20121202

Kebaktian Umum, Minggu 2 Desember 2012 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera saya sampaikan bersama istri kepada seluruh sidang jemaat kekasih Tuhan yang dikasihi oleh Tuhan.

Zakharia 1:3-4
3 Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.
4 Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN.

Kitab Zakharia dimulai dengan seruan dalam bentuk undangan Tuhan yang pada waktu itu diserukan kepada umat Tuhan. Kita juga adalah umat Tuhan, jadi undangan ini juga disampaikan kepada kita. Undangan ini disampaikan lewat suara Firman Tuhan. Jadi suara Firman yang kita dengar adalah suara yang mengandung undangan Tuhan.

Tuhan mengedepankan Firman kepada kita karena segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah oleh Firman. Apa yang kita nikmati, kita pakai, kita hirup dan segala-galanya adalah dari Firman.
Ibrani 11:3
Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Firman itu telah menjadi manusia.
Yohanes 1:14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Oleh karena itu betapa egoisnya manusia bila hanya senang kepada ciptaan Tuhan tetapi mengabaikan sang Pencipta. Itu sebabnya dalam kitab Zakharia ini Tuhan mengingatkan kita betapa pentingnya nilai Firman Tuhan dan oleh sebab Tuhan berpesan kepada gereja Tuhan agar jangan mengesampingkan Firman Tuhan dan hanya senang dengan ciptaan Tuhan.

Jangan kita berkata tidak ada Tuhan dan kalau kita mengakui ada Tuhan wajarlah kalau kita beribadah kepadaNya. Jangan hanya mencari apa yang Dia ciptakan. Apa yang Tuhan berikan kepada kita, kita nikmati dan kita kembalikan kepada Tuhan.
Roma 11:36
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Buktikan bahwa kita memiliki Pribadi yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya dan kita menikmati apa yang Dia ciptakan serta kita kembalikan puji kepada FirmanNya.
Mazmur 56:5&11
5 kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
11 Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,

Memuji Firman bukan tidak hanya sebatas tepukan tangan, goyangan badan dan nyanyian yang kita persembahkan, tetapi kalau kita memuji Firman berarti aliran Firman itu kita serap maka Firman yang kudus itu akan bekerja menyucikan kehidupan kita. Izinkan Firman itu menyucikan kehidupan saudara, itu berarti saudara sedang memuji FirmanNya. Kalau mengatakan memuji Firman namun hanya sebatas nyanyian maka akibatnya akan seperti ini:
Amos 8:3
Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."

Sebab tidak disertai dengan:
Amos 5:24
Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."

Mereka hanya terbatas pada hal-hal di bawah ini yang malah dicela oleh Tuhan.
Amos 5:21-23
21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Firman itu menyucikan kehidupan kita. Apalah arti kita menyanyi dan menari tetapi akhirnya hanya menghadirkan musibah dan menjadi ratapan. Mari kita menyanyi dan memuji Tuhan dengan gegap gempita namun harus dibarengi dengan  aliran kesucian Allah masuk dalam kehidupan saudara sehingga membersihkan apa yang kotor dan kita tampil tanpa cacat dan cela, menjadi Mempelai WanitaNya yang sempurna.

Yang harus kita lakukan adalah:
Efesus 5:26
untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

supaya bisa mencapai kesempurnaan.
Efesus 5:27
supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Tuhan memanggil kita untuk kembali sebab ada jarak antara kita dengan Tuhan. Namun Tuhan sudah menempuh sebagian dari jarak itu sehingga kita tinggal menempuh sebagian lagi dan bila kita juga mau kembali kepada Tuhan maka akan menjadi satu dengan Tuhan. Undangan ini bukan sekedar undangan biasa, ini undangan untuk dua menjadi satu, undangan mempelai.

Oleh karena perilakunya, maka nenek moyang Israel diibaratkan istri yang dikirimi surat cerai oleh Tuhan. Istri yang sudah jatuh dalam perzinahan ini Tuhan undang untuk kembali. Kenapa sampai Tuhan mengundang saudara? Sebab sangat besar gairah Tuhan terhadap kita.
Zakharia 1:14
Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,

Zakharia 1:14 (Terjemahan Lama)
Lalu kata malaekat yang berkata dengan aku itu: Berserulah engkau dan katakanlah: Demikianlah firman Tuhan serwa sekalian alam: Bahwa sangat berbangkitlah gairah-Ku akan Yeruzalem dan akan Sion.

Yeremia 3:6
TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana?

Dari ayat di atas terlihat sudah dua nabi yang dipakai oleh Tuhan untuk mengundang. Gereja Tuhan dibangun atas dasar nabi dan rasul.
Efesus 2:20
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Maksudnya di sini bukan person nabi dan rasul yang harus tampil dalam gereja tetapi yang dimaksud harus ada Firman nubuatan dan Firman pengajaran di dalam gereja Tuhan.

Yeremia 3:6-13
6 TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana?
7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat oleh Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia.
8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.
9 Dengan sundalnya yang sembrono itu maka ia mencemarkan negeri dan berzinah dengan menyembah batu dan kayu.
10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, demikianlah firman TUHAN."
11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar dari pada Yehuda, perempuan yang tidak setia itu.
12 Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya.
13 Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun, dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."

Tuhan ingin kita ada perdamaian kembali dengan Tuhan. Terlebih dahulu kita berdamai dengan Tuhan setelah itu berdamai dengan sesama. Itu tanda kita kembali kepada Tuhan. Sesudah Tuhan mengajak kita kembali maka Tuhan tidak akan membiarkan. Kalau kita mau kembali dan mengakui dosa-dosa kita maka Tuhan akan mendorong kita pada suatu sistem penggembalaan yang benar, yang sesuai dengan seleraNya.
Yeremia 3:14-15
14 Kembalilah, hai anak-anak yang murtad, demikianlah firman TUHAN, karena Aku telah menjadi tuan atas kamu! Aku akan mengambil kamu, seorang dari setiap kota dan dua orang dari setiap keluarga, dan akan membawa kamu ke Sion.
15 Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.

Kalau menerima ayat di atas dengan akal pikiran kita manusia, maka pasti tidak akan masuk akal sebab dikatakan akan diambil seorang dari satu kota dan dua dari tiap keluarga padahal dalam satu kota pasti ada banyak keluarga. Kita harus mendekati Alkitab dengan iman.

Maksudnya di sini adalah kota Yerusalem Baru yang hanya satu dan tidak ada yang lain. Kalau kita menanggapi Firman Allah dan mau kembali maka pelan dan pasti Tuhan akan mengusahakan  kita untuk memiliki pandangan yang satu yaitu Yerusalem Baru. Dua orang dalam satu keluarga berarti dua menjadi satu, Kristus Mempelai Pria Sorga menjadi satu dengan kita Mempelai WanitaNya untuk membentuk keluarga Allah.

Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Kehidupan yang memiliki roh Mempelai pasti mencari penggembalaan yang benar yang bersuasana mempelai.
Kidung Agung 1:7
Ceriterakanlah kepadaku, jantung hatiku, di mana kakanda menggembalakan domba, di mana kakanda membiarkan domba-domba berbaring pada petang hari. Karena mengapa aku akan jadi serupa pengembara dekat kawanan-kawanan domba teman-temanmu?

Pertanyaan untuk mencari penggembalaan ini muncul menjelang petang hari. Sekarang ini kita berada pada suasana petang hari menjelang datang kegelapan malam yang menunjuk datangnya masa 3,5 tahun antikris berkuasa oleh sebab itu harus segera mencari tempat penggembalaan yang benar agar tidak masuk dalam siksaan antikris.

Ada penggembalaan yang lain namun hanya bersuasana teman, tidak bersuasana mempelai. Carilah penggembalaan yang ada kabar mempelai di dalamnya, penggembalaan yang sesuai selera Tuhan.
Yeremia 3:15
Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.

Kita sekarang sudah ada dalam pengajaran jangan kita malah turun lagi pada berita penginjilan. Kalau dulu kita sudah menerima Firman penginjilan maka harus dilanjutkan pada Firman pengajaran jangan malah sudah berada pada pengajaran malah mundur lagi pada penginjilan. Lebih celaka lagi kalau sampai mundur pada penginjilan karena terpikat dengan mamon.

Ketetapan Tuhan terhadap seseorang bisa berubah kalau orang tersebut yang menyeleweng. Ketetapan Tuhan tidak akan berubah sekalipun orang lain berbicara miring terhadap orang yang menerima ketetapan Tuhan tersebut. Contohnya imam Eli yang sebenarnya telah mendapat ketetapan Tuhan bahwa ia dan keturunannya diangkat untuk melayani Tuhan turun temurun tetapi dia salah sehingga akhirnya ketetapan Tuhan dibatalkan.
I Samuel 2:30
Sebab itu -- demikianlah firman TUHAN, Allah Israel -- sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang -- demikianlah firman TUHAN --: Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah.

Demikian juga raja Yerobeam yang sebenarnya telah mendapat ketetapan bahwa dia dan keturunannya akan memerintah Israel tetapi karena salah akhirnya ketetapan Tuhan itu dibatalkan.
I Raja-raja 11:29-31,38
29 Pada waktu itu, ketika Yerobeam keluar dari Yerusalem, nabi Ahia, orang Silo itu, mendatangi dia di jalan dengan berselubungkan kain baru. Dan hanya mereka berdua ada di padang.
30 Ahia memegang kain baru yang di badannya, lalu dikoyakkannya menjadi dua belas koyakan;
31 dan ia berkata kepada Yerobeam: "Ambillah bagimu sepuluh koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu sepuluh suku.
38 Dan jika engkau mendengarkan segala yang Kuperintahkan kepadamu dan hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan apa yang benar di mata-Ku dengan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku seperti yang telah dilakukan oleh hamba-Ku Daud, maka Aku akan menyertai engkau dan Aku akan membangunkan bagimu suatu keluarga yang teguh seperti yang Kubangunkan bagi Daud, dan Aku akan memberikan orang Israel kepadamu.

Dua ciri dari penggembalaan oleh gembala-gembala yang diangkat oleh Tuhan, mereka akan menggembalakan dengan Pengetahuan dan Pengertian. Pengetahuan yang dimaksud disini bukan pengetahuan secara akal pikiran manusia. Yang dimaksud pengetahuan dan pengertian adalah yang sesuai Firman Tuhan.
Amsal 17:27;9:10
17:27 Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin.
9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Gembala terlebih dahulu harus mengenal Tuhan dengan benar supaya bisa memperkenalkan kepada sidang jemaat. Berpengetahuan dan berpengertian ini tujuannya adalah untuk membangun.
II Tawarikh 2:12
Lalu Huram melanjutkan: "Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi, karena Ia telah memberikan kepada raja Daud seorang anak yang bijaksana, penuh akal budi dan pengertian, yang akan mendirikan suatu rumah bagi TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri!

Jadi motivasi dalam pengembalaan adalah untuk membangun Tubuh Kristus yang disebut Mempelai Wanita Tuhan yang sempurna.

Yang menjadi biang keroknya sehingga Israel disebut perempuan murtad dan Yehuda disebut istri yang tidak setia adalah para gembala. Betapa pentingnya peran gembala di tengah-tengah sidang jemaat. Kalau gembala melakukan hal yang menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan akhirnya yang ia ajarkan juga akan menyimpang dan jemaat juga akan ikut.
Yeremia 2:8
Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi, dan para gembala mendurhaka terhadap Aku. Para nabi bernubuat demi Baal, mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

Bagaimana praktek gembala menjual domba dalam penggembalaan? Salah satunya dengan mengundang pengkhotbah untuk berbicara di dalam jemaat tanpa melihat lagi tahbisan dari yang orang tersebut sebab setelah itu gembala menerima berkat-berkat jasmani dari orang yang berkhotbah.
Zakharia 11:4-5,8
4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba sembelihan itu!
5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya.
8 Dalam satu bulan aku melenyapkan ketiga gembala itu. Kemudian aku tidak dapat menahan hati lagi terhadap domba-domba itu, dan mereka pun merasa muak terhadap aku.

Amos 8:5-6
5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,
6 supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?"

Perayaan bulan baru ini juga pernah dikisahkan dirayakan oleh Saul, Yonantan, Abner dan Daud namun Daud tidak hadir. Bulan baru dalam kisah ini adalah bulan kelepasan bagi Daud.
I Samuel 20:24-26,42
24 Sesudah itu bersembunyilah Daud di padang. Ketika bulan baru tiba, duduklah raja pada meja untuk makan.
25 Raja duduk di tempatnya seperti biasa, dekat dinding. Yonatan berhadapan dengan dia, Abner duduk di sisi Saul, tetapi tempat Daud tinggal kosong.
26 Dan Saul tidak berkata apa-apa pada hari itu, sebab pikirnya: "Barangkali ada sesuatu yang terjadi kepadanya; mungkin ia tidak tahir; ya, tentu ia tidak tahir."
42 Kemudian berkatalah Yonatan kepada Daud: "Pergilah dengan selamat; bukankah kita berdua telah bersumpah demi nama TUHAN, demikian: TUHAN akan ada di antara aku dan engkau serta di antara keturunanku dan keturunanmu sampai selamanya."

Dalam Amos 8 di atas terlihat mereka seperti masih rohani, masih berbicara bulan baru dan hari Sabat namun sebenarnya pelayanannya mengejar uang.

Zakharia 1:3
Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.

Biarlah kita menyadari bahwa posisi kita belum berada pada posisi yang sesuai dengan kehendak Tuhan, itu sebabnya Tuhan memanggil kita untuk kembali. Jangan abaikan suara panggilan Tuhan ini.

Yesaya 62:4-5; 54:5
62:4 Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab TUHAN telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami.
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Tuhan sebagai suami kita tidak tinggal diam, Dia sedang berkarya membangun sidang jemaatNya. Tuhan menyatakan diriNya sebagai suami kita, jangan kita khianati Dia. Jangan kita jauh dari Dia, mari kita kembali kepada Tuhan. Kalau sekarang kita sedang kembali maka biarlah kita mempercepat sebab waktu juga berjalan semakin cepat. Tuhan tidak akan menjatuhkan hukumanNya sebelum orang-orang pilihanNya benar-benar kembali padaNya.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar