20141219

Kebaktian Natal di Diora, Jumat 19 Desember 2014 Pdt. Bernard Legontu



Tema: Kemulian Allah ada di antara kita (Lukas 2:8-9)

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Ada 10 hal yang terjadi ketika Shekina Gloria menyinari para gembala. Pada kesempatan ini kita akan membicarakan poin yang ketiga.
Lukas 2:10-13
2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."
2:13 Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:

Ini suasana yang ketiga yang dialami ketika Shekina Gloria datang di tengah-tengah para gembala. Ayat 10 sampai 13 ini adalah isi dari berita yang disampaikan malaikat kepada para gembala yang dihinggapi rasa ketakutan. Kepada mereka disapa supaya jangan takut karena mereka diselimuti oleh Shekina Gloria. Kenapa Shekina Gloria justru Tuhan pertontonkan kepada gembala-gembala? Sebab adalah tanggung jawab gembala-gembala untuk menghentar umat Tuhan menikmati kemuliaan Tuhan kelak.

Gembala bukan hanya sekedar menggelar ibadah seperti memimpin upacara belaka. Kita digembalakan bukan hanya sekedar ada yang mengupacarakan ketika berulang tahun, ketika menikah atau ketika mati. Tujuan Tuhan untuk kita digembalakan adalah untuk menikmati Shekina Gloria. Itu adalah paket yang sudah Tuhan siapkan sebelum dunia diciptakan.
I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Alangkah sialnya manusia kalau tidak menikmati ini. Letak tanggung jawab untuk jemaat menikmati Shekina Gloria ada pada pundak gembala. Pelantikan jabatan gembala oleh Tuhan Yesus kepada Petrus dilakukan setelah Tuhan Yesus melewati pengalaman mati dan bangkit. Sebelum Tuhan Yesus mati dan bangkit belum pernah Dia mengangkat jabatan gembala. Jabatan penginjil dan rasul sudah diangkat oleh Tuhan Yesus sebelum mengalami pengalaman mati dan bangkit, tetapi untuk mengangkat jabatan gembala lebih dahulu Tuhan Yesus harus melalui pengalaman mati dan bangkit.

Itu sebabnya para gembala jangan menjadi takut kalau digiring oleh Tuhan masuk dalam pengalaman kematian. Kadang kala kami diarahkan pada pengalaman yang begitu berat sehingga daging terasa sakit tetapi harus mati, jangan sampai bersuara daging! Saya mempunyai pengalaman dalam persoalan mati sampai daging tidak bersuara lagi.

Ketika Tuhan mengutus saya ke Tentena sebenarnya saya keberatan. 1 tahun saya berdebat dengan Tuhan sebab tidak mau datang ke Tentena, terlebih lagi istri saya. Tetapi suara Tuhan datang lewat anak kami yang hampir diambil oleh Tuhan. 10 hari dia tidak mau makan dan sudah mulai berbau busuk di dalam kamar. Jemaat yang mapan secara jasmani datang membawa anak ke rumah sakit dan dokter-dokter ahli tetapi tidak juga sembuh. Tetapi ketika kami suami istri satu suara untuk menerima panggilan Tuhan dan mau datang melayani ke Tentena maka anak itu tanpa diobat menjadi sembuh.

Setelah datang di Tentena kami masuk dalam pengalaman mati. Sebelum datang ke Tentena saya bisa membelikan apa yang diminta oleh anak saya tetapi ketika datang ke Tentena dompet kosong. Saya hanya maka cendawan yang tumbuh di pohon beringin hampir setiap hari. Dari jendela saya melihat daun terong jepang yang dimakan ulat, berarti tidak beracun sehingga saya petik dan dimasak menjadi makanan.

Itu pengalaman mati! Tetapi kalau kita cepat mati maka akan segera mengalami kuasa kebangkitan. Itu sebabnya gembala jangan cengeng! Seorang gembala kalau diutus di manapun harus menerima karena anda diutus bukan oleh organisasi tetapi Tuhan yang memanggil maka Tuhan yang betanggung jawab.

Gembala-gembala yang disinari dengan Shekina Gloria itu mendapat berita yang sama. Berapapun gembala yang ada di situ beritanya semua sama dan tidak berbeda. Berita itu berasal dari Sorga. Ketika kita tidaktahubedakanmanaberitasorgadan yang bukanberartibukanutusansorga. Ketika rasul Paulus mau diadili, orang-orang yang mau mengadili bahkan berupaya mencabut nyawanya meneriakan hal yang berbeda satu dengan yang lain, yang satu berbicara begini yang lain berbicara begitu sehingga beritanyasimpangsiurakanmenimbulkan keributan. Jadi kalau berita berbeda akan menimbulkan keributan. Tuhan tidak menginginkan hal seperti itu. Kalau ada keributan coba saudara perhatikan, beritanya pasti berbeda.

Tuhan hadir untuk membekali  para gembala dengan berita yang sama. Berita yang sama akan membuahkan kesaksian yang sama dan akan menghasilkan tindakan yang positif dari orang-orang Betlehem. Ini yang Tuhan inginkan dari kehidupan kita.

Ada empat poin isi dari berita ini:
1.      “Hari ini telah lahir bagimu”, artinya wujud Allah menjadi manusia telah nampak. Ini menggenapi nubuatan dalam Kejadian 3:15.Ketika Tuhan datang untuk melihat mengapa Adam dan Hawa dalam keadaan telanjang maka Tuhan menelusuri dan mengejar dari mana penyebabnya lalu Tuhan mengatakan hal di atas kepada Hawa.
Kejadian 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Jadi “hari ini telah lahir bagimu seseorang yang dijanji yang akan meremukkan kepala ular” itulah Yesus. Ingat Tuhan Yesus telah meremukkan kepala ular. Berarti ketika kita datang kepada Yesus berarti kita sedang ditransfer oleh Tuhan roh kemenangan menghadapi kuasa kegelapan.

Pada hari natal banyak orang yang kalah, banyak orang yang dikalahkan oleh minuman keras. Apalah arti merayakan “hari ini telah lahir bagimu” kalau masih suka minum minuman keras. Saya sudah dilepaskan oleh Dia yang telah lahir 2000 tahun yang lampau, saya menikmati berkatnya dan berkemenangan menghadapi pekerjaan kuasa kegelapan sebab Kristus sudah menang bagi saya.

Gembala dilantik setelah Tuhan Yesus mengalami pengalaman mati dan bangkit. Dan Tuhan Yesus meminta kepada Bapa untuk mengembalikan kemuliaan yang pernah Dia miliki sebelum dunia diciptakan, setelah Tuhan Yesus menyelesaikan tugas yang dipercayakan Bapa.
Yohanes 17:4
17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

Tuhan Yesus tidak mengerjakan pekerjaan dari Bapa itu separuh jalan tetapi sampai selesai, itulah tanda taat dan dengar-dengaran dari Tuhan Yesus kepada Allah Bapa. Ini teladan kita, beribadah dan layanilah Tuhan jangan separuh jalan untuk menerima Shekina Gloria.

Yohanes 17:5
17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.
Kemuliaan sudah Yesus miliki sebelum dunia ada. Jangan katakan Yesus ada baru 2000 tahun yang lampau. Yesus sudah ada sebelum langit dan bumi diciptakan, Dia bersama-sama dengan Allah dan Dia adalah Allah. Kemuliaan inilah yang dipertontokan kepada para gembala.

Ketika manusia jatuh dalam dosa maka Tuhan Yesus menelusuri di mana letak kesalahan mereka. Jangan saudara berpikir Tuhan tidak menelusuri latar belakang kehidupan kita di masa silam.
Pengkhotbah 3:15
3:15 Yang sekarang ada dulu sudah ada, dan yang akan ada sudah lama ada; dan Allah mencari yang sudah lalu.

Untuk apa Tuhan mencari? Supaya kesalahan kita di masa lalu kita selesaikan. Tujuannya kita menyelesaikan lewat kita mengaku kepada Tuhan adalah supaya Shekina Gloria menjadi bagian kita. Tidak mungkin Tuhan menyelimuti kita dengan Shenkina Gloria kalau kita tidak membereskan dosa di masa-masa yang silam. Pengakuan itu sama dengan mempersembahkan korban kepada Tuhan.
Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Contoh konkrit Tuhan mau menyelesaikan masalah yang sudah lalu adalah Tuhan memanggil Saul lewat Samuel untuk membinasakan semua orang Amalekh yang telah menghadang mereka beserta dengan harta benda mereka, sebabbangsaAmalektelahmenghadangperjalanan Israel.
I Samuel 15:1-3
15:1 Berkatalah Samuel kepada Saul: "Aku telah diutus oleh TUHAN untuk mengurapi engkau menjadi raja atas Israel, umat-Nya; oleh sebab itu, dengarkanlah bunyi firman TUHAN.
15:2 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.
15:3 Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."

Namun Saul tidak melakukan perintah Tuhan padahal ini adalah impian Tuhan sebab orang Amalekh ini telah mengganggu perjalanan orang Israel bahkan mereka inilah yang pertama kali memerangi orang Israel ketika menunju ke Kanaan. Tuhan tidak tega umatNya dipecundangi. Kalau kita adalah umatnya Tuhan maka Tuhan tidak tega kalau kita dipecundangi, Firman Tuhan menjamin itu. Itu sebabnya bawalah dirimu benar-benar menjadi milik Tuhan. Siapa yang coba mengusik saudara maka Tuhan yang bertanggung jawab terhadap milikNya.

Apa yang dilakukan oleh orang Amalek kepada orang Israel?
Ulangan 25:17-18
25:17 "Ingatlah apa yang dilakukan orang Amalek kepadamu pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir;
25:18 bahwa engkau didatangi mereka di jalan dan semua orang lemah pada barisan belakangmu dihantam mereka, sedang engkau lelah dan lesu. Mereka tidak takut akan Allah.

Amalekh ini suka menyergap barisan belakang. Itulah musuh Israel yang pertama ketika mereka berangkat dari Mesir menuju Kanaan. Jadi serangan yang dilakukan oleh Amalekh kepada orang Israel di arahkan kepada barisan belakang, yaitu kepada orang yang lemah dan letih lesu.

Secara fisik kita tidak menyerang orang lain dari belakang tetapi kadang kala ada orang yang menyerang sesamanya dengan cerita di belakang. Kalau ini tidak diselesaikan maka orang itu akan berhadapan dengan kekuasaan Ilahi dan tidak akan menikmati Shekina Gloria.

Mengapa Tuhan datang di taman Eden melenusuri semuanya? Tuhan bertanya kepada Adam, kepada ular dan kepada Hawa, semua Tuhan kejar. Setelah Tuhan berbicara kepada Hawa maka Tuhan memberikan janji kepada Hawa bawah keturunannya akan meremukkan kepala ular, itulah yang diterima dalam poin pertama isi dari berita itu “Hari ini telah lahir bagimu”.

Itu sebabnya kita harus lebih selektif dan lebih jeli memperhatikan. Jangan kita berbicara sebelum kita mengetahui permasalahannya. Kalau bertemu dengan orang yang berselisih paham kita harus mengarahkan orang itu untuk kembali berdamai. Tidak usah menceritakan kekuarangan dan kesalahan orang lain sebab kita juga ada kekurangan. Sebab yang dikatakan “hari ini telah lahir bagimu” itulah pribadi Raja Damai. Jangan menyebar hal yang tidak benar yang mengakibatkan orang lain ikut tercemar.
Ibrani 12:15
12:15 Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Sebelum raja Saul dikalahkan oleh orang Filistin dia sudah duluan dikalahkan oleh dagingnya sendiri, oleh hawa nafsunya sendiri. Ketidaktaatannya itulah yang mengalahkan dia. Inilah yang jangan terjadi dalam diri kita, sebab teladan kita adalah yang telah lahir ini. Dalam ketaatanNya Yesus mengatakan:
Yohanes 10:17
10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.

Filipi 2:8
2:8 Dan dalamkeadaansebagaimanusia, Iatelahmerendahkandiri-Nyadantaatsampaimati, bahkansampaimati di kayusalib.

Ini ketaatan yang luar biasa yang dipertontonkan oleh Gembala yang baik itulah Tuhan Yesus. Tuhan Yesus adalah Gembala Agung yang rela menyerahkan nyawaNya. Inilah yang ditemukan oleh para gembala terbaring dalam palungan.

Yohanes 10:18
10:18 Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."
Tugas gembala adalah menyerahkan nyawa, artinya tidak mempedulikan dirinya tetapi mengutamakan keselamatan domba-domba supaya domba memiliki Shekina Gloria. Ketaatan dari Tuhan Yesus inilah yang kita teladani dan gembala yang menerima Shekina Gloria inilah yang juga dikategorikan taat.

Rasul Paulus mengatakan hal ini:
Roma 15:16,18
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Tugas pelayanan ini adalah untuk mempersembahkan umat Tuhan supaya diterima oleh Tuhan di Sorga. Supaya bisa diterima oleh Tuhan maka saya sebagai gembala harus diatur dari Sorga, berita yang disampaikan juga harus datang dari Sorga, jangan berbeda dengan berita dari Sorga. Rasul Paulus diatur dari Sorga dan tidak mengikuti maunya sendiri.
Roma 15:18
15:18 Sebabakutidakakanberaniberkata-kata tentangsesuatu yang lain, kecualitentangapa yang telahdikerjakanKristusolehku, yaituuntukmemimpinbangsa-bangsa lain kepadaketaatan, olehperkataandanperbuatan,

Rasul Paulus adalah rasul yang diangkat spesial oleh Tuhan untuk kita bangsa kafir dan kepada dialah Tuhan percayakan rahasia Firman Allah yang menceritakan bahwa gereja Tuhan dari bangsa kafir sedang dipertunangkan dengan Tuhan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kita bangsa kafir sedang dipertunangkan dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Dalam pesta nikah siapa yang paling mulia? Yang paling mulia adalah mempelai yang duduk bersanding. Ke sana kita digiring oleh Tuhan. Itu sebabnya mari kita hargai bagaimana rencana Tuhan yang begitu mulia terhadap kita bangsa kafir. Sebenarnya kita ini tidak layak tetapi Tuhan yang mengerjakannya dan memberikan kita kelayakan untuk menjadi Mempelai WanitaNya.

Mengapa Tuhan melayakkan kita? Sebab bangsa Israel sendiri yang mengatakan tidak layak sehingga Tuhan berpaling kepada kita bangsa kafir.
Kisah Para Rasul 13:46
13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Kita harus menghargai hal ini, jadilah umat Tuhan yang mengerti panggilan Tuhan, yang mengerti rencana Tuhan.

Biarlah kita menjadi umat Tuhan yang dibina di dalam penggembalaan. Di sanalah kita sedang dirajut, sedang dibina untuk sampai pada satu level yaitu seirama dengan Tuhan Yesus sehingga kemuliaan Tuhan itu ada dan kelak Tuhan Yesus datang khusus untuk menjemput saudara dalam peristiwa Pharusia.

Sebelum masa aniaya 3,5 tahun antikristus, gereja Tuhan yang sempurna akan di-harpaso, akan diambil dengan keras oleh Tuhan untuk disingkirkan ke padang belantara karena gereja Tuhan terancam dengan antikristus. Tetapi yang tidak mencapai level kerohanian seperti ini akan tertinggal dan masuk dalam siksaan antikristus. Sekalipun disiksa kehidupan itu tidak akan segera mati hanya akan mengalami aniaya. Tergantung yang menganiaya dia mau orang itu cepat mati atau tidak. Tentu saudara tidak mau berada di sana, saudara ingin disingkirkan, di-harpaso oleh Tuhan.

Sesudah masa 3,5 tahun maka akan ada peristiwa Epifani di mana Tuhan Yesus datang di awan-awan yang permai dilihat secara umum, semua mata memandang. Yang tadinya disingkirkan akan diubahkan sekejap mata kemudian yang mati dalam Tuhan dibangkitkan dalam tubuh kebangkitan, lalu bersama-sama bertemu dengan Tuhan di awan-awan selama 75 hari.

70 adalah angka keberhasilan, 5 angka kemurahan.
Jadi benar-benar gereja Tuhan merebut markas iblis di angkasa. Itu sebabnya dikatakan “hari ini telah lahir bagimu”, itulah Tuhan Yesus yang akan memijak kepala ular. Gereja Tuhan bersama dengan Tuhan akan merebut markasnya iblis di angkasa sebab di sanalah markas iblis.
Efesus 2:1-2
2:1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Inilah kemenangan sepenuh Kristus bersama dengan gerejaNya. Apakah ini tidak kita dambakan? Apakah kita merayakan natal hanya sekedar tradisi? Apakah benar arah kita jelas? Hadirnya Tuhan memberitakan Firman lewat bibir mulut hambaNya adalah tanda cintanya Tuhan kepada kita sekalian. Bukan untuk mempermalukan kita dan bukan untuk memperunyam hidup kita tetapi untuk memulihkanhidup kita agar apa yang kita dambakan menjadi kenyataan dan Tuhan tidak akan membiarkan saudara untuk dipecundangi oleh antikristus sebab nama Tuhan Yesus luar biasa.

Mari kita melihat kuasa dari Nama ini.
Filipi 2:8
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Ini adalah Gembala Agung yang kembali dari antara orang mati
Ibrani 13:20
13:20 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,

Filipi 2:9
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

Nama yang disebutkan disini adalah nama Yesus. Yesus artinya juruselamat. Yesus adalah Kepala gereja Tuhan. Berbicara Yesus adalah Kepala berarti Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga. Inilah yang menyandang nama.

Filipi 2:10
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
Dalam nama Yesus bertekuk lutuk yang ada di langit (iblis), di atas bumi (nabi palsu yang bergerak dalam kepalsuan) dan di bawah bumi (antikristus). Semua dikalahkan oleh Yesus, trio iblis dihancurkan oleh Yesus dan mereka tidak berdaya. Kekuatan nama Yesus ini luar biasa. Kalau saja Tuhan Yesus tidak menang menghadapi trio iblis, untuk apa saya melayani Dia dan kita beribadah kepada manusia yang kalah? Tetapi Tuhan Yesus menang dan kemenangan itu akan Tuhan transfer kepada kita. Kita harus mengimani dan meyakini hal itu.

2.      Aku memberitakan kesukaan besar untuk seluruh bangsa.
Setelah itu Tuhan berbiara hal itu baru Tuhan mengatakan secara lengkap tentang namaNya. Sebelum malaikat itu bersaksi tentang nama Tuhan maka terlebih dahulu ada kesukaan yang besar. Sudahkah nama Tuhan diletakkan di atas kehidupan saudara? Kalau sudah ada maka ada tandanya. Kalau tanda itu tidak ada berarti saudara lepas dari nama Tuhan.

Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
Kristus adalah nama Roh Kudus dan Tuhan adalah nama Allah Bapa.Disebutkan Juruselamat itu menunjuk Yesus karena Yesus artinya Juruselamat.
Matius 1:21
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Nama ini harus ada pada kita. Buktikan bahwa atas saudara sudah diserukan nama itu. Dikatakan kesukaan besar untuk seleruh bangsa. Kalau benar kita dimeteraikan nama itu maka buktinya adalah kita menikmati Firman Allahdalamkesukaan yang besar.
Yeremia 15:16
15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Kalau mengerutu ketika mendengar Firman apalagi kalau disampaikan dalam waktu yang panjang maka berarti orang itu belum dimeteraikan dengan nama Tuhan. Kalau Firman itu sudah membosankan bagai seseorang maka akhirnya Tuhan akan mematahkan 2 tongkat gembala yaitu tongkat kemurahan (vertikal) dan tongkat ikatan (horisontal). Berarti hubungan dengan Tuhan putus dan hubungan dengan sesama juga putus.
Zakharia 11:7-8
11:7 Maka aku menggembalakan domba-domba sembelihan itu untuk pedagang-pedagang domba. Aku mengambil dua tongkat: yang satu kusebutkan "Kemurahan" dan yang lain kusebutkan "Ikatan"; lalu aku menggembalakan domba-domba itu.
11:8 Dalam satu bulan aku melenyapkan ketiga gembala itu. Kemudian aku tidak dapat menahan hati lagi terhadap domba-domba itu, dan mereka pun merasa muak terhadap aku.

Sebelum gembala-gembala ini menjumpai Tuhan Yesus di palungan maka diberitahu tentang namaNya dan mereka kembali dengan penuh sukacita karena bertemu dengan Pemilik nama. Itulah sukacita kita kalau datang beribadah dan mendengarkan Firman. Diberitakan nama Tuhan Yesus Kristus.
Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Berita yang mereka terima ini sama persis dengan apa yang mereka temui. Yang mereka temukan adalah Pribadi Tuhan Yesus yaituMempelai Laki-laki Sorga. Jangan sampai indah kabar dari rupa. Tetapi berita yang mereka terima ini indah dan ketika mereka bertemu dengan PribadiNya itu sama persis dengan beritanya. Yang mereka temukan adalah pribadi MempelaiPriaSorga.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Bayi yang mereka temukan ini semakin besar dan pada usia 12 tahun Dia berada di Bait Allah dan mencengangkan orang banyak.Setelah umur 30 tahun Dia masuki dalam pelayanan dan setelah 3,5 tahun Dia harus mengakhiri pelayananNya di bukit Golgota dan Dia bangkit dari kubur. Setelah itu Dia disebut Anak Domba Allah, itulah Tuhan Yesus. Anak Domba Allah inilah yang suatu saat akan menikah.
Wahyu 19:6-7
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Suara yang menggelegar di Sorga ketika pesta nikah Anak Domba Allah itu akan digelar adalah seruan Haleluya. Dulu Bayi itu lahir di Betlehem tetapi sekarang bukan lagi Bayi dan Dia ada di Sorga, tinggal menunggu pesta nikah akan digelar. Dia adalah Anak Domba Allah, Mempelai Laki-laki Sorga. Apakah saudara calon pengantinNya?Kalau saudara adalah calon mempelai wanitaNya berarti saudara adalah Tubuh Kristus. Tubuh itu tunduk kepada Kepala sebagaimana Kepala yaitu Tuhan Yesus, tunduk kepada BapaNya.

Kita ini mau dihentar pada Shekina Gloria. Betapa tidak bijaknya kita kalau kita kehilangan kesempatan untuk menikmati Shekina Gloria yang justru dipertontonkan kepada para gembala supaya gembala mentransfer dan membawa Shekina Gloria kepada jemaat. Seorang gembala bukan hanya asal saja menggembala dan memimpin ibadah seperti upacara bendera, tetapi harus memperkenalkan dengan benar kepada sidang jemaat siapa Tuhan Yesus. Itu sebabnya rasul Paulus berdoa supaya Tuhan memberikan hikmat dan wahyu untuk mengenal Tuhan Yesus dengan benar.
Efesus 1:15-17
1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,
1:16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Iman dan kasih orang Efesus sudah terpuji tetapi Paulus tetap berdoa supaya orang Efesus mengenal Tuhan Yesus dengan benar. Siapa Tuhan Yesus? Dia Mempelai Laki-laki Sorga, Dia bukan cuma Juruselamat atau hanya Tabib yang ajaib. Kalau kita mencari Tuhan Yesus untuk mencari kesembuhan Ilahi dan mujizat jasmani itu bukan berarti salah tetapi kalau hanya sebatas itu maka Tuhan Yesus tidak akan mempercayakan diriNya kepada orang itu, berarti kehidupan itu tidak akan menerima pembukaan rahasia Firman Allah.
Yohanes 2:23-25
2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.
2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,
2:25 dan karena tidak perlu seorang pun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

Seorang hamba melayani untuk mendapatkan upah. Seorang anak melayani untuk mendapatkan warisan. Kita boleh berada di sana tetapi kita harus meningkat pada status yang ketiga. Kita harus menempatkan diri sebagai kekasihnya Tuhan sebab kalau kita menjadi kekasihNya maka tujuan kita adalah untuk memilikipribadiNya sebagai kekasih kita. Kalau kita memiliki Tuhan maka segala-galanya kita miliki bersama.

Yang menghina nama Tuhan ini bukanlah jemaat tetapi malah hamba Tuhan. Sangat disayangkan kalau hamba Tuhan yang menghina nama ini. Kalau hamba Tuhan menghina nama ini maka jemaat akan ikut menghina. Para gembala jangan coba menghina nama Yesus lewat perkataan, lewat perbuatan dan lewat pelayanan kita.
Maleakhi 1:6,11,14
1:6 Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?"
1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.
1:14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Ini yang harus kita cari didalam gereja Tuhan, kita harus membuktikan memiliki nama Tuhan yang besar dengan praktek kita bersukacita ketika mendengar Firman dan bukannya menggerutu.

Junjung nama Tuhan ini. Ketika saudara dibaptis maka nama Tuhan sudah dimeteraikan atas kita, demikian juga ketika menikah. Bahkan rumah kita juga ditahbiskan dalam nama ini. Jangan sampai kita menghina nama Tuhan, Dia adalah Mempelai Laki-laki Sorga yang sangat mengasihi kita.

Kita lihat kedahsyatan dari nama Tuhan.
Mazmur 111:9
111:9 Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

Kenapa disebut namaNya kudus dan dahsyat?
Nama Tuhan kudus dalam bahasa gerika adalah
Higiest berarti suci (menyucikan)
Higetzo berarti nama itu dahsyat menyucikan

Nama ini dahsyat untuk menyucikan gereja Tuhan. Tidak ada yang bisa menyucikan dan memberihkan kita yang memiliki karakteristik penuh dengan noda dosa ini kalau tanpa nama ini. Gembala harus paham bahwa nama yang akan ditampilkan kepada jemaat ini adalah nama yang dahsyat untuk menyucikan dan mampu untuk merubah tabiat istri yang suka melawan suami sehingga menjadi taat dan tabiat suami yang suka memukul istri sehingga mengasihi istrinya serta tabiat anak yang suka memberontak kepada orang tua menjadi anak yang dengar-dengaran. Kalau ada nama Tuhan yang menyucikan maka akan terasa penyucian di dalamibadah/ pelayanan.

Nama ini jangan dihina. Firman Tuhan mengatakan yang menghina justru adalah gembala. Bagaimana gembala bisa menghadirkan penyucian di dalam jemaat kalau dirinya sendiri tidak menghargai nama ini, nama yang dahsyat menyucikan. Gembala harus mengenali siapa yang ada di palungan itu, harus mengerti nama yang dahsyat menyucikan sehingga dalam berita yang dia sampaikan akan terasa pekerjaan Firman membongkar kehidupannya dan hidupnya dipulihkan. Inilah yang Tuhan rindukan.

Yang dijumpai oleh para gembala di palungan,itulah makanan yang sesungguhnya.
Yohanes 6:53
6:53 Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.

Ini yang diperkenalkan kepada gembala. Gembala paham bahwa palungan itu adalah tempat minum dan makannya domba, sekarang diganti di dalamnya ada makanan dan minuman yang sesungguhnya. Jadi ketika mendengar Firman, ketika kita menikmati Firman berarti itu sama dengan kita sedang menikmati makanan yang sesungguhnya.

Yohanes 6:54-58
6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.
6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.
6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.
6:57 Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.
6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

Pribadi inilah yang diperkenalkan kepada gembala-gembala, Pribadi yang menyandang nama Tuhan Yesus Kristus, itulah nama yang dahsyat menyucikan. Di dalam Alkitab dikatakan yang menghina nama Tuhan ini adalah pelayan-pelayan Tuhan. Bagaimana tindakannya sampai dikatakan pelayaan Tuhan menghina nama Tuhan? Sebab tidak ada kekuatan untuk menyampaikan nama Tuhan yang menyucikan didalam sidang jemaat sehingga jemaat tidak mengalami penyucian. Itu sama dengan menghina nama Tuhan. Kalau kehidupan kita sama saja, tidak mengalami keubahan dan tidak mengalami kuasa nama Tuhan yang dahsyat menyucikan itu berarti menghina nama Tuhan! Berapa banyak kali kita merayakan natal dan menyebut Tuhan Yesus Juruselamat, tetapi seringkali malah menghina nama Tuhan.

Koreksi ini mulai dari para imam. Jangan hanya kemasan luarnya saja yang dirubah dan ketika dibuka isinya sama saja, tidak pernah mengalami keubahan. Sadar atau tidak sadar orang seperti ini menghina nama Tuhan. 

Itu sebabnya Shekina Gloria secara spesial Tuhan tunjukkan kepada para gembala. Ketika malaikat Gabriel datang kepada Maria, tidak disertai dengan Shekina Gloria. Ketika malaikat datang kepada Zakharia juga tidak disertai dengan Shekina Gloria. Tetapi pada waktu tentara Sorga datang kepada para gembala, itu disertai dengan Shekina Gloria. Mengapa? Sebab lewat tangan gembalalah gereja Tuhan mau dihentar untuk menikmati Shekina Gloria bersama dengan Tuhan Yesus.

Ibadah itu bukan hanya sekedar upacara biasa, tetapi melalui ibadah kita dikemas untuk jumpa dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Yeremia 15:16
15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Buktikan nama Tuhan diserukan atas saudara dengan praktek senang mendengar Firman Tuhan dan bukannya muak. Kalau muak mendengarkan Firman Tuhan maka hubungan dengan Tuhan akan putus dan hubungan dengan sesama juga akan putus.

Sebelum itu, ditampilkan gembala yang menjual domba dan domba tidak menyadari kalau sudah dijual oleh gembala. Gembala ini malah berseru “Puji Tuhan saya kaya”. Praktek gembala menjual domba dengan menghadirkan pembicara yang tebal kantongnya dan setelah berkhotbah gembala yang mendapatkan berkat-berkat jasmani dan jemaat yang mendengar apa yang disampaikan orang itu belum tentu bisa mengerti. Sudah dijual kemudian jemaat itu muak lagi terhadap Firman Allah. Hati-hati dengan praktek-praktek seperti ini yang banyak terjadi di akhir zaman!

Para gembala jangan sewenang-wenang menjual domba! Padahal tugas gembala bagiannya ada di belakang mimbar untuk membawa jemaat menikmati Shekina Gloria dan bukan untuk menjual jemaat.
Zakharia 11:4-5,8
11:4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba sembelihan itu!
11:5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya.
11:8 Dalam satu bulan aku melenyapkan ketiga gembala itu. Kemudian aku tidak dapat menahan hati lagi terhadap domba-domba itu, dan mereka pun merasa muak terhadap aku.

Jangan berpikir akan menguntungkan kalau kita muak terhadap Firman Allah. Orang seperti itu akan bertemu dengan antikristus dan bukan Tuhan Yesus. Kenapa kita yang telah menerima nama Tuhan Yesus Kristus di atas kepala kita lalu kita tidak bisa menerima Firman bahkansebaliknyamuak? Jangan kita muak mendengarkan Firman! Sambut Firman Tuhan dengan sukacita karena saudara adalah calon Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar