkaran lagi.

Kisah Para Rasul 15:41
berangkatlah ia mengelilingi Siria dan Kilikia sambil meneguhkan jemaat-jemaat di situ.

Setelah Siria mendapat lawatan lewat surat dari para rasul mereka juga mendapat lawatan lewat kunjungan rasul Paulus. Artinya mereka mendapat lawatan Tuhan yang double. Ini kemurahan Tuhan bagi kita bangsa kafir, kita mendapatkan pelayanan Firman 2 kali lipat yang membawa kita untuk dua menjadi satu.

Kepada bangsa Israel Tuhan percayakan Firman. Tetapi rahasia Firman dibuka kepada kita bangsa kafir.
Kolose 1:27-28
27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Mazmur 47:19-20
19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Luar biasa perhatian Tuhan kepada kita bangsa kafir. Itu sebabnya Siria yang adalah wilayah bangsa kafir disinggung pada saat pendaftaran dan pendaftaran itu menjadi gempar karena ada Firman yang menjadi manusia itu Yesus yang datang pada kali yang pertama untuk merubah kita bangsa kafir yang buruk menjadi indah.
Efesus 2:13-15
13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Kita berbahagia memiliki Yesus dan berbahagia dimiliki oleh Yesus. Hubungan Yesus dengan gerejaNya adalah saling memiliki.

Kidung Agung 2:16; 6:3
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.
6:3 Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Kalau kita adalah pendaftar dalam kerajaan Sorga maka kita akan digembalakan oleh Tuhan di dalam kebenaran dan kekudusan.

Kalau kita melihat ini adalah lawatan Tuhan untuk meneruskan lawatanNya yang telah Dia lakukan saat awal pelayananNya di dunia (Matius 4:24). Artinya Tuhan tidak akan membiarkan kita bangsa kafir, tetapi Ia terus melayani kita sampai terwujud rencanaNya yang sempurna dalam gereja Tuhan. Tergantung kita mau menanggapi atau tidak. Tetapi rencana Allah buat bangsa kafir untuk menampilkan gereja Tuhan yang menjadi mempelai wanita untuk Kristus Yesus Mempelai Laki-laki Sorga tidak akan pernah berubah, Dia akan menemukan di tengah-tengah bangsa kafir.

Apakah kita benar sudah mendaftar untuk memberi kejelasan, supaya jangan kita menjadi Kristen yang samar-samar atau hamba Tuhan yang tidak jelas. Biarlah kita menjadi orang Kristen yang jelas di mata Tuhan.

Dalam pelayanan rasul Paulus yang terakhir, menjelang dia ditangkap di Yerusalem, dia menyempatkan diri untuk melayani orang-orang di Siria. Berarti pelayanan yang dahulu telah Tuhan Yesus letakkan pondasi di Siria diteruskan oleh rasul-rasul dan juga oleh rasul Paulus pada saat-saat terakhir pelayanannya.

Asia mendapat pelayanan rasul Paulus yang terakhir dan di Asialah khususnya Efesus rahasia Firman Allah dibuka dengan transparan kepada kita bangsa kafir. Di akhir zaman ini rahasia Tuhan dibuka di Asia lewat pengajaran Tabernakel yang diilhamkan kepada bapak Pdt. Van Gessel dan diteruskan oleh gereja Tuhan saat itu sehingga pengajaran ini menggelegar ke seluruh dunia. Ini adalah perhatian Tuhan kepada bangsa kafir di Asia dan jangan kita abaikan.

Kisah Para Rasul 21:3
Kemudian tampak Siprus di sebelah kiri, tetapi kami melewatinya dan menuju ke Siria. Akhirnya tibalah kami di Tirus, sebab muatan kapal harus dibongkar di kota itu.

Siria ini mendapat pelayanan hujan awal dan hujan akhir. Ini nubuatan bagi kita bangsa kafir bahwa Allah tidak hanya memberi kita hujan awal tetapi juga hujan akhir. Tuhan bukan hanya memberikan pelajaran mula-mula tetapi Firman pengajaran yang membawa kita pada kesempurnaan.
Ibrani 6:1 (Terjemahan Lama)
Sebab itu baiklah kita berhenti daripada menerangkan pengajaran Kristus yang mula-mula itu, langsungkanlah kepada kesempurnaan: Janganlah lagi kita membubuh alas, yaitu dengan pengajaran hal tobat daripada perbuatan yang membawa kepada mati, dan iman kepada Allah,

Jangan kita berhenti pada pelajaran mula-mula (hujan awal) tetapi harus meneruskan sampai pada kesempurnaan (hujan akhir). Bukan berarti pelajaran mula-mula itu salah, tetapi kalau itu terus yang dijejali dalam gereja Tuhan kapan bisa sampai pada kesempurnaan. Firman pengajaran itulah yang akan menghentar kita pada kesempurnaan.

Ulangan 11:14-15
14 maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,
15 dan Dia akan memberi rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang.

Tujuan hujan awal harus diteruskan pada hujan akhir adalah supaya ada gandum, anggur dan minyak yang menunjuk persekutuan anggota Tubuh Kristus yang erat (hubungan secara horizontal) dan kemudian ada persekutuan dengan Tuhan Yesus sebagai kepala (hubungan secara vertikal). Adanya hewan adalah untuk korban yang ada hubungannya dengan ibadah kepada Tuhan. Berarti terjadi persekutuan antara kepala atau suami itulah Yesus dengan gereja yang adalah tubuh atau istri dari Anak Domba Allah.

Pendafataran ini disebut seluruh dunia sebenarnya menunjuk pendafataran kita yang ada di seluruh dunia menjelang kedatangan Yesus yang kedua kali. Ke mana kita akan mendaftar? Ke Babel atau ke kota Yerusalem Baru. Kalau selama ini saudara mendaftar di Babel karena hidup dengan cara hidup Babel maka segera keluar dan alihkan ke Yerusalem Baru.

Mazmur 137:5
Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!

Tangan kanan kering adalah tanda hidup itu tidak ada hubungannya dengan Yerusalem Baru. Ketika Yesus masuk ke bait Allah maka di dalam ibadah ada orang yang mati tangan kanannya dan hanya tangan kirinya yang berfungsi.
Lukas 6:6,10
6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
6:10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.

Amsal 3:16
Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.

Tangan kiri itu adalah kekayaan dan kehormatan. Kalau dalam ibadah pelayanan hanya mencari kekayaan dan kehormatan itu berarti tangan kanan sudah mati. Orang yang seperti ini beribadah dan melayani tetapi tidak ada hubungannya dengan Yerusalem Baru. Orang yang mati tangan kanan ini mendapat perhatian khusus dari Tuhan. Dia disuruh untuk berdiri di tengah-tengah orang banyak. Sekalipun seperti dipermalukan tetapi dia tidak perduli. Dia percaya pada perkataan kuasa Firman sehingga tangan yang sudah mati tadi menjadi sembuh dan ada hubungannya dengan Yerusalem Baru. Itu sebabnya beribadahlah, layanilah Tuhan supaya kita ada hubungan dengan Yerusalem Baru. Jangan hanya dominan dengan perkara tangan kiri yaitu kekayaan dan kehormatan.

Wahyu 19:6-7
6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Menjelang pesta nikah Anak Domba Allah digelar maka 4 kali menggelegar kata Haleluya di Sorga. Sebagai pekabar Mempelai yaitu orang yang dipercayakan oleh Tuhan untuk menyerukan undangan untuk masuk dalam pesta nikah Anak Domba Allah, kita harus terus menyerukan kata Haleluya.

Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Berbicara Yerusalem Baru tidak bisa lepas dari Mempelai Wanita Tuhan. Itu sebabnya jangan sampai tangan kanan kita kering. Jangan sampai tidak ada lagi hubungan untuk menjadi mempelai wanita Tuhan.

Rekan-rekanku hamba Tuhan jangan kita abaikan panggilan Tuhan, sebagai gembala arahkanlah dirimu dan arahkanlah berapapun jemaat yang dipercayakan Tuhan kepadamu untuk dikaitkan masuk dan terdaftar di kota Yerusalem Baru. Betapa bahagia ketika Yesus datang menjemput kita semua oleh karena kita sudah dibasahi oleh hujan awal dan hujan akhir sehingga terjadi persekutuan yang erat antara sesama karena dipikat oleh Firman, Roh dan Kasih. Kemudian secara vertikal kita juga ada hubungan yang harmonis dan mesra dengan Tuhan.
Filipi 2:1-2
1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,
2 karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,

Biarlah kita sehati sepikir, jadilah anak Tuhan yang namamu terdaftar di Yerusalem Baru dan mulai dari Betlehem yang artinya rumah roti. Jangan mengecilkan Firman Allah, jadikalah Firman Allah itu suatu makanan yang lezat.
Mazmur 16:11
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Yesaya 55:1-2
1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!
2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Yang lezat itulah Firman Allah dan itu Tuhan berikan dengan cuma-cuma. Bukan berarti Firman Tuhan murahan sampai Tuhan memberikan secara gratis tetapi karena kita tidak sanggup untuk membayarnya.
Kita tidak bisa membayar korban Kristus, itu sebabnya Tuhan mengundang kita untuk menikmati Firman Tuhan dengan cuma-cuma.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar