20190323

Kebaktian Doa, Sabtu 23 Maret 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 5:37-47
5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,
5:38 dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya.
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.
5:42 Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.
5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.
5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?
5:45 Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.
5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Jika kita perhatikan dalam ayat 39 dan 40, apa yang ditulis dalam kitab-kitab suci adalah menulis tentang Yesus, menyangkut karya Yesus yang nanti akan diwujudkan lewat kehadiranNya pada kali yang pertama. Mereka mencari hidup kekal lewat kitab-kitab suci, padahal kitab suci itu menceritakan tentang pribadi Yesus dan mereka tidak datang kepada Yesus untuk mendapatkan hidup yang kekal. Jadi, hidup yang kekal, hidup sorga tidak ada di luar Yesus. Jangan coba tinggalkan Yesus, neraka tempatmu!. Karena ini menimbulkan masalah di hari-hari terakhir ini dan memang di pihak lain banyak yang berusaha untuk menggagalkan kita masuk sorga, sehingga banyak juga tulisan-tulisan yang menghantam keIlahian Yesus, padahal hidup kekal ada padaNya.

Langit dan bumi ini siapa yang ciptakan kalau bukan Tuhan Yesus. Dulu perjanjian lama nama Tuhan itu hanya bersifat bayangan, nanti perjanjian baru nama Allah itulah Tuhan, Yesus, Kristus. Itu sebabnya ketika Roh Kudus turun di Yerusalem yang pertama diperkenalkan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Kristus.
Kisah Rasul 2:36
2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Kemudian orang yang mengaku menerima Roh Kudus tidak akan mengatakan bahwa Yesus itu terkutuk dan tidak ada orang yang akan mengaku Yesus itu Tuhan kalau bukan Roh Kudus. Jadi, jika orang tidak mau mengaku Yesus adalah Tuhan, berarti tidak ada Roh Kudus padanya. Saya harus mulai dari permulaan, karena banyak yang longgar leher, kena tipu.
1 Korintus 12:3
12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

Jadi, kalau sekarang kita mengaku Yesus adalah Tuhan dan Kristus itu pekerjaan Roh Kudus, tetapi jika saudara kembali berbalik, maka itu sama dengan menghujat Roh Kudus, neraka tempatnya.

Ada yang mengatakan bahwa rasul Paulus yang mengatakan Yesus itu Tuhan, bukan Yesus sendiri sebab Paulus hanya manusia. Kalau dibaca dalam Kisah Rasul 13:1-2, Rasul Paulus itu diutus oleh Roh Kudus, bukan karena jalan dengan pikirannya sendiri dan kemudian dalam Efesus 3:1-5 Rasul Paulus menekankan pengenalan akan Kristus karena pekerjaan Roh Kudus. Jadi, Paulus mengatakan Yesus adalah Tuhan itu karena Roh Kudus ada padanya.

Kemudian ngeri apa yang akan terjadi ketika Tuhan Yesus akan datang pada kali yang kedua, Tuhan yang akan memerangi musuh-musuhNya. Orang yang tidak mengaku Yesus adalah Tuhan, orang yang melawan Yesus yaitu si dajal/antikrist, akan dibunuh oleh Tuhan dengan nafas mulutNya.
2 Tesalonika 2:8
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Ini untuk menguatkan kita, karena banyak muncul di hari-hari terakhir ini goncangan-goncangan dan banyak orang terpelanting, sehingga menyangkal Yesus berkata bukan Tuhan, hanya manusia biasa atau hanya nabi. Jika ada orang yang menyangkal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, jangan saudara ikut-ikut kalau saudara mau selamat, sebab itu adalah manufer iblis untuk merusak iman saudara.

Kita lihat kedatangan Tuhan pada kali yang kedua, murka Tuhan luar biasa karena manusia sudah keterlaluan, Dia datang dengan penuh kasih rela berkorban untuk keselamatan kita, tetapi malah diolok/diejek.
Wahyu 19:15-16
19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Sekarang kita mau buktikan apa yang ditulis oleh Musa bahwa yang akan datang yang akan berkuasa sebagai Raja segala raja, itulah Yesus.
Kejadian 49:10-11
49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.
49:11 Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

PemerintahanNya dikaitkan dengan pohon anggur. Yesus adalah pokok anggur yang benar.
Yohanes 15:1
15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Sebab ada pokok anggur yang tidak benar yaitu pokok anggur dari Sodom dan Gomora Ulangan 32:32.
32:32 Sesungguhnya, pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari kebun-kebun Gomora; buah anggur mereka adalah buah anggur yang beracun, pahit gugusan-gugusannya.

Keledai tertambat pada pokok anggur = gereja hujan awal
Anak keledai tertambat pada pokok anggur pilihan = gereja hujan akhir, kita sekarang.
Keledai adalah bangsa kafir. Ini yang harus kita gumuli, kita bangsa kafir harus berlumba-lumba untuk masuk pilihan Tuhan. Jangan kita hanya pikir sudah percaya kepada Yesus, tapi tidak ada upaya untuk terlepas dari segala belenggu apapun, supaya menjadi anak keledai yang tertambat pada pokok angur pilihan.

bajunya dengan darah buah anggur,  ini menunjuk karya pengorbananNya di Joljuta.

Kalau ada orang yang tidak mengaku Yesus adalah Tuhan, jangan percaya sebab itu roh antikrist/ itu bahasa iblis. Jangan goyah iman saudara. Saya sebagai gembala mempertahankan kredibilitas kerohanian kita, supaya saudara benar-benar menjadi umat Tuhan yang disebut sebagai anak keledai pilihan.

Bukankah saudara lihat dalam injil Matius, ketika Yesus pergi ke Yerusalem, anak keledai itu yang ditunggangi, induk mengikuti dari belakang, ini menunjukkan jika kita ini adalah kehidupan kristen asal kafir yang diizinkan oleh Tuhan untuk masuk ke Yerusalem baru, maka izinkan hidupmu menanggung beban Firman/ berarti menanggung beban Yesus, bukan Firman kita hempaskan.
Matius 21:2
21:2 dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

Kenyataannya segala fasilitas yang kita miliki diadakan oleh Tuhan, sebab ketika Yesus menunggangi keledai dan berjalan ada kain, ada buah-buahan, itu menunjukkan jika kita menjunjung Firman maka Tuhan akan menjaga, memelihara kita baik ekonomi, sandang, pangan, dsb, kita tidak akan dibiarkan oleh Tuhan.

Tetapi dalam Yohanes 5 mengapa mereka tidak menikmati?, padahal sudah dikatakan :
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,
5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
Siapa yang berani menawarkan hidup kekal selain Tuhan Yesus!.

Alkitab atau Firman Allah tidak pernah dipercayakan kepada bangsa di luar Yahudi. Jadi kalau saya mengaku Firman dipercayakan pada saya, maka saya berbohong. Tetapi rahasia Firman Tuhan dibukakan kepada kita bangsa kafir.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Alkitab sudah bersaksi akan hal ini dan diangkat lagi oleh rasul Paulus:
Roma 3:1-2
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

Bilangan 23:19
23:19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?

Salah satu penyebab sehingga manusia tidak percaya pada Yesus, karena mencari hormat satu dengan yang lain. Kemudian perjalanan selanjutnya ketika Yesus masih dalam pelayanan, ada banyak ahli taurat dan orang Farisi yang ikut Tuhan tapi senyap-senyap karena mencari hormat dari manusia daripada Tuhan. Di sini kegagalan manusia dalam mengikut Tuhan.
Yohanes 5:44
5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

Yohanes 12:42-43
12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang, supaya mereka jangan dikucilkan.
12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.

Jangan hempaskan Tuhan Yesus, jika saudara mau masuk sorga, kerjakanlah keselamatanmu di dalam Firman, Roh dan kasih Tuhan.

Kalau Firman pengajaran ada maka akan membuat kita kuat teguh berpegang pada kebenaran Allah, maka kita perhatikan baik-baik. Pulau-pulau saja, termasuk pulau Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, sebutkanlah semua pulau di dunia ini, menanti-nanti ajaran Tuhan, itu benda mati. Ini suatu dorongan supaya kita sebagai umat Tuhan selalu merindukan lawatan Tuhan lewat pengajaran Firman untuk membuat kita kuat, tidak goncang, tapi manusia justru tidak menghormati, justru manusia ini yang Allah lawati untuk diselamatkan bukan pulau.
Yesaya 42:4, 21
42:4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Apa ini masih kurang? Firman pengajaran kabar mempelai dalam terang tabernakel jelas arahnya, jika kita terpeleset maka hancur untuk selama-lamanya, tidak ada yang menyelamatkan, makanya jangan bermain-main dengan Firman pengajaran kabar mempelai dalam terang tabernakel.

Saya cemburu kepada pulau yang menanti-nanti pengajaran, sebenarnya kita yang harus diselamatkan. Demi penyelamatanNya, Tuhan berikan pengajaran yang besar dan mulia. Mengapa disebut pengajaran besar? sebab membuka rahasia Allah yang besar, mengapa disebut mulia? sebab untuk menghentar kita duduk di pelaminan, itu tempat yang paling mulia.

Ayo gereja Tuhan perhatikan baik-baik, jangan sampai saudara lebih menghormati manusia, daripada Tuhan. Saya melihat ada kecenderungan hari-hari terakhir ini, sepertinya tidak ada upaya untuk berlumba-lumba, Yesus segera akan datang. Seakan-akan kehidupan itu merasa biar saja dipancung oleh antikrist, tapi Yesus yang akan parang lebih dulu dengan pedang di mulutNya, sebab tidak mempercayai Yesus adalah Tuhan.

Kita sudah dipilih oleh Tuhan sebelum dunia dijadikan, berarti Yesus sudah ada sebelum dunia diciptakan. Kalau kita mengaku Yesus adalah Tuhan, kita kondisikan diri kita menjadi milik Tuhan.
Efesus 1:4
1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Ketika Yesus datang pada kali pertama di dunia ini, kalau memang Dia bukan Tuhan, tidak mungkin 5 roti dimakan 5000 orang, tidak mungkin 7 roti dimakan 4000 orang, tidak mungkin Dia meredakan ombak untuk tenang, berjalan di atas ombak, tidak mungkin membangkitkan Lazarus yang sudah 4 hari dalam kubur, membangkitkan anak Yairus, pemuda Nain, dsb. Ini menunjukkan bahwa dalam diriNya ada kuasa Ilahi, apalagi setelah Ia bangkit dari kubur, Ia naik ke sorga. Ia akan datang pada kali yang kedua dan akan membinasakan orang yang tidak percaya Dia adalah Tuhan.

Mengapa Ia harus mengerjakan penyelamatan di Joljuta, mengambil rupa seperti manusia?, karena tidak ada seorangpun yang bisa menyelamatkan dirinya sendiri, kecuali lewat pribadi Yesus.

Saya berjuang dari sejak awal, saya menyadari dipanggil oleh Tuhan untuk membawa umat Tuhan supaya menjadi mempelai wanitaNya, bukan dipanggil membawa orang masuk neraka. Karena Tuhan selalu membawa saya pada pemahaman-pemahaman yang lebih mendalam akan Tuhan. Jika saudara membelakangi, sorry, saya juga belakangi, bukan saudara yang saya layani, saya layani orang yang mau dipersembahkan kepada Tuhan. Kalau saya lihat ada kerinduan hati, maka saya akan bicara, jika tidak ada kerinduan hati, please go to hell!.

Saya tidak mau diganggu dengan kehidupan yang tidak serius dengan Tuhan, karena itu bisa membuat tidak sejahtera dalam melayani.
Ibrani 13:17
13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Rasul Paulus menjadi hamba Tuhan bukan atas maunya sendiri. Rasul Paulus dipenjara karena kita bangsa kafir, keterlaluan kita tidak berterima kasih kepada hamba Tuhan yang sampai membayar dengan nyawanya untuk menyelamatkan kita.
Efesus 3:1-5
3:1 Itulah sebabnya aku ini, Paulus, orang yang dipenjarakan karena Kristus Yesus untuk kamu orang-orang yang tidak mengenal Allah
3:2 -- memang kamu telah mendengar tentang tugas penyelenggaraan kasih karunia Allah, yang dipercayakan kepadaku karena kamu,
3:3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.
3:4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,
3:5 yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,

Kehidupan yang punya kerinduan hati untuk diselamatkan, jiwanya selalu merindu dan selalu mau dekat dengan pelayan Tuhan, suka bertanya Firman, bukan berjalan sendiri.

Kisah Rasul 13:1-3
13:1 Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
13:3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

Keberangkatan Paulus sampai 3 kali dalam perjalanan itu karena pengutusan Roh Kudus, bukan maunya sendiri. Dan ia adalah rasul spesial bagi kita bangsa kafir. Saya berbahagia justru Tuhan memperdulikan hidupku, Tuhan persiapkan rasul Paulus untuk melayani saya dan saudara, sekarang bukan bertemu dirinya, tapi lewat tulisan yang dia tinggalkan kepadaku oleh wahyu/ ilham Roh Kudus.

Kalau saudara goyah, hati-hati, Yesus segera akan datang, jangan sampai kita dipanggang di api belerang, karena yang punya sorga adalah Yesus, yang berhak menghukum ialah Yesus, dan juga yang sekarang mengerjakan karya penyelamatan adalah Yesus. Tapi jika karya penyelamatanNya, korban tebusan tidak dihargai maka orang itu mengarah ke neraka. Jadi, jangan kita mencemooh korban tebusan.
Amsal 14:9
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.


Tuhan memberkati.




GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar