20141214

Kebaktian Umum, Minggu14 Desember2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 10:3-4
10:3 "Terhadap para gembala akan bangkit murka-Ku dan terhadap kepala-kepala kawanan kambing Aku akan mengadakan pembalasan, sebab TUHAN semesta alam memperhatikan kawanan ternak-Nya, yakni kaum Yehuda, dan membuat mereka sebagai kuda keagungan-Nya dalam pertempuran.
10:4 Dari pada mereka akan muncul batu penjuru, dari pada mereka akan muncul patok kemah, dari pada mereka akan muncul busur perang, dari pada mereka akan keluar semua penguasa bersama-sama.

Setelah Tuhan berkata bahwa gembala dan jabatan siluman yang tidak ada di dalam Alkitab yaitu kepala-kepala kawanan kambing (ini adalah jabatan yang muncul dari jalan pikiran manusia sendiri) dimurkaioleh Tuhan. Tuhan menghibur diriNya dengan mengatakan ada kawanan ternak pilihanNya yaitu kaum Yehuda. Tuhan memberikan kaum Yehuda berkatdalam 4 hal:

Jadi di sisi lain Tuhan sebal dan berduka cita oleh karena diperlakukan dengan sakithati. Domba-domba gembalaan Tuhan digembalakan dengan tidak sesuai selera Tuhan dan mengakibatkan domba-domba Tuhan berkeliaran tidak jelas arah. Saya sebagai gembala tidak menginginkan itu terjadi di dalam sidang jemaat oleh karena ulah saya yang menyampaikan Firman yang arahnya tidakjelas sehingga akhirnya jemaat berkeliaran, iniberbahaya.

Sebelumkitabahas 4 hal yang akanditerimaoleh Yehuda lebihdahuluapatugasgembala.
Gembala atau yang disebut episkopos atau yang melakukan pekerjaan pastoral. Ada 4 tujuan dari episkopos:
1.      Mengawasi agar sidang jemaat itu tidak berkeliaran
Diawasi dengan apa? Diawasi dengan Firman pengajaran yang sehat dan murni. Bukan diawasi dengan akal-akalan! Itu arti pertama dari episkopos yaitu mengawasi sidang jemaat dengan Firman pengajaran yang murni dan sehat.

Ini ditaruh pada urutan atas, episkopos ini bukan hanya sekedar menyelenggarakan upacara kebaktian tetapi dalam pekerjaan pastoran tugasnya mengawal umat Tuhan lewat Firman pengajaran yang murni dan sehat sehingga jemaat itu tidak berkeliaran karena dia di kawal dan tahu kemana arah dia dihentar. Tetapi kalau sidang jemaat tidak dikawal dengan Firman pengajaran yang sehat dan hanya dengan akal-akalan maka tidak ada kuasa Firman Tuhan mengkemas hatinya sehingga dia berkeliaran. Kalau ada Firman pengajaran yang sehat dan murni maka ada tanda lalu lintas atau dalam terjemahan aslinya disebut semeion yang mengarahkan sidang jemaat pada arah yang jelas dan sudah dapat dipastikan saudara akan berhasil.

Tuhan berbicara akan memurkai gembala yang adalah jabatan dari Tuhan dan memurkai kepala kawanan kambing yang adalah jabatan siluman. Itu bukan jabatan yang diangkat oleh Tuhan tetapi dibangun oleh manusia sendiri oleh orang yang kuat. Tuhan berkata akan membalas dan memurkai mereka. Kemudian Tuhan menghibur diriNya bahwa dia memiliki ternak pilihan. Di sisi lain ada yang mendukacitakan Dia sehingga terpaksa Tuhan harus memurkai mereka. Tetapi di sisi lain Tuhan menemukan ada ternak pilihannya yaitu kaum Yehuda. Olehnya itu Tuhan membekali kaum Yehuda dengan empat berkat yang luar biasa yang Tuhan berikan kepada mereka.

Ada gembala yang justru menghadirkan murka Tuhan dan ada gembala yang berjalan dengan benar. Mengapa bisa menghadirkan murka? Sebab gembala itu tidak tampil sebagai seorang episkopos yang mengawasi sidang jemaat dengan Firman pengajaran yang benar sehingga jemaat tidak menuju pada arah yang jelas.

Kalau ada Firman pengajaran yang benar dan sehat maka kita diarahkan untuk menjadi mempelai wanita Tuhan yang tampil seperti dalam Wahyu 12:1. Gereja Tuhan ini tampil di antara langit dan bumi, tidak dipengaruhi lagi oleh bumi. Mengapa bisa berada di sana? Sebab selama ini pandangannya dikawal oleh Firman Allah dan rohaninya dikatrol oleh Firman Tuhan sehingga pandangannya benar-benar tertuju pada perkara yang di atas. Itulah yang dirasakan di dalam nilai penggembalaan.

Mengawal sidang jemaat itu bukanlah perkara yang enteng. Kalau salah satu pelayan pikirannya hanya mengarah ke bawah, hanya pada perkara-perkara duniawi, maka tidak akan bisa menjadi satu dengan pelayan yang pandangannya mengarah pada perkara yang di atas. Mungkin terlihat bisa bertemu tetapi hanya sekedar silahturahmi, dalam pelayanan tidak akan bisa menjadi satu.
Ini yang dialami oleh nabi Amos yang mendapat perlawanan oleh imam Amazia. Amos mau mengarahkan umat Tuhan pada perkara yang rohani dan Amazia pandangannya hanya tertuju pada perkara yang duniawi sehingganya keduanya tidak bisa bertemu. Tetapi yang rohani ini tidak mau menyerah sebab dia tahu dia membawa misi Tuhan yang benar. Hal ini juga dialami oleh Tuhan Yesus sehingga mengatakan kehidupan yang seperti itu adalah serigala yang berbulu domba. Rasul Paulus keras berbicara terhadap pelayanan yang seperti itu, dia mengatakan mereka anjing-anjing, pekerja jahat dan penyunat palsu.

Umat Tuhan bisa dimurkai gara-gara gembala yang melayani. Kasian umat Tuhan kena murka hanya karena gembala yang tidak becus. Itu sebabnya pengertian pertama dari episkopos adalah mengawasi dan menjaga.
Bilangan 8:19
8:19 dan Aku menyerahkan orang Lewi dari tengah-tengah orang Israel sebagai pemberian kepada Harun dan anak-anaknya untuk melakukan segala pekerjaan jabatan bagi orang Israel di Kemah Pertemuan, dan untuk mengadakan pendamaian bagi orang Israel, supaya orang Israel jangan kena tulah apabila mereka mendekat ke tempat kudus."

2.      Memelihara
Jemaat dan gembala mempunyai nilai yang sama. Gembala diangkat setelah Tuhan Yesusmengalami pengalaman mati dan bangkit. Jemaat itu dibeli oleh darah Anak Domba Allah. Betapa salahnya kita mempecundangi jemaat yang dibeli dengan darah yang mahal. Betapa hancurnya hidup ini kalau mempermainkan jabatan gembala yang dilantik oleh karena korban Krsitus.

Dengan apa episkopos memelihara sidang jemaat? Dengan makanan yang lezat.
Yesaya 55:1
55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

Bukan berarti gandum itu murahan tetapi karena tidak bisa kita bayar. Bukan Firman itu murahan sehingga kita diberikan dengan cuma-cuma tetapi karena kita memang tidak bisa bayar.

Yesaya 55:2
55:2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Fasilitas yang Tuhan berikan kepada kita secara lahiriah kita manfaatkan untuk mendapatkan makanan yang lezat dari Tuhan. Yang paling lezat di sini adalah yang paling menyehatkan. Kalau makanan yang lezat ini ada maka tidak mungkin gembala itu dimurkai oleh Tuhan dan sidang jemaat kena tulahdanharusjadi
Yesaya 32:1-2
32:1 Sesungguhnya, seorang raja akanmemerintahmenurutkebenaran, danpemimpin-pemimpinakanmemimpinmenurutkeadilan,
32:2 danmerekamasing-masingakansepertitempatperteduhanterhadapangindantempatperlindunganterhadapanginribut, sepertialiran-aliran air di tempatkering, sepertinaunganbatu yang besar, di tanah yang tandus.

Efesus 4:14
4:14 sehinggakitabukanlagianak-anak, yang diombang-ambingkanolehrupa-rupaanginpengajaran, olehpermainanpalsumanusiadalamkelicikanmereka yang menyesatkan,

3.      Memperhatikan dengan seksama, dengan teliti.
Jadi domba itu diperhatikan dengan seksama/teliti.Gembala harus mengenali domba-domba yang dipercayakan Tuhan kepadanya.
Amsal 27:23
27:23 Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.

Sebagai seorang gembala harus mengerti satu persatu karakteristik domba yang dia layani karena ada yang bisa dikasari dan ada yang tidak bisa dikasari. Gembala harus tahu bagaimana cara menangani kehidupannya supaya seirama bersiap menanti kedatangan Tuhan bahkan satu saat tampil di antara langit dan bumi. Itulah tugas di dalam penggembalaan. Itu sebabnya gembala harus selektif untuk menghadirkan pembicara dalam sidang jemaat. Jangan sampai yang datang adalah pembicara yang malah menabur yang salah kepada sidang jemaat sehingga sidang jemaat tercemar dan berpikir salah tentang arahperjalanannya.

Ketika Hagar lari dari rumah Abraham dan berjumpa dengan malaikat, malaikat itu tidak berpihak dan mempertanyakan bagaimana dia diperlakukan oleh Sara. Tetapi malaikat itu menyuruh Hagar untuk kembali kepada Sara dan membiarkan dirinya ditindas. Itu tugas gembala, tugas malaikat sidangjemaatyaitu untuk mendamaikan dan bukan malah memperuncing masalah.
Kejadian 16:8-9
16:8 Katanya: "Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?" Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku."
16:9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya."

Pembicara pertama dalam satu perselisihan kedengarannya benar tetapi akan datang orang menyelidiki.
Amsal 18:17
18:17 Pembicara pertama dalam suatu pertikaian nampaknya benar, lalu datanglah orang lain dan menyelidiki perkaranya.

Yesaya 11:3-5
11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.
11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.

Sebelum menjaga kawanan kambing domba yang Tuhan percayakan maka gembala itu terlebih dahulu harus menjaga dirinya.
Kisah Para Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Melayani Tuhan di dalam sidang jemaat itu tidak boleh sewenang-wenang atau asal sebab jemaat itu dibeli dengan darah Yesus. Kalau salah memperlakukan sidang jemaat berarti berlawanan dengan darah Yesus.

Kisah Para Rasul 20:29-30
20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.

Jadi bukan ajaran yang benar lagi yang diajarkan tetapi ajaran yang mengikuti dirinya sendiri, berarti ajaran yang mengikuti daging.

Ketika rasul Paulus diadili, semua temannya meninggalkan dia. Demikian juga ketika Tuhan Yesus ditangkap untuk disalibkan, semua murid-muridNya meninggalkan dia. Tetapi apa yang dikatakan oleh rasul Paulus?Ketika rasul Paulus merasa ditinggalkan dia merasa perih hati namun dia memohon kepada Tuhan supaya itu jangan ditanggungkan ke atas orang-orang itu.
II Timotius 4:16-18
4:16 Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorang pun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku -- kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka --,
4:17 tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.
4:18 Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.

Lebih baik ditinggalkan karena pengajaran yang benar dari pada diterima karena pengajaran yang tidak benar.

4.      Menyelidik dengan sungguh-sungguh

Setelah Tuhan melihat ulah dari dua kelompok ini yaitu gembala yang tidak berada pada pelayanan yang seperti panggilan Tuhan dan jabatan siluman yaitu kepala-kepala dari kawanan kambing maka mereka dimurkai oleh Tuhan. Namun setelah itu Tuhan menghibur diriNya dengan mengatakan:TUHAN semesta alam memperhatikan kawanan ternak-Nya, yakni kaum Yehuda, dan membuat mereka sebagai kuda keagungan-Nya dalam pertempuran. Ternyata ada kaum yang tidak gentar dan tidak mudah menyerah di dalam peperanganyaitukaum Yehuda.Yehuda tidak seperti Efraim. Kalau Efraim berbiara orang lain gemetar tetapi begitu masuk dalam medan peperangan dia yang lebih dahulu lari.
Mazmur 78:9
78:9 BaniEfraim, pemanah-pemanah yang bersenjatalengkap, berbalikpadaharipertempuran;

Mazmur 78:9 (Terjemahan Lama)
78:9 MakabaniEfrayim yang bersenjatakanbusurpanahituundurbalikpadamasaberperang.

Kalau kita tidak mudah menyerah di dalam peperangan berarti kita menghibur hati Tuhan.Jangan main-main dengan pengajaran. Kasian sidang jemaat kalau hamba Tuhan bermain-main. Sidang jemaat mau diarahkan ke mana?.

Tuhan mendapatkan hiburan dari sebagian kecil dari bangsa Israel. Ini adalah orang pilihan Tuhan, orang yang tidak mudah menyerah menghadapi sengitnya di medanpeperangan. Tuhan mengatakan sekalipun melihat kuda dan kereta serta tentara yang banyak (artinya percobaan besar) jangan kita menyerah sebab Tuhan menyertai kita. Jangan kita menjadi kehidupan yang mudah menyerah.
Ulangan 20:1
20:1 "Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab TUHAN, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau.

Tuhan menyinggung tentang Mesir berarti Tuhan mengingatkan apa yang terjadi di Mesir. Kalau kita adalah kuda keagungan Tuhan maka di dalam peperangan kita tidak akan dilepaskan oleh Tuhan, dalam percobaan sebesar apapun tidak boleh lepas dengan seorang imam, berarti tidak lepas dengan penggembalaan.
Ulangan 20:2
20:2 Apabila kamu menghadapi pertempuran, maka seorang imam harus tampil ke depan dan berbicara kepada rakyat,

Tugas seorang imam untuk menguatkan jemaat ketika menghadapi pencobaan. Itu sebabnya kalau saudara kena cobaan jangan menjauh dari Tuhan, dekatlah kepada Tuhan sebab di sanalah masalah diselesaikan.

Ini adalah berkat bagi gereja pilihanTuhan (milikTuhan), tidak mudah menyerah sekalipun menghadapi percobaan. Lebih baik mereka menyerah kepada Tuhan dari pada menyerah pada pencobaan. Ada 4 berkat yang mereka terima.
Zakharia 10:4
10:4 Dari pada mereka akan muncul 1batu penjuru, dari pada mereka akan muncul 2patok kemah, dari pada mereka akan muncul 3busur perang, dari pada mereka akan keluar semua 4penguasa bersama-sama.

Pada kesempatan ini kita akan membicara poin pertama dan kedua.
1.      Batu penjuru
Kalau ada batu penjuru berarti itu mengingatkan suku Yehuda bahwa ada mega proyek Tuhan yang harus dibangun. Dikatakan batu penjuru proyeknya Tuhan ini adalah batu pilihan yang indah dan mahal. Kalau dasarnya adalah batu pilihan maka yang dibangun adalah bangunan yang megah, yang indah, yang mahal dan yang luar biasa sebab dasarnya saja sudah mahal. Berarti kepada kaum Yehuda ini dinubuatkan bahwa mereka akan tampil sebagai kehidupan yang indah, molek, cantik, terpilih dan mahal di hadapan Tuhan.
Yesaya 28:16
28:16 sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: "Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!

Gereja Tuhan itu tidak dibangun dengan dasar murahan tetapi dengan dasar yang mahal. Ini diangkat oleh rasul Petrus.
I Petrus 2:6-7
2:6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."
2:7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: "Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan."

Jadi ternyata sementara Tuhan meletakkan bangunan yang luar biasa ini, di sisi lain ada yang tidak percaya. Mereka bukan hanya tidak percaya tetapi tidak taat. Rohani kita dikemas oleh Tuhan untuk dibangun dengan bahan yang mahal dan indah, terpilih dan teruji.
I Petrus 2:6 (Terjemahan lama)
2:6 Karena ada tersurat di dalam Alkitab: Bahwa Aku ada membubuh di dalam Sion sebuah batu penjuru yang terpilih, lagi indah; maka orang yang percaya akan Dia tiada akan diberi malu.

Siapa pelaksana pembangunannya?
I Korintus 3:9
3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Tetapi batu yang mahal ini ada yang menyisihkan dan tidak mengambil perhatian. Kenapa mereka menolak? Karena hanya terbius dengan persoalan yang jasmani. Menolak batu penjuru yang mahal ini bukan karena apa tetapi karena terbius, karena kepincut dengan persoalan yang lahiriah sehingga mereka menyisihkan bangunan yang megah ini. Mereka melupakan panggilan untuk membangun bangunan yang megah dan mahal ini.
Kisah Para Rasul 4:11
4:11 Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan -- yaitu kamu sendiri --, namun ia telah menjadi batu penjuru.

Mengapa adatukang yang membuang? Karena mereka sudah salah arah. Pandangan mereka hanya pada perkara jasmani sehingga tanpa mereka sadari sudah membuang batu penjuru. Akhirnya orang yang mempertahankan bangunan yang dasarnya begitu kuat dan teguh itu malah diadili oleh mereka (dilawan).
Kisah Para Rasul 4:4-7
4:4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira lima ribu orang laki-laki.
4:5 Pada keesokan harinya pemimpin-pemimpin Yahudi serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat mengadakan sidang di Yerusalem
4:6 dengan Imam Besar Hanas dan Kayafas, Yohanes dan Aleksander dan semua orang lain yang termasuk keturunan Imam Besar.
4:7 Lalu Petrus dan Yohanes dihadapkan kepada sidang itu dan mulai diperiksa dengan pertanyaan ini: "Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian itu?"

Petrus yang diperintahkan untuk membangun bangunan yang mahal itu justru diadili. Jangan kaget kalau saudara diadili atau tidak disenangi, tetapi jangan saudara keluar dari proyek ini sebab landasan saudara itu mahal. Bangunan yang saudara bangun itu indah dan mahal.

Batu penjuru ini bagaikan perekat, batu penjuru ini merekatkan dua perkara sehingga bangunan itu bisa berdiri.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Kristus sebagai batu penjuru ini yang akan menarik rasul (Firman pengajaran) dan nabi (Firman nubuatan). Bangunan itu bisa naik ke atas karena ada patokan yang mengawal yaitu Firman pengajaran dan Firman nubuatan.

Kedua hal ini yang direkatkan oleh batu penjuru. Batu penjuru yaitu Kristus Yesus, ini yang memegang Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Keduanya ini yang mengarahkan kita pada satu fokus yaitu pada bintang fajar. Tuhan Yesus adalah batu penjuru dan akantampil sebagai bintang fajar. Apakah tidak indah kita dibangun oleh Tuhan? Dasar bangunan adalah diriNya sendiri, kemudian tampil rasul dengan Firman pengajaran dan nabi dengan Firman nubuatan untuk mengarahkan kita pada bintang fajar.
Wahyu 22:16
22:16 "Aku, Yesus, telahmengutusmalaikat-Ku untukmemberikesaksiantentangsemuanyainikepadamubagijemaat-jemaat.Akuadalah tunas, yaituketurunanDaud, bintangtimur yang gilang-gemilang."

Suku Yehuda adalah gambaran kehidupan yang dipilih untuk menuju pada sasaran yang tepat yaitu untuk jumpa dengan Tuhan Yesus, Bintang Fajar yang gilang gemilang. Itu sebabnya dasar kita tidak boleh lain, kalau dasarnya lain maka tidak akan jumpa dengan pribadi Tuhan Yesus yang adalah Bintang Fajar. Kalau Firman pengajaran sudah berbeda berarti sudah tidak bisa jumpa dengan Tuhan Yesus.

Sudah tiba saatnya Tuhan bertindak karena Tuhan menemukan banyak orang merombak FirmanNya. Kalau kita merombak Firman pengajaran berarti kita mengundang Tuhan untuk menghakimi (menghukum).

Kenapa kita tidak bergembira bahwa kita menjadi proyeknya Tuhan yang indah? Mengapa kita tidak percayabahkanmenolak? Padahal orang yang percaya tidak akan dipermalukan oleh Tuhan.

Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Setelah lewat ayat 19 disebutkan ayat di atas.
Efesus 2:19
2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
Yang terlihat di atas ada dua kelompok yaitu warga kerajaan dan keluarga Allah. Tetapi ada yang tersirat di dalamnya, ada yang misteri yang tidak kelihatan di sini. Warga kerajaan itu besar jumlahnya, tetapi keluarga Allah itu hanya sedikit. Namun yang misteri ini adalah pilihan Tuhan yang diambil dari keluarga Allah yaitu istrinya Tuhan. Inilah yang mau dibangun menjadi bangunan yang mahal dan indah.

Orang yang bermain-main dengan batu penjuru ini maka batu penjuru itu akan menjadi batu sentuhan, akan menjadi batu sandungan. Batu ini akan menjadi batu sandungan terhadap orang dalam, orang Kristen. Mengapa disebut menjadi batu sandungan bagi mereka? Sebab dalam diri mereka kalau mengejar yang rohani itu tidak menjanjikan secara jasmani. Itu sebabnya ada 1/3 bintang di langit yang diseret oleh ular naga lalu dilemparkan ke bumi, itulah pelayan yang merasa pekerjaan Tuhan tidak menjanjikan perkara-perkara jasmani.

II Tesalonika 1:8
1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
Ada dua kelompok yang mendapat pembalasan pada ayat di atas:
a)      Tidak mengenal Allah, ini adalah orang yang memang berada di luar Tuhan.
b)      Tidak mentaati Injil Yesus, ini adalah orang yang sudah berada di dalam Tuhan tetapi tidak taat sehingga tersandungakhirnyakedua-duanyasenasib.

Yohanes 3:36
3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

Ini orang yang percaya namun tidak taat. Itulah orang yang terantuk/tersandung pada batu penjuru sebab batu penjuru itulah Tuhan Yesus.

Jadi batu penjuru itu disebut:
a)      Batu pilihan
b)      Batu yang mahal/indah
c)      Perlindungan
d)      Teruji
e)      Tidak mempermalukan bagiorang yang percaya kepadanya

Jadi ada empat karakteristik dari batu penjuru itu dan yang kelima adalah keadaan dari orang yang percaya pada batu penjuru itu. Orang yang percaya kepadanya tidak akan dipermalukan.
Yesaya 14:32
14:32 Dan apakah jawab yang akan diberi kepada utusan-utusan bangsa itu? "TUHAN yang meletakkan dasar Sion, dan di sanalah orang-orang yang sengsara dari umat-Nya mendapat perlindungan."

Mustahil ketika gereja Tuhan sudah terancam oleh antikristus lalu Tuhan tidak melindungi saudara. Walaupun wanita yang adalah gambaran gereja Tuhan yang sempurna sudah berhadapan dengan ular naga merah padam tetapi di antaranya ada sekat sehingga ular naga itu tidak bisa menyentuhnya. Ketika wanita itu melahirkan anak, anak itu langsung disambar dan dibawa terbang ke Sorga. Kemudian wanita itu dibawa terbang ke padang belantara. Itu adalah perlindungan suamiterhadapistrinya. Tetapi perlindungan itu hanya kepada orang yang menghagai dasar bangunan yaitu batu penjuru itu lalu dibangun secara permanent dan rohaninya terus berkembang.

2.      Patok kemah
Kalau ada patok itu berarti itu adalah batas bahwa bangunan itu benar-benar tidak bisa dicabut-cabut, berarti permanent. Tetapi yang aneh patok ini disuruh kembangkan dan setelah itu langsung tampil perkatan Tuhan yang mengatakan “Aku suamimu”. Jadi begitu Yehuda diberikan patok kemah maka Tuhan langsung mempromosikan diriNya kepada mereka “Aku suamimu”. Ini janji dan jaminan Tuhan kepada jemaat yang pandangannya tidak ke sana ke mari tetapi pandangannya hanya tertuju pada pengajaran yang sehat.
Yesaya 54:1
54:1 Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN.

Kalimat pertama menunjukkan keadaan Sara. Yang berikutnya yang mempunyai banyak anak tetapi tidak bersuami. Apa artinya banyak jemaat tetapi tidak ada suami berarti tanpa pengajaran yang benar di dalamnya.

Yesaya 54:2
54:2 Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!

Terima kasih kepada kehidupan yang mau berbuat untuk Tuhan tanpa memperhitungkan untung ruginya dan hanya untuk Tuhan. Kalau kita mau berbuat untuk Tuhan, kita tidak akan Tuhan rugikan sebab kita sedang dibangun oleh Tuhan dengan dasar yang mahal. Kita adalah bangunan Tuhan yang mahal, kalau kita adalah bangunan yang mahal maka Si Pemilik tidak akan membiarkan ada yang menghancurkannya.

Yesaya 54:3-5
54:3 Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.
54:4 Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu.
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Berkat Tuhan diberikan patok kemah dikaitkan dengan penampilan Tuhan “Aku suamimu”. Masakan suami kita akan membiarkan istrinya diganggu orang lain, itu tidak mungkin! Tetapi sejauh mana patok kemah itu kita kembangkan. Sejauh mana rohani kita semakin bertumbuhdan permanent. Bertumbuh dalam pengertian tetap dalam perkara yang indah dan mahal serta tidak menyeleweng.

Kalau kita seperti itu maka bukan berarti kita tanpa tantangan. Iblis tidak mungkin berdiamdiriia akan menyerang sebab kita berbahaya bagi pekerjaannya.

Pertumbuhan rohani kita harus permanent dan terus berkembang sampai bangunan itu ditahbiskan ketika Tuhan datang pada kali yang kedua. KelakwalaupunistriNyasedangdibangunTuhansudahberkata: “Aku suamimu”. Tegakah kita membiarkan Tuhan Yesus bertepuk tangan sebelah. Kalau ada jejaka yang simpati kepada seorang gadis lalu mengirimkan pemberian lalu gadis itu tidak menyambut, bahkan malah membuat malu jejaka itu. Sampai hatikah kita berbuat begitukepadaTuhan?.

Tuhan sudah memberi yang termahal bagi kita. Sudahkah kita menyambut uluran tanganNya. Tegakah kita membuat Tuhan bertepuk tangan sebelah? Hukuman yang akan diterima oleh orang yang seperti itu! Biarlah kita tampil bagaikan kehidupan yang dibangun di atas dasar yang mahal dan indah sehingga kita tampil sebagai gereja yang molek di hadapan Tuhan.

Untuk apa rasul Paulus rela keluar masuk penjara? Kalau untuk mencari makan atau perkara jasmani dia tidak perlu keluar masuk penjara. Tetapi untuk keselamatan jiwa yang dia layani dia rela keluar masuk penjara.
Iaberkata:Kolose 1:24
1:24 Sekarangakubersukacitabahwaakubolehmenderitakarenakamu, danmenggenapkandalamdagingkuapa yang kurangpadapenderitaanKristus, untuktubuh-Nya, yaitujemaat.

Berkali-kali rasul Paulus masuk penjara, disesah, dipukul dan dirajam bahkan sampai mati. Rasul Paulus rela mengalami semua itu karena mempertahankan jiwa-jiwa umat Tuhan. Sudah dalam keadaan seperti itu dia masih berkata “aku melatih diriku supaya jangan aku mengajar orang lain lalu aku sendiri ditolak dan orang lain itu selamat”.

Sampai rasul Paulus berani mengatakan dalam memberitakan Firman lebih baik aku ... dari pada! Perjuangan rasul Paulus demi keselamatan umat itu luar biasa. Tuhan mencari hamba Tuhan yang mempunyai dedikasi seperti ini. Proyek Tuhan ini bukan proyek kecil, tetapi dengan memeras keringat kita harus bekerja.

Yesaya 54:4-5,10
54:4 Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu.
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
54:10 Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Kalau kita masuk dalam pilihan seperti kaum Yehuda, berarti kita mau dibangun maka Tuhan letakkandi atas batu penjuru dan patok-patok kemah. Walaupun gunung-gunung beranjak Tuhan tidak akan membiarkan kita. Itu sebabnya berikanlah dirimu dibangun dengan material yang mahal itu.

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar