20171019

Kebaktian PA Kitab Yehezkiel, Kamis 19 Oktober 2017 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yehezkiel 5:1-6
5:1 Dan engkau, anak manusia, ambillah sebilah pedang yang tajam dan pakailah itu sebagai pisau cukur tukang pangkas; cukurlah rambutmu dan janggutmu dengan itu; lalu ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu.
5:2 Sepertiga harus kaubakar dengan api di tengah-tengah kota itu sesudah berakhir waktu pengepungannya; sepertiga harus kauambil dan tetaklah dengan pedang itu sekelilingnya; dan sepertiga lagi hamburkanlah ke dalam angin, dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.
5:3 Engkau harus mengambil sedikit dari rambut itu dan bungkus di dalam punca kainmu.
5:4 Dan sekali lagi engkau harus mengambil dari padanya, buangkan ke dalam api dan hanguskan dia di sana; dari sana akan keluar api untuk memakan seluruh kaum Israel. Dan berkatalah kepada mereka:
5:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Inilah Yerusalem! Di tengah-tengah bangsa-bangsa Kutempatkan dia dan sekelilingnya ada negeri-negeri mereka.
5:6 Ia sudah memberontak terhadap peraturan-peraturan-Ku lebih jahat dari pada bangsa-bangsa dan terhadap ketetapan-ketetapan-Ku lebih jahat dari negeri-negeri yang di sekitarnya; karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku dan kelakuan mereka tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku.

Ada dua nabi Tuhan yang disuruh mencukur rambut yaitu Yeremia dan Yehezkiel. Perintah mencukur rambut kepada Yeremia singkat saja tetapi kepada Yehezkiel secara terperinci.
Yeremia 7:29
7:29 Cukurlah rambut kepalamu dan buanglah! Angkatlah ratapan di atas bukit-bukit gundul, sebab TUHAN telah menolak dan membuang bangsa yang kena murka-Nya!

Rambut dicukur di sini adalah gambaran kehidupan Israel yang sudah lepas dari kepala. Berarti Israel benar-benar tidak bisa lagi dikatakan isteri dari pada Tuhan. Atau mereka tidak ada hak lagi menyebut Tuhan sebagai suami atau kepala mereka karena rambut sudah dicukur.

Kita sudah mendengar mengapa rambut Yehezkiel harus dicukur, kita sudah mengikuti apa-apa yang menjadi penyebabnya, itu tandas pada ayat yang keenam. Tetapi bila kita melihat ada sedikit yang disimpan oleh Tuhan. Dikatakan “Engkau harus mengambil sedikit dari rambut itu dan bungkus di dalam punca kainmu”. Jadi rambut yang bicara tentang Israel itu, masih ada yang dipelihara oleh Tuhan, dibungkus di ujung jubah Yehezkiel.

Ingat, Yehezkiel ini adalah nabi, Yehezkiel ini adalah imam. Pasal pertama mengatakan bahwa Yehezkiel adalah keturunan imam. Pasal kedua menyebutkan Yehezkiel adalah nabi. Jadi yang sisa ini menunjuk kehidupan yang dibungkus dengan Firman pengajaran dan dibungkus dengan Firman nubuatan. Untuk apa disimpan yang sisa ini? Untuk apa harus dibungkus dengan Firman pengajaran dan Firman nubuatan? Karena memang gereja Tuhan dibangun dengan dua hal ini yaitu Firman nubuatan dan Firman pengajaran. Berarti rencana Tuhan membangun gereja, tidak dapat dibatalkan atau tidak dapat digagalkan oleh siapapun. Tuhan sendiri memperlihatkan kepada kita bahwa rencanaNya tidak Tuhan gagalkan atau batalkan.

Olehnya bapak ibu kekasih dalam Tuhan, yang dibungkus di punca pakaian dari Yehezkiel ini, berarti dibungkus dengan Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Ada yang bertugas dan bertanggung jawab membungkus yaitu Yehezkiel. Untuk kita sekarang yang dipercayai oleh Tuhan untuk membungkus jemaat menjadi milik pilihan Tuhan yang masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus, ada orang khususnya Tuhan.

Orang yang dikhususkan Tuhan ini harus paham tentang Firman pengajaran dan harus paham tentang Firman nubuatan. Jadi mata dari pelayan itu, dia harus cakap melihat Firman, hal-hal apa yang akan terjadi ke depan, agar kita mengikuti alur yang ditunjukkan oleh Firman nubuatan untuk menggenapi dari sisi positif. Tetapi juga hamba Tuhan harus memberitahu kepada umat hal-hal yang negatif yang akan terjadi di depan.

Contohnya yang negatif:
Wahyu 17:1
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.

Hal ini justru diperlihatkan disaat murka Tuhan yang terakhir, berarti perjalanan kita sudah menjelang finish. Jadi dia harus mengerti kondisi dari gereja palsu. Hamba Tuhan harus bisa memberikan warna dan bentuk gereja palsu. Mereka disebut pelacur atau sundal.

Imam besar tidak diperkenankan untuk menikah dengan perempuan sundal. Artinya Imam Besar yaitu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, Raja di atas segala raja, tidak akan mengambil gereja Tuhan yang tadinya ikrar setia kepadaNya, kemudian ingkar janji dan kembali kepada dunia. Orang seperti itu tidak tergolong roh persundalan.

Imam besar juga tidak diperkenankan menikah dengan wanita yang diceraikan. Kenapa terjadi perceraian? Karena kekerasan hati. Jadi gereja yang keras hati tidak bisa menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Hamba Tuhan harus tahu ini dan dia harus memaparkan dengan jelas kepada jemaat agar jemaat masuk pada kegenapan yang positif.

Nubuatan yang kegenapannya positif:
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Malaikat ini tahu melihat kondisi Mempelai Wanita yaitu gereja yang benar. Jadi dia tahu bagaimana kegenapan nubatan bagi gereja Tuhan yang beribadah yang benar.

Nubuatan yang negatif tadi dikatakan tinggal di tempat yang banyak air. Sekarang ini banyak yang ada dalam kondisi sundal. Kita tidak boleh berada dalam persekutuan seperti itu.

Makanya Yehezkiel disuruh mengambil rambut yang sedikit itu dan ditaruh pada bungkusan. Sepertiga rambut harus dibakar, sepertiga ditetak dengan pedang, sepertiga dihamburkan ke udara lalu dikejar dengan pedang. Arti nubuatannya ada dalam Yehezkiel 5:12 yaitu kena kelaparan, kena bela sampar dan kena peperangan (pedang).
Yehezkiel 5:12
5:12 Sepertiga dari padamu akan mati kena sampar dan mati kelaparan di tengah-tengahmu; sepertiga akan tewas dimakan pedang di sekitarmu; dan sepertiga lagi akan Kuhamburkan ke semua mata angin dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.

Nubuatan ini sudah dekat penggenapannya. Dulu kepada Israel itu nyata dan jelas.
Yehezkiel 5:9
5:9 Oleh karena segala perbuatanmu yang keji akan Kuperbuat terhadapmu yang belum pernah Kuperbuat dan yang tidak pernah lagi akan Kuperbuat.

Ayat ini diangkat pada:
Matius 24:21
24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

Daniel 12:1
12:1 "Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.

Yoel 2:2
2:2 suatu hari gelap gulita dan kelam kabut, suatu hari berawan dan kelam pekat; seperti fajar di atas gunung-gunung terbentang suatu bangsa yang banyak dan kuat, yang serupa itu tidak pernah ada sejak purbakala, dan tidak akan ada lagi sesudah itu turun-temurun, pada masa yang akan datang.

Di depan ini akan terjadi sengsara yang belum pernah terjadi dan tidak akan terjadi lagi sesudah itu aniaya antikristus selama 3,5 tahun. Jadi supaya kita luput izinkan hidup kita ditangani oleh hamba Tuhan yang paham akan Firman pengajaran dan paham akan Firman nubuatan sehingga kita dibungkus dengan Firman pengajaran dan Firman nubuatan.

Untuk apa kita dibungkus oleh Tuhan?
Yehezkiel 12:16
12:16 Tetapi Aku akan meninggalkan sedikit dari mereka yang luput dari pedang, dari kelaparan dan dari sampar, supaya mereka menceriterakan segala perbuatan-perbuatan mereka yang keji di antara bangsa-bangsa, di mana mereka datang; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Akhirnya yang dibungkus ini akan menjadi simbol kesaksian. Mereka menjadi saksi bahwa betapa parah sengsaranya kalau dimurkai oleh Tuhan.
Yeremia 5:18-19
5:18 "Tetapi pada waktu itu pun juga, demikianlah firman TUHAN, Aku tidak akan membuat kamu habis lenyap.
5:19 Dan apabila kamu nanti bertanya-tanya: Untuk apakah TUHAN, Allah kita, melakukan segala hal ini atas kita?, maka engkau akan menjawab mereka: Seperti kamu meninggalkan Aku dan memperhambakan diri kepada allah asing di negerimu, demikianlah kamu akan memperhambakan diri kepada orang-orang asing di suatu negeri yang bukan negerimu."

Tidak akan membuat habis lenyap berarti ada yang sisa. Yang sisa ini nantinya akan bersaksi. Makanya bukan cuma rambut yang dicukur tetapi juga janggut. Rambut dan janggut dicukur lalu ditimbang menjadi tiga bagian, kemudian yang sedikit disimpan. Kenapa janggut juga dicukur? Ada pada ayat 11 masalahnya, Tuhan tidak lagi berbelas kasihan kepada mereka. Padahal janggut ini ada hubungannya dengan pelayanan Imam Besar. Tetapi kalau janggut dicukur berarti pelayanan imam besar yang suasananya belas kasihan tidak ada lagi.

Jangan sampai kita teledor, kita santai-santai saja dan tidak mengerti.
Pengkhotbah 9:12
9:12 Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

Sementara ada hamba Tuhan yang berupaya meraih walaupun tinggal sedikit dan membungkusnya dengan Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Bila tidak dihargai, akan berbuahkan kengerian.

Di sini mereka mengerti bagaimana bila tidak ada imam besar. Umat Tuhan tidak lagi dilayani oleh Imam Besar. Makanya setiap kita beribadah kita selalu mengundang Yesus Imam Besar hadir. Kalau ada Imam Besar hadir maka kita akan merasa getar getir bila salah sehingga kita mengaku dan ada pemberesan. Itu fungsi Imam Besar melayani kita.
Mazmur 133:2
133:2 Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.
Minyak itu meleleh dari rambut ke janggut dan berakhir ke leher jubah Imam Besar. Jubah Imam Besar itu dijahit berlapis-lapis sehingga tidak bisa koyak. Jadi tujuan pelayanan Imam Besar supaya hubungan kita dengan kepala jangan mudah koyak. Kalau sudah dicukur janggutnya, mau ke mana lagi arahnya.

Kalau tidak ada lagi Imam Besar berarti roh belas kasihan dicabut oleh Tuhan. Gereja Tuhan akhir zaman ini sangat disayangkan, umat Tuhan bahkan pelayan Tuhan justru memelihara roh kebencian, sakit hati, iri, dendam dan sebagainya. Bagaimana mau melayani, membungkus sidang jemaat di jubah pelayananku kalau saya penuh kedengkian, berarti saya tidak menampilkan Yesus Imam Besar dalam jemaat. Kalau itu tidak ada maka sukar untuk masuk dalam kesempurnaan tubuh Kristus.

Yehezkiel 5:11
5:11 Sebab itu, demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sesungguhnya, oleh karena engkau menajiskan tempat kudus-Ku dengan segala dewamu yang menjijikkan dan dengan segala perbuatanmu yang keji, Aku sendiri akan meruntuhkan engkau; Aku tidak akan merasa sayang dan tidak akan kenal belas kasihan.

Sifat Imam Besar pada gereja Tuhan yang tercabut adalah berbelas kasihan. Olehnya itu tidak usah kita pelihara dengki, kebencian dan iri hati. Apalagi di dalam nikah.

Peperangan yang terjadi di situ, yang membuat belas kasihan itu akhirnya tercabut adalah peperangan di dalam nikah.
Yehezkiel 5:10
5:10 Sebab itu di tengah-tengahmu ayah-ayah akan memakan anak-anaknya dan anak-anak memakan ayahnya dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu, sedang semua yang masih tinggal lagi dari padamu akan Kuhamburkan ke semua penjuru angin.

Ada anak ada ayah berarti ada isteri, itu tandanya ada nikah. Oleh sebab itu kehadiran Yesus datang di dunia ini, didahului oleh seorang imam dan seorang nabi yaitu Yohanes Pembaptis. Dia adalah keturunan imam sebab dia anak Zakharia dan Elizabet yang adalah imam. Dan dia juga adalah nabi besar. Untuk apa dia datang? Untuk memulihkan hubungan bapa dengan anak. Kalau hubungan bapa dengan anak sudah dipulihkan tentu pokoknya yaitu hubungan suami isteri lebih dulu dipulihkan. Dalam Injil Matius dikatakan akan terjadi peperangan dalam rumah tangga yaitu dua lawan tiga dan tiga lawan dua.

Itu sebabnya Imam Besar harus hadir dan didahului dengan kedatangan Yohanes.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Maleakhi 4:5-6
4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Kalau hati anak tidak berbalik kepada bapanya maka Tuhan akan memukul bumi. Sebab itu undang Yesus Imam Besar, jangan sampai tercukur janggut. Jangan sampai kita terlepas dari pelayanan Imam Besar.

Saya sebagai hamba Tuhan yang dikaruniai enam anak ini pergumulan tidak ringan. Saya rindu keenam anak saya ini mencintai dan mengasihi Tuhan. Kalau mereka mengasihi Tuhan otomatis mereka mengasihi papa dan mamanya. Itu kerinduan saya dan saya rindu agar Imam Besar selalu ada dalam nikah rumah tangga kami, apalagi di dalam pelayanan.

Bapak Pdt. In Yuwono dalam satu ibadah Pekan Penyegaran Iman berkata “lihat tindakan ayah dan ibu terhadap anaknya. Kalau tindakan ayah dan ibu terhadap anaknya keterlaluan, itu berarti hanya nafsu daging! Mendidik anak dengan tangan besi itu berarti nafsu daging!”.

Saya mendidik anak memang pernah mereka dipukul. Makanya saya juga minta maaf kepada mereka. Apalagi kalau mamanya merawat anak-anaknya. Kalau sudah jam 6 sore, anak-anak tinggal matanya yang kelihatan sebab sudah dibungkus.

Jangan sampai hubungan orang tua, hubungan ayah dan anak terganggu. Di sini hubungan ayah dan anak bukan ibu dan anak. Ayah itu pemberi nasihat yang mengajar. Itu sebabnya Imam Besar harus tampil di tengah kita.

Pengertian janggut yang kedua menunjuk kehidupan yang berpengalaman. Jadi, hamba Tuhan/ umat belajar pada pengalaman masa lalu.

Yeremia 5:18-19
5:18 "Tetapi pada waktu itu pun juga, demikianlah firman TUHAN, Aku tidak akan membuat kamu habis lenyap.
5:19 Dan apabila kamu nanti bertanya-tanya: Untuk apakah TUHAN, Allah kita, melakukan segala hal ini atas kita?, maka engkau akan menjawab mereka: Seperti kamu meninggalkan Aku dan memperhambakan diri kepada allah asing di negerimu, demikianlah kamu akan memperhambakan diri kepada orang-orang asing di suatu negeri yang bukan negerimu."

Yehezkiel 12:16
12:16 Tetapi Aku akan meninggalkan sedikit dari mereka yang luput dari pedang, dari kelaparan dan dari sampar, supaya mereka menceriterakan segala perbuatan-perbuatan mereka yang keji di antara bangsa-bangsa, di mana mereka datang; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Yang sedikit ini paham betul pengalaman-pengalaman pahit kalau Tuhan murka. Itu sebabnya mereka mengambil pembelajaran. Mereka tidak mau melihat pengalaman dengan sebelah mata. Pengalaman itu mereka jadikan pembelajaran. Ketika dicambuk oleh Tuhan dan mengalami berbagai macam masalah, maka pengalaman itu menjadi guru besar baginya untuk tidak lagi meneruskan apa yang salah. Itulah maksud/ tujuan yang sedikit itu dibungkus.

Kehidupan yang tidak mengalami lagi pelayanan Imam Besar. Ciri-cirinya, contoh dalam Alkitab pribadi Daud.
II Samuel 12:1-6
12:1 TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.
12:2 Si kaya mempunyai sangat banyak kambing domba dan lembu sapi;
12:3 si miskin tidak mempunyai apa-apa, selain dari seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar padanya bersama-sama dengan anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti seorang anak perempuan baginya.
12:4 Pada suatu waktu orang kaya itu mendapat tamu; dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi pengembara yang datang kepadanya itu. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya bagi orang yang datang kepadanya itu."
12:5 Lalu Daud menjadi sangat marah karena orang itu dan ia berkata kepada Natan: "Demi TUHAN yang hidup: orang yang melakukan itu harus dihukum mati.
12:6 Dan anak domba betina itu harus dibayar gantinya empat kali lipat, karena ia telah melakukan hal itu dan oleh karena ia tidak kenal belas kasihan."

Daud sangat marah berarti Daud tidak punya belas kasihan lagi. Padahal pasal-pasal sebelumnya diceritakan Daud ini orang yang penuh belas kasihan, apalagi pada pasal 9. Tetapi karena ada dosa dalam dirinya, Imam Besar undur sehingga dia tidak berbelas kasihan.

Kalau tidak ada pelayanan Imam Besar maka cepat sekali menghukum orang. Padahal Yesus tidak seperti itu. Dia datang sesuai dengan keadaan kita.
Ibrani 4:15
4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Daud ini hanya melihat kesalahan orang tetapi dia tidak pernah melihat kesalahan dirinya.

II Samuel 12:7
12:7 Kemudian berkatalah Natan kepada Daud: "Engkaulah orang itu! Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul.

Jadi, inilah ciri kehidupan yang tidak ada lagi pelayanan Imam Besar dalam dirinya karena sudah terlibat dalam persoalan dosa, apalagi di sini dosa kenajisan.

II Samuel 12:8
12:8 Telah Kuberikan isi rumah tuanmu kepadamu, dan isteri-isteri tuanmu ke dalam pangkuanmu. Aku telah memberikan kepadamu kaum Israel dan Yehuda; dan seandainya itu belum cukup, tentu Kutambah lagi ini dan itu kepadamu.

1.      Mementingkan diri sendiri (ayat 4)
2.      Tidak melihat kesalahan dirinya sendiri (ayat 5)
3.      Cepat menghukum orang lain (ayat 5 dan 6)
4.      Hanya melihat kesalahan orang lain (ayat 7)

Ini menandakan telah tercukur rambutnya. Tuhan tolong jangan sampai saya dan isteri tidak memiliki belas kasihan. Kalau tidak memiliki belas kasihan itu sama dengan pelayanan Imam Besar tidak ada pada kami.

Sebagai hamba Tuhan, tolong jangan sampai saya menyampaikan Firman pengajaran dan nubuatan tetapi tidak hidup di dalamnya. Bagaimana mau membungkus umat Tuhan di jubah pelayanan.

Kenapa Tuhan perintahkan bungkus di punca jubah?
Bilangan 15:37-40
15:37 TUHAN berfirman kepada Musa:
15:38 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka, bahwa mereka harus membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka, turun-temurun, dan dalam jumbai-jumbai punca itu haruslah dibubuh benang ungu kebiru-biruan.
15:39 Maka jumbai itu akan mengingatkan kamu, apabila kamu melihatnya, kepada segala perintah TUHAN, sehingga kamu melakukannya dan tidak lagi menuruti hatimu atau matamu sendiri, seperti biasa kamu perbuat dalam ketidaksetiaanmu terhadap TUHAN.
15:40 Maksudnya supaya kamu mengingat dan melakukan segala perintah-Ku dan menjadi kudus bagi Allahmu.

Dalam tradisi bangsa Israel, setiap insan harus memiliki jubah yang ada rumbai-rumbai warna biru. Di sinilah tempat dibungkusnya rambut tadi. Berarti dihubungkan atau dikaitkan dengan Firman pengajaran. Karena yang menggunakan ini adalah orang yang selalu ingat akan Firman pengajaran. Maka rambut yang sedikit tadi dibungkus di sana, itu membuktikan bahwa rambut yang sedikit tadi adalah anak Tuhan yang selama ini tidak menolak Firman pengajaran. Kalau dia menolak Firman pengajaran, baginya tidak ada sarana untuk membungkus sebab tidak punya Firman pengajaran yang benar.

Di sana ada warna biru, itu adalah tanda kebangkitan. Jadi kalau kita dibungkus dengan Firman pengajaran, dibungkus dengan Firman nubuatan berarti kehidupan saudara dan saya ada tanda-tanda kebangkitan. Kalau kebangkitan sudah ada maka tinggal menunggu kemuliaan.

Ini mengingatkan bahwa hanya Firman pengajaran dan Firman nubuatan yang bisa melindungi kita.
Mazmur 91:14
91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Yang dibungkus ini adalah orang yang tidak banyak cincong, dia suka mendengarkan dan memperhatikan Firman. Otomatis dia akan dibentengi dan diluputkan Tuhan saat menghadapi goncangan dunia akhir zaman ini.

Kita merindukan perlindungan.
Ibrani 6:18
6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.

Saudara lihat ketika rasul Paulus bersama dengan tahanan-tahanan yang lain, dalam pelayanan menuju ke Italia untuk menghadap Kaisar. Apa yang terjadi ketika mereka ada di laut yang ganas, ombak begitu besar? Mereka tidak bisa makan sampai 14 hari. Kalau berada di atas kapal dengan ombak besar, bukan makanan yang masuk tetapi makanan di dalam perut yang keluar.

Tetapi Tuhan bicara malam itu kepada rasul Paulus dan esoknya dia mengajak supaya mereka makan. Rasul Paulus mengatakan “tidak ada sehelai rambutmu akan terlepas”. Kenapa mereka ikut tertolong? Karena ada hamba Tuhan di dalamnya. Jadi mereka tertolong karena ada rasul Paulus walaupun dia ada sebagai tawanan.
Kisah Para Rasul 27:33-34
27:33 Ketika hari menjelang siang, Paulus mengajak semua orang untuk makan, katanya: "Sudah empat belas hari lamanya kamu menanti-nanti saja, menahan lapar dan tidak makan apa-apa.
27:34 Karena itu aku menasihati kamu, supaya kamu makan dahulu. Hal itu perlu untuk keselamatanmu. Tidak seorang pun di antara kamu akan kehilangan sehelai pun dari rambut kepalanya."

Sudah 14 hari tidak makan. Angka 14 adalah angka Paskah. Tanggal 10 domba diambil lalu disimpan 4 hari dan tanggal 14 disembelih. Rasul Paulus mengerti kematian dan kebangkitan Kristus, itu akan menjamin sehelai rambutpun tidak gugur. Kalau kita gereja Tuhan menghargai korban Paskah dan nampak dalam praktek kita, maka saudara-saudara dijamin sehelai rambut tidak akan gugur. Artinya ada perlindungan Tuhan kepada saya dan saudara.

Sebabnya ayo kita gereja Tuhan, jangan sampai kita lepas dari kepala. Biarpun kita ngomong Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, tetapi kalau Tuhan katakan kamu sudah tercukur dari kepalaKu sudah lepas dari Firman nubuatan dan Firman pengajaran, sudah tidak ada harapan. Yang masih melekat itu tinggal sedikit. Yang sedikit itu menarik perhatian Tuhan.
Matius 24:22
24:22 Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

Orang-orang pilihan ini adalah yang sedikit, mereka ternyata menarik perhatian Tuhan yang serius.
Yesaya 1:9
1:9 Seandainya TUHAN semesta alam tidak meninggalkan pada kita sedikit orang yang terlepas, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora.

Yang sedikit ini adalah penentu waktu. Jadilah saudara dan saya penentu kapan Yesus  akan datang. Asalkan saudara mau dibungkus dengan Firman pengajaran dan Firman nubuatan oleh tangan imam dan oleh tangan nabi. Berarti hamba Tuhan yang mahir akan Firman pengajaran dan mahir akan Firman nubuatan. Ini adalah tanggung jawab yang sangat mulia kepada kami hamba Tuhan.

Jadi bukan sekedar menggelar ibadah. Kita bertemu hari kamis di sini, hari sabtu dan minggu serta rabu di Tentena, tidak sebatas itu. Bila kita mau dibungkus, jangan memberontak. Rambut itu mau saja dibungkus, menyerah sepenuh dalam Firman pengajaran dan Firman nubuatan.

Tuhan itu tahu menyimpan orangNya.
II Petrus 2:9
2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,

Jadi ada dua hal di sini, yang mana kita pilih. Tuhan simpan untuk disiksa atau diselamatkan dalam keselamatan yang akan datang.

Kita lihat tadi, kenapa dicukur sampai janggut? Karena ada orang  yang tidak belajar pada pengalaman. Seandainya Israel mau belajar pada masa lalu mereka bagaimana Tuhan menolong mereka, dilepaskan dari tangan maut, dilepaskan dari Firaun lalu dibawa ke negeri yang penuh susu dan madu.

Pengalaman saya 35 tahun menjadi gembala di Tentena dan 10 tahun Sulawesi selatan, banyak pengalaman saya yang indah dengan Tuhan. Banyak juga pengalaman pahit yang saya alami. Saya harus belajar dan jadikan pengalaman itu suatu pelajaran, sehingga bertahan sampai saat ini.

Itu sebabnya Tuhan datang kepada Yehezkiel “asahlah pedangmu sampai tajam kemudian cukurlah rambut”. Kemudian ditimbang yang 1/3 dibakar, 1/3 dicincang dan 1/3 hambur ke angin dan kejar dengan pedang. Berarti mayoritas tidak tertolong, yang minoritas itu yang tertolong. Posisi saudara di mana sekarang? Yang mayoritas atau minoritas. Jangan sampai kita bangga dengan mayoritas tetapi disambar oleh pedang Tuhan. Jangan sampai terjadi pada saudara dan saya.
Yehezkiel 5:13
5:13 Aku akan melampiaskan murka-Ku kepada mereka, sehingga hati-Ku yang panas tenang kembali dan Aku merasa puas; dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN yang mengatakannya di dalam cemburu-Ku, tatkala Aku melampiaskan amarah-Ku kepada mereka.

Jangan bangkitkan cemburu Tuhan. Kata cemburu banyak ditemukan dalam hubungan pertunangan dan nikah. Kalau iri dan dengki itu ada pada profesi pekerjaan. Tetapi soal cemburu ini ada dalam pertunangan dan nikah. Sebab hubungan gereja dengan Tuhan disebut bertunangan.
2 Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Dikatakan Tuhan melampiaskan kecemburuanNya. Berarti benar-benar Tuhan cemburu melihat isteriNya, mempelai wanitaNya, kekasihNya, kenapa sampai begini. Akhirnya Tuhan katakan “cukur rambutmu Yehezkiel. Kalau mereka bertanya katakan”. Memang satu waktu mereka bergerombol datang bertanya dan Yehezkiel memaparkan seperti seorang ahli menyanyi dan ahli musik, tetapi yang mendengar ini adalah orang-orang yang keras hati.
Yehezkiel 33:31-33
33:31 Dan mereka datang kepadamu seperti rakyat berkerumun dan duduk di hadapanmu sebagai umat-Ku, mereka mendengar apa yang kauucapkan, tetapi mereka tidak melakukannya; mulutnya penuh dengan kata-kata cinta kasih, tetapi hati mereka mengejar keuntungan yang haram.
33:32 Sungguh, engkau bagi mereka seperti seorang yang melagukan syair cinta kasih dengan suara yang merdu, dan yang pandai main kecapi; mereka mendengar apa yang kauucapkan, tetapi mereka sama sekali tidak melakukannya.
33:33 Kalau hal itu datang -- dan sungguh akan datang! -- mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka."

Tolong kami Tuhan, jangan sampai kami kehilangan Yesus Imam Besar yang melayani kami. Yesus Imam Besar yang sekaligus Raja segala raja, Mempelai Laki-laki Sorga jangan sampai putus hubungan dengan kita. Di depan ini berat yang akan kita hadapi. Yesus tolong kami.

Tuhan Memberkati.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar