20141223

Kebaktian Natal di Korobono, Selasa 23 Desember 2014 Pdt. Bernard Legontu


Tema: Kemuliaan Tuhan di antara kita (Lukas 2:8-9)

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 2:10-12
2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."

Ketika Tuhan Yesus dilahirkan artinya Firman menjadi manusia atau menjadi daging. Ketika itu Shekina Gloria, Tuhan pertontonkan kepada para gembala. Mengapa dipertontonkan kepada para gembala bukan kepada Yusuf, bukan kepada Maria atau golongan masyarakat yang lain? Sebab gembala-gembala dalam pengertian rohani ini Tuhan percayakan untuk menggembalakan jiwa-jiwa supaya jiwa-jiwa itu kelak menikmati Shekina Gloria.

Shekina Gloria ini sudah Tuhan sediakan sebelum dunia diciptakan untuk saudara. Tetapi apakah saudara akan menikmatinya kelak?
I Korintus 2:7
2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Siapa yang akan menikmati paket Allah ini? Umat Tuhan yang bagaimana yang kelak akan menikmati ini?
Lukas 2:12
2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."

Bayi itu siapa? Itulah Adam yang akhir. Ada Adam yang pertama yang gagal di Firdaus. Dia tidak mampu menyelamatkan istrinya ketika digoda oleh iblis. Adam yang pertama ketika ditantang oleh iblis di Firdaus, dia kalah. Tetapi Adam yang akhir ketika ditantang oleh iblis di padang belantara, Dia menang. Itulah Tuhan Yesus yang kita rayakan.

Ketika Adam yang akhir ini lahir maka zangkoor Sorga ikut memeriahkan, ketika Dia akan menikah zangkoor Sorga juga ikut memeriahkan. Adam yang pertama mempunyai istri, Adam yang akhir juga memiliki istri tetapi bukan dalam bentuk Hawa yaitu hanya satu figur. Istri dari Adam yang akhir adalah gereja Tuhan yang sempurna. Kita mengarah ke sana tetapi untuk ke sana ada panutan, ada yang dipercaya Tuhan untuk melayani kita.

Mari kita melihat Adam yang akhir ini yang kelahirannya dirayakan oleh Sorga dan dimeriahkan oleh ribuan malaikat yang mempersembahkan kidung agung. Ketika pernikahan Adam yang akhir ini mau digelar maka ada paduan suara tetapi bukan lagi malaikat yang langsung dari sorga namun hamba-hamba Tuhan yang tahbisannya benar yang berhasil menggiring jemaat menjadi istri Anak Domba Allah. Ini tanggung jawab kita hamba-hamba Tuhan. Kita para gembala dipanggil oleh Tuhan bukan hanya sekedar untuk memimpin upacara ibadah tetapi tujuan dari ibadah adalah untuk menggarap sidang jemaat lewat kasih, Firman dan RohNya agar kita mencapai standar yang disebut Mempelai Wanita yang akan bersanding dengan Adam yang akhir.

Adam yang pertama tidak mampu menolong Hawa istrinya bahkan malah mempersalahkan istrinya dan akhirnya mempersalahkan Tuhan. Ketika ditanya mengapa dia memakan buah itu malah dia mempersalahkan Tuhan, dia mengatakan “karena perempuan yang Kautempatkan di sisiku”. Berbeda dengan Adam yang akhir, dia melakukan pelayanan dengan taat kepada BapaNya dan tidak ada yang Dia bantah. Apa yang Dia kerjakan semuanya lebih dahulu Dia terima dari BapaNya. Itulah roh ketaatan yang luar biasa dari Adam yang akhir.

Adam yang pertama memiliki Hawa yang diciptakan dari tulang rusuknya. Setelah itu Tuhan membawa Hawa kepada Adam, pesta nikah yang pertama hanya dihadiri oleh Tuhan sendiri, tidak disebutkan ada malaikat. Ketika melihat Hawa apa yang dikatakan oleh Adam?
Kejadian 2:21
2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

Ketika Adam tertidur maka rusuknya diambil. Ketika Tuhan Yesus yaitu Adam yang akhir mati di atas kayu salib maka rusuknya ditombak. Ketika itu keluar darah dan air sebagai tanda kelahiran manusia. Kalau ibu melahirkan seorang anak maka yang keluar adalah darah dan air. Tuhan Yesus mau melahirkan kita seperti Adam yang rusuknya diambil, demikian juga Tuhan Yesus ditombak lambungnya sehingga keluar darah dan air, ketika itulah terjadi kelahiran gereja. Kita semua ini dikandung di Golgota dan dilahirkan di Golgota.

Kejadian 2:22-23
2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Gereja Tuhan adalah tulang dan dagingnya Tuhan Yesus.
Efesus 5:30
5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

Efesus 5:30 (Terjemahan Inggirs)
5:30 For we are members of his body, of his flesh, and of his bones.(daging dan tulangNya)

Adam berkata ini tulang dari tulangku dan ini daging dari dagingku, Tuhan Yesus juga berkata seperti itu dalam kesimpulan rahasia Allah yang besar. Efesus pasal 5 mengangkat pernikahan manusia tetapi menubuatkan pernikahan Kristus dan gerejaNya sehingga dalam ayat 32 ada rahasia yang besar.
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Apa betul kita adalah tulang dan daging Tuhan Yesus. Itu diukur dengan Firman Tuhan. Tulang itu adalah kerangka dan kerangka itu menunjuk pendirian. Sudah sejauh mana pendirian kita sebagai orang Kristen? Betulkah saudara mempunyai pendirian bahwa saya adalah orang Kristen yang berbeda dengan orang dunia? Kalau pendirian itu ada berarti kita adalah tulangnya Yesus. Pendirian kita harus tetap ada di dalam Alkitab, tidak di luar Alkitab. Daging Tuhan Yesus itu adalah ketaatan, taat sampai mati bahkan mati di kayu salib.

Jangan kita membangun rohani kita dengan batu bata seperti Nimrod membangun menara Babel, padahal kita ini adalah batu yang hidup. Jangan menjadi hamba Tuhan imitasi dan jangan menjadi anak Tuhan imitasi, biarlah kita berdiri di atas batu karang yang teguh, itulah pendirian kita. Jangan merayakan natal hanya sekedar ceremony, di mana pendirian kita sebagai umat Tuhan yang telah ditebus. Penebus kita kuat! Adam yang akhir itu adalah penebus kita dan Dia kuat.
Yeremia 50:34
50:34 Tetapi Penebus mereka adalah kuat; TUHAN semesta alam nama-Nya. Tentulah Ia akan memperjuangkan perkara mereka, supaya Ia memberi ketenteraman kepada bumi, tetapi kegemparan kepada penduduk Babel.

Dia mengalahkan maut, Dia tidak dikalahkan maut tetapi Dia mengalahkan maut. Namun Adam yang pertama dikalahkan oleh maut. Adam berada di taman Firdaus tetapi dia kalah, Tuhan Yesus ada di padang belantara tetapi malah Dia yang menang.

Kita mengikuti Adam yang pertama atau Adam yang akhir? Adam yang pertama itu adalah daging. Kalau saya dan saudara mengikuti keinginan daging maka akan kalah terus. Pada waktu natal seperti ini banyak orang yang dikalahkan oleh minuman keras. Apakah ini yang disebut pendirian Kristen? Minuman keras hanya untuk orang yang akan binasa.
Amsal 31:6
31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

Kalau saya sebagai pelayan Tuhan mengkonsumi minuman keras maka saya adalah orang yang akan binasa. Bagaimana bisa melayani orang supaya selamat? Kita harus tegas sebagai anak Tuhan yang dikatakan tulangnya Tuhan.

Yesaya 5:21-22
5:21 Celakalah mereka yang memandang dirinya bijaksana, yang menganggap dirinya pintar!
5:22 Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras;

Lukas pasal 2 ini adalah perjuangan Tuhan untuk membebaskan kita dari lumpur dosa. Tadinya kita dilumpur dosa tetapi Tuhan memperjuangkan kita sampai mati tersalib. Setelah kita diselamatkan mari kita beribadah dan melayani demi namaNya.Di dalam proses ibadah dan pelayanan di sana ada tanggung jawab yang besar yaitu Mega Proyek di mana kita membangun Bait Allah demi nama Tuhan. Berarti kita beribadah dan melayani sekaligus kita dibangun menjadi Tubuh Kristus. Jangan melayani tanpa beban tanggung jawab.

Bangunan yang Tuhan bangun bukanlah bangunan asal tetapi bangunan yang mahal, sebab dibangun dengan batu penjuru yang mahal, batu penjuru yang indah, batu penjuru yang dipilih. Jadi bangunan yang Tuhan bangun yaitu rohani kita bukanlah bangunan yang asal-asal tetapi bangunan yang mahal. Dasarnya saja sudah mahal. Kita ditebus oleh Tuhan dengan darah yang mahal bukan dengan emas dan perak.

Batu penjuru itu mengikat dua batu dasar yaitu nabi dan rasul, nabi hubungannya dengan Firman nubuatan dan rasul hubungannya dengan Firman pengajaran. Jadi Firman pengajaran dan Firman nubuatan diikat oleh batu penjuru yang begitu mahal.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

I Petrus 2:5-8
2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.
2:6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."
2:7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: "Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan."
2:8 Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.

I Korintus 15:45-46
15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

Yang daging ini harus kita lepaskan supaya bisa membangun yang rohani. Kalau mengkombinasikan daging dengan yang rohani maka tidak akan ada kekuatan, apalagi hanya full manusia daging. Itu sebabnya orang seperti itu dalam ibadah selalu menomorsatukankan perkara daging, persoalan yang duniawi, sedangkan perkara rohani ditempatkan pada urutan yang terakhir. Padahal Alkitab mengatakan yang rohani harus kita tempatkan pada urutan atas.

I Timotisu 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

Agung dalam dalam terjemahan Ibrani adalah Rosh yang artinya sesuatu yang paling diatas. Jadi ibadah itu harus kita tempatkan pada urutan yang pertama.

Ketika Adam yang akhir ini lahir maka dimeriahkan dengan zangkoor yang besar dari Sorga sekaligus menyaksikan kelahiranNya. Ketika pernikahanNya digelar maka hamba-hamba Tuhan menyanyi memuji Tuhan.
Wahyu 19:5
19:5 Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!"

Hamba Tuhan yang masuk di sini adalah yang benar tahbisannya dan berhasil menggiring jemaat menjadi mempelai wanita Tuhan yang duduk bersanding dengan Tuhan Yesus. Ketika itu sidang jemaat akan melihat gembalanya yang membuat mereka bisa bersanding dengan Tuhan Yesus dan bermegah atas gembalanya.Demikian juga gembala akan melihat jemaat yang berhasil dihentar menjadi mempelai wanita Tuhan dan akan bermegah atas mereka.
II Korintus 1:14
1:14 seperti yang telah kamu pahamkan sebagiannya dari kami, yaitu bahwa pada hari Tuhan Yesus kamu akan bermegah atas kami seperti kami juga akan bermegah atas kamu.

Hamba-hamba Tuhan yang akan berada dalam paduan suara yang besar di Sorga ini adalah yang sampai pada taraf:
Ø  Doulos
Ini adalah hamba yang melayani tanpa menuntut hak. Kalau seorang hamba Tuhan rela masuk dalam pengalaman kematian artinya mau segera mati maka akan segera mengalami kebangkitan.
Ø  Huperetas
Siap matibagi tuannya.

Bagaimana kita mau menyanyi di sana memeriahkan pernikahan Anak Domba Allah yang disebut Adam yang akhir kalau tidak menempatkan diri dalam standar Doulos. Doulos tidak perlu mengejar haknya sebab haknya dipenuhi oleh majikan. Adalah tanggung jawab majikannya untuk memberikan asupan kepada Doulo.Doulos tidak perlu mengejar hal-hal yang duniawi!

Adalah mustahil seorang tentara diutus untuk berperang kemudian tentara itu mencari biayanya sendiri. Negara bertanggung jawab untuk membiayai tentaranya. Demikianpun kita diutus oleh Sorga kemudian Sorga pasti bertanggung jawab atas kebutuhan kita.

Ini sudah menjadi pengalaman saya ketika meninggalkan kota Makasar dan masuk di Tentena untuk melayani. Ketika itu yang dilayani adalah 1 keluaraga dan seorang duda, mereka semua sudah lanjut usia. Tetapi saya tidak menuntut hak, saya tahu saya dibawa oleh Tuhan pada suasana kematian. Kalau saya segera mati pasti saya segera bangkit. Saya tidak mau memperlambat kematian dan tidak ada mengirim S.O.S (Save Our Soul) kepada orang lain. Saya hanya berseru kepada Tuhan dan tidak berseru kepada orang lain.

Setelah itu kebangkitan mulai terjadi, tanpa saya mendatangi rumah mereka satu persatu jiwa mulai datang dan mau untuk digembalakan. Kenapa mereka datang dan mau digembalakan? Karena menikmati Firman Tuhan, merasa terpuaskan dan merasa ada arah yang jelas.

Wahyu 19:6
9:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

Bahasa yang menggelegar di Sorga ketika nikah Kristus Anak Domba Allah mau digelar adalah “Haleluya”.  “Haleluya” itu adalah bahasa ajakan dan sekaligus bahasa penyembahan.

Wahyu 19:7
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Gereja Tuhan diibaratkan bagaikan wanita yang bertunangan dengan Tuhan Yesus. Suami adalah kepala dan istri adalah tubuh. Tuhan Yesus diibaratkan sebagai kepala dan gereja Tuhan adalah tubuh.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Ada empat injil yang menceritakan tentang Adam yang akhir ini. Di sana diceritakan bagaimana pelayanan penebusan Adam yang akhir ini bagi umat manusia orang tebusanNya disebut orang Kristen yang artinya pengikut Kristus. Di sana diceritakan karya Kristus Yesus yang memperjuangkan kita supaya kita bisa beribadah dan melayani kemudian di dalam ibadah pelayanan ada proyek yang harus kita kerjakan yaitu membangun Tubuh Krsitus atau Bait Allah.

Kepada para gembala ini diberitakan nama yang lengkap yaitu Tuhan Yesus Kristus.
Lukas 2:11
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Juruselamat itu adalah Yesus. Dengan nama Tuhan Yesus Kristus kita beribadah dan rohani kita dibangun. Tetapi Tuhan sakit hati sebab melihat namaNya dinajiskan di tengah bangsa lain. Dalam doa bapa kami dikatakan “kuduskanlah namaMu” tetapi sering kita menajiskan nama Tuhan!
Matius 6:9
6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,

Atas nama Yesus kita beribadah dan melayani, atas nama Yesus kita membangun Bait Allah berarti membangun Tubuh Kristus, karena nama Yesus kita mendapatkan kemenangan, tetapi yang empunya nama itu sakit hati karena kita najiskan. Kapan nama itu dinajiskan? Lewat perilaku-perilaku yang tidak terpuji. Antara lain dengan terlalu mudah mengatakan “cerai” di dalam nikah dan perceraian itu dilegalkan di dalam gereja.Alkitab mengatakan dalam nikah itu Tuhan mencari benih Ilahi. Selanjutanya dikatakan Tuhan membenci kekerasan dan perceraian.

Ini yang membuat Pemilik nama ini sakit hati.
Yehezkiel 36:21
36:21 Aku merasa sakit hati karena nama-Ku yang kudus yang dinajiskan oleh kaum Israel di tengah bangsa-bangsa, di mana mereka datang.

Wahyu 19:7
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Sesudah Tuhan Yesus bangkit dari kubur tiba-tiba menampakkan diri di kamar yang terkunci, murid-murid mengira Dia hantu. Tetapi Tuhan menunjukkan lubang pada tangannya dan meminta makan untuk menunjukkan bahwa Dia bukan hantu. Juga setelah Tuhan Yesus bangkit baru Tuhan membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti kisah-kisah yang dahulu Tuhan Yesus paparkan. Sampai empat kali Tuhan Yesus mengatakan Ia akan mati dan bangkit tetapi mereka tidak mengerti. Nanti setelah Tuhan Yesus bangkit dari kubur baru membuka akal mereka sehingga mereka mengerti.
Lukas 24:45
24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Calon suami saudara bukan Adam yang pertama tetapi Adam yang terakhir, itulah Tuhan Yesus. Bagi yang mengerti tentu berbahagia memiliki Tuhan Yesus yang bertanggung jawab atas tubuhNya.
Yeremia 50:34
50:34 Tetapi Penebus mereka adalah kuat; TUHAN semesta alam nama-Nya. Tentulah Ia akan memperjuangkan perkara mereka, supaya Ia memberi ketenteraman kepada bumi, tetapi kegemparan kepada penduduk Babel.

Kalau kita mengakui Tuhan Yesus adalah Adam yang akhir yang menebus kita maka Tuhan pasti memperjuangkan kita. Masakan Tuhan diam ketika istriNya dipecundangi oleh iblis, tidak mungkin istriNya dibiarkan dipecundangi oleh antikristus. Antikrist boleh datang tetapi kalau saudara memposisikan diri sebagai istri Anak Domba Allah maka antikrist tidak akan berdaya sebab Tuhan akan menjaga saudara,

Dia adalah penebus yang kuat. Di sisi lain kita diperjuangkan tetapi di sini lain gereja palsu yaitu Babel sundal besar ada dalam penderitaaan.Di man kita mau mengkondisikan diri? Tentu kita mau bersekutu dengan Penebus yang kuat itu.

Kata tebus itu diangkat dari kata:
Ø  Agurazo artinya kita ditebus dari dalam pasar. Berarti kita ada dalam transaksi iblis sehingga bertimbun-timbun dalam dosa tertapi Tuhan adalah penebus yang kuat yang meng-agurazo kita. Kalau kita mengakui Tuhan adalah penebus kita maka kenapa kita menyerahkan lagi tangan dan pikiran kita kepada dosa. Jangan kita kembali pada dosa lama kita.
Ø  Exagurazo artinya kita ditebus dari luar pasar. Kita dahulu ada di luar pasar, hidup terlunta-lunta dan tidak jelas arah hidup kita sehingga Tuhan berkepentingan untuk menebus kita.
Ø  Lutro artinya dari hamba diangkat menjadi anak. Kita dulu hamba dosa kemudian diadopsi menjadi anak.

Siapa penebus kita?
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Kalau Dia tidak kuat untuk apa kita beribadah kepadaNya. Tetapi Penebus kita kuat dan sekaligus memposisikan diri sebagai suami kita. Itulah kebahagiaan gereja Tuhan, sehingga Shekina Gloria itu akhirnya menjadi bagian kita.

Ketika Tuhan datang berkarya untuk menebus kita yang diceritakan dalam injil Maitus sampai injil Yohanes, Tuhan Yesus menunjukkan bahwa Dia benar-benar kuat. Walaupun dalam keadaan sebagai manusia daging yang bisa lapar, haus, letih dan lesu tetapi Yesus menjadi penebus yang kuat.

Dalam Kisah Para Rasul pasal 2, Tuhan mulai membangun gerejaNya. Umat yang mau dibangun itu lebih dahulu Tuhan menangkap telinganya. Sesudah telinganya ditangkap, matanya (pandangan) juga harus ditangkap. Sesudah mata dan telinga ditangkap oleh Tuhan maka Tuhan juga menangkap lidahnya. Itu adalah awal kehidupan anak Tuhan itu dibangun menjadi rumah Tuhan untuk menjadi Tubuh Kristus.
Kisah Para Rasul 2:1-2
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;

Mendengar berarti telinga mereka ditangkap oleh Tuhan. Seringkali orang Kristen untuk pasang telinga saja sudah cuek, angkuh. Bagaimana kita mau dibangun untuk menjadi Bait Allah kalau telinga kita tidak mau dikuasai oleh Sorga, tidak mau mendengar Firman dan malah memasang teling mendengar bisikan iblis. Itu yang dilakukan oleh Yudas Iskariot, sementara Yesus bercerita dia malah memasang telinganya terhadap bisikan iblis. Ini banyak terjadi dalam gereja, kalau tetap seperti itu jangan mimpi akan bertemu dengan Tuhan Yesus tetapi akan bertemu dengan antikristus! Akan ada masa 3,5 tahun aniaya antikristus tetapi gereja Tuhan sudah disingkirkan oleh Tuhan ke padang belantara.

Mereka melihat berarti matanya terkait dengan Sorga.
Kisah Para Rasul 2:3
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Betapa bahagiannya bila mata dan telinga hamba Tuhan dipengaruhi oleh perkara-perkara sorga (di atas) tetapi itulah yang tidak disenangi oleh hamba Tuhan yang pandangan dan telinganya tertuju pada perkara-perkara dunia ketika hamba Tuhan tersebut sampaikan Firman Pengajaran yang mengoreksi.

Kalau telinga dan mata sudah ditangkap maka lidah mereka juga akan ditangkap oleh Sorga.
Kisah Para Rasul 2:4
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Betapa indahnya kalau dalam rumah tangga umat Tuhan, mata istri sudah ditangkap oleh Sorga, lidah sudah ditangkap oleh Sorga maka dalam rumah tangga itu akan ada sorga mini. Tetapi yang seringkali terjadi dalam rumah tangga adalah neraka mini karena belum membiarkan mata dan telinga serta lidahnya ditangkap oleh Tuhan.

Bukan berarti gereja yang pertama dibangun oleh Tuhan ini tanpa tantangan, tetapi iblis akan melawan. Iblis memakai manusia untuk melawan kita. Muncul 5 kelompok orang-orang yang beribadah yang dipakaiiblis melawan orang-orang ini. Orang yang dilawan ini sementara menceritakan bagaimana mereka sedang dibentuk oleh Tuhan lewat Firman pengajaran untuk ditampilkan menjadi istri Adam yang akhir, tetapi iblis tidak senang maka tampillah 5 kelompok orang-orang yang disebut beribadah tetapi menentang rencana Allah. Apakah kita ada pada kelompok yang suka melawan rencana Allah?
Kisah Para Rasul 6:8-9
6:8 Dan Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak.
6:9 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini -- anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria -- bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus,

Ini tantangan yang dihadapi oleh Stefanus, inilah orang-orang yang akan menghambat pembangunan Tubuh Kristus yang terjadi pada gereja hujan awal dan rohnya bekerja sampai sekarang ini. 5 kelompok ini menggambarkan 5 indra yang ada pada kepala kita.

1.      Libertini, terkena pada indera mata
Ini artinya orang bebas, sekalipun beribadah orang ini tidak mau menaklukkan hidupnya kepada Tuhan. Orang-orang ini selalu mencari kebebasan dalam keinginan daging. Dia pikir kalau datang beribadah dagingnya terkungkung, tidak ada kebebasan untuk bergerak dan berpikir kalau ada di luar ada kebebasan, padahal itu adalah tipuan iblis. Ini kena mengena dengan indra mata. Kalau mata tidak disucikan, hanya diumbar dan tidak mau takluk kepada Kristus maka celaka orang itu.

Bagaimana kita mau menikmati Shekina Gloria bersama Tuhan Yesus di pelaminan kalau tetap mengumbar mata. Salah satu prakteknya adalah sudah mempunyai istri tetapi mengubar mata kepada istri orang lain. Sehingga terjadi perselingkuhan, itu bermula dari mengumbar mata. Firman Tuhan harus disampaikan, kita harus mandi air Firman Allah supaya tampil tanpa cacat cela dan kerut.
Efesus 5:26-27
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Yang membuat Hawa jatuh dalam dosa karena dia memandang buah itu dan berakibat kepada kita keturunannya sekarang ini.
Kejadian 3:6
3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

2.      Kirene, terkena pada indera hidung
Artinya diikat oleh peraturan manusia. Kita sering membangun aturan-atuarn sendiri sehingga menyalahi Firman dan akhirnya Firman tidak diberi kebebasan untuk bergerak dalam diri kita. Ini adalah kehidupan yang suka mencium aturan yang dibuat oleh manusia. Aturan manusia itu mati (busuk) tetapi aturan Tuhan itulah yang hidup. Tetapi seringkali aturan Tuhan disingkirkan dan diganti dengan aturan manusia. Itulah aturan organisasi yang seringkali menjadi penghambat bahkan membuat menjadi sama seperti Firaun yang menghambat orang lain untuk jumpa dengan Tuhan.

3.      Aleksandria, terkena pada indera telinga
Artinya orang yang mempertahankan yang salah. Mestinya yang benar yang kita pertahankan karena kita harussependirian dengan Tuhan Yesus. Yang ditangkap oleh telinganya adalah berita yang tidak menyucikan. Kalau berita itu tidak menyucikan berarti berita itu salah. Berita yang benar pasti menyucikan sehingga merubah suami, istri dan anak. Kalau mau mendengar Firman yang benar maka pasti disucikan .

Lebih baik kita mengaku di hadapan Tuhan, kalau kita mengaku maka kita akan disayangi oleh Tuhan.
Amsal 28:13
28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Jangan ketika mendengarkan Firman Tuhan lalu kita malah bersihkuku mempertahankan harga diri. Lebih baik sekarang kita ditelanjangi oleh Tuhan dari pada nanti ditelanjangi dipengadilan Tuhan. Kalau saudara mandi maka saudara mencopot semua pakaian agar dibersihkan semuanya.
Efesus 5:26
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

Kita perlu mandi sebab kita banyak kotoran. Tetapi penebus kita adalah kuat, Dia suami kita dan Dia sayang kita semua. Itu sebabnya jangan kita bertahan kalau kita salah. Kalau sudah salah segera datang minta ampun.

Kalau beribadah dan tidak mengerti rencana Allah maka ibadah itu menjadi penghalang rencana Allah dalam diri saudara.

4.      Kilikia, terkena pada indera mulut
Kilikia artinya barang dari rambut. Rambut itu kemuliaan, bahkan rambut beruban itu adalah kemuliaan bagi orang yang lanjut usia. Yang tidak pernah berubah rambutnya hanya binatang, rambut manusia bisa berubah. Jadi kalau tidak mauberubah itu berarti binatang. Mulut ini harus dikuasai Firman agar jangan melawan Tuhan.

5.      Asia, terkena pada indera perasa
Asia artinya tanah di sebelah Timur. Orang yang paling berperasaan adalah orang timur. Ini yang perlu digugurkan yaitu perasaan yang cepat tersinggung. Ini yang harus dimatikan. Perasaan yang mudah tersinggung ini adalah penghalang pembangunan Tubuh Kristus. Untuk mencapai Shekina Gloria hal itu harus dikesampingkan.

Seluruh pancaindera kita ada pada kepala, itu sebabnya taklukkanlah panca indera kita pada Kepala yaitu Tuhan Yesus. Siapa yang berperan di sini? Itulah gembala yang diurapi Roh Kudus. Roh Kudus ini ada tujuh manifestasinya.
Yesaya 11:2-3; 28:6
11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
28:6 akan menjadi roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.

Ini dimiliki oleh Tuhan Yesus dan ditransfer kepada gembala.
Kisah Para Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Oleh ketetapan Roh Allah, Tuhan melantik gembala untuk menggembalakan domba-domba yang dibeli oleh Yesus dengan darahNya. Gembala dilantik oleh Tuhan Yesus setelah mengalami pengalaman mati dan bangkit. Sebelum Tuhan Yesus mati belum ada pelantikan gembala. Rasul dilantik sebelum Tuhan Yesus mati, penginjil juga sudah dilantik sebelum Tuhan Yesus mati. Tetapi secara khusus untuk gembala, Tuhan Yesus melantik setelah Dia bangkit dari kubur. Jadi jabatan gembala seharga korban Kristus, tidak boleh dipermainkan karena di dalamnya ada tanggung jawab yang berat.

Kita semua ini dibeli oleh Tuhan dengan darahNya dengan harga tunai, Tuhan tidak mencicil kita. Termasuk gembala dibeli dengan darah Anak Domba Allah maka jabatannya juga diangkat seharga darah Yesus. Berarti pada gembala ada harga yang double. Dua harga dalam diri satu orang, dua menjadi satu. Ini adalah bahasa nikah. Itu sebabnya tanggung jawab gembala untuk membawa sidang jemaat menjadi mempelai wanita Tuhan.

1.      Roh Hikmat
Yang ditaruh pada urutan pertama adalah roh hikmat. Saudara tidak bisa mendapatkan hikmat pada samudera raya.
Ayub 28:12-14
28:12 Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi?
28:13 Jalan ke sana tidak diketahui manusia, dan tidak didapati di negeri orang hidup.
28:14 Kata samudera raya: Ia tidak terdapat di dalamku, dan kata laut: Ia tidak ada padaku.

Hikmat ini tujuannya supaya gereja Tuhan menikmati pembukaan rahasia Firman Allah. Karena roh hikmat membuka rahasia Firman Allah membuat gereja Tuhan tahu bagaimana mengisi bangunan itu. Kalau ada hikmat maka kita akan mudah mengatur. Setelah Salomo meminta hikmat maka dia diperhadapkan dengan persoalan dua wanita yang memperebutkan anak. Tetapi karena ada hikmat maka masalah terselesaikan.
Amsal 24:3-4
24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,
24:4 dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik.

Karakter kita diawali diisi dengan roh hikmat.Hikmat itulah yang membuka rahasia Allah yang tersembunyi berabad-abad
Efesus 1:8-9
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Kolose 1:27-28
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Kalau ada hikmat maka persoalan tidak akan berlarut-larut dalam nikah rumah tangga. Kalau persoalan itu berlarut-larut di dalam gereja dan di dalam rumah tangga berarti tidak ada hikmat di situ. Menghadapi persoalan itu tidak gampang kalau Tuhan tidak memberikan hikmat.

2.      Roh Pengertian
Gembala harus dilemkapi dengan roh pengertian.
Yeremia 3:15
3:15 Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.

Bagaimana bukti ada pengertian?
Amsal 17:27
17:27 Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin.

Harus menahan kata jangan suka memfitnah. Dalam terjemahan aslinya adalah Diabolos, iblis juga dalam bahasa Gerika adalah Diabolos. Jadi orang yang suka memfitnah sama dengan iblis. Pada sidang jemaat Smirna ada jemaat iblis di dalamnya itulah orang yang suka menfitnah.

3.      Roh Nasihat
Bagaimana bisa mempunyai roh nasihat kalau diri sendiri tidak mau dinasihati. Ester adalah kehidupan yang suka menerima nasihat baik dari saudara sepupunya yaitu Mordekhai dan juga menerima nasihat dari sida-sida yaitu Hegai. Akhirnya dia duduk bersanding dengan Ahasyweros. Gereja Tuhan yang mau menerima nasihat pasti akan berhasil duduk bersanding, bukan dengan Ahasyweros tetapi dengan Tuhan Yesus.
Ibrani 10:25
10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Kepada orang yang berselisih kita harus menasihati supaya kembali berdamai, jangan malah mengkompori.

4.      Roh Keperkasaan
Kita harus perkasa dalam mengendalikankeinginan daging kita.

5.      Roh Pengenalan
Pengenalan kita ini harus bertumbuh.
Hosea 6:3
6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."



II Petrus 3:18
3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Orang Efesus sudah memiliki iman dan kasih yang kesohor tetapi rasul Paulus berdoa supaya kepada mereka diberikan roh wahyu dan pembukaan rahasia Firman supaya mereka mengenal siapa Tuhan Yesus dengan benar.
Efesus 1:17
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Pengenalan kita harus memuncak. Tidak hanya mengenal Tuhan Yesus sebagai Juruselamat, sebagai gembala, sebagai Tabib, sebab Pembaptis Roh Kudus. Pemuncakkan pengenalan kita adalah Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Ini adalah julukan Tuhan Yesus yang tetap sampai di Sorga. Julukan Juruselamat berakhir di bumi.

6.      Takut akan Tuhan
Menjelang penghakiman Tuhan digelar maka ada kesempatan yang terakhir untuk kita mendengar ajakan Tuhan.
Wahyu 14:6-7
14:6 Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,
14:7 dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."

Ini manifestasi roh yang keenam yang mengajak kita takut akan Tuhan. Pada kesempatan yang terakhir ini malaikat itu terbang di atas langit dan bumi dan berseru “Takutlah akan Allah”. Mungkin ini kesempatan yang terakhir bagi kita. Ini diserukan menjelang penghakiman Tuhan.

7.      Roh Pengadilan
Ada dua macam penghakiman.
a)      Penghakiman yang pertama adalah pembalasan Tuhan.
Mengapa ada pembalasan Tuhan? Sebab berulang kali Tuhan sudah menyampaikan Firmannya tetapi mereka menolak perkataan Tuhan! Akhirnya Tuhan melakukan pembalasan.
Yohanes 12:46-48
12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Kita sudah berkali-kali mendengar Firman bahwa hamba Tuhan tidak boleh ada kredit, buktikan iman saudara agar ditularkan kepada jemaat. Dalam membangun rumah Tuhan jangan dilakukan dengan cara kredit karena Tuhan membeli kita tidak dengan cara kredit tetapi dengan harga tunai. Musa membangun Tabernakel tidak dengan kredit. Salomo membangun Bait Allah tidak dengan kredit. Gembala harus meninggalkan teladan iman, jemaat hidup dengan melihat teladan iman dari gembala. Gembala harus menjadi teladan iman bagi jemaat yang dia layani.
Ibrani 13:7
13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

b)      Penghakiman yang kedua ada pemisahan
Jadi pengadilan Tuhan itu mengadakan pemisahan. Jangan kaget kalau ada pemisahan. Dalam Matius pasal 25 kita lihat kambing ada di sebelah kiri dan domba ada di sebelah kanan. Domba itu rela digunting bulunya sebab kalau tidak digunting akan berat dia berjalan. Tetapi jangan coba saudara mengunting bulu kambing sebab pasti akan kedinginan lalu mati.
Matius 25:33
25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

Banyak Kristen kambing yang tidak mau digunting bulunya, dengan kata lain orang Kristen kikir. Kambing ini sulit untuk memberi, domba ini suka memberi. Kambing sulit memberi tetapi malah suka mengejar supaya dia mendapatkannya.

Wahyu 20:11-13
20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Yang mati di dalam laut ini adalah gambaran Firaun dan pasukannya yang tenggelam di laut.
Keluaran 14:23-26
14:23 Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka -- segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda -- sampai ke tengah-tengah laut.
14:24 Dan pada waktu jaga pagi, TUHAN yang di dalam tiang api dan awan itu memandang kepada tentara orang Mesir, lalu dikacaukan-Nya tentara orang Mesir itu.
14:25 Ia membuat roda keretanya berjalan miring dan maju dengan berat, sehingga orang Mesir berkata: "Marilah kita lari meninggalkan orang Israel, sebab TUHANlah yang berperang untuk mereka melawan Mesir."
14:26 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke atas laut, supaya air berbalik meliputi orang Mesir, meliputi kereta mereka dan orang mereka yang berkuda."

Siapakah mereka ini? Itulah Firaun dan warganya. Sebenarnya ada maksud Tuhan memperlihatkan kemuliaanNya kepada Firaun, maksudnya supaya Firaun mengenal Allah orang Ibrani dan dia juga memasyurkan Allahnya orang Ibrani.
Roma 9:17
9:17 Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: "Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi."

Tetapi Firaun ini menghalang-halangi orang beribadah. 6 kali dia mengeraskan hati dan pada kali yang ketujuh Tuhan yang mengeraskan hatinya dan mengunci hatinya. Ada empat tawaran Firaun untuk menghalang-halangi umat Tuhan beribadah:
a)      Boleh beribadah tetapi di Mesir, jangan ke mana-mana. Seringkali kita terobsesi bahasa ini, beribadah tetapi dikuasai Mesir berarti dikuasai dunia. Padahal Tuhan mengatakan kita harus  beda dengan dunia.
Roma 12:2
12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

b)      Boleh beribadah tetapi jangan jauh-jauh, berarti beribadah tetapi tidak perlu mendalam. Ini siasat Firaun yang menghalangi umat Tuhan beribadah.

c)      Boleh beribadah tetapi laki-laki saja, perempuan dan anak-anak jangan ikut. Beribadah tetapi memisahkan kepala dan tubuh.

d)      Boleh beribadah tetapi kambing dombanya tidak boleh dibawa. Berarti beribadah tetapi tanpa ada pengorbanan.

Shekina Gloria disediakan Tuhan bagi kita. Kita mau duduk bersanding dengan Tuhan Yesus Adam yang akhir. Dia rindu saudara ada dalam dekapannya. Saya rindu ada di sana, saya tidak mau berada di dekapan iblis. Biarlah gereja Tuhan juga ada dalam pelukan kasih sayang Tuhan.

Banyak orang Kristen yang tidak suka mendengar Firman ketika lama disampaikan. Padahal ketika bertunangan walaupun berjam-jam tetap terasa tidak mau berpisah. Kenapa ketika bercerita dengan tunangan kita dari Sorga kita tidak suka? Itulah ulah orang Kristen akhir zaman. Orang sepreti itulah yang suatu saat menjadi yang pertama kali akan lapar akan Firman tetapi tidak mendapatkan lagi.
Amos 8:11-12
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

Orang seperti inilah yang akan lebih dahulu mencari Firman tetapi tidak dapat. Dia akan beredar-edar dari utara ke timur. Utara itu adalah tempat meja roti sajian, timur itu adalah daerah halaman. Berarti dia tidak mendapatkan pembukaan rahasia Firman akhirnya rohaninya mundur ke halaman dan bertemu dengan antikristus.

Orang seperti itu akan beredar dari laut ke laut. Laut itu adalah gambaran orang fasik. Berarti orang itu betul-betul dikuasai oleh roh kefasikan dan tidak ada harapan lagi untuk dia selamat sebab Firman dan Roh Kudus sudah diangkat.

Inilah kesalahan orang Kristen yang membatasi mendengarkan Firman, bagaimana bisa dia menerima Shekina Gloria? Sebenarnya jemaat itu berminat mendengarkan Firman walaupun disampaikan dalam waktu yang panjang tetapi seringkali gembala yang membatasi dan membiasakan jemaat seperti itu. Siapa yang bertanggung jawab kalau seperti itu? Padahal di tangan gembalalah tanggung jawab untuk membawa sidang jemaat menikmati Shekina Gloria.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar