20121223

Kebaktian PA, Minggu 23 Desember 2012 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, bersama istri saya sampaikan salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 2:2
Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.

Ini pendaftaran pertama kali yang mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Saat itu wilayah timur tengah merupakan bagian dari daerah jajahan kerajaan Romawi. Namun tidak seluruh dunia merupakan wilayah jajahan Romawi. Jadi ini bukan hanya merupakan catatan sejarah tetapi nubuatan bagi kita sekarang. Kita sekarang sedang didorong oleh satu kekuatan untuk mendaftarkan diri. Mendaftar adalah untuk menjelaskan identitas, menjelaskan keberadaan kita.

Yang mendorong manusia saat itu untuk mendaftar adalah wibawah dari Kaisar Agustus. Kaisar Agustus artinya yang patut dihormati, yang mulia. Ini adalah pembelajaran bagi kita bahwa ada kekuatan yang akan mendorong kita mendaftar. Terpergantung kekuatan yang mana yang kita hormati dan kita anggap mulia, itulah yang akan mendorong kita untuk mendaftar.
Roma 1:16
Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Kalau kita mendaftar karena kekuatan yang ditulis dalam ayat di atas yaitu kekuatan injil maka kita akan  terpelihara sebab berada pada kondisi dan identitas bahwa kita bukan Kristen samar-samar. Sekarang ini terlampau banyak hamba Tuhan yang tahbisan dan ibadahnya samar-samar, tidak jelas siapa yang mendorong dia beribadah. Dulu mereka mendaftar karena menghormati kaisar Agustus tetapi sekarang Firman Tuhan yang harus kita hormati karena Firman itu yang akan memelihara kita dan memberi kejelasan bahwa kita adalah warga kerajaan Sorga.

I Petrus 1:5                                       
Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.
Kekuatan Allah itu yang memelihara dan melindungi kita serta memberikan keselamatan yang akan datang itulah keselamatan dari siksaan antikris yang akan datang di depan ini.

Dalam Lukas 2  kaisar Agustus yang patut dihormati dan juga patut dimuliakan. Untuk kita sekarang apa yang kita muliakan, apa yang kita idolakan?
Titus 2:10
jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Yang pertama harus kita andalkan adalah injil dan yang kedua adalah ajaran. Ini yang akan mendorong kita untuk mendaftar.

Pendaftaran dalam Lukas 2:2 tidak akan menggemparkan dunia kalau tidak ada pendaftaran sepasang nikah Yusuf dan Maria yang mewujudkan Firman menjadi daging itulah Yesus. Demikian juga pendaftaran kita di akhir zaman akan mewujudkan Firman menjadi daging, itulah mempelai wanita Tuhan yang sempurna.

Lukas 2:1-2
1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.
2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.
Semua manusia di seluruh dunia akan mendaftar sebab didorong oleh kekuatan. Ada dua kekuatan yang mendorong untuk mendaftar. Yang didorong oleh injil dan Firman pengajaran pasti mendaftar di Betlehem. Yang didorong oleh iblis akan mendaftar di Babel. Agar identitas kita sebagai orang Kristen, sebagai anak Tuhan jelas maka kita harus mendaftar di Betlehem. Kalau mendaftar di Betlehem maka akhirnya akan sampai di kota Yerusalem.

Kita ingin berjumpa dengan Yesus Mempelai Pria Sorga, oleh sebab itu mari kita melihat teladan yang ditinggalkan oleh Yesus.
Roma 1:16
Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Jadi umat Tuhan harus berada di dalam wilayah injil, di dalam wilayah Firman Tuhan dan itulah yang mendorong kita mendaftar sampai di kota Yerusalem baru. Dan Injil yang adalah kekuatan Allah inilah yang memelihara kita.
I Petrus 1:5
Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Ketika gereja Tuhan terancam oleh antikris maka Tuhan datang merebut dengan segera dan menyingkirkan ke padang belantara. Orang yang dijaga oleh Injil ini adalah orang yang menjadikan Injil ini idolanya dan mendorong untuk mendaftarkan dirinya di Yerusalem baru.

Ke mana Yusuf dan Maria mendaftar? Ini harus kita ketahui karena ini adalah warisan yang ditinggalkan kepada kita untuk kita teladani.
Lukas 2:3-4
3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.
4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud --

Dahulu secara hurufiah mereka mendaftar di kotanya masing-masing. Sekarang secara rohani hanya ada dua kota itulah Babel dan Yerusalem Baru. Di Babel orang-orang dimanja. Jadi kalau kita hanya mencari untuk hidup ini dimanja, perasaannya manja, tidak bisa kesentuh sedikit, tidak bisa kesinggung itu ciri orang Kristen yang mendaftar di Babel. Jangan jadi orang Kristen yang manja seperti Babel.
Yesaya 47:8 (Keruntuhan Babel)
Oleh sebab itu, dengarlah ini, hai orang yang hidup bermanja-manja, yang duduk-duduk dengan tenang, yang berkata dalam hatimu: "Tiada yang lain di sampingku! Aku tidak akan jadi janda dan tidak akan menjadi punah!"

Kristen manja tidak mengerti apa itu Injil. Injil itulah kekuatan Allah untuk memolesi kita sehingga apa yang salah dalam dirinya dibentuk oleh Injil supaya kita mengalami keselamatan yang akan datang dan tidak bisa direkrut oleh antikris.
Lukas 2:4
Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud --

Yusuf dan Maria pergi ke Betlehem. Bet artinya Rumah dan Lehem adalah roti jadi Betlehem adalah rumah roti. Roti menunjuk Firman Tuhan. Daud lahir dari Betlehem dan berakhir di Yerusalem. Tuhan Yesus juga lahir di Betlehem dan berakhir di Yerusalem. Kita juga untuk bisa sampai di kota Yerusalem Baru harus berangkat dari Betlehem, harus mencintai Firman Tuhan.
Mazmur 16:11
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Wahyu 5:1
Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.

Yang ada ditangan kanan Bapa ada Firman yang selanjutnya diserahkan kepada Yesus dan dibukakan rahasianya. Jadi yang akan mendorong kita untuk mendaftar masuk kota Yerusalem Baru adalah Firman itu sendiri. Kalau tidak ada minat terhadap Firman berarti belum digembalakan oleh Tuhan. Kalau Tuhan menggembalakan maka Ia memberikan makan yang limpah itulah Firman Tuhan. Jangan sampai kita dirampas oleh iblis yang bertangan dingin dan kejam. Itu sebabnya Tuhan berkata orang yang Dia gembalakan ada dalam tanganNya dan tidak ada seorangpun yang bisa merampas.
Yohanes 10:27-28
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Kalau kita ada di Betlehem, ada di rumah roti, ada dalam penggembalaan Firman, pasti tidak akan binasa! Itu sebabkan jadikanlah Firman sebagai kegemaran kita.

Yesaya 55:1
Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

Disini Tuhan menawarkan makanan dan minuman yang gratis kepada  kita. Tuhan memberikan Firman secara gratis kepada kita bukan karena Firman itu murahan tetapi karena kita tidak bisa membeli Firman.
Oleh sebab itu mari kita hargai. Orang yang mendaftar di kota Yerusalem Baru pasti menghargai Firman ini dan satu waktu pasti bertemu dengan Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga di kota Yerusalem Baru.
Terima uluran tangan Tuhan yang memberikan perkara yang mahal kepada kita secara gratis. Tuhan memfasilitasi kita semua tanpa bayaran. Jangan tunggu suatu saat kita sendiri yang harus membayar seperti 5 anak dara yang bodoh tetapi pintu sorga sudah tertutup.

Kalau sekarang tidak mau menerima santapan dari Tuhan maka suatu saat Tuhan akan ubah hati orang itu untuk lapar dan mencari tetapi tidak akan mendapatkan lagi. Seperti binatang yang memanjakan perempuan Babel, suatu saat akan Tuhan ubah hatinya sehingga membenci wanita itu sehingga dia berbalik melawan, membunuh dan membakarnya.
Wahyu 17:16-17
16 Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu serta binatang itu akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api.
17 Sebab Allah telah menerangi hati mereka untuk melakukan kehendak-Nya dengan seia sekata dan untuk memberikan pemerintahan mereka kepada binatang itu, sampai segala firman Allah telah digenapi.

Yesaya 55:2
Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Apakah kita membelanjakan uang untuk mencari roti? Jangan sampai upah jerih payah yang kita terima tidak digunakan untuk mencari Firman. Sebab itu seriuslah beribadah dan melayani Tuhan karena harga yang dibayar untuk kita bisa beribadah dan melayani terlalu mahal.
Ibrani 9:14
betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Kapan Tuhan menyediakan sajian yang paling lezat? Saat Tuhan menggelar pesta nikah anak Domba Allah. Itu sebabnya dalam Matius 22 ketika Tuhan menggelar pesta maka telah dibukakan rahasia meja, namun ada orang yang menolak sajian dari Tuhan. Akhirnya kota mereka harus dibakar.
Matius 22:7
Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka.

Demikian juga Babel akan dibakar dalam satu jam saja.
Wahyu 18:8-10,16,19
8 Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat."
9 Dan raja-raja di bumi, yang telah berbuat cabul dan hidup dalam kelimpahan dengan dia, akan menangisi dan meratapinya, apabila mereka melihat asap api yang membakarnya.
10 Mereka akan berdiri jauh-jauh karena takut akan siksaannya dan mereka akan berkata: "Celaka, celaka engkau, hai kota yang besar, Babel, hai kota yang kuat, sebab dalam satu jam saja sudah berlangsung penghakimanmu!"
16 mereka berkata: "Celaka, celaka, kota besar, yang berpakaian lenan halus, dan kain ungu dan kain kirmizi, dan yang dihiasi dengan emas, dan permata dan mutiara, sebab dalam satu jam saja kekayaan sebanyak itu sudah binasa."
19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: "Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya semua orang, yang mempunyai kapal di laut, telah menjadi kaya oleh barangnya yang mahal, sebab dalam satu jam saja ia sudah binasa.

Kalau kita menjadikan Firman itu sebagai kegemaran kita maka itu tandanya kita mendaftar di kota Yerusalem Baru.
Wahyu 10:1-2
1 Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.
2 Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,

Ternyata kekuatan dari kitab yang kecil ini, yaitu Firman yang dibukakan rahasianya yang sering dikecilkan oleh manusia, memiliki kekuatan yang luar biasa yang sanggup menekan kekuatan antikris yang muncul dari dalam laut, kekuatan nabi palsu yang muncul dari dalam bumi dan kekuatan iblis yang ada di angkasa. Jadi kehidupan yang mendaftar di Betlehem kemudian menuju ke Yerusalem di dalam dirinya ada kekuatan Allah yang luar biasa lewat Firman yang dibukakan rahasianya.

Wahyu 10:3
dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.
Rahasia Firman itu tidak dibisik-bisikan lagi namun sungguh-sungguh diserukan seperti suara singa. Seiring pembukaan Firman yang dikumandangkan begitu kuat ada bunyi guruh yang terdengar. Bunyi guruh ini datang dari alam. Berarti Firman Tuhan yang dibukakan rahasianya ini dihargai oleh alam. Ini mengingatkan kepada kita, sebenarnya bukan alam itu yang Tuhan mau selamatkan tetapi kita manusia yang Tuhan cintai. Alam ini akan musnah, itu sebabnya mendaftarlah di Betlehem artinya jadikanlah Firman sebagai yang paling utama dalam hidupmu.

Wahyu 10:4
Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: "Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!"
Tuhan menyuruh memeteraikan bunyi guruh itu berarti kesaksian dari alam ini bukanlah yang paling utama tetapi jiwa manusia itulah yang Tuhan mau selamatkan. Ini bukti alam bersaksi kepada kita dan kita mendengarnya supaya kita menjadikan Firman itu makanan yang lezat (utama)

Wahyu 10:5-6
5 Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,
6 dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: "Tidak akan ada penundaan lagi!

Tuhan memperlihatkan bahwa segala sesuatu yang sering memikat kita itu adalah ciptaan Tuhan, mengapa kita tidak terpikat dengan Tuhan yang menciptakan semuanya itu. Kalau kita dipikat oleh Tuhan berarti kita terpikat dengan Firman. Itu yang harus memikat kita.

Murid-murid yang pertama dipanggil oleh Tuhan yaitu Petrus, Andreas, Yohanes dan Yakobus bertahun-tahun hidup dari hasil danau Galilea yang adalah ciptaan Tuhan. Tetapi ketika Yesus lewat menyusur pantai dan memanggil mereka maka mereka disuruh untuk mengikuti si Pencipta. Yang dicipta ada meterai fana tetapi yang mencipta itu kekal selama-lamanya.
Yohanes 6:27-28 (Terjemahan lama)
27 Janganlah kamu bekerja karena makanan yang fana, melainkan karena makanan yang baka, yaitu yang akan diberi kepadamu oleh Anak manusia, karena Ialah yang dimeteraikan oleh Bapa itu, yaitu Allah."
28 Lalu bertanyalah mereka itu kepada-Nya, "Apakah yang patut kami perbuat akan menjalankan pekerjaan Allah?"

Kalau kita tetap hanya terpikat dengan apa yang diciptakan oleh Tuhan maka suatu saat akan lenyap sebab apa yang dicipta ini suatu saat akan habis.
1 Yohanes 2:16-17
16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Tetapi kalau kita mengikuti Penciptanya maka kita tidak akan lenyap sebab Yang Mencipta ini kekal selama-lamanya.

Wahyu 10:7-9
7 Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya, maka akan genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, yaitu para nabi."
8 Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
9 Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."

Ada tiga kata kerja di sini yang harus kita lakoni kalau kita mendaftar di Betlehem untuk menuju ke Yerusalem Baru.
1.      Pergilah
Bagi kita sekarang telah jelas alamat yang tepat ke mana kita harus pergi, yaitu di mana ada Firman dibukakan rahasianya.
2.      Ambillah
Jangan hanya sampai mengambil, tetapi harus dilanjutkan dengan memakan.
3.      Makanlah
Arti makan di sini adalah bersekutu. Ini bukan persekutuan yang biasa tetapi persekutuan yang dibangun oleh Firman yang disebut Koinonia itulah persekutuan yang berkesinambungan di dalam kebersamaan dalam tatanan Firman.


Filipi 1:5-6
5 Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini.
6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.
Karena persekutuan ini berkesinambungan artinya terus menerus maka akhirnya mencapai kesempurnaan karena Allah turut bekerja sama.

Kalau kita mau mendaftar di Yerusalem maka yang menjadi patokan adalah nikah Yusuf dan Maria yang mulai dengan mendaftar di Betlehem. Jadi kita dilahirkan di Betlehem artinya kalau kita menjadikan firman sebagai kesukaan dan kesenangan kita maka kita juga akan berakhir di Yerusalem Baru, menjadi Mempelai Wanita Tuhan.
1 Petrus 1:23
Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Wahyu 21:2
Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Sekarang ini kita adalah calon mempelai jadi ada yang mendandani kita. Kita didandani dalam ibadah lewat Firman dalam urapan Roh Kudus yang disampaikan oleh hamba Tuhan / gembala supaya kita layak menjadi pengantin perempuan.

Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Gunung itu besar lagi tinggi, artinya tidak ada lagi yang lebih besar atau lebih tinggi. Tidak ada yang bisa menandingi gereja yang disebut Yerusalem Baru, Mempelai Wanita Tuhan.

Wahyu 21:11
Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.

Wahyu 4:3
Dan Dia yang duduk di takhta itu nampaknya bagaikan permata yaspis dan permata sardis; dan suatu pelangi melingkungi takhta itu gilang-gemilang bagaikan zamrud rupanya.

Pengantin perempuan seperti permata yaspis demikian juga Dia yang duduk di takhta seperti permata yaspis. Berarti nilai Dia yang duduk di takhta yaitu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan gereja yang adalah mempelai wanitaNya sudah sama, sama-sama disebut permata yaspis, memiliki roh yang berkobar-kobar.

Yaspis artinya bernyala-nyala, berkobar-kobar. Kalau kita adalah benar menjadi sama seperti Yesus maka sekalipun kita masuk dalam berbagai macam permasalahan apapun yang menerpa kita, kita tetap bercahaya, tetap berkobar-kobar karena Kristus juga berkobar-kobar mencintai kita.

Kenapa perjalanan rasul Paulus dia akhiri di asia? Dan sasaran yang ia kunjungi ada tujuh dan salah satunya adalah Efesus. Dan di Efesus inilah rahasia Allah dibuka secara penuh.
Kisah Para Rasul 20:19-20
19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.
20 Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;

Mengapa rahasia Allah dibuka justru pada perjalanan yang terakhir? Ini menubuatkan bahwa sekarang kita berada pada saat terakhir peredaran Firman Allah di muka bumi ini, itu sebabnya Tuhan buka rahasiaNya karena Tuhan rindu kepada kita supaya kita siap menghadapi kegenapan waktu.
Efesus 1:8-9
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Efesus artinya yang dirindukan.

Bukti Tuhan rindu kepada kita adalah rahasia FirmanNya dibukakan. Jangan sampai kerinduan hati Tuhan ini tidak kita sambut. Kalau kerinduan hati Tuhan ditolak maka akan ada tangan yang lain (iblis) untuk menangkap kita. Lihat tangan Tuhan sekarang terulur, sambutlah dan jangan pernah lepaskan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar