20141202

Kebaktian Natal di Pinrang, Selasa 2 Desember 2014 Pdt. Bernard Legontu


Tema: Kemuliaan Tuhan di antara kita (Lukas 2:8-9)

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 2:8-9
2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.
2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Kita memperhatikan di sini mengapa Shekina Gloria Tuhan pertontonkan kepada gembala-gembala. Ketika malaikat Gabriel datang kepada Maria dan datang kepada Zakharia, dia tidak menunjukkan Shekina Gloria. Tentu ada alasan Tuhan kenapa menunjukkan Shekina Gloria kepada gembala-gembala. Sebab di atas pundak gembala ada tanggung jawab untuk membawa gereja Tuhan berada pada kondisi ada di dalam kemuliaan Tuhan sepenuhnya.

Shekina Gloria ini adalah sesuatu yang indah dan luar biasa.
Mazmur 50:2
50:2 Dari Sion, puncak keindahan, Allah tampil bersinar.

Di dalam Shekina Gloria tersirat pemulihan dan keselamatan.
Mazmur 80:4,8,20
80:4 Ya Allah, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:8 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.
80:20 Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Itu sebabnya kenapa kemuliaan Tuhan itu dipertontonkan kepada gembala, sebab keselamatan sidang jemaat ada di atas pundak gembala dan tugas untuk mengangkat rohani jemaat ada di atas pundak gembala.
1 Timotius 4:16
4:16 Awasilahdirimusendiridanawasilahajaranmu.Bertekunlahdalamsemuanyaitu, karenadenganberbuatdemikianengkauakanmenyelamatkandirimudansemua orang yang mendengarengkau.

Ibadah bukan hanya suatu prosesi ibadah tetapi di dalamnya ada pemulihan dan mencakup keselamatan sidang jemaat, di dalamnya Tuhan karuniakan Shekina Gloria.

Itu sebabnya ketika Tuhan Yesus dilahirkan, secara khusus malaikat Tuhan datang kepada gembala-gembala dalam suasana malam yang dingin tetapi Tuhan mempertontonkan Shekina Gloria.

Kita ada diwaktu akhir menjelang kedatangan Tuhan.
Efesus 1:8-10
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Atas kerelaan hati Tuhan, Tuhan membukakan rahasia FirmanNya untuk mempersiapkan gereja bertemu dengan Tuhan Yesus sebagai Kepala.Jadi tujuan pembukaan rahasia Firman Tuhan untuk mempersiapkan gereja Tuhan untuk bersatu dengan Kepala di mana gereja sebagai Tubuh.

Ketika malaikat Tuhan tampil dengan Shekina Gloria kepada para gembala, mereka diliputi ketakakutan. Mengapa bisa ketakutan? Sebab mereka adalah manusia berdosa. Kita adalah manusia yang ada pada posisi musuh Tuhan sehingga rasa gentar dan ketakutan itu otomatis hadir. Tetapi kita memang harus memiliki rasa takut akan Tuhan karena takut kepada hukuman Tuhan.
Mazmur 119:120
119:120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Sebaliknyaadamanusiaseperti
Mazmur 36:2
36:2 Dosabertutur di lubukhati orang fasik; rasa takutkepada Allah tidakadapada orang itu,

Ketika Shekina Gloria Allah dipertontonkan perasaan mereka dihinggapi rasa takut, tetapi dari pihak Tuhan langsung menanggapi untuk menenangkan hati mereka dengan perkataan “jangan kamu takut”. Dalam Alkitab ada 360 kali dikatakan “jangan kamu takut”. Dalam kalender Yahudi dalam 1 tahun ada 360 hari. Berarti setiap hari kita didorong oleh Tuhan untuk melangkah dengan perkataan “jangan takut menghadapi hari ini”.

Shekina Gloria ini sesuatu yang sangat luar biasa yang sudah Tuhan siapkan bagi kita. Bahkan sebelum langit dan bumi diciptakan, Tuhan sudah menyiapkan paket kemuliaan itu untuk kita.
I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.
Jangan menjadi orang Kristen yang kurang menghargai Firman. Kepada gembala Tuhan mempertontonkan kemuliaanNya. Tentu Tuhan sudah menyediakan umat untuk digembalakan. Tidak mungkin Tuhan mempromosikan seseorang untuk menjadi gembala dan dipertontonkan kemuliaan Tuhan lalu tidak ada domba untuk digembalakan. Untuk mendapatkan domba, Kristus Yesus sudah membayar mahal. Dia turun ke dunia untuk mencari manusia yang berdosa kemudian Tuhan angkat dan selamatkan. Manusia yang sudah diselamatkan inilah yang akan dipercayakan kepada gembala-gembala. Jadi harga saudara adalah seharga korban Kristus.

Gembala itu diangkat oleh Tuhan setelah pengalaman Tuhan Yesus mati dan bangkit. Rasul dan penginjil sudah Tuhan angkat sebelum masuk dalam pengalaman mati dan bangkit. Jadi jabatan gembala seharga korban Kristus, jangan dipermainkan! Itu sebabnya jemaat jangan melawan gembala sebab harga jabatan gembala itu seharga korban Kristus (mahal harganya!)
Yohanes 21:15
21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

Ini adalah pertemuan Tuhan Yesus dengan Petrus beserta 6 temannya yang sudah meninggalkan panggilan. Berarti sudah meninggalkan Shekina Gloria. Tetapi Tuhan Yesus yang penuh kasih datang melawat mereka dan yang langsung Tuhan Yesus tantang adalah Petrus. Tuhan Yesus mengatakan “Simon anak Yohanes”. Ketika Simon mengakui bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias Anak Allah yang hidup, dia disebut “Simon anak Yunus”.

Simon artinya rumput. Yohanes berasal dari kata Yohanan, artinya mengampuni. Itu sebabnya dalam penggembalaan seorang gembala ketika mendapat tantangan entah dari majelis atau dari manapun, dia harus selalu siap untuk mengampuni dan bukannya malah mengangkat perlawanan dari mimbar. Itu justru tidak menolong dan malah memperuncing suasana.

Yohanes 21:16-17
21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Pada ayat 15, kalimat “gembalakan domba-dombaKu” kata “gembalakan” itu berasal dari kata boscho, artinya memberi makan domba-dombaKu. Itu adalah tugas dari gembala, gembala harus selalu menyiapkan makanan untuk domba-dombamnya Tuhan. Tidak ada seorang gembala yang bisa mengklaim bahwa jemaat itu domba miliknya sebab domba-domba itu miliknya Tuhan Yesus. Gembala tidak pernah berkorban untuk membeli sidang jemaat, tetapi Tuhan Yesus yang sudah berkorban untuk kita. Kalau memahami ini maka tidak akan ada pertikaian di antara gembala sebab domba itu dipercayakan oleh Tuhan kepada gembala.

Pada ayat 16 kata “gembalakan” digunakan kata Poimen (Poimano), yang artinya membesuk jemaat. Pada ayat 17 kembali digunakan kata boscho. Berarti lebih banyak tugas memberi makan sidang jemaat dari pada membesuk (melawat jemaat). Tetapi pada kenyataan lebih banyak gembala-gembala itu membesuk dari pada persiapan untuk menyiapkan Firman untuk domba-dombanya Tuhan. Bagaimana bisa ada Shekina Gloria kalau gembala tidak menyiapkan makanan rohani di dalam sidang jemaat. Banyak sidang jemaat tidak sadar kalau sudah ditipu kalau gembala bersikap seperti itu. Biarlah gembala kembali pada citra Firman Tuhan yaitu lebih banyak mempersiapkan makan rohani untuk jemaat dari pada membesuk.

Sekarang ini banyak pendeta yang berpura-pura menjenguk orang sakit di rumah sakit dengan maksud setelah orang itu sembuh dia mendapatkan berkat-berkat secara jasmani. Mereka sudah datang kepada dokter jaga di rumah sakit dan menanyakan siapa pasien yang berada di kamar VIP lalu menanyakan apa penyakitnya dan kapan bisa keluar. Setelah itu mereka mengunjungi pasien itu lalu mengatakan penyakitnya dan kapan bisa keluar lalu mendoakan pasien tersebut. Mereka menggunakan nama Tuhan Yesus untuk menyembuhkan tetapi motivasinya sudah salah. Setelah pamitan pendeta ini memberikan kartu nama.Ketika pasien ini keluar dari rumah sakit dia merasa doa pendeta itu manjur sehingga datang untuk membawa berkat jasmani kepada pendeta tersebut.

Ini manuver iblis yang mengerikan di hari-hari terakhir ini. Kalau hal ini tidak dipangkas maka kasian umat Tuhan, kita tidak akan menikmati kemuliaan Tuhan  yang luar biasa yang sudah Tuhan paketkan sebelum dunia diciptakan. Pekerjaan penebusan Tuhan ini bukan pekerjaan yang ringan, ini bukan pekerjaan yang biasa-biasa. Kita sudah ditebus oleh Tuhan dari tangan yang kuat. Setelah kita ditebus dari tangan yang kuat maka Tuhan mengalihkan pada seorang gembala untuk menggembalakan kita.
Yeremia 31:11
31:11 Sebab TUHAN telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat dari padanya.

Dalam Keluaran pasal 3 Tuhan harus turun untuk menebus mereka. Maksudnya Tuhan menebus mereka untuk mengarahkan mereka beribadah. Kita sekarang telah ditebus oleh Tuhan dari tangan orang yang kuat yaitu iblis untuk dibawa pada satu kondisi kita beribadah kepada Tuhan. Beribadah inilah yang seringkali tidak kita hargai padahal beribadah itu seharga korban Kristus karena kita sudah ditebus oleh Korban Kristus.
Yeremia 31:12
31:12 Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana.

Apakah kita ini ada sorak-sorai dan bukan hanya di gereja tetapi juga di dalam rumah? Jangan sampai tidak ada sorak-sorai lagi dalam rumah sebab suami istri bertengkar dan kakak beradik juga bertengkar. Tanpa disadari sebenarnya itu manuver iblis sehingga Shekina Gloria tidak lagi terasa dalam hidup kita.

144.000 orang teruna itu berdiri di atas bukit Sion bersama dengan Anak Domba.
Wahyu 14:1
14:1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

144.000 ini menunjuk 144.000 hari orang Israel berada di Mesir dalam tanda penderitaan. Dalam penderitaan mereka itulah Tuhan Yesus turun untuk menyelamatkan mereka.

Kalau kita sudah merasa ditebus oleh tangan yang kuat maka apakah ada sorak-sorai yang bukan hanya di gereja tetapi sampai di rumah. Mestinya di dalam seluruh lini kehidupan kita harus kita tampilkan rasa sukacita kepada Tuhan karena kalau Tuhan tidak menebus kita dari tangan yang kuat itu maka kita pasti ada di neraka.

Yeremia 31:12
31:12 Mereka akan datang bersorak-sorak di atas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN, karena gandum, anggur dan minyak, karena anak-anak kambing domba dan lembu sapi; hidup mereka akan seperti taman yang diairi baik-baik, mereka tidak akan kembali lagi merana.

Muka berseri karena ada gandum itulah Firman dalam kelimpahannya, karena anggur berarti ada sukacita di dalam nikah, karena minyak berarti ada urapan dan karena ada lembu sapi. Lembu sapi lebih besar dari kambing domba. Itu sebabnya ibadah kita harus semakin hari semakin berkembang jangan malah merosot. Mulai dari domba sampai kepada lembu, artinya mulai dari dasar sampai pada kesempurnaan. Sayang kalau ibadah kita malah merosot, malah menukik. Kalau ibadah malah merosot itu mengerikan karena akan tertinggal dalam 3,5 tahun masa aniaya antikristus. Kalau bermain dalam ibadah bagaimana bisa mendapatkan Shekina Gloria?.

Kita menghadapi masa yang mengerikan. Hargai Kristus Yesus, ibadahmu seharga korban Kristus. Gembala harus menghargai jabatannya sebagai gembala karena itu seharga korban Kristus. Itu sebabnya kita harus beribadah dengan penuh sukacita.

Dalam Lukas pasal 2 ini ada 10 pengalaman yang indah yang dialami oleh gembala-gembala yang ada kaitannya dengan Tuhan Yesus.
1.      Mereka diliputi kemuliaan Allah yang bersinar
Lukas 2:9
2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Tuhan Yesus tampil sebagai pemimpin dan gembala.
Matius 2:6
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Penggembalaan Tuhan Yesus berlanjut di sorga. Penggembalaan tidak berakhir di bumi ini tapi berlanjutdi sorga.
Wahyu 7:17
7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

Ketika Tuhan Yesus dipermuliakan di atas gunung, di sanalah Shekina Gloria itu dipertontonkan Tuhan ketika tampil Musa dan Elia mendampingi Tuhan Yesus dalam kemuliaan. Kenapa ketika itu ditampilkan Musa dan Elia, bukannya Henokh? Karena tidak ada catatan di dalam Alkitab bahwa Henokh itu mengalami penderitaan. Tetapi Musa dan Elia dalam pelayanannya banyak menghadapi penderitaan, itulah konsekuensinyakami para gembala, kami banyak menghadapi penderitaan tetapi kami melihat Musa dan Elia, dan itu menjadi pendorong untuk kami melayani Tuhan dengan setia sampai mati. Sekalipun Musa berkali-kali mau dilempari batu oleh umat Israel dan Elia dalam memulihkan ibadah umat Israel banyak menghadapi tantangan, tetapi dua orang ini tetap setia dan akhirnya menikmati Shekina Gloria.

Ketika Shekina Gloria itu turun apa suara yang didengar?
Matius 17:5
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Dalam suasana Shekina Gloria ada suara “Inilah Anak yang Kukasihi”. Ini adalah suara pengakuan Allah dari Sorga. Karena kita mengakui pengakuan Allah di Sorga maka kita mengakui Tuhan Yesus adalah AnakNya. Karena kita percaya Allah maka kita percaya Tuhan Yesus itu anakNya. Kalau tidak percaya berarti sama dengan menuduh Allah itu pendusta.

Kemudian ada kalimat selanjutnya “kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia”. Ini menunjuk suara Firman penggembalaan. Apa yang harus kita dengarkan dari Tuhan? SuaraNya yang harus kita dengar dan suara penggembala. Untuk menikmati Shekina Gloria maka jemaat harus memperhatikan suara gembala sebab di sanalah wilayahnya Tuhan mempertontonkan Shekina Gloria.

2.      Mereka dihinggapi rasa takut
Keluaran 20:18-20
20:18 Seluruh bangsa itu menyaksikan guruh mengguntur, kilat sabung-menyabung, sangkakala berbunyi dan gunung berasap. Maka bangsa itu takut dan gemetar dan mereka berdiri jauh-jauh.
20:19 Mereka berkata kepada Musa: "Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati."
20:20 Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: "Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa."

Rasa takut akan Tuhan inilah yang Tuhan inginkan dari dalam sidang jemaat. Ini berawal dari gembala yang takut akan Tuhan dan ditransfer kepada jemaat sehingga takut akan Tuhan. Tetapi kalau gembala saja tidak takut akan Tuhan dan berani selingkuh bagaimana dengan sidang jemaat. Jadi perasaan takut akan Tuhan itu harus ada pada gembala dan itu diturunkan kepada sidang jemaat.kalau kita digembalakan oleh orang yang tidak takut akan Tuhan maka bersama dengan orang itu (yang banyakmelakukanpelanggaranFirman Allah)jemaat akan masuk dalam masa aniaya antikristus.

3.      Mereka menerima berita yang sama dan tidak berbeda.
Dalam berita yang sama ini tersimpul secara lengkap nama Tuhan.
Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Untuk Yusuf dan Maria hanya disuruh memberi nama Yesus, tetapi untuk pare gembala lengkap disebutkan Tuhan Yesus Krsitus. Juruselamat itulah nama Yesus. Jadi lengkap nama Tuhan Yesus Kristus. Di dalam penggembalaan nama Tuhan itu harus lengkap, apalagi ketika melayani penyerahan anak, ketika membaptis seseorangdan ketika pemberkatan nikah. Gereja Tuhan harus memiliki berita yang sama, Firman Tuhan yang sama. Tetapi ada orang yang berani merombak Firman.
Mazmur 119:126
119:126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.

Jadi kepada kehidupan yang merombak Firman Allah, Tuhan sudah siap bertindak baginya. Gembala-gembala ini dibekali berita yang sama yang tidak beda. Begitu berita itu berbeda maka Tuhan melihat orang itu merombak Firman Allah berarti Tuhan sudah siap untuk bertindak. Apakah ini yang kita tunggu? Tidak! Kita menunggu Tuhan memeluk kita dengan kehangatan kasihNya.
4.      Mereka melihat Bala tentara Sorga dan bukan hanya melihat tetapi mereka juga mendengar
Benar-benar telinga dan mata gembala-gembala ini dikuasai oleh Sorga. Melihat berarti matanya dikuasai oleh Tuhan, mendengar berarti telinganya dikuasai oleh Tuhan.
Amsal 20:12
20:12 Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya dibuat oleh TUHAN.

Itu sebab telinga dan mataku sebagai seorang hamba Tuhan harus saya serahkan kepada Tuhan supaya Tuhan ciptakan telinga untuk mendengarnya dan mata diciptakan untuk melihat apa yang Tuhan kehendaki. Gembala itu mendengar dan melihat sehingga ada sesuatu yang akan dia berikan kepada jemaat sehingga bersama dengan jemaat bisa mengucap syukur kepada Tuhan karena sama-sama diliputi oleh kemuliaan Firman dan tidak ada yang terlempar atau terbuang keluar.
Kisah Para Rasul 22:14-15
22:14 Lalu katanya: Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya.
22:15 Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar.

Yang disebutkan ada di sana adalah bala tentara Sorga. Kenapa harus disebut “bala tentara”? Kalau ada penampilan bala tentara berarti Tuhan mengingatkan bagi para gembala bahwa mereka akan berhadapan dengan tantangan.
Mazmur 68:12
68:12 Tuhan menyampaikan sabda; orang-orang yang membawa kabar baik itu merupakan tentara yang besar:

Ketika Tuhan Yesus bangkit dari kubur maka ada kubu Petrus yang dipimpin oleh Petrus. Kubu Petrus ini adalah orang-orang yang sangat sederhana dan bersahaja. Ada kubu yang kedua yang dipimpin oleh imam besar dan imam-imam kepala beserta dengan tentera-tentara Romawi yang disogok, mereka memberitakan berita yang tidak benar tentang kebangkitan Tuhan Yesus. Di atas kertas Petrus pasti kalah karena melawan orang-orang besar. Jadi kebangkitan Tuhan Yesus menimbulkan pertempuran berita melawan berita.
Matius 28:11-15
28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Berita Petrus mengatakan Tuhan Yesus bangkit, berita imam besar mengatakan mayat Tuhan Yesus dicuri. Kita berada pada berita yang mana. Jangan berada pada berita imam besar, di sana bermain dengan uang.

5.      Mereka saling mengajak
Berarti ada fellowship, ada persekutuan. Dalam saling mengajak ini mereka masing-masing mengerti bahwa waktu kita tinggal sedikit jangan dibuang dengan sia-sia, biarlah kita saling mengajak. Ini waktu yang jahat, mari kita dekat dengan Tuhan, beri diri digembalakan sehingga kita menikmati Shekina Gloria.

Yakub adalah contoh konkrit orang yang menghargai waktu. Yakub seandainya terlambat 1 menit saja maka dia pasti kepergok oleh Esau, untung dia dengar-dengaran kepada ibunya untuk mempersembahkan makanan kepada Ishak dan dia memanfaatkan waktu.
Kejadian 27:30
27:30 Setelah Ishak selesai memberkati Yakub, dan baru saja Yakub keluar meninggalkan Ishak, ayahnya, pulanglah Esau, kakaknya, dari berburu.

Kalau kita membuang-buang waktu maka ini berbahaya sekali. Sebelum masa 3,5 tahun aniaya antikristus ada peristiwa Pharusia yaitu penyingkiran gereja ke padang belantara, ketika itu Tuhan Yesus datang khusus kepada kekasihNya. Setelah masa 3,5 tahun anaiaya antikristus baru ada peristiwa Epipani di mana semua mata melihat Tuhan Yesus datang di angkasa. Yang harus kita jaga adalah peristiwa Pharusia, kita tidak tahu kapan pengyingkiran gereja, itu sebabnya kita harus menghargai waktu.

6.      Mereka menjumpai Maria, Yusuf dan bayi itu
Yang pertama dijumpai oleh gembala-gembala adalah Maria yang menunjuk seorang ibu. Ibu itu adalah gembala yang mengasuh dan merawat anak. Jadi gembala harus merawat jemaat yang masih bayi rohaninya seperti seorang ibu merawat bayinya. Tidak ada gembala yang langsung merawat jemaat yang sudah dewasa rohaninya, pasti dirawat sejak dari bayi.
I Tesalonika 2:7
2:7 Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.

Itu sebabnya begitu ada jiwa baru kita layani kita harus berhati-hati sebab dia masih jiwa baru. Gembala harus tampil seperti seorang ibu menghadapi jemaat yang baru. Rasul Paulus sampai berkata:
Galatia 4:19
4:19 Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Itu sebabnya sesudah berjumpa dengan Maria sebagai ibu, para gembala bertemu dengan Yusuf sebagai ayah.
I Tesalonika 2:11
2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

Gembala itu harus tampil sebagai bapa yang memberi nasihat dan pengajaran kepada jemaat berarti memberikan makanan yang keras. Jemaat jangan terus menjadi kanak-kanak rohani yang salah sedikit saja sudah meraju dan menetek kepada gembala. Kita tidak boleh menjadi bayi rohani terus tetapi perlu meningkat pada Firman pengajaran. Kalau keduanya ini ada maka kita akan bertemu dengan bayi Yesus yaitu Firman yang menjadi manusia. Itulah yang dimaksukan oleh rasul Paulusbahwa wujud Kristus yaitu Firman yang menjadi manusia menjadi nampak dalam kehidupan saudara.

Kalau saudara dihentar pada gembala yang seperti itu maka pasti saudara akan menjadi kehidupan Kristen yang “daging menjadi Firman” (dewasarohani/ sempurna).

7.      Tanda mereka menerima berita/ kesaksian yang sama adalah mereka berjumpa dengan Tuhan Yesus

8.      Mereka bersaksi dan bercerita
Semua yang mendengar secara positif heran mendengar kesaksian mereka.

Yesaya 8:16
8:16 Aku harus menyimpan kesaksian ini dan memeteraikan pengajaran ini di antara murid-muridku.

Jadi kepada gembala dimeteraikan oleh Tuhan, kesaksian dan pengajaran. Itu penting dimiliki oleh gembala untuk mendewasakan gereja Tuhan sehingga gereja Tuhan bisa menyatu dengan Tuhan Yesus sebab berada dengan kemuliaan dengan Tuhan Yesus.

9.      Mereka kembali dengan penuh sukacita
Ketika kita datang beribadah dan melayani jangan malah pulang dengan muka masam. Kalau seperti itu berarti tidak jumpa dengan Tuhan Yesus.

Penggembalaan itu penting dan harus kita hargai sebab jabatan itu diangkat oleh Tuhan setelah Yesus mati dan bangkit. Berarti penggembalaan itu seharga korban Kristus. Dan kita diselamatkan bukan oleh darah korban kambing, domba atau lembu tetapi oleh darah Yesus kita diselamatkan dari tangan orang yang kuat.

10.  Mendapatpernyataannamalengkap
Juruselamat = Yesus
                   = Kristus
                   = Yesus

Buktikannamainiada di atasmumakaakanadasukacita/ kegirangan. Itulahsebabnyagembala-gembalakembalidengansukacita.
Yeremia 15:16


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar