20190302

Kebaktian Doa, Sabtu 2 Maret 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 5:36-47
5:36 Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.
5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,
5:38 dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.
5:42 Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.
5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.
5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
5:45 Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Wibawa tulisan di dalam kitab suci, itu yang ditekankan oleh Tuhan Yesus. Itu lebih punya kuasa dari pada yang lain-lain, seperti yang digambarkan dalam Lukas pasal 19. Abraham berkata “kalau mereka tidak percaya kepada kitab suci, tidak mungkin mereka percaya orang mati yang bangkit yang datang bersaksi kepada mereka”. Berarti kesaksian kitab suci yang tertulis itu lebih berkuasa dari pada orang mati bangkit yang datang bercakap-cakap dengan kita.

Kadang kita balik, seperti orang kaya di dalam neraka itu. Kadang alur pikiran kita seperti itu “kalau orang tua itu bangkit dari kubur lalu bercerita kepada kita baru kita percaya”. Padahal Alkitab menceritakan bahwa Yesus sendiri berkata bahwa kekuatan kitab suci itu lebih berkuasa dari pada orang mati bangkit dan berbicara kepada kita. Iman karena mendengar Firman Kristus.
Roma 10:17
10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Di sini ada dua pribadi yang Yesus tampilkan yaitu Yesus Kristus yang datang dengan nama Bapa dan antikristus yang datang dengan namanya sendiri. Di sini Tuhan Yesus melihat kecenderungan manusia. Yesus datang dengan nama Bapa, itu ada pada ayat 43a. Ironisnya, antikristus datang dengan namanya sendiri dan kamu menerima dia. Saudara lihat di sini bagaimana sabotase iblis begitu kuat. Saya akan menunjukkan 12 perbandingan ciri antara Yesus Kristus dan antikristus.
Yohanes 5:43
5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Ini adalah nubuatan datangnya antikristus atau si dajal. Ternyata kedatangan antikristus itu cepat diterima. Apa alasannya sehingga manusia cepat menerima. Itu ada pada :
Wahyu 13:11-18
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Penyebab dia cepat diterima karena dia memakai namanya sendiri, kekuatan nama antikristus itu sendiri. Dia ahli organisator, ahli ekonomi, ahli politik. Jadi antikristus itu menguasai semua lini kehidupan manusia. Siapa tidak cepat percaya jika mendapatkan tawaran soal yang duniawi, jika ditawari kenyamanan soal duniawi itu cepat sekali diterima. Tetapi jika ditawari soal yang rohani orang berkata “tunggu dulu, itu abstrak, tidak nyata, tidak menjanjikan, karena tidak melihat dengan mata jasmani”. Di sinilah letak persoalannya, manusia cepat tertarik jika indera penglihatannya dan indera pendengarannya tertuju pada yang duniawi. Itu yang nanti akan dimanfaatkan oleh antikristus. Dia ahli organisator dan bisa mengorganisir seluruh dunia.

Kedatangan Tuhan itu tidak ada yang bisa menentukan tetapi kita harus selalu bersiap. Gejalanya sekarang ini sudah dekat, kita sudah harus punya kesiapan sekarang.

Kita lihat dua persaingan ini.
1.      Yesus datang dalam nama Bapa. Antikristus datang dengan namanya sendiri. Jadi dengan kekuatan yang ada pada dirinya sendiri yang backgroundnya adalah iblis. Gereja Tuhan sekarang ini ada gejala bergeser. Sepertinya pergeseran ini untuk siap menanti antikristus, bukan siap menanti Yesus. Karena pikiran perasaannya semua diliputi dengan yang duniawi. Sehingga persiapan menanti kedatangan Tuhan kedua kali rasanya asal-asalan, tidak ada tanda persiapan.

Syukur saya ada di dalam Kabar Mempelai. Berbicara Mempelai berarti Yesus datang kedua kali untuk menjemput Mempelai WanitaNya, berarti ada dalam koridor nikah. Ini yang memicu saya, semoga ini juga yang memicu saudara.

2.      Yesus datang dari atas.
Yohanes 6:38
6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

Antikristus keluar dari jurang maut.
Wahyu 11:7; 13:1
11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Jadi antikristus dari jurang maut. Ini jelas sekali. Jurang maut adalah kerajaan maut. Laut dalam Wahyu pasal 20 dan 21 dikatakan berakhir pada kebinasaan. Tetapi yang datang dari atas, Dia di atas segala-galanya.
Yohanes 3:31
3:31 Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.

Yang dari jurang maut ini, bahasanya selalu bahasa duniawi, selalu bicara hal yang sifatnya duniawi. Tetapi yang dari atas, bukan bahasa bumi yang dominan, tetapi bahasa yang rohani, bahasa dari sorga. Jika kita mengkaitkan diri dengan Yesus, kita harus banyak membahasakan bahasa yang rohani. Yang datang dari jurang maut dia banyak berbicara tentang hal-hal yang duniawi.

Kenapa ditekankan Yesus dari atas? Sebab Dia akan kembali ke sana. Supaya umat yang mengkaitkan diri dengan PribadiNya, juga mempunyai pandangan ke atas. Tetapi kalau mengkaitkan diri dengan binatang dari jurang maut maka pikirannya dominan dengan yang dunia ini. Makanya nampak dalam diri kita masing-masing, jika pikiran kita terlalu dominan dengan yang dunia ini berarti kita berafiliasi dengan yang datang dalam namanya sendiri yang dari jurang maut. Dalam nama Yesus mari kita putuskan itu!
Yohanes 5:39
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Kalau kita berafiliasi, kita mengkaitkan diri dengan Yang dari atas maka kita cinta kitab suci, kita harus baca kitab suci. Sebab di dalam kitab suci itu memberi hidup yang kekal dan memberi kesaksian tentang Yesus. Jadi kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang adalah kesaksian kitab suci, otomatis hidup yang kekal ada pada kita.

Firman itu luar biasa, di dalamnya ada kuasa. Kalau kita mau membentuk karakter seseorang dengan cara di luar Firman pasti tidak akan bisa. Tetapi kalau Firman yang membentuk kita pasti bisa karena ada kuasanya. Bukan hanya berkuasa mengubahkan kita tetapi kuasa membuka pintu sorga, hidup kekal.

Yang satu dari atas dan yang lain datang dari jurang maut. Jika saudara sudah bisa melihat (mengerti), mari mengkondisikan diri pada yang benar.

3.      Yesus datang melakukan kehendak Bapa karena diutus oleh Bapa. Antikristus bukan melakukan kehendak siapa-siapa tetapi melakukan kehendaknya sendiri yang ditopang oleh iblis. Saudara bayangkan kalau roh antikristus itu melakukan kehendaknya sendiri. Kita tanya diri kita, sekarang ini kita lihat kondiskan diri kita di mana, kita mengikuti kehendak kita sendiri atau kita diatur oleh Firman. Kalau kita diatur oleh Firman berarti kita menerima Yesus yang diutus oleh Bapa. Berarti kita berafiliasi atau satu dengan Yesus. Tetapi kalau kita selalu mengikuti keinginan kita, itu sama dengan kita didorong oleh iblis. Dan buahnya adalah:
Daniel 11:36
11:36 Raja itu akan berbuat sekehendak hati; ia akan meninggikan dan membesarkan dirinya terhadap setiap allah. Juga terhadap Allah yang mengatasi segala allah ia akan mengucapkan kata-kata yang tak senonoh sama sekali, dan ia akan beruntung sampai akhir murka itu; sebab apa yang telah ditetapkan akan terjadi.
Sampai terhadap Allah yang benar dia mengupayakan supaya dia melebihi dari Allah. Ini akan muncul dan saudara lihat dia akan beruntung. Makanya kata beruntung ini yang banyak memotivasi banyak manusia, memotivasi banyak pelayan Tuhan dan banyak anak Tuhan karena dia melihat banyak keuntungan di situ. Ini yang banyak kali mengganggu saya dan saudara. Bayangkan, dia melakukan kehendak hatinya dan membesarkan diri terhadap Allah yang benar namun dia beruntung. Ini adalah antikristus yang datang dengan namanya sendiri. Pelajaran bagiku dan bagi saudara, jangan kita selalu mengikuti keinginan dan kehendak kita sendiri. Sebab yang orang seperti itu berarti kaki tangannya antikristus, antikristus melakukan kehendaknya sendiri. Namun Yesus melakukan kehendak Bapa yang mengutus Dia.

4.      Yesus Kristus datang untuk memuliakan Bapa. Tetapi antikristus menghujat Allah.
Daniel 11:36
11:36 Raja itu akan berbuat sekehendak hati; ia akan meninggikan dan membesarkan dirinya terhadap setiap allah. Juga terhadap Allah yang mengatasi segala allah ia akan mengucapkan kata-kata yang tak senonoh sama sekali, dan ia akan beruntung sampai akhir murka itu; sebab apa yang telah ditetapkan akan terjadi.

Yohanes 17:4-5
17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Yesus memuliakan Bapa di bumi dengan jalan melakukan pekerjaan Bapa. Memuliakan Bapa prakteknya melakukan pekerjaan Bapa, bukan setengah jalan tetapi sampai tuntas.
Yohanes 17:6
17:6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Antikristus bukan memuliakan Tuhan tetapi menghujat Allah, menghujat Yesus, menghujat Bapa di Sorga. Jadi kalau Yesus Anak Allah ini datang diutus oleh Bapa untuk memuliakan Bapa di atas bumi. Tetapi antikristus menghujat Yesus, menghujat Bapa di sorga. Bayangkan Bapa di sorga mengakui Yesus AnakNya kemudian kita sangkali, itu sama dengan penghujatan! Bagaimana bisa sorga terbuka. Itu sebabnya jangan sampai kita gegabah sehingga akhirnya menghujat. Ada 4 hal yang dihujat oleh antikristus.
Wahyu 13:6
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk 1menghujat Allah, 2menghujat nama-Nya dan 3kemah kediaman-Nya dan 4semua mereka yang diam di sorga.

Dia menghujat Allah itulah Kepala, menghujat kediamanNya itulah Tubuh, menghujat namaNya itulah Firman dan menghujat mereka yang diam di sorga/ anggota tubuh Kristus. Itulah yang dilakukan oleh antikristus.

Sekarang kita periksa dalam diri kita. Apakah kita memuliakan Kristus, memuliakan Bapa dengan cara melakukan pekerjaan Bapa. Atau malah menghujat Dia dengan praktek cenderung tidak menghargai Dia sebagai Kepala, tidak membawa diri sebagai tubuh, selalu kritis terhadap Firman dan kritis terhadap penduduk sorga, seperti Stefanus. Stefanus itu adalah penduduk sorga. Sebab ketika dia ditantang, tiba-tiba wajahnya seperti malaikat. Berarti benar Stefanus adalah utusan sorga. Stefanus dilawan karena dia menolak adat istiadat. Menghadirkan adat istiadat dan melawan orang yang mau membersihkan diri dari itu sama dengan menghujat sorga. Ini jangan sampai terjadi pada kita.

5.      Yesus datang dengan merendahkan diri.
Filipi 2:5-8
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Antikristus datang bukan dengan merendahkan diri.
II Tesalonika 2:4
2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Kami hamba Tuhan, ini yang menakutkan. Pengakuan dari beberapa anak Tuhan di Surabaya, setelah Pdt. In Yuwono meninggal, satu persatu mengakui “kami sudah salah, kami terlalu mengkultus individukan pendeta itu”. Sayapun sebagai hamba Tuhan harus waspada, jangan sampai saya melembuemaskan diriku di hadapan jemaat dan jangan sampai jemaat melembuemaskan diriku. Bencana rohani yang akan kita alami kalau seperti itu. Adapun pemakaian Tuhan itu adalah kemurahan. Kita berbahagia jika hamba Tuhan itu dipakai dengan pembukaan rahasia Firman dan kita berterima kasih kepada Tuhan. Jangan kita kultusindividukan hamba Tuhan, itu berbahaya.

6.      Yesus itu disebut pribadi yang menempatkan diri sebagai Gembala yang menyerahkan nyawa bagi dombanya. Coba bayangkan, kalau menyerahkan harta itu lain, tetapi ini menyerahkan nyawa! Sedangkan antikristus disebut gembala yang jahat.
Zakharia 11:16-17
11:16 Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan di negeri ini seorang gembala yang tidak mengindahkan yang lenyap, yang tidak mencari yang hilang, yang tidak menyembuhkan yang luka, yang tidak memelihara yang sehat, melainkan memakan daging dari yang gemuk dan mencabut kuku mereka.
11:17 Celakalah gembala-Ku yang pandir, yang meninggalkan domba-domba! Biarlah pedang menimpa lengannya dan menimpa mata kanannya! Biarlah lengannya kering sekering-keringnya, dan mata kanannya menjadi pudar sepudar-pudarnya!"

Lengan kanan kering berarti tidak ada hubungan dengan Yerusalem. Jadi antikristus itu tidak ada hubungannya dengan Yerusalem, bahkan merusak tatanan gereja Tuhan. Coba bagaimana kalau domba dicabut kukunya, bayangkan saja ayam cakarnya dicabut, mana bisa dia mengais mencari makanan. Jangan sampai saya seperti ini.

Makanya saya selalu katakan kepada gembala-gembala, masakan domba yang jatuh di lubang tidak mau kita angkat. Orang yang sudah jatuh dalam lumpur, masa dibiarkan. Kalau dibiarkan maka baunya akan ada terus. Coba kalau ada yang berbau cepat ditutup, jangan dibiarkan berbau terus. Gembala harus cepat menolong, cepat menyelesaikan masalah dengan memberi nasihat dan bimbingan. Kalau dia tidak mau, terserah dia.

7.      Yesus yang adalah Gembala yang baik ini datang malah dicela, dihina, diolok dan dinista. Justru dalam pelayananNya yang begitu baik malah dicela, dihina, diolok dan dinista. Tetapi antikristus bukan diolok, malah dunia heran, sampai dunia mengikutinya.
Jadi saudara lihat perbandingannya. Jika Yesus diolok, dihina, dicerca, belum tentu Dia salah. Tetapi antikristus jelas-jelas tidak benar, tetapi dunia heran dan dunia mengikutinya.
Wahyu 13:3
13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.

Jadi antikristus justru diikuti seluruh dunia, digemari seluruh dunia, tetapi Yesus dihina, diolok, dicela. Ini perbandingannya. Siapa mau dihina, diolok, dicela. Yang cenderung kita suka kalau dipuji dan diikuti orang, itulah antikristus.

8.      Kristus ditinggikan oleh Allah tetapi antikristus meninggikan dirinya sendiri.
Yesaya 14:13
14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.

Ini adalah roh antikristus. Sebabnya kita harus waspada, utamanya saya. Jangan kita berkata “karena aku!”. Biarlah Yesus yang selalu kita tinggikan. Kalau sudah berkata “kalau bukan karena saya” itu berarti roh antikristus mengganggu kita.
9.      Yesus disebut Anak Allah Yang Mahatinggi.
Lukas 1:32,35
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Ini suruhan sorga datang kepada Maria. Malaikat itu namanya Gabriel. Gabriel artinya pemberita. Dia yang memberitakan bahwa Yesus adalah Anak Allah Yang Mahatinggi. Bukan manusia yang mengatakan Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi, tetapi sorga yang menyebut.

Antikristus disebut anak kebinasaan.
II Tesalonika 2:3
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

II Tesalonika 2:3 (Terjemahan Lama)
2:3 Jangan kamu tertipu oleh seorang jua pun dengan barang sesuatu daya, karena tiada akan jadi kelak sebelum orang banyak berpaling daripada iman itu dahulu, dan dinyatakan kelak si Orang yang mengamalkan dosa itu, yaitu anak jahanam,

Di luar anak kebinasaan ini ada satu yang Yesus sebutkan sebagai anak kebinasaan “alangkah baiknya dia tidak dilahirkan” itulah Yudas Iskariot. Karena Yudas mengkhianati kepala itulah Yesus dan mengkhianati tubuh itulah sesamanya.

Kita ini sudah dua kali dilahirkan, dilahirkan secara jasmani kemudian dilahirkan lagi lewat kelahiran baru. Kalau kita mengkhianati kepala dan mengkhianati tubuh, sia-sia kelahiran kita. Jangan sampai kita menjadi anak kebinasaan, tetapi biarlah kita berafiliasi dengan Anak Allah Yang Mahatinggi, itulah Tuhan kita Yesus Kristus.

10.  Yesus Kristus adalah kebenaran.
 Yohanes 14:6
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Ini pelajaran dasar, tetapi semoga di dengar oleh orang lain juga. Kalau ke Roma banyak jalan tetapi kalau ke sorga hanya satu jalan.

Si antikristus bukan jalan kebenaran tetapi menyesatkan. Orang yang anti Yesus itu menyesatkan!
11.  Yesus datang untuk menyelamatkan  umat manusia.
Lukas 19:9-10
19:9 Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.
19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Matius 1:21
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Kita sudah terhilang dan Yesus datang untuk menyelamatkan. Antikristus bukan datang menyelamatkan tetapi untuk menganiaya. Dia tampil bengis, kejam dan keji, itulah antikristus. Sebabnya sifat menganiaya, bengis, kejam dan keji harus kita buang karena itu sifat antikristus. Suami jangan kejam dan bengis pada isteri. Isteri juga jangan keji, kejam dan bengis pada suami. Kalau itu ada berarti itu roh antikristus. Padahal Yesus selalu memikirkan bagaimana selamatnya manusia. Suami harusnya memikirkan bagaimana keselamatan isteri. Seperti Kusy memikirkan bagaimana keselamatan Saul. Jadi kita harus seperti itu.

12.  Yesus adalah kudus dan antikristus itu adalah keji, memiliki sayap kekejian.

Olehnya mari kita gereja Tuhan kita mengkondisikan Yesus dalam diri kita, jangan ada roh antikristus.

Ibrani 5:7
5:7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Di sini Yesus memberi teladan bagaimana kalau berdoa. Tetapi Yesus memberikan teladan kepada kita bagaimana kerinduan hatiNya untuk selamat. Sampai mempersembahkan doa permohonan dengan ratap tangis. Yesus meratap kalau Dia menyepi. Dalam Markus pasal 12 Dia selalu menyepi. Dia pergi jauh dari keramaian baru Dia meratap dan menangis di sana. Untuk memilih 12 murid saja Yesus spesial naik ke gunung, berdoa, meratap dan meraung di sana. Dia tahu nanti murid-muridNya akan menghadapi ombak gelombang maka Dia naik ke atas gunung untuk meratap karena nanti akan menolong mereka di atas danau yang mau menenggelamkan mereka.

Kita sebagai umat Tuhan sekarang  ini menanti kedatangan Tuhan, biarlah  kita lebih banyak berdoa.

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar